Sabtu, 22 Mei 2021

Sinopsis Ponyo (2008)



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Sinopsis Ponyo (2008)

Di kedalaman samudra, seorang pria berpenampilan aneh sedang melakukan sesuatu dengan tabung-tabungnya. Di sekitarnya, tampak beragam mahluk laut berkilauan cahaya mengelilinginya. Ada ubur-ubur, ikan laut, belut listrik, bintang laut, kepiting, dan cumi-cumi raksasa yang melintas. 

Sejenak pria tersebut kemudian menembakkan senjatanya ke arah cumi-cumi itu untuk memperkuat khasiat ramuan dalam tabungnya tapi tidak berhasil. Rupanya ia adalah seorang penyihir bernama Fujimoto. Ia tinggal di sebuah rumah karang yang dikelilingi oleh jamur dan tanaman-tanaman laut. Dandanannya cukup mencolok. Rambutnya panjang merah, wajahnya berblush on, matanya ber-eye shadow, telinganya beranting, serta bajunya bergaris-garis biru lengan panjang menyerupai jas. Dulunya ia ternyata seorang manusia, namun karena suatu hal maka ia berubah menjadi penyihir dan tinggal di dalam lautan bersama anak-anaknya yang merupakan kawanan ikan mas. Salah satunya yang paling besar mempunyai rasa ingin tahu lebih tinggi dibanding anak-anaknya yang lain bernama asli Burnhilde. 


Sinopsis Film Ponyo (2008), sumber gambar : imdb


Suatu ketika Burnhilde iseng keluar dari sarang (semacam akuarium) dan memilih bermain-main menaiki ubur-ubur. Tak disangka ubur-ubur tersebut naik ke atas dan membawanya ke permukaan air laut. Sebuah kapal penangkap ikan tiba-tiba melintas di depan mata. Jaringnya secara tak sengaja ikut menangkapnya bersamaan dengan ikan-ikan lain. Di dalam jaring itu, ada sebuah botol kaca tanpa penutup yang tiba-tiba menjebak kepalanya hingga masuk ke dalam). Ia pun lantas terbawa sampai ke permukaan air yang lebih dangkal di tepi sebuah karang bersamaan dengan botol itu.

Seorang anak laki-laki berumur 5 tahun bernama Sasuke berlari ke dasar tebing untuk bermain kapal-kapalan yang di atasnya merupakan rumah yang ditinggalinya bersama ibunya, Lisa dan ayahnya Koichi. Lisa bekerja di sebuah panti jompo yang berada di dekat sekolah Sasuke. Sedangkan Koichi bekerja di sebuah kapal pesiar sebagai nahkoda.

Saat Sosuke mencapai dasar tebing, tak disangka matanya menangkap seekor ikan mas yang kepalanya terperangkap lubang botol. Ia pun berjalan ke permukaan air dan mencoba melepaskannya. Karena kesusahan, akhirnya ia membawa botol (plus ikan mas) tersebut ke daratan dan mencari batu untuk memecahkannya. Setelah botol pecah dan ikan masnya bebas, ia pun baru menyadari bahwa jarinya terluka. Tak disangka, ikan mas tersebut menjilati darahnya dan ajaib!!! Lukanya langsung hilang tak berbekas. Sosuke pun semakin takjub dan menggoyang-goyangkan badan ikan masnya untuk memastikan bahwa ia tidak mati. Dan berhasil! Mata ikan mas tersebut terbuka setelah dari dalam mulutnya yang mungil menyembur air hingga membasahi wajah Sosuke. Anak laki-laki itu pun segera mengisi ember yang dibawanya dengan air laut dan meletakkan ikan masnya ke dalam sana. Diberikannya nama ikan mas itu dengan sebutan Ponyo. Sebuah nama yang cute dan cantik sesuai dengan tampang si ikan. 

Lisa, kemudian memanggilnya dari atas supaya segera bersiap-siap supaya mereka tidak terlambat. Ya, karena hari ini Sosuke harus ke sekolah, sementara Lisa harus bekerja di panti jompo yang letaknya tak jauh dari sekolah puteranya itu. Sosuke pun berlari ke atas sambil berteriak bahwa ia mendapatkan ikan mas. Sementara Lisa menanggapi dengan sekenanya karena ia kelihatan sangat sibuk. 

Namun belum sempat mobil yang ia kendarai berjalan, dari arah taman samping rumahnya muncul seorang pria aneh yang sedang menyemprotkan sesuatu dengan tangki di balik punggungnya. Lisa menegurnya karena kawasan itu tidak diperkenankan terkena semprotan bahan kimia. Tapi pria tersebut (yang ternyata adalah Fujimoto) berkilah bahwa yang ia semprotkan hanyalah air laut biasa semata-mata untuk menjaga agar tubuhnya tetap lembab saat ada di daratan, tetap saja membuat Lisa kesal. Ia merasa penampilan pria tersebut terlihat freak dan mencurigakan. Tapi ia tak punya banyak waktu selain harus tancap gas dan mengantar Sosuke sekolah. Ia pun cabut dari situ dan menyisakan Fujimoto yang kebingungan karena Ponyo ikut dibawa Sasuke sekolah. 

Sambil sarapan sandwich, di dalam mobil, Lisa berpesan supaya Sasuke tidak pernah menanggapi orang aneh seperti Fujimoto tadi. Sosuke hanya mendengarkan sambil lalu karena ia tengan sibuk dengan Ponyo dalam embernya. Ia mengatakan pada Lisa bahwa ikan masnya ini ajaib sebab ia dapat menyembuhkan luka di jarinya. Diberitahukannya pada ibunya itu bahwa sekarang nama ikan masnya adalah Ponyo. 

Ponyo lalu ditawari secuil roti sandwich, tapi mahluk kecil berbadan merah itu menolak. Saat Sosuke memperlihatkan hamnya, tiba-tiba Ponyo menariknya habis dan mengunyahnya secepat kilat. Sosuke kembali takjub sebab baru kali ini ada ikan mas tapi doyan daging ham. Sementara itu Lisa mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi agar Sosuke tidak terlambat sekolah dan ia  bisa tiba di panti jompo tepat waktu.


Aku suka banget gambar pemandangan di film Ponyo yang warna-warni, sebagian detailnya mirip style pewarnaan menggunakan pinsil warna ya? sumber gambar : imdb

Terbayang punya rumah di atas tebing dengan pemandangan laut... Betapa cantiknya!!! (sumber gambar : imdb)



Setibanya di sekolah, usai menyapa senseinya, Sasuke berlari ke halaman belakang. Ia menyembunyikan Ponyo diantara semak-semak dan menutupnya dengan selembar daun yang menjari. Ia berharap tidak ada kucing lewat yang mengintainya. 

Saat istirahat tiba, Sosuke kembali melihatnya dan memastikan bahwa Ponyo masih hidup dalam ember. Saat itulah Kumiko teman perempuan sekolah Sosuke ingin tahu apa yang disembunyikannya dalam semak-semak. Ia sebenarnya ingin bermain dengan Ponyo seorang diri tanpa diganggu siapapun. Tapi Kumiko tetap memaksa. Ia pun akhirnya melihat Ponyo meskipun Sosuke memperingatkannya agar tidak bilang pada siapapun. Sosuke juga menanyakan apakah Ponyo adalah ikan yang cantik. Sayangnya Kumiko berkata bahwa Ponyo terlihat gendut dan ikan masnya yang di rumah jauh lebih cantik. Mendengar hal itu, Ponyo pun cemberut dan segera menyemburkan air ke wajah Kumiko hingga baju barunya basah. Kumiko menangis dan Sosuke pun kabur ke tempat lain. 

Saat akan mengisi air di ember Ponyo, ember tersebut terbalik dan menyebabkan Ponyo jatuh menggelepar di dekat saluran pembuangan. Cepat-cepat Sosuke menangkapnya dan segera mengisinya embernya dengan air keran. Ember pun kembali penuh dan Ponyo bisa berenang kembali di dalam sana. 

Yoshi, salah seorang nenek di panti jompo bergumam seperti mendengar suara Sosuke. Sosuke pun menjawab perkataan Yoshi dan Noriko temannya yang tengah berjemur dengan kursi roda mereka sambil menghadap ke laut. Anak itu memamerkan Ponyo pada dua wanita uzur itu dan berkata bahwa Ponyo adalah ikan mas ajaib yang bisa menyembuhkan lukanya. Yoshi dan Noriko pun menyambutnya dengan antusias dan berharap agar Ponyo pun bisa menyembuhkan kaki mereka. 

Toki, seorang nenek lagi yang bermuka judes dari yang lain tiba-tiba datang mendekat pada mereka dengan kursi rodanya. Ia penasaran dan ingin tahu seperti apa Ponyo itu. Saat Sosuke mengarahkan ember padanya, betapa terkejutnya ia karena Ponyo mempunyai raut wajah yang jelas menyerupai manusia. Ia langsung meracau supaya Sosuke cepat-cepat mengembalikan Ponyo ke asalnya karena konon jika ikan mas memiliki wajah yang menyerupai wajah manusia, maka ia dipercaya akan mendatangkan Tsunami. Sementara Yoshi dan Noriko berkata bahwa Toki terlalu percaya pada takhayul. Tapi tetap saja Toki kekeuh pada pendiriannya. Mendengar hal itu, Ponyo langsung menyemburkan air ke wajah Toki hingga baju Toki basah kunyup. Toki pun berteriak. 

Lisa  datang tergopoh-gopoh ke sumber keributan, sementara Sosuke kabur ke dasar tebing. Di sana ia berkata pada Ponyo, bahwa apapun yang terjadi ia akan melindungi Ponyo. Tak disangka, Ponyo  tiba-tiba berkata : "Sosuke!" Sosuke pun terkejut karena ada ikan dapat bicara. Kembali Ponyo menyebut namanya lalu menyebut dirinya sendiri Ponyo. Ia juga bilang : "Ponyo love Sasuke!" Lalu Sosuke membalas Ponyo bahwa ia menyayangi Ponyo juga. 

Sementara itu Lisa berteriak memanggil Sosuke supaya anaknya itu segera naik ke atas dan meminta maaf. Tak disangka, Fujimoto muncul dari permukaan laut dan meniupkan sihir ke ombak laut supaya naik ke daratan dan merebut Ponyo dari tangan Sosuke. Karena begitu besarnya kekuatan ombak itu, akhirnya Ponyo terseret ombak dan kembali ke tangan Fujimoto. Sosuke yang menyadari Ponyo telah raib hanya bisa menangis. Lisa kemudian menyusulnya ke bawah dan menangkapnya supaya tidak ke tengah-tengah lautan. Ia menghibur Sosuke dan mengatakan bahwa ini sudah suratan takdir. Ponyo harus kembali ke tempat asalnya di lautan sana sambil membujuk Sosuke untuk bersiap-siap pulang walaupun di tengah jalan mereka mampir belanja di supermarket. 

Sosuke kemudian dibelikan es krim tapi tetap saja wajahnya murung. Sambil menyetir, Lisa mencandainya sambil bertanya apakah ia boleh menjilat sedikit es krim anaknya itu. Sosuke mempersilahkan hingga Lisa menjilat es krimnya dalam porsi besar.  Ia kembali berkata bahwa Sosuke harus kembali ceria karena malam ini ayahnya akan pulang.

Setibanya di rumah, Lisa langsung bersiap untuk memasak makan malam. Ia merebus sesuatu dalam panci besar dan mengolah sayuran yang telah ia beli dari supermarket. Sementara Sosuke duduk di meja tengah sambil terus berharap bisa kembali menemukan Ponyo suatu hari nanti dengan mencantelkan ember di permukaan pagar rumahnya. Tiba-tiba telepon berdering. Rupanya dari sang ayah. Katanya mendadak Beliau tidak jadi pulang, tapi Beliau berjanji akan mengirimkan kode saat kapalnya lewat rumah mereka. Sosuke menyerahkan telepon tersebut pada Lisa. Tak disangka Lisa marah besar. Ia pun berkata : "Baiklah, tinggalkan saja anak dan puteramu sendiri di atas tebing!" Lalu ia membanting teleponnya dan menghentikan acara masaknya. Rasa jengkelnya ini membuatnya ingin minum bir dan enggan melakukan hal apapun. 

Saat malam tiba, Sosuke sudah stand by di pinggir balkon untuk menanti kapal ayahnya lewat. Begitu kapalnya lewat, segera ayahnya Koichi memberikan kode yang berupa salam cinta dan permintaan maaf tidak bisa pulang malam ini lewat sorot lampu kapal. Sosuke memberitahukan pesan tersebut pada Lisa namun Lisa menyuruh Sosuke mengetikkan kode berbunyi 'baka' (yang dalam bahasa Jepang berarti brengsek!). Koichi pun benar-benar minta maaf, dan kembali mengetikkan kode sangat mencintai istrinya Lisa. Lisa yang diberitahu begitu lantas bangun dari duduknya dan langsung mengetikkan sendiri kode : Baka berulang kali dengan huruf kapital saking jengkelnya ia pada Koichi. Artinya, "Brengsek, brengsek, brengsek!" Melihat hal itu Koichi melakukan segala cara termasuk memberikan kode romantis dengan menyalakan semua lampu kapal hingga kapal terlihat warna-warni. Namun Lisa memilih balik badan dan Sosuke lah yang menuntaskan komunikasi mereka dengan bilang semoga berhasil dan ditutup dengan terima kasih dan cium mesra dari Koichi.

Sosuke lalu masuk ke kamar, dan menghibur Lisa supaya jangan menangis. Ia juga bergumam semoga Ponyo di tengah lautan sana tidak menangis. Mendengar anaknya berkata seperti itu, Lisa akhirnya bangkit dan kembali ceria agar Sosuke tidak murung. Mereka kemudian beranjak ke ruang makan untuk menghabiskan calon makan malam ayahnya.


Ibu Ponyo yang ternyata putri duyung besar, sumber gambar : imdb

Ibu Ponyo menemui Fujimoto, sumber gambar : imdb

Fujimoto curhat pada Ibu Ponyo mengenai putri mereka Ponyo yang kini menjadi manusia setelah mencicipi darah manusia dan menyebabkan kekacauan seperti Tsunami, sumber gambar : imdb



Sementara itu, di dasar lautan, Fujimoto tengah sibuk membujuk Ponyo yang semula ia panggil dengan sebutan Burnhilde dengan makan biji-bijian (yang terlihat seperti kacang polong). Namun, hal tersebut kemudian ditanggapi dingin oleh Ponyo, bahkan ia memilih ingin makan ham. Fujimoto curiga Ponyo sudah mencicipi darah manusia sehingga DNA-nya rusak. Ponyo juga bersikeras ingin menemui Sosuke kembali dan ingin menjadi manusia. Dengan mengejan, tiba-tiba muncul sepasang tangan dan kaki pada badannya. Meski bentuknya belum begitu sempurna dan masih menyerupai ceker ayam. Ketika mengejan lagi dan berusaha untuk berubah lagi, Fujimoto gelagapan menahannya. Ia perlu bantuan ramuan ajaib supaya bisa membendung kekuatan Ponyo. 

Setelah meneguk ramuan itu, perlahan-lahan Ponyo dapat dikembalikan ke bentuknya semula dan tidur sementara. Fujimoto lalu memperisainya dengan gelembung air dan memasukkannya ke dalam akuarium bersandingkan dengan ratusan adik-adiknya yang lain. Namun karena kekuatan ramuan ajaib tadi demikian kuat, beberapa hewan laut ikut masuk ke rumahnya. Ribuan kepiting mendekat dan membuat Fujimoto kelabakan. Ia pun harus mengecek sumur ramuan di tempat tersembunyi dan memastikan semuanya aman. Saat tiba di sana, ia bergumam, jika sumur tersebut penuh maka era samudra akan menguasai planet ini menggantikan era pengrusakan manusia. 

Ponyo yang tertidur, tiba-tiba saja dibangunkan oleh ratusan adiknya hingga ia kembali bisa mengubah diri menjadi setengah manusia. Ia kini memiliki sepasang kaki dan tangan yang menyerupai kaki ayam. Ia juga memiliki gigi seperti manusia. Lalu ia menjebol pertahanan akuarium hingga mahluk laut dan ikan-ikan yang ada di luaran sana bisa menembus masuk. Ia  terbawa ke ruang rahasia Fujimoto hingga sumur ramuan akhirnya terisi penuh dan bercahaya. Kekuatan maha dahsyat akhirnya muncul. Ponyo berubah menjadi manusia seutuhnya hingga memiliki perut, kaki, tangan, rambut dan lain-lainnya. Ia juga naik ke atas mengendarai ikan-ikan biru raksasa ajaib hingga kapal-kapal yang berlayar di lautan melihatnya sebagai gelombang tinggi pertanda Tsunami.

Di sekolah, Sosuke belum juga dijemput Lisa. Sensei bilang apakah Sosuke mau menunggu Lisa datang atau mau langsung pergi ke panti jompo. Sosuke memilih opsi yang terakhir. Sementara suasana di luar sana sudah sangat gelap. Akan ada badai besar. Cuaca juga sangat berangin. Pintu otomatis panti jompo tidak dapat terbuka, Sosuke pun menyelinap dengan cara manual. Di dalam ternyata sedang mati lampu hingga kawanan nenek-nenek terduduk di kursi roda dengan perasaan gelisah. Yoshi dan Noriko kemudian mendengar suara Sosuke dan keduanya diberi origami ikan mas buatan Sosuke. Sosuke bilang mungkin ini bisa memberikan keajaiban. Tak lama kemudian, listrik kembali menyala. Toki kemudian menggerutu sambil melihat prakiraan cuaca di televisi. Ia bilang tidak ingin melewatkan malam yang demikian mengerikan seperti ini. Sosuke pun datang dan memberikan origami kapal-kapalan kepada nenek tua bermuka judes itu. Toki mengamati bentuknya. Ia bilang bentuknya seperti belalang. Tapi kemudian dijelaskan bahwa itu nama kapal yang dinahkodai ayahnya.

Teman perempuan Lisa yang melihat Sosuke di panti jompo segera menyarankan Lisa untuk segera pulang selagi masih sempat. Yang lain juga memastikan akan baik-baik saja dan mendukung Lisa dan Sosuke untuk pulang segera. Akhirnya Lisa menjawab okey dan mengajak Sosuke bersiap-siap. Di luar sana, angin kencang terus berhembus. Suasana makin menakutkan. Pepohonan di pinggir jalan ikut bergoyang hebat. Ombak tinggi di lautan bergulung-gulung seperti mengejar mobil mereka. Sebagian malah sudah menggenangi jalan. Sosuke mengintip dari balik jendela mobil bahwa ada anak perempuan kecil berbaju merah jambu yang berlari mengendarai ikan raksasa dan mengikuti mereka. Tapi beberapa saat kemudian anak perempuan itu menghilang ditelan ombak. Sosuke mengatakan pada Lisa hal tersebut hingga Lisa pun menghentikan mobilnya. Hanya saja anak perempuan itu telah menghilang. Mereka pun meneruskan perjalanan sebelum semuanya bertambah buruk. 

Setibanya di rumah, barulah dari kejauhan anak perempuan itu muncul lagi. Ketika akan dijemput Lisa, anak perempuan itu berlari ke arah Sosuke dan langsung berada dalam gendongannya. Sosuke pun seperti mengingat-ingat sesuatu mengingat wajah anak itu sangat mirip seseorang, tapi ia lupa mirip siapa. Lalu tercetuslah nama Ponyo, yang kemudian segera diiyakan oleh anak perempuan itu. Dan Sosuke pun segera berteriak pada Lisa bahwa anak perempuan itu dulunya ikan mas. 

Lisa pun segera mengajak Ponyo masuk ke dalam. Karena mati lampu, ia menyalakan lampu emergensi dan meminta Ponyo untuk membantu membawakannya. Selanjutnya ia akan memasakkan sup hangat untuk Sosuke dan tamu kecilnya itu. Setelah sup matang, Lisa mempersilakan Ponyo untuk mencicipi. Sosuke sendiri bercerita bahwa ayahnya tetap tinggal di kapal karena gelombang tinggi. Sementara radio juga tidak bisa digunakan. Gelombangnya tidak nyampe. Ia juga bertanya seperti apa ayah Ponyo. Ponyo kemudian menjawab bahwa ayahnya menyebalkan karena ia selalu dikurung terus tidak boleh ke daratan. Lisa lalu menyahut seperti apa ibunya. Ponyo bilang ibunya sangat besar dan cantik. Juga menakutkan. Hal tersebut kemudian membuat Sosuke berkelakar bahwa sifat Ibu Ponyo tentu mirip dengan Lisa. Setelah itu Lisa menanyakan mereka akan melakukan apa lagi? Ponyo bilang ingin makan ham. Lisa pun menjawab okey, tapi Ponyo harus membantunya membawakan lampu emergensi karena ia akan menyalakan genset di ruang bawah tanah. 

Saat tiba di sana, rupanya gensetnya susah digerakkan. Mungkin ada saluran yang buntu. Tiba-tiba Ponyo  melakukan gerakan seperti merapal sesuatu lalu tiba-tiba gensetnya menyala. Sosuke pun semakin kagum dengan Ponyo. Mereka segera bergegas menancapkan antena untuk memberi pertanda pada kapal yang kehilangan arah di tengah lautan agar tahu keberadaan rumah mereka. Kegiatan selanjutnya adalah mereka memasak mie instan dengan topping ham dan sayuran yang kuahnya diseduh dengan air panas. Saat mie matang, Ponyo sangat gembira karena ia begitu menyukai ham. Namun tak lama kemudian ia sangat mengantuk dan jatuh tertidur. 

Saat keluar halaman, Lisa melihat di kejauhan seperti ada lampu berkedip beberapa kali. Ia juga memperhatikan bahwa jalanan sudah digenangi air meski keadaan laut sudah tenang. Ia khawatir lampu tersebut berasal dari panti jompo sehingga ia memutuskan untuk menengok ke sana sambil membawa perbekalan kalau-kalau orang-orang panti kekurangan bahan makanan atau selimut. Ia juga berpesan pada Sosuke agar tetap di rumah saja bersama Ponyo karena  ibaratnya rumah mereka adalah mercu suar sehingga harus ada yang menjaga kalau-kalau ada kapal yang membutuhkan bantuan. Dengan berat hati Sosuke menerimanya. Meski yang tadinya ia ingin ikut. Selanjutnya Lisa dengan mengendarai mobil seorang diri segera menyusuri jalanan yang tidak digenangi air yaitu dengan cara memutari gunung agar bisa sampai ke panti jompo. 

Di tengah lautan, kapal yang dinahkodai Koichi mesinnya mati. Ia dan anak buahnya segera meneropong mencari petunjuk. Di kejauhan tampak sinar lampu warna-warni berjejeran indah sekali. Mulanya mereka mengira itu kota, tapi setelah diteropong lagi, ternyata itu adalah kuburan kapal yang menggunung terkena gelombang tinggi. Tak lama kemudian di sekitar mereka lewat seberkas cahaya yang menunjukkan bayangan putri duyung besar. Ajaib! Setelah bayangan putri duyung besar itu lewat mesin kapal kembali menyala dan kapal bisa bergerak lagi. Mereka pun segera memanjatkan doa tanda mensyukuri adanya bantuan dari dewi samudra.

Sementara itu, Sosuke dan Ponyo tertidur pulas, Fujimoto datang dengan menaiki gelombang sihirnya. Namun saat akan memasuki rumah Sosuke, pagarnya menyetrum tangannya pertanda sudah diberi mantra penghalang. Fujimoto kaget darimana Ponyo mempelajarinya. Ia pun bertambah kaget lagi karena saat mengintip ke jendela, ia sudah mendapati anaknya itu telah berubah jadi manusia. Sementara itu ratusan adik Ponyo menggigiti gelombang sihir dari bawah hingga Fujimoto pun jatuh ke laut. 

Seberkas sinar dari lautan kemudian mendekat pertanda kedatangan ibu Ponyo. Ia pun segera curhat pada putri duyung besar dan cantik jelita yang bagaikan dewi lautan itu bahwa kenyataan Ponyo telah mencicipi darah manusia hingga menyebabkan kekacauan. Terlebih bintang juga mulai berjatuhan menandakan gravitasi planet ini mulai kacau. Ibu Ponyo pun segera menenangkan Fujimoto agar tidak panik. Ia memastikan bahwa nama anak laki-laki yang bersama Ponyo adalah Sosuke. Jika cinta Sosuke terhadap Ponyo tulus maka Ponyo yang menjadi manusia perlahan akan melepaskan kekuatannya melalui sihir kuno. Namun jika suatu saat nanti, Sosuke berpaling ke lain hati, maka Ponyo akan menjadi buih di lautan seperti halnya asal usul Ibu Ponyo yang sebenarnya. 


Aku suka banget ama penggambaran dapurnya Lisa, sumber gambar : imdb

Aku paling suka ama part masak mie dengan topping ham, kelihatan lezat, sumber gambar : imdb



Pagi harinya, Ponyo terbangun lebih dahulu dan ia memanggil-manggil Sosuke. Rupanya air sudah menggenangi seisi halaman rumah meski tidak sampai masui ke dalam rumah. Ponyo bertanya dimana keberadaan Lisa. Sosuke pun menjawab Lisa pergi ke panti. Tapi ia kemudian berpikir bahwa jangan-jangan Lisa terjebak di jalanan mengingat keadaan air sudah sampai setinggi ini. Mereka kemudian menggunakan kapal mainan yang disihir Ponyo menjadi lebih besar untuk berlayar menyusul Lisa. Kapal tersebut digerakkan dengan panas lilin yang juga disihir menjadi besar agar kapalnya cepat berjalan. 

Nah, di tengah jalan, mereka bertemu dengan keluarga kecil yang juga menuju ke arah hotel yang ada di puncak untuk mengungsi bersama yang lain. Keluarga kecil itu terdiri dari seorang ayah, ibu muda, dan bayi mereka yang tampak cemberut seperti sedang kesal terhadap sesuatu. 

Tiba-tiba Ponyo menuangkan sup yang ada dalam termosnya ke dalam cangkir untuk diberikan pada si bayi. Tapi si ibu muda tadi meminumnya sehingga membuat Ponyo melayangkan protes. Namun setelah dijelaskan bahwa bayi tersebut masih terlalu kecil untuk meminum sup dan ia hanya boleh meminum susu sementara susu bisa dihasilkan dengan cara si ibu muda tersebut yang meminum supnya, maka Ponyo pun mengerti. Malah ia serahkan juga sandwich bekalnya untuk si ibu muda itu agar bayinya mendapat ASI yang banyak. Setelah itu Sosuke dan Ponyo pamit untuk meneruskan perjalanan. 

Mereka juga berpapasan dengan rombongan orang kota yang hendak mengungsi ke hotel di puncak sana. Sosuke bertanya apa mereka bertemu ibunya. Ternyata tidak  seorangpun ada yang mengetahui keberadaan Lisa dan orang-orang panti. Sosuke pun bergegas mempercepat laju kapalnya. Sayangnya lilin pertama sudah habis, sementara saat akan meminta Ponyo untuk menyihir lilin kedua supaya jadi besar, Ponyo mengantuk. Ia pun tertidur sehingga kapal hanya bisa berjalan jika ada yang mendorongnya dari bawah. 

Tak lama kemudian genangan air di depan mereka sudah surut. Bahkan di depan sana ada mobil Lisa yang terparkir begitu saja di samping pohon besar, setelah dicek ternyata tidak ada Lisa di sana. Sosuke pun memanggil-manggil ibunya, tapi tidak ada jawaban. Ia pun menangis dan ingin segera mencari tahu keberadaan Lisa. Sinopsis ditulis oleh Gustyanita Pratiwi.

Review Pribadi dariku :

Baru aja kemarin nonton Ponyo (2008) dan langsung kesengsem pengen ngulang-ulang terus saking yang jadi Ponyo mirip sama aku (polos dan frontalnya maksudnya, hahaha).

Ponyo adalah film besutan Sudio Ghibli nomor 3 kesukaanku setelah Spirited Away, My Neighbor Totoro, dan Grave of the Fireflies. Yang aku suka dari Ponyo selain visual artnya juga ceritanya yang anak-anak banget, polos apa adanya (walau dibumbui sedikit percintaan--seperti janji cinta Sosuke kepada Ponyo kelak saat dewasa nanti juga part Lisa saat digombali Koichi supaya tidak ngambek lagi). 

Visual artnya sendiri menurutku digarap dengan super detail sehingga memperlihatkan keindahan dari tiap setting tempat yang digunakan. Mulai dari rumah Sosuke dan Lisa yang cantik banget dan berlokasi di atas tebing dengan halaman penuh rumput hijau yang bergoyang-goyang saat dihembus angin, suasana dapur dan aneka masakan yang dibuat Lisa~~entah kenapa aku suka banget dengan tampilan ramen dan juga sandwich hamnya, sebuah detail kecil tapi aku suka, belum lagi bunga-bungaan warna-warni di dekat keran panti jompo dengan pemandangan nenek-nenek yang berkarakter hangat meski satu diantaranya agak judes dengan segala aktivitasnya yang demikian riil, seperti berjemur dan lainnya. Style pewarnaannya pun kadang ada yang menyerupai pinsil warna, ada pula yang menyerupai metode pewarnaan kartun pada umumnya. Tapi over all indah banget sampai mataku serasa dimanjakan selama durasi film berjalan.


Malam terjadinya gelombang tinggi pertanda Tsunami, Lisa dan Sosuke berjuang melewati badai untuk sampai ke rumahnya, diikuti Ponyo yang mengejarnya sambil mengendarai ikan raksasa biru (sumber gambar : imdb)

Petualangan Ponyo dan Sosuke menyusul Lisa dengan menggunakan kapal pasca Tsunami, sumber gambar : imdb


Terus tokoh-tokoh yang mencuri perhatianku diantaranya adalah : 

Ponyo, yang lucu dengan perut bulat, pipi gembil dan kepolosan serta suaranya yang nyaring imut itu kadang-kadang kok mirip saia, eeeeeezzz... Aku juga gemes banget pas awalnya dia ikan, lalu tiba-tiba berubah menjadi setengah manusia dengan munculnya sepasang kaki dan tangan yang menyerupai ceker (tapi wajahnya kok ya mirip kodok, wakakkakak), sampai akhirnya berubah jadi manusia seutuhnya

Fujimoto, karena penampilannya yang mencolok, jadi begitu dia muncul langsung menjadi center of attentionnya. Riasannya terutama yang lumayan mencolok, karena sejujurnya dia pria tapi telinganya pake anting, juga sekitar matanya seperti ada celak dan pipinya pun ada merah-merahnya.

Lisa yang enerjik dan somehow jadi kayak pemain film action waktu nyetir menerjang gelombang Tsunami dan menyeberangi dermaga tapi sebagian jalannya udah tergenang air. Dia juga kocak pas bilang brengsek ke Koichi karena ngambek walau akhirnya dirayu pake kode-kode cinta.

Yoshi dan juga Toki. Satu nenek yang loveable banget karena ramah dan peyayang anak kecil, satunya lagi judes meski beberapa kata-katanya akhirnya menjadi kenyataan, misal saat mengatakan Ponyo sewaktu masih berwujud ikan dan mukanya menyerupai wajah manusia maka dikatakan ia akan menyebabkan Tsunami, eh tak lama kemudian terjadi Tsumani betulan.

Demikianlah sinopsis dan review film Ponyo (2008) dari kacamataku pribadi. Pokoknya film ini sukses membuatku susah move on makanya segera kubikin sinopsisnya di blog supaya kelak jika aku lupa alurnya, aku tinggal membacanya lagi. Abis ini aku bakal nonton Kiki's Delivery Service bikinan Studio Ghibli lainnya dan juga Howl Moving Castle, tungguin reviewnya di edisi mendatang ya. 

Sampai jumpa...

Dadah!

xoxoxo

Embul








76 komentar:

  1. Oh film dari studio Ghibli ya, pantesan bagus gambarnya, ceritanya juga enak dibaca.

    Baca ini kayak baca putri duyung ya, karena ibunya Ponyo itu putri duyung.

    Terus apakah Sasuke nanti menepati janjinya untuk bersama Ponyo ataukah kecantol oleh Pratiwi? πŸ˜‚

    Luar biasa panjangnya, tak heran kalo sinopsis film yang selalu mbul ulas pasti di page one, kalaupun bukan nomor satu biasanya nomor dua.πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agus udah pernah nonton film studio Ghibli kah? Bagus-bagus dan ceritanya memang kebanyakan sesuatu umur mas...ditunjang juga dengan ilustrasi yang warna warni bikin adem mata...mbul aja betah banget muter ulang film-film Ghibli ini termasuk Ponyo

      (。・Ο‰・。)

      iya mas konon katanya ceritanya terinspirasi dari duyung Little Mermaid karya Hans Christian Andersen itu πŸ˜ƒ☺


      Nah itu dia mas, aku ga tau apa akan ada sekuel lagi atau Ponyonya hanya cerita ini thok? tapi mudah mudahan Sosuke tetap cinta sejatinya Ponyo hingga ia dewasa ya...hihi...Pratiwi jadi putri duyung yang lain yaitu Shirahosi mas agus wekekekk..

      iya mas, harapannya biar bisa pejwan...pageone...semoga aja...tapi saingannya yang nulis sinopsis Ponyo banyak sih hihi..

      Ah mbul sering nomor satu dan nomor dua juga berkat dikatrol komen sesama blogger termasuk komennya Mas

      ^___________^

      Hapus
    2. Belum, tapi kalo buat sinopsisnya sih pernah yaitu film spirited away.🀣

      Baca ulasan luar katanya film studio Ghibli itu bagus ilustrasi nya, belum lagi isi ceritanya yang bisa dibaca oleh semua kalangan termasuk juga anak kecil.

      Oh jadi ending nya film ponyo itu gantung ya, kirain aku sengaja ngga dikasih tahu karena ngga mau spoiler abis.

      Cocoknya mbul selain jadi Putri duyung shirahosi juga jadi nenek Toki.😁

      Kaboooorrr πŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    3. wakakakka mas agus ma lucu blom pernah nonton tapi uda bikin sinopsisnya hihi...Mas Mas sini Mbul kasih tau, Mbul pernah bikin 2 sinopis di blog berbeda untuk Spirited Away. Yang satu karena dulu ikut lomba dan belom ada pengalaman nulis sinopsis jadi kutulis agak ngasal dan pendek, adanya di blog ini...yang kedua di blog sinopsis aku yang judulnya 'Sok Sinopsis', di situ Spirited Awaynya aku tulis agak panjangan...

      iya mas, ayo dong mas agus nonton juga hihihi...terus abis nonton balik ke sinopsisnya mbul ini nyocokin alur ceritanya (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      iya memang bener-bener ceritanya kebanyakan untuk umur umur anak kecil, meski yang dewasa ada juga. Tapi beneran deh gambarnya ini memanjakan mata dan hati, bikin adem nontonnya. Soalnya kebanyakan settingnya kalau rumah halamannya penuh bunga bunga, kebun sayur, buah, atau pemandangan alam 🌱🌿🌿🌿🌻🌾🌺

      Endingnya itu aku kasih tau di sini ya....awas SPOILER...

      Jadi Lisa ngilang dari mobil yang terparkir di pinggir jalan itu karena ia dan orang-orang panti jompo dibawa Fujimoto ke dasar laut Mas. Ajaibnya di sana kaki nenek panti kesemuanya sembuh dan mereka bisa jalan bahkan berlarian karena sihir Fujimoto dan Grand Mamare (ibu Ponyo yang merupakan duyung raksasa yang cantik sekaligus penuh misteri).

      Tapi di sana, terlihat Grand Mamare tengah terlibat percakapan serius dengan Lisa ibu Sosuke (kayaknya lagi diskusi sebaiknya Ponyo dibiarkan jadi manusia dan ikut keluarga Sosuke tapi dicabut semua kekuatannya dengan bacaan sihir kuno atau gimana...asal Sosuke beneran cinta sejati ma Ponyo jangan sampe menyia nyiakannya.

      ternyata....Ga semua nenek di oanti jompo ikut kebawa di dasar laut tapi tetsisa Toki yang sembunyi di temoat yang ga tergenang air. Nah, Sosuke dan Ponyo yang kini telah berubah jadi kayak ayam lagi (atau kodok ya soalnya wajahnya kodok kaki tangannya mirip ceker) ketemu toki. Di sana, tiba tiba fujimoto muncul dari arah permukaan laut dan membujuk Sisuke dan Ponyo ikut serta karena lisa ada di dasar laut. Toki bilang jangan, nanti Fujimoto bohong. Eh ga taunya mereka semua kalah kuat dengan kekuatan fujimoto dan terbawa semua ke dasar laut. Nah di sana...Toki akhirnya bisa jalan juga kayak Yoshi dan Noriko. Abis itu Grand Mamare bicara empat mata ke Sosuke agar berjanji mencintai Ponyo apa adanya tanpa melihat apakah dia ikan atau manusia. Sosuke pun menyanggupi dan Grand Mamare menyerahkan ponyo yang masih bobok dalam gelembung itu pada Sosuke dan lisa. Meski kekuatan ponyo akhirnya diambil Ibunya. Nanti begitu di darat...Sosuke harus mengecup gelembung berisi Ponyo itu sehingga Ponyo bisa menjadi manusia seutuhnya. Akhirnya semua setuju dan Tamat deh

      Κ• ˵ ̿–α΄₯ ̿– ˵ Κ”

      gimana keren kan Mas?

      mAs agus nonton atuh wkwkwkk
      #tetep si mbul mah ngracunin buat suruh nonton hahahha

      ih disamain ama Toki....tidaaaaaaaaaaaaaaaak. Mbul itu mirip Ponyo Mas...uda itu aja. kalau ga Shirahoshi. Titik. Ga pake koma. Wekk!

      πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜‰

      Hapus
    4. Wah langsung dikasih spoiler nya disini, ini mah ngga usah nonton juga tahu, kayak seperti komentar mas Herman tuh.🀣

      Oh jadi endingnya begitu toh. Sosuke akhirnya kiss gelembung Ponyo ngga?

      Gambarnya bagus ya? Soalnya di hapeku semua ngga ada gambarnya, cuma tulisannya saja.πŸ˜‚

      Hapus
    5. waduuuuuw...apa jaringan 3 masih ga ada gambarnya mas? yah...yaaaa...yah
      ..wkwkwkwkwk..udah lah mas ganti simpati aja πŸ˜œπŸ˜‹πŸ€­

      iya Sosuke akhirnya mengecup gelembung Ponyo dan tada si ikan Ponyo akhirnya berubah jadi gadis kecil lagi

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      eh eh....ayo dong request...mbul ke depan harus nulis sinopsis film apa? lagi pengen marathonan film nih si mbul..mas agus

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    6. Kalo film favorit ku sih film aksi macam die hard nya Bruce Willis atau kalo ngga Terminator itu, tapi dari semua seri Terminator paling suka yang tahun 1991 itu, dapat Oscar segala kalo ngga salah

      Hapus
    7. Yang ini belum dibalas hiks...πŸ˜‚

      Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    8. whoaaaa film berat Ξ£(°Π΄°οΎ‰)οΎ‰

      action semua ...mas agus suka film action ya? kalau mbul horror thriller uda paling nomor 1, abis itu animasi wekekek...

      die hard dulu ampe apal disetelin mulu di bioskup trans tipi

      tapi aku dulu ampe kebolak balik antara ngapalin bruce willis, jhon travolta, steven seagel, sylvester stallone, arnold Schwarzenegger wekekekke...😜

      Hapus
    9. cup cup cup...jangan nangis mas, ni baru buka dashboard aku wekekekeke...ni mbul balasin nih #canda #syungkem

      tapi nangis beneran deng dia...nangis karena ketawa hahhaahhaha...untung ga sampe emot miring kayak gini --> 🀣

      Hapus
  2. namanya imut banget sih, PONYO...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas diadaptasi ke Bahasa Inggris, dubbernya si Ponyo Noah Cyrus dong Mbak Rie...suaranya cute...dan sifatnya juga agak tengil tapi lincah macam si embul ini loh hihihi

      (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      Hapus
  3. Serasa baca cerpen bukan baca sinopsis. Panjang padat dan jelas sinopsisnya dan tak usah nonton filmnya juga udah bisa cerita ke orang-orang tentang film ponyo ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kan mas herman? Gimana pendapat mas herman tentang alur ceritanya? bagian mana yang seru? Mas herman nonton juga dong, tar kalau uda nonton balik lagi nyocokin ama sinopsisnya Embul ini?

      (`・Ο‰・´)

      Hapus
    2. Bagian yang seru pas si Ponyo kepalanya kejepit botol..hihihi.. bingung ngebayanginn..hihihi dan pas si Ponyo menjebol akuarium pastinya seru banget tuh dan masih banyak lagi yang serunya.
      Tadi sempat lihat di layanan streaming ternyata durasi filmnya lumayan lama juga sejam setengah lebih.

      Hapus
    3. tapi ga kerasa mas her...bagus dong, ayok deh ditonton Ponyonya #lha kok aku maksa ya hahhahahahha...sungkem

      Κ• ̿–㉨ ̿– Κ”

      iya pas tuh lubang botol kemasukan kepala Ponyo yang bulet ya auto lucu ya kan? sesek gitu botolnya...untung cepet cepet ditemuin Sosuke meski botolnya harus dipecahkan pake batu wkwkkw

      terus pas ia menjebol aquarium, si Ponyo masih dalam bentuk setengan manusia yang kayak kuceritakan di atas, kaki tangannya masih kayak ceker ayam (((jadi kebayang sop sopan aku wkkwk), tapi mukanya kayak kodok...tapi pas samoe di ruang rahasia Fujimoto dan sumur ramuan ga swngaja keisi penuh langsung muncul cahayabdan kekuatan maha dasyat yang mengubah ponyo jadi balita manusia seutuhnya oantaran usia 5 tahun..

      Hapus
    4. Ayo mas Herman bikin cerpen dong, jangan kalah dong sama mbul bikin sinopsis tapi rasa cerpen.🀣

      Hapus
    5. Mas agus belum engeh, mas her uda update cerpen tuh di blognya hihihi

      🀭🀭🀭

      Hapus
    6. Nanti dah kalau ada waktu ditonton filmnya..hihihi

      Untungnya pas botolnya dipecahkan si Ponyo ngga terluka, coba kalau terluka pasti ceritanya bakalan tambah bagus lagi..hihihi

      Waduh kok yang kebayang malah sop-sopan bukan sop beneran?

      Maklumlah, mbak. Efek jarang update jadi ngga ada yang ngeh kalau udah update.. promosi terselubung nih..hihihi

      Hapus
    7. Asyik berhasil kan aku promosinya...wkwkwkkw

      iya aku uda mbatin si ponyo ga ikut kena pecahan beling atau kegetok kepalanya ya? ajaib juga padahal botolnya sempit mas her

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      sop sopan wortel plus ceker ayam mas her hahahhaa πŸ”πŸ”πŸ”
      boleh boleh...yang sering komen di log embul mau promo promo updatean blog mbul mah persilahkan...hihihi

      Hapus
    8. Belum berhasil tuh, sampai sekarang saya belum nonton..hihihi

      Keajaiban sebuah film animasi..hihihi

      Boleh serta linknya ngga nih buat promosi?

      Hapus
    9. Iyah, soalnya setahun sekali update nya, ditengok masih itu itu saja makanya jadi ngga tahu ada update terbaru.πŸ˜‚

      Hapus
    10. mas herman : wah kurang meyakinkan apa aku promonya hahahhaha...ayolah pada ditonton...ntar aku review beberapa film lagi pada masukin list buat kalian tonton yak

      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€

      Hapus
    11. mas agus : hahahhah setahun sekali hihihi...uda kayak nengokin apa ya ?
      😜

      kalau mbul enaknya updatenya berapa hari sekali nih mas, atau berapa minggu sekali wkwkwk

      Κ• ˵ ̿–α΄₯ ̿– ˵ Κ”

      lagi rajin nonton film aku...pengen rajin bikin sinopsis lagi kayak dulu...ama review komik hihihi...pokoknya tiyep mbul update tulung ramein yaaaaak...biar blog aku ramaiiii gegap gempitah ga syepiih kayak kuburan huhu

      ΰ²₯‿ΰ²₯

      Hapus
    12. Sepertinya begitu, kurang menyakinkan promosinya..hihihi

      Setahun sekali baru update, jadi ada ide nih buat bikin cerpen..hihihi

      Hapus
    13. harus bagaimana lagi saia biar kalian mau menontonnya xixixi #pantang menyerah si mbul

      wow...berarti harus dicatatkan ke rekor mas her, dengan catatan blogger yang setahun sekali baru update 1 postingan hihihi

      Hapus
    14. Rekor muri atau rekor dunia nih?

      Hapus
  4. Ah pengen nontooon... Aku jadi inget film kartun minky momo.. gambarnya bagus banget..eh aku udah apdet blog, ya Mbul.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha gantian Mbul yang syocked?

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      kupikir kak naia uda nonton film-film animasinya Ghibli termasuk Ponyo ini. Kan referensi filmnya kak nai lebih banyak daripada embul wekekek

      gieh ayok tonton kak nai, tar abis nonton cocokun ama sinopsisnya mbul ini hihihi

      (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      wokayyy siap Beby Mbul segera melunsyur pake sepatu roda dan rok tutu balet pink

      (´•(ο½ͺ)•`)

      🩰🩰

      Hapus
    2. Wkwkwk..dia promosi.. wkwkwk tapi penasaran juga dia update tentang apa ya?

      Hapus
    3. hayok saling kunjung mengunjungi blog sesama teman blogger biar kayak muter pas lebaran silaturahmi hihihi

      Hapus
    4. Boleh dong aku promosi juga disini.πŸ˜‚

      Ayo, ayo, dijual murah celana kaos 100 ribu dapat tiga.🀣

      Hapus
    5. eh aku suka lho beli kaos cepek 3...yang bahannya adem dan tipis biar ga gerah hahahhaa

      πŸ‘•πŸ‘—πŸ‘šπŸŒ¬πŸŒ§πŸŒ§

      Hapus
    6. Saya juga mau promosi ayo cepat beli coklat, beli dua dapat satu..hihihi

      Hapus
    7. weeettttetettetet itu mah jebakan, masa beli dua dapat satu
      😱 🍫🍫 --> πŸ’ΈπŸ’ΈπŸ’Έ = 🍫

      Hapus
    8. Wah boleh dong dipajang foto mbul yang pakai kaos tipis, beneran tipis kan.😱

      Kaboorrr

      Hapus
    9. Kayaknya beneran tipis setipis kostum iron man.. hihihi

      Hapus
    10. Mana kaos cepek 3 nya, mas Agus? Mau juga nih.. wkwkwk

      Mbul: Belom nonton, Mbul.. wkwkwk.. ada link-nya gak? daripada harus nyari2 lagi..

      Hapus
    11. mas agus 1 : ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      Hapus
    12. mas herman : πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£, pake besi baja apa gimana hahaha

      Hapus
    13. mas agus 2 : (●´Ο‰`●)γ‚ž

      ((* ̄(エ) ̄)οΎ‰

      Hapus
    14. kak nai : saingan ama ayahnya kak naia yang juragan baju di tanah abang hihi

      kalau situs legal di netflix kak...hihihi...

      Hapus
    15. mas agus emotnya kurang gede...


      ni mbul edit lebih gwede lagie..

      -___________-"

      atau

      >___________<"

      atau

      ^____________________^

      Hapus
    16. kreatip juga dipikir pikir aku bikin emotnya ya hihihi

      🀭

      Hapus
    17. Pakai vibranium..hihihi

      Hapus
    18. wot is dr meaning of vibranium mas her?

      πŸ€”

      Hapus
    19. Bukan penggemar film superhero sih jadi ngga tau vibranium itu apa..hihihi

      Hapus
    20. aku penggemar film horror thrillwr mas heeer...kalau superhero ga gitu suka suka amat wkwkwkkw

      vibra...ehmmm kayaknya berhubungan dengan suara yaaa

      Hapus
    21. Film horor thriller film yang kayak gimana sih, final destination termasuk genre horor thriller bukan?

      Vibranium tuh metal bahan pembuat tameng captain Amerika.

      Hapus
    22. hu um mas her...semacam yang ngeri tapi bukan hantu...lebih ke pembunuhan kayak final destination, wrong turn, scream, hallowen, nighmare of elmstreet, dll...mas herman suka final destination juga tah? aku suka banget wkwkkwk...biarpun di tipi dulu seriiing bener diulang ulang dan aku hapal tapi aku ya tetep mantengin loh wkwkwkkw

      oh ya? aku tadi loading vibranium tuh apaan wkwkwk

      Hapus
    23. Oh seperti, Saw atau Freddy atau Jason juga ya atau Scary Movie, kalau I Know What You Did Last Summer termasuk thriller bukan?

      Ya nama Logam yang ada di semesta MCU kalau di semesta mutant Adamantium. Memang tadinya mikirnya apa, mbak?

      Hapus
    24. hu um mas her, yang serem tapi ga ada hantunya

      ehhhhhh mas her aku suka banget filmnya jennifer love hewit i know what you did last summer 1 dan 2 loh wkwkwk...mas her suka juga kah?

      ow hahhaha...tadi agak mikir itu sih wkwkwkkwwk

      Hapus
  5. Awalnya kirain Burnhilde Atw ponyo ini kelaminnya cowok teenyata cw toh..

    Sasuke hebat yah kecil2 udah kerja

    Saya membayangkan Cara ngirimin kodenya itu gimana.. Apa lewat kedipan lampu kayak anak pramuka?, tapi kode baka pake huruf kapital itu gimana?

    Iyya visualnya keren yah mbul, pemilihn warnanya keren... Andai indonesia jg bisa bikin yang kayak gitu..

    Kirain Ceritanya bakal fight2 gitu kan lawannya penyihir dan juga pemerannya sasuke *eh ini sasukenya beda yah hihi...
    ternyata Ceritanya lebih ke romance yah walaupun sasuke dan ponyo masih anak2 hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nama awal pemberian Fujimoto mah ambigu gender ya allu, wkwkwk

      Kok Sosuke kerja? Yang kerja Mamanya Sosuke yaitu Lisa 😁, dia kerja di panti jompo sebelahan ama paud dimana Sosuke sekolah :)

      iya iyaaaa!!!! 100 buat Allul! Pake kode morse kedipan lampu kapal gitu xixixii...nah aku ga tau deh pake kanjinya gimana soalnya aku cuma liat di subtitlenya aja hahahhahaha

      keren parah...sebagai sesama orang yang demen gambar, kita pasti ngematin banget kan style gambarnya kayak apa ya Lul? aku sukanya pas warna bunga-bunga, pepohonan, sama binatang lautnya...Kerasa artsy banget

      (´∧Ο‰∧`*)

      kalau fight-fight an itu Sasuke yang lain...Sasukenya Naruto bukan sih wkwkkw...ini Sosuke bukan Sasuke akkakakkakkk

      iya...endingnya malah romance gitu...bahkan kayaknya ada sematan cemburunya Ponyo dan mangkelnya dia pas dikomen gendut ama Kumiko temen cewek kecilnya Sosuke di sekolah hahahhaha...masih kecil kok ya cinta cintaan ya...tapi pas kecil ini lebih ke sayang sebagai sahabat kalik ya...kalau udah gede baru...

      Hapus
  6. Astaga kok pas aku baca ulang, yang kerja jd lisa yahh... Truss pas aki cek kembali namanya kok jadi sosuke yahh.. Padahal aku td liatnya sasuke loh hihi... #aneh

    Kalo saya suka semua mbull.. Dimensi warnanya mantul banget,, kalau kartunnya kayak gitu banyak deh kartun yang dia kalahin dr segi visual


    Iyya ceritanya bikin iri, masih kecil aja udah cinta2an, saya aja yg udah gede masih blum ngerasain indahnya cinta.. Hihi #jomblongenes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Allu lagi ga konsen ini pasti, jadi bacanya agak ngeblur wekekekkek

      iya sebenernya awal aku nulis sasuke ternyata pas aku amati sosuke...jadi aku ganti a ke o hahhahah


      iya beneran deh Allu, filmnya bagus banget, betah aku mantengin tiap detail gambarnya..mau kurekomendasikan yang lebih jozz lagi dari segi cerita fantasinya...ada Spirited Away dan My Neighbor Totoro lul...cakep deh ceritanya nih anime 2.

      nah hayo moga deh allu cepetan dapet gebetan biar kayak Ponyo ma Sosuke xixixiix...

      Hapus
  7. Film Animasi yang menarik..Meski gw belum pernah nonton.😁😁 Tapi emang benar kok Mbul desaign gambarnya keren abis, Mungkin agar penonton atau anak2 menjiwai film tersebut. Yaa nggak anak2 saja orang dewasa pasti akan suka menontonnya.

    Sebuah Film yang mengkisahkan seorang manusia yang menjadi penyihir dan punya anak yang bernama Burnhilde anak paling tua, Yang terjaring oleh nelayan, Dan diberi nama Ponyo oleh sasuke, Kirain Asiko Hasigawa..🀣🀣🀣🀣

    Dan karna keajaiban Ponyo pula Sasuke jadi suka bersamanya. Meski Fujimoto ayah dari Ponyo kurang suka Ponyo bergaul dengan manusia... Karena bagi Fujimoto jika Ponyo terlalu sering bergaul dengan manusia nanti Namanya bakal dicatut untuk cerita sebuah Novel...Eehh salah..🀣🀣🀣 Maksud gw Karena bagi Fujimoto Ponyo dasarnya memang manusia. Begitupun dirinya.

    Sampai pada akhirnya kejadian2 anehpun tetjadi...Baik Ponyo dan saudara2 yang lainnya akhirnya bisa kembali menjadi manusia...Namun antara ponyo dan sasuke tetap ada aturan yang tak boleh dilanggar. Agar ponyo tidak jadi buih dilautan.

    Sampai pada Akhirnya Fujimoto mental kelaut kembali sasuke masih belum bisa bertemu Lisa ibunya...Nggak tahu kemana tuh orang mungkin akan jadi peran penggati Tiwi kali disebuah Novel.πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan bagus kaaaan...makanya aku pajang di blog kang khusus film-film yang favoritku banget 😜🀭

      animasinya kelihatan natural dan luwes kan garis-garisnya

      (´∧Ο‰∧`*)

      iya kang jadi Burhilde itu bentukan ikan mas paling gede diantara adek adeknya...yang berjumlah ribuan. Aku jadi bingung gimana ya fujimoto yang seukuran manusia biasa bisa kawinan ama putri duyung gede gitu hahahahhahah...

      ya betul kang kalau Ponyo dicatut oleh novelis dari depok maka syarat cerita dan lawan mainnya harus melalui persetujuan dirinya meski hanya fiktif belaka.....karena bayar royaltinya mahallll hahahahhaha. Iya bisa dikatakan asal muasal Ponyo ini jelmaan gen duyung plus manusia kali ya. Tapi karena pantangan jika mengicip darah manusia maka bisa jadi gennya akan rusak dan bisa mengacau keseimbangan alam. Buktinya si Ponyo akhirnya bisa sihir meski umurnya baru 5 tahun hwehehehe

      bener banget kang satria, dirimu memang cerdas...diantara mereka sudah ada kesepakatan ya itu pas bagian si ibu duyung bicara 4 mata dengan Sosuke agar berjanji menjaga Ponyo dan mencintainya apa adanya agar ia tak menjadi buih di lautan seperti cerita asli putri duyung berambut merah yang ikannya namanya Flouder #keingat cerita disney

      bhahahhaah...endingnya uda aku tulis di replyannya komen mas agus ampe keluar kata kata tamat kang satria..
      si tiwi tetap jadi duyung cantik yaitu duyung Shirahosi, ga main dimana mana Kang Tiwi, masih kecil, sama manajernya ga dibolehin dicatut di novel dewasa, blom cukup umur...wkwkkwkwkw

      Hapus
  8. Wah .. luar biasa. belum nonton filmnya ulasan ini telah memberikan gambaran yang lumayan jelas. Selamat malam, ananda Nita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda nonton juga dong hihi...filmnya apik banget Bunda...bisa ditonton bareng cucu juga. Selamat malam juga Bunda Nur, salam sehat untuk kita semua

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  9. aku belum pernah liat ini mbak tapi seru ceritanya
    dan ghilbi emang bagus2 karyanya
    bisa membuat imajinasi bertambah
    apalagi yang rumah dekat laut itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas ikrom nonton juga...filmnya ga kerasa ngalir gitu aja 1 jem 43 menit tau tau abis...

      iya gambaran rumahnya cute banget, aku suka halamannya yang penuh bunga dan dapurnya. Gambar sayurnya alamak warna warni banget πŸ₯¬πŸ₯¬πŸ₯¦πŸ₯’πŸŒ½πŸ₯”πŸŒ°

      Hapus
  10. Don't know about this cartoon. Seems like a really good one.

    BalasHapus
    Balasan
    1. i recommend you to see it Angie, this film tell us about journey of little goldfish who become a cute little girl by her miracle

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  11. Wahhh Studio Ghibli.. Keren banget sih mereka.. Jalan ceritanya Out of The Box.. Sama Animasinya tuh bagus banget.. Apalagi Spirited Away yah Mba Nita.. Wahhh bagusss banget.. Apalagi scene di Bak Pemandian itu.. Kerenn euyy Dewa Sungainya..

    Ponyo juga bagus... Grave of fireflies juga.. Meskipun sedih bangett..
    Btw, Mba Nita udah nonton Raya and the Last Dragon?? Kalau belum.. Nonton gehh Mba bagus bangeeettttttttttttttt.. hahaha Kocakk!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayu bukane dirimu dah nonton hampir semua film ghibli ya? waktu itu bayu oernah bikin listnya kan?

      πŸ˜„

      iya aku itu terfavoritnya spirited away, aku takjub ama tokoh youbaba ama big babynya yang kocag banget...uda gitu big baby nya disulap jadi tikus karena mau ikut Sen (chihiro) ke tempat kembaran zeniba kembaran yubaba buat nyembuhin si naga putih

      iya aku suka banget part pemandian air panas itu, aku takjub kok ya iso Zubaba si hantu nenek berkepala gede ini kok jadi bisnis woman wkwkwkw...hantu boss dia tuh ngelola bisnis pemandian air panas tuk hantu hantu lain yang beraneka ragam bentuk dan rupa hahahhahaha

      Ponyo meski lebih sederhana dari Spirited away tapi gambarnya nyenengin
      grave of fireflies sukses bikin mewek wkwkwkkw....kakak adik korban perang dan ditinggal meninggal sang ibu dan ayah...ga punya rumah, mau numpang di tempat bibi mereka tapi bibinya manis di awal pahit di akhir...alhirnya cabut...dan tinggal di persembunyian pejuang perangnya kan...lantainya tanah, tidurnya di jerami...aduh melas banget...lalu kelaparan..adeknya sampe diare...kakaknya nyariin makan sampe terpaksa nyuri di ladang warga ambil sayur sayuran...kasian banget...jadinya adiknya dehidrasi...ninggal. Mayitnya dibakar sendiri ama kakaknya..kakaknya akhirnya meninggal juga sampe dilalerin. kasihan ya Alloh...

      raya and the last dragon...wokay aku siap siap list di tontonanku selanjutnya hihihi...ini pernah direview kak naia nih wkwkkw

      Hapus
  12. Saya bingung mau baca alur ceritanya, tapi pengen nonton filmnya dulu. Biar gak spoiler gitu maksudnya Kak Gus.
    Jadi, saya loncat aja bacanya ke Review singkat dari Kak Gusty. πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas nandar kalau gitu ditonton aja dulu filmnya, ntar dicocokin ma sinopsisku ini urut urutannya uda pas belom πŸ˜„

      Hapus
  13. omaigodd jadi inget list film gibli yang pengen ditonton tapi belum terlaksana juga.
    Ponyo ini aku lupa lupa ingat udah nonton apa belum ya, pikun amat aku
    aku suka liat gambar gambar kartun yang unyu begitu.
    okelahhh kudu dilist nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok mba ai langsung aja simpan listnya dan tonton lagi, buat ngisi weekend lumayan bisa buang stress dan hiburan

      iya ponyonya memang manis banget kayak mbul kan #eh..tabok si mbul nih mba ai wakakkakaka

      siyaappppp (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      Hapus
  14. Wah namanya ponyo ya, kalau dalam bahasa Sunda ponyo itu artinya banyak makan kaya aku hehehe, keren sinopsisnya

    BalasHapus
  15. Lucu ya si Ponyo. Tapi saya ngira, waktu dia menjilati darah sosuke sepertinya bakal jadi ikan buas, atau makhluk jahat. Tapi engga ya .. hehe seru Mbak Mbul panjang tapi ga ngebosenin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cute banget si Ponyo ini Mas Supriyadi, iya meski tetep goldfish kecil tapi agak tengil dan super lincah dia πŸ˜„

      makasih mas atas apresiasinya 😊

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^