Jumat, 21 Agustus 2020

Resep Risol Mayo atau American Risoles




Suatu hari, aku pengen bikin risol mayo sendiri, yang menyerupai bikinan abang risol langganan, tapi kali ini sengaja kutemplokin mayonya agak luber-luber ketimbang porsi mayonya si abang risol yang menurutku saiprit.. istilahnya biar pas digigit tuh langsut moncrot, jadi pengen kutemplokin paling ga 1 sendok makan full... lainnya, kalau punya si abang risol pake telur rebus thok, nah di aku ada bedanya dikit, yaitu taktambahin sosis. 




Biasanya kan pake smoked beef, ini aku pake sosis aja lah yang murah meriah redho... Tapi pake telor rebus dimayoin juga sebenernya udah enak sih. Kalau resep kulitnya sendiri, aku modifikasi dari berbagai resep yang ada di internet, youtube, atau web...yah, sambil ditambahin ini itu lah yang sekiranya pas aja menurut seleraku.

Jadi begitulah, akhirnya aku sukses juga mengeksekusi risol mayo yang udah masuk beberapa kali masa percobaan ini #cuma yang terakhir ini yang lumayan buat diupload di blog. Yah, walaupun kata si Mas bentuke masih ga begitu pokro, tapi mayan enak lah ya.

Bahan-bahan kulit :

125 gram tepung terigu protein tinggi
2 sdm tepung maizena
300 ml susu cair
1 butir telur ayam
2 sdm minyak goreng
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
Tepung roti atau tepung panir
Minyak untuk menggoreng


















Bahan isian :

Sosis sapi (mau pakai daging asep yang tipis-tipis itu ga sempet beli, ya udah aku pake yang ada aja yaitu sosis so nice rasa sapi).
Mayonaise (nanti aku mau bikin 3 jenis rasa mayonaise, yaitu yang original, ditambah susu kental manis, dan ditambah saus tomat biar kayak rasa mayonaisenya hokben). Kenapa aku pake 3 jenis rasa mayonaise, ya karena lagi pengen aja. Takutnya ntar kalau yang satunya terlalu gurih kan bosen ya, jadi abis makan yang gurih, bisa comot yang agak pedes, bisa juga yang manis #ingat kolestrol ingaaaaat, hahhaha...#edisi lupa diri
Telur rebus

Cara membuat :

Campur 125 gram tepung terigu dengan 2 sdm tepung maizena, telur ayam, garam, gula pasir, merica bubuk, dan susu cair.
Aduk-aduk hingga rata dan tidak bergerenjul-gerenjul (caranya bisa disaring beberapa kali dengan menggunakan saringan atau ayakan tepung). 
Jika sudah tercampur rata, tambahkan 2 sdm minyak goreng ke dalam adonan.
Panaskan teflon yang sudah diolesi sedikit minyak supaya tidak lengket
Tuang adonan mengikuti permukaan teflon
Tunggu sampai matang merata, tapi jangan sampai gosong ya
Potong memanjang sosis dan telur rebus menjadi beberapa bagian
Jika kulit risol sudah dingin, taruh potongan sosis dan telur rebus ke tengah-tengah agak ke pinggir dikit
Lipat kulit risol dan tutup ujungnya dengan telur yang sudah dikocok
Celupkan risol ke telur yang sudah dikocok lepas
Gulingkan ke dalam tepung roti atau panir
Diamkan sebentar dalam frezeer kira-kira 2 jam jika mau mendapatkan tekstur risol yang renyah, tapi kalau mau langsung goreng ya silahkan
Setelah itu goreng di atas minyak yang sudah panas, dan posisikan risolnya tenggelam ya, tunggu sampai berwarna keemasan
Setelah matang, angkat dan tiriskan
Bisa dinikmati bersama cabe rawit untuk ceplusan.
Selamat mencoba !!!!