Laman

Sabtu, 16 Oktober 2021

Mbul's Story : Sesuatu yang Aku Sukai



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Judulnya apakah minta ditabok banget? Kelihatannya akan menulis mellow ya. Tapi ternyata bukan. Ujung-ujungnya malah pajang foto makanan. Ya, soalnya kalau ga ada foto makanan kayak ada yang kurang gitu. Itu udah ciri khas banget. Tapi sebenernya foto makanannya random sih. Ada yang foto baru-baru ini, ada yang beberapa tahun silam. Kecuali foto adminnya ya, cz itu foto terbaru, tergress Oktober 2021. Hehe. Ya biar pembaca tahu gitu loh yang nulis tuh wujudnya seperti ini. Mau berteman boleh. Ga juga ga pa pa. Yang penting aku suka jembreng foto agak banyakan kalau di blog. Ya, soalnya disesuaikan aja ama judulnya. Dan.....dikarenakan postingan kali ini agak panjang, disarankan bagi yang ga kuad baca segera lambaikan tangan. Atau pantengin aja foto-fotonya juga boleh. Silent reader boleh, komen juga boleh banget. Yang penting kita jadi pribadi yang baik ya. Karena ga rugi kok jadi orang baik. Komen becandaan sih aku suka. Biar ga tegang. Biar ga kaku kayak kanebo kering, biar ga spaneng hahahahhaha...Maklum adminnya kan orangnya lucu dan suka bercanda. Guyonan Kakak, huft!

Nah....nah....nah....mulai nglantur kemana-mana lagi kan? Tadi aku mau ngetik apaan ya? Oh iya, sesuatu hal yang aku sukai. Apa aja itu? Ditulisnya perbab judul aja ya....#walaupun bukan skripsi atau novel sih, hahaha. Sekali lagi karena disesuaikan ama jumlah fotonya. Aku emang kebiasaannya gitu. Tulisan ama foto harus imbang banyaknya.


Kalau dikartunkan Beby Mbul aka admin dari Blog ini yaitu Gustyanita Pratiwi kira-kira seperti ini, ini digambar langsung oleh tangan Neng admin kita tercinta, Beby Mbul Sayang :D

The Thing that I Love When Rainy Day

1. Milo Panas

Milo panas, langit mendung dan hujan emang kombinasi yang pas. Aku selalu nyetok Milo sachetan memang di lemari dapur. Soalnya kebiasaan kalau malem pengen mimi cucuw. Eh....terlebih pas hari hujan juga. Udah lah ngejerang air panas dalam cerek. Abis itu seduh Milo bubuknya yang komposisi agak banyakan. Bukan yang kecil. Soalnya yang ini lebih manis. Dan kentel tentunya. Ga usah tambahin gula pasir lagi. Itu udah paling cocok buat pengantar bubuk. Cz aku belum bisa nyenyak kalau belum mimi susuw.

Minuman lain aku belom ada yang secocok Milo. Pernah nyobain yang bukan susu alias minuman cokelat seduh, tapi belum pas aja di lidahku. Memang kalau udah kadung cintak sama satu brand bakal susah pindah ke lain hati. Maunya ya nyruput Milo itu aja. Pakenya cangkir atau mug kesayangan yang agak gedean. Langsung deh abis minum itu, otak serasa makjreng.....kayak dikasih amunisi buat ketemu ide. Hehehe...Ide ngapain? Ya misalnya update blog ini. Meskipun isinya cuma cerita-cerita biasa sih :D Maapkanlah. Mang aku cuma manusia biasa aja. Ha ha ha.




2. Cemilan

Cemilan yang kumaksud di sini bisa apa aja ya. Senyetoknya apa di lemari ya itu yang dimakan. Biasanya aku nyetok frozen food, umbi-umbian, atau sesuatu yang bisa digoreng, misalnya emping, kerupuk, keripik gadung, rengginang, opak, balung kuwuk, dsb. Itu loh yang diantaranya kubeli di Toko Bu Alwiah Soegiyo pas lewat Kutowinangun, Kebumen. Jadi kalau malam-malam ngelih, tinggal goreng deh, sreng...sreng...sreng. Dapet sepiring atau setoples. 

Terakhiran aku masih nyetok otak-otak ikan, ubi madu, emping, dan cireng. Cireng aku beli online di Tokopedia. Alhamdulilah dapat yang rasanya pas di lidah. Itu yang udah ada isiannya sih. Misal keju, sapi, ayam, oncom, dll. Dan yang paling aku suka itu yang keju. Walaupun di dalemnya cuma seuprit. Makanya aku tambelin lagi pake keju sendiri sebelum digoreng. Aku selipin kejunya di antara lipatan tepung acinya. Terus digorengnya itu pas udah dalam keadaan panas ya tapi dengan api kecil jadi ga meletup-meletup. Jangan pake api besar soalnya nanti bisa keras.  

Kalau otak-otaknya sih beli di toko frozen food dekat rumah. Aku suka yang murah aja tapi rasanya enak. Memang banyakan tepungnya sih. Tapi kenyil-kenyil enak. Apalagi ditambah cocolan Mayumi pedas. Uh itu favoritku.







3. Komik-Komik dan Buku Ilustrasi

Paling happy kalau udah nemu waktu santaiiiiiii banget dan bisa baca komik atau buku cerita kesukaanku. Bisa dibilang aku kolektor komik, buku-buku cerita, dan majalah anak-anak. Sampe ga sadar tiap ada kesempatan ke lapak toko buku bekas suka tahu-tahu beli dan akhirnya udah menyerupai gunungan. Sebagian malah masih diplastik #oh My God. Kapan bacanya Beby Mbul Sayaaaaaaank? Hahaha....Ntar...santaaay. Pokoknya nanti kalau udah bisa buat mbendung segoro baru aku bukain plastiknya dan kubaca satu-satu. Tabokkkk pantat Beby Mbuuuuulll...

Oh iya, di sini aku mau cerita ya kalau komik kesukaanku ada beberapa. Yang series biarpun panjang biasanya aku cari sampai lengkap atau hampir mendekati lengkap andaikan masih on going. Sebenernya belanjanya itu dulu pas masih unyuk-unyuk baru dapat kerjaan pertama. Duit hore-horenya aku spend ke situ. Karena duit lainnya takpostkan di tabungan yang ga bakal aku otak-atik lagi. Nah, yang hore-horenya ini biasanya kubelanjakan buku. Itu dulu ya, sekali lagi pas masih unyuk-unyuk....eh sekarang juga masih kok. Tampang masih kek anak SMP kan si Mbul? Hahhahahah....#canda...

Terus komik yang aku suka itu diantaranya Conan, Yotsuba, Yokohama Chinatown Fantasi, Not an Angel, Piano Hutan, W Juliet, Doraemon, Pengantin Demos, dll. Beberapa udah ada yang aku review di blog ini, beberapa belum. Yang Yotsuba sebenarnya aku suka banget ama ceritanya. Soalnya tokoh utamanya kayak aku. Polos banget. Kan dia anak kecil. Namanya Yotsuba. Hidup dengan seorang ayah (rambutnya gondrong), dan kelihatannya si ayahnya ini cuek-cuek lucu gimana gitu orangnya. Tapi biar gitu dia sayang banget ama Mbul...eh Yotsuba. Tapi yang aku belum ngerti sebenernya Yotsuba ini anak angkat aka anak pungut apa anak kandungnya si ayah ini ya? Soalnya aku lupa chapter 1 ceritanya kayak gimana. Tapi beneran ceritanya sih keseharian banget. Gambarnya itu bagus. Terutama pas gambar background serta pemandangannya. Ya, kocak lah soalnya ayahnya ini punya temen yang koplak-koplak juga macam Jumbo dan seorang pemuda lagi yang suka tengkar dengan Yotsuba. Padahal Yotsuba masih kecil kok ada aja orang dewasa yang suka ngusilin dia...Sama kayak Mbul dong pas masih kecilnya.....eh ga ya...hahaha..






Selain komik, aku juga suka buku ilustrasi. Kebanyakan bahasa Inggris sih. Ya ada Bahasa Indonesianya juga alias bilingual. Jadi bisa sekalian buat belajar. Selain ceritanya sederhana, yang bikin betah karena ada gambarnya. Gambarnya cakep...imut-imut gitu. Tentang hewan-hewan, pedesaan, atau dongeng pengantar tidur. Pengantar bobok. Biasanya beli ginian tuh di Big Bad Wolf sama preloved-an. Atau cari ke lapak toko buku bekas bisa dapat murah karena udah second. Ya ga pa pa. Yang penting original dan ga rusak kertasnya aku tetep suka. Hehehe...

Kalau novel sekarang udah ga terlalu bisa bacanya. Maksudnya berasa belum nemu waktu yang pas karena kalau baca novel aku butuh suatu ketenangan, ga riweuh ini itu. Nah sekarang aku malah bisanya baca yang ringan-ringan aja hahaha...Mau takcoba baca yang agak berat saat menuju bubuk, eh tetep ga bisa loh, soalnya malah ngantuk. Baru juga baca paragraf awal udah hoam...hahahahha...plaaaakk... 

Tapi pernah suatu ketika aku scroll e-commerce dan nemu judul-judul novel lawas eranya ibuku yang biasanya covernya wanita cantik kayak gambar orang betulan dan judulnya penuh romansa....tetiba aku malah pengennya baca yang itu. Hahahha...Dulu suka colongan baca sih, pas SD ga sengaja main ke gudang. Eh, begitu mbuka kardus kok ada novel-novel romannya ya. Macam Mira W yang seera sama V Lestari, Freddy S, Marga T, Maria A Sardjono, Harlequin dll. Wkwkwkw. Ternyata ibu pernah ada koleksi beberapa. Aku bacanya sambil ngumpet di ranjang tidurku yang memang tingkat, jadi ga ketahuan :D. Ya, tapi emang novel romansa itu nyenengin sih bacanya. Malah dulu pas SMA guru Bahasa Indonesiaku ngasih aku dan sahabatku sekerdus buku Harlequin dong karena Beliau tahu kami suka baca. 








4. Majalah Bobo tahun 90-99an 

Bobo.....
Teman bermain dan Belajar
Bo...bo...Bobo

Yeay! Kalau ngomongin soal Bobo emang ga ada matinya. Sebabnya aku kolektor. Terutama yang tahun maksimal 99-an..Walaupun pas awal-awal tentu aku masih bayi banget ya. Malah masih bayi merah kali ya. Ga baca saat tahun terbitnya pas. Aku ada koleksi yang satuan maupun bundelan/bendelan. Dapatnya dari mana? Ngubek-ngubek e-commerce dong. Dulu sempat nemu beberapa di lapak buku bekas lantai basement Blok M Square. Alhamdulilah nemu beberapa bundel. Lainnya tinggal nglengkapin yang belom aja, dan ketemunya kebanyakan di Tokopedia. Kalau dihitung-hitung, udah lumayan lengkap. Walau masih belum nemu urutan dengan komik sisipan Janji Irene. Aduh itu di tahun berapa sih ya. Kalau ga salah tahun 98. Aku baru aja pantaran PAUD dunk wkwkw. Tapi selain daripada ngoleksi Bundelan Bobo karena ada Komik Sisipannya, aku juga pengen nostalgia lagi ama Cerpen, Dongeng, Cergam, dan Cerbungnya Bobo. Ini perlu aku tulis di post terpisah ga ya kira-kira?




5. Ronde

Selain Milo panas, ronde juga jadi salah satu wedang atau minuman yang paling aku suka saat hari hujan. Bahan dasarnya yang dari jahe itu lah yang bikin anget di cuaca dingin seperti saat musim penghujan. Ronde ini isiannya ada beberapa macam ya. Ada bola-bola dari tepung beras yang dalamnya adalah kacang tumbuk (biasanya warna putih sama pink), kacang tanah sangrai, irisan kolang-kaling, dan potongan roti. Kalau di pedagang pikulan atau gerobagan nanti disajikannya pake mangkuk-mangkuk kecil. Disendokin pake sendok bebek dari besi atau melamin. Sluuuurp....emmm... enak.. anget... ohohoho. Aku suka ronde pake banget. Di Prembun ada sih tukang ronde yang mangkal di depan Alun-Alun sebelah kantor polisi dan jualan ukiran kayu. Deketnya rumah Alm. Bu Guruku waktu SD ini. Kalau yang lebih banyak lagi pilihannya ada di Alun-Alun Kutoarjo. Tapi sekarang sih ga di pinggiran lapangannya. Soalnya udah disediakan tempat untuk lapak-lapak pedagangnya sendiri. Ya tapi masih area alun-alun KTA juga.


Gustyanita Pratiwi, foto Oktober 2021


6. Bakso 

Acooooooo....Mbul sukaaaa acooo. Palagi kalau ujan deres bresh....Maunya yang anget-anget panas mengepul. Wush!!! Bakso urat dikasih bihun ama cesin yang banyak, tuangin kecapnya rada banyakan, trus sambel dan saos dikiiiiiiiit aja. Biar kuahnya merah...merah....meraaah.... hwaaaaaahaaa....Bakso emang paling cocok ya dimaem pas lagi ujan. Pas lagi panas juga deng. Apalagi kalau pas lagi laper. Hehehe... Tapi kalau bakso aku ga suka yang aneh-aneh. Misalnya bentuknya yang gede banget sakbola voli atau apa. Cukup yang sedang-sedang aja karena kapasitas perutku itu imut sekali ya, Kakak. Hahahhahah....

Tapi bakso sekarang tuh ga sebanyak dulu kayak pas jaman kecilku. Yaiyalah kan pengaruh inflasi, Sayang. Sekarang tuh minimal paling uratnya 1 dan alusnya ada 3. Itu loh bakso indil-indilnya. Kalau dulu perasaan bakso tik tok tik tok aja alus dan uratnya banyak. Tapi sekarang serba minimalis, ehehhehe....Aku sebenernya lebih suka yang urat sih. Apalagi kalau di dalemnya ada kejunya meleleh...uh...ooooh...ntab.  Ketimbang yang isinya ranjaw rawit aku suka bakso yang dalemnya keju...Makncrozzz gitu berasa lumer dalam mulut. 



Lauk yang Aku Suka
1. Ikan Lunjar Goreng

Next....lauk yang aku suka. Ini bikin subjudul asa rada-rada ngawur apa gimana sih Mbul? Ga pa pa lah ya. Yang penting mau majang foto ini. Ikan lunjar atau kalau di kota disebutnya wader ya...aku suka banget ama ikan ini. Digoreng biasa aja asal marinasi bumbu kunyitnya medok aku suka. Agak asin ga pa pa. Justru itu yang bikin enak. Kalau hambar malah aku ga suka. 

Ikan ini biasanya banyak ada di sungai ya. Kalau pas masih bocil sih aku sering ikut bapak mancing di kali belakang rumah yang mepet sawah. Nah, di situ banyak terdapat ikan lunjar atau wadernya ini selain bethik atau kathing. Kadang malah nemu belut atau lele juga. 




2. Eggroll dan Ebi Furainya Hokben juga Mayonaisenya

Siapa yang suka hokben juga kayak akoooh ngacung? Eh ga ada ya? Cuma aku sendiri? Jadi malu. Sebenernya paling seneng ama sesuatunya hokben dan ga ada yang nyamain di tempat lain. Apakah itu? Yak! Mayonaisenya Hokben. Sukaaaaak banget aku ama mayonaisenya Hokben. Pasti kalau abis beli paketan tertentu yang takawet-awet itu mayonaisenya Hokben. Aku colek-colekin ke lauknya dikit-dikit biar ga cepet abis. Atau dicowelin ke nasi hokben yang sticky kayak ketan juga aku sukaaaaaak. Pake banget malahan. Selain itu aku juga suka salad sayurnya hokben yang ada wortel, lobak dan kubisnya. Asem manisnya itu loh ga bisa dilupain....hohoho.

Kalau lauknya aku suka eggroll sama ebi furainya thok. Kalau yang nugget ayam ga terlalu. Eggroll ini gurih soalnya. Apalagi ebi furainya. Uuunch banget. Kalau yang sapi sama ayam teriyakinya aku ga terlalu juga. Pokoknya cuma suka eggroll ama ebi furai...heheheh..





Buah yang Aku Suka
1. Apel Merah

Next, buah yang aku suka adalah Apel abang. Maksudnya apel merah. Abang kan merah ya...hihihi. Dulu aku pernah cerita kalau pas masih bocil aku punya imajinasi yang rada absurd. Saking belom pernah liat pohon apel merah aku sampai berangan-angan pengen liat dengan mata kepala sendiri. Jadilah taksobekin aja kertas poster gambar pohon apel merah yang ada di belakang lemari, berharap pohon apelnya bisa keluar dan takpetikin. Begitupula stroberi dan cherry. Kalau ngeliat ada dessert di majalah atau iklan apa, aku sobekin aja kertasnya, berharap stroberi atau cherrynya bisa nongol keluar 'cling' kayak sulapan. Tapi ditunggu-tungguin kok ga keluar-keluar ya. Ya ga lah...yang ada majalahnya malah bejek. Sobek...wkwkkwkw.

Tapi serius, makan apel merah tuh jaman bocil jarang. Sampe aku pikir apel itu adanya di Jakarta doang, di desaku ga ada. wkwkwkw...karan pikiran jaman bocah balita. Padahal di pasar mah banyak ya. Cuma ya itu harganya mahal. Jadi ibu jarang beli. Paling ibu beliin yang murah aja misal sawo, sawo kecik, jambu bol, atau duku. Apel mah boro-boro. Dibeliinnya pas ibu penataran di luar kota aja. Itupun apel ijo, bukan yang merah. Padahal Mbul pengen yang merah. Kata ibu sama aja...udah jangan angis...cep cep...terus cubiiid hohohoho...




2. Pisang

Pisang, seperti yang udah kuceritakan di post sebelum-sebelumnya bahwa Mbul pecinta buah pisang. Pisang apa aja asal bukan pisang uter. Kalau itu mah buat pakan manuk prendjak kalik...wkwkwkkw. Mbul sebenernya suka pisang lemak manis, pisang mas, sama ambon. Kalau pisang lemak manis en pisang mas kan suka ada di acara kondangan ya sebagai buah pencuci mulut. Soalnya bentuknya manis dan oke buat dekor. Kalau ambon ini aku sukanya yang ijo sih bukan yang cavendis kuning. Ntah kenapa kalau yang ijo lebih lembut dari yang kuning cavendis. Apa perasaanku aja?

Pisang kalau yang diapa-apain enak itu pisang kepok ya. Ama raja. Kalau raja sih manis banget. Juga teksturnya cantik.....Udah kelihatan dari kulitnya itu. Dulu aku sering perhatikan di acara-acara masak di TV bahwa yang sering dipakai untuk olahan penganan tertentu adalah pisang raja. Mau dikolek kek, mau digoreng kek, atau dijadikan tambahan penganan apa juga enak. Kalau yang dibikin setup itu biasanya pisang apa ya?





3. Bengkuang

Kalau di foto berarti bukan yang depan ya. Soalnya Mbul ga suka pepaya. Mbul sukanya yang seger yaitu bengkuang aka belakangnya. Atau buah yang putih-putih itu. Kebetulan daerah asalku yakni Prembun adalah daerah penghasil bengkuang. Coba aja kalian liwat Prembun pasti di pinggiran jalan banyak lapak-lapak bengkuang yang udah diganthetin atau diiket. Udah dicuci bersih juga makanya putih-putih banget kayak Mbulll....ops....canda.  

Tapi bengkuang emang seger sih. Di daerah asalku bahkan ada produsen sabun dari bengkoang juga maskernya. Bahkan sering banget dibikin bahan karya ilmiah remaja termasuk saat aku masih SMA. Karena memang sentranya. Ditanemnya kadang di area dataran tinggi gitu. Jadi inget pas pelajaran lari dan arah Gunung Kempreng aku yang kehausan nyampe atas ikutan teman-teman buat mbedul bengkoang sebagai tombo haus. Tapi itu udah atas ijin yang punya sih...soalnya ada bapak petaninya juga. Beliau dengan ramah mempersilakan kami yang lagi pada olahraga buat ngicipin bengkuangnya. Ya sebagai obat haus aja.





4. Duku

Dondong opo salak
Duku cilik-cilik
ngandong opo mbecak
mlaku thimik-thimik

Ada yang kelingan tembang Jawa itu ga? Dulu Ibu sering nembangin buat aku ya tembang-tembang Jawa kayak gini. Dan sekarang malah jadi inget tentang duku akunya. Soalnya aku emang suka banget ama duku. Bukan kokosan ya. Soalnya kalau kokosan itu kecut, acemmm. Aku kan sukanya yang manis. Kayak Palembang punya. Ya walaupun harganya agak mahal. Tapi kalau beneran yang Palembang bentuknya itu gede dan kulit buahnya mulus semulus kulit Beby Mbul #eh. Kecuali kalau udah musim banget bisa dapat murah. Banyakan yang jual di mobil pick up sih atau lapak-lapak dadakan. Tapi satu yang paling kerasa kalau lagi maem siung-siung dukunya. Yaitu ga sengaja nyeplus bijinya yang alamak pait kayak nguntal obat, hahahha.




5. Durian

Durian.....uHhh....siapa coba yang bisa menampik keberadaan durian. Raja buah yang satu ini. Mbul tak bisa menolaknya, hihihi. Mbul suka banget ama durian. Terutama yang montogh....eh salah tulis. Montong maksudnya. Oiya sekarang udah musim durian ga sih? Kayaknya udah mulai muncul satu-satu ya pedagangnya. Mbul sih ga bakal nolak kalau diajakin hunting durian. Eh kalau ditawarin apa juga ga pernah nolak kan dia. Wong ditawarin. Wkwkwk. Tapi durian lokal aku juga suka sih. Asal beneran mateng aja. Mau yang manis banget atau manis pait aku suka. Yang penting sekali lagi mateng merata. Ga ada yang hambar atau asem. Biasanya yang udah ahli bisa nyium dari baunya nih. Cuma kalau Mbul yang disuruh milih Mbul ga gitu tau. Mbul cuma modal makan ajaaah ahhahahah...





6. Salak

Aku juga suka salak. Tapi kalau beli salak ini agak tricky loh. Apalagi kalau beli banyakan. Jadi jangan biarkan dia ketutup kresek kalau ga di kulkas. Soalnya bikin cepet lodong. Kan sayang ya udah beli banyak-banyak tapi coklat. Jadi langsung aja taruh di udara terbuka misal dialasin keranjang atau piring. Biar tetep bagus kondisinya. 

Oh ya, ngomongin soal salak, aku suka salak yang bagian ujungnya. Soalnya itu yang kerasa manis dan kreos-kreos. Ga jarang kalau udah dibuka sampe bijinya ada yang masir. Salak sekarang mah masir-masir ya biarpun bentuknya jumbo. Kalau dulu yang jumbo kan sepet. Sekarang ga loh....





7. Nangka

Nangkaaaaaa....Aku suka banget ama nangka. Manis....di rumah sih tinggal metik soalnya nanam di deket blumbang. Bahkan kalau belum mateng sama ibu dibikin sayur gori atau thewel. Disanten pedes gitu deh. Kalau orang kota nyebutnya sayur nangka atau gulai nangka. Tapi nangka yang kumaksud di sini adalah yang udah matengnya ya. Soalnya manisnya nagihin. Makan satu ga puas...pengennya nyomot agak banyakan. Ga usah dimacem-macemin pula misalnya digoreng atau dikolek. Itu aku udah suka sih. Dimakan seger gitu aja. Tapi pas mbukanya emang PR sih soalnya pulutnya kemana-mana. Pulut ini bahasa jawanya tlutuh atau getah diantara serat-seratnya ya.




Makanan yang Aku Suka

1. Rujak

Lanjut....Makanan yang aku suka. Pertama rujak. Bisa beli. Bisa bikin sendiri. Tapi kalau bikin sendiri belum jago bikin bumbunya. Kalau beli kan tinggal maem....wkwkkw. Tapi kalau rujak sih aku sukanya harus ada nenas, jambu air, bengkuang, pepaya mengkal, mangga muda. Dondong itu alternatif aja lah. Tapi terwajibnya itu banyakin nanas, bengkuang ama pepaya mengkal. Mangga karena asem dikit aja. Dan aku lebih suka rujak potong sih daripada rujak serut atau rujak bebek. 

Kalau rujak serut seringnya dapat yang pedes banget. Sedangkan aku ga bisa kalau terlalu pedes. Aku ga bisa merasakan bagaimana nikmatnya kalau terlalu pedes ya. Makanya kalau ada makanan pedes minimal ada manis-manisnya lah biar lidah agak netral juga kan ngerasainnya.




Kalau foto yang di bawah ini rujak bikin ndiri sih. Bumbunya mbuh-mbuhan hahahha. Yang penting ada gula jawa, kacang tanah, terasi dikit, garem dikit, asem jawa. Udah deh diuleg. Uleg kacangnya masih dalam keadaan tekstur kasar ya. Biar berasa kayak rujak kolam Medan. Eh, dulu pas masih gawe di Jakpus kan kalau Minggu aku sering ke ITC sendirian tuh cari makan siang. Pas ke lantai atas ketemu dong ama yang namanya Rujak Kolam Medan. Kedai rujak kolam yang enak banget dan cukup terkenal. Bumbunya masih tekstur kacang kasar...tapi justru itu yang bikin enak. Juga ada sensasi pisang batu tumbuknya segala loh. Pisang batu kan ada sepet-sepet gitu kan...jadi pas di-mix sama bahan bumbu rujak lainnya kerasa manteb soul!

Tapi yang paling aku ingat saat masih gawe di Jakarta, itu kalau jam istirahat aku ada langganan rujak potong yang Bapaknya suka ngasih bonus tambahan buah soalnya aku orangnya royal ya...belinya selalu banyakan. Jadi kalau ga ditambahin apel fuji ya tambahin sawo atau semangka. Memang rujak potong yang di depan kantor dulu buahnya unik-unik. Selain umum kayak nanas, bengkuang, mangga, dan pepaya mengkal, juga ada apel fuji dan sawonya segala. Bahkan ada semangkanya juga. Baik yang kuning maupun merah. 



2. Mogu-Mogu dan Es Pisang Ijo

Terus minuman andalan kalau mampir minimart adalah Mogu-Mogu. Sebenernya aku lebih suka yang rasa kelapa muda. Soalnya yang rasa kelapa itu manis. Ga keaseman. Tapi adanya foto yang rasa anggur ini. Yaudah lah ya. Pakenya yang ini aja. Lainnya Es Palu Butung atau nama lainnya Es Pisang Ijo. Dulu di area kampus kota hujan aku ada langganan es pisang ijo enak di daerah Bara loh. Ini es nguantri banget kalau sore apalagi Bulan Ramadhan ngalamat laris manis. Tapi emang seger gitu kan esnya. Maknyes banget apalagi pas maemnya udah bedug magrib dan sebelumnyaesnya udah dalam keadaan dikulkas duluan. Bubur sumsumnya soft banget. Udah gitu pisang yang dibalut kulit ijo dan disiram sirop merah jambu serta taburan kacang tanah, terasa bersatu di lidah. Wuah...aku ga kuaaad heleeep....hohoho...

Tapi biasanya kalau makan es pisang ijo sih aku udah lumayan kenyang ya. Secara gula semua hahahah....Dan ada bubur sumsumnya juga. Walaupun yang di foto ini ukuran gelas plastiknya agak mini ya,l ga sejumbo yang ada di daerah Bara.


Sesuatu yang Enak Dicemil Begitu Aja
1. Belimbing

Lha....kok tiba-tiba belimbing Mbul? Auk...Mbul cuma pengen majang foto belimbing aja kok...#jitakkk...#gibheng Beby Mbul....hahahhaha. yang di sini itu Belimbing Demak ya. Yang warnanya kuning menuju orens. Dan permukannnya mulus banget. Rasanya manis dan berair. Uh, aku suka banget dimaem gitu aja atau diiris-iris tutulin garem. Tapi sebelumnya kudu dicuci bersih dulu ya. 

Belimbing emang nyegerin. Aku suka ga tahan kalau ngeliat ukurannya yang gede dan cerah-cerah itu. Bawaannya pengen beli. Dulu sih tempat Alm Pak Hendro temannya Bapak yang di Semarang waktu ngasih tumpangan nginap waktu aku mau Tes Unes ada pohon belimbing demaknya. Iya, soalnya halaman rumahnya ijo banget banyak tanaman buah-buahan yang salah satunya ditanami belimbing demak ini. Makanya pas kami ke sana disuguhinnya belimbing potong.

Sebenernya kalau belimbing di pekarangan tetangga ada. Tapi belimbingnya ijo dan asem. Juga sering banget andaikan udah kuning eh ada tatungnya...kan zebel. Nah kalau yang ini ga. Asli mulus banget, luar dalem, ga zonk



2. Mendoan atau Tempe Goreng

Menu paling gampil asal ada bahannya. Tempe tinggal beli di pasar. Terus ada tepung mendoannya. Biasanya pake Tepung Bumbu Sasa Serbaguna sih yang udah ada gurih-gurihnya. Atau kalau mau polosan juga enak. Yang penting disandingkannya ama nasi baru dan jangan anyar ya. Jangan jangan nget-ngetan wkwkwk...Jangan di sini maksudnya sayur. Tapi itu di foto nasinya kelihatan keras ya. Iya soalnya penghabisan terakhir. Udah ga keburu nyeklek rice cooker, udah ngelih hahahha. 

Sebenernya kalau mau beli sih gampang. Banyak juga kan sekarang orang jual mendoan. Biasanya yang dijual itu digoreng semi basah. Ga kekeringan tepungnya. Terus cara maemnya dicocolin sambel kecap yang udah dicampur biji cabe rawit. Juga ada ceplusan lombok rawit ijonya. Hmmm.....itu mantab juga rasanya.



3. Ebi Furai

Ebi Furai lagi Mbul? He em, Kakak. Tapi kali ini bukan dari Hokben sih. Tapi beli di supermarket. Tinggal goreng aja. Ebi furai ini andai mau bikin sendiri sih bisa. Tapi pe er banget mbukain kulitnya biar bisa ditempel ama tepung, kopyokan telur, dan panir atau tepung rotinya. Tapi pas goreng ini aku kok kegosongan ya. Liat aja udah melampaui golden brown. Tapi rasanya tetep enak loh. 

Aku emang suka udang sih. Ya kalau seafood favoritku udang dan ciumi-ciumi.....ups...cumi-cumi kaliiiiiik. Keduanya ga gitu susah. Digoreng gitu aja kasih tepung udah enak  Walau kalau dari segi aroma si cumi lebih kuat ya dan bersiinnnya PR. Tapi kalau udah dimasak dijamin ketagihan. Udang kecil maupun udang besar aku suka semua. Udang kali maupun udang supermarket aku hayuk. Asal bukan pepatah ada udang di balik bakwan ya. Itu mah emoh aku. Aku mah orangnya tulus hihihi. Kalau kalian aku ga tau sih, hahaha...



4. Semangka

Tarik Mbul??? Semongko!! Eh Mbul suka banget makan semangka. Apalagi kalau dapat yang merah, berair...uh gerrrrrr pol. Mbul sih dulu sering bangat beli semangka sampai ada bakul langganan. Tapi sejak lapaknya pindah udah jarang mampir beli. Kalau dulu pas lapaknya nyewa di sebuah rumah kan agak pewe ya. Terus buah yang dijembreng banyak banget. Kita tinggal pilih-pilih aja. Kalau udah dapat yang dimau tinggal dibawa ke mas-masnya buat ditimbang. Nah, karena udah langganan dan sering beli di situ dalam jumlah banyakan, maka biasanya kita dikasih murah. Dibonusin tambahin apa gitu misal pas ketambahan beli salak atau duku. Pokoknya ntar dilebihin. Ya kita kan kalau ama pedagang sering fren...hahahhaha...

Oh ya, ngomongin soal semangka, aku lebih suka semangka merah ketimbang yang kuning sih. Kerasa manis menurutku. Walaupun ga selalu. Tapi aku suka aja kalau pas panas-panas lalu gigit buah semangka. Rasanya nyossss....Berasa dapat jackpot setelah berkelana di padang gurun. Apalagi kalau diirisinnya tebel-tebel. Begh...mantabbb!





5. Kastangel

Kastangel keju.....aku suka banget. Biar kata ga dimakan pas Lebaran...tetep suka kalau Mbul tuh. Apalagi kalau ga sekedar pake otang. Tapi pake oven beneran...hihihi....Sebenernya kalau masalah kastangel ini Kakakku yang di Bekasi punya langganan yang rasanya ngeprul dan premium punya. Yaitu kue-kuenya Budhe si suaminya kakakku ini. Salah satunya ya kastangel. Asli rasa kejunya itu wah banget. Ga kaleng-kaleng. Selain itu sering pula bikin nastar, cornflakes cake, dan putri salju. Tapi tetep Mbul sukanya ama kastangelnya.



6. Lemper dan Bugis Ketan

Aku suka banget lemper bakar. Juga bugis ketan. Pokoknya sesuatu yang berasal dari ketan aku suka. Lemper sih dulu umum banget kan dijadiin snack acara hajatan di desa. Dimasukinnya bareng makanan lainnya misalnya kacang bawang, emping, kue potong, dll. Ntar diplastik pake bungkusan putih bertuliskan 'Selamat Menikmati' warna merah. Terus diklip bareng selembar tissue kertas yang dah dibentuk. Diminumnya bareng Aqua atau Teh Botol Sosro....haha...dulu di nikahan tante aku masih modelnya ginian. Yoih pas aku masih bocil. Tapi urusan lemper aku suka yang isi ayam sih ketimbang yang abon. Dan dibakar itu lebih nikmat ada aroma sangit-sangitnya di bungkus daun pisangnya. 

Kalau bugis ketan aku sukanya yang isian nten-ten atau kelapa parutnya itu pake gula pasir jadi masih putih ga coklat kayak pas pake gula merah. Terus bugis ketannya warna ungu. Digigit..makceprot....manis...cuy...gula kelapanya meleleh dalam mulut... tantaaab!!!!! Kenyal-kenyal nikmat, hehe.


7. Bakso dan Mie Ayam (Ceker)

Bakso lagiiiie? Iya dunk...hahahaha....Kali ini ditambahin mie ayam. Biar ada gandengannya. Sebab bakso itu selalu gandengannya adalah mie ayam. Bakso dan mie ayam tanpa nasie ya. Kan udah ada mienya. Dagingnya juga udah bikin kenyang hihihi. Bakso yang enak itu kalau ada balungannya atau sumsum. Kalau mie ayam yang ada cekernya. Biasanya belinya dipisah sih. Walau rasa si cekernya juga sama manisnya kayak Ubung....eh salah. Kayak suiran ayam topping si mie ayamnya ding. Terus baik bakso atau mie ayam, aku juga sukanya yang sawi atau cesinnya banyak. Kadang ada tambahan taugenya juga loh. Biar terasa kres...kres..kres...Yang penting mah acara nambahin sambel, kecap dan sausnya kudu jago. Biar kuahnya semakin buket dan wenak. Hehehe... 




8. Susu Tobeliiii

Susu tobeliii? Mbul masih suka num tutuw tobelih? Wow matabelo...wkwkkw Iya nih...agak kekanak-kanakan ya aku masih suka nyedot susu stroberi yang kotakan mini ini. Hahaha....Iya biarlah...soalnya enak sih. Aku susu kotak kalau ga rasa stroberi emoh lah. Maunya stroberi. Tapi kalau yogurt...boleh lah rasa lain misalnya peach atau blueberry. Rasa pisang mauk juga. Ku suka susu pisang soalnya wangi...hwehe..


Menu Masakan Rumahan yang Mbul Suka
1. Sayur Bening, Sambel Goreng Kentang, Lalapan, Sambel, Ayam Goreng, Tempe, Perkedel, Corobika

Ini sebenernya ngrandom aja sih. Asal ada sayur dan lauknya aja sebenernya asyik aja padanannya. Ya karena adanya bening gambas atau oyong, sambel goreng kentang, ayam goreng, tempe, perkedel, dan corobika sebagai snacknya. Bening mah sebenernya paling enak tambahin bayem dan jagung manis. Tapi adanya oyong, ya udah lah hahahha....Ayam gorengnya digoreng pake lengkuas ya jadi kerasa gurihnya. Tempe digoreng biasa aja ga usah pake tepung. Lalu ada perkedel kentang juga. Ini aku suka yang pake telur kriwilnya agak banyakan untuk pinggirannya sih. Biar gurih dan kranci....hehehe...Terus ada corobika juga hasil beli di pasar. Aku suka corobika apalagi kalau bagian satunya rada gosong. Terus corobikanya mekrok seperti kembang. Hehehe..







2. Oseng Kangkung Pete, Udang Goreng

Oseng kangkung pete padanannya udang goreng tepung. Mantab !! Kangkungnya takpotong ekspres aja tinggal 'grel' pake pisau...hahaha....Terus abis itu potek-potek pete dan oseng deh bareng kangkungnya. Ngosengnya ga usah lama-lama ya biar warnanya ga gelap. Terus udang gorengnya dari udang kecil-kecil aja. Sedeng deng. Ga gitu kecil banget sih tapi juga ga sejumbo lobster. Ini dimarinasi pake bumbu ikan biar asin. Abis itu ditepung. Goreng sampai kuning kecokelatan. masih ada kulitnya sih. Tapi enak. 







5. Acar Lombok Ijo

Ini niat banget sih bikin ini. Gegaranya keinspirasi sama apa ya...lupa pokoknya akhirnya jadi bikin acar sendiri. Pake lombok ijo gede. Aku kasih resepnya aja ya. Ini enak banget sih buat tambahan pas maem sama sayur atau lauk apapun. Kebetulan juga waktu itu di kulkas lagi nyetok lombok ijo gede. Jadi takmanfaatkan sebaik mungkin biar ga sampai layu.

Bahan-Bahan : 

Lombok ijo besar
Cuka
Gula pasir
Garam

Cara Membuat :

Cuci bersih lombok ijo gedenya
Iris-iris 
Masukkan toples
Kasih gula pasir, sedikut garem, baru sedikit cuka. Diamkan deh dalam beberapa hari...nanti akan jadi acar. Rasanya ga pedes kok. Ya pedes. Tapi pedes lombok ijo tau sendiri kan lagian bijinya juga udah kena cuka dan gula pasirnya jadi bikin rasanya asem manis dan sedikit pedes 







Makanan yang kalau dicari Malem terasa Nikmat
1. Sate Ayam dan Kambing, Pencuci Mulutnya Sop Buah

Sateeee!!!! Sate termasuk makanan terfavorit Mbul nomor wahid. Baik sate ayam ataupun kambing. Yang penting di selipan dagingnya ada kulitnya tebel-tebel...hehehe. Sebenernya dua-duanya aku lebih suka dipakein bumbu kecap semua sih ketimbang bumbu kacang. Apalagi kalau dikasih irisan bawang merah, tomat, dan cabe rawitnya melimpah. Juga ada irisan kubisnya...itu sedep banget. 

Sate ini paling enak kumakan pake lontong. Ga pake nasi. eh tapi pake nasi juga enak sih. Apalagi kalau udah ada taburan bawang gorengnya. Gurih itu segurih Beby Mbul....masakan Mbul maksudnya hahahah. Tapi yang di foto ini pakenya lontong. Lontongnya cukup satu aja atau malah setengah...hihihi...Yang penting satenya yang banyak kan #eh. Terakhiran ditambah sop buah. Sop buah yang seger banget ada langganan sih. Dia beda ama sop buah lain. Ga tau kayaknya ngaruh di siropnya deh. Kalau ga salah dia pake sirop yang buat es pisang ijo jadi wangi manis gitu....





3. Kolak Labu

Bahan-Bahan :

Labu
Pisang tanduk atau kepok
singkong
Ubi
santan kelapa
gula jawa
Air
pandan

Cara Membuat :

Cuci bersih labu, singkong dan ubi. Potong dadu
Iris pisang tanduk atau kepok
Nyalakan api dan rebus air.
Masukkan santan cair ke dalamnya
Masukkan pandan
Masukkan potongan singkong, ubi
Masukkan labu dan juga pisangnya
Masukkan gula jawa atau gula pasir juga boleh deh
Aduk-aduk terus supaya santan tidak menggumpal
Tunggu sampai matang


4. Es Krim

Aku suka banget ama es krim. Terutama yang rasa vanila. Pokoknya apapun yang pilihannya cokelat atau vanila aku bakal pilih yang vanila. Nanti atasnya dikasih selai stroberi dan chips warna-warni. Enak deh disendokin gitu. Biasanya kalau lagi hari hujan justru aku pingin nyemil es grimmmm....hoho..Es Krim pokoknya Dedek Mbul maunya es krim, ga mau yang lain hahhahahahah....

Ngomong-omong soal es krim, aku memang lebih suka yang cone gitu. Kalau di modelan keepcih atau mekdi ya es krim Sundaenya. Yang vanilla lalu ada topping stroberi. Ga mau cokelat. Tapi karena ada tukang es krim murah yang pake mobil losbak ya aku lebih pilih itu. Murah meriah cuma Rp 5 ribu dan rasanya pun menyerupai Es Krim Sundae. Ya udah aku choose itu aja.





Masakan Pas Lagi Mager Banget
1. Sarden, Sop, Cemilan Mangga Potong, Kurma dapat beli di Supermarket, Melon

Pas mager banget alias males gerak atau yang ribet-ribet....usahakan sediakan sarden dalam kulkas. Tar tinggal digoreng lagi. Biar tambah wow tambahin lagi bumbu ulegan sendiri misal bawang merah, bawang putih, cabe, sedikit garam, dan sedikit gula. Udah deh masak ampe kecium wanginya. Cemilannya paling mantab pas ada mangga dan kurma muda. Dicemilin gitu aja kok enak ya hahhaha...Biasanya beli karena ada diskonan sih.











2. Soto ala ibuku, Perkedel, Tempe Goreng, Semangka Kuning

Soto buatan ibu lebih ke soto modelan Jawa Tengah. Tapi di sini ibu pakai improvisasi lagi yaitu untuk kuah kaldunya ditambahi dengan tumbukan kacang tanah. Jadi teksturnya lebih kasar tapi agak kental dan ada sensasi-sensasi gurih manis khas rasa kacangnya gitu loh.

Selain rasa kuah kaldunya, beda soto ibu dengan yang lain adalah terletak pada ayamnya. Kalau kebanyakan soto di tempat makan/warung tenda pakainya ayam rebus/kukus, nah di ibuku pakainya ayam goreng yang disuir-suir. Mana suiran ayamnya kebanyakan kulitnya pula, jadi rasa gurihnya mantul. Malah kadang-kadang ditambahin pula dengan ati ampela goreng yang nggak ada amis sama sekali. Rahasia nggak amisnya ini  terletak pada proses perebusan si jeroan dengan menggunakan daun salam dan juga ulegan bawang putih. Nah, sensasi bawang putihnya ini yang bikin pas digoreng nggak amis, tapi bumbunya meresap sampai ke dalam.





Bahan kaldu soto :

Bawang putih
Bawang merah
Kemiri
Ketumbar
Merica
Pala
Sereh
Laos
Jahe
Kunyit
Kacang tanah
Daging sapi
Gula
Garam

Bahan kaldu biasanya dimasak malam harinya karena prosesnya agak lama ya. Terutama karena berhubungan dengan pengolahan daging atau ayam. Jadi sebisa mungkin yang ribet-ribet diolah terlebih dulu, supaya besokannya tinggal nyiapin isiannya yang cenderung persiapannya lebih gampang.

Untuk porsinya sendiri, biasanya kami langsung masak dalam jumlah besar, yaitu sepanci gede (karena kan anggota keluarganya banyak), jadi biar bisa untuk makan beberapa kali (lagipula kaldu kan bisa dihangatkan ya jadi kalau mau makan ya tinggal dingat-nget ngat-nget aja kaldunya), sementara isiannya sendiri silakan racik sesuai selera.

Menu soto ini cocok banget disajikan untuk jamuan tamu karena biarpun jenisnya makanan berat, tapi rasanya sendiri nggak gitu ngenyangin karena basicnya adalah kuah-kuahan. Malah bisa bikin yang menikmati sampai tambah berapa kali.

Bahan isian soto :

Bihun
Kubis
Kecambah
Ayam
Tomat
Seledri

Isian soto versi ibuku cenderung sama dengan soto pada umumnya. Paling ya itu tadi, topping ayamnya digoreng terlebih dulu baru abis itu disuir-suir. Malah seringnya ada tambahan ati ampela selain rebusan bihun, kubis, potongan tomat, seledri, daun bawang, dan juga kecambah. Sengaja pakainya kecambah, bukannya tauge, karena kata ibu biar rasanya lebih kretes-kretes alias chruncy walaupun proses perebusannya terbilang singkat (cuma dicelup ke air panas–air mendidih, selesai angkat !).

Pelengkap :

Sambal
Tempe goreng tepung
Perkedel
Rempeyek/kerupuk

Cara Memasak
Bagian Kaldu :

Greprek bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, merica, pala, sereh, lengkuas, jahe, kunyit yang sebelumnya telah disangrai/ digonggso.
Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan daging untuk kaldu.
Bumbu yang sudah disangrai kemudian dihaluskan, masukkan ke dalam kuah kaldu rebus, tambahkan kacang goreng yang sudah dihaluskan (bisa untuk 2 hari kuahnya).
Jangan lupa tambahkan gula garam

Isian Soto:

Rebus bihun sebentar saja sampai teksturnya lembut.
Masukkan kecambah sebentar saja ke dalam air mendidih, angkat.
Goreng ayam, lalu suir-suir (biasanya aku suka yang banyakan kulitnya loh hahaha).
Iris halus seledri.
Iris halus kubis.
Racik isian soto dan tuangkan kuah kaldu setelahnya.
Bisa ditambah pelengkap tempe goreng tepung, suiran ayam goreng, kerupuk/rempeyek, atau sambal sesuai selera.

Kuliner yang Paling Memorable di Hati
1. Sop Duren dan Nasgor Mawut

Ini kulineran 3 tahun lalu Oh My God....hahahha... Tapi rasa menunya masih terngiang ampe sekarang. Waktu itu pesen sop duren dan nasi goreng mawut. Sop durennya so creammy banget. Duren asli. Bukan boongan. Sebongkah gede manis pula. Tambahannnya itu ada pisang sama nangka yang disiram sirop jambon dan kental manis. Ya ampun manisnya kebangetan kan kayak si Mbul #plaaak.

Terus nasi goreng mawutnya juga ga terlupakan. Ini sih perpaduan antara nasgor Jawa Tengah dan suiran mie telor yang kuning itu. Dikasih acar timun dan wortel juga orak-arik telur dadar. Ada suiran ayamnya juga. Suwer...enak banget nih nasgor. Ga gitu pedes tapi gurih.




2. Bakso Lor Teteg Sepur Kutoarjo

Ini moment lebaran beberapa tahun lalu. Kalau ga salah 3 tahun lalu, hahahha....Dan mampir ke sini pas lewat area tasiun. Lor Teteg Sepur Kutoarjo. Ada bakso ini ga gitu kelihatan soalnya dapurnya ada di dalem ruko. Terus nyoba mandeg ke situ. Eh lha kok ternyata enak ya. Baksonya sedep banget. Ada khas apanya gitu. Kuahnya itu agak keruh tapi sedep daging. Beda dari bakso yang lernah kucobain di manapun. Uratnya mantul. Dagingnya ga pelit. Kerasaaa banget dagingnya. Ga gandum tok. Enak ini pokoknya. Ketagihan aku. Aku suka kuahnya pake banget. 






Masakan Kalau Pas Lagi Niat Banget
Balado Telur, Tempe Bacem, Mangga Harum Manis

Balado telur bisa pake telor bulet rebus lalu digoreng, telor dadar, atau telor ceplok. Tapi kali ini sih aku pake opsi yang pertama...dia digoreng dulu sebelum takcemplungin ke bumbu baladonya. Bumbu balado mah umum ya. Ada bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting merah, gula, garem, kaldu ayam, kemiri, dan tomat. Itu dihaluskan ya. Ya komposisinya aku pake feeling aja sih. Abis itu baru dimasukkan telur rebus yang udah digoreng tadi. Masak deh sampai harum. Terakhir tambahin pete biar makin nyus lagi.

Kalau baceman sih aku pake resep simple aja. Bumbunya itu : bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan sedikit garam. Baru abis itu direbus dalam air kelapa yang dah dikasih lengkuas geprek, salam, gula jawa, dan sedikit asam jawa. Nanti rebus sampe bumbunya meresap. Abis itu angkat dan goreng deh tempe bacemnya.





Sop, Tumis Jamur, Sambel Goreng Ati, Tempe goreng

Resep Sop-Sop-an Ala Mbul

Bahan Isian Sop :

Kentang
Wortel
Kubis
Buncis
Daun bawang 
Seledri
Tomat

Bahan Bumbu sop-sop-an :

Bawang merah
Bawang putih
merica
sedikit garam
kaldu ayam
sedikit gula pasir

Cara Membuat :

Uleg bawang merah, bawang putih, dan merica sampai halus. Masukkan sedikit garam. Tumis hingga harum. Sisihkan
Cuci bersih semua sayur-sayuran. Potong dadu kentang
Iris tomat menjadi beberapa bagian. 
Buang ujung-ujung buncisnya
Rajang wortel, kubis, daun bawang dan seledri
Panaskan air
Masukkan kentang dan wortel terlebih dahulu
Masukkan bumbu tumisan sop-sopannya
Masukkan sedikit kaldu
Tambahkan sedikit gula pasir
Masukkan irisan kubis, buncis, daun bawang, dan daun seledri
Koreksi rasa
Sajikan hangat




Untuk tumis jamur tiramnya sih standar internesyenel ya pake bumbu tumisannya apa. Bawang merah, bawang putih, cabe, gula, garam, dioseng deh. Simple sih ini. Tapi sebenernya kalau jamur tiram biasanya sebagian takbikin jamut krispo biar kerasa kayak kulit ayam versi murahnya hehehe....

Kalau yang agak sulit itu sambel goreng ati ya. Secara buat ngilangin aroma si ati yang cukup kuat harus dibutuhkan sedikit trik. 

Bahan-Bahan :

Beberapa pasang ati ampela ayam
Beberapa butir bawang merah, iris halus
daun salam
jahe yang digeprek
Lengkuas yang digeprek
Beberapa buah cabai rawit 
Tomat
Kecap manis
Sedikit garam
Sedikit merica bubuk
Sedikit gula pasir
Pala bubuk
Air
Minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

Beberapa siung bawang putih
Beberapa buah cabe merah keriting
Beberapa butir Kemiri 
Ketumbar


Gustyanita Pratiwi, 2021

Gustyanita Pratiwi, 2021

Gustyanita Pratiwi, 2021


Cara Membuat Bumbu Semur Ati Ampela :

Rebus ati ampela
Masukkan daun salam dan jahe hingga setengah matang. Buang airnya. Sisihkan sementara.
Panaskan minyak. Tumis bawang merah sampai harum. 
Masukkan bumbu halus, jahe dan lengkuas. 
Masukkan ati ampela. Aduk-aduk.
Tambahkan cabe rawit, tomat, kecap manis, garam, merica, gula pasir, dan pala bubuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Masak sampai matang dan harum baunya
Sajikan hangat

Okey, demikianlah ujung dari postingan ini. Ada kurang lebihnya mohon dimaklumi dan dimaafkan sebab kesempurnaan hanyalah milik Alloh SWT. Punten juga kalau kepanjangan. Emang sengaja ngepost panjang, hahaha...ga terlalu merhatikan SEO juga sih, apalagi teknik ngeblog. Ngeblognya suka-suka. Cuma pengen punya tempat buat nyimpen foto-foto makanan aku doang kok. Jadi ya beginilah aku apa adanya. Tetap jaga kesehatan ya.

Note : Hijab dipersembahkan oleh Rabbani

See you and dadaaa...

Peluk dan cium

Si Mbul....😘



106 komentar:

  1. Mbul sayaaaannggg!
    Semua yang Mbul paparkan Kak Amie pun turut suka banget!
    Seolah-olahnya Kak Amie berada di tempat MBUL.... tempe mendoan, buah salak, duku... dan kurma segar itu... aduhai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak amie Sayang heheh

      semuanya di tempat Mbul ada kak amie..ibarat kata orang bilang tanah kita tanah surga ...tongkat kayu dan batu jadi tanaman...

      duku mbul suka banget kak...bisa mam sekresek tetiba udahannya atid peyud huhuhu

      πŸ₯ΊπŸ˜­πŸ€£

      Hapus
  2. Great Post! We generally love to consume potatoes dish in rainy and cold days. Snack you shared in this post look great and so new for us. You have really very different and new foods and i know them via the your reviews thanks .

    BalasHapus
    Balasan
    1. same with me dear, i like potato dish too...sometimes i want make potato wedges

      thanks for always coming up here and support my blog with your kindness word (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  3. A wonderful post with lots of new food that I'm not familiar with. Thanks for sharing these with us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. you're welcome Bill. Glad you like my post. Thank you

      and have a nice day to you and your family ☺

      Hapus
  4. berbicara tentang majalah bobo memang menarik ya mba, enggak tahu kenapa walaupun sudah lama dan terbitan bertahun-tahun yang lalu tapi tetap menarik bagi saya, mungkin karena gambar animasinya yang lucu-lucu, he-he

    ngomong-ngomong mba Gus ternyata jago masak juga nih, banyak banget masakannya, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koh kuanyu...ternyata koh kuanyu dulu juga demen dengan Majalah Bobo ya. Memang sih kalau kataku ceritanya sederhana tapi banyak pesan moralnya di sampung memang gambarnya very cute Koh. Aku tiap ketemu bundel majalah jadul Bibi di E commerce rasanya pengen takkumpulin sampai lengkap deh ☺

      Hapus
  5. ...I remember reading Richard Scarry's books to my children who are in their late 40s!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow...it's cool to know you telling a book to your children ☺

      Hapus
  6. Haha banyaknya makanan. Saya memang suka rojak buah dan soto. Berulang-ulang makan macam Myul asyik dengan bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kak, beby mbul juga suka rujak...memang kebanyakan cewek tuh suka yang asem asem pedes manis segar kayak rujak ya kak

      soto dan bakso mbul pilih bakso

      kalau soto sukanya versi masakan ibu aja kak

      Hapus
  7. duarrrrrrrrr cebu city
    duarrrrrrrr jembatan butuh

    subhanallah mbak iki kapan nggonmu nulis
    apa pas bocil bobo
    iki rekor aku moco postinganmu wkwkk

    pertama aku tersepnon ambek gambar kartune
    iso luentik ngunu
    kedua
    ancen bakso saiki sak ndumil
    gak koyok bien iso lekoh
    ketiga eh es sundaene mirip sing ndek pizza hut sing njupuk dewek
    keempat duarrr duene jan montong tenan
    kelima mayones hokben engga ada obat
    aku seneng sing menu dare to spicy
    dicocol mayones tambah sip
    komik doraemnin mu mayan lengkap ya
    saiki cover e wis pada ganti

    duarrrr opo maneh yo hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cebu ki ning ndi yo mas ikrom? filipin udu?

      hahah..lagi mandan sesuatu jadi postingane lagi error deh hahahha

      ditulisine dicicil sih semingguan hahhaha

      kartune apik ga mas? hahah

      iya es sundaene versi murah mereah redho mas wkwkkw

      menu dare spicy? opo kui?
      o hokben tah..iya mayones hokben aku ga pernah nemu cara resepe seenak iku gimana ya wkwkw...merek sing biasa ada di oasaran belum ada yang mendekati mayones hokben jew

      ga lengkap mas mung beberapa doang..sing lengkap justru conan wkwkwk..tapi 7 teranyar isih plastikan..jan males banget arep moco ngantuk terus kesayahen kerja jew hahah

      Hapus
  8. wih banyak banget ya kesukaan mbak mbul ini, dari makanan sampai komik, majalah, buah-buahan.. emang kalo bicara kesukaan gak bisa di itung ya, pasti banyak banget.. nah, aku kalo buah paling suka buah pir sama apel, biasanya tak makan sama kulitnya gak usah di kupas wkwkwk :D

    cocok banget nih, pagi-pagi belom sarapan udah lihat foto-foto makanan kayak gini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nif...ini belum seberapa sebenernya masih ada beberapa hal yang aku suka sih..tapi pegel jariku ngetiknya nif ga ada yang mijitin hhahahaha....pijirin dewek mbul hahhaha timbang jari doang

      sama sih aku kalau apel juga suka takmakan sama kulite biar bunyi krauk krauk...enak..renyah kayak iklan apa ya yang ada bunyi gigit apel sampe bunyi gitu wkwkwk

      pas banget...tapi udahannya langaung kenyang ga nif? 🀭

      Hapus
    2. kenyang liat fotonya doang mbak hahah :D..

      Hapus
    3. harusnya khanif dibagi ya....biar kenyang beneran ☺😊

      Hapus
  9. Lots of exotic and wonderful fruits and treats! I really love those fried little fish.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes angie, it's called lunjar or wader. I usually cook them with deep friend to make a crunchy texture...

      Hapus
  10. Haii mbak. Weeeh banyak banget yaaak hiiiihi.
    Aku juga ada suka sama yang mbak Mbul bilang, seperti Komik (doraemon aja), dan majalah Bobo.
    Kalo ronde, belum pernah makan. Tapi pernah lihat orang jual (ketika sedang di Jogja).

    Duku Palembang. Ini nampaknya sebutan untuk orang di Jawa aja ya. Jujur, di Palembang aku tidak pernah menemukan penjual yang menjual "Duku Palembang". Ada nya sih Duku Komering. Hiiihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. doraemon dodo koleksi juga tah?ronde di jogja banyak do biasanya deket angkringan di trotoar gitu...ronde yang enka itu kalau di kampung halamanku deket alun alun pasti selalu ada tuh bapak bapak penjual ronde

      o apa iya...ternyata di Palembang sendiri disebutnya Duku Komering ya πŸ˜„

      Hapus
    2. Iyaa. Krn duku yang ada di Palembang berasal dari Komering mba hehee

      Hapus
    3. o ada daerahbdi Palembang namanya Komering ya Do..jadi pengen main ke Palembang deh...huhuhu

      Hapus
  11. Bunda suka duku dan durennya, ananda Mbul. He he ... Enak ya, cocok minuman milo. Bunda habis minum milo jadinya sakit kepala dan panas dalam, badan meriang. Terima kasih telah berbagi resep. selamat berhari minggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong Bunda..mbul juga love banget sama 2 buah itu. Sama sama kalau pas musimnya langsung ada agenda buat beli. Judulnya pesta duku dan pesta durian hihi..biarpun abis itu cepet-cepet pengen buang kulitnya supaya ga kecium sama tetangga...soalnya kalau abis beli durian alamak baunya langsung kemana mana hahahha (´✪Ο‰✪`)♡

      lho bunda ga bisa minum milo dunk...? ☺😊

      Hapus
  12. Keren nih tulisan panjang dan lengkap banget Mbul.
    Dari semua yang disukai Mbul, samaan, sayapun suka, kecuali satu yang tak bisa saya kompromi, yaitu.... Durian dan segala sesuatu olahan yang terbuat dari Durian, gak kuat dengan aromanya, enek, pengen pingsan.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ga juga sih Pak Yonal.lebih karena mbul kemaren lagi sedikit bete jadi nulisnya ngasal aja hahahha
      .wah sayang betul durian padahal enak loh #mencoba mengompori...lalu mbul ditabok hahhaha

      Hapus
  13. Balasan
    1. Kak Veronica : yes dear, i like meatball too, especially with sambal and ketjup

      have a nice day too

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
    2. khanif : iya nif bakso sama dengan meatball ☺😊

      Hapus
  14. So many types of delicious food and fruits. Love duku, durian and satay. Your post is making me hungry.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe thank you nancy...i inspired with your daily meal in your blog. Because you can take a picture of food very good (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  15. First of all a thank you for visiting my website which I always appreciate very much and nice comment. Always be welcome to come and read more. But also you are welcome to my nature website which also has recipes but from nature. Here is the link for you: https://catherinetine.blogspot.com I will definitely try your recipe and I like your blogs too. I have read several already. But because of caring for my dear husband I don't always have time to respond. Greetings from the Netherlands.

    Pertama-tama terima kasih telah mengunjungi situs web saya yang selalu sangat saya hargai dan komentar yang bagus. Selalu dipersilakan untuk datang dan membaca lebih lanjut. Tetapi Anda juga dipersilakan di situs web alam saya yang juga memiliki resep tetapi dari alam. Ini link untuk Anda: https://catherinetine.blogspot.com Saya pasti akan mencoba resep Anda dan saya juga menyukai blog Anda. Saya sudah membaca beberapa. Tapi karena merawat suami tercinta saya tidak selalu punya waktu untuk menjawab. Salam dari Belanda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, terima kasih sudah berkunjung balik ke blog aku Tine. Nanti akan aku baca di web Tine yang satunya. Kudoakan semoga Tine bisa tetap sehat saat merawat suami tercinta dan suami segera diberikan kesembuhan. Peluk jauh buat Tine ☺πŸ€—

      Hapus
  16. Have a happy week, and take care. Could you please put a 'translate' button on your blog? I would like to understand what you write! Valerie

    BalasHapus
    Balasan
    1. have a happy a week too Val...Thanks for your advice...maybe someday i can put a translate button in my blog. 😍

      Hapus
  17. Bom dia. Acho que algumas dessas frutas nΓ£o temos aqui no Brasil. A cultura e culinΓ‘ria de vocΓͺs Γ© muito interessante.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah selalu hadir di blogku sahabatku Luiz Gomes...iya ini adalah kuliner lokal di negara kami khususnya kebanyakan masakan rumahan sih. Bagaimana dengan di Brazil? Tentunya banyak makanan enak juga ya..terutama buah buahan yang unik..Waktu itu aku sempat nonton sih di channel youtubenya Mark Wiens pas kunjungan ke Brazil 😊

      Hapus
  18. Wonderful post!! Have a beautiful day

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Sunika. Have a great day too 😊

      Hapus
  19. Me queda claro que eres una buena persona, amiga, de gran corazΓ³n... Y tus entradas me gustan cada vez mΓ‘s.

    Abrazo hasta allΓ‘.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sahabatku Carlos Perroti, kata-katamu sangat berarti buat blog ini...my honour, thank you ☺

      Hapus
  20. Ya Allah, itu makanan semua. Fix aku naksir sama cemilannya. Hahahaha
    Have a nice day, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan.. itu foto makanan :D

      Hapus
    2. Boleh kok kalau naksir cemilannya Mas Ozy...😊

      Hapus
    3. Khanif : hahah iya itu foto makanan, makanan kecil, makanan sedang, makanan berat wkwk

      Hapus
  21. Mbak Nitaaaaaaa, iku panganan kabehhhhh, hahaha. Judulnya Nita's Favorit.

    Saya sampe scroll ke bawah, banyak banget. Tapi saya liatin, ada beberapa yg nggak suka, misal buah Durian karena baunya, buah Salak karena minim airnya. Terus kalo bikin Milo, saya senengnya pakai es, nggak peduli lagi dingin abis hujan atau lagi panas kayak di penggorengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Adiiiiiiin..itu panganan kabeh..eh iki memang bahasa cirebon apa jawa din...kok tetiba kamu pake bahasa jawa? heheh

      durian enak tau wkkww

      salak emang seret kalau ga sedia minum di samping wkwkkw..

      milo dibikin es kepal bukan itu? sambil baca buku di loteng ya nge es milo? wkkw

      Hapus
  22. Very fine post and delicious food 😊

    BalasHapus
  23. Majalah bobo, aku suka banget dulu nggak kebeli tapi beruntungnya ada tetangga yang ngasih majalah-majalah bekas. Ada beberapa cerita juga yang aku baca tapi endingnya gak tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih aku juga dulu pas kecil ga beli radhika...tapi pas uda gede beli sih wkwkwk

      biasa buat hobi hehehe

      aku uda sarikan beberapa sinopsis cerpen dan dongeng bobo jadul 90 an di label Majalah Bobo jadul 90 an itu di widget arsip apa label ya...boleh dibaca kalau mau..komik sisipannya juga 😊

      Hapus
  24. Eh mbul biasanya kalau beli buku2 bekas dimana? Cuma di basement Blok M Square atau ada toko buku bekas lainnya?

    Itu Yotsuba emang banyak yang review bagus... Terus ada nomer yang dikeramatin juga, volume 13.. Nyarinya susah banget katanya πŸ˜…

    Kalau Yokohama Chinatown Fantasy itu yang bikin nasi goreng kan ya? Yang ditemenin arwah siapa itu lupa.. Ceritanya juga ringan tapi bagus siiih...

    Kalah majalah bobo kita samaan Mbul, koleksi yang jadul2 juga.. πŸ˜„
    Bahkan buku edisi kumpulan dongeng dan cerpen juga niat banget berburu terus 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain di blok M Square kadang nemu random di Tokopedia Pak Guru Edotz...aku ga merhatikan tokonya sih pokoknya cuma ngetik kata kunci bundel majalah bobo di kaca pembesarnya Tokped tar muncul ndiri mana yang lagi jual bundel bobo...biasanya aku beli di situ xixixi..untung untungan memang soalnya seringnya yang dijual udah punya...yang belum punya tuh serinya langka betul

      apa iya nomer 13 keramat..aku belom ngecek 13 punya blom ya...sebagian masih plastikan...aku sebenernya baca yotsuba uda lama uda sejak kuliah soalnya mbul sering ngendon di rental komik pak guru hahahhaa...jadinya hamoir semua komik mbul lahap sangking ga ada kerjaan setelah kuliah ngendonnya di tukang komik kwkwkwk

      iyaaaak betul yang bikin nasgor pak guru...uda aku review juga di blog ini adanya di menu review buku/komik

      iya aku sukanya karena tiap series ada resep-resep nasi gorengnya...mana bahan bahan makanannya digambarkan berkilauan banget lagi..misal gambar terung, tomat, jamur, dll..jadinya biarpun cuma baca aku kemlecer ama nasi gorengnya hahahha

      iya aku suka yang jadul dah mendekati lengkap ni pak guru...kurang tahun 1997 akhir dan awal 1998 yang sisipan janji irene huhu

      kalau yang dah dibukukan aku ngerasa kurang dapet feelnya karena ilustrasinya beda dari pas di majalah jadulnya hihi

      Hapus
  25. Menurutku sih ciri khas nya blog ini bukan di foto makanannya tp foto selfinu mbull dan gambar manga nya haha..
    Bukunya lumayan banyak juga tuh mbull kenapa gak dibuatin perpustakaan mini biar keren... Karena aku pernah denger kalo di aruh dalam kardus gitu bukunya bisa cepet menguning... Katanya sih gitu..

    Wadaww kalo dilihat dari cemilan2 favoritnya, pasti mbull ini sukanya yg manis2 yah.. Pantas mbull juga manis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini buku yang masih sedikit aja lul...belum semua takjembreng..kapan kapan mau takjembreng deh seluruh koleksi komik, novel dan majalah boboku hehehhe

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      iya pengen ....nunggu rumahnya dibenerin dulu hahahhahah

      aku taruh di lemari kaca sih cuma udah numpuk banget kurang tampungan lagi wkwkwk..suka banget beli..giliran baca ntar ntaran aku wkwkwk

      hahaha..bisaan aja lul...jadi malu aku wkwkwk ☺😊

      Hapus
  26. I have found a friend in you - we both love MILO. Most of my friends think it is yukky but whenever I can't sleep I have a cup of Milo campur dengan Nestle Nestum. Say lebih suka Duku Langsat. Buah Duku lebih besar daripada langsat, so more to eat. Saya pun tidak biasa makan salak, tetapi ais creme nampak too delicious to resist. So much food on your post today, you must love food like me!

    BalasHapus
    Balasan
    1. horaaayyy...kita sama kak....Nita sangat suka milo di hari hujan..sambil liatin jendela dan bunyi tik tik tik di atas genting...syahdu sekali kak..hihi lalu tangan jadi anget karena menggenggam cangkir susu hangat..kyaaa..udahannya baca buku atau komik atau melakukan hal hal yang kita suka..mood booster banget

      duku langsat juga manis sangat kak...nita juga suka. Yang penting pas nyeplus dukunya ga ada bijinya atau bijinya kisut itu berasa dapat jackpot daging buah yang manis ☺😍

      Hapus
  27. Ini post terpanjang yang pernah saya baca di blog ini, nulisnya butuh berapa lama nih?

    Milo, saya sukanya Milo itu tidak di seduh tapi dimakan mentah..wkwkwk.. parah banget ya saya..wkwkwk

    Saya juga punya novel yang belum saya baca padahal itu novel sudah lama saya beli lebih dari setahun tapi untungnya novel itu masih dikemas dalam plastik jadi masih aman.

    Kok wedang rondenya bola-bolanya ada yang warna warni, beberapa kali makan wedang ronde belum pernah dapati yang bola-bolanya warna warni.

    Baksonya diskip.. hahaha

    Apel merahnya sungguh menggoda, Washington apel kah?

    Belum lama dapat kiriman duku palembang satu peti langsung habis dibagikan lagi, ngga ada yang nolak kalau dibagi duku palembang..hihihi

    Durian diskip, ngga tertarik..wkwkwk

    Udah beberapa tahun ini makan salak belum pernah lagi dapati salak yang masir, apa mungkin karena salaknya salak pondoh jadi ngga ada yang masir?

    Nangka salak sungguh menggoda, bagi dong..hihihi

    Apa bedanya kue bugis sama kue unti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamaaaat uda baca post yang panjang...sebenernya ini bukan yang terpanjang sih karena masih ada yang lebih panjang lagi melebihi ular naga hahahhahahah

      dicicil 5 hari ngedraftnya..maklum lagi ga niat nulis...mungkin waktu itu lagi sedikit bete jadinya nulisnya ga karuan wkkwkw

      Aku dulu yang takcemilin malah susu bubuk dancow yang rasa vanila sih wkwkwk....sampai mulutku robas rabes kayak anak paud hahahhaha

      Nah kan sama...kalau uda beli novel masih plastikan aja dari tahun ke tahun wkwkwk #siap siap diomelin yang hobi baca nih aku hahhaha

      iya bola bola rondenya 3 warna mas, merah jambu, putih, hijau..enak sih ini kayak mochi ada kacang tumbuknya juga di dalamnya

      wahahah sentimen betul sama durian dan bakso mas? hahah

      iya betul mas her itu apel washington...ikonik banget ya sama stikernya wkwkwk

      Duku sekarung? mau lahhh..

      iya nangkanya manis bener ini. Kalau nangka cepet banget abisnya biarpun ada getahnya dikit dikit di sela-sela daging buahnya

      salak yang masir juga sebenernya salak pondoh sih wkwkwk

      Hapus
  28. Bagi dunk Mbil cemilannya...cireng kejunya lempar satu ke blog sebelah ya Mbil...mbil..mbil gembilll (¬_¬)--o(✗_✗)

    Tarik pipinya dulunya Mbil, biar tambah tembem (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

    kiss=>(˘⌣˘)Ξ΅˘`)
    hug=>(っ˘Π·˘)っ

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah tembem sih udah pasti ya...jitaaaak jtaaaakkk!!! hahahhaha

      (´・ο½ͺ・`)

      ⊂( ̄(エ) ̄)⊃
      ⊂(ΞΏ・㉨・ΞΏ)⊃
      〔´(エ)`〕

      Hapus
  29. Semua menu yang mbak nitaku sebutkan tari suka semua. Namun untuk ngemil sama minum susu tari sedikit kurangi karena tari lagi program diet. Oh ya mbak nitaku ??? Tari kok sedikit binggung ya, itu kolom komentarnya bisa dikomenin dengan orang yang sama. πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™( Maaf, banyak nanya mbak nita )))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama toast yuk Tari 😍😘

      o tari lagi diet..iya ga pa pa...makan sayur biar sehat ya..dan kurangi yang manis..semoga diet tari sukses...(((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  30. Waduh Mbul, gimana kabarnya nih😁 liat foto-fotonya tambah laper, enak-enak semua itu hehehe. 4 sehat 5 sempurna, komplit plit plit ...mau nyari baso ma cireng dulu ah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah meriang kak...eh lha kok meriang hihi...biasa..suka angin anginan sih si mbulnya kak wkwkwk

      mauk cireng kak...nih buat kak dini..tangkap onlain yaaaak

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚ tring

      Hapus
  31. seperti biasa, banyak manakanan enak enak dan buah buahan khas Indonesia.

    Saya sendiri, paling suka dengan ikan, dimasak apapun.... hehehe

    # Take care.... semoga sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya nih Pak Tanza..biasa iseng kalau abis masak pengen diabadikan resepnya di blog..atau kalau abis beli buah apa gitu heheh

      ikan dimasak apapun emang enak pak tanza..kalau mangut suka juga ga Pak? sehat sehat selalu buat pak tanza dan keluarga ☺😊

      Hapus
  32. Berbagai makanan, sedap dan enak mampak semuanya, yang pasti bakso dan ronde nmengenyangkan dan menyegarkan, ya baca yang ringan-ringan aja dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Kakak suka bakso dan ronde juga...mbul suka banget ronde kak...kalau di kampung halaman mbul diminumnya pake mangkuk mangkuk kecil disruput dari pinggiran mangkuknya...kalau bola bola tepung beras, kolang-kaling dan rotinya baru disendokin pake sendok bebek kak 😍

      Hapus
  33. Buah-buahannya ada yang sama nih daku suka juga, si durian, nangka, sama duku.
    Tetep ya Kak Nita ada sambelnya.. pedese mantaps dah.
    Daku sempet terpana lihat ikan lunjar. Bentuknya itu kayak ikan asap ala sumatera, namanya ikan badamasiak. Kalau digoreng namanya ikan bilih.

    Apa rasanya sama atau nggak, keknya daku perlu mencobanya, wkwkwk.
    Bentuknya persis soalnya. Entah mereka sama atau ternyata terpisah oleh laut dan pulau eh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeeew toast...sama dunk fenny? Nita suka duku very much...duren dan lainnya...rambutan juga sih...hihi..paling yang ga nita suka kalau buah itu sirsak soalnya ecuttt..

      iya sambel itu kudu wajib ada di meja makan nita hihi...ga ada sambel ada yang kurang

      ow ikan badamasiak nama lainnya bilih. Kalau bilih aku tahu...kalau di masakan pindang suka nita beli..yang dah dibalado pedes enak hehehehew

      Hapus
  34. wah pisang gorengnya dibagi donk mbak
    satu potong jg tak apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas...nih tangkap ya.....hyaaaat...Perlu taktepungin dulu nda pisangnya mas?

      Hapus
  35. Mau di komen dr mana ini? Ternyata sedp2 banget makanannya.

    Salken dari Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya kak di sini emang selalu menyediakan foto masakan akuh...Makasih udah bertandang ke blog aku yang sederhana ini ya kak. Salam kenal juga dari Beby Mbul sang admin demplon kak 😘

      Hapus
  36. Mbul..nulis artikel ini berapa minggu...?
    Panjang dan lengkap sekali. Tentu saja foto-fotonya sangat mengimbangi tulisannya...hahhaha

    Jadi bingung mau mulai komentar dari mana...hahahhaa

    Ngomongin soal bobo, dulu aku baca bobo di rumah temanku yang berlangganan..hehehee
    Dibandingkan dengan ronde, aku malah lebih suka bubur kacang ijo. Jadi kalau bakul kacang ijo pasti aku beli..hhehehee

    Buah apel merah emang another level dibandingkan buah lainnya. Aku suka buah-buahan. Termasuk apel. Biasanya pisang, pepaya, melon, dan buah yang mudah ditemui di pasar. Alpokat juga suka. Apalagi makan durian. Tiap hari makan durian juga kuat..wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu mbingungih ya mas vay si mbulnya hahhahaha...biasa lagi rada rada error jadi postingannya sepanjang jalan kenangan dia selalu menggandeng tangan...#lha ku nembang wkwkwk...

      bobo ini pas masih bocil mbul juga modal mepet temen yang langganan...temen sd sebangkuku sih...biar ku bisa numpang ikutan mbaca pas main ke rumahnya...tapi kalau pas udah gedenya bobo yang di rumah orang tua dah pada raib kayaknya sih diloakin mamine pas aku kuliah...makanya sekarang hunting lagi pas dah gedenya sekedar buat hobi...siapa tau besok bisa bikin rental bacaan #aminnn..

      o burjo khas madura yang dicampur roti memang enak ya. kalau di tempat mbahku bahkan burjonya dikasih es batu dan disor sirop merah jambu mas

      Apel abang alias washington dc wkwkkw...enak mas...dulu kecilku serasa kalau dibelikan apel tuh kayak dibelikan intan berlian hahhahah 🀭

      alpukat di rumah orang tua nanam tuh di rumah, alpukat mentega sih, biar kata pohonnya cungkring tapi wohnya ndadi sekali. Durian...sama aku juga durian ini sampe pernah mabok durian karena pas musimnya beli mulu..akhirnya 3 bulan ke deoan puasa nduren...tapi abis itu ya pengen lagie...wkwkwk πŸ˜„☺

      Hapus
  37. Neng komik miki mouse suka baca gak . Dulu paling gw suka itu ya miki mouse atau donal bebek dan beli majalahnya kadang harus sabar sampe toko nya bukaπŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka banget. Donal bebek aku udah mulai koleksi lagi lho...beberapa waktu lalu ada yang aku bahas juga hehehe...donal bebek yang cover story pencurian lukisan dan gendang perang kak πŸ˜ƒ☺

      Hapus
    2. Mbul adalah aku klo urusan makanan, wkwkkw...

      Bikin ngiler ae sih Mbul...

      Btw, kangen banget sama majalah bobo. Dulu langganan waktu SD. Terus pas pindah rumah malah diloakin sama kakakku. Kurang ajar emang, wkwkwk... Kzl banget klo inget itu

      Hapus
    3. hehe...next post masih bakal majang masakan mbul kak pipit hehehew

      hahhaha....kebayang kak pit nyari tuh majalah eh udah diloakin kakaknya...getun kayak aku, sering mimpi kerdusan bobo jadulku loh aku mpe sekarang xixixixi...susah move on dari bacaan lama embultuuuww πŸ₯ΊπŸ˜­

      Hapus
  38. Milo itu memang paling enaaaaak nit. Setuju aku. Minuman coklat lain, ga ada sih yg seenak dan pas rasanya kayak milo. Apalagi Milo buatan Malaysia, beda Ama Indonesia. Aku lebih suka tuh. Duuuh jadi pengen miloooo hahahah. Pernah coba Ovaltine, tapi eneg aku. Kentel banget.

    Semua makanan di atas dan majalah2 kayak bobo, favoritku jugaaaa . Kayaknya cuma bengkoang dan belimbing yg aku ga doyan :D. Bengkoang aneh sih rasanya. Manis ga, hambar ga hahahaha. Kalo belimbing emang ga doyan dari dulu.

    Btw, kita sama sih, diem2 suka baca novel mama pas zaman sekolah hahahahah. Mamaku juga punya banyak. Dan aku diem2 suka bacain :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya mba fanny dulu S2 di Malaysia kan ya...jadi rasan makanan dan snack negeri serumpun agak lama...ternyata Milonya sana enak ya mba fan...kentel manis kali ya huhu....aku suka milo yang ukurannya besar dan kentel manis...jadi cokelat bener.. pas disruput adem adem...brrrrb...mantab djiwaaa hihi 😍

      (´✪Ο‰✪`)♡

      kok aku ngekek baca penjabaran bengkoang ala mba fan hihi...kampung halamanku prembun ini penghasil bengkuang mba.. dan bengkuangnya ini dicucinya mpe bersiiih bener jadi kalau di jalan jalan banyak penjual bengkuang, nanti bengkuangnya diiket iket gitu.. bentuknya juga njemblug seperti pipi embul wkwkkwk

      iya asyiikkk aku ga sendirian...πŸ˜œπŸ€—πŸ€­ emang bener mba fan...aku juga suka colong colong waktu nilepin novel romannya ibuku hahhahaha...ya itu yang gambar gambarnya kayak wanita tapi model lukisan tar judulnya romansa banget wkkwkwk. aku malah kangen pengen baca roman roman era jadoel eranya ibuku deh....hihi.

      Κ• ꈍα΄₯κˆΚ”

      (。>‿‿<。 )

      Hapus
  39. Banyak makan buah ya mbul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om adi..mbul dari kecil emang suka buah πŸ˜€

      Hapus
  40. Benar kata mas Herman, panjang amat postingannya kayak kereta Babaranjang itu.

    Mau komentari komiknya saja ah. Kalo komik Doraemon, sama pengantin demos aku punya bahkan kalo Doraemon bukunya dulu banyak, dari seri 1 sampai 40, begitu juga yang petualangan. Tapi sayangnya sekarang kebanyakan hilang, tinggal tiga buku doang, pada dipinjam tapi jarang yang balik.

    Pengantin demos dulu juga punya dari 1 sampai 15 tapi ya sekarang tinggal beberapa biji doang.

    Kalo Conan malah aku tahunya loncat-loncat, ada seri 8, lalu 20, 21, 22, 45, 52 terus ngga tahu lagi. Sekarang katanya sudah seri 80an tapi ngga tamat-tamat.🀣

    Kalo majalah bobo dulu punya tapi sayangnya beli kiloan, abis dibaca lalu dijadikan kertas buat bungkus nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow...owwww...panjang iyaaah mas...((o(*>Ο‰<*)o))

      mas agus ga terengah-engah kan bacanya? xixixi...maapin ya disiksa embul suruh baca panjang-panjang #salim #syungkem 😝🀭

      mas...mas...mbul curiga jangan jangan mas punya rental bacaan ya...sama kayak kepengenan ubull suatu saat nanti pengen punya perpus atau rental komik dan buku buku mas. Mbul suka banget dengan gunungan buku buku dan komik-komik, makanya pengen punya perpustakaan atau rental bacaan 😍☺ katakan amiiiin πŸ€—πŸ€², pengen banget tapi belom kesampaian sih hehehe


      pengantin demos mbul ada lengkap mas...conan menuju lengkap tinggal nglanjutin nomor nomor terakhiran aja mas...udah nyampe 90 an kan yak mas hihihi...

      iya mas mbul uda penasaran ama Gin yang baju item itu loh...tapi mbul sebel sama sinichi kudo...tapi aku selalu suka sama tokoh Ran kasian dia hihihi...

      kok? bungkus nasie? aturan jual ke embul aja mas...tapi sama dibungkusin nasienya sekalian..ama lauk ama sayurnya...yem...yem..yem..😳😱🀭

      Hapus
  41. Halo!
    Wow saya suka buah-buahan terutama semangka dan melon. Betapa menyenangkannya gambar-gambar itu, saya ingin memakannya. Terima kasih telah berbagi suguhan ini.
    Semua yang terbaik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo sahabatku Yessykan, terima kasih atas apresiasinya. Akupun sangat suka buah yang berair...itu bisa melegakan tenggorokanku 😍🀀

      Hapus
  42. Halo kak,
    Banyak banget lho hal-hal yang berkebalikan denganku.
    Kakak suka coklat dan nyemil, wah kalo aku sama sekali paling susah disuruh nyentuh itu buat sehari-hari. Kalo kerja atau menikmati hari, aku lebih memilih minum air putih selama kerja dan makan buah-buahan sebagai pengganti camilan, itu pun buahnya masih pilih-pilih banget, aku kurang suka blimbing dan durian itu no sekali. Hehe...

    Tapi, happy banget sih emang kalo bisa melakukan atau makan sesuatu yang disuka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee....jadi pengen maluw mbul

      (⁄ ⁄•⁄Ο‰⁄•⁄ ⁄)

      kalau coklat sebenernya mbul cuma suka tutuw milo duank kak...tapi dibanding vanilla kalau selain milo ubull lebih suka vanila πŸ˜†

      iya mbul juga bertekad 2021 dan seterusnya rajin minum air putih kak minimal 8 gelas perhari..biar membantu kerja ginjal kan. Dan bikin kulit terhidrasi 😍

      kalau buah ubulll sih suka hampir semua buah...kecuali sirsak kak hwehehehe

      Hapus
  43. hiks hiks, kannn jadi kangen koleksi doraemonku, conanku,, lenyap perlahan nggak tau kemana, gara gara aku tinggal dulu kuliah di luar kota
    milo hangat atau es milo termasuk kesukaan akuhhhh, apalagi sekarang ada minuman yang milonya di jadikan kayak topping atau taburannya

    yang bikin aku sedih baca post ini malem dannnn kepengen hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba ai dulu koleksi juga? hihi

      sama yuk ah mari kita toast...

      iya milo bubuk jadi toppingnya...sedep apalagi kalau milonya banyakan wuh maniiisss hihihi

      #sini takpukpuk mba ai...coba mba ai ke sini langsung takmasakin 😍☺

      Hapus
    2. hahaha sayang tempatnya mbak mbul jauh, coba kalau cuman sejengkal langkah kaki, kayaknya tiap hari aku samperin :D

      Hapus
    3. hihihi iya yah...coba kalau deketan bisa takkirimi semangkok semangkok tiap hari mba ai 😍

      Hapus
  44. Saya suka majalah bobo, saya suka bakso, saya suka wedang ronde terimakasih mbak mbul. Saya jadi nostlagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama sama mas supriyadi...nanti aku ulas lagi bacaan jadul bobonya di post terpisah ya...☺

      Hapus
  45. saya pon suka baca komik gitu..salam kenal dari malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali kak
      terima kasih ya sudah mampir ke blog aku ☺😊

      Hapus
  46. sajiannya banyak sekali mba, aku paling suka yang udang. jadi laper kan aku.

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^