Selasa, 28 Juni 2022

Mbul, Hujan, Mie Nyemek, dan Nasi Goreng

 


Oleh : Mbul Kecil

Assalamualaikum wr wb...

Hujan dan Mie Nyemek

Hujan deras di kotaku. Aku meringkuk seperti kucing menutup jendela. Angin di luar bertiup kencang. Daun-daun di dahan seperti menari. Bunga pukul sembilan kuncup dan basah lagi, menyembunyikan kelopaknya yang berwarna ungu dan juga merah hati. Merah jambu~merah dadu, semuanya sembunyi. Walau semalam bulan seperti potongan melon. Tapi tidak dengan hari ini. 




Masih pukul 14.59 WIB. Hari ini di kamarku ada kakak A dan adik J. Kami bermain seharian sampai lelah dan tidur. Ngantuk. Habisnya hujan melulu. Ga ngerti lagi deh sama cuaca. Beberapa bagian langit-langit masih bocor. Ada bagian genteng yang retak. Dan talangnya pun tak pada tempatnya. Susah sekali mencari tukang, huft! Tapi katanya dinikmati saja. Anggap ini sebagai Air Terjun Niagara, hahaha. Aku tidak mengerti sama sekali, kenapa tikus-tikus montok di genteng itu bisa begitu gigihnya menjebol plafond. Jadilah buah karya Pak Tukang beberapa tahun silam sirna sudah. Meninggalkan lubang...so....saaaaaaad .

Baik, ijinkan aku bercerita. 

Aku memang belum begitu bersemangat memasak. Ini terjadi setelah suaraku sembuh dari serak. Agak ngakak mengingatnya. Suaraku serak hampir habis, seminggu kemarin. Dada rasanya sesak sekali. Ingin batuk tapi berat dan tersengal-sengal. Aku tenggak beberapa botol obat woods, mungkin sampai 6 botol karena ml-nya sedikit. Yang botol kecil. Sampai aku terkapar dan sempat ditinggal-tinggal dinas agak jauhan. Tapi alhamdulilah akhirnya sembuh juga. Walau hampir semingguan itu aku ga bisa makan. Susah nelen. Malah sekalian aku bablaskan puasa walau ujungnya kena marah. Aku kena marah soalnya takut aku sakit. "Kan pada takut kalau Dedek Mbul sakit. Sebab kalau Dedek Mbul sakit nanti akan kacau semuanya!" Benar kan, sebegitu pentingnya Dedek Mbul? Huw! 






Jadi setelah seminggu itu masih aja meriang, akhirnya aku mau dipijit juga. Sebelumnya aku ga pernah mau dipijit kecuali ama Tamas. Tapi kali ini aku ga bisa ngeyel lagi dan dipijit Mbah urutnya Mas Montog. Cuma bagian pundaknya saja. Sama saraf-saraf di kepala. Digetok agak keras, dibuang sakitnya (bagian yang grenjel karena angin). Supaya aliran darah lancar. Alhamdulilah abis itu badan agak entengan meski abis nimbang jadi turun agak banyak. Terus kena omel lagi, hahaha. Memang tiada hari Mbul tanpa diomeli, hohoho...Apalagi kalau bobok di bawah AC pas hahaha. Punggung isinya angin semua. Takutnya jadi angin duduk.

Kata Mbah Urut : "Ini pasti Si Nita ga pernah dipegang nih (maksudnya dipijit secara benar atau diurut). Bukan apa-apa saya kesian ngeliatnya. Udah lebih dari seminggu suaranya gitu aja." Kok tau ya....memang sih Mbul ga pernah diurut atau dipijit yang sesuai titik sarafnya. Tapi sebenernya dulu Tamas sering pijitin Mbul cuma sakit pencet-pencetnya, hohoho.

Pernah di suatu Jumat, disodorinlah aku pake makanan kesukaanku yaitu hokben. Hokben kan nasinya kayak ketan. Lengket-lengket enak. Jadi aku dibawain itu. Ada sebulanan aku mogok makan nasi. Tapi kemudian ama hokben aku luluh. Apalagi mayonaisenya. Aku suka banget. Ga ada mayonaise yang bisa ngalahin rasa mayonaisenya hokben. Apa cuma perasaanku aja?














Biasanya tiap Jumat ada nasi kotak dari kantor. Menunya beda-beda. Pernah pake nasi cumi, pernah pula yang agak modern. Hokben, Mc D atau Keefci. Waktu itu Tamas spesial bawain hokben supaya Mbul mau makan nasi lagi (((clbk ama nasie))). Selain hokben ada pula nasi bebek madura dan ayam sogilnya Kakak A. Mbul suapin Kakak A, sambil nenenin Adik J, sambil itu pula makan hokben. Habis itu giliran Kakak A yang haus. Lalu nenenin Kakak A. Multitalent sekali bukan hahaha. Lalu samar-samar ada yang meledekku πŸ˜‚

"Nah, ngunu dong Dek. Yen Dedek mam nasie kan tetep embem pipine. Nek embem pipine (baca gembil) kan awet lutjune." Hohoho....gw dirayu dong. Ya sebenernya biar Mbul ga sakit aja sih. Huft! Akhirnya gw makan nasi juga deh, sambil piringku diawasin agar nasinya beneran aku mam! Hohoho.




























Lalu baru 2 hari ini sempat menggoyang wajah. Bukan masakan fantastis sih. Cuma penasaran dengan rasa indomie baru yang warnanya hijau. Namanya Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit. Apakah kalian sudah pernah mencobanya? Aku baru tadi. Kubikin nyemek pakai 2 bungkus. Bumbunya seperti biasa versinya aku kayak gitu ya. Cabe rawit, bawang putih, garem, saos cabai 2 sachet, saus tomat 1 sachet, kecap manis, dan bumbu bawaan indomienya. Sama seperti mie nyemek masakanku yang lain walaupun berbeda varian. Aku pakaikan kubis dan cabe rawit agak banyakan. Diiris kecil-kecil dalam tatakan. Supaya seperti letupan dalam kunyahan. Telur ayamnya aku pakai 2. Baru beli dari warung kelontong yang ada di dekat rumah, tempat biasa kakak A samperin untuk membeli es krim. Kakak A memang suka banget sama es krim...ia suka yang rasanya sama dengan yang Mbul suka. Rasa vanila atau susu. Sebab Mbul lebih pilih vanila daripada cokelat. Tapi Mbul ga beli es krimnya sih. Mbul cuma beli mochinya. Di situ ada mochi es krim. Mochinya enak dalamnya isi es krim. Jadi begitu digigit, isinya lumer dalam mulut. Nyumm! 

Sebenarnya jika hari hujan aku agak pusing berada di dapur. Sebab bagian terparahnya ada di situ. Makanya harus sedia ember agak banyak. 1-2-3-4. Banyak sekali bukan? Kalau misalkan hujannya reda, baru bisa membersihkan yang agak becek dan tumpah dari ember. Mbul repot sendiri kalau hujannya nakalll. Pagi mendung, siangnya deres. Seprai yang kena ompol adik J dan Kakak A belum kering. Aduh sial!. Setelah lantainya bersih, baru aku bisa leluasa memasak. Ingin rasanya mencari Pak Tukang. Tapi Pak Tukang yang lama ganti nomer. Kontak barunya ga punya. Ya sudah dinikmati saja. Cuma aku suka takut terpeleset. Karena lantainya licin




Kembali pada dapurku yang sempit. 

Yang langit-langitnya sudah dijebol tikus. Beberapa tahun sebelumnya dijebol kucing jantan...ckckck!

Aku memasak mie nyemek dengan agak cepat. Tidak sampai 15 menit sudah jadi. Aku menghidangkannya di atas piring begitu matang dengan uap yang masih mengebul. Aroma bawang putih langsung menyergap hidung dan guyuran kecapnya banyak sekali. Aku suka yang kuahnya manis. Dan nyemek-nyemek. Ga sampai banjir. Tapi kuahnya ada. Meski agak pedas tapi manisnya itu terasa. 

Stok belanjaan di kulkas masih ada Tinggal sisa-sisa belanjaan awal pekan dimana meriangku baru saja dimulai. Sambelnya juga masih kemakan beberapa hari. Tapi btw, ini sambelnya enak buat mam kangkung dan ikan gesek goreng loh. Cuma bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, digoreng sampai layu. Lalu diuleg gitu dapat secobek gede. Ikannya dijambalin bareng sambelnya juga enak. Aku suka jambalin gesek goreng sama sambal tomat....Walau sambelnya ada 2 versi, sambal tomat dan juga sambal kecombrang hehehe... Apakah kalian suka sambal juga?

















Kemarin, Nasi Goreng

Aku juga sempat membuat nasi goreng. Itu terjadi kemarin. Kubikin karena hendak menghabiskan nasi di magic com. Bikin untuk satu porsi dan dimakan sendiri pagi sama sore. Sebelum jam 6. 

Bumbunya sederhana, bawang putih, kemiri, garam, cabe rawit juga cabe merah besar. Aku mau ambil daun mengkudu yang ada di taman dekat pos ronda, tapi tidak sempat. Anginnya kencang. Aku malas kehujanan. Kan baru sembuh dari meriang hahahaah...
























Selain masak nasi goreng, aku juga menggoreng tempe dan ikan asin atau gesek. Aku juga bikin es kolang-kaling karena mau ngetest hasil show caseku yang nyala kemarin. Menyala setelah sekian tahun lamanya ga dibenerin, dan malah buat nyimpan Majalah Bobo, hahahhahaha. Iya, jadi sewaktu kulkasnya belum dibetulkan Om Johan, isinya malah kujadikan sebagai tempat untuk menyimpan majalah Bobo. Apakah itu artinya Mbul minta diitu banget ya hahhaha. Dijitak maksudnya πŸ˜‚πŸ€£ Tapi akhirnya Om Johan teknisi andalannya kantor sowan Hari Minggu dan membenarkan kulkasnya. Ya, sekalian sama servis AC kamar utama dan kamar tamu biar ademnya kayak di kutub #Mbul jadi beruangnya dung....gegeggegek.

Buku Target Resensi Berikutnya

Tadi aku bilang koleksi bukuku makin banyak. Ini semua karena aku ingin suatu saat nanti mendirikan ruang baca favorit atau perpustakaan, makanya aku ingin melengkapi koleksinya dari sekarang. Aku ga beli baru semua sih tapi ada pula yang preloved. Yang penting masih bagus dan mulus. Bahkan dipakein sampul segala lho...#ketjup basah bagi siapa saja yang suka merawat buku hihihi (maksudnya Beby Mbul, aku suka merawat buku loh. Suka sayang-sayang buku agar selalu mulus)

Coba tebak buku apa yang Mbul suka? Yak betul! Buku-buku sastra. Bukan hanya novel. Tapi juga cerpen. Mbul suka baca antologi cerpennya Kompas Minggu. Sedari kecil Mbul hobi banget yang namanya baca Kompas Minggu dan cari halaman cerpennya. Cerpen yang bisa kalian tahu sendiri bagaimana stylenya. Banyakan lebih ke model surealis, bahkan tak jarang agak suram...ditulis oleh sastrawan kawakan dan budayawan yang menurut Mbul keren. Ada nama-nama yang selalu jadi sumber kekagumanku akan tulisan-tulisan mereka. Tulisan yang kaya akan metafora, tapi sebenarnya tersirat suatu kritik sosial akan suatu hal. Ada Agus Noor (sudah sejak SD aku menyukai cerpen-cerpen Agus Noor yang surealis), lalu Seno Gumira Ajidarma, Bre Redana, Radhar Panca Dahana, YB Mangunwijaya, Hamsad Rangkuti, Bakdi Soemanto, Triyanto Triwikromo, dll. 

Baru-baru ini Mbul baru kesampaian membeli buku-buku antologi cerpen Kompas yang sedari lama menjadi idam-idamanku. Memang tahunnya tahun lawas, bahkan saat Mbul masih balita pun ada...tapi Mbul tetap beli karena Mbul tahu kualitas cerpen Kompas kayak gimana. Nanti lah aku ulas satu-satu karena jujur kemarin cukup banyak juga aku belinya. Tapi selain antologi cerpen Kompas, Mbul juga mau baca lagi buku-bukunya Dan Brown yang nanti insyaAlloh akan aku resensi juga. Walau dalam lubuk hati terdalam Mbul masih ingin beli lagi yang era lawas macam karyanya Motinggo Busye, Eddy D Iskandar, Maria A Sardjono, Marga T, Nina Pane, Abdulah Harahap, Tara Zagita, Hehehe..Apakah ada penulis favorit kalian ada di sini?



Saat SMA, Mbul sangat gemar membaca Majalah Horison. Majalah Sastra. Guru Bahasa Indonesia Mbul menyarankanku dan teman sebangku untuk mencoba mengirimkan cerpen ke sana. Aku sangat bersemangat membikinnya. Aku pilih tokoh utama cerpenku adalah kucing jantan berwarna kembang asem dan ia bisa bicara. Kucing yang bisa bercerita. Ia berjalan hilir mudik di kedai ikan asin sampai dihush-hush sama pedagangnya. Ia pun semakin kelaparan hingga akhirnya berakhir tragis karena tak sengaja berada di suatu tempat sebagai plot twistnya. Apakah kalian bisa menebaknya? Sayangnya naskahku ditolak. Sedang naskah temanku dimuat. Ah! Sempat ada rasa 'nyes' dalam hati meski ibu guru bahasa Indonesia tetap membesarkan hatiku dan membacakannya di depan kelas. Kata Beliau cerpenku sudah menarik dan aku tidak boleh pantang menyerah hanya karena ditolak. Huhu...

Okey, demikianlah update an Mbul kali ini. Sampai jumpa lagi di post resensi buku ya. Dadaaaah!

Kucing persia bulunya coklat

Dielus-elus dalam pangkuan

Posting ceria di malam Jumat

Modus biar bisa ditinggal agak lamaan

#maksudnya mau baca novel dulu Mbulnya


Kucing anggora idungnya mbangir

Warnanya abu matanya biru

Saling sapa dengan batir-batir

Semoga semua sehat selalu


Nasgor dimakan bersama acar

Jangan lupa tambahin emping

Setor tulisan pas ide lancar

Walau isinya ga ada yang penting, hihihi

Sudah dulu ya...Selamat malam dan selamat beristirahat para pembaca ^^

Salam manis 
Mbul







76 komentar:

  1. wah ada wajan legend tuh
    sampe item warnanya
    heuehuehue

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakka....jadi pengen malu 🀣
      iya soalnya pake wajan ini masakannya enak loh, aku juga heran 🀭

      Hapus
  2. makanan di atas sedap2 semuanya.

    BalasHapus
  3. Mie nyemek yang sungguh menggoda selera ini, apalagi saat hujan, hmmm... eh itu sambelnya josss ya. Apalagi nasgornya, bikin laper nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...matur nuwun nggih. Iya penasaran pengen nyobain varian Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit 😊
      sambalnya pedes dan ada kucuran jeruk limonya juga
      nasgornya ala nasi goreng jawa ^^

      Hapus
  4. Foods all look very appetizing and moreish!

    BalasHapus
  5. Selalu ngomong ama diri sendiri, dilarang bgt BW ke blog Mbul kalo blm makan, pasti laper! hahaha

    Tp emang mie nyemek itu enak banget ya disantap pas ujan, dan bener lagi kalau mayonesnya Hokben itu super enak, aku juga suka banget ahhaha Mbul.

    Nasgor ama gesek juga mantuliti, tp aku sukanya klo nasgor gesek tanpa kecap sama cabenya rawit ijo hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....maapkan Mbul ya Meta selalu mingin mingini 😁🀭

      coba kalau deket udah takmasakin hihihi

      iya....aku suka hokben itu pertama mayonaisenya, lalu nasinya yang dari beras jepang jadi kayak tekstur ketan...en then salad sayur wortel en lobaknya loh Meta

      mantuliti hihihi...aku agie engeh istilah iki...ada ada aja hahhahaha...wah kalau nasgor tanpa kecap kayak nasgornya jawa tengah ya met...yang bumbu merah dan agak pucet tapi enak. bawang putihnya banyak

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎžΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  6. suka dengan nasi goreng asalkan tidak terlalu kebanyakan garam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas kalau bisa emang jangan sampai keasinan πŸ˜„☺

      Hapus
  7. mba mbul jaga kesehatan ya, memang sekarang musimnya lagi gajelas makanya banyak yang ga enak badan :D

    tentu aja gw udah nyobain indomie yang versi baru, pecinta mie hehehe :D... enak menurut gw, jadi bisa bervariasi indomie ngeluarin versi yang kuah, biasanya selalu yang mie goreng terus :D

    bukunya mba mbul banyak juga ya, emang cocok nantinya kalo dibikin perpusatkaan pribadi yah, kira-kira boleh minjem ga yah 🀣🀣, buasanya jalo minjem baliknya lama kaan, kadang lupa ga dibalikin 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan pinjam buku karya Eny Arrow yee Nif..🀣🀣🀣

      Hapus
    2. emang itu buku apaan kang eny arrow ??, penasaran deeh hihi :D

      Hapus
    3. Kalo mau pinjam bukunya Enny Arrow ke kang satria saja, banyak koleksinya.🀣

      Hapus
    4. Khanif : Makasih ya Nif ☺😊
      iya nih lagi musimnya agak agak kurang bisa diprediksi...sering mendung lagi sekarang, cuaca ga menentu nif. Angin kenceng betul padahal siang. Ntah besok ga tau hari Minggu cerah apa hujan hehehe

      iya Nif, kebanyakan yang varian updatenya cepet yang indomie goreng. Dan begitu yang varian rebus update rasa baru langsung pengen nyobain. Enak juga ternyata. Aneka soto di varian rebus emang cocok sih ^_^

      hahhahah...iya nif, jadi malu suka nimbun koleksi buku dan sebagian masih plastikan. Nunggu unboxing dan bacanya agak sui nih wkwkkwkw. Tapi pengen segera baca karena mau taktulisin review dan kesan kesannya di blog. Wah jadi pengen pinjam ya hahahha...kalau rumahe deket dah takpinjamin nif. wkwkwk. Apa kapan kapan bikin giveaway aja ya hadiahnya buku wkwkkwkw....

      Amin doakan ya nif, aku pengen banget bikin perpustakaan pribadi dimana koleksinya buku-buku favoritku xixixi...masih terus hunting di toko buku atau e-commerce nih...terutama yang seri sastra angkatan pujangga baru atau lawas. Penasaran pengen tahu style nulisnya dan bahasa yang digunakan. Pengen koleksi banyak buku roman wkwkwkwk

      Hapus
    5. Khanif : sama nif aku juga bertanya tanya, buku tentan apa sih enny arrow itu πŸ˜‚

      Hapus
  8. Waahh pembukaan artikel pertamanya ditandai dengan sebuah syair atay puisi alam serta keadaan tempat dari waktu kewaktu.😁😁 Cocok nih mbul dijulukin pendekar wanita dengan gelar 'Ratu Syair Asmara' 🀣🀣🀣

    Sebenarnya pengertian mie nyemek banyak yee mbul ada yang digoreng dan direbus. Setelah itu kita kasih canpuran sesuai dengan selera kita, seperti ayam, telur, sayuran dan sejenisnya.😊😊 Memang suasana hujan enaknya makan Mie yang sesuai dengan keinginan kita yee Mbul.😁😁

    Dan setelah kenyang makan mie nyemek dan nasi goreng baru deh rebahan sambil baca2 aneka macam buku..Meski buku2 diatas era tahun 90,an sampai 2000,an...Tapi setidaknya bisa membuka kembali nuansa kenangan kala itu...Ciieee.😁😁 Hampir semua pengarang buku diatas saya tahu semuanya...Meski buku Dan Brown saya belum semuanya baca,.

    Malamnya setelah puas baca buku merasa lapar terus pesan Ayam Sogil yee mbul biar menu makannya nggak selalu mesti Mie terus.😁😁

    Hingga pagi menjelang kubuka jendela sambut embun pagi. Roda teknologi enyakan Pedati.
    Hias rumah kaca lubangi paru bumi.😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jalan jalan diajakin suami ke bogor ma anak anak, lumayam ada libur panjang

      Hapus
  9. Oh pantesan mbul jarang kelihatan akhir akhir ini, ternyata lagi meriang ya, semoga setelah dipijat jadi sembuh lagi.😊

    Tadinya sudah senang baca mbul beli buku kumpulan cerpen Agus, eh ternyata Agus Noor bukan Agus Sarilah. Lha, emang siapa itu Agus Sarilah, bukunya saja enggak ada.🀣

    Wah mbul mau koleksi buku lawas juga seperti Fredy S, Tara Zagita, Motinggo Busye, Rhoma irama, Ida Laila.πŸ˜…,

    jangan lupa koleksi buku Eny Arrow, kalo ngga ada yang jual, boleh beli koleksinya kang satria, masih satu lemari.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhoo Agus Sarilah bukannya pengarang sekaligus editor buku Enny Arrow..🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Pengarang sama editor tapi ngga punya satupun bukunya, malah lebih hebat kolektornya.πŸ˜‚

      Hapus
    3. Mas Agus : He em Mas...kemaren meriang dan tak enak badan hahaha...biasa masuk angin dan serak mas, udah kayak suaranya Doraemond wkwwkkw...Amin ya Robbal alamin...mudah mudahan setelah dipijit enakan dan ga meriang meriangan mulu. Wkwkwk. Capek juga wkwkwk

      Yuk Mas Agus bikin buku juga hihihi. Nanti kalau mas agus bikin antologi cerpen takbaca wes ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€
      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Semangat berkarya juga Mas Agus Sarilah yang sudah banyak fans atau pembaca setia di blognya hehehehe..termasuk Embul.☺😊. Tulisan Mas Agus Sarilah juga seru dan bagus. Udah punya stylenya loh...😁

      Beda sama Mbul...Mbul masih culun cerpennya wkwkwkkw...makanya masih harus banyak belajar 🀭

      Mas Agus tau Agus Noor tak? Ini penulis favorit sejak Mbul SD dan tahu cerpen kompas lho. Tulisan beliau banyak dimuat di situ dan sekarang juga sudah banyak menelurkan karya lewat antologi cerpen. Yang kusuka dari gaya nulis beliau itu adalah surealis mas, juga satir. Kadang ditulis agak suram dan kadang pula romantis. Bagus sih. Beliau budayawan juga hahhaha...

      He em Mas, pingin...😌
      Mbul dari kemarin memang lagi puyeng ngliat tokped mas, soalnya tiap nemu judul buku novel bagus rasanya pengen masukin keranjang hahahha...apa daya karena musti ngirit jadi kadang cuma ngelove-ngelove doang, nunggu diisi gopay wkwkwkkwkwkwkwk

      (。・Ο‰・。)
      (* ̄(エ) ̄*)⊂( ̄(エ) ̄)⊃

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      pokoknya pengarangnya yang romans jadul itu mas...yang covernya khas banget. Apalagi bukunya Abdulah Harahap, Maria Fransisca, Tara Zagita, Fredy S...#eeeeeeh hahhaaha...Tapi yang paling penasaran romannya Motinggo Busye Mas, judulnya roman banget.

      Mas agus hapal kang sat ngoleksi bukunya Enny wakakakkakakakka

      Hapus
    4. Mas Agus : sangat ajaib yak mas, udah ngarang dan ngedit eh belum pernah baca xixixixi

      oiya selain Agus Noor..inceran yang mau Mbul baca setelah Dan Brown dan Antologi Kompas yang ada cerpennya Agus Noor, Mbul juga mau baca kumpulan cerpennya Sastrawan Seno Gumira Ajidarma yang buku orens itu Mas, hihi...Mbul liat list judul cerpen beliau bagus bagus dan unik juga romantis. Nanti tungguin resensiku tentang bukunya Eyang Seno Gumira Ajidarma ini ya wkwkwk...bukunya tebal kayak kalkulus tapi isinya cerpen loh...jadi jumlah cerpennya ada banyak ^___^

      Hapus
    5. Sejujurnya aku baru dengar nama Agus Noor, padahal itu penulis favorit mbul sejak SD ya, maklum aku waktu SD lebih suka ngejar layangan atau main kelereng dibandingkan baca buku. Soalnya baru baca buku tiga menit udah ngantuk, lima menit sudah ketiduran. Jadi mendingan main layangan ngga ngantuk 🀣

      Hapus
    6. waduuuuuh parah dong hahahha
      hobinya dir diran atau main gundu ya mas. Kalau main gundu biasanya adu aduan kelereng tuh. Jadi ingat dulu sewaktu kecil juga diajakin teman main keleren nyari yang kelerengnya bagus bagus wkwkwk...yang warna hijau atau yang kacanya itu mengkilat. Terus dikumpulin beli di depan SD hahahhah

      Hapus
  10. The food looks delicious. I hope you are feeling better and I wish you a happy weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bill. Stay save too for you and your family. Enjoy your week 😊

      Hapus
  11. Sama di sini juga lagi hujan aja kadang-kadang mendadak tanpa gerimis lagi langsung dengan derasnya padahal udah bukan musim hujan.

    Menggoyang wajah? Mungkin menggoyang wajan kali ya kan masak indomie.

    Indomie rasa Soto Banjar Limau Kuit. Ini indomie rasa baru lagi kah maklum udah hampir empat tahun makan indomie.

    Oh ikan gesek itu ikan asin. Saya pikir jenis ikan..hihihi

    Masih untung dijadikan tempat menyimpan majalah, teman saya malah kulkas dijadikan lemari pakaian.. wkwkwk.

    Agus Noor, kalau ngga salah ingat Agus Noor ini penulis cerpen di koran kompas.

    Ngga ada buku Zara Zettira ZR ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Her, memang cuaca lagi enggak menentu. Jadi menentukan aku buat njemur baju apa ga hahahhahah...matahari kadang ngumpet kadang nongol wkwkwk

      Siang aja sekarang kalau ujan ujan angin. Ya nasib rumah genteng masih pada bocor dan cari Pak Tukang di kota agak susah di budget, mintanya Rp 200 kalau tukang harian wkwkwk...

      Pak tukang yang lama padahal kerjanya rapi tapi kontaknya ganti. Dulu beliau ngerjain harian di bawah Rp 200 ribu hahah

      hahah iya maksudnya menggoyang wajan mas her...wah teliti banget loh. Pantas jadi editor nih wkwkw

      Enak mas her, ini varian soto banjar limau kuit yang kalau ga salah soto banjarnya khas soto banjar kalimantan kayaknya ya. Bungkusnya hijau.

      istilah lain ikan asin, gesek mas her. Gesek goreng atau pindang atau gereh 😁

      wakakakak berarti aku ada teman ya, sama sama naruh benda benda non makanan minuman ke dalam kulkas yang belom nyala wkwkwkkw...habis saking banyak bukuku ampe bingung kutaruh dimana lagi wkwkwk

      Betul banget mas her, agus noor sering nulis cerpen di Kompas Minggu. Cerpennya bagus-bagus. Aku suka style nulisnya sejak SD hahahahaha...beliau itu kosakatanya indah indah, tapi banyak juga yang satir

      Wah makasih aku jadi dapat rekomendasi penulis buku era jaman dulu lagi nih...oke aku kantongin dulu sapa tau mau beli bukunya Zara zettira juga 😁

      Hapus
    2. tadi ngecek zarra zetira ada collab sama hilman ya hehehe

      Hapus
  12. Mbak Mbul masaknya banyak banget nih....
    Lihat foto mie nya, jadi pengen masak mie jg mbak πŸ˜„

    Ada bungkus ayam nya itu, gambar nya gumush banget mbak πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...masaknya dalam harian dodo hehehhe

      pas udah rampung meriangnya jadinya masak masak lagi. Kemarin pas meriang mah bisa dibilang ga bisa makan..minum anget terus wkwkkwkw

      oitu ayam sogil namanya do...enak deh...ayamnya memang taglinenya montok gitu. Kami paling suka beli yang paha atas soalnya banyak bagian kulitnya 😁

      Hapus
  13. Kelihatan enak banget pangananne

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe terima kasih Wak. Iya enak semua 😁

      Hapus
  14. duh liat mie pake cabe jadi pengen makan seger tu keliatanya

    BalasHapus
  15. Por fin pude traducir, Gustynita...
    Exquisitos tus platos de pasta con tomates (aquΓ­ le ponemos queso y albahaca) y arroz frito con frutos del mar. Se ven increΓ­bles tambiΓ©n las peras. Amo las peras... AquΓ­ tenemos una expresiΓ³n para eso: se me hace agua la boca... de placer, claro estΓ‘.

    Hermoso gato, Gustyanita. Amo a los gatos... Si me envΓ­as una foto tuya con tu gato me encantarΓ­a que participes de mi secciΓ³n gatuna: GaterΓ­o.

    Abrazo de corazΓ³n!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terjemahan : I was finally able to translate, Gustynita...
      Your pasta dishes with tomatoes (here we put cheese and basil) and fried rice with seafood are exquisite. Pears look amazing too. I love pears... Here we have an expression for that: my mouth is watering... with pleasure, of course.

      Beautiful cat, Gustyanita. I love cats... If you send me a photo of you with your cat, I would love for you to participate in my cat section: Cattery.

      Heart hug!!

      Jawab : iya sahabat carlos, kalau di kami noodlenya berbeda dengan pasta. Mienya lebih keriting kalau pasta lurus...Dan mendengar campuran pasta ada basil dan keju terdengar yummy and creammy ^___^

      Iya nasi goreng ala javanese style Carlos with minim bumbu or seasoning just by shallot, onion, candelnut and cayenne

      Bukan pear carlos, tapi itu jambu kristal hehehe...sedang oanen jadi dapat banyak
      rasanya manis dan sedikit asam...full of vitamin C

      Iya nanti insyaAlloh akan berkunjung ke postingan kucingnya. Have a nice day πŸ˜πŸ˜„

      Hapus
  16. assallammualaikum, mbak nita q, bagimana kabarnya ?waah,mbak nita q masaknya banyak banget ? ada mie nyemek, es campur, nasi goreng, telur ceplok,pindang goreng, awas ?tarbegah lho perutnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam Tari. Alhamdulilah Nita baik 😍...iya ya...kebanyakan hihihi...Harusnya masakin tari dan teman teman juga ya biar maem sama sama xixixi. Salam sehat ya Tari dan keluarga

      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      Hapus
  17. ngomongin suara serak aku jadi ingat iklan hexos. mbak nita harusnya coba trus bilang panggil mas suami, dengan suara ngebas, serak :D

    ini musim kemarau tapi masih la nina jadi ujane terus aja bawaannya makan dan rebahan aja aku udah nyoba yang limau itu enak mbak cuma masih sukaan soto lamongan mungkin karena selera dan lidah jawa timur ya eh aku kemarin mau pinjam di perpusnas yang cerpen kompas itu lah kok isih antre wakeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe 😊☺

      kalau suaraku serak pas dipake nyanyi jarene sexy wkwkwkkwkw...

      iyo eh mas nek musime agie mbingungi ujane ujan angin kadang siang oe peteng ndedet banget

      lumayan enak mas menurutku...banjar kuit seger..tapi soto lamongan juga enak banget. Pa lagi ditambah telornya nyempluk dan kuningne nda pecah jadi sedep...kuahnya buket pekat hehehhe

      Hapus
  18. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blogku ya ☺

      Hapus
  19. The food looks fantastic. Nasi goreng is always a favorite with my family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Veronica, Nasi goreng favorit Mbul juga πŸ˜ŠπŸ˜ƒ

      Hapus
  20. The noodle, fried rice and sambal look delicious.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Nancy? Masak buat keluarga nikmat hehehe

      Hapus
  21. ...so many yummy delights!

    BalasHapus
  22. Saya juga membuka jasa pijat
    lumayan buat bantu dapur ngebul hehe
    soal mi, wow suka sekali, bisa abis dua porsi
    kangkung lagi mahalm satu ikatnya seharga dua ribum yang biasanya dua ribu dapat tiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah mudahan usaha pijitnya lancar ya mas bumi 😊😊
      iya mie itu penyelamat di kala lapar dan belum sempet masak

      iya harga kebutuhan pokok pada naik ya, semoga ekonomi lekas membaik amiiin πŸ˜„

      Hapus
  23. Ada mie favorit ku, soto banjar limau kuit

    BalasHapus
  24. Hai mbak Mbul, apa kabar? Maaf saya baru muncul. semoga sehat sehat ya? btw aku selalu ngiler dengan masakan mbak mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah baik mas supriyadi ☺
      makasih sudah apresiasi masakan Mbul hehehe

      Hapus
  25. Makanan di sini selalu enak...
    Mie gorengnya maknyus....uenakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih kak.. masakan ala kadar aja 😍

      Hapus
  26. Aku baca ini pas di lidah dan, pagi2, dan hujaaaaan. Sukses lapeeeeeer liat mie nyemek nya nit 😍😍😍🀀. Kayaknya mulai skr kalo bikin mie, aku bikin nyemek gini deh , menggoda banget 🀣.

    Belum cobain sih yg varian ini. Masih ragu kalo udah rasa baru, takut ga cocok. Ujung2 balik lagi ke rasa2 yg lama 🀣.

    Beneeeer, mayo nya HokBen ga ada yg ngalahin nit. Paling enaaaaaak. Salad wortel dengan mayo nya blm ada yg ngalahin. 🀀. Pernah coba beberapa tempat, kok ya rasanya beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi lagi bisanya bikin mie nyemek trus mbul bikin nyemeeeek terus mba fan ahihihi

      iya kaaaaan aku juga suka hokben ngincernya itu, salad, nasi, ama ebi furai dan eggroll. Mayonesnya the best sampe pengen beli sebotol wkwkkwkw

      Hapus
  27. tengah malam melihat mie nyemek jadi laper lagi aseli dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk nas rezki,l masak mie nyemek juga, monggo dipraktekkan resep dari blog mbul hehehe

      Hapus
  28. Main ke jalan debunya ngebul
    Lari ke lapang yang bikin tepar
    setiap baca tulisannya Mbul
    Gambar makanannya selalu bikin lapar

    Itu nasi gorengnya dengan cabenya yang wow.... bikin pingin langsung ke dapur buat bikin nasi goreng juga, Mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. #salut
      #pantunnya keren juga Mas Yonal hehe

      iya nasi goreng style jawa tengahan...lebih monim kecap dan bertabur bawang putih...kemiri jangan lupakan 🍝

      Hapus
  29. Wah tumben nih mbul belum ada masukan eh masakan baru, sepertinya karena harga sayur dan cabe lagi mahal nih.😁

    Kaboooor.πŸšΆπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi mau update masakan mbul mas, tungguin ya...😁🀭🀭

      Hapus
  30. Nah, kirain aku doang yang merasa mayones hokben itu istimewa, ternyata kita sama, Mbul. Jadi ngiler liat foto2 mie buatan Mbul ih..

    Baca tulisan Mbul yang akhirnya diurut, aku jadi pengen juga, udah lama banget badan rasanya kaku semua.. duh curhat. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan sama kak...mayones hokben beda emang...rasanya pengen nyumil itu terus kalau beli hokben...pengen beli agak banyakan deh sebotol hahahhaha

      iya kak kemaren itu akhirnya diurut juga, lumayan kaget abis itu badan langsung seger..ga sakit lagi..m.batuk pun udah ga separah sebelumnya yang tiap malem gerok gerok ga keruan..serumah ampe kasihan liat aku gitu tereus seminggu lebih hahahah

      Hapus