Rabu, 27 Mei 2020

Diary Masakannya Beby Mbul Puasa 2023 ini ^______^




Hallo Assalamualaikum Teman-Teman....
Shirahoshi Beby Mbul Kembali...

Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Mbul sendiri dalam keadaan baik, meski sekarang ngeblog santai aja. Ga ada target apapun.. Kugunakan ngeblog untuk mengabadikan moment aja. Segala cerita yang aku punya yang tentunya akan beda dengan cerita teman-teman semua. Karena setiap dari kita tentu memiliki ceritanya masing-masing kan? Justru dengan perbedaan itulah maka cerita kita akan terasa lebih seru. 




Nah, khusus kali ini Mbul akan nulis tentang diary menu masakan Mbul selama puasa tahun 2023 ini. Memang sih belum ada seminggu. Tapi ga pa pa lah ya, tetep akan Mbul tuliskan. Sebab memang udah rutin begini, jadi kalau ga ada rasanya kayak ada yang kurang. 

Sebenernya tadinya tuh aku ada niatan mau mandeg nulis jurnal buka dan sahur ini, because of kemaren kan sempat ada wacana mau nyoba menu-menu plain alias minim bumbu. Jadi kayaknya nda menarik buat dipost. Secara rebusan ma kukusan semua gitulo, hahahhah. Jadi agak kurang semangat ngepostnya. Tapi setelah kupikir-pikir jangan dulu sedrastis itu lah perubahannya, hihi. Karena kami ga bisa 100 persen sanggup Sodara-Sodara. Because of godaan dessert manis dan juga gorengan masih tetap menari-nari dalam kepala... Apalagi tiap ngeliat youtube temen-temen konten kreator yang khusus masak-masak di pedesaan. Mereka pada rajin upload menu buka dan sahur (secara harian pula). Itu yang membuatku jadi ingin rajin update masakan juga. Tapi bedanya kalau aku di blog, hoho... Lagipula kata Mas, "Ga pa pa lah Dek, maem kayak biasanya aja. Yang penting ga banyak tumbas di luar. Lebih disederhanakan lagi aja menunya dengan cara masak sendiri di rumah. Sekali-kali beli ga pa pa. Tapi banyakin masak yang simpel. Dan level bumbunya yang dikurangin. Atau masak ngepas jadi ga bulak-balik dihangatkan. Ngepasinnya buat makan buka dan sahur, jadi masaknya 1 kali. Beli pembuka es buah segar atau bikin sesekali ga pa pa deh. Atau sesuatu yang digoreng." Cuma di sini kita ga berlebihan. Dalam arti kata, sesuai ama kapasitas perut. Supaya apa? Supaya tetep semangat waktu berbukanya, ahaha. Abisan kemaren pas maem kukus-kukusan ma rebus-rebusan doang aku ma Tamas jadi ledek-ledekan. Ini besok keknya kita beli gorengan aja deh. Buat tombo kangen πŸ˜‚πŸ˜‚. Kayaknya sih begitu. Mbultuw belom bisa kalau harus ninggalin gorengan 100 persen. Ya, lauk yang digoreng ga apa dah. Misal telor dadar, tahu atau tempe goreng. Cuma memang minyaknya yang digunakan ga terlampau banyak, jadi ga basah berminyak banget, begitu Sayang....

"Nasi juga iku Dedek. Ngko siro malah melilit nek skip nasiene." Pantau Tamas yang emang strick banget memperhatikan pola makanku, ya biar ga serampangan kayak dulu. Karena beliau takut banget aku kurus kayak pas jaman sekulah yang kuruse itu kurus puollll hahhaha. Jadi tetep disupport supaya always demplond everytime and everyday, sebagai pertanda ayem, tentu saja wkwkwk. Ya karena kalau Beby Mbul ada dagingnya kan lebih empuk jarene (((jarene lho ya))) hohoho.... Maksudnya Beliau takut kalau perutku sampai sakit andaikata sering telat makan. Iya deh. Mbul ga ngeyel lagiw...hihi...#alesyan. Padahal kalau udah 48-49 kg ku ngerasa tembemmm banget huft!







Okey, jadi menu-menunya apa saja sih yang dah kami bikin selama beberapa hari terakhir? Sekarang kita hitung dulu ya puasanya ada berapa? Puasanya uda jalan 6 hari. Tapi ada beberapa hari yang menunya ga kerekap karena belum sempet kefoto haha. Yaitu hari puasa pertama dan ketiga. Kalau puasa pertama itu bening bayem aja. Nah, puasa hari ketiga bukanya dewean, soalnya Tamas masih ada kerjaan bareng Pak Bos, Mas Is, Mas Ang, dan Pak Agus Supri. Jadiiii...Beby Mbul ndirian, eh bertiga deng di rumah. Lalu aku tetiba keidean masak sesuatu dengan memanfaatkan sisa nasi yang ada biar egak mubadzir. 

Dan di hari ketiga itu aku masak nasgor aja. Lauknya telor ceplok dan kerupuk udang. Kasih irisan kubis dikit biar ada kranci-krancinya. Sebelumnya udah nyuapin Kakak A dan J pake dinosaurus goreng, ehm...maksud Mbul nugget yang bentuknya dinosaurus, bayem, ama telor. Terus pas udah pada mapan bobok, merdeka lah si Mbul yang bisa buka dengan menu seadanya nasi goreng yang kerasanya tuh nikmat banget. Begitulah kalau wayahnya buka ya, apa aja terasa nikmat di lidah ini hihi. Emang Mbul anaknya egak pernah pilih-pilih makanan Kakak...

Jadi, yang udah ada fotonya itu puasa hari kedua, keempat, kelima, dan keenam. Hari ketiga nasgornya egak kefoto udah keburu ludes masyuk perut  Mbul semua hohoho.... Aku rekap di sini ya. Buat catatan sendiri, seenggaknya buat referensi aku kalau pas lagie mentok mau masak apa, hehehe...









Umbi-Umbian Kukus
Terung Balado, Tahu Goreng

Ini adalah awal dari sebuah wacana. Maem kukus-kukusan. Maem rebus-rebusan. Tapi ntar ke belakang akhirnya menyerah, dan maem seperti biasanya aja hihi #tabok. Hari kesatu, dua, tiga, empat masih lempeng ga mau gorengan. Hari kelima dah mulai kebayang bakwan dan tahu isi...huhuhu.... Hari keenam baru deh ditumbaske saia πŸ˜‚ 

Mbul tulis yang bagian ini dulu ya. Sebelum puasa hari pertama tiba, malamnya kami mampir ke Bapak penjual umbi-umbian dan dapat labu, talas, singkong dan juga telo munthul atau ubi. Sebenernya tadinya mau beli kacang rebus, secara Tamas suka bangad bikin kacang rebus dan aku dikomporinya hihi.... tapi akhirnya beli umbi-umbian lainnya juga. Warna-warni ya. Ada  orennya labu dan ubi, putihnya talas dan juga singkong. Nanti di-dang dalam satu subluk. Biar praktis.

Dari kesemuanya Mbul paling suka sama labu. Ngukusnya cepet itu. Lebih lembut. Jadi dia paling cepet matang ketimbang umbian lainnya. Sebenernya labu dikukus bareng kulitnya juga enak hihi...bahkan dimakan sekalian  aku suka lo hahhaha...Kalau talas agak gatal ya (buatku), jadi aku mam dikit aja...lainnya juga icip seperlunya.







Nah, pas puasa kedua ini kan masih ada terung ungu ngendon lama di kulkas. Gegaranya lama belum kemasak pas ditinggal dines Tamas ke daerah Pati, Jawa Tengah awal bulan kemarin. Akhirnya biar kemakan kujadikan aja terung balado. Terungnya aku goreng bentar, lalu bumbuin pake cabe, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, garam, royko, juga tomat yang dihaluskan. Agak slemet-slemet pedes sih..tapi sedep. Cuma Mbul ga mam terungnya. Mbul masakin buat keluarga aja hihi. Alhamdulilah katanya nikmat masakan Mbul, Udah semakin terlatih nih Dedek Beby Mbul Nita hahay...πŸ˜‚πŸ€£

Resep Terung Balado

Bahan-Bahan :

Terung ungu
Cabe merah
Cabe cengis
Tomat
Bawang merah 
Bawang putih
Terasi bakar
Garam
Gula 
Royko
Minyak goreng
Air masak

Cara Memasak :

Basuh terung ungu di bawah air mengalir. Cuci sampai bersih dan potong-potong lalu belah
Uleg cabe rawit, cengis, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, tomat, sedikit garam, royko
Panaskan minyak. Goreng terung sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan
Ganti minyak dengan yang baru. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
Masukkan sedikit gula pasir dan royko
Masukkan sedikit air
Masak sampai harum dan matang

Untuk gandengannya, aku gorengkan sisa tahu susu yang tinggal dikit kemarin. Kali ini ga aku belah...jadi masih gemuk-gemuk cantik dan menul-menul. Kubumbuin pake bawang putih, garam, dan sajiku tempe goreng. Sreeeeng....enak juga...Gurih.























Labu Kukus, Nenas

Hari ketiga, ini yang moment buka sendirian pake nasgor karena Ayah masih kerja. Ayah sebenernya pengen banget pulang sebelum magrib... ealaaah dasar Pak Boss tetiba ngajakin ngrampungin gawean, yaudah terpaksalah taktungguin sampai habis Isya. Walau kantor cuma sepelemparan batu ama rumah sih hihi. Nah, akhirnya aku bikin nasgor deh. Nasgornya kupakein terasi dikit dengan sambal yang ada di kulkas. Sekalian takirisin kubis juga biar terasa kranci. Nanti lauknya takkasih telor ceplok 1 dan kerupuk udang yang beli di Warungnya Bu Alfiah Soegiyo Kutowinangun. Ini kerupuk udang enak deh. Nanti ah kalau aku pulang kampung lagi mau beli agak banyakan biar bisa buat kriuk-kriuk pas maem. 








Habis itu ada kepengenan buat ngukus labu. Labunya ga aku potong kecil-kecil, tapi agak memanjang dan masih ada kulitnya. Kalau yang awal ngukus kan Tamas. Jadi Beliau potong kecil-kecil labunya dan onceki pula kulitnya. Makanya pas di-dang di dalam subluk jadi agak lonyot labunya hahhahah, dasar si Labu emang teksturnya lembut sih ya selembut hati Beby Mbul. Jadi gampang banget digigit tuh. Huft...

Nah, singkat kata.... kutinggal sholat bentar, ga lama labunya matang, dan jam 21.00 WIB aku dibawain sekantung nenas matang yang dah dipotong-potong. Aku suka nenas, walau kata banyak artikel makan nanas kebanyakan bisa bikin ini dan ituw. Ga tau benar atau ga nya, tapi egak juga sich. Kan yang penting maemnya itu ga berlebihan. Secukupnya aja. Tapi pernah deng pada saat buka keesokan harinya Mbul ditegur ama Amas karena abis baca doa berbuka, langsung nyemilnya nenas... bukanya mam nasi. Langsung lah saia disenenin hahhahah..."Owalah bocah keyel. Nanas kih tajam Dek...nek durung maem nasie, bisa melilit perute." Aku yang masih polos ini ga nggatekke kondone Ramane, akhire bener deh malemnya perut aku melilit huhu... Padahal itu agenda waktu kami mau belanja di indomaret....eh ndadak Mbul terserang diare duluan hahahhah..."Wes to...percoyo aku. Ojo mam nenas nek durung mam nasie ya Tiyem." He em...He em..








Es Timun Suri Pink, Nenas, Telur Dadar

Kali ini masakan super simple. Ama dadar telor aja. Mimiknya es timun suri karena kemarin beli seglundung aja. Ga dipakein apa-apa lagi kecuali sirop pisang ambon warna merah jambu + kental manis walau kami ada nenas juga. Nenasnya buat dicemilin aja, ga dimasukin esnya. Sebenernya aku ga gitu suka timun suri wkwkwk. Aku lebih suka blewah sih yang lebih wangi. Aduh, coba kalau kutambahin alpuket, cincau, kolang-kaling, dan tape singkong, pasti udah berasa es teller ya.



















Habis itu, malamnya kami belanja karena stok sayuran habis. Beli untuk kira-kira 3-4 harian. Jadi, kira-kira pukul tengah 9 malam, kami ndadak ke pasar dan dapat beberapa jenis sayuran kayak 2 ikat bayam, 2 ikat kangkung, kecap cap benteng, timun dan telor asin. Telor asin harganya sekarang naik jadi Rp 3200 per butir. Tapi beli aja deh, soalnya yang di pasar ini emang enak. Masih anget. 

Sebelum ke sini Mbul juga mampir ke Indomaret dulu karena beberapa kebutuhan habis, kayak detergen, minyak goreng, gula pasir, dll. Akhirnya selain 3 yang utama itu, ketambahan lagi beli roti tawar kupas rasa pandan, ritz keju, mayumi, sama kurma. Oiya, detergen aku beli 2 sih. Satunya So Klin, satunya lagi merek baru. Unik deh namanya yaitu Sayang hihihi...Aku beli yang rasa mawar ya yang kebetulan saat itu sedang kena promo. Kalau chicken montog ayam sogilnya itu A yang minta. Jadi tiap jalan, A suka minta aku mampir ke sogil dan setelahnya aku suapin jadi kelar nyampe rumah udah santai,hihihi... kalau J sukanya bubur ayam depannya ayam sogil. Itu buburnya enak deh. Soalnya ada kenyil-kenyilnya diantara topping ayam dan bawang goreng juga daun bawang. Kadang malah ditambahin telur puyuh segala. Makanya J doyan banget.














Bening Bayam, Telur Dadar, Telur Asin, Timun, Kurma, Kolak, Sambal

Hari ke berapa ya ini? Hari ke-5. Mbening bayam aja biar seger. Walau kali ini ga kupakaikan kelor, karena pohon kelornya sedang digundulin. Ga digundulin banget sih...tapi disisakan daunnya dikit biar kelihatan rapi. Jadi ntar aja mbening kelornya kalau daunnya udah tumbuh lebat lagi. Karena semuanya sangat suka bening bikinanku, makanya sering bener masak ini. Untuk lauknya aku kasih telor dadar nyempluk dengan resep yang kupelajari dari Tamas yang dah sakseis mentrainingku hingga bisa bikin telor dadar sewuinak dan segurih ini. 


















Jadi telor dadarnya dikopyok bareng bawang putih, bawang merah, garem dan royko. Satu lagi buat seger-seger yaitu remesan kencur. Kalau mau pedes lagi bisa tambahin cengis atau rawit oren. Nanti dimasak di atas wajan gede dijamin luarnya kriwil tapi tengahnya nyempluk, tebal, dan juga lembut. Ini dimaem bareng sambel dadak bawang putih enagh banget. Terus diceplus bareng timun, walau kali ini maem timunnya langsung aja ya ga sempat takpotongin, langsung ceplus kraus kraus kraus masih lonjong gitu hahaha...tapi seger banget. Mau ngirisin kok keburu riweh. Jadi yawdahlah kumaem langsung aka timunnya. Jangan lupa dicuci bersih dulu ya di bawah air mengalir.

Tapi selain telor dadar, masih ada sisa telor asin hasil kemarin beli di pasar. Telor asinnya lumayan juga ya, rasanya masir dan gurih. Kuningnya itu pas. Dan satu lagi yang paling penting. Telurnya fresh.









Sebenernya di hari ini aku bikinkan makanan satu lagi yaitu kolak. Isinya labu dan juga talas. Ngabisin yang di kulkas aja. Walau sebelumnya aku sempat ngira talas itu singkong ya. Sebab kan sama-sama panjangnya. Warnanya cokelat lagi. Eh, begitu takkupas kok ga ada kulit arinya yang pink-pink itu kayak yang biasa ada di kulit singkong setelah kulit luar. Otomatis salah paham deh ternyata itu talas. Bukannya singkong, hihihi. Tapi apapun itu, talas dikolak tetep manis juga, apalagi gandengannya adalah labu. Pas lah...





























Penuh Bonus (Akhirnya Beli Bakwan, Tahu Isi, Lele Goreng, Tahu, Tempe, Es Kelapa Muda), yang Bikin Sendiri  Kangkung, Telur Dadar 

Yang ini paling gressnya nih. Baru aja tadi alias menu bukaan puasa ke-6. P aku lagi nyiangin kangkung buat takbikin tumisan, eh Ndoro Kakung wa diriku, katanya mau belikan gorengan dan juga es kelapa muda. Cian Mbul dari kemaren kepengen bakwan tapi belom juga kesampaian wkwkwkwk. Akhirnya tadi dibeliin dong, bakwan mbi tahu hahahhaha. Ini yang punya lele langganan sih. Sebab A sangat suka lele goreng. Jadi sekalian aja pas beli lele, kami nglarisin bakwan sayurnya jug. Kebetulan diantara sekian pedagang gorengan yang ada, cuma gorengannya lah yang menurutku paling wenak.



















Untuk yang masak sendiri, kayak biasanya ya, ngabisin stok yang di kulkas yakni numis kangkung. Soalnya bayemnya udah buat hari-hari A dan J. Kalau kangkung kan pedes. Jadi buat yang dewasanya. Lauknya telor dadar aja. Masih sama kayak kemaren. Pake formula bawang merah, bawang putih dan cengis rawit, itu dikocok-kocok sampai nyatu, abis itu goreng di wajan besar dari tembaga. Dijamin rasanya itu beda. Enak...Kruwil di pinggirnya, tapi tengahnya masih lembut dan rada tebal. 

Untuk es kelapa mudanya takbagi jadi beberapa versi. Yang original sama yang sirop. Sesuai selera aja. Kalau yang suka ada manis-manis siropnya monggo ngunjuk yang pink. Kalau suka yang original monggo ngunjuk yang putih...Seng jelas rasanya seger pol melegakan tenggorokan...




































Nah, kira-kira demikanlah update diary menu masakan Mbul untuk buka puasa dan sahur tahun 2023 ini. Nanti seiring bertambahnya hari, post ini akan terus update atau bisa juga ganti dengan judul baru. Semoga hari kalian menyenangkan.

Salam manis
Si Mbul



11 komentar:

  1. I miss salted duck eggs! Yummy foods :-)

    BalasHapus
  2. Duuuh aku liat telur asin jadi pengeeen . Tapi di sini rasa telur asinnya ga Masir gitu loh nit. Aku kan suka yg kuningnya berminyak πŸ˜„πŸ˜. Jarang dpt yg begitu kalo di pasar Deket rumah. Jadi males beli.

    Naah , aku juga lagi usaha banget bisa masak itu secukupnya, tapi msh belum jago nih menakar porsi. Kadang jadinya kebanyakan. Tapi aku pantang buang makanan. Jadi dipanasin utk besok juga. Drpd mubazir kan. Moga2 ntr makin jago menghitung porsi masak, jadi bisa utk sehari makan aja

    BalasHapus
  3. The variety of food you make is amazing. Some of it I never tasted before but your photos make me want to try and taste the different foods. Thanks for sharing and have a wonderful day.

    BalasHapus
  4. Boa noite de quarta-feira. Obrigado pela visita e comentΓ‘rio.
    Suas comidas e receitas sΓ£o maravilhosas, minha querida amiga.
    Luiz Gomes

    BalasHapus
  5. es kelapa muda...cantik warnanya..

    BalasHapus
  6. Anak saya suka tuh sama kolak labu, mereka bilangnya buah Hallowen wkwkwk
    Bulan Ramadan kayanya belum pas kalau buka belum ada gorengan ya, walaupun tahu itu ga bagus, tapi koq godaannya itu lho....

    Selamat menjalankan ibadah puasa, ya Mbul. Semoga dilancarkan sampai lebaran

    BalasHapus
  7. sayur bening sama sambel aja udah enakk, terus ada telur asin, yaampun mantapp poll ini mbak
    kalau aku kayaknya kebalikannya mba Mbul nih, aku jarang makan kalau yang berbau kukusan, kayak misalnya pisang kukus, meskipun dirumah termasuk sering bikin tapi aku jarang ambil
    terus bikin ketela kukus, ya tetep ga diambil
    beda cerita kalau pisaangnya digoreng, langsung hap hap hahaha

    BalasHapus
  8. Rajin Mbul masak.
    Ya saya perasan nama jenama di sana menarik seperti ayam montok, sup buntut gajah. Haha.

    BalasHapus
  9. Your food photos are making me hungry!
    Happy Ramadan!

    BalasHapus