Sabtu, 12 September 2020

Kenangan Ayam Fried Chicken Depan Rita Pasaraya Kebumen



Aku lagi kepingin cerita tentang kenangan masa kecil tentang ayam goleng versi Amerika yang biasa disebut sebagai fried chicken atau keepci-keepcian. Maksudnya yang digoreng balur tepung kemriuk dengan metode tertentu itu. Metodenya apa, tentu aku belum tahu karena pas nyoba bikin sendiri pake resep yang tersebar di seluruh penjuru interned, ayamnya malah tampak nggedable, bukannya matang di semua sisi. Walhasil, kalau urusan ayam goreng ala Amerika aku lebih suka beli saja.







Eh, aku tadi mau ngomongin fried chicken waktu aku masih kecil tauk. Iya, jaman itu (antaranya umur-umur aku masih SMP, jadi kami baru bisa makan keepci gerobakan mungkin sebulan sekali. Atau bahkan beberapa bulan sekali, saking kami jarang kemana-mana. Terus  bakul ayam modelan gitu juga belum semenjamur kayak sekarang. Adanya juga nun jauh di kabupaten sana. Kalau ga di Kebumen ya Purworejo bagian alun-alun. Tapi yang sering kusambangin yang di Kebumen aja, yang mana gerobaknya itu mangkal di depan Rita Pasaraya Kebumen, satu-satunya supermarket yang ada di tempat kami. Bukan mall sih, tapi agak gedean dikit dari toserba. Gedungnya ada 2 lantai (kalau ga salah ingat). Lantai 1 buat makanan, lantai 2  buat baju, sepatu, dan buku. 

Nah, waktu aku diajak ke sana rasanya tuh seneng banget apalagi kalau pas ngetem lama di bagian komik-komik. Terus aku bulak-balik ngepoin blurb dan covernya komik serial cantik. 

Oh ya, kami sering ke sana pas malam minggu tiba dan suasana pas lagi rame-ramenya. Naik mobil carry butut dimana aku biasanya nongkrong di bangku paling belakang sambil siap-siap kresek dan dragon (minyak gosok) buat obat mabuk. Sementara ibu dan adik di bangku tengah, terus bapak ama mbak di bangku paling depan. Sungguh deh, kenangan naik mobil carry yang baunya agak-agak mumeti itu selalu bikin aku senyam-senyum karena ujung-ujungnya aku selalu menahan air asin yang biasanya kukemuh dalam mulut (maksud ai hampir muntah gitu loh :D). Tapi kalau udah sampai Ritanya mah lain cerita. Langsung sigrak bisa ngegleng sampe ke lantai atas dan mantengin rak buku dan komik-komik dengan semangat 45. Sementara ibu cari perlengkapan sekolah ketika kami masuk tahun ajaran baru kayak buku tulis, tas, seragam, atau sepatu. Ya...paling ga sebelum isya lah kami muter-muter di sana, terus pulangnya selalu mbungkus fried chicken yang mangkal di depannya itu. 

Fried chickennya itu yah menurutku rasanya beda ama fried chicken yang sering kutemui di sini setelah aku agak gedean. Fried chickennya itu gurihnya tahan lama. Kemriuknya juga awet. Padahal biasanya njogrok di meja makan sampai 2 harian. Tapi rasanya masih tetep enak. Kalau fried chicken yang kebanyakan kutemui sekarang renyahnya pas abis mentas dari wajan doang. Kalau dibiarkan sampai keesokan harinya, agak beda rasanya. Minyaknya agak ngumpul dan bikin bibir jadi kayak berasa dientup tawon hohoho... Jadi kadang kalau masalah fried chicken, aku masih pengen mengingat-ingat rasa fried chicken yang ada di depan Rita Pasaraya Kebumen itu, hihi... Meskipun kalau tebak-tebakan ama Pak Su tentang kuliner depan Rita yang enak pasti beda selera.

Mbul : "Tebak-tebakan yok, kuliner apa yang ngetem di depan Rita Pasaraya dan rasanya enak?"
Pak Suami : "Sate dong."
Mbul : "Loh deneng beda ma kesukaanku Mas?"
Pak Suami : "Loh memang Dedek sukanya opo toh?" 
#iya gw emang dipanggilnya Dedek ama Beliau, asyik kan hahahah
Mbul : "Ayam pled chicken dunk."
Pak Suami : "Loh tetep enakan sate toh Dek, wes tau njajal sate sing ning ngarep Rita Pasaraya Kebumen durung Siro?"
Mbul : "Urung sih. Mang itu sate opo toh Mas?"
Pak Suami : "Sate kambing sing rame banget kae loh Dek."
Mbul : "Ooooo...mlontho."
Mbul : "Takkirain sate ambal pada umumnya Mas. Sate ayam."
Pak Suami : "Dudu nooo."
Pak Suami : "Yowes sesuk nek mampir Rita Pasaraya Kebumen maneh, kita mbungkus sate ama fried chickennya aja berarti ya."
Mbul : "Waduh !!!! Yo mauk mauk mauuuk...gw okey!!!!"

~~monmaap percakapan absurdnya ya.

Udah cuma mau update gitu doang...

See you and bye bye

Selamat berhari Minggu... ^__________^