Senin, 11 Juli 2022

Mbul Menumis Genjer, Lutisan Mangga Indramayu, dan Makan Kambing Bareng Arek-Arek Kantor




Oleh : Mbul Kecil
Assalamualaikum wr wb...

Apa kabar Sahabat atau Kakak-Kakak online semua? Semoga pinaringan sehat selalu ya. Alhamdulilah Senin tempat Mbul cerah. Panas matahari di atas kepala menjadikan cucian cepat kering. Tapi sayang, pager yang jadi sasaran, jadi cantelan seprai maksudnya, gegegegek. Kali ini seperti biasa rekap daily masakan Mbul and family dalam sepekan. Ga semua masak sih, sesekali diselipin beli di warung tenda atau maem bareng-bareng dengan sedulur kami, anak mess yang ga jauh dari rumah dan kantor. Terutama pas perayaan Hari Raya Idul Kurban kemarin. Sekalian mau ngucapin "Selamat Idul Adha ya buat teman-teman Muslim semua." Semoga kebaikan selalu menyertai kita semua #ehem....



Genjer, Tempe Goreng, Ikan Asin, Bonus Roti Bimbam

Dimulai dari beberapa hari Sebelum Idul Adha. Kayaknya Hari Rabu deh kalau ga salah. Rabu itu Mbul masak genjer, tempe goreng, dan ikan asin. Genjer dapat beli di pasar pas apa-apa udah penghabisan. Tadinya pengennya sekalian dibeliin makanan mateng ama Tamas karena Mbul agak repot pagi-pagi. Tapi ga ada, katanya udah pada kukutan semua termasuk yang jual pecel Madiun ama Gorengan bakwan yang biasa kami beli itu... #cirambayyyy. 

Akhirnya dikode suruh masak genjer padahal semalaman Mbul sampai lupa makan saking repotnya ngerjain banyak hal. Berharap kebagian ayam sogil, ternyata udah dihabisin ama Kakak A dan Mas J semua. Ga pa pa, yang penting Kakak A dan Mas J mamnya banyak, Mbul udah happy. Tapi abis itu Mbul dibonusin roti bimbam ama Tamas (beli di depan kantor). Ideran pake motor. Ini roti teksturnya lembut banget. Mbul aja heran. Rotinya gembung-gembung tapi aku kecele dikit karena ternyata dalemnya ga ada selainya. Kirain aku ada selainya, hihihi. Andaikan ada selainya, baik nanas atau pun stroberi, pasti  Mbul tambah syukaaa. Tapi kayak gini aja udah enak kok. Meski roti semua tanpa isian, tapi rasanya manis. Luarnya itu bagus warnanya. Kakak A dan Mas J juga suka roti ini. Kami bertiga suka roti semua hehehe.





Okey kembali pada genjer. Waktu kecil Mbul termasuk kurang suka sama sayur genjer, karena selain pahit, dia juga agak kraus-kraus ya begitu dimasak. Terus kayak ada lengket-lengketnya kan. Tapi setelah dewasa, ga tau kenapa Mbul suka-suka aja. Ga pilih-pilih, termasuk dengan sayuran yang punya nama latin Limnocharis flava ini. Bahkan ada pula yang menyebutnya sebagai sawah lettuce atau yellow sawah lettuce. Seperti halnya kangkung, genjer juga termasuk tumbuhan air yang biasa tumbuh di rawa atau sawah. Tanaman ini banyak mengandung serat dan juga baik untuk kesehatan kulit. 

Salah satu manfaat yang berkaitan dengan kulit berdasarkan info dari gridhealth(dot)id, daun genjer memiliki kandungan Vitamin C yang dapat mendorong produksi kolagen dalam membangun dan mendukung banyak jaringan ikat, seperti rambut, kulit, dan kuku juga mempercepat penyembuhan luka. Kandungan karoten dalam genjer juga memiliki peranan penting sebagai antioksidan sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. 




Genjer ini beli beberapa unting dapat Rp 20 ribu. Dibeliin pagi-pagi abis ada Mbah Amad datang ke rumah. Pasar dah ntek-ntekan, tapi masih ada genjer dan tempe. Kali ini sedikit surprise karena genjernya ada daunnya. Biasanya kan yang dijual di pasar sini cuma bunganya thok. Nah kali ini ada daunnya, mengingat kalau di kampung halaman lumrahnya yang dimasak daunnya juga. Alhamdulilah sekarang daunnya juga kepake loh. Mungkin karena genjer baru-baru ini jadi primadona sayuran kali ya. Jadi keberadaannya itu diperhatikan oleh kita semua #hahaha. 

Mbul bikin oseng-oseng aja genjernya takpakein rawitnya banyak. Biar pedes. Lawuhnya tempe goreng ama ikan asin yang tipikal Mbul suka. Yang kecil dan agak tipis walau bukan layur sih. Ini tuh enak banget kalau digoreng garing. Dimam bareng oseng genjer pedes dan tempe goreng wenak mantul.
























Bebek Goreng, Tahu Tempe, Sambal, Lalapan, Nanas, Cakwe atau Kue Bantal

Jumat akhirnya prei masagh. Mbul dan family mam Bebek goyeng di depan gudang dalam bentuk warung tendaan. Tapi ga dimam di sana, melainkan dibeto griyo alias dibawa muleh. Dimam di rumah. Biar lebih pewe mamnya nda disun sama nyamuk Mbulnya hahhahah. Disedot mangsudnya. Kalau disedot nyamuk kan bisa berabe. 

Oh ya, selain bebek, ada juga beli lele goreng kesukaan Mas Montogh atau Mas J, dan tempe tahu goreng kesukaan Kakak A. Kalau bebek mah udah jelas lah ya kesukaannya sapa? Paruhnya aja dah mirip kalau pas lagi 'nyun' waktu PMS hihihi. Tapi ga dunk, Mbul kan anak manis, tantik dan juga tembemm pipinya #eh hahahha, jadi jarang nyun. Alhamdulilah selalu dikelilingi orang-orang baik dan lingkungan yang baik, jadi kegiatan ngene iki ae mpun happy.  











Ada juga buah nenas kupas. Meski belum terlalu matang jadi masih rada acem. Nanasnya ini dimakan begitu aja juga udah enak. Asalkan supaya lidah tidak gatel, harus direndem sama air panas dulu ya dari termos, dan jangan lupa ditambah sedikit garam. Itu nanti nanasnya jadi enak banget deh. Coba kalau udah mateng benar pasti dijamin tambah manis dan berair. 

Juga kue bantal atau cakwe. Bukan kue untuk bobok ya. Tapi kue bantal. Yang dicelupin saos sampe kenyut-kenyut lembut dan gampang digigit. Enak deh. Aku suka banget kue bantal atau cakwe ini. Teringat saat SMP Mbul beli di cakwe depan sekolah dan itu enak banget dibejek-bejek bareng saos encer. Mam dari ujung plastiknya langsung. 







Mie Sedaap Rasa Salero Padang, Emping, Mangga Indramayu

"Mbem mau ke pantai hurak? Ayo ndang tangi mandi, ganti baju yang cantik, bar luhur mangkat!" Kata seseorang sambil meneblok pantatku dengan lembut walau ajakan itu berakhir dengan mimpi. Sebab nyatanya kami boci dan bangunnya kesorean semua. Walhasil ga jadi ke pantai, dan akhirnya malah nyari sore yang berakhir dengan ngemie wkwkwkkw. 

Sabtu itu menunya amat sangat minimalis wkwkwkwk. Mie Sedap Rasa Salero Padang dimam bareng-bareng. Selain itu sembari digorengin emping dan dikupasin mangga indramayu ugha buat cemilan. Pas dah ready, kucomotlah 1-2 potong mangganya, e lha kok acem tenan...wow. Akhirnya ku berinisiatip buat biar gemana caranya ga patio asem. Akhirnya kubikin aja sambel lutis atau rujak. Jangan lupa pake asem jawa dan gula jawa. Abis itu aku kasih rawit 3 ternyata pedes banget...hwaaaaaa....











Chimory, Kebab, Redvelvet Signature

Malamnya sembari takbiran ngider bentar ke arah kabupaten. Ya di jalan sambil takbiran sendiri karena esok Lebaran Kurban. Pulangnya beli Chimory yang buah kombinasi, Es Red Velved Signature depan Indomaret dan Kebab. Eh aku agak kaget lho. Pasalnya kebab yang biasanya dibeliin Tamas kan harganya agak mahal tapi bukan yang medium kayak yang kubeli ini. Nah yang ini tulisannya sih medium tapi harganya cuma Rp 10 ribu lho. Ya pemanasan dulu sebelum besok pesta kambing bareng Om kami Bolo Kurowo and the genk (anak-anak Mess), sekarang mam kebab daging dulu walau dagingnya daging sapi sih. 

Aku suka slice daging sapinya kebab soalnya kayak ada asap-asapnya gitu. Aku biasanya minta letuce atau seladanya agak banyakan, bawang bombai, dan mayonya agak banyakan. Saosnya dikit aja soalnya Mbul ga bisa pedes anaknya. 









Sop kambing, rica-rica kambing, sate kambing

Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga. Hari Raya Idul Adha yang penuh dengan kebersamaan bersama sedulur dan keluarga. Tahun ini Pak Boss yang kembali kurban dan sebagian dagingnya tentu dibagi sama anak-anak kantor (mes). Kami akhirnya merapat ke anak-anak Mess atau gudang buat makan-makan di sana. Jamuan dedaginganya semua dah dimasakin oleh Arek Gudang dengan Koki Utama bagian sate adalah Om Solikhin, sedang sop dan rica-rica kambing bagiannya Om Wayan grup. Alhamdulilah tinggal mam, rasanya enak.

Satenya emang enak sih. Sebab keluarga Om Solikhin emang di kampungnya sama dagang sate semua jadi dah ga diragukan lagi hasil kipsannya hehhehe. Sop dan rica-ricanya juga enak. Sopnya seger ada potongan wortel dan bawang prenya juga, sementaranya rica-ricanya pedes wuinak. Hehehe. Kalau tempat teman-teman pada makan kambing atau daging sapinya diapain nih?
















Okey Teman-Teman kiranya segitu dulu updatean Mbul kali ini ya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan, serta banyak rejeki. Amiin. 

Buah nanas, buah mangga
Yuk kipas-kipas, sambil update dulu ya....

Tumis genjer, lauknya ikan
Nulis dar der, hanya untuk hiburan

Tuku roti namanya lapis
Sekian dulu dari si admin manis...



56 komentar:

  1. mangganya itu lho mbak bikin ngiler. pasti enaknya. Tuku roti namanya lapis. Adminnya manis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mas, mangga Indramayu, agak asem dikit, tapi enak, yang oranye lebih manis 😊

      Hapus
  2. wah.... wonderful life....
    cerita tentang dari satu acara makan ke acara makan berikutnya....
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  3. Tasty and healthy food. Hope you are well :-D

    BalasHapus
  4. genjer genjer
    pating keleler
    aku maleh eling lagune PKI mbak wkwkkw
    ancen gencer suwedep lek dieseng-eseng
    aku suwi ga managan ora ono sing dodol
    uwih bebeke iso maknyus
    guwede podo ambek rotine
    haduh peleme jan kudu njupuk telu
    opo wis musim ya
    sak minggu iki bakal full menu sate sate an lek gak krengsengan nganti mblenger wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah kudet mas Ikrom, ga ngerti lagu kui hahhahah πŸ˜‚

      genjere dioseng manteb!

      peleme tumbas kok
      belum patio musim, tapi ada di pasar 😁

      krengsengan ki opo Mas Ikrom? Dudu tongseng tah?

      Hapus
  5. Sekarang ini istriku juga sering masak buat berdua. Seru juga kalau lihat dia masak ahaahhah

    BalasHapus
  6. I love mangoes, pineapples and satay.

    BalasHapus
  7. weh mbak mbul masak genjer yah, kesukaanku tuh mbak, sama kayak kangkung juga :D, ternyata genjer banyak vitaminta ya hehehe, kalo di tempatku biasanya tumbuh di sawah2 gitu mbak, jadi gak usah beli :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nif, yang biasa ada di sawah genjer kui loh 🌿🌿🌿

      enak nek punya tandurannya langsung tinggal ambil ya Nif, ngerti ga nif aku ntes liat youtube secara random, ada orang shooting sebuah desa sing asri banget, ngarepe rumah apik dan asri ngarepe kalen en sawah trus ada mbah-mbah yang lagi bruwunn genjer...youtube mbuh sapa ya, sik takingat ingat aku lali...o aku inget nggone tedhong telu (aku liat youtube emang seringe ngrandom sih, jadi lalian) eh lha kok liat ada video rumah impian di pedesaan dengan suasana keindahan alam desa. Ternyata ada yang lagi memetik genjer indah banget suasana desane wkwkkwkwk...

      Hapus
    2. genjer di tempatku ga nanem sih mbak, cuma tumbuh di sembarang tempat gitu di persawahan, kalo ada yang ngambil buat di masak, kadang ya gak ada yang ngambil :D

      wkwkwk di youtube banyak banget sih mbak, kalo aku malah sering liat oramg pedalaman yang bikin perumahan bangunan dari tanah gitu jadi bagus, ntah itu beneran apa enggak 🀣

      Hapus
    3. Padahal lumayan ya Nif kalau ngambil di sawah karena nanem sendiri. Atau dijual juga bisa tuh...walau kalau jual sayuran dalam jumlah sedikit ga bathi sih ya....ga patio bathi. Soale harga sayuran mirah-mirah wkwkwkkw

      di youtube liat orang di pedalaman hutan bangun rumah ...channel apa nif. Sekarang emang banyak yang videonya 4K ya di youtube. Aku emang suka melihat yang channelnya orang biasa kayak kita kita ini, bukan channele artis...aku suka liat yang kehidupan di desa, aku seringnya liat yang masak-masak, atau pemandangan sawah dan pegunungan. Kemarin malah liat ga tau channelnya siapa ada rumah 1-1 nya di tengah hutan daerah banyumas, itu suasana alamnya syahdu betul ijo...mana deket air terjun pula...biasanya aku kalau liat channel pemandangan desa atau pegunungan dan masak masak atau yang hiburan abis liat channel horror yang storytelling nif...Misalnya abis liat cerita horror di RJL 5, Badru Capslock, Kembara Sunyi, ama Lentera Malam, aku mendadak biar bisa tidur liat video masak masak dulu. Atau suasana di pedesaan biar cerita horror hantunya ga sampai kebawa ngimpi wkwkkwkwkwk πŸ˜‚

      Hapus
  8. Mbul....lepas mangga ada nanas pulak! Terus ngences. Wallaaaa.... banyaknya menu yang enak-enak. Ada keropok belinjo lagi tu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Amie, Mbul sangat love mangga dan nenas πŸ‹πŸ

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      biar acem, a little bit of sour tapi tetep seger kak, Mbul tambahin pake bumbu rujak nguleg ndiri hihihi. pedes dan manis gula jawa
      Ternyata di Negeri Jiran emping disebut kerupuk belinjo ya Kak Amie. Iya ini beli di Warung Bu Alfiyah di Kutowinangun saat pulang kampung beberapa waktu silam Kak, kalau laper malem-malem tinggal goreng emping buat ganjel perud

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. Biasanya emping belinjo itu memang datangnya dari Indonesia. Banyak dagangan dari sana kami temui di tempat kami seperti gula merah (gula jawakah itu yang dibungkus pakai daun), kacang gajus, pelbagai jenis keropok dan macam-macam lagi.

      Hapus
    3. kacang gajus mbul penasaran kak 😍

      Hapus
  9. Nice and healthy food, looks very good. Have a wonderful day.

    BalasHapus
  10. Mangos and satay - yummmmmmm!
    Happy Wednesday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay!!!! Both of them become a dessert and dish. Happy Wednesday πŸ˜„

      Hapus
  11. Waktu kecil mbul ngga suka genjer ya, tapi sekarang malah suka masak ya. Sama seperti dulu, aku juga ngga suka sayuran tapi sekarang kalo dikasih sayur apa saja mau, baik sayur kangkung, jengkol, bayam, sawi dll. Dikasih ini, bukan beli.🀣

    Genjer sekilas kok mirip dengan enceng gondok ya.πŸ˜…

    Enak tuh mangga nya, ada nanas lagi.πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas kalau kecil picky eater, ama sayur ada aja yang ku mau atau ga...misal dulu aku ga suka oseng melinjo, terung, genjer, atau olahan embek alias kambing
      πŸπŸπŸ‘

      Waktu di desa ada kentongan karena pak congkok desa nyembelih kambing buat digule dan para warga disuruh ambil gulenya ke tempat beliau pake rantangan aja aku ga doyan...hahahhah
      Tapi pas udah dewasa suka-suka aja, apapun itu yang penting halal, soalnya pernah ngerasain jadi anak kos dan sering kelaperan, cause dulu kosannya selalu jauh dari tempat makan jadi ga pilih pilih makanan lagie geggegegekk

      Ternyata konsumsi sayur itu enak ya mas, karena mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan 🀭

      Mbul pengen jadi vegetarian sih, tapi masih tergoda makan ayam atau sapie dan kambing wkwkwkkwkwk

      Iya ya, mas agak mirip memang, apalagi karena sama-sama tumbuhan air...aku kok kalau enceng gondok malah keingetnya ama kali di sekitar tempat alm mbah buyut yang dari ibu...dulu pernah diajakin mbahku itu njodang iwak di irigasi yang banyak enceng gondoknya rasanya senang bukan main,maklum waktu mbah buyutku masih ada kan aku masih kecil banget jadi seneng mainan di kali yang ada enceng gondoknya...tapi kalau sekarang ngebayanginnya malah suka berimajinasi jangan-jangan diantara enceng gondoknya ada ular anaconda...soalnya persis kek adegan di anaconda the hunt and the blood orchid yang di rawa-rawa #plaaaak

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      Iya mas, baik buah mangga dan nanas, Mbul mah suka semua, maklum mbul pecinta buah-buahan. Buah apa aja suka πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  12. ...we've made me hungry, I need to go and have my breakfast!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hope makes a good breakfast. Eat plenty of it. Have a nice day my friend πŸ˜ƒ

      Hapus
  13. Seperti biasa, kalo singgah ke sini emang bikin perut jadi laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaha...punten ya Mas Rudiiii πŸ˜‚

      Hapus
  14. Aku malah Keppo sama Rotinya mbul...Beli dimana itu. Ingat sewaktu Kecil dulu lihat modelan roti seperti gambar diatas. Dulu soalnya paling suka makan roti mirip seperti gambar diatas dicampur dengan Sirup Sarang Sari.😁😁😁

    Kalau Genjer aku sebenarnya kangen makan itu sayuran mbul cuma sekarang didepok agak susah nyarinya. Aku terakhir makan Genjer sewaktu kelas 1 Smp. Sejak itu nggak pernah lagi, Soalnya dirumah juga jarang yang suka Genjer. Kecuali Kangkung itu mah hampir setiap hari, apa lagi kalau makannya pakai ikan asin dan sambel + tempe goreng, Wuuuiiihh kenyangnya serasa di Syurga mbul.🀣🀣🀣

    Pantunnya pas banget mbul buat menu makananan, Sambil berpantun keliling deh promosiin hijab warna-warni.😁😁 Dipilih2 tangan pendek discount tangan panjang Maliang.🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sirup Sarang Sari ...Itu Sirup zaman Baheula mbul seumuran sama sirup Pandan Sari botolnya pun sama. Kalau dulu aku buat campuran roti sukanya yang rasa jeruk keprok.

      Tapi kalau buat obat sakit kuning sirup sarang sari yang bagus rasa Vanilli mbul, setelah itu baru makan Laya. ( Sejenis Kerang Yang Ada Disungai Air Tawar ) 😁😁😁

      Hapus
    2. kangkung aku suka banget...hampir itu mulu yang dimasak soalnya gampang πŸ˜†

      sirupnya kok bikin pengen ya...sirup hadul justru rasa manisnya gula asli ya kang

      Hapus
    3. kerang laya aku belum pernah makan...kayak apa ya rasanya πŸ˜„☺

      Hapus
  15. Wow great food and healthy with kebab and fruits mango so tasy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kebab is my favourite snack....During the sunny days you can eat ripe mangoes or raw mangoes to help cool down, Thanks for dropping by Nassah. Enjoy your day 😊

      Hapus
  16. Aku juga suka genjer mbul, tapi ga byk yg jual di perumahanku mbul.

    Biasanya abis lebaran Idul Adha aku juga nyate2 tp ini blm karna dpt dagingnya ga sebanyak thn sebelumnya hahaha, jd kmrn ngesop ama tetangga2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang agak langka genjer ini Meta (❁´◡`❁)

      wah meta juga samaan nyate kambing juga ya πŸπŸπŸ‘
      mbul kemarin terima mateng karena dah dimasakin paman paman kami arek-arek di tempat kerja hehehehe

      Hapus
  17. Gracias por la receta. Te mando un beso. Enamorada de las letras

    BalasHapus
  18. All seems delicious, have a nice weekend

    BalasHapus
  19. Sweet juicy mangoes in summer times are the best! I love the stirfried greens too.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I do love stirfried greens for ingredient rujakan Angie. And the ripe one use for juice ^^

      Hapus
  20. menu makanan mbak nita hari ini banyak bangettt??'', ada sayur genjer, ada sate ayam, ada tempe goreng, dll. terus makanan penutupnya ada mangga muda sama es doger . waaah mantap itu >

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak Tari ni sayur en es buat tari hehehe

      πŸ₯¬πŸ₯¦πŸ₯—πŸ§πŸ‘

      Hapus
  21. Boa tarde minha querida amiga. DifΓ­cil escolher o prato mas bonito. Gostaria de provar um pouco de tudo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy Saturday Luiz my friend. Iya kebersamaan saat Idul Adha di tempat kami biasanya mengudap lamb, sapi, atau kambing dengan dimasak sate, gulai, tongseng, dan sop. Alhamdulilah selalu berkumpul dengan orang-orang baik yang menyenangkan, dan juga teman-teman yang care jadi hari-hari sederhana kami selalu bermakna.....terima kasih telah singgah sahabatku dari Brasil 😊

      Hapus
  22. Balasan
    1. Makasih Joanna Dear, alhamdulilah temen temen blogger luar negeri yang Mbul temui very friendly and polite..salah satu bentuk rejeki dikelilingi teman yang baik ^^

      Thanks for nice comment, have a nice day too 😊

      Hapus
  23. kalau ada pilihan genjer dan pakis, aku pilih genjer. Pernah makan pakis, dan pas makan bagian batangnya kayak kloloten, duh apa ya bahasa indonya ahaha. Mirip tersedak gitu.

    ngeliat mangganya aja udah berasa maniss ya, kadang kalau aku beli jus mangga, nanya dulu sama penjualnya manis apa enggak. Kalau acem auto gajadi pilih mangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwwk iya mba ai, mbul mudeng kok kelolodan hehhehe

      enak ya, mbul juga pengen neguk jus mango...hihihi

      Hapus