Sabtu, 16 Juli 2022

Bebek Goreng Malem-Malem dan Semangka Kuning....




Oleh : Mbul Kecil
Assalamualaikum wr wb....

Sabtu dari pagi udah disiram gerimis. Malamnya baru berawan. Walaupun hawa masih adem banget. Sebenernya udah dari semalam ujan terus. Kayak langit ada lubangnya, hehehe. Bunyi "Tik..tik...tik!" ramai banget di luar jendela. Saluran youtube sedang menyetel channel Lentera Malam. Marathonan dari judul 3 Hari 3 Malam Perjalanan Dinas Paling Horror sampai Gentayangan Setelah Meninggal Melahirkan.  Syahdu ya, hihihi πŸ˜‰Boneka beruang di pinggir kasur sampai telentang. Aku ndirian yang masih melek. Yang lain udah pada bobok. Kakak A apalagi. Karena dia lagi agak anget, jadi meremnya cepet, sambil ndusel-ndusel ke Mbul pastinya. Adik ada di tengah.



Sebenernya aku lagi agak kurang nafsu makan dari kemarin. Aku emang ada gangguan lambung. Jadi bermasalah sama makan. Berasa kenyang terus, padahal makan juga ga banyak. Tadi sore baru habiskan nasi dingin di rice cooker agar bisa cepat bikin nasi baru. Memang ceklekan listriknya ga nyolok sedari pagi, jadi nasi udah dalam keadaan dingin. Dan nasi dingin paling enak dibikin nasi goreng. Aku kepengen nasi goreng setelah melihat vlog pedesaan yang menu teranyarnya nasi goreng jengkol, makanya kok tiba-tiba ingin bikin juga. Cuma ya aku ga pake jengkol sih, hahaha. Vlog pedesaan ini desanya di Sukabumi. Jadi asri banget. Resep-resepnya bikin kemlecer. 

Nasi yang aku pake ga banyak ya. Nyisa setengah piring doang. Bumbu yang kupakai bawang putih, kemiri, cabe rawit, juga cabe keriting. Nanti pas diosek ditambahin sedikit garam dan penyedap rasa. Ga pake sayuran, karena belum belanja lagi. Padahal kalau ada kubis pasti lebih kranci. Sayangnya di kulkas sedang tak ada. Mau metik daun mengkudu di taman depan tapi hujan. Payungnya ntah nylempit dimana. Kayaknya jatuh ke akuarium kosongnya Tamas yang belum diisi ikan, hahahaha...Jadilah nasi gorengnya minimalis aja. Aku tambahkan lagi dengan sedikit slice tomat dan timun. Juga telur gemek rebus. Walaupun setengah piring ini juga ga habis. Ntah kenapa perut rasanya cepat kenyang. 









































Sebenernya menu makan kemarin lebih fancy. Menurut kami, hahaha. Tamas beli bebek Madura 2 ekor, paha dan juga dada, ketambahan lagi sedikit bumbu ekstra. Kalau biasanya satu porsi nasi bebek bumbu Maduranya sesendok aja, nah kami beli banyak, tinggal nambahin Rp 20 ribu lagi. Sebenarnya bumbu Madura kemasan atau botolan di toko online banyak. Tapi lidah cocoknya cuma ama yang ini. Cause kami suka banget sama yang namanya bumbu bebek Madura. Rasanya itu pedes nikmat nagihin. Walau kata penjualnya harganya jadi agak naik dikit karena inflasi ya. Tapi apa boleh buat, sebab di pedagang, siapa sih yang bakal naikkan gaji sendiri kalau bukan diri sendiri saat tentukan harga.

Selain bebek madura, Tamas juga beli kepala entog gerobagan yang sebenernya aku masih bingung antara itu unggas entog atau belibis. Kalau belibis kan langka ya? Nah, tapi di kota kami banyak gerobakan yang emang jual unggas goreng ini yang kata orang-orang kok disebutnya belibis goreng. Tapi kapan hari Tamas pernah tanya langsung ke pedagangnya itu daging apa, dijawabnya sih entog. Dia dimasak bumbu kuning dulu, dan rasa dominan asiiiiin ya. Nanti digoreng dadakannya setelah ada pembeli datang. Ada bagian paha, dada, sayap, juga kepala. Jeroannya juga ada dan dibikin sate. Satu tusukan itu terdiri dari jantung, ati dan ampela. Sama ini juga digorengnya dadakan. Nanti kalau sudah matang baru dibungkus kertas minyak didouble koran. Sebelahnya pas ada tukang pempek. Pempeknya enak deh. Tapi aku ga beli sih. Kangen juga makan pempek disiram cuko dan potongan timun.

Nah, lucunya adalah setiba di rumah dan unggas hasil beli di 2 tempat yaitu di bebek Madura langganan dan satunya lagi di gerobagan tadi, tapi aku taruh di satu piring sekalian. Bebek Maduranya memang kecil, jadi kalau dianya udah abis dan sambel Maduranya masih nyisa, maksudku bisa takcolekin ke entognya, hihihi. Jadi sambel Maduranya bisa multifungsi kemana-mana. Memang sih Sambel Maduranya bebek langganan ini berminyak banget. Tapi rasanya enak. Timun bawaannya sedikit. Alhamdulilah di kulkas masih ada timun banyak dan aku tambahin aja sekalian. Makan bebek Madura tanpa timun itu berasa ada yang kurang. Jadi harus ada timun sih, hehehe. Tapi kemanginya yang ga ada. Biasanya ada kemangi. Tapi itu bukan masalah besar sih. Yang penting ada timun dan sambelnya terutama, hahaha.












Puas mengudap bebek, ada sesuatu yang seger lagi dan minta dibelah. Apakah itu? Tentu saja semongko, hehehe. Semangka kuning yang manis dan berair. Dan jadi penawar pedes abis menyolek sambal bebek maduranya. Oh iya, sebelum acara makan bebek madura dan entog gerobagan ini, rumah Mbul kedatangan tamu, sedulur kami Omnya Tamas, Bulek dan anaknya yang masih kecil. Mereka mau antarkan daging sapi hasil kurban kemarin. Sebenernya Senin si Om dan anaknya ini udah sowan ke rumah. Ponakan kami bahkan udah bilang "Assalamualaikum...Assalamualaikum"dari luar pager sambil panggil Kakak A kan. Nah, saat itu posisi Mbul masih mandi di kamar mandi, dan Kakak A dan Adik juga masih bobok. Kira-kira jam 7-an kelar Magrib. Jadilah aku ga dengar ada tamu. Akhirnya keduanya pulang. Nah, besokannya baru dibaleni lagi sowan ke rumah tapi kali ini sama Bulek. Mereka mertamu sampai jam 9 malam sehingga Mbul baru bisa mam bebek Maduranya setelah mereka pulang. Soalnya tamunya baru makan dan mampir ke tempat Mbul setelahnya, jadi masih kenyang saat ditawarin makan. 

Dan....minggu-minggu ini akan ada banyak kondangan. Tadi ada kondangan tempat sedulur di Jakarta dan Ciledug, juga lusa konco kantor yang di Jogja. Kalau yang deket rumah kondangan sepitan atau sunatan. Kalau yang di Jogja Walimahannya Om Andi. Makanya fisik harus prima ya, hehehe. 





"Kalau dah mandi dan wangi, Mbul bersiap untuk kondangan, hehehe...."

Ngomongin fisik harus prima, salah satu yang Mbul seneng akhir-akhir ini karena nyobain sesuatu yang wangi. Karena Mbul emang suka tampil wangi ya. Jadi enak gitu nda acem hehehe. Bisa dihirup-hirup (((???))). Salah satunya adalah wangi dari shampoo yang baru-baru ini nongkrong di cantelan kamar mandi. Aku ada 1 yang pink, 1 merah, 1 putih,  (((tetep ya, shampoo juga harus ada yang pink hahaha))). Yaitu Emeron, Serasoft Dandruft Shampoo, dan Clear yang Ice Mentol. Menurutku ketiga shampoo ini wanginya nenangin. Udah gitu aku padanin pake sabun Lux yang pink Soft Rose ini. Hmmm....wanginya nyaman banget. Jadi betah kan berlama-lama jadi bintang iklan lux, hahahhaha....#tabok. Pokoknya kalau malem abis pake ini, rasanya mau menjelang bobok itu wangi dan nyaman. 






40 komentar:

  1. Mbul: Telur gemek itu telur burung puyuh kah? Satu lagi goreng malem-malem itu maksudnya goreng lembap-lembap (tidak garing)... iya kah Mbul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em kak amie, telur gemek itu telur burung puyuh.. gemek itu mirip siapa coba tebak kak..jawabannya adalah mirip mbul yang ebot ebot wkwkkwkwk

      malem di sini maksudnya malam hari kak..malam beneran, belinya di kedai saat malam hari 🀭😜

      Hapus
  2. asli, buah semangka kuning maupun merah adalah buah favorit saya. Rasanya ketika makan, belum mau berhenti makan semangka sebelum habis separuh, bahkan terkadang lebih.
    masalah parfum, wangi2an, sangat disukai oleh admin ya rupanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong, aku juga suka semangka karena seger dan berair apalagi kalau siang, langsung tenggorokan teles mas abis makan semangka...πŸ‰

      betul, aku memang suka tampil wangi, jadi rajin mandi, bebersih dan merawat badan sendiri, ya untuk kenyamanan dan kesehatan heheheh

      Hapus
  3. dan aku lama nggak beli bebek. Liat foto-foto ini kan jadi pengennnn hahaha
    makan nasi bebek plus dessertnya dikasih semangka, widihh segerr bener mbak.
    aku nggak bisa bedain belibis sama bebek, memangnya beda ya hahaha. Astagahh aku kurang explore nama-nama hewan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak ai, beli bebek ugha, biar Mbul ada temannya hahahahha πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†
      semangkanya seger dan so watery mba...bikin tenggorokan mbul basah...seger pokoknya...

      aku juga ga bisa sih, tapi kata bakulnya itu entog goreng mba..cuma ada juga kede lain yang jual blibis goreng katanya, ning mbul belum nemuw gegeggegekkk

      Hapus
  4. A very yummy meal! Are those yellow watermelon? I have never seen them over here...do they taste the same as the red one?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie..semangka kuning, biasanya bentuknya lonjong, kalau yang merah bulat. Yang kuning ga kalah manis dengan yang merah πŸ‰

      Hapus
  5. A very yummy meal! Are those yellow watermelon? I have never seen them over here...do they taste the same as the red one?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Angie.....aku suka dua duanya, baik semangka kuning maupun merah, terutama yang manis banget. Karena menyegarkan. Biasa dimakan sebagai buah pencuci mulut 😊

      Hapus
  6. Nampak menyelerakan nasi goreng bersama tomato dan timun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Na, Mbul lupa ga bikin acar timun, timunnya cuma Mbul irisin aja, karena embul dah keburu lapar πŸ₯˜

      Hapus
  7. ...I've never had yellow watermelon, is it good?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tom, yellow watermelon has a sweet taste...

      Hapus
  8. I didn't know there was yellow watermellon, I never seen it before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat kami banyak Bill, terutama dibudidayakan di pertanian daerah pesisir...rasa manis dan menyegarkan ^^

      Hapus
  9. duarrr donal bebek
    aku lek bengi ya ndelok channel misteri mbak
    syahdu opo maneh ndelok Joe Kal
    tapi suwe2 bener ra iso turu hahhaha
    bebek iku kalau dikasih bumbu kecap bener bener merasuk ya beda sama ayam
    wkwkwk nanti sampean bisa gantiin dian sastro mbak jadi bintang lux

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok donal bebek mas ikrom wkwkwk

      hahahha apal nganti aku mas ikrom favorite joe kal hahahah, we nonton sing doi mutetin kuburan jawa akhire nemu penampakan pocong ring mas wekekekke

      bener bebeke manteb

      hahhaha, iya nih jadi bintang iklan di blog e dewe wkwkkwkw

      Hapus
  10. wes suwe aku ora mangan semongko kuning lho

    BalasHapus
  11. I like all the food shown here. Yummy fried chicken, fried rice and yellow watermelon. I haven't had yellow watermelon for a long time.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan chicken sih Nancy, tapi duck and muscovy duck atau entog goreng πŸ¦†

      semangka kuning segar tak kalah dari yang merah ^^

      Hapus
  12. The fried rice with tomatoes and cucumbers looks amazing!
    Yummm!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak veronica, mbul bikin sendiri sih nasi gorengnya...^^

      Hapus
  13. Noh Mbul teman-teman luar negerinya banyak yang nanyain, semangka kuningnya enak ga katanya? hehehe... Mungkin di luar negeri jarang banget kali ya semangka kuning. Eh, tapi di sini pun agak jarang ya semangka kuning kalau mau beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..Mbul sendiri agak kaget, ternyata teman teman di luar negeri belum begitu familier dengan semangka kuning. Kalau yang di kota banyak sih di kedai buah mas yonal ^^

      Hapus
  14. bener juga, kalau pakai kubis, pasti lebih kranci.

    aku juga suka semangka kuning.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Irul, pas kebetulan banget Mbul belum nyetok kubis karena belum ke pasar lagi, padahal kubis sayuran favoritku lho 😊

      Hapus
  15. Baru tahu ada semangka warnanya kuning, biasanya cuma warna merah doang. Manis enggak semangkanya mbul? πŸ˜€

    Wah banyak kondangan nih, berarti akan sering jalan-jalan dan makin banyak postingan nya nih tentang makanan sama oleh-oleh.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manis dong Mas.....ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      moso mas agus belum pernah makan semangka kuning? Seger mas....dimam pas siang siang cuaca terik basah tenggorokan. πŸ˜„

      cuma kondangan aja kok mas, hewhew, paling ke rumah kampung juga salam hai ke orang tua hehhehe...
      kalau post makanan mah tetep, biarpun nda jalan jalan ugha mas hahaha

      tarik mbul....semongkow...🀭
      πŸ‰

      Hapus
    2. Belum makan mbul, tapi kalo semangka merah sering.

      Tadi ke pasar Cikande, ternyata sudah ada yang jual semangka kuning juga.πŸ˜…

      Hapus
    3. masa sih mas, kemarin aku borong banyak semangka kuning di desa heheehe

      wah rajin ya, mas dah ke pasar pagi pagi, sini mas semongkow kunibge buat mbul atuw...yang merah juga nda pa pa hehhehe

      Hapus
  16. Semangka kuning itu langkaaaaa di sini 😣😢. Padahal suka juga aku ... Kalo mau, ya harus cari di toko buah yg besar. Tuuh kaaan lagu2 kalo Nita udah posting makanan, pasti aja kepengin hahahahaha.

    Bebek Madura bumbu hitam memang paling nikmat ya nit. Aku juga doyan bangettttt. Apalagi yg beneran pedes. Beberapa kalibnemu, pedesnya ga seberapa. Kalo bebek Madura di Deket rumahku ada banyak. Tp yg JD favoritku sekeluarga biasanya cuma 2 tempat doang, yg pedesnya benera2 mencabar 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tah Mbak Fanny hihihi...🀭
      semangka kuning ini aku sukanya jarang nemu yang hambar, seringnya maniss manisss

      kalau toko buah besar ama supermarket biasanya ada ya Mbak πŸ˜„

      yeaay!! Salim..samaaa...akupun suka banget ama sambel bebek madura hihihi, meski too oily tapi ga tau kenapa itu yang bikin sukaaaa hahahahah.. suka ga bisa muvon kalau udah nyolek nasi ama dicolekin sambal madura ...bahkan aku kalau makan nasi bebek..bebeknya ga pa pa dikit aja sing penting sambalnya banjir bandang dimam bareng ketimun dan kemangi kraus kraus seger tenan πŸ₯’πŸ₯’πŸ₯’πŸ₯’

      ❀(*´▽`*)❀(❁´◡`❁)

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      Hapus
  17. Jarang banget liat semangka kuning... dan melihat postingan ini mendadak kangen makan bebek goreng deeeh... Ah, jadi sebel mampir2 ke sini, liat postingannya makanan yg bikin ngiler ajahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkakakak mbul kudu ditabok ya mba ri...suka mengen mengenin kuliner bebek hihihi

      ayo mba rie kulineran agieeee...tar akooooh gentian diiming imingi abis yang dari bandung teak ituw

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)(*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus