Minggu, 14 November 2021

Contoh Kreasi Masakan Mbul untuk Seminggu



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Assalamualaikum Sahabat Pembaca Kesayangan Mbul...

Met malem, met pagi, met siang, met sore (tergantung pas bacanya lagi kapan ya, hehehew)

Apa kabar? 

Semoga selalu dalam keadaan baik, bahagia, dan dilimpahkan rejeki dari berbagai penjuru.

Maafkan Mbul baru sempet nulis lagi setelah sekian lama off dari kegiatan tulis-menulis cerita-cerita bodohku ini....hingar-bingar dunia perngeblogan ini. Walaupun buka dashboard-nya tetep rajin sih, tapi itu cuma buat approval komen yang masuk, abis itu cabs lagi. Ya, sesuai dengan cuaca akhir-akhir ini yang sering angin-anginan, maka nulisku pun jadi ikut angin-anginan. Agak lama memang sampai bisa ngumpulin semangat lagi buat nulis setelah keenakan ndekem kayak kucing persia di atas keset, wkwkwk.... Maafkan belum sempat membalas komen, berkunjung balik, dan lainnya. InsyaAlloh kalau ada waktu senggang aku sempatkan untuk rapel :)



Okey, pada kesempatan kali ini aku cuma pengen ngebahas tentang kegiatanku dalam minggu-minggu terakhir yang lebih kutekankan pada bahasan masakan. Kebetulan minggu lalu aku belanja lumayan banyak sekalian buat semingguan. Jadi ya sekalian aja kujadikan bahan postingan. Ga ada maksud apa-apa sih. Ga berniat menginspirasi juga wong aku bukan influencer. Ya cuma sebatas suka taruh foto makanan doang di blog, hahaha...#jujur amaaat :D Iya dong.

Tapi ngomong-omong soal postingan, kalian sendiri pada kangen ga sih ama postingan kuliner aku. Atau menu masakanku? Kalau iya aku mau nulis lagi soalnya #sungkem, cuma ngiming-imingin fotonya doang~kebiasaan ya, tabok si Mbul. Eh, foto masakanku udah menggugah selera belum ya? Hasil jerih payahku lho ini. Hasil kreasi tangan Ubulll ndiri. Nekad mencoba berbagai macam resep yang ada. Semoga aja lumayan menggiurkan ya #ngarep dotcom :D Kalau belum nanti aku akan terus berlatih memasak soalnya. Jadi jangan bosen kalau ke depan postingannya akan banyak menulis tentang masakan-masakan dan masakan. Soalnya ga bakat nulis yang lain hiks.. 

Hasil Belanjaan Buat Semingguan

Aku ke pasarnya itu sore-sore. Kebetulan di sini pasarnya buka ga kenal waktu, jadi kapan aja butuh bisa langsung let's go! Dan kok ya niat banget si Mbul ga cuma ngendon di satu tempat, tapi di banyak tempat dong, Pemirsa. Abis pas di kios satu, sayuran yang aku cari ga ada jadi ya akhirnya aku mampir lagi deh ke kios lainnya. Terus aku dapetnya itu ada beberapa macam ya. Kebetulan niatnya sih awalnya itu pengen bikin bubur Tinituan khas Manado yang mana membutuhkan labu kuning, jagung manis, singkong, ubi, bayam, kangkung, dan lainnya (termasuk cakalang fufu aturan). Tapi cakalang fufunya mah ga nemu kecuali searching di Tokopedia lah banyak bertabur toko online yang jual ya. Cuma emang belum sempet nyari.




Tapi pas sesampainya di pasar, eh lha kok aku ga kepikiran buat beli sayuran lain di luar kepentingan membuat bubur. Jadilah aku beli macem-macem. Yang terlintas dalam kepala sih pengen bikin manisan pepaya meski sebenernya tadinya mau kuoseng aja, terus tambah lagi beli bumbon dapur (bumbu dapur red) kayak bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit yang stoknya menipis. Juga nglengkapin bumbu lain buat bikin ayam goreng lengkuas dan 2 papan tempe. Jadilah setelah dijejer-jejer banyak juga ya belanjaanku ini, hehe. Kira-kira foto penampakannya kayak gini nih. 

Banyak juga ya. Lumayan menghemat juga sih kalau masaknya rajin kayak gini. Apalagi kalau lagi mood, wuih bisa praktek macem-macem aku. Suka antusias sendiri kalau pas ke pasar nemu sesuatu yang besokannya jadi ide manu masak apa. Kalian kayak aku ga?





















1. Oseng Pepaya Mengkal, Tempe Goreng, Ayam Goreng Lengkuas, Mangga Indramayu

Seperti yang kubilang di atas, tadinya aku pengen bikin manisan pepaya. Pakenya pepaya mengkal yang kulitnya masih ijo. Cuma setelah sampai rumah aku lupa ga beli kapur sirih yang biasa buat ngempukin pepayanya. Jadilah aku tunda sementara waktu sampai aku keingetan lagi buat beli kapur sirih.

Sebenarnya setelah aku cek di resep yang ada di internet bisa aja sih aku akalin pake rendaman air beras. Tapi ternyata aku belum praktekin juga. Apa bener ga ya bisa ngempukin tuh pepaya. Maksudnya hasilnya sama empuknya kayak pas direndem pake larutan kapur sirih? Nanti deh kalau udah agak selow aku trial dulu hasilnya kayak gimaba. Sementara ini ya pepaya mengkalnya baru aku oseng aja. Aku campur ama so atau daun melinjo. Nanti aku jejerin pake lauk ayam lengkuas dan tempe goreng biasa without tepung #haduuh sok bahasa Inggris deh Embull. Tapi ini termasuk simpel kan ya kalau tumisan? Yang agak riweh justru pas bikin ayam goreng lengkuasnya dong sampai bikin mesin blendernya macet xixixixi (harusnya disayang dulu ya yang udah rusakin blendernya.....eh mesin blendernya maksudkuw... abrakadabra kayak sulapan beberapa hari kemudian aku pake buat blender bumbu semur jengkol bisa loh....hihihi, ga macet...padahal udah beli online lagi khusus mesin barunya seharga empat ratus rebuw...). Sungguh ingin kuberkata ckckkck.  





Oh ya, waktu mau ngoseng pepaya mengkalnya ini aku langsung kepikiran kenapa aku ga punya pisau serut yang biasa dijajakan di pasar itu ya? Kalau pake itu kan irisannya lebih rapi dan seragam. Tapi aku ga pake sih, masih manual pake pisau biasa makanya potongannya ga sama hahahha...Kotakannya kadang ga menyerupai korek api...tapi ya udah lah. Yang penting rasanya kan? Rasanya sendiri alhamdulilah enak. Pedes juga soalnya aku kasih irisan cabe rawitnya lumayan banyak. Lalu ga ketinggalan yang bikin sedep itu daun so atau daun melinjonya itu loh. Jadi tampilan akhirnya ada manis-manisnya gitu deh...kayak siapa ya? Tentu aja kayak admin blog ini #eh......hahhaha..

Terus untuk buahnya kebetulan ada mangga indramayu mateng yang lumayan manis asem sih walaupun banyak seratnya. Soalnya mau beli harumanis sekilonya masih mahal hehehe..












2. Lodeh, Tempe Goreng

Masakan kedua simpel aja, yaitu lodeh. Karena aku cuma mau penghabisan 2 waluh jipang atau labu siam aja yang masih njogrog dalam kulkas juga sisa daun so atau daun melinjo. Alhamdulilahnya masih ada santen Kara, jadi terpikir buat takbikin lodeh aja. Ya walaupun cuma 3 item aja yaitu, labu siam, jagung manis, dan daun so. Ga pake melinjonya. Atau perintilan lodeh lainnya yang biasanya pake terong. Kali ini cukup 3 item sayuran aja karena sekali lagi aku emang lagi bersih-bersih isi kulkas. Jadi apa yang ada sebisa mungkin cepet dimasak.



Resep Lodeh Ala Mbul
Bahan-Bahan :

Waluh jipang
Jagung Manis
Daun so (daun melinjo)
Cabe rawit
Santan

Bumbu Lodeh :

Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Ketumbar
Garam
Gula
Terasi bakar
Royco
Air

Cara Memasak :

Cuci bersih waluh jipang, jagung dan daun so. 
Potong dadu waluh jipang, sisihkan.
Potong jagung, sisihkan.
Iris cabe rawit, sisihkan
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan terasi bakar.
Panaskan air dan santan encer
Masukkan potongan waluh jipang dan jagung manisnya
Masukkan bumbu yang telah dihaluskan
Tunggu sampai matang
Masukkan sedikit gula
Tambahkan sedikit Royco
Koreksi rasa
Terakhir tambahkan daun melinjo atau daun sonya, tunggu sampai matang
Sajikan hangat







Martabak Manis, Martabak Telor

Hari selanjutnya, sebenernya lagi ga pengen makan nasi, eh malem malah kepengen ngemil martabak. Akhirnya pesen online sih. Mau nyobain martabak blackforrest topping keju cokelat sama martabak telornya sekalian. Mumpung lagi banyak diskon, hehehe..

Ternyata nunggunya cepet juga. Begitu sampai langsung cobain martabak blackforrestnya. Woah....ternyata bentuknya tebel pisan. Isiannya juga banyak. Serutan kejunya melimpah dan cokelatnya meleleh. Mantab tenan! 

Tapi dibandingkan martabak manis, Mbul lebih suka yang gurih-gurih sih. Ya apalagi kalau bukan martabak telor. Ini juga crispy banget sedangkan isinya lembut di dalam. Berlimpah irisan daun bawang, trus pas dicocol ke saus yang udah dicampurin acar timun en wortelnya, serasa pengen ngunyah terus, uhuhu...Enak sih ini. Soalnya udah martabak langganan, hehehe..








3. Semur Jengkol, Telor Dadar

Next-nya Mbul sungguh niat sekali bikin semur jengkol dari awal hingga akhir loh Pemirsa. Soalnya abis beli jengkol banyak banget dapat murah di pedagang pick up-an. Ya wes lah, biar ga baringan aja tuh jengkol di atas lantai, aku masak semur aja kan? Berbekal tekad yang kuaddd seperti Mugiwara Luffy Kun akhirnya di suatu siang yang panas aku mulai rebus jengkolnya dengan sebuah trik. Ya supaya ga bau jadi aku akalin pake serai, lengkuas, dan salam yang banyak. Aku bagikan resepku aja ya supaya lebih jelas.







Resep Semur Jengkol Ala Mbul 
Bahan-Bahan :

Jengkol
Serai
Salam
Lengkuas
Air
Gula merah
Kecap
Minyak

Bahan Bumbu :

Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Ketumbar
Cabe merah keriting
Cabe rawit
Garam
Royco
Merica
Lengkuas
Serai
Gula pasir

Cara Memasak :

Pertama rebus jengkol dengan daun salam, serai, dan lengkuas yang digeprek. Fungsi ketiganya ini untuk menyamarkan bau si jengkol. Tunggu kira-kira 15 menitan
Setelah itu dinginkan. Aku cek belum begitu empuk, ya udah akhirnya aku presto aja 2 kali sampai lumayan empuk setelah air rebusannya aku ganti dengan yang baru #duh si Mbul sukanya yang cepet gitu ya hahahha...maklum pas bikin ini gas elpijinya udah mulai menipis
Setelah kira-kira empuk, rendam jengkol ke air biasa selama beberapa menit biar kulitnya gampang dicopot
Setelah jengkol dibersihkan dari kulitnya, segera tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi.
Masukkan jengkol ke dalamnya, aduk hingga rata
Tambahkan irisan gula jawa, kecap manis, dan sedikit air.
Masak sampai matang dan sajikan hangat.




















Aku kelar mrosesnya sampe magrib dong hahahah...soalnya ngrebus dan mrestonya yang mandeg-mandeg, jadi kejeda-jeda karena harus ngerjain yang lain juga kan. Alhamdulilah setelah magrib kelar dan pas dicobain  enaaaaaak...udah mirip-mirip ama yang biasa dijual di warteg hehehe...Tinggal lauknya nih yang dipadanin  ama telor dadar yang dimasak dengan penuh cinta hahahaha...jadi biarpun sederhana, alhamdulilah nikmat mana lagi yang Kau dustakan hihihi... 

4. Mie Goreng Jawa, Mangga Manalagi

Besoknya jadwalnya mie goreng jawa. Soalnya aku udah nyetok mie telor dan beberapa jenis sayuran buat pelengkap mie goreng atau nasi goreng. Ada sawi, cesin, wortel, tomat, dll. Juga aku pakein sosis dan telor ayam 2 butir. Kumasak sederhana aja memang, tapi pas dicobain enak juga hihi...padahal aku ga pake bumbu instan. Tapi beneran pake bumbu nguleg sendiri. Resepnya kutulis aja ya.

Resep Mie Goreng Jawa ala Mbul :
Bahan-Bahan :

Mie telor atau mie keriting
Telor ayam 2 butir
Sosis
Minyak goreng
Pokcoy
Kubis
Sawi
Tomat
Wortel
Sosis
Kecap
Saus sambal
Royco
Gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah
Bawang putih
kemiri
merica
cabe rawit
garam

Cara Memasak :

Rebus mie dalam air mendidih sampai matang. Angkat dan tiriskan. Kasih sedikit minyak sayur di atasnya agar mie tidak lengket.
Kocok lepas 2 butir telur ayam.
Panaskan minyak. Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan telurnya dan osek-osek sampai harum. Tambahkan sayuran seperti kubis, sawi, pokcoy, dan wortel. 
Tambahkan irisan sosis
Tambahkan sedikit garam, royco dan gula pasir
Masukkan mie
Campur hingga merata
Tambahkan saus sambal dan kecap manis, ratakan. Tunggu sampai matang
Sajikan hangat

Rasanya mantab. Ditambah dessertnya mangga manalagi yang manis legit seperti admin dari blog ini #kaboorrr..











Cimol

Wow Beby Mbul Nita Pratiwi bikin cimol? Ada angin apa ya? Ga ada angin apa-apa sih. Cuma pengen bikin aja. Soalnya bahannya gampang. Dan penasaran ama cimol yang ga meletus pas digoreng juga dalemnya kopong. Jadi aku coba praktekkan hasil coba-coba nekad walaupun kubuat sedikit aja ya. Rempong soalnya tangan jadi lengket kena tepung tapioka hihihi.

Resep Cimol ala Mbul
Bahan-Bahan :

Tepung tapioka
Tepung terigu
Bawang putih
Air
Royco
Minyak goreng




Gimana Mbul udah cocok jadi penjual cimol cantik belom? #candaaa Kakak.

Cara Membuat :

Taruh tepung tapioka beberapa sendok
Campur dengan 1 sendok tepung terigu
kasih Royco
kasih sedikit garam
Uleg bawang putih
Rebus air dan campur dengan ulegan bawang putih sampai mendidih
Campur rebusan ulegan bawang putih ke adonan tepung. Bentuk sampai kalis
Bentuk bulat-bulat 
Masukkan ke minyak dingin, api belum dinyalakan.
Setelah siap, segera nyalakan api tapi kecil aja ya biar ga meletus
Goreng hingga cimolnya naik ke permukaan minyak yang artinya dah matang..









5. Sop, Bakwan Jagung

Cuma di nomor 5 ini yang keinspirasi dari masakan Ibu. Soalnya sop bikinan ibu selalu pas. Makanya aku musti mencontohnya hehehe...Sopnya cuma pake bumbu bawang putih en merica diuleg kasih garem doang padahal. Isinya ya macem-macem. Ada kubis, bakso, seledri, wortel. Isian sop pada umumnya sih. Tapi seger. Hehehe...lauknya bakwan jagung manis yang dibentuk lebar-lebar. Kalau abis digoreng berasa kranci gitu deh. Enak ya dimakan pas anget-anget waktu hari hujan.




6. Ayam Karage, Salad Sayuran and Mayonaise

Kalau yang ini sebenernya dalam rangka pengen nyoba bikin salad dan mayonaise ala-ala hokben. Tapi hasilnya failed wkwkkw, mayonaisenya ga mirip sama sekali ama mayonaise kesayanganku hokben hahhahahah...Saladnya apalagi. Kecoran banyak cuka jadi acemmmm kecuuut, huhuhu. Cuma meski begitu ga pa pa lah ya buat makan ala-ala bento pake chicken karage yang tinggal goreng, sreeeeeng! Sebenernya kapan hari pengen bikin chicken katsu ala-ala. Tapi belum sempet beli dada ayam fillet. Hmmmmb :( Riweuh kamu Mbul banyak keinginan kayak lagunya Doramomon...hehehew




7. Nasi Goreng

Penghujung minggu udah mager banget mau masak apa, jadi Mbul bikin nasgor aja, hehehew. Bumbunya pake sambal tomat sisa beli lele goreng di warung tenda, hahahha. Kasih nasi yang dah dingin karena mau ganti nasi baru terus kasih sayuran deh macam kubis dan pokcoy. Lalu tinggal seasoning di akhir pake garem sambil koreksi rasa. Dan kali ini ga aku pakein kecap karena aku mau nasgor yang rada merah. Ntar tinggal tambahin aja pake telor cempluk seperti pipinya Mbul...eh maksudku telor ceplok deng, hahhaha.

Okey, segitu dulu ya update-anku kali ini. Maapin kalau postnya masak-masak mulu, hihihi. Kayaknya sekarang blog ini emang kukhususkan buat tema masakan, kuliner, atau yang ringan-ringan saja. Soalnya makin ke sini makin sering ngeblank mau posting apaan. Ya tentunya yang ringan-ringan aja sekaligus menghibur kali ya khasnya karakternya si admin aka aku sendiri. Kalau nulis berat dan penuh pesan moral aku ga isa Kakak. Aku isanya mengentertain dengan caraku sendiri wkwkwk. Walaupun ujung-ujungnya makanan juga hahahah. Tapi ya begitulah caraku ngeblog. Mungkin beda dengan teman-teman ga masalah kan, bukannya perbedaan akan selalu memberikan warna dalam kehidupan ini #ceileh.....raba jidat Beby Mbul dulu kali ya, sapa tau diriku lagi panyaassss...








Okey, sekian dariku..

Ada kurang lebihnya, mohon maaf. Karena kesempurnaan hanya milik Alloh SWT. Ramekan kotak komennya boleh loh Kakak. Kalau ga dibaca aja juga ga pa pa, dipandangin foto masakanku doang juga ga pa pa. Di sini mah bebas ya buat bercanda ria, itu pun kalau masih ada yang mau main ke blog aku, huhuhu #mewek..πŸ₯ΊπŸ˜­ cz ku udah jadi blogger yang terlupakan...atau sengaja melupakan diri sebagai blogger....Deng ga...candaaaa..huft! Jangan sampai engkau melupakanku ya Pembaca. Kalau iya tega amat....amat aja ga tega, hihihi. Udah ah, capek pengen ada yang pijitin #eh apa hubungannya ya? Ya pokoknya mah capek aja. Pegel seluruh body, sepertinya gw mau meriang lagi nih, macuk angien....gini nih kalau suka telentang ngadem di bawah ac, hahaha. Apa aku harus mandi sauna atau berendam di kolam air panas aja ya sepertinya enak. Bisa ngilangin pegel-pegel. Makanya aku mau pamit dulu. Ntar updatenya nunggu moodnya datang lagi. 

Sampai jumpa lagi di postinganku selanjutnya, mungkin teasernya tentang cerpen Majalah Bobo Jadul yang aku beli di Tokopedia waktu promo 11-11 kemarin atau review buku selanjutnya ya. Dada (Gustyanita Pratiwi docs)

Xoxoxo

Admin Mbul yang Gemoy Gemesh gitu deh....wkwkwk




92 komentar:

  1. Lots of fresh produce! That kitty looks so adorable :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Angie. Apakah kucing pussycatnya seaddorable adminnya
      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž? Makasih udah sering berkunjung ke blog aku

      have a nice day to you
      (*´︶`*)♡Thanks!

      Hapus
  2. Menu favorit saya tentu saja Semur Jengkol. Pas hari Sabtu kemarin saya balik ke rumah ibu dan ada semur jengkol, alamat nambah nasi dong pas makan. Tapi saya kayaknya hanya suka semur jengkol masakan ibu, kalo yang di warteg atau yang jual masakan pasti gak cocok.

    Saya juga kurang suka sama martabak manis. Suka manisnya kelebihan. Lebih suka Roti Bakar malah.

    Itu majalah bobonya nangkring dewekan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab ya Din. Kebayang semur jengkol ibunya Adin rancak bana...onde mande hehehhe...aku sukanya semurnya takbikin manis pedes sih

      iya ya..kalau kemanisan bikin cepet kenyang..kalau martabak telur satu terasa kurang..apalagi dimakan bareng saus n acar timun wortelnya...kres kres bener, roti bakar isi keju aku suka.

      iya majalah bobonya buat post mendatang hehehe

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  3. ini sih , bisa jadi buku resep masakan mbak mbul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah belom lah mas fajar masih cupu aku...belom pro hehehhe
      (*´▽`)οΎ‰οΎ‰

      Hapus
  4. Waaah banyak dan semuanya tampak enak, hihi..

    Ada jengkol juga, musuh Mas Herman tuh, wkwk, kalau aku sepertinya belum pernah makan jengkol atau mgkn pernah tp gatau, iya kdg mkn sesuatu tapi gatau apa nama dari makanan itu 🀣

    Btw knp fotonya disandingkan sama labu mbak? 🀣 banyak amat beli labu mbak sampai sebiji, tapi selain disayur enak juga tuh direbus biasa, atau di kolak, atau di pepes, kue pepes labu 🀣

    Soal martabak.. sepertinya kita mirip ya.. saya juga lebih suka yg telor ketimbang yg manis, tapi klo yg manis ada coklat2nya mau juga πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa Mas Jaey? Makasih atas pujiannya. Jadi semangat update post masakan nih

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      hahahah iya ya, mas her mah musuhnya 2, jengkol ama pete.. wah ga fren nih ma nita yang suka jengkol en pete wkwwk...piece masher

      o belom engeh berarti andai udah pernah makan jengkol ya...mungkin karena diiris iria kali ya...enak mas jaey...kadang kadang kayak mirip daging loh rasanya menul menul empuk wkwkkw

      iya kenapa ya...iseng aja sih ahhahahah
      banyak ya sebiji hahhahaha....dikolak n buat campuran bubur ala Manado Mas Jaey labunya ☺

      iya yang telor ga semengenyangkan yang manis hehehe...apalagi kalau bagian luarnya renyah...itu enak banget 😊

      Hapus
    2. Kalau ngga salah ingat di Kalimantan jengkol disebutnya jaring, kang

      Hapus
    3. baru tau aku mas her sinonimnya itu...bener ga tuh mas jaey ? ☺

      Hapus
  5. Selamat malam mbak nitaku ?? Waah?? Makananya menggoda semua, bikin ngiler nih ?? Oh ya mbak nit, itu ada makanan warna coklat itu ayam atau telur sih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam juga Tari (♡´▽`♡)

      iya enak enak semua...makanan warna cokelat? yang di kotakan nasikah? itu ayam karage tari...apa yang deket jengkol? kalau deket jengkol telur dadar hehehe

      Hapus
    2. eh ternyata ayam lengkuas deng hihihi

      Hapus
  6. duarrrrrrrr
    kementeran cabe-cabe dan bumbu dapur itu terlihat nyata miskah...

    eh saiki musim labu ya mbak aku kemarin juga nemu labu banyak di pasar dekat kos
    kalau mangga masih musim si tapi udha lumayan habis

    jengkolnya ya salam mana tahan
    tapi adem adem ngene mangan mie telur ancen nendang
    lek sego goreng ancen dadi pengapesan lek wis kadung males wkwk
    dan biasae bekase sambel pas isuk tak gawe sego goreng hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kementeren tuh opo mas ikrom? wkwkkw

      langsung kamera jand kasih kendor ke bumbon dapur yo hahhahah

      kayae gitu walaupun tempat kita ga ngadain tradisi halloween yo hahhaha

      iya mangga lagi musim mas jadinya sehari hari ngemil mangga

      iyap jengkole wes mirip menu kondangan hehhehe...

      mie telur di hari hujan paling jozz sebenere pake kuah mas opo dibikin nyemek

      iya iki wes bingung arep masak apa neh jadinya jalan terakhir nasgor hahahha

      Hapus
  7. Hello,
    Love the fresh veggies, they look delicious. Your meals look delicious.
    Wonderful post and photos. Take care, enjoy your day! Have a great new week!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Eileen γƒΎ(´︶`♡)οΎ‰

      thank's for your kinds word Dear. Have a nice day too ☺

      Hapus
  8. What a nice variety of delicious looking meals. Using fresh veggies makes it even better. Thanks for sharing and have a nice week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Bill...i prepare them after visit traditional market in my town...very glad when i can cooked them successfully.
      Have a nice day too ☺

      Hapus
  9. ...lots of tasty looking items.

    BalasHapus
  10. masakannya beragam banget mba Gus, kalau ini mah enggak bakalan bosen, mba Gus pasti pandai masak nih, he-he, terlihat dari resep dan cara memasaknya yang lengkap dan detail, kapan-kapan kalau ada waktu boleh di coba masak juga nih, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih kok biar bervariasi aku masak beda beda tiap harinya hahahha...mumpung lagi niat

      mangga koh kalau mau dipraktekkan recipenya ☺😊

      Hapus
  11. Bikin ngiler masakanmu mbull,, fix sih kmu sudah layak buat bikin kantin mbul hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya gitu ya lul...aku buka kantin...tapi ga ada tanah wkwkwkkw

      Hapus
  12. Ya Allah itu semur jengkol menggoda sekali. Tak peduli orang bilang baunya tak sedap, namun rasanya aduh luar biasa endos sekali ya.
    Terima kasih Mbul untuk tulisan yang selalu bikin nafsu makan meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya nih Pak Yonal, lagi niat masak semur jengkol alhamdulilah Mbul berhasil bikin yang sedep..bumbunya meresap heheh
      kalau punya mbul waktu merebus takkasih salam, serai dan geprekan lengkuas pak yonal jadi menyamarkan bau jengkolnya...plus ketutup bumbu jadinya seger hehehe ☺

      Hapus
  13. Mbul, tolong itu jengkolnya dijauhin dari aku mbul, wkwkwk, pdhl ortuku doyan bgt jengkol, baik di masak ataupun buat lalapan, suamiku jg suka bgt semur jengkol, tp aku baunya aja ga kuat hahahha.

    Sejak kecil oseng mangga mengkel itu favoritku bgt mbul, klo di PWt jengenge JANGAN GANDUL (sayur pepaya), tapi, ada tapinya, harus masakan ibuku hahahha. Kalau mau rapi & praktis emang pake parut aja mbul, kalau ngirisin sendiri yo capek to yo hahhaha.

    Btw, ciyus aku mupeng bgt sama cimolnya mbul, aku suka cimol, untuk bahannya itu takarannya seberapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. #malah taksodorin jengkolnya semangkok ke meta ah...biar meta megap megap....wkwkwk #cubit aja meta si mbulnya hahahahhaha

      say....beb..udu mangga say...tapi pepaya alias kates alias gandul hehehhe...wenak pancen

      iyo yo aturan aku duwe pisau serutan jadi ga sayah tanganku ngirisine ahhahahah...kerajinan banget si mbul ngirisin gandul seglundungan sedeng..untung gandule ga gede gede banget wkwkkw....enak takpedes nih met oseng katese

      hahhahah aku nek ditanya takerane siap siap ditabok kayake soale aku pake ilmu feeling wkwkkwkwk

      ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      (^・Ο‰・^❁)

      Hapus
  14. Interesting food and thanks for sharing the recipes. Love the fried rice. I am feeling hungry now.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Nancy...i try my best...

      my fried rice has a simple recipe

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  15. Banyak bahan beli dan rajin masak dan tulis resipi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak na...mumpung mbul lagi rajin hihihi ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  16. Siempre me ha llamado mucho la atenciΓ³n la comida de otros lugares y me encantan tus entradas. Un abrazo

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sahabatku sunika telah hadir meramaikan blog embul...

      sebuah pelukan juga buatmu πŸ€—

      Hapus
  17. wih makanan enak-enak semua nih, kira-kira aku dikirimin gam nih wkwkwk :D.. btw aku juga sama sih mbak, lebih suka martabak telor dari pada yang manis, lebih krenyes-krenyes kalo di makan hihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe bisa aja nif, nih tangkap ya...happp hahhahaha
      iya aku kalau martabak memang suka yang gurih yaitu martabak telor nif, terasa garing di luar dan lembut di dalam #lha kok malah kayak iklan wafer tango ya...hahahhaha

      Hapus
    2. ye kita samaan :D.. kalo martabak manis sebenernya aku suka, tapi kalo kebanyakan jadi blenger :D

      Hapus
    3. iya cepat kenyang ya nif...hehehhe

      Hapus
  18. Beberapa kali makan bubur Tinutuan khas Manado tapi belum pernah makan yang ada labu parangnya adanya jagung, ubi sama daun kemangi maklum makannya cuma di rumah teman bukan di tukang buburnya.

    Itu labu parangnya belum diolah ya soalnya ngga ada fotonya?

    Mangga Indramayu sama mangga dermayu sama apa beda, Mbak?

    Foto cabe rawitnya sangat menggoda enak banget tuh kalau digado..hihihi

    Jengkol, kenapa mesti ada buah jengkol.. wkwkwk..bisa diganti apa ngga buah jengkolnya sama buah yang lain, apel atau alpukat..hihihi

    Baru tau saya kalau daun melinjo disebut juga daun so, itu bahasa Jawa kah?

    Ongseng pepaya mengkal, satu lagi masakan yang baru saya tau. Saya taunya pepaya mengkal asal ngga dibuat sayur ketupat ya di jadiin manisan.

    Oh itu martabak black forest, serem amat martabaknya.

    Sop yang menjebak sop pakai bakso, kenapa sekarang orang suka banget masak sayur sop pakai bakso?

    Oh majalah Bobonya itu post-credit scene-nya pantesan ngga ada ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah ada kemanginya ya mas herman...semriwing dunk? kalau aku adanya kangkung dan bayam...ya biar isinya warna warni dan cerah aku kasih labu parang, singkong, ubi manis wkwkkw

      jadinya aku bikin kolak juga tuh labu...blom kefoto wkkwkwk

      ga tau bahasa mana, tapi kalau di kampung halamanku memang seringnya disebut so...udah kayak bahasa inggris ya tapi beda arti heheheh

      sebenernya aku juga pengen bikin manisan pepaya mas her cuma masih galau mau takbikin manisan kering atau basah? cuma lupa mulu beli kapur sirih buat ngempukinnya wkwkwk


      hahahha iya ya, mas her kan ga suka bakso ya sungguh menghermankan sekali

      iya itu buat postingan selanjutnya...lagi taklist dulu judul judul cerpen yang mau aku ulas sinopsisnya

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. hah??? cabe rawit digado? gemana tuh mas her...harus ada penetralnya minimal bakwan atau gorengan lainnya wkwkwk

      martabak blackforrest enak kok...ya memang sih warnanya hitam kayak kue blackforrest tapi manis ini mas her hahaha

      Hapus
    3. Karena ada daun kemanginya rasanya jadi lumayan seger rasanya kayak makan pepes oncom.. wkwkwk

      Ternyata labu parangnya dibikin kolak dan lupa difoto, palingan kolaknya langsung ngambek.. wkwkwk

      Ada kemungkinan bahasa Jawa soalnya kalau di sini daun melinjo disebut daun ninjo bukan daun so..hihihi

      Kalau ngga ada kapur sirihnya dibungkus pakai daun aja pepayanya biar jadi empuk, daging aja bisa empuk dibungkus sama daun pepaya..hihihi

      Ya begitulah saya memang sangat menghermankan.. wkwkwk

      Habis seger banget lihat foto cabe rawit makanya pengen saya gado..hahaha

      Aturan itu isi martabaknya jangan keju sama coklat tapi keju sama ketan hitam biar tambah serem..hihihi

      Btw kenapa foto mie goreng jawanya selalu mengundang selera jadi penasaran rasa mie goreng Jawa itu kayak gimana.

      Hapus
    4. iya mas herman enak kalau kayak pepes ada kemanginya...bikin nagih kalau kemangi sih menurutku


      hah dibungkus daun paya? bukannya malah jadi mateng ga cocok dong buah manisan pepaya

      cabe rawitnya unyu ya hahahhah

      digado mah mlepuh tuh bibir hahhahha

      keju en ketan...wareg dong wkwkkwk

      mie goreng jawanya maknyus hehehhe

      Hapus
  19. Last week, you did many errands and shopping! Result is beautiful foods. All of them look great and so new for us. Your cuisine is really so different than ours. I really want to come there and taste that delicious foods at future. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes dear...aku memang sangat suka belanja di pasar basah jadi seger aja liat sayuran dan bahan makanan yang mau aku masak hihihi

      (´✪Ο‰✪`)♡

      (^・Ο‰・^❁)

      Hapus
  20. Hi! I think it's yummy! Thank you very much for your helpful post)

    BalasHapus
  21. Lots of fresh veggies, Gustyanita!

    Your meals look delicious!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes dear Veronica, very fresh from traditional market in my town...

      thank's for stopping by

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  22. Nasi goreng is one of my family's favourite, whether it is Indonesian, CHinese or Mamak style. I like the Indonesian styl with some sambal and a fried egg on top. Chinses style has the eggs beaten into the rice and fried together. Hindangan yang sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. same with me Kak...Nita also like fried rice too..especially with sambal balacan and cabbage ^^

      in Chinese style, i think it has a bright color than Indonesian, right?

      Have a nice day Kak (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  23. nyam nyam.. apa kabar, Mbul? menunya menggugah selera banget, apalagi jengkol sama telor dadarnya.. hmm.. btw aku nungguin si bubur juga.. penasaran sama penampakan buburnya.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kak sedikit mriyang karena masuk angin...biasa suka bandel angin anginan si mbul hahhahaha

      buburnya next time kak hihihi...aku juga baru aja pertama kali bikin hasil ngliat resep di youtube wkwkwkw...ntah aslinya rasa bagaimana...kalau yang di kota asalnya...

      Hapus
  24. Wah segar-segar bahan mentahnya, dimasak nampak enak. Kucing gebu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak kucingnya gebu sekali seperti adminnya ☺

      ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      πŸ˜‰(^・Ο‰・^✿)

      Hapus
  25. Siempre es un gran placer pasar por tu espacio, Gustyanita... Gracias por ser como sos!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Very glad to read your warmfull comment my friend Carlos...God Bless you ☺

      Hapus
  26. dear so jummy menu I see:D i am hungry now!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's for droppong by Kathy

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  27. PS. Follow! Hope U follow back:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Done Dear (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
  28. Boa tarde minha querida amiga. DifΓ­cil escolher o prato mais bonito e gostoso.

    BalasHapus
  29. Very fine post 😊 this food looks very delicious 😊

    BalasHapus
  30. Pagi2 yang dilihat beginian... auto blingsatan Mba Mbul.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ€£πŸ€£

    Sedangkan aku pagi ini aja masih belum sarapan.. lagi mager keluar.. πŸ˜…πŸ€£

    Btw, itu jengkolnya kok menggoda sekali ya.. padahal aku nggk suka jengkol.. jengkol buatan Mba Nita sepertinya beda dari olahan jengkol kebanyakan. Soalnya ini kali pertama aku lihat pengolahan Jengkol yg direbus barengan sama bumbu aromatik 😁

    Dan duhh ya.. entah kenapa Mie Goreng Jawa Mbak Mbul tuh selalu menggoda Iman. Enak bangett visualnya... mantaapp I lovee it 😁

    Akhir kata.. semangat Masaknya Mba Mbul dan jangan smpe sakit ya.. semoga meriangnya hanya perasaan aja. Hihi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe langsung masak bareng andre toni dan brian bayu 😊

      jengkol enak loh, cobain bayu encoba mengompori πŸ˜ƒ


      iya aku sengaja lengkap bumbunya biar remesep dan pekat kuahnya heheheh

      mie jawa ngingetin waktu tinggal di Jawa ya Bayu 😊

      iya bayu, makasih ya πŸ˜„

      Hapus
  31. Pepaya mengkal kalo di palembang jadi isi makanan khas kita empek empek kak, jadi dalem nya adonan empek empek di di isi dengan pepaya mengkal. Getoh kak mbul.

    Nah satu lagi tempe goreng masih menjadi menu favorit aku dan belum ada menu pengganti lainnya. Haha hobi sih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mas eko tadi aku liat google namanha pistel kan...enak kayaknya...kres kres renyah...jadi pengen dolan palembang buat makan pempek langsung di sana πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜

      iya tempe goreng simple kalau buat nasi anget enak mas ^^

      Hapus
  32. Nita, pinter banget masak ya. Kebayang capeknya tapi puas ya, Nit. Masakan Nita kalau taklihat kayaknya jumlahnya banyak ya sekali masak. Oia, aku baru tau kalau tumis paya bisa dicampur daun so. Biasanya cuma takkasih teri. Btw kalau aku males, Nita. Sukanya beli pepaya yang udah parutan di abang sayur, hehehe. Makanya baca Nita ngiris2 pakai pisau, wow banget. Minimal pake parutan yang banyak jenisnya itu. Salut banget sama Nita ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sih mba pit hihihi

      cuma pas lagi niat aja hahahah

      kadang banyak malesnya juga en sering beli hihi

      ini pas abis belanja sayur jadinya semangat masak

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      iya mba pit ditambah daun so enak banget...pedes pedes...aku pengene yangvdah serutan ning ga pernah ketemu bakule hihihi

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  33. awwww.. embul pinter banget masaknya.. boleh juga nih idenya buat masak seminggu. etapii ku tak bisyaa mengolah jengkol.. hehe.. kudu berguru dulu nih :D eh, btw salam kenal dari blog kedua ku yaa .. hehehe.. *tau gak daku siapa? haha*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaan aja Thya....

      ini Thya mamanya Arfan heheheh 😍

      Hapus
  34. wah wah wah.. tiap kesini perut ku menangis melihat gambar makanan yang sangat menggoda itu :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih mas ntan takcidukin nasie....hehehhe πŸ›πŸ™πŸ™πŸš

      Hapus
  35. Tiap mampir ke sini, selalu perut ini meronta-ronta ingin nyicipin makanannya. Laper uy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu mas rudi segera dipancal piringnya #eh lha kok dipancal....wekekeek

      Hapus
  36. Ngeri dah catatan kali ini. Banjir resep. Untuk seminggu coy! Hahaha. Betewe, aku cukup sering pula makan prenggi, Mbak (Julukan labu di Curup). Karena Orang Bengkulu suka sama gadis, eh, maksudku pedas-pedas, maka cabai rawit takboleh ketinggalan. Tapi aku jd pengen nyicip Mi Jawa ala Mbul. Eh. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeriiiih hhahahhahaa...bisa aja Mas Ozy hehehhe


      aku baru tau mas, prenggi ini julukan dari labu di Curup...makasih atas informasinya...

      harusnya aku jualan mie jawa ya hehehhe...

      Hapus
  37. WOW! It's cool! Thank you very much for the recipe!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. you're welcome Dear Victoria 😍πŸ₯°πŸ˜˜

      Hapus
  38. Aku malaaah sukaaaa kalo udh baca list masakanmu seminggu. Aku kan JD dapet inspirasi mau nyusun menu apa πŸ˜„. Itu dilihat gampang tapi susaaaaah mikirin mau masak apa, yg menunya lengkap ada serat, protein , Karbo ... Kalo itu2 aja bosen juga kan :D.

    Jengkol nya looooveeee banget nit 🀀❤️❤️❤️. Aku kemarin sempet nyari resep rendang jengkol, tapi rasanya ga seenak mantan OB ku dulu. Pas msh kerja aku selalu pesen Ama dia kalo kangen jengkol. Tapi orangnya udah pindah jauh banget πŸ˜”.

    Aku pernah pengen bikin salad pepaya ala Thai, kan dari kates mengkal juga. Tapi ini pasar Deket rumahku ampun dah, banyak bgt yg ga ada. Pengen rebung ga ada, pengen kates ga ada juga. Makanya walo pengen ,tapi jrg bikin. Akhirnya kalo kangen manisan kates, beli deh dari langganan:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masaa sih mba fanny....kasih ketjoppp basyaaah 😘😘


      (´✪Ο‰✪`)♡

      iya kan aku juga ngeblank kalau nyusun menu seminggu hihihi

      rendang jengkol takbikin manis mba fanny....pedes juga deng..aku pas hoki bisa ngolah bumbunya pas padahal aku gedumbrengan di dapur masak sendiri hahahahhaha


      salad pepaya muda ala Thai aku pernah liatt...yang diserut kasih bumbu cabe rawit itu kan ya...

      aku ini hari udah beli kates, eh kelamaan taktaruh lemari terlanjur kematengan πŸ₯ΊπŸ˜‚πŸ€­

      Hapus
  39. ASTAGAAA KOK AKU GAK KEPIKIRAN MOTONG PEPAYA PAKE PISAU KHUSUS YA? Pake pisau biasa ya gusti ngeselin banget akhirnya trauma, padahal aku doyan banget oseng pepaya. DUHH terima kasih lho ilmunya hahahha. Receh banget sumpah tapi langsung sadar.

    Ini resep2 bisa lahh kutiru buat referensi masak memasak. Akhir2 ini sering males masak krn juga sendirian, ada yg jual nasi jinggo 5ribuan dket rumah haaha. Tinggal ngesot aja.

    Catet ahh buat belanja ntar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sistah hehheheh


      ilmu tersembunyi Mbul
      oiya Mba pris lagi LDR lintas negara dengan suamimu yak...

      nasi jinggo khas bali kan ya ...pengeeeeen..
      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^