Selasa, 29 Juni 2021

Something Yummy for Cold Wether!



Oleh : Beby Mbul

Assalamualaikum semua...

Semoga dalam keadaan baik ya....

Kali ini Mbul akan cerita lagi tentang 'something yummy for cold wether'. Sesuatu yang enak untuk cuaca dingin. Wow amat ya judulnya, hehehe. Ga juga sih, sebenarnya biasa aja. Jadi jurnal masakan maupun sesuatu yang dibeli pas lagi pengen banget di cuaca yang sedingin dan seberangin ini. Soalnya pernah satu kali Mbul ada kepengenan buat maem bakso yang sambelnya banjir bandang gitu hehehe...#kebanyakan nonton sapa yak? Jadi pengen bakso. Jadi nanti di salah satu listnya akan ada gambar bakso pula. Hasil nyari dadakan pas abis pulang dari belanja bulanan #sebenernya tadinya mau cari cumi-cumi tapi ga ada. Jadi yang dibeli malah yang lain. Macem-macem sih. Tapi kali ini Mbul list masakan ama sedikit kulineran bakso nyempil atu di tengah.



1. Kangkung, Tempe Goreng, Bandeng Goreng

Pertama oseng kangkung, tempe goreng, dan bandeng goreng. Kangkung udah jadi menu wajib di meja makan Mbul ya. Karena ini sayur favorit, bukan karena Mbul mirip terwelu loh ya. Tapi karena ya sesukaaa itu....#elah kayak cara ngomongnya sapa yak, hihi. Pokoknya kalau kangkung Mbul selalu hobi. Dibarengin sama lauk apa aja enak. Karena udah dibeliin tempe ama bandeng yaudah aku goreng aja lauknya buat teman makan kangkung.

Sebenernya aku pengen bikin variasi kangkung yang lain. Misal takbikin plecing kangkung ala Lombok yang dikasih kacang goreng atau direbus dan dicocol sambel. Tapi apa daya, kemarin itu ga kepikiran sama sekali dan lagi kepingin oseng aja sih.



2. Bakso

Ini asliiik abis liat youtuber makan bakso mpe kepedesan eh abis itu aku ketularan pengen. Akhirnya, sepulang dari belanja pas ujan-ujan pula, aku beli bacooooow. Sayangnya pas udah kemalaman, jadi baksonya ya udah ntek-ntekan. Tapi alhamdulilah masih ada yang bisa dibungkus. Eh...tapi tunggu bentar, sezuzurnya sih yang fotonya ada di bawah bukan bakso yang dibeli abis belanja #lupa saia. Yang ini sih dibeli di depan rukan, hahahha...Soalnya Mbul inget banget yang di samping tempat belanja kan uratnya abis, sedang yang di depan rukan kan ada bakso uratnya, hehe....Mbul maem aja pake racikan kecap, saos sakcrut aja, dan sambal sampe pol, dan sedikit cuka. Kocek-kocek. Maem bihun ama sawinya dulu, baksonya belakangan. Sapa yang cara maem baksonya mirip Mbul?

Atau jangan-jangan ada yang maem bakso pake nasi? Kalau itu sih dulu jaman kecil. Belinya di bakso dorongan atau tik-tok-tik-tok. Kalau sekarang jarang ada yang dorongan ngiter gitu ya. Belinya ya di kios.







3. Puding Kelapa, Bakwan Sayur (Beli)

Dapat rejeki Beby Mbul naq soleha yaitu puding kelapa dari tetangga. Alhamdulilah. Beliau, tetangga samping rumah mau ke Jogja untuk natalan, dan sebelum balik ketok-ketok pintu malem-malem ternyata mau ngasih puding. Pudingnya warna ijo ada beberapa layer. Bawahnya ada bolunya. Bolunya enaaakk, lembut, dan manis. Pudingnya ada yang bening, gula aren, dan ijo...(mungkin ada susunya juga). Ini enak banget. Disiram cream tambah enak lagi apalagi kalau dikulkas dan dimaem dingin-dingin.

Tapi, ngomongin puding, sebenernya aku udah beli puding yang langsung ada santennya gitu sih. Yang rasa melon. Cuma mau eksekusi kok aku lupa belum beli cetakan pudingnya. Huft.







Terus kalau Jumat itu adalah hari spesial dimana pagi-pagi selalu disempetin beli bakwan sayur yang ada di depan pasar. Bakwanya enak. Ada kriuknya tapi juga ada menul-menulnya. Udah gitu diceplus ama lombok rawit ijo atau cengek/cengis. Aduuuuuuh....gada obaddh. Ibaratnya kalau Jumat nyampe Minggu ada indikasi Mbul libur masak hihihi...







3. Mie Rasa Soto Lamongan

Malem-malem ada yang gladag-gludug kayak kelinci bikin emieeeeh rebus sawinya segambreng. Soalnya Mbul manyun gara-gara nyari bakso, tapi ga ada wkwkwk. Baksonya mpun tutuppp. Jadiiii terpaksa ngemieeeh. Walaupun agak gojar-gajer dan gurih banget tapi enak disruput... Ntabh abis. Nanti aku bikin post tersendiri tentang Review Indomie soto lamongan yang bungkusnya ijo ini.







4. Bakwan Jagung

Minggu-minggu magerrrr banget karena ujan seharian dan terus terang kesiangan. Jadi karena udah males keluar akhirnya memanfaatkan sesuatu yang ada. Ada jagung manis akhirnya dipipilin dan dibikin bakwan ama tangan-tangan berskill tinggi sambil gladag gludug gedumbrengan kayak kelinci....wkwkkw sapa tuw muaaach #wow. Yang awal-awal terlalu bulet nyempluk seperti pipi Dedek Mbul, tapi yang belakangan gorengnya tipis krancy dan enakkkk...Alhamdulilah maem nasi putih ama bakwan jagung aja enak. Alhamdulilah ...masyaAlloh haruse yang dah goreng bakwan jagung seenak ini langsung dikasih cup pipi kanan dan cup pipi kiri ya....#ehhhhh...ngarep dot co dot ai diiii kaliiik Mbul kamutuhhh.






5. Oseng Pare, Telur Dadar, Kue Ku, Kolak

Pare emang pait. Tapi kalau udah ditumis rasanya enak. Apalagi kalau ditambahin ebi....nyammmm. Sayangnya stok ebi lagi habis. Jadi parenya aja takbikin pedes. Lauknya telor dadar aja. Sama dessertnya kueku hasil bikinan Mbul sendiri loh...#bangga...ha..ha..ha..

Terus bikin kolak juga. Ngabisin pisang nangka pemberian Mbah Yanto juga ubi dan labu. Eh ketambahan kolang-kaling juga. Untung masih ada santan. Jadi langsung takbikin kolak juga.






6. Tumis Keciwis, Ebi Furai, Manisan Pepaya Mengkal

Kalian tau keciwis ga? Itu loh kubis tapi bentuknya imut kayak Mbul. Jadi kemaren di kedai sayuran aku nemu keciwis, yaudah kubeli aja seplastik kan lumayan buat tumis ala-ala. Atau bisa juga kan buat campuran masak mie. Cuma emang kali ini kumasak cepet aja lah, yaitu tumisan. Lauknya masih ada ebi furai di freezer tinggal goreng. Terus masih sempet pula bikin cemilan manisan pepaya mengkal. Mumpung dapet pepaya bagus di kedai sayuran juga. Jadi sekalian angkut. Tapi manisan pepayanya aku bikin soon ya. Ntar di postingan terpisah.






Okey, segitu dulu update masakanku kali ini. Lumayan singkat juga ya tumbenan. Iya nih, soalnya sekarang agak ngeblank merangkai kata...karena aku bukan pujangga....saelah...Udara lagi agak berangin, jadi paling pas bikin yang anget-anget seperti Mbul ehehe....Tapi selain itu kalau lagi berangin gini aku kok lagi senang liat orang-orang kemah ya di youtube. Kemping, ngediriin tenda, masak-masak...humb....Terus pas angin kenceng hujan deres kayaknya kok asyik dalam tenda gitu. Ama penasaran tiap kali ada bagian masak-masaknya, hahahha....penasarannya lauk yang dimasak tuh apa ya. Kebanyakan nugget sih sama mie tapi ada pula yang liwetan sama orek tempe. Kayaknya kok syahdu banget makan di gunung hahaha...Mendengarkan suara ujan. Kalau ga video ujan tok sambil ada petirnya juga. Itu di youtube ada juga sih. Jadi pas lagi insomnia atau susah tidur bisa banget tuh setel video isinya ujan aja beserta suaranya. Dijamin bakal relax dan enak buat pengantar bubuk. Ngomong-ngomong kreatif juga ya ngrekam suara hujan aja dan yang nonton pun banyak. Dengerin lebih tepatnya...padahal durasinya jam-jaman...Keren sih. 

Ya udah...

Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Tetep jaga kesehatan. 

See you again..

Dadah....









15 komentar:

  1. Nos das cada vez mΓ‘s deliciosas ideas culinarias, Gustyanita, y se nota que lo haces con amor y dedicaciΓ³n difundiendo aspectos de tu cultura e idiosincrasia ademΓ‘s.

    Abrazo agradecido hasta allΓ‘.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Sahabat Carlos atas apresiasinya terhadap postingan Mbul. Semoga memberikan khazanah baru tentang kuliner negara kami pada dunia. Ada banyak ragam kuliner yang menarik dan memiliki filosofi juga, nanti kapan-kapan akan Mbul ulas.

      Salam hangat dari Indonesia

      Have a nice weekend untuk Sahabat Carlos dan keluarga ☺😊

      Hapus
  2. Wah tumben kang jaey manggilnya kak, kayaknya habis keselak makan jagung.🀣

    BalasHapus
  3. Kalo aku pas dingin habis hujan seperti ini ya cocok nya makan bakso apalagi kalo diiringi rintik hujan.πŸ˜ƒ

    Bakwan jagung juga enak sih, tapi ada syaratnya yaitu harus masih panas atau hangat, kalo sudah dingin mah udah ngga enak.πŸ˜‚

    *Semoga tidak dibilang resmi amat.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakso memang paling nikmat dimakan saat cuaca dingin dan hujan ya Mas...hujan deras maupun rintik-rintik πŸ˜„πŸ˜ƒ☺

      Bener Mas, bakwan jagung kalau digoreng crunchy habis keluar dari penggorengan dengan warna masih golden brown kriuk-kriuk enak mas, rasa jagungnya juga manis, bikin ketagihan hehehe...Kalau sudah dingin dihangatin lagi mas, digoreng lagi tapi sebentar aja
      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€ΰΈ…

      Hapus
  4. ...so many choices! Have a wonderful weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Have a wonderful weekend too

      terima kasih Tom sudah selalu menyempatkan diri berkunjung ke blog Mbul

      salam hangat dari Indonesia ☺😊

      Hapus
  5. wah aku sampao aelarang lumayan aering mbak makan baso pake nasi, apalagi pas malem tu ada di tempatku yang jual pke motor, tiap jam sembilam mangkal di depan rumah, mau ga di beli ga enak larna udah mangkal depan rumah :D

    kalo menurutku baso meski udh dinhin tetep enak aja kok, meski rasa enaknya berkurang dikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang enak ya nif apalagi pas lagi ngelih hehehehe🀭

      bakso sing pake motor biasane kok enak ya senajan baksone kecil-kecil kalau yang urat seringe nemunya di kedai bakso hehehe

      bakso dingin enak juga, sekali lagi opo maneh pas lagi laper 😁🀭🀀

      Hapus
  6. Hallo mbak nitaku ?? Bagaimana kabarnya ?? Waaah, konten artikelnya menarik , tari suka ?? Suka banget dan makananya juga weeenak semua !!! Namun ada satu makanan yang tari sedikit was --- was untuk me --- makannya yaitu mie nyemek karena ya itu perutnya tari buncit banget mbak nit ?? Padahal olahraga rutin .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Tari, alhamdulilah kabar baik...😍

      alhamdulilah jika Tari suka...iya ya...hahhaha..kalau gitu sayuran aja tari...nita juga kadang bosen sama mie hihihi

      ayo semangat olahraganya ya biar sehat dan bugar 😍

      Hapus
  7. That's quite a variety to choose from. Wonderful photos and dishes, enjoy the weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's a lot Bill...

      i'll try my best πŸ˜ƒ

      Hapus
  8. Duuuh udah beberapa Minggu ini belanja pake TITIPKU , beli ceciwis , di pasar Rawamangun, tapi kata jastipernya pada jeleek semua kualitasnya, Krn musim ujan :(. Padahal aku doyaaaaan banget tumis ceciwis. Lebih enak itu drpd pokchoi.

    Klo sedang musim hujan favoritku cendrung yg kuah, jadi bakso atau mie rebus udah paling bener nit πŸ˜„. Apalagi mie rebus Indomie yg kari ayam atao kaldu ayam, dimasak campur susu uht dikit, pake keju quick melt dikit , beughhhh enaaaak πŸ˜„πŸ˜„. Kayak kuah soto Betawi santan jadinya hahahahaha.

    Jadi pengen bikin besok. Moga udara ujan lagi πŸ’ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny kebetulan bakso dibeliin pak suami di kede bakso langganan deket kantor hihi...dibungkuske bawa pulang, maem di rumah bareng-bareng 😁

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^