Sabtu, 20 November 2021

Bikin Sop Buah Ala Mbul




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallow Assalamualaikum Sobat pembaca dimanapun kalian berada...

Semoga dalam keadaan baik ya..

Kali ini Mbul mau tulis menu singkat aja. Apalagi kalau bukan yang seger-seger baik diminum saat cuaca terik, hujan-hujan, atau berangin. Tapi yang jelas paling cocok diminum saat kehausan, sih ya ehehe... Sek...bentar...kok ujan-ujan ngunjuk yang adem-adem? Kamu piyeh toh Sayang? Sayang Mbul maksudnya...hahhaha...Ya ga pa pa lah ya. Sing penting aku cuma mau majang foto sop buah aku aja siiii aslinya, hahahahah....#tabok!!


Okey, dalam kesempatan kali ini, berhubung aku ada 3 buah foto tentang sop buah...maka resepnya sih ada 1. Lha? Kok 1. Lha iya lah...sop buah kan cara bikinnya gampang. Yang penting ada buahnya, ada susu kental manisnya, ada esnya, udah hahahah. Maksudku tinggal diganti-ganti aja isian buahnya kayak apa. Makanya fotonya tetep lebih dari satu.

Baiggg....langsung aja ya...biar ga pegel tangan akuh ngetiknya hohoho..

Resep Sop Buah Ala Mbul 

Bahan-bahan : 

Kelengkeng
Blewah
Semangka
Alpukat
Naga...eh maksudnya buah naga ya...bukan naga yang bisa nyemburin api...kalau naga itu adanya di kartun Shrek ama Rapunzel hahaha
Kolang-kaling
Kental manis
Es
Sirop pisang

Cara Membuat : 

Onceki semua buah dari kulitnya.
Tata dalam mangkok besar
Masukkan es batu
Siram dengan kental manis dan sirop pisangnya





Kebetulan pas bikin ini lagi khilap belanja buah-buahan agak banyakan. Maklum Mbul emang pecinta buah. Jadi minimal di kulkas harus ada buah. Pas banget lagi abis beli kelengkeng jadi biar makin seger lagi yaudah sekalian aja dibikin es buah. Pas bikin ini juga masih ada sisa manisan kolang-kaling by tangan Mbul sendiri ya, jadi biar makin cantik aku masukkan aja sekalian. Juga ada alpukat, blewah dan buah naga. Komplit.

Nah, lain hari, bikin lagi dengan buah yang berbeda. Karena adanya naga merah, melon, apel fuji, stroberi, alpukat, kelapa muda dan agar-agar. Ya tinggal campur bareng sirop dan kental manis udah deh tinggal diteguk gluk gluk gluk....anyes sampai tenggorokan...hwaaa... Kukasih fotonya aja ya. Biar pada terbayang. 




Okey, kiranya segitu dulu updateanku kali ini. Saatnya kembali menjadi beruang buat bobok panjang #eh....ga ya...maksudnya aku mau banyakin nonton film dulu biar nanti bisa update sinopsis di sini. Tungguin aja soalnya list tontonan aku masih banyak. Jadi baca bukunya siap-siap kepending lagi. 

See you and...dada...

Xoxoxo
Embul 




16 komentar:

  1. Es buah ini paling enak kalo ada nangkanya :D. Jadi lebih wangiiiiii. Jadi pengen bikin sendiri juga nit. Tapi aku mau banyakin nangka pasti nya. Udh lama ih ga makan es buah. Biasanya minum ini cuma pas puasa 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba fanny...pengen cari nangka..tapi di sini agak susah hihihi...musti ngubek ubek isi pasar tradisionil atau pinggir jalan...itupun kadang blom terlalu mateng uhuhu

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  2. duarrrrrrrr Kutoarjo...
    duh adem adem ngombe es marai pilek tapi kok enak hahahahha
    buah naga ancen pas gae es buah mbak
    op maneh lek ambek kolang kaling
    wih tambah mak nyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo e wkwkwk kebiasaan udan udan malah ngombe es krim atau es buah aku hahahha


      kolang kalinge made by tangan ndiri jadinya beneran legi hahahhah

      Hapus
  3. Lihat foto sop buah yang pertama kurang menggugah selera pas foto yang terakhir bikin ngiler..hihihi

    Btw itu ninjo dibuat campuran sop buah juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih mas her...o yang pertama soalnya buah naganya putih jadi kurang cerah ya? kalau yang terakhir buah naganya merah jadi cerah hehe

      nda mas...mlinjonya itu tumisan kok 😝

      Hapus
    2. Mungkin juga karena buah naganya putih atau mungkin karena susunya kebanyakan jadi kelihatan agak pucat dan kurang segar.

      Itu sop buahnya kalau ditambahkan anggur sama kelapa muda rasa lebih mantap lagi tuh.. hihihi

      Kirain saya jadi campurannya juga..hihihi.. jadi ngebayangin gimana rasa ninjo dibuat campuran sop buah..hihihi

      Hapus
    3. kayaknya sih gitu mas her...susu kental manisnya ke sor banyak banget jadinya agak pucet wkwkkw

      iya sih ada anggur bulet ama kelapa muda yang lembut pasti mantab...huhu
      ga dunk xixixi..serak kalau melinjonya dimasukin juga hoho

      Hapus
    4. Jangan-jangan emang itu es ketumpahan susu sekaleng.. wkwkwk.

      Kalau saya sering tuh eh ngga sering juga sih beli es campur bukan sop buah yang ada anggur, kelapa muda dan ada nangkanya juga tapi harganya lumayan juga semangkoknya dua puluh ribu.

      Biar ngga serak mungkin ninjonya dijadikan emping dulu..hihihi

      Hapus
    5. ga juga loh hahahhaha

      nangkaaaa...ini sekarang susah sih nyarinya, terutama yang mateng bener...kalau punya pohonnya sih tinggal ngunduh aja mana kalau nangka gede banget lagi kan

      eh kok aku malah nulis serak ya, wah typo tadinya mau ulis seram...kok malah serak...salah mencet m jadi k wkwkwkwk

      Hapus
  4. Aku sama suami juga si bayi juga pecinta buah mbul, tiap belanja sayur pasti harus ada buahnya, minimal buah lah.

    Ini kalau ada nangka ama kelapa mudanya makin yahud mbul hahha, mungkin karna aku suka nangka sama kelapa muda kali ya, tapi punyamu ini pun udah menggoda banget.

    Btw sirup pisang itu yg kaya gimana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buah emang seger meta..aku suka banget buah buahan hehew...aku paling suka yang airnya banyak...seger sih bisa ngobatin dahaga hahhaha..sekarang aja aku lagi nyetok nenas ama buah naga merah..dondong juga sih...ama mangga hihihi

      nangka aku suka banget tapi di sini yang jual og masih blom bgitu mateng ya huhuhu

      sirup rasa pisang meta...yang biasa buat campuran es palu butung 😍

      Hapus
  5. Oh mbul pecinta buah ya, kirain aku pecinta Doraemon sama Bobo.πŸ˜…

    Waktu pertama baca SOP buah, kirain aku namanya sop itu ya seperti sayur sop yang pakai kol sama wortel itu, terus gimana caranya biar sayur sop di campur buah.πŸ˜‚

    Ternyata SOP buah itu es batu sama susu kental manis plus dan ada buahnya. Buahnya bebas ya mbul, mau dikasih klenkeng boleh, buah naga boleh, buah salak boleh sama dicampur buah jengkol juga boleh.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em Mas....mbul pecinta buah...buah apa tuh? buah apa yaaaa??? hahhaha

      cubiiiddd...(`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

      sop sopan ituhhh...sayur.oh mas...mbul juga suka banget sayur sop loh..seger tapi yang bening ga banyak gajih atau sandung lamur sapi nya...mbul suka yang ada buncisnya wortel brokoli ama kubis

      πŸ₯¦πŸ₯•πŸ₯”

      boleh mas...boleh...tapi itu ntar mbul bikinin buat mas ya, spesial buat mas agus yang pake salak ama jengkol...hihihi #takut ditabok akuh....ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      nih mas...mbul udah bikinin sop buahnya buat mas agus 🍧, monggo dimimik mas, monggo dipun unjuk...

      🀭

      Hapus
    2. Dipun unjuk itu artinya apa sih? πŸ€”

      Kadang bahasa Jawa yang agak Alus aku kurang paham, apalagi yang Alus kayak di jogjakarta atau solo.πŸ˜‚

      Hapus
    3. dipununjuk...diunjuk...dimimik mas....diminum..
      misal...monggo mas teh manisnya silakan diminum dulu (kalau pas kedatangan tamu)

      atau monggo dimimik mas sop buahnya, diunjuk sop buahnya alias diminum, ☺😊

      mbul sih juga jarangvke jogja, padahal termasuknya deket jogja ke solo kalau dari kebumen sih tinggal 3 jam-an...(jam-an loh ya bukan jaman 🀭)

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^