Jumat, 18 Oktober 2024

Mesmerising Sight ❤

Assalamualaikum wr wb....
Hallo Oktober. Bulan-bulan terakhir di 2024. Dua bulan lagi udah November dan Desember. Wah, ga kerasa ya. Waktu berjalan cepat banget. Aku jadi ingat tahun baru kemarin, kami melakukan perjalanan ga biasa. Jalan-jalan tanpa rencana. Lebih tepatnya di tanggal-tanggal akhir menuju Desember 2023. Dan tahun baruan di Tol waktu menuju pulang ke rumah kami yang di kota lagi.

Aku diajakin Mas road trip dari arah pantai Utara Jawa menuju Jawa Timur. Itu adalah jalan-jalan terpanjang dengan kendaraan sendiri di mana yang nyetir adalah Mas hihi. Aku tinggal temanin dia aja, sesekali bobok seperti bayi eh tau-tau udah sampai tempat yang bagiku mesmerized banget.

Kali ini aku mau menuliskannya lagi. Karena itu perjalanan yang amat sangat berkesan (bagiku) dimana sepanjang jalan kami banyak becandaan aja. Ga ada itinerary, ga ada rencana-rencana saklek, ga ada patokan yang berarti. Semua berjalan begitu aja. Mengalir kayak air. Kemana kaki akan melangkah, pokoknya ayok lah. Gaskeun...

Sebenernya yang mau aku tuliskan di sini ga cuma pas jalan-jalan ke Jawa Timurnya aja sih. Melainkan nanti akan ada beberapa tempat lainnya juga yang buatku indah. Indah yang ga gampang dilupakan. Makanya aku sering mengabadikan. Biarpun kata Mas disimpan aja dalam kepala, Dek.... diingat-ingat, ga musti difoto juga kan hehehheh. Kan Gusti Alloh ciptakan buat dinikmati keindahannya to, tapi tetap aja akunya pengen foto. Beby Mbul itu suka mengabadikan hihihi...Lantas dimana aja sih tempat-tempat yang menurutku punya kesan tersendiri sampai aku susah untuk melupakannya. Kutuliskan di bawah ya. Tapi, kayak biasanya mode tulisan santai.

Mie Godog Dulu

Malam-malam, sekalian sama packing, karena aku diajakinnya juga dadakan, Mas tetiba ngelih. Akhirnya karena udah hectic dalam artian hectic yang antusias (sampe perut serasa digelitikin) mempersiapkan segala sesuatu yang dibawa, kami sampai lupa masak. Ngemie-lah jalan keluarnya. Uplek....uplek...uplek jadilah mie rebus pake telor nyempluk. Mas pake nasi, aku ga hahhaha...Iya dia makan mie tetep pake nasie loh...hohoho.

Esoknya udah bangun pagi-pagi banget, ngecekin barang bawaan, tapi beneran cabutnya udah rada siangan. Kiranya matahari pukul 08.00 mulai senyum malu-malu, Mas langsung mengesusuw-susuw diriku supaya : "Ayok ndang Dedek....kita berangkat." Wokay...wokay wokay...Mbul bulak-balik pastikan segala peralatan yang ada kebawa karena kan ke sananya akan ada 7 hari. Wah rekor banget. Ini sih perjalanan terpanjang sekaligus terlama yang pernah kami lalui. Sebelumnya emang ada yang lebih jauh lagi, cuma itu pake pesawat. Jadi karena ini Mas yang nyetir sendiri maka bisa dibilang ini perjalanan terpanjang sekaligus terlama gitu deh judulnya.

Sarapan di Cikopo

Nah, singkat kata, ga lama kami jalan. Dari Jakarta ke Tol alhamdulilah lancar. Cuma nyampe Cikopo ngelih. Karena aku dan Mas belom sarapan, akhirnya Mas mengajakku melipir dulu ke arah Purwakarta buat cari warung nasi. Ga tau mau makannya kemana tapi yang jelas begitu nemu yang ada basic ikan-ikanannya, kami hayuk lah. Akhirnya nemu tuh di Kepala Ikan Manyung Barokah. Yawes mandeg di situ aja. Terus begitu liat laukannya, Mas langsung pilihkan kepala ikan manyung, sedangkan aku iso, babat, tahu, tempe dan sayur asem khas Sunda. Lalapnya ada leunca, timun, dan terung gelatik. Sambelnya udah disediakan juga di sana, dipakein wadah tersendiri dan rasanya pedes banget. Makanya aku ambil sedikit aja hihi...

Kira-kira setengah jam menandaskan sarapan, beberapa menit leyeh-leyeh, Mas pun beranjak bayar-bayar. Pas bayar, tak sengaja mataku melihat ke arah toplesan, di sana ada stik keju pedes diplastikin kecil-kecil. Kupikir enak juga dicemilin sambil jalan. Belilah beberapa bungkus...Habis itu lanjutkan lagi perjalanan, tapi aku ga akan tulis semuanya sih. Kira-kiranya kota yang pas mampir sejenak itu aku ngerasa suka. Jadi begitu nge-gleng lanjut terus arah-arah Semarang, kami bablas lagi sampai Magrib tuh sampai Demak. Mas sholat magrib dulu di Masjid Demak. Demak malam itu alun-alunnya rameeee banget. Banyak pengunjung duduk-duduk di alun-alunnya gitu deh karena di situ kan banyak streetfoodnya.

Nyoto Kudus Dulu...

Tapi kami ga lama di Demak. Sebab Mas belum pengen maem malem dulu sebelum nemu yang sekiranya okey menurut lidah beliau. Sebab Beliau nih cenderung idealis soal makanan hehehhe...Jadi aku nurut aja. Ternyata bablas lagilah kami ke arah-arah Kudus. Kota Kretek nih. Nah, karena Mas suka banget ama soto-sotoan, maka beliau ajakin lah aku maem di sini aja. "Cario Dek soto seng sekirane enak seger...kayake wes podo ngelih to Cantik?" Iyaaaa banget. Akhirnya kami pun dapatlah 1 warung makan autentik yang kelihatannya oke nih. Namanya Warung sederhana Soto Ayam Bu Jatmi.

Ya, pantarannya jam 20.00-20.30 WIB-an kami tiba di sana, dan pengunjungnya masih cukup banyak. Kami pun memilih bangku yang agak ke dalam karena kursinya lebih nyaman. Habis itu pesan soto kudus yang dagingnya dari daging kerbau, kepala ayam jantan, sayap, sementara aku ayam paha hehhehe...Ayamnya ayam kampung jadi enak.

Setelah perut terisi dengan soto kudus yang seger, juga ayam pahaku yang gurih, akhirnya kami lanjut lagi menuju kota paling utara Jawa Tengah sebelum masuk ke perbatasan Jawa Timur. Yaitu Rembang. Sebelumnya tentu kami melewati Pati dan Djuwana tapi nginapnya sekalian aja ke Rembang. Meski hotel yang kami dapat adanya di area Pom Bensin hihihi.

Keesokan paginya lanjut lagi dan sempat sarapan di Warung Makan Ndeso di daerah Rembang sebelum Makam Sunan Bonang, dan menunya itu menu masakan rumahan yang masih anget baru mentas dari wajan. Jadi lauknya masih lengkap dan juga komplet. Tapi kami ambilnya itu ikan bandeng goreng, oreg tempe, sayur asem, sayur bening, tempe goreng bumbu bawang. Duh segernya....Ga lupa aku minum jamu kunir asem juga biar ketek selalu wangi, tidaq hacem etdahhhh ahhahahha...#canda

Pujon.....Adem.....Brrrr....

Aku percepat aja ya, singkat kata sampailah kami di Jawa Timur. Setelah sebelumnya melewati Tuban, Gresik, Sidoarjo, lalu Surabaya daerah Ampel (sempat menginap pula di sana dan nyobain sambel belutnya yang endeus uham, Pecel Pincuk Boeyatin dan yang punya senyum-senyum waktu ku ijin mau liput dan tulis menu pecelnya di blog ini hihihi, nasi goreng merah di eperan depan Hotel Arcadia dan bebek madura), kami lanjutkan lagi perjalanan menuju area yang dingin-dinginnya apalagi kalau bukan Mbatu dan juga Pujon.

Nah, di sini enak nih. Secara aku bisa melihat view yang menurutku cakep banget. Areanya menanjak dengan pinggiran hutan dan seberangnya jurang hmmmm....agak ngeri tapi kok yang tegang-tegang enak. Dan....pas udah memutuskan nginepnya di Pujon aja, kami sempet ga sengaja mampir tester beli apel dulu nih di sentra oleh-oleh buah dan sayur-sayuran khas Pujonnya. Kami beli apel yang biarpun sedikit hacem tapi enak seger gitu deh ga lupa sekalian melihat pemandangan di sekelilingnya. MasyaAlloh indahnya buah-buah khas gunung bergelantungan dipetik langsung dari kebunnya. Selain primadonanya adalah apel, ada pula alpuket, ubi manis, stroberi, jeruk, labu, keripik buah, kerupuk dan juga sayur-sayuran. Ada bula stand kembangan dan tanaman hias yang memanjakan mata. Aduh, cantiknya kembangannya warna-warni.

Nginap di Pujon ini sesuatu banget. Selain dapat penginapan yang ada di atas, suasananya itu loh...sunyi sepi tenaaaaaaang banget hahahhaha....Penginepannya gede. Tapi yang nginap dikit. Kawannya cuma seoasang Eyang Kakung dan Eyang Putri. Uuga keluarga dengan jumlah anak banyak. Jadi ya berasanya itu lumayan ya...Tapi viewnya cakep menghadap beberapa gunung, dan kalau dah pagi, kalau kabutnya udah kesingkap, hmmmm....indahnya pemandangan gunung yang ada di depan mata.

Nah, di sekitar situ ada pula tempat wisata kelinci. Jadi paginya kami ke sana. Mau kasih makan kelinci. Tempatnya agak nanjak dekat gunung dimana terdapat olahraga paralayang tapi itu masih naik lagi. Nah yang di wisata taman kelinci ini juga ada kebun stroberinya juga.

Di Taman Kelinci, kami beli wortel beberapa cup dan kasih makan kelincinya satu per satu. Kelincinya lucu-lucu. Sehat dan montok. Apalagi yang putih diwut-diwut, juga kelabu dan brown. Kayaknya kelinci anggora deh. Tapi ada juga kelinci yang matanya merah. Lucu....idungnya kembut-kembut pink...agak basah. Sukanya loncat-loncat. Tapi kalau udah ketemu wortel langsung maemnya lahap.

Stroberi Unyu di Karanganyar

Kota selanjutnya yang bagiku indaaaaah banget dan kerasa adem itu pas perjalanan menuju ke Karanganyar Tawangmangu tapi lewatnya Magetan. Sebelumnya sempat lewat Jombang dan Madiun. Nah, di Madiun ini sempat istirahat sejenak jadi ngliat keindahan kotanya. Cakep deh di sepanjang pedestriannya banyak bunga bungur warna ungu. Beneran kota yang tertata.

Nah, pas malamnya barulah sampai ke Magetan hingga memutuskan nginap di sekitar Sarangan meski ga ke Telaga Sarangannya sih. Kami lebih memilih ke Grojogan Sewu Tawangmangu yang ada di Karanganyar dekat Solo. Jadi dari Magetan-Sarangan yang Jawa Timur akhirnya tembus juga ke Jawa Tengahnya. Tapi perjalanan menuju ke sananya itu liwat yang kaki gunung lawunya jadi indaaaaah banget. Suasana pagi di sana masih diselimuti kabut. Suara garengpung atau tonggeret memecah suasana. Bener-bener hening yang membuat merinding tapi kayak yang nyamaaaaan banget suasananya. Nanti lepas kanan kiri gunung dan jurang, lanjut jalanan yang meliuk-liuk naik turun pegunungan dengan pemandangan kanan kiri kebun kubis dan sayur mayur lainnya. Suasana yang menyejukkan mata. Nah, sesampainya di Tamangmangunya baru ketemu gunungan-gunungan stroberi yang menawan hati. Stroberi khas pegunungan, begitu merah dan juga ranum. Aku beli 1 cup.

Kami mandeg karena mau ke grujugan yang ke sananya harus menuruni ribuan undak-undakan hahahhaha...Olahraga sikil kami tuh hihi. Tapi kami semangat walau pas mau naik lagi segala badan jadi njarrm-njarem. Mie godog dan mie goreng full sawi yang semula kami santap di bawah sana langsung dibakar menjadj tenaga hahhaha...Sesampai atas, kami langsung melipir ke pintu keluar yang lebih sepi. Nah di sana ketemunya kayak Mess lalu seberangnya lagi homestay dan juga mushola kecil. Kami pun sholat dulu dan saat wudhu....masyaAlloh airnya anyes banget kayak es, seger banget...

Rampung sholat menuju ke kendaraan lewat homestay yang dikelola warga lokal dan di depannya ada taman kecilnya. Ada kembangan putih dan merahnya juga kucing yang sedang rebahan beberapa ekor lucu banget.

Singkat cerita, kami lanjutkan lagi perjalanan tapi mampir lagi ke Taman Kelinci. Kali ini di Karanganyar. Nah, di situ sekalian ngadem sejenak. Maem cemilan kentang, singkong Thailand, sama so buah dan es teh manis. Hmmm...nikmatnya...

Banyumas, Bumiayu ❤

Selanjutnya kota lain yang menuruku mesmerized banget tapi di luar road trip di jawa timur yang ada di atas. Yaitu....jeng...jeng...jeng...Banyumas dan Bumiayu. Ntah kenapa selalu senang ketika melintasinya. Pemandangan indahnya kadang spontan aja tanpa diaba-aba.

Kalau Bumiayu, patokannya karena ada Sungai Serayunya. Nah, di sitah pemandangan indah berada. Sungai yang maha luas, dengan air yang kelihatan jernih, walau terkadang juga cokelat. Sementara di Banyumas, sempat pula melintasi area Cilongok dan Tumiyang dimana pemandangan sawah dengan background pegunungannya begitu indah mempesona. Sungai mengalir indah dengan bebatuan kali yang besar. Suasana sore berasa pagi...Apalagi saat ke sana (walau hanya melintas sejenak) gerimis sedang turun rintik-rintik.

Hometown....

Baik tempat masa kecilku maupun Mas, semua tampak menyenangkan. Suasana pedesaannya masih hijau asri,dengan rumah berhalaman luas. Paling suka kalau masih berupa rumput hijau dengan dikelilingi tanaman. Unggas entog dan juga 'banyak' atau angsa melenggak-lenggokkan pantatnya yang demplon seperti admin blog ini, menambah keindahan suasana. Tapi ada 1 tempat lagi yang indah pula, areanya agak menanjak dekat waduk sehingga sejuk dan sudah masuk lereng pegunungan

Koloni Burung Pelikan

Pemandangan yang menurutku amazing juga adalah burung pelikannya ragunan. Pelikan Timor. Jumlahnya banyak dan apabila jam pemberian pakan tiba, burungnya langsung membentuk formasi serentak yang menimbulkan decak kagum saat melihatnya. Burungnya kelihatan semangat memakan ikan-ikan yang dilemparkan. Dan sesekali ada yang terbang lalu hinggap dan berenang tenang di tepian...

Di Ragunan, area yang cukup memukau adalah kedai buah-buahannya. Karena di sana dapat dijumpai buah-buahan langka atau kadang susah dicari. Sawo mentega salah satunya. Kalau yang umum ya paling ada sawo, talas, rambutan, jambu darsono, manggis, alpukat, juga besusu atau bengkuang. Ragunan juga identik dengan pecelnya. Ke Ragunan kalau ga maem pecel rasanya ada sesuatu yang kurang. Pecel godhong kates, kangkung, tauge, dan kubis. Tak lupa bakwan yang digunting lanjut siram sambal kacang. Hmmmm...pedas manis gurih... Kadang kalau jalan mampir ke kedai anggrek di sana biasanya ngendekin Bapak Sate Kikil atau kue putu isi gula merah lumer...Ini juga kayak jalan-jalan kecil yang menyenangkan..