Minggu, 03 Mei 2020

Lebaran dan Biskuit Kaleng yang Bercerita



Oleh : G Nita 

Kalau diliat-liat, aku sering juga ya bernostalgia tentang masa kecil di blog. Memang sih aku ngerasa masa kecilku itu kebanyakan indahnya. Jadi yang ada dalam memori ya emang begitu adanya. Ga ada kenangan buruk yang terlalu berarti sehingga ketika aku menuliskannya ya antusias aja rasanya. 

Meskipun Bapak Ibuku kerja, tapi aku tetep hepi-hepi aja di rumah. Kan lepas SD kelas 3 aku uda ga dititip lagi tuh sama tetangga. Ga kayak pas TK atau SD kelas 1. Jadi, uda dibolehin sendirian sambil nungguin Bapak Ibu pulang. Sebab Bapak kerja di STM. Sedangkan Ibu dines Kabupaten berbeda. Nah, rumah kami ada di tengah-tengahnya.




Biasanya sambil menunggu mereka pulang, aku ya main apa aja yang sekiranya menarik. Entah main sama teman-teman atau sendirian aja uplek sama tv, nonton telenovela juga iya hahahhah....tapi sebelum nonton telenovela biasanya di Indosiar kan ada tuh acara Teletubies, Sesame Street, Bananas in Pijamas, dll. Dan itu aku tonton juga dong, wakakak. Kalau main sama temen paling diajak mbolang ke sawah atau kebun tetangga buat nyari buah, main ke sungai, mancing, main lompat tali, sudamanda, mini-minian, barbie, petak umpet, dir-diran alias gundu atau kelereng, layangan, yoyo, kwartet, dll. Banyak deh. Pokoknya kebanyakan main di luar atau yang tradisional-tradisional gitu. Nah itu pas hari-hari biasa. 

Kalau pas Ramadhan bagaimana? Ada. Termasuk juga jelang beberapa hari menuju Lebaran. Kalau di awal puasa kan paling diisi ama pesantren kilat bentar di sekolah, ngisi buku kegiatan agama yang warnanya ijo dan ada gambar ketupatnya (ntar isi kegiatannya kudu diparaf ama Pak Kyai atau imam yang ngimamin waktu traweh, jumatan, tadarus, atau sholat subuh, tapi berhubung ada waktu tertentu yang sholatku cuma diimami Bapak, jadilah yang parafin juga Bapak gw sendiri, hahaha). Terus suka mantengin Sinetron komedi religi macam Lorong Waktu atau PPT (Para Pencari Tuhan), atau yang ala sinetronnya ibu-ibu, biasanya dibintangi oleh Tamara Blezinsky, Anjasmara, atau Krisdayanti yang biasa ditayangin di Indosiar. Tapi acara nontan-nontonnya tentu aja kalau kami (para anak-anaknya) uda kelar menjalankan tugas sebagai asistennya ibu, entah sekedar goreng tempe, ngiris-ngiris bawang dan cabe, kolang-kaling, perintilan buat bahan kolak seperti pisang kepok atau ketela, dll... tapi teteeeup... finishingnya ibu yang selesaikan.

Nah itu pas awal-awal puasa. Makin ke belakang, kan makin mendekati hari Lebaran tuh. Paling kalau uda beberapa hari sebelum hari H, rumah uda dipenuhi dengan semerbak harum bawang buat tambahan kacang bawang. Kacang bawangnya mlicetin sendiri yang kadang bikin tangan pegel. Walaupun sekarang di pasar juga uda banyak kacang yang siap goreng tanpa perlu mlicetin lagi. Cuma rasanya kok ya perasaan beda ya antara yang mlicetin sendiri ama yang ga, haha...Pacitan lain yang biasanya bikin sendiri paling-paling tape ketan ijo ama manisan kolang-kaling.

Tapi tapiiiiiih, ternyata ada satu model pacitan lagi nih gaes, yang waktu aku bocil paling aku tunggu-tunggu banget. Yaitu bingkisan lebaran yang berupa kerdusan dari kantor Bapak maupun Ibu. Bingkisan tersebut isinya sembako dan biskuit kaleng. Pokoknya tuh kalau deru sepeda motor Bapak dan Ibu uda terdengar dari balik pagar pas jelang H-berapa gitu menuju Lebaran, hawanya langsung antusias aja pengen segera berlari ke arah mereka sambil bertanya :"Uda dapat bingkisan dari kantor belum Pak, Bu ?" Terus kami pengen cepet-cepet buka aja nge-unboxing kerdusannya. Lucunya adalah bingkisan  tersebut aku pikir dulunya adalah THR. Hahahha...padahal ya pasti beda lah ya antara bingkisan lebaran ama THR yang wujudnya gaji ke-13. Tapi serius deh, aku sih mikirnya THR mereka itu kardus yang isinya selain gula, kopi, minyak, sirup ABC atau Marjan, ya biskuit kaleng berikut :

Khong Guan

Serius loh ya, aku sama kakak yang cuma beda setahun ini (sehingga kami sering dikira kembar) biasanya paling surpraiiiiiis kalau ngeliat salah satu isi bingkisannya berupa Khong Guan. Surpraisnya itu seolah kayak mata langsung membesar macam mata Puss in Boots yang ada di kartun Shrek. Soalnya apa? Dibandingkan dengan yang lain kaleng Khong Guan kan ukurannya lebih gede ya. Jadi berasa dapat jekpotnya. Seringnya yang berisi Khong Guan adalah kardusnya Bapak sih. Kalau kardusnya Ibu paling banter isi Monde atau Nissin Waffer. 

Aku suka Khong Guan karena isinya macem-macem. Baik bentuk maupun rasa. Biasanya kami kelompokkan lagi menjadi beberapa bagian, antara yang diplastik ataupun ga. Yang isi krim vanila atau yang coklat. Yang bentuknya kotak atau yang bulet. Yang modelnya wafer atau yang cookies. Macem-macem lah. Terus kalau nemu yang plastikan lagi berasa ini adalah bagian terenaknya...hahahaha... Kalau yang tertampang di muka kalengnya, itu kan ada tuh satu biskuit yang bentuknya kotak terus ada warna pinknya, nah itu aku juga penasaran rasanya kayak gimana. Pas dicari ke dalem, e ternyata pink-pinknya itu cuma kertas wahahaha....

Tapi biasanya ama ibu disimpenin dulu sih kalengnya biar ga keburu kelong alias berkurang sebelum disuguhkan ke tamu-tamu. Meski begitu, aku sih selalu nemu aja tempat persembunyiannya ada dimana..#banyak akal juga kan saia anaknya.....

Monde

Yang ini juga seringnya ada di kardusnya Bapak. Dan karena varian monde juga ada banyak, jadi lagi-lagi kami sering kelompokkan lagi menjadi beberapa bagian. Yang terenaknya, misal yang ada selipan kismisnya, nanti itu akan kami makan belakangan, sedangkan yang polosan atau bulet atau kotak yang cuma ada topping gula pasirnya doang ya kami makan duluan.

Astor

Astor banyak yang nyebutnya rokok. Iya ga seeeeh? Di tempat kalian bagaimana?

"Opo arep sing bentuke rokok, ra sah isin-isin, ayo dipacit, wes ndang dibukai lah lodonge, aja kur didelengno wae !", begitu biasanya tawaran Mbah-Mbah tetangga yang waktu lebaran kedatangan rombongan anak-anak, misalnya rombonganku dan teman-teman buat silaturahmi, menclok dari satu rumah ke rumah lainnya, taster dari satu toples ke toples lainnya. Terus kalau ada toplesan astor di atas meja pasti yang empunya rumah bakal menyebutnya sebagai rokok, wekekek.

Sebenernya kalau astor aku cenderung kurang suka yang cokelat ya. Aku lebih sukanya yang ijo. Yaitu yang rasa pandan. Dulu, kami pernah dapat buah tangan astor pandan dari Mbah kami yang dari Jakarta, bukan Mbah langsung sih tapi masih ada sodara dari Bapak. Itu tuh vla ijonya enaaaaak banget. Sampai harum gitu deh aroma pandannya. Rasanya pun memorable sampai sekarang. Tapi sekarang susah nemu yang ijo. Begitu nemu ijo (pas ke supermarket sebelum adanya pandemi), eee pas dicek ternyata rasanya malah matcha, bukan rasa pandan kayak yang pernah aku makan waktu kecil dulu.

Nissin Wafer

Yang ini nih yang sering muncul di kardusnya ibu, wekekekk. Aku dong suka perhatikan gambar yang ada di kalengnya yang warna item itu, yaitu sekumpulan gambar wanita dengan potongan rambut pendek klasik dan bertopi serta berbaju vintage yang tengah mengayuh sepeda. Menarik juga sih sampai bikin aku mengira-ira ada apakah gerangan di balik cerita bergambar yang terselip di kaleng wafernya ini, hihi.... Para pembaca ada yang taukah? Kalau ada yang tau silakan dibagi ilmunya yah hehe..

Oh ya, sejujurnya dulu aku kurang suka waffer loh, cuma entah kenapa pas uda dewasa gini dan pernah merasakan jadi anak yang super ngirit terutama pas masih kuliah, kerja, dan ngekos, rasanya makan waffer tuh enak-enak aja. Ga sepemilih pas masih kecil dulu. Apa sebegitu ngefeknya ya jam terbang kehidupan ama kebiasaan tentang pilih-pilih makanan. Haha...entahlah, tapi biar begitu biskuit-biskuit kaleng ini telah menemaniku sejak masih bocil dulu. Kalian sendiri bagaimana? Apakah ada cerita berkesan tentang kue atau biskuit Lebaran? Silakan cerita-cerita di kolom komen ya pabila berkenan. Thenkyu en bye bye...