Rabu, 09 Oktober 2024

Kuliner Kebumen-Purworejo ❤



Assalamualaikum wr wb...
Hallo, Teman-Teman semua....Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul pengen cerita tentang yang enak-enak waktu Mbul libur di desa. Apalagi kalau bukan makanannya. Selain bisa menuntaskan rasa kangen sama masakan rumahan waktu kecil, Mbul juga senang banget karena sering diajakin kulineran di sepanjang Kebumen sampai Purworejo. Paling banyak di area tengah-tengahnya tuh, yang deket-deket pasar atau alun-alun. Ada beragam streetfood maupun warung makan dengan menu-menu yang menggugah selera. 








Kulinerannya ga dalam 1 hari sih. Tapi beda-beda waktu jadi agak banyak yang akan Mbul listkan di sini. Lalu apa aja kulinerannya? Mbul tuliskan di bawah ya, sama nanti ya ada 1-2 masakan rumahannya juga atau cemilan. Ga usah pake lama, let's check this out aja yuk....

Sate Ambal Pak Kasman

Sate Ambal. Sate khasnya daerah Ambal Kebumen. Deket dengan Kecamatan Mirit atau udah arah-arah selatan....Soalnya udah menuju pantai atau segoro. Nah, kalau lagi santai, Tamas suka ajakin aku ngadem di sana dan baliknya pasti menyempatkan waktu buat nyate Ambal. 

Sate Ambal yang paling terkenal sebagai pelopornya adalah Sate Ambal Pak Kasman. Sekarang udah turun temurun ke generasi berikutnya. Tapi yang sering kami mampirin ya yang pelopornya. Meski yang di Kutowinangun juga ada yang enak sih. Kalau yang cabang Kutoarjo dah tutup huhu. Nah, tapi kalau yang pertama ga jauh dari Pantai Ambal lokasinya. 










Sate Ambal ciri khasnya adalah potongan daging ayamnya montok-montok. Kulitnya menul-menul berkilauan, rasanya manis gurih makanya Mbul suka. Sate dimarinasi dengan bumbu yang basicnya manis, lalu setelah itu dibakar. Setelah matang sate disajikan bareng kupat dan juga sambel tempe. Sambel tempe ini tempenya dihaluskan walaupun ada kacangnya yang masih menyembul sih. Tapi rasanya enak. Pedes manis...... Selain sate daging dan kulit, di sini juga disediakan sate ati dan uritan atau telur... Sate atinya gede-gede. Begitu pula uritannya...jadi puas banget maemnya. Kadang kalau ga sempet dine in, maemnya dibawa pulang ke rumah juga sering. 








































































Sego Penggel Kebumen

Nah, yang seneng sego penggel ini adalah Tamas. Beliau tuh paling antusias ajakin Mbul ke daerah Pejagoan buat sarapan sego penggel pagi-pagi pantarannya jam 6-7. Itu di daerah situ bakal berderet pedagang nasi penggel di teras rumah masing-masing lengkap dengan pikulan yang berisi wadah sego penggelnya berikut lauk pauknya.

Sego penggel diletakkan di dalam wadah bambu, dibentuk buletan-buletan seperti bola pingpong. Nasinya ga ada tambahan bumbu sih, tapi menarik aja karena bentuknya yang imut-imut. Cute. Nanti dia bisa disantap dengan lauk atau kelan kuahan seperti sayur gori/ thewel, gulai babat atau iso, atau tempe mendoan. Enak....Anget-anget maem ginian...

















RM Candisari

Nah, kalau nyampe Candisari ini biasanya pantarannya sebelum Subuh nih, soalnya kami start dari kotanya kan abis isya tuh, nanti lepas area Banyumas, Rowokele, Kebumen dan Karanganyar ya pantarannya jam-jam 2-3 pagi. 

Kalau dah nyampe situ, Tamas biasanya bakal bangunin Mbul buat maem di RM Candisari yang buka 24 jam. RMnya buat transit bis-bis pariwisata atau studi tour murid-murid sekolahan. Makanya buka 24 jam. Menunya kebanyakan berupa masakan rumahan. Mulai dari osengan sampai kuahan. Nah, yang paling Mbul suka adalah oseng kecipir dan telor asin. Kalau Tamas seringnya asem-asem daging, oreg tempe, ama telor asin. Enaaak...




















Bebek dan Ayam Kampung Mas Budi

Bebek dan Ayam Kampung Mas Budi udah ada di Kebumen dan Kutoarjo loh. Kayaknya emang lagi ekspansi ya, soalnya dia ada di mana-mana hehe...Aku suka sih bebek dan ayam kampung Mas Budi ini. Bebeknya bohai kayak Mbul. Montok gitu hahahhaha... Kalau Tamas sukanya golek kepala ayam jantan gitu. Kalau Mbul be to the bek, bebeeeek. Dan sambelnya mantab banget. Sambel merah dan ijo tambah lalap timun, kubis, dan kemangi....Hmmm 



























Bakso Jenggot Prembun

Bakso yang paling terkenal di Prembun nih. Baksonya seger banget. Lokasi depan pasar Prembun. Dan seberangnya pun ada juga. Bakso dan mie ayam menu utamanya. Baksonya daging banget. Kuah bening dan bisa pake mie kuning atau bihun tambah sayuran. Mie ayamnya tipikal mie yang lurus panjang...Mie telor. Topping ayamnya banyak dan manis, daun sawinya juga banyak. Mantab banget. Kalau mau diracik pake sambel, kecap, dan saos bisa banget. Tapi Mbul biasanya sih ama kecap dan sambel aja.



























Bakwan Kawi di depan Alun-Alun

Ciri khasnya gerobaknya warna ijo. Ini dulu sempet jadi penganan favorit pas Mbul SMP dan SMA nih. Bakwannya kan bulet-bulet gitu....dalamnya kopong...ntar dia diguntingin terus masukin ke kuahnya yang hot. Bila nanti kena kuahnya si bakwan bakal tambah enak lagi...biarpun agak basah tapi enak....terlebih kalau ditambahin saos ama sambel...hmmmm nyanyaaas tapi hot hoho..






Martabak Depan Alun-Alun Prembun

Next, martabak seberang Alun-Alun Prembun dekat Pasar Kelapa. Ini martabak gerobakan sih. Bukanya mulai sore sampai malem hari. Mbul sering diajakin Tamas beli martabak manis ama telornya. Yang martabak manis pengen yang separoh cokelat, separohnya lagi keju. Jadi ada perpaduan antara manis dan gurih. Kalau martabak telor mau yang telor bebeknya banyak.

Martabaknya ini enak deh. Empuk....apalagi pas digigit dan ketemu cokelat ama keju, hmmmm...bikin merem melek aja mulut Mbul menghayatinya hehe. Martabak telornya juga gurih renyah. Lapisannya tebal dan gurih wangi karena banyak irisan daun bawangnya...


























Ronde Seberang Alun-Alun Prembun

Sebelah martabak, sampingnya ada Bapak Bakul ronde. Ini udah lama ada pas Mbul masih SD dulu loh hihi. Rondenya juga ngetem. Seger banget wedang jahenya. Begitu pula bola-bola tepung beras yang isinya ada tumbukan kacang manisnya.... tekturnya tuh kenyal gitu. Disruput wedang rondenya nanti akan ketemu kacang dan potongan roti.....hmmmm anget banget.

















Joyo Fried Chicken, Seberang Pasar Prembun, Dekat Toko Rakyat

Nah yang ini juga favorit Mbul nih. Secara fried chickennya gurih. Paling suka bagian kepala ama cekernya. Soalnya montok. Udah deh kalau ke Joyo Fried Chicken yang ciri khas gerobaknya merah kuning ini pasti pesennya itu...minta tulung agak dibanyakin bagian kepala dan ceker. Mana kulitnya gurih lagi....Duh...kesukaan Mbul banget

Nah, selain itu di sini juga ada tahu krispinya juga. Diceplus bareng cengek ijo mantabbb...Selain buat cemilan as gorengan pada umumnya, tahu krispinya ini juga bisa buat lauk. Dimaem bareng nasi dan lauk pauk lainnya, oke juga nih. Misalnya, pepes ikan, nasi biryani daging kambing, oseng kangkung, bakwan sayur dan lainnya. Mantabbbb... 


































































Es Tasik Gerobagan, seberang Pasar Prembun

Nah, deketnya Joyo Fried Chicken ada gerobakan es buah juga, namanya es tasik. Soalnya Abang yang jualnya ngendikane dari Tasik. Ini buahnya seger banget. Dibulet-bulet gitu. Dan Tamas sering ajakin aku ke sini beli buat dibungkus bawa pulang ke rumah. Nanti dimaemnya ditaruh di mangkok. Isiannya itu ada rumput laut, melon, semangka, ager-ager, tape singkong....Slurrrput-able banget..










Gembus Pasar Mbutuh

Yang ini juga favorit banget. Gembus goreng biarpun bukanya jam-jam menuju magrib, tapi selalu abis wkwkwk. Gembus digoreng dadakan rasanya kenyal kayak cireng. Dia bentuknya kayak bulet tapi ada lubang di tengahnya. Koyok cincin. Nanti dimaem anget-anget gurih banget. Kalau ga cocolin saos. Hmmmmm....bikin pengen terus.



























Dawet Ireng Jembatan Mbutuh

Dawet ireng jemb....jembatan Mbutuh ini yang paling rame dan terkenal seantero Kutoarjo-Purworejo. Posisinya ada setelah Jembatan Mbutuh dan Klepu yang dulu ada sate tupainya. Namanya Dawet Hitam Asli Pak Wagiman Mbutuh. 

Dawetnya hitam karena pake abu merang atau sekam padi. Tapi kenyal dan kretes-kretes enak. Disiram santan dan juruh atau cairan gula jawa, tape ketan dan es batu...hmmmm segar..


















Dawet Ireng Pinggir Jalan

Kalau yang ini dawet Ireng yang ada di seberang jembatan timbang. Dawetnya deketan ama toko furnitur kalau ga salah inget. Yang jaga bapak-bapak. Dawet disajikan di mangkuk kecil. Agak gojar-gajer tapi seger. Dawetnya kenyal kecil-kecil. Ada juruh atau cairan gula jawanya juga yang bikin manis. Disruput di cuaca terik dan hot....seger banget. Ada pula cemilan lain kayak tape goreng dan arem-arem. 











Ayam Mbah Tun Wirun

Nah ini nih yang paling Mbul suka. Pas diajakin mampir di Ayam Bacem Goreng Mbah Tun Wirun Kutoarjo. Itu arah-arahnya kalau dari belakang Pasar Kutoarjo bablas ke arah Gunung Tugel tuh, abis itu ngikutin jalan yang ke arah Wirun. Posisinya ada di pinggir jalan dengan parkiran yang luas jadi enakeun buat parkir kendaraan roda 2 maupun roda 4.
































































Ayam gorengnya sendiri menurutku enak banget. Karena dimarinasi model baceman. Jadi lebih ke manis gurih. Nah, dia pakenya ayam kampung tapi yang diculke ga dikandang, jadinya dagingnya tuh enak. Soalnya motolinnya dari alam. Bukan fur. 

Ayam dipotong jadi beberapa bagian. Bumbu meresap sampai ke dalam. Warnanya cakep. Terus dimaemnya itu bareng lalap timun, suring (tapi yang ini untung-untungan sih, kalau pas lagi rame banget cepet abis juga hihi) sama sambel. Sambelnya lumayan bikin uhammmm uhammm, warnanya merah banget....hehheeh...

Kue Lompong

Kue lompong tuh menurut Mbul mirip kue ku atau kue tok, tapi beda di bentuk dan isian aja. Kalau kue ku blet pipih dalemnya enten-enten atau kacang ijo, nah kalau kue lompong ini kacang sangrai tumbuk manis. Dia kenyal gitu ya. Dibungkusnya kayak tempe, tapi kalau yang ini pake daun pisang yang udah cokelat gitu. Cocok buat cemilan atau oleh-oleh juga.





















Sate Partodrono

Sate partodrono ini sate favoritnya Mbul ama Tamas. Lokasinya sebelum Pasar Pituruh...kalau dari klepu masuk pertigaan yang lurus terus ke arah Pituruh tuh. Satenya ga pake lidi jadi diwadahin piringan gitu. Potongannya gede-gede. Terus sambel kecapnya kental. di dalamnya ada irisan bawang merah, cabe, timun dan tomat seger. Mantab banget



























Nah itu tadi, adalah kulinerannya. Sekarang, Mbul bikin menu masakan rumahannya dulu yang kalau maem pas libur di desa tuh rasanya wenak banget. Masakan sederhana tapi wenaaaak. Pertama, aku suka banget bikin tempe goreng. Tempenya tempe yang dibungkus godhong gedhang ama kertas hihi. Cause sedari kecil jatahnya Mbul itu tiap bantu di dapur ya diauruh goreng tempe. Itu serumah pada setuju tempenya Mbul enak anget. Tempenya digaris-garis dulu, lalu dibumbuin pake ulegan bawang garem ketumbar abis itu digoreng. Terus ada lagi tahu. Hmmm 2 lauk itu enak banget menurut Mbul























































































Kalau masakannya, biasanya dimasakin krecek daging sapi tambah tahu susu. Terus dimaemnya pake paru goreng dan kerupuk ikan tenggiri. Sayur sop dan bening aku juga suka banget. Pokoknya yang kuahan gitu. Ntar cemilannya aku goreng pisang ndiri anget-anget mantaaaab... Cemilan bikin gini emang mantab. Walaupun cemilan dalam toples tentu saja ada, hihihi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)