Kamis, 01 Oktober 2020

Nasi Goreng Daun Mengkudu


Fried Rice with Mengkudu Leaf

Oleh : G Nita 

Hai..si demplon Beby Mbul balik lagi...

Kali ini aku akan ngomongin tentang nasgor. Nasi goreng aka bahasa londonya fried rice. Eh itu mah bahasa Inggris kalik. Kalau bahasa londonya aku tak tau huehhehe......

Jadi ceritanya, berkat komentar Mas Kal El di postinganku yang ini, aku jadi tau kalau model nasi goreng Betawi itu bisa dipakein daun mengkudu. Pas banget kan karena stok makanan juga lagi habis. Sebab aku belum sempet ke pasar lagi karena pasarnya jauh. Iya dianterin Pak Suami sih tiyep ke pasar, tapi tetep aja kan kudu meluangkan waktu minimal 1 hari khusus untuk belanja, paling biasanya weekend doang untuk belanja kebutuhan 1 minggu. Dengan catatan sedang ga males. 



Ya, kadang memang ga bisa dipungkiri bahwa aku suka males masak padahal bahan makanan udah terlanjur kebeli. Khilap beli sayur ini itu eeeeh jatohnya malah ga ada yang kemasak. Terus Pak Suami langsung bilang : "La kudune disun pipi gembilnya diglitho kalik ya si Mbul ini biar nda suka buang-buang duit buat beli sayur". Akhirnya alum deh tuh sayur di dalem kulkas. Bahkan daunnya juga ada yang sampai kering mengeriting bagai jari-jari yang kelelahan setelah melaksanakan aktivitas bewe bahahahah....((tapi kalau komen di tempatnya blogger favorit sih seneng aku bahkan sampai visit back berkali-kali haha, maapkan ya blogger-blogger favoritku haha))). Mau alesan lupa beli salah satu bumbunya atau memang lagi lelah aja ama kegiatan lain, tapi tetep aja judulnya ma to the les MALES. Titik. Soalnya ketemunya juga sayur yang itu lagi-sayur yang itu lagi. Bocend. Pengennya bisa masak yang lebih bervariasi gitu kayak style menu masakan wartegnya ibuk tercintanya Mas Agus. Tapi aku blom jago. Huhu... aku masih babon...eh...maksudnya belom piawai masak yang rumit-rumit kayak masakan beliau. Apalagi kalau stok bahan makanan lagi menipis. Jadi agak susah buatku bereksperimen. Lagipula kadang agak worry juga sih waktu menclok ke tempat-tempat rame cem pasar setelah melihat berita pandemi yang semakin hari semakin mengkhawatirkan ini). Jadi bisa dibilang akhir-akhir ini memang lagi jarang ke pasar. Ya, walaupun tetep aja sih harus ke pasar juga sewaktu-waktu karena perut kudu dikasih makan. Kalau nda bisa berontak ini gajih-gajih dan sandung lamur dalam perut Beby Mbul hahaha.

Dan, berhubung semalam males keluar cari nasgor 'tek-tek', jadi mau ga mau kudu memanfaatkan sisa-sisa bahan makanan yang ada walaupun jumlahnya limit. Maka terbersit ide untuk mempraktekkan apa yang pernah Mas Kal El bilang. Sebelumnya Pak Suami juga uda searching di youtube sih mengenai keberadaan si nasgor daun mengkudu ini, jadi makin mantablah kami buat. Tentunya, seperti biasa dengan jalan shift-shiftan sebab bayi-bayi monsnen akoooh masih pada melek. Haha.. 

Pertama, aku siap-siapin bumbunya dulu. Kali ini kupilih jalan praktisnya aja yakni ga pake uleg, alias irisan aja. Eh ini kok jadi kayak tumis nasi ya? Auk deh....hahaha.... Nah, abis itu Pak Suami berangkat bruwun deh ke samping rumah Koh Tjie Kang untuk mengambil beberapa lembar daun mengkudu, tapi aku request agak banyakan biar nasgornya tampak ijo cantik di setiap timbunan bulir nasinya. Nanti, setelah bumbu aku iris-iris giliran Pak Su yang ngongsreng. Soalnya tangan dia kan lebih 'dewa' ya daripada tangan akooh, jadi kalau bikin nasgor ga sehorror nasgor bikinan akoooh. Hihi..

Okey, biar lebih jelasnya lagi aku bikin step-step resepnya aja ya di bawah.

Bahan-Bahan :

Sepiring nasi dingin (nasi sisaan di rice cooker yang pinggirnya uda agak mengering)
Beberapa lembar daun mengkudu
3 Cabe rawit
3 Cabe cengis/yang biasa buat ceplusan gorengan
1 buah tomat
Beberapa siung bawang merah
Beberapa siung bawang putih
Garam
Saos tomat
Kecap manis
Bumbu penyedap 
Kalau ada terasi sepertinya lebih manteb lagi, sayang terasinya lagi habis
Suiran ayam goreng
Minyak 
Telur

















Cara Memasak : 

Cuci bersih daun mengkudu dan segala bumbu nasi gorengnya
Buang tulang daun pada daun mengkudunya agar daun tidak terasa pahit
Iris-iris daun mengkudu sampai tipis
Iris bumbu nasgornya yaitu bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe cengis, dan tomat
Panaskan minyak
Masukkan bumbu yang sudah diiris, osreng-osreng sampai harum
Masukkan telur
Tambahkan nasi dinginnya
Tambahkan irisan daun mengkudunya
Tambahkan suiran ayam gorengnya
Beri sejumput garam, bumbu penyedap (opsional), kecap manis, dan saos tomat. 
Koreksi rasa
Setelah matang sajikan dengan kerupuk atau tambahan telur mata sapi.

2 piring nasi goreng mengkudu dimakan di malam syahdu...ugh la la...gosah berpuitis ria deh lau Mbooollll hahhaha.. Wagu tauk. Tapi ngomongin rasa nasgornya itu ya pokoknya enak lah. In our version ya #buru-buru check google translate :D. Nasgor emang penyelamat sih di kala bahan-bahan makanan menipis dan cuma ada sisaan nasi kering. Dan sebenernya nasgor kami kali ini ga gitu pedes sih. Soalnya ga diuleg, jadi irisan cabenya masih bisa disingkir-singkirin. Terus tadinya pas difoto awal belom ada telor ceplok ama kerupuknya. Mendadak kok berasa ada yang janggal? Karena punya Pak Suami udah digasak duluan itu nasgornya, maka yang bisa kukasih beberapa perintilan garnish ala-ala cuma piringku aja. Eh tapi pas bikin lagi keesokan harinya bisa sih kukasih telor ceplok dua-duanya, walaupun yaaah bukan telor ceplok yang setengah matang sih alias yang udah kematangan aka pinggirannya kruwil-kruwil karena wajan kutinggal-tinggal bentar waktu sedang ngecek hape. Hahahaha.... Tsaelahh.... timbang makan nasgor aja meuni ribet banget si Mbul (terus akuh diplerokin Pasuami hahahha). 







Okey, demikianlah updatean nasgor daun mengkudu yang ada sensasi pahit-pahit gurihnya dikit. Tapi over all, rasanya mancaaaabbb. Kalian mau coba juga?