Senin, 21 Juni 2021

Resep Soto Ayam ala Mbul



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Sebuah prestasi ya Beby Mbul bikin soto. Ini terhitungnya hidangan yang cukup ribet lho bagi seorang Ubulll, kecuali jika dan hanya jika memakai Indofood Soto Ayam #bukan iklan bukan endorse, hehe...

Mumpung ada ceker dan ayam, jadi aku bikinkan soto aja dengan 2 bahan utamanya itu sebagai gurih-gurih di kaldunya. Meski ayamnya aku goreng lagi ya setelah direbus dan diungkep kuah soto, ga kayak modelan soto lamongan yang ayamnya bumbu kuning dan direbus aja. Tapi sekali lagi ini aku goreng dan setelahnya aku suwir-suwir :)


Soto ayam seger made by tangan Beby Mbul


Ya, karena akhir-akhir ini badan Mbul agak-agak nggreges maka ga usah nunggu lama lagi bahwa salah satu tombonya adalah makan makanan  berkuah, yaitu soto ayam. Soto ayam kan seger ya buat ngangetin badan. Uh puhliissss lah, lagi greges begini Mbul masih bisa masak sendiri lho, hihihi... Walaupun mindogaweni karena kuah pertama agak hambar, jadi diulangin ngrebus dengan menambahkan sebungkus Indofood Bumbu Soto ayamnya lagi. Ya badan aku emang lagi butuh suatu kehangatan dimulai dari mulut, turun ke tenggorokan (eh tenggorokan apa kerongkongan yak hahahhaha, Bu Guru Biologi maapkan Mbul ya, pelajaran sistim organ agak-agak lupita saia), hanjuk turun lagi ke perut dst. 

Ehemmmb...

Okey lah langsung saja ya, kubagikan pada kalian semua resep soto yang simpel banget, dan bahan-bahannya pun tersedia dimanapun ditemukan. Ya, uda dibela-belain jariku ketusuk duri segala loh pas mau ngambil daun jeruk buat kuah sotonya...#uda matjam Putri Tidur gitu si Mbul yang abis ketusuk gelendong pintal (eh duri pohon jeruk limo) terus tertidur panjang sekali, hahaha...#molai ngacoooo.

Yuk ah, monggo disimak saja resepnya, biar ku ga kakehan cangkem, eh!

Bahan-Bahan :

Bumbu-Bumbu :

Sereh
Lengkuas
Daun salam
Daun jeruk
Indofood Bumbu Soto Ayam
Ceker
Daging ayam yang sudah dipotong-potong
Garam
Gula
Minyak untuk menumis bumbu

Untuk isi soto :

Kubis
Tomat
Kecambah
Bawang goreng


Batang sereh, daun salam, lengkuas, daun jeruk (uda ketusuk juga jariku pas ngambil daunnya hahaha, dan bumbu Indofood Soto Ayam)

Cekernya dibersihkan dulu kukunya 😜🤭

Rebus ceker ayam dengan bumbu soto

Kuahnya beningan ya, Gengs!

Aromanya udah tercium wangi banget loh masakan Mbul

Ini dipindah ke panci presto 

Setelah direbus, diangkat, direbus lagi ke kuah soto, angkat lagi, baru digoreng, habis itu tunggu dingin baru disuwir-suwir

Digorengnya sampai kecokelatan ya

Adanya cambah, kubis, tomat. Bihun dan seledrinya aku lom beli dong, hahaha...

Ayam yang dah taksuwir-suwir

Kasih sambel biar cetar sedep blaaaar gersang (seger merangsang hohoho)


Tahapan Memasak :

Rebus ayam dan ceker yang telah dibersihkan sampai matang, tiriskan
Rebus di panci yang lain sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas
Tumis sebentar saja bumbu Indofood soto ayam dan buang minyaknya masukkan ke dalam rebusan tadi
Tambahkan ceker dan juga daging ayam yang telah direbus sebelumnya ke dalam rebusan kuah soto sampai bumbunya meresap
Setelah ayam termarinasi bumbu soto, angkat, tiriskan, goreng sampai kecokelatan
Suir-suir ayam goreng 
Iris kubis dan tomat
Jika ingin mengambil porsian soto, tata pada dasar mangkok berupa kecambah, irisan kubis, tomat, dan suiran ayam lalu setelahnya baru siram dengan kuah soto
Kalau mau lebih sedep lagi bisa kombinasikan dengan kecap ataupun sambel ke dalam kuahnya (yang ini sesuai selera)
Selamat mencoba ya!


Ini dia soto racikan Beby Mbul

Lagi rajin masak emang Neng Admin hihihi


Soto kali ini sebenarnya kurang perintilan 2 lagi yaitu seledri dan bihun. Sebabnya lupa ga beli ke pasar sebelum adanya PPKM hari pertama kemarin, hihi.... Tapi ga pa pa. Kek gini aja udah sedep, dan sanggup menghangatkan badan Beby Mbul yang sedang butuh perhatian khusus dikarenakan meriyang ini, hwehehe...Sekalian testing panci presto baluuuuuw, hehehe! #sayang dulu panci presto-nya biar buat modal aku tambah razin masyak....cups muaaaach, ahhahah.

Sudah dulu ya...

Semoga pembaca blog Mbul selalu dalam keadaan sehat dan riang gembira...

Dadaaah!!!

Xoxoxo
Mbul


6 komentar:

  1. wakakakakak aku banget klo greges mangan kuah sing anget tur pedes
    soto dan rawon adalah jawaban
    tapi mending soto mbak soale rawon mengandung gas

    duh krokot2 ceker juga merupakan kunci bahagia di era gila ini wakakakak
    opo maneh ndeleng duduhe sing seger plus tomat sing guede iku
    hmmmm iki marai ndang waras mbak
    tahes komes pokoke

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem Mas wkwkwkkw

      rawon aku jadi pengen jew..nek diemplok bareng telur asin uh sedep banget iku...mamiku dulu pas aku cilik sering bikinke rawon..padahal biyen aku benci kluwek mas, saiki mbasan gedhe opo wae doyan aku hahhahahhaa

      Hapus
  2. bisa nih soto ayamnya yg jadi langsung dikirim kemari mbak, mumpung aku msh di jkt wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho Mas Khanif lagi di Jakarta tah? Kena PpkM ga Mas? Sepi kan ya kalau PPKm? sekitar rumahku juga orang dagang pada libur loh


      nih tangkap ya mangkuk sotonya, spesial pake ayam suwir dan ati ampela deh buat Mas Khanif

      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  3. Waduhh bisa pesan go food gak nihh,,, jadi laper baca tulisanmu mbull

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ga ya? Hihihi...


      nanti mangkoknya terbang naik pesawat dung Lul (。・ω・。)

      🙈🤭

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^