Minggu, 06 September 2020

Review Bakpia Kukus Tugu Jogja



Sebenernya beberapa tahun yang lalu aku dah pernah mereview bakpia kukus Tugu Jogja dari seorang kawan. Lebih tepatnya yang rasa keju dan cokelat original. Kayaknya pas lagi anget-angetnya bakpia kukus Tugu Jogja lagi mengudara. Cuma sayang, waktu aku lagi ngrapiin beberapa postingan lama biar enak dilihat, eh fotonya ga sengaja kehapus. Padahal banyak yang mampir di postingan review Bakpia Kukus Tugu Jogjaku yang ini. Akhirnya, demi menyelamatkan postingan yang ada aku berniat untuk membeli sendiri dan kureview ulang sekarang (19 Oktober 2022) namun dengan rasa yang berbeda. Kali ini aku beli yang rasa stroberi dan klepon di official store Bakpia Tugu Jogjanya langsung yang ada di Bantul. Biar ada warnanya gitu hihi. Merah dan juga Ijo dengan isian penuh kejutan.

 


Nah, ceritanya aku order Minggu, 16 Oktober 2022. Dan Seninnya langsung diproses sellernya untuk kemudian sampai di rumah dengan selamat dengan keuntungan bebas ongkir pada sore hari tadi....anget barusan aja berarti kan...19 Oktober 2022. Waktu itu untunglah aku udah beres mandi jadi ga terlalu kemrungsung menuju depan saat Bapak Paketnya datang. Oiya, kali ini paketan juga udah bisa masuk kompleks setelah 2 tahunan kena pengetatan di gerbang security terkait prokes pandemi 2 tahun lalu.

Memang kalau ada moment paketan, aku biasanya ga bisa langsung konsen mau ngapa-ngapain sebelum bapaknya datang. Padahal kadang kalau pas ketumburan ama acara kerjaan rumah, rasa-rasanya aku jadi ribet banget. Belom lagi aku musti ada acara ganti baju segala ama krudung slup-slupan, ya pan sebelomnya kalau di dalem rumah cuma pakai celana pendek doang ama kaos oblongan, jadi ya pas mau terima paket kudu ribet ini itu dulu. Terus satu lagi tuh, tambah kocar-kacir cari masker karena biasanya masker ntah kemana pas lagi dibutuhin mendadak pada lenyap ekekek.. Ribet banget dah pokoknya kalau mau nerima paket tuh hahahhaha. Tapi kalau paketnya uda di tangan, rasanya tuh jadi alamak legaaaaa. Mau ngapain aja byebasssss. 




Okey lah, karena dari awal nerima langsung ada niatan buat ngreview, maka langsung aja ya ini dia review dari kaca mataku pribadi...

Jadi, berdasarkan informasi pada bungkusnya, bakpia kukus tugu jogja ini adalah diproduksi oleh CV. Tugu Jogja Istimewa yang beralamat di Jl. Raya Tajem No. 192, Depok, Sleman, Yogyakarta. Klaim dari bungkusnya sih katanya merupakan inovasi bakpia baru yang bisa dijadikan alternatif oleh-oleh khas Jogjakarta selain yang uda mainstream sebelumnya macam bakpia, geplak, ataupun yangko (eh ini sih aku suka semua ya makanan versi klasiknya). Nah kalau yang bakpia tugu ini mungkin aku bilang lebih ke kayak spongecake atau bolu kekinian kali ya, karena memang jauh dari tampilan bakpia pada umumnya. 





Nah, dia ini bahan dasarnya itu terdiri dari telur, terigu susu, gula, dan lain-lain (katanya sih gitu di bungkusnya). Nanti informasi nilai gizinya aku sertakan juga deh lewat foto biar jelas. Terus proses pembuatannya juga sudah menggunakan teknologi mesin modern. Dan ada logo halalnya juga.

Variannya sendiri yang aku beli ada 2 macam ya. Varian stroberi dan klepon. Varian stroberi itu kulit luarnya putih. Dalemnya selai stroberi. Sedangkan yang klepon kulit luarnya hijau. Begitu dibuka emang bentuknya beda banget ama bakpia, hihi. Kulit luarnya itu sekali lagi menurutku mirip spongecake atau bolu. Nah, dia bentuknya bulat dan agak gepeng. Tapi packagingnya unik deh. Soalnya perpack itu isi 10 yang masing-masing ada bungkusnya sendiri dengan gambar seperti blangkon dimana kepalanya itu ya buletan bakpia (or bolunya ya). Soalnya kan plastik dalemnya bening, jadi bolunya kelihatan sebagian dan pas nempel ama pola blangkonnya jadi mirip kayak orang lagi blangkonan. Terus ada absorber oxygennya juga biar bakpia (bolunya) ga cepat rusak. 





Lalu rasanya sendiri bagaimana? Enak kah? Kalau enak dan ga-nya itu mah relatif ya. Masalah selera. Tapi kalau menurutku sih enak. Maksudnya bisa lah kuterima dengan lidahku, walaupun aku bilang memang aku kayak makan spongecake yang lembut, bukannya bakpia. Nah, dia itu ada isiannya yang kira-kira kalau sepengamatanku porsinya satu sendok gitu deh (tapi aku ga tau persisnya segimana). Cuma ya, lumayan kayak jekpot juga kan pas ngegigit dapet lumerannya dalam mulut, hihi.

Pertama, yang stroberi dulu ya. Dalam satu buletan, isian selai stroberinya lumayan kerasa waktu pertama kali ngegigit. Selai stroberinya ringan. Ga berat. Jadi ga bikin cepet kenyang. Pas lah, menurutku. Sementara yang klepon isiannya gula jawa gitu deh. Kayak kue putu ayu apa ya hahhaaha. Warnanya manis. Ijo-ijo unui. Dan sekali lagi rasanya ringan. Ga berat. Jadi ga bikin eneg. Sekali lagi menurutku pas lah ama tekstur lembut kulit luarnya.


















Lalu kalau ditanya antara yang stroberi atau yang klepon lebih suka yang mana, kayaknya aku bakal pilih yang klepon deh. Tumben amat kan aku suka ama yang klepon, biasanya kan kalau ada makanan apa yang salah satunya ada pink-pinknya, aku mending pilih yang pink hahhahah. Tapi kali ini ga. Yang klepon kerasa lebih cocok di lidahku. Kulit luarnya yang hijau itu juga menurutku rasanya ga terlalu berat. Ringan gitu deh. Alias ga cepat bikin wareg. Jadi kayaknya cocok buat temen minum teh atau kopi waktu sore-sore.

Kalau untuk harganya sendiri beli online Rp 43 ribu untuk yang isi 10 pack ya, hihi...Jadi karena aku beli 2, ya tinggal dikalikan aja.


























Review Pribadi dariku :

Tidak begitu mirip bakpia baik rasa maupun bentuk, tapi rasanya enak. Mirip spongecake atau bolu
Tekstur luar kulitnya soft dan ga bikin eneg, jadi pas maem 1 juga ga terasa masih sanggup ngabisin beberapa bungkus lagi hihi
Cocok untuk penikmat cemilan yang ga terlampau suka makanan super manis karena rasanya ringan
Buat oleh-oleh juga tampak manis karena packagingnya premium dan sangat rapih
Harga lumayan terjangkau
















Nah, demikian lah review ini aku buat, semoga segala kebaikan menyertai kita semua, amiiin : D

See you and bye bye....