Senin, 01 Juni 2020

Nasi Kotak Kantor




Ibu aku termasuk orang kantoran. Eh, sekarang juga masih deng. Tinggal nunggu 4 tahun lagi biar ibu bisa pensiun. 

Oh ya, ngomongin ibu, selalu ada cerita tentang sosok ibu. Kalian gitu juga ga ?  Kayaknya hampir semuanya gitu kan ...



Ibu aku orangnya luwes. Beda ama anaknya ini yang kucurnya minta ampooon (bahasa jawane penakut alias mingslep persis kerang kalau ketemu orang, hahaha). Ibu emang kerjaannya berhubungan dengan banyak orang. Ibu dinesnya di kabupaten kota tempat kami tinggal dulu. Tapi sering juga keliling lapangan. Yekan orang lapangan Beliau tuw, jadi sifat luwesnya udah bawaan dari sononya. Ibu cepet akreb ama siapapun. Ga kayak aku yang kalau terjebak dalam suatu obrolan biasanya langsung 'ah eh ah eh' doang, ahahhahaha. 

Terus kalau di lingkungan desa ibu sering dimintain tolong buat ngobatin hewan. Orang menyebutnya sebagai mantri hewan. Jadilah ga heran, kalau di rumah sering banget datang orang yang minta tolong ibu buat meriksain hewan atau ternak peliharaannya. Jam manggilnya kadang ga tentu arah, bahkan sore jelang magrib atau malam pun dijabanin. Pernah ibu dicall suruh bantuin nglahirin sapi ama orang yang tinggal di pegunungan, atau ngecek kenapa kambingnya mendadak lesu or kudanya mogok makan, dsb. Malah pernah juga ada kejadian pasien kambingnya dateng sendiri ke rumah, tapi tentunya sambil ditenteng ama yang punya, ehehe...#yakali dolan sendiri. 

Untung saja Bapak orangnya selalu siaga, jadi mau mengantar ibu kemana saja oke. Ya, soalnya bapak kan udah pensiun duluan, jadi kerjaannya sekarang adalah 'ternak teri', nganter anak nganter istri. 

Tapi biar kata kudu melalui medan yang sulit, ibu tetep sukacita dan totalitas dalam mengerjakan tugas yang diembannya. Biasanya kan yang punya ternak rumahnya pada di deket lereng-lereng pegunungan ya, kalau ga ya di area dataran tinggi, atau malah pesisir. Jadi berdua menyusuri gunung demi ngebantuin ternak-ternak biar bisa sehat kembali. Wes pokomen biar tambah mesra ajalah boncengan pake motor berdua.

Itu baru sedikit cerita pas tugas lapangannya. Kalau pas lagi ngantornya gimana? Ada juga sih kenangannya. Yaitu tentang kebiasaan ibu yang bikin anak-anaknya selalu happy. Apalagi kalau bukan bungkusin snack kantor buat dibawa pulang biar bisa dimakan anak-anaknya. Nasi kotak juga sih. Mana biasanya dus-dusan snack atau nasi kotaknya enak-enak semua lagi. 

Dulu ya, pas aku masih SD tuh hampir tiap hari kayak gitu. Ibu pulang bawa oleh-oleh snack dan nasi kotak kantor. Snacknya macem-macem. Biasanya sih terdiri dari 3 item, ada variasi manis, gurih, ama yang plastikannya. Bonusnya air mineral gelasan. 

Yang manis misalnya terdiri dari kueku, kue potong yang pinggirnya ada puding serta di bagian layernya ada selai tobeliihnya, bolu kukus, lapis, kue jongkong, talam, dsb. Yang gurihnya ada lemper ayam/abon, risol, martabak, arem-arem (yang bentuknya proporsional dan ga pletat-pletot), pastel, dsb. Yang ini lengkap ama rawit sebagai lombok ceplusnya. Yang plastikan ada lagi, misalnya emping, kacang bawang, kue sus, cheese stick, dsb.

Kalau nasi kotaknya, sering juga sih kami dibawain pulang. Yang ini mirip ama punjungan yang biasa buat ater-ater orang mau punya hajat. Cuma agak lebih kecil dan buat porsi satu orang. Isinya itu nasi putih. Atasnya ada wadah mika yang buat tempat sayur ama lauknya. Biasanya sih ada mie goreng, acar timun-wortel-nenas-bawang merah, serundeng, telor bulet (rebus), cap jahe, kluban (kalau di sini nyebutnya urap), krecek kentang,  balado ati, peyek, dan kerupuk udang. Ayam goreng paha kayak yang kayak ada di kartun Ipin-Upin juga ada deng, haha... Pokoknya biar kata cuma begitu, tapi rasanya sungguh sangat nikmat. Dimakannya bareng-bareng lagi, sambil nyumil-nyumilan. 



Sampai sekarang ibu masih sering sih kasih liat isi nasi kotak kantornya. Ya tentunya via virtual alias WA, hahhaha...Bedanya, kalau nasi kotak sekarang isinya lebih kekinian, qiqiiqiq...

Nah, demikianlah sekelumit cerita tentang nasi kotak kantor. Eh engga nasi kotak doang deng ya, sebab tadi ada juga mbahas tentang snack, juga romansa uti ama kakungnya, ahhaha....#ya maap emang suka ngetril sih ni jari klo uda cerita kemana-mana : D.