Rabu, 20 Mei 2020

Contoh Menu Masakan dalam Seminggu



Uda hitung mundur Lebaran, uda ga konsen, hihihi... Bawaannya pengen liburrr aja ngeblognya. Ada yang sama ga kayak aku yang lagi pengen sante-sante weh ngeblognya... Pengennya ngebluk aja bareng anak dan juga Pa Suami sambil marathonan film-film...#wah wah wah. Oh ya, ngomongin update-an kali ini, sebenernya aku cuma mau upload singkat-singkat aja tapi sebagai gantinya biarlah foto yang bercerita. Oke lah, langsung aja ya... ini dia, contoh-contoh menu masakan dalam sepekan. 




1. Kerang Saus Padang, Tumis Kangkung, Sop Buah

Siapa yang punya inisiatif reriweuhan masak kerang saus padang kayak begini ? Tak lain dan tak bukan adalah Pak Suami. Pulang kerja, ga sengaja liwat pasar, eeee nemu abang bakul kerang. Ya udahlah beli. Tapi bukan kerang ijo, melainkan yang bentuknya agak bulet-bulet gitu lah. Aku lupa namanya apa. Tapi, kalau dibuka itu, dia agak tebelan ya dibandingkan dengan kerang ijo. Kalau kerang ijo kan rada gepeng. Nah ini cangkangnya itu agak munjung ke atas.

Ni kerang, pertamanya dibersihin dulu pake air mengalir. Abis itu direbus sesi pertama sampai kulitnya nglothok sendiri. Kata Pak Suami, kerang yang seger itu bisa terdeteksi dari pada saat direbus, yaitu cangkangnya bakal ngebuka sendiri seiring dengan terkena panas dari air hasil rebusan. Nah kalau yang ndekem ga mau ngebuka, bisa dipastikan itu kerangnya kurang seger. Alhamdulilah sih, dari 2 kg kerang yang kami beli, hampir semuanya ngebuka. Yang nutup paling cuma 1-2 doang. Jadi mayan lah, kemasak semua.

Setelah direbus sesi pertama, ni kerang dicongkelin lagi cangkangnya sekalian dibersiin ulang. Aku sih sebenernya pengen sekalian gundul aja alias ga ada cangkangnya. Tapi kata Pak Su lebih nikmat klo cara makannnya itu disruput bagian cangkangnya #padahal ujarku sih agak makan tempat ya kalau disajikan bareng cangkangnya. 







Nah, abis dibersiin tahap kedua, ni kerang barulah dimasak sembari dicampurkan dengan saus padangnya. Oh ya untuk item saus padangnya, kami cuma pake saus tiram botolan, saus tomat, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, jeruk limo, daun jeruk, gula, garem, dan sedikit merica bubuk. Akan tambah sip lagi misalkan disertai dengan irisan bawang bombai. Begitu mateng, rasanya asam manis pedes. Teksturnya pun menul-menul banget, mana bentuknya gede-gede lagi, hihihi...

Sebagai pelengkap kerang saus padang bikinan Pak Suami, aku pun akhirnya menambahkannya dengan tumisan kangkung. Ya, biar kerasa lebih kek makan di restoran-restoran seafood gitu lah. Terus dessertnya, bikin sop buah dadakan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Es degan, tape singkong, blewah, timun suri, sama sirop kurnia rasa lemonade. Bheeeegh...mancaaappppz sekali pemirsa. 

2. Udang Goreng Tepung, Tumis Kembang Turi,  Gorengan, Sop Buah, Cemilan Gabus Keju

Sebagai upaya menghabiskan sisa-sisa bahan di kulkas yang tinggal sedikit #maksudnya biar cepetan ganti gitu haha, aku pun punya inisiatif buat bikin udang goreng tepung pada suatu sore jelang Magrib dung dung dung dung deket-deket waktu berbuka. Biasalah, bikin yang simple-simple aja, sebab masak sambil ngawasin 1 anak toddler dan 1 anak umur setahunan itu yak...sesuatu banget. Jadi pas banget jam bubuk anak-anak yaitu deket-deket sore jelang jam 3, aku langsung uplek bat-bet-bat-bet berburu dengan waktu buat memasakkan si Ayang Suami menu bukaan sekaligus sahur. 

Seperti yang aku ceritakan di awal, menu selanjutnya adalah udang goreng tepung dan tumis kembang turi. Tambahannya gorengan (beli) dan sop buah.  Juga masih sempet-sempetnya bikin cemilan gabus keju.. Udang goreng tepungnya pake tepung sajiku aja biar cepet. Terus tumis kembang turinya kebetulan aku kemarin dapet dong nyegat dari abang-abang sayur gerobakan yang tetiba lewat di depan mata. 











Ceritanya, begitu tu abang sayur lewat nih, mata ini langsung tetuju pada kembang  turi. Sebab aku pikir uda susah banget kan nemu kembang turi di kota ini. Soalnya kalau di rumahku yang di kampung halaman sana kan kalau mau masak kembang turi ya tinggal pesen aja ama bakul sayur yang muter pake sepeda atau ijin bruwun tempat tetangga. Nah, kalau di sini kan ga. Mulanya kupikir susah juga kalau nyari di sini. Eh ternyata, pas ga sengaja tu abang sayur lewat aku nemu deh tu kembang turi. Ya udah langsung aja beli 3 porsi yang perplastiknya dihargai Rp 5 ribu. Numisnya gampang aja. Bumbunya standar bumbu tumisan lah. Paling buat meminimalisir rasa pahit, buangin aja tuh bagian bunga yang ada di dalem kelopaknya (yang warnanya kuning-kuning itu loh). Nah, si turi ini kan teksturnya lemes ya mirip kangkung, jadi kiranya masak 3 bungkus, kok pas dioseng dalam wajan jadinya tetep aja dikit ya...

3. Ikan Bandeng Goreng, Tempe Goreng, dan Sambel Bawang

Pas ketemu hari ini, rasanya tuh pas malesssss banget masak, saking mungkin waktu itu kehabisan ide dan lagi rempong haha... jadi tercetuslah gagasan buat makan seadanya aja, yaitu goreng bandeng, tempe, dan sambel bawang (sambel korek). Udah itu aja dicocol pake nasi panas. Begggh, simple tapi manteb.







4. Bening Bayam, Tempe Goreng, Ikan Bandeng Goreng, Ikan Pindang Goreng, Es Buah

Mbening lagi mbening lagi. Suka banget Pak Suami beliin aku bayem terus request minta dibeningkeun bayem.... Tambahannya, biar ada gizinya, paling ga aku kasih tempe goreng, ikan bandeng goreng (sisa bandeng presto kemaren), ikan pindang goreng, dan dessertnya es buah. Ikan pindangnya yang goreng Pak Suami, soalnya dia kalau goreng ikan gariiiing kemriuk gitu deh, kalau aku yang goreng masih sangsi antara takut amis atau dalemnya kurang mateng, jadilah perkara goreng-menggoreng pindang aku serahkan pada Pak Suami. 





5. Tumis Kangkung, Teri Nasi, Martabak Tahu, Terong Balado, dan Bakwan Jagung

Kali ini pilihannya (dengan memanfaatkan bahan yang ada sekalian penghabisan), aku bikin tumis kangkung, teri nasi, martabak tahu, terong balado, dan bakwan jagung. Kangkung tinggal seunting tinggal tumis. Teri nasi tinggal seplastik kecil goreng sekalian aja lah. Martabak tahu. Oh ya, yang terong balado ini spesial requestnya Pak Suami. Kalau bakwan jagung, cuma ngabisin jagung sisa mbening bayem kemaren.





6. Lodeh, Bakwan Jagung, dan Tempe Goreng Tepung

Menu kali ini agak-agak rumit dikit sih, soalnya modelan kuah dan ada santen-santennya. Apalagi kalau bukan lodeh. Tapi lodeh emang enak sih, apalagi kalau full daun so alias daun melinjo, labu, jagung manis, dan perintilan lodeh lainnya. Seger...lauknya cocok-cocokin aja ama bakwan jagung (lagi) dan tempe goreng tepung.
 



7. Mie Sedap Rasa Ramyun Korea

Akhirnya ya pecah telor juga bikin mie instannya. Ya apalagi kalau bukan minggu terakhir, pas banget waktu aku dan Pak Suami anniversary-an kemaren. Meskipun ga ada perayaan apa-apa, dan emang ga pernah ngerayain apa-apa, tapi buat kami sendiri biasanya ini jadi moment buat berduaan di satu waktu tertentu. Raketang cuma ngemie instan berdua, ataupun hal-hal geje lainnya, huehehe.

Oh ya, sebenernya pas bukanya kami beli gorengan sih, nglarisin bakul takjilan depan rumah. Terus pas abis isyaan e la kok perut masih konser juga. Ya udah Pak Suami tetiba bikin kejutan masakin aku mie sedap spesial rasa ramyun ala-ala korea. Makannya sepiring berdua (tapi piringnya gede juga ya, ahaha), terus pake telor setengah mateng yang kuningnya masih nyempluk seperti pipikuh #minta ditabok. Rasanya tantaaaab, karena ada moment-moment anivnya juga, pleus yang bikinin juga orang tersayang, huahahhaha...




Oke, segitu dulu update-an ku kali ini.

Yudadabubaaay...