Jumat, 16 Maret 2018

Pregnancy Diary : "Pemulihan Pasca Caesar Berapa Lama?"



Jawabannya adalah tergantung. Tapi kalau yang aku alamin sekitar sebulanan...maksudnya sebulanan itu waktu yang paling tepat buat aktif seperti biasanya alias udah ga terlalu parno lagi buat banyak gerak. Ya bertahap emang... Satu hari pasca operasi jelas masih pusing-pusing dan ati-ati banget buat gerak. Paling belajar miring kanan-miring kiri sama netein bayi. 




Nah, baru di hari ke-2 (setelah visit dokter buat check perut kemudian dinyatakan okay), maka dari situ aku udah diperbolehkan jalan, bahkan mandi keramas walau harus dibantuin Pak Su (iya pas mandi pertama itu aku masih dituntun pak su, bahkan diguyurin aer dan disabunin...karena kan masih dapet efek bius dan obat-obatan, jadi takut istrinya yang imoet bin ucul ini jatuh sempoyongan di kamar mandi).

Sebenernya banyak detilnya sih yang aku rasain selama nginep 4 hari 3 malam di RS itu. Mulai dari drama puting mendelep, hari pertama bayi jegerr belom keluar ASI,  payudara bengkak mpe sekeras batu pada keesokan harinya, hingga harus dipijet laktasi sama bidan yang pol-polan sakitnya. Nyut-nyutan. 

Uda gitu, aku juga masih dalam keadaan ga gitu ngeh waktu diterangin bidan laktasi tentang gimana-gimananya ntar pas pulang dari RS (maksudnya kudu ngapain aja ama si bayi misal cara memandikannya gimana, membedongnya gimana, membersihkan puser yang belum puput gimana, menyusuinya gimana, menjemur di bawah terik matahari paginya gimana (apa perlu telanjang atau dipakein baju), mencuci pakaiannya gimana, termasuk pula senam nifas, pijat laktasi, dll). Plusssss satu lagi yang bener-bener jadi pikiran waktu itu adalah kekuatiran ga adanya bala bantuan selama beberapa pekan misal Pak Su uda mulai kerja lagi, mengingat ibuk dan bumer kayaknya ga mungkin bisa nemenin lama (soalnya ibuk kan kerja yang mana jadwal absensi makin ketat, sementara Bumer sedang panen padi sehingga kayaknya ga bisa diharepin pula buat bantuin agak lamaan pas masa-masa kritis itu, humbbb). Komplet deh. Pikiran acak adut mpe bisa dibilang stress dewek wkkwkk.. Untuk lebih jelasnya biar aku jabarin dalam bentuk cerita aja gimana? Siapa tau ada yang membutuhkan info ini.





"Pemulihan Pasca Operasi Caesar"

Setelah proses operasi yang terbilang singkat itu, kemudian baby diletakkan dalam pelukan...(walau cuma dalam itungan menit), langkah selanjutnya adalah tindakan  pengeleman perut oleh tim dokter. Jadi, teknologinya udah makin canggih, karena yang aku dapatkan uda dalam bentuk lem, bukan jahitan lagi. 

Entah bagaimana teknisnya, cuma yang jelas itu perut uda dalam keadaan kempes pes pes pes. Dari yang semula mblendung, sekarang tiba-tiba uda  entengan lagi walau kerasanya sedikit aneh karena yang selama ini nendang-nendang di dalam perut udah diambil aja waktu operasi, wkwk. 

Klo dari segi penampakan, emang perutnya jadi ga ada benang-benang jahitnya. Cuma diplester, terus kerasanya uda rekat sendiri. Ya walau prosesnya tetep aja harus step by step ya. Iya....jadi sayatannya itu melintang di atas area v, terus visualisasinya cuma kelihatan diplester doang yang mana tentu aja menggunakan plester khusus. Di sini bahkan dokter Iwan Darmawan, SPOg--obgyn yang menanganiku dari mulai promil awal sambil bercandaan bilang), katanya : "Sim salabim, tuh udah cakep lagi kan perutnya. Pokoknya dokter Iwan sulap ga keliatan lagi ya lukanya," ujar beliau sambil mengarahkan cermin kepadaku supaya aku melihat sejenak bekas yang tadinya dibedah itu. Beliau dan tim memang bisa dikatakan sudah sangat profesional dalam hal ini sehingga proses pengerjaannya terkesan minim sakit selain memang tentu saja karena aku masih dalam keadaan terpengaruh obat bius (yang setelahnya memberikan efek kantuk luar biasa). 

Rahasia sebenarnya adalah terletak pada koyo bermerek Durogesic yang dipasang di atas payudara. Koyo ini berfungsi sebagai pengganti rasa nyeri, namun konsekuensi yang harus diterima pasien adalah mual, pusing, bahkan muntah. Iya, jadi perawat jaga yang bertugas pada hari pertama pasca operasi itu sempat menawariku  beberapa pilihan. Apakah aku bersedia dipasangi koyo supaya bebas dari rasa nyeri namun masih dalam keadaan pusing/mual, atau pilih ga pusing/mual namun nyerinya tetep kerasa? Aku sih mending pilih mual pusing aja daripada perutnya yang berasa teriris-iris...hahaha...




Singkat kata, singkat cerita, begitu tindakan pasca operasi selesai, kereta  dorong kemudian dioper menuju bangsal yang sudah kami pesan jauh-jaih hari sebelum HPL. Alhamdulilahnya kami dapet kamar yang super nyaman melebihi ekspektasi. Sebab, tadinya kami memang pesan kamar tipe kelas 3 (sesuai dompet kami lahyau), tapi  ndilalahnya kok ya pas kelas 3-nya full book, jadi eke dialihkan ke kamar kelas 1 namun masih dengan harga kelas 3, horeeee (ini sih emang rejekinya dedek bayi). 

Ya, budgetnya sih sekitar Rp 16 juta udah all in (keterangan : biaya lahiran caesar di RS Hermina Tangerang untuk tipe kelas 3 tahun 2017). Terus alhamdulilahnya lagi dapet subsidi dari kantor Pak Su sebesar Rp 5 juta. Jadi kami tinggal gesek Rp 11 juta sadja. Alhamdulilah, walau nominal ini bagi sebagian orang masih terbilang mahal, tapi segala sesuatunya kayak dimudahkan oleh Alloh SWT. Emang bener apa kata orang, anak itu salah satu pembuka pintu rejeki....subhanalloh..... 


Nah, begitu pintu ruang operasi dibuka, di sana uda ada Pak Su yang menyambutku dengan wajah bahagia campur haru. Serius, baru pertama itu aku ngerasa beliau begitu melindungi *aaww tu kan hatiku jadi meleleh*, karena yaaaak untuk pertama kalinya (maksudnya pengalaman lahiran pertama), beliau ini termasuknya yang berani ngurus-ngurus apa-apanya sendiri. Karena kan emang kebetulan kami tinggal jauh dari ortu maupun mertua (hidup di perantauan, bayangin aja 2 bocah yang masi keliatan oenyoek-oenyoek ini... kudu bolak-balik RS, mulai dari promil pertama pada usia pernikahan ke-8 bulan, sempat hamil pada usia pernikahan ke-12 bulan walau akhirnya dinyatakan BO dan harus kuret, terus alhamdulilah dikasi hamil lagi pada usia pernikahan tahun ke-3, sampai melahirkan kayak sekarang). Ya meski aku tau Pak Su ini aslinya cemen banget ngeliat darah. Lha wong pas Mbaknya sendiri lairan, beliau juga baru berani nengok setelah sebulan kemudian, tapi kalau yang ini---mungkin karena casenya sedang nemenin istri jihad nglairin--jadi ya tetep dibela-belain stay tune, meski alhamdulilahnya di ruang operasi beliau ga diperkenankan masuk. Jadi beliau ga perlu liat eke berdarah-darah or totally bloody brutal ahahhaha...Beliau tinggal nunggu bebynya dibersiin dulu baru abis itu diadzani. Nah, setelah selesai diazhani, barulah beliau diperbolehkan mengopeniku sejenak untuk oper ke kamar inap. Duh....so sweetnya model orang kaya pak su ini ya diaplikasikannya dalam bentuk gini *ketjooop*

Setelah oper dari ruang operasi ke kamar, kurang lebih 3 jam-an aku tertidur karena pengaruh obat bius. Jadi rasanya tu letiiih banget, darah berasa terkuras. Mata juga yang pengennya mereeeeeem aja, nguantuk sangat. Kepala pun terasa masih oleng, sementara area perut bagian bawah belum bisa digerakin. Jadi klo ga dibawa tiduran rasanya kayak ngawang-ngawang. Lha wong pipis aja masih dibantuin kateter yang jujurnya bikin area v jadi senud-senud. 

Ga lama kemudian kondisiku berangsur-angsur pulih. Begitu melek 100%, kulihat badan uda terbaring aja di atas dipan berseprai putih dengan pemandangan kamar kelas 1 yang dilengkapi dengan 1 buah meja, 1 buah kursi untuk yang jaga, serta 1 buah lemari untuk menaruh baju ganti. Meja juga uda penuh dengan air mineral, aneka kue dan buah buat cemilan pengganjal lapar. Pasien tetangga kebetulan kasusnya lebih memprihatinkan lagi karena harus kuret setelah observasi beberapa malam akibat tidak adanya detak jantung janin di uk ke-7 week. Sungguh cerita yang sangat memilukan dan mengingatkanku pada kejadian 2 tahun silam. Bedanya, di aku ketahuan BO-nya itu emang dari awal uda ga ada detak jantung janin, sementara pasien sebelah tadinya ada detak jantung janin cuma mandek di uk ke-7 :'(. Sedih banget. Pasti...

I feel u....


Balik lagi ke cerita kondisiku pasca melahirkan caesar. 

Meski penglihatan masih agak meraba-raba, namun pada saat jam makan (yang kayaknya frekuensinya tu seriiiing banget), ya diriku harus tetap T-E-R-T-I-B. Walau rasanya tu mulut paiiit banget dan kayak terpaksa gitu harus ngunyah karena kan harus nenggak obat yang bentuknya gede-gede. Ya beginilah....antara mata yang rasanya ngantuk terus, tapi tetep kudu minum obat sehingga ga boleh telat klo uda masuk jam makan. Menu makanan RS tau sendiri kan? Minim bumbu...wkwk...(namanya juga makanan sehat hihihi).

Jumlah obatnya sendiri terdiri dari 3 jenis, diantaranya : obat anti nyeri, obat anti pendarahan, plus suplemen ASI bermerek Lactamam. Masing-masing diminum 3 kali sehari setelah makan. Nah, di sini nakesnya wanti-wanti banget supaya aku ga terpengaruh sama mitos-mitos lama kayak misalnya harus minum jamu-jamuan setelah melahirkan, dipakein kunyit di bagian pelipis, obat-obatan china yang ga sesuai resep dokter, dll. Anjurannya sih satu. Udah abisin aja itu obat yang dikasih RS. Plusss banyak makan protein tinggi supaya luka caesar cepet kering. Disuruh banyak makan putih telornya aja. Orang rumah suruh rebusin buat digado atau lauk makan biar masa pemulihannya cepet. Oh ya, katanya lagi emang jamu-jamuan itu bikin bayi jadi cepet kuning loh.....itu nakesnya sendiri yang bilang selain karena penggunaan bahan-bahan kimia di dalam ruangan macam kamper, parfum, obat nyamuk semprot, pewangi pakaian, dll. Nah, karena aku percaya sama yang ilmiah-ilmiah gitu, ya akhirnya aku nurut aja. 

Next...

"Finally Ketemu Bayiiiik"

Perawat kemudian membawa bayi mungilku yang uda dipakaikan baju berenda setelan rumah sakit juga selimut berwarna merah jambu yang terkesan manis sesuai parasnya. Dia dianter pake kamar tidur dorong yang modelnya mirip baki. Warnanya bening segi 4. So cute...

Aslinya kalau pas jam kunjung kan bayi-bayi ini dibawa ke ruang khusus lagi buat "baby show". Lucu deh, jadi bayi-bayi yang lahir di RS ini, masing-masing memang ditaruh di box-box mini tadi, dimana untuk jenis kelamin cewek dipakaikan selimut pink, sementara kalau bayi cowok dipakaikan selimut biru. Jadi bayiku juga ternyata uda punya banyak teman ya pada waktu jam istirahat, hahaa....jejer-jejer di ruang kaca. Bisa dibilang kebijakan RS ini memang okay sih menurutku sehingga meminimalisir penularan virus ato infeksi yang dapat ditularkan dari para penjenguk yang kita ga tau apa mereka dalam keadaan sakit atau ga waktu datang membesuk. Ya namanya juga orang banyak kan, sementara bayi masih dalam keadaan fragile banget, jadi buat meminimalisir hal-hal yang ga diinginkan saat kontak dengan orang banyak harus ada penyekatnya. Penjenguk ga boleh sembarangan megang, kecuali pas jam rooming in bareng ibunya. Kalau ga, mereka hanya diperbolehkan melihat via kaca jendela pada saat jam berkunjung. 




"Drama ASI Belom Keluar Pasca Melahirkan"

Meski kesadaran Mbul masi on of, tapi alhamdulilah pihak RS sangat pro untuk rooming in antara pasien dengan bayinya, sehingga saat itu juga uda harus latian nenen. Ya, emang masih agak bingung juga ya. Karena dengan keilmuan bab menyusui yang masi nol besar plus pengaruh obat bius yang masih ces pleng di badanku, paling ga aku harus kuat-kuatin mata buat menyangga bayi yang hendak menyusu. Cukup kesulitan jelas. Bayi susah ngenyot karena putingnya ucul mulu.

Ketambahan lagi payudara masi belom ada tanda-tanda  mau keluar ASI. Padahal pas aku besuk saudara yang habis caesar juga pada bulan sebelumnya, awal-awal lahiran, PD dia uda mulai isi Asi. Nah kenapa di aku kok ga ada sign mau keluar susu setetespun. Klo kayak gini caranya bagaimana aku ngasi makan si beby yang sumber makanan utamanya hanya ada di aku? Sampe yang stress ndiri en sempet suujon, ini aku bakal keluar ASI engga si. Padahal aslinya begitu disodorin payudara, itu baby uda kayak yang kehausan banget. Actualy dia pandai menghisap. Namuuuun karena si puting masih suka gampang ucul klo ga yang dijepit banget, jadi ya begitu deh...... Apalagi pas aku masi dalam kondisi ngah-ngoh akibat pengaruh obat bius, walhasil mbekerlah itu si bayi karena ga dapet-dapet apa yang dimau. Dari situ, Pak Su ikutan gemes. Tergambar dari sorot matanya, yang klo di kantor emang dia jadi leader....jadi klo ngeliat sesuatu yang blom ketarget tu rasanya gemees gregetan wkwkkw. Akhirnya dia ga bisa doong klo ga ikut turun tangan ngebantuin buat njepitin itu puting biar masuk ke mulut mungil si beby. Ini kok nganu ya...hahahah...tapi emag begitulah kesulitan kami awal-awal menjadi orang tua. Ga semulus gambar iklan di BKKBN. Sumpahhh itu tu suliiit banget, dan subhanallohnya Pak Su bener-bener sabar banget ngebantuin sambil ngejepitin segala plus nyariin posisi yang enak biar beby bisa langsung garcep lacth on. Sampe karena saking desperatenya, itu daster karena kancingnya kelihatan nanggung (kurang nyampe ke area dada), maka solusinya adalah langsung ae pak su inisiatif buat nyobek dikit biar enak buat dibuka n payudara bisa nyembul, wkwkkw. Bayangin aje, beli 3 daster cakep-cakep akhire digunting juga biar ga rempong nyusuinnya.

Karena kondisi ini ga kunjung membaik (baca : masalah pelekatan), malah beby berontak makin mbeker dan meronta-ronta, maka berkali-kali itu pula kami harus memanggil perawat buat mengajariku yang masih bodoh ini. Sekali diarahin suster bisa berhasil nancep, begitu susternya pergi eeeee ucul lagi. Panggil lagi, dapet lagi, tapi begitu susternya pergi lagi, yaaaa copot lagie. Huuuuft...tak seperti yang kubayangkan sebelumnya. Kupikir nyusuin itu gampang. Sekali nemplok langsung nyot-nyot-nyot...ternyata tidak gaaez.. Susaaaah. Apalagi ketambahan dengan banyaknya tamu yang hilir mudik buat ngejenguk. Bukannya ga seneng dijengukin, tapi frekuensinya tanpa jeda. Jadi, waktu yang seharusnya kumaksimalin buat latihan nyusuin jadi kacau balau. Sementara nanti begitu jam kunjungnya abis, si beby dibawa rooming in lagi buat ditetein, atau pesti adaaa aja agenda yang bikin mripatku ini mandan byarr pet akibat pengaruh obat. Ya ada kunjungan bidanlah buat nerangin kelas laktasi, kelas perawatan bayi ketika sudah sampai rumah, kelas senam nifas, ganti plester, visit dokter, ganti selang infus, atau jam makan tiba. Jadi tu istilahnya kayak ga pernah ada jeda. Walhasil aku stress tingkat dewa karena jujur masih ngeblank akibat pengaruh obat. Beruntung, Pak Su punya daya ingat dan konsentrasi yang  tinggi ketimbang biniknya ini, jadi pas diterangin bidan gimana cara merawat bayi dia uda nangkep duluan. Bahkan begitu diajarin beliau langsung bisa praktek...malah lebih telaten dari aku, sampai-sampai  bilang kalo beliau adalah 'titisan bidan' ahahhha...huft aku kalah lah..hihi

Pada hari ke-2 pasca operasi caesar itu, dokter juga sudah memperbolehkan aku buat mandi. Karena setelah visit dokter, perban dan plester yang ada di perut udah diganti dengan yang baru. Kali ini plesternya kedap air. Lagipula kateter juga udah dicopot, jadi biar sekalian latian jalan dan mandi plus keramas supaya kotoran sisa operasi bisa luntur dengan seketika. Nah, karena kepala masih sangat terhuyung-huyung ketika dibuat jalan, maka dari situ aku minta Pak Su buat jagain aku selama mandi. Uda gitu darah nifas juga lagi banter-banternya. Takutnya aku jatoh gitu. 

Jadi begitu tiba di kamar mandi, langsung buru-buru cari aman dengan cara duduk di closet duduk, terus minta tolong pak su buat guyurin ama gantiin baju. Abis itu jalan ke dipan lagi ya tetep dituntun karena masi belom lancar bener tiap gerak.

Alhamdulilah akhirnya ada juga susu keluar dari payudaraku setelah dipompa dan sempat bengkak nyut nyutan huhu

pake pompa manual

Syukuran adek bayi


"Payudara Tiba-Tiba Bengkak Sekeras Batu, Ohhhh...God!"

Keesokan harinya ibu dan bapak dateng dari kampung halaman, naik kereta turun bekasi lalu dianterin kakak ke RS dimana aku menginap. Sementara itu, bumer sendiri rencananya akan datang belakangan karena pakmer kebetulan sedang dalam kondisi kurang fit sehingga harus ditungguin di rumah. Kami sih senyamannya beliau-beliau aja deh mau datengnya kapan. Mau lama atau sebentar monggo. Ga yang kudu mematok harus nemenin full juga. Karena kami tau mereka juga punya kesibukan masing-masing. Masalah siapa yang bantuin selama sebulan pasca operasi itu, ntar deh dipikirinnya sambil ngopi wkwk...

Nah, setelah bapak, ibu, kakak, serta ipar tiba, beby pas kebetulan sedang ''baby show'' di ruang khusus bayi. Jadi simbah dan budhenya ini mandan getun karena kok ya ga bisa langsung gendong cucu en ponakan, wkwkwk. Ya gimana ya, abis uda kebijakan RS-nya begitu. Meski udah ngaku klo simbahnya sendiri, klo bukan pas jamnya dibawa rooming in bareng ibunya ya tetep nda buleh pegang, itu kata si satpam sih hihi. Jadi untuk mengobati rasa penasaran atas kehadiran cucu perempuan pertamanya ini, bergantianlah mereka menuju ke ruangan dimana bayi-bayi yang lahir pada tanggal yang sama atau berdekatan dipajang. Sementara itu, aku masih belom bisa banyak gerak dan harus tiduran di atas dipan. 

Nah, selain melepas kangen dengan banyak cerita soal pengalaman hamil sampai melahirkan, pada kesempatan kali itu juga kugunakan untuk curhat masalah per-ASI-an ke kakak. Kataku, kok ASI ku belom keluar-keluar juga ya? Kemarin si ini tete masi lunak. Nah, hari itu udah ada peningkatan dikit sih. Ga yang sekempes kemarin. Tiba-tiba kok ya uda mengkel aja meski pas dipencet-pencet tetep belom keluar juga itu susunya. Malahan takidnya pol-polan kayak bengkak abis keentup tawon hahaha... 

Kakakku yang kenyang akan teori per-ASI-an pun buru-buru menenangkan.... Dia bilang masi aman kok baby kan punya cadangan makanan sampe 2 hari setelah dilahirkan. Jadi ga perlu kuatir dan langsung digantikeun oleh sufor. Ya tapi kan ini uda 3 hari sist...begimana dong. Aku takut kalau dia sampe dehidrasi... Apa perlu dimimiin dulu pake susu formula? Kesian dia mulai lelah, maksudnya cara nangisnya tu menyayat hati banget. Ku mulai gamang #balada ibu baru blom tau apa-apa. Namun beruntung kakakku ini tipe orang yang selalu ngasi support penuh supaya aku tetap optimis bahwa sebentar lagi ASI ku keluar. 

Beliau lalu menyarankan, apakah aku uda coba pake breastpump ? Oiya, aku lupa. Duh abis ngelahirin kok ya ngeblanknya minta ampun. Segera kukeluarkan pompa elektrik double pump yang sebenernya adalah pinjeman dari kakak, lalu menyambungkan kabelnya dengan stop kontak. Di sini aku diajarin benar bagaimana cara memerah dengan menggunakan alat ini. Alat yang baru satu kali itu aku praktekin langsung sambil deg degan menunggu seberapa banyak hasilnya.... Dan jawabannya adalah...Apakah berhasil? Ternyata belom sodara-sodara. Malahan payudara kayak berasa digelitikin aja ama dorongan pompanya. Kurang neken maksimal perasaan. Karena masih penasaran, kakak lalu minta ijin buat ngurutin aku pake baby oil. Arah ngurutnya dari luar ke dalam. Diteken-teken ampe grenjel-grenjel yang ada di dalem kayak ikutan gerak. Jangan ditanya rasanya kayak apa. Pediiih bin perih. Nyeri cenad cenud..... Tapi mending sih, kali ini ada hasilnya walau dikit. Karena dari puting tiba-tiba keluar cairan berwarna kuning bening yang kata kakak itulah yang disebut sebagai kolostrum, ASI pertama yang paling baik untuk ngebentuk kekebalan beby. Jadi dari situ aku terus disemangatin untuk jangan langsung pantang menyerah--toh kolostrumnya uda mulai netes walau dalam bentuk dikit-dikit. Dia juga bantu panggilin suster supaya nampung kolostrumku buat diminumin ke si beby ntar. Nah, pas si suster dateng...kok ya pas ada program pijit laktasi. Jadi di sini aku dikasi tau cara biar hormon-hormon yang bekerja pada ASI itu kebentuk, salah satunya adalah oksitosin. Mumpung para bapak-bapaknya lagi pada jumatan, jadi kesempatan buat ciwi-ciwi belajar ilmu permenthilan ini hahahaha...

Satu orang bidan kemudian memintaku untuk menanggalkan pakaian. Beliau lalu membersihkan sejenak area dada dengan cara mengompres air hangat dengan menggunakan waslap. Tak lupa beliau juga membalurkan baby oil ke arah payudara supaya aku dalam keadaan relax. Kotoran pada puting dibersihkan dengan kain kasa yang sudah diberi baby oil agar salurannya ga tersumbat. Setelah itu kedua telapak tangan diletakkan di antara kedua payudara, kemudian diurut ke samping dan ke bawah hingga tangan menyangga payudara. Kemudian ke atas sambil lepaskan dari payudara. Gerakan ini dipraktekkan sebanyak 20 kali. 

Setelah itu, telapak tangan kiri menopang payudara sebelah kiri dan jari-jari tangan saling dirapatkan. Kemudian sisi tangan kanan yang sejajar dengan jari kelingking mengurut payudara dari pangkal ke arah puting. Demikian pula dengan payudara kanan.

Sementara itu, pemijatan pada area dada dilakukan dengan cara melingkar atau butterfly stroke. Pijat puting dan areola perlahan ke atas dan ke bawah, lalu ke kanan dan ke kiri, masing-masing sebanyak 5-6 kali selama 5-10 menit.

Yang terakhir, ini memerlukan bantuan para suami ya bapak-bapak tulung istrinya dibikin enjoy dengan cara berikut. Caranya pijit pada area punggung, terutama di sebelah kanan kiri ruas tulang belakang dengan menggunakan ibu jari. Gerakannya seperti membuat love-love melingkar. Pijit dari atas ke bawah, sampai hormon oksitosin muncul. Karena  kerja hormon ini kan berfungsi sebagai perangsang keluarnya air susu. Bidan menyebutnya sebagai 'proses oksitosin'. Jadi beliau menyarankan agar nanti begitu sudah sampai rumah, pak su bisa sering-sering kasih pijat oksitosin ke istrinya ini dengan cara yang udah dijelaskan di atas. Efeknya gimana? Gerakan ini jujur membuat payudara yang tadinya terasa kempes perlahan-lahan mulai memperlihatkan gunungannya...lalu jreeeeng tetiba jadi mengkel cem mangga indramayu waktu musim panen. Terus berasa di dalem kayak uda ngumpul ASI. 

Oh ya, sebenarnya Jumat itu kupikir kami uda bisa balik dong ke rumah, tapi karena dokter anaknya visit Sabtu buat nunggu hasil test darah, test pendengaran, vaksin hepatitis ama polio ya akhire dipending Sabtu. Yaaaah....ketemu bapak ibu dari kampungnya cuma ada kesempatan Sabtu malam Minggu doang...karena Minggu pagi uda harus pulang naik kereta jam 12 siang. Sedih....

"Pijit Laktasi"
Keesokan harinya...

Dudulnya aku adalaaaahhh....yak begitu mengkel setelah pijat laktasi kemaren, yang aku lakukan justru santai-santai aja. Bukannya langsung ditampung pake botol dengan cara dipompa, eh tapi ini malah dibiarin aja nunggu sampai si baby dibawa masuk lagi buat ditetein. Ini semua karena aku emang blom nangkep banget info-info seputar ASI yang aturan begitu mengkel langsung segera dikosongin. Doooooh padahal ya, sebelom lahiran aku uda baca-baca sedikit dari buku-buku, tapi kok ya pas praktek langsung malah ngeblank. Mikirku dulu adalah lha wong saia di rumah, emang masih perlu pake pompa segala ? Jreeeeng....pertanyaan inilah yang jadi kesalahan terfatalnya. Klo inget itu tu rasanya ilmuku cetek banget. Lhaaaa ya iya, wong setelah menjalani tenyata proses direct breastfeeding itu ga bakal lancar-lancar jaya terus, jadi ga terpikirkan buat beli pompa sebelumnya aaaaargh. Padahal pompa itu penting banget bagiku yang masih sangat bodoh dalam hal pelekatan sempurna kayak apa.

Nah, singkat cerita, karena dibiarkan terlalu lama maka itu payudara makin keras...puting juga uda kaku banget dan membesar. Beby? Begitu disodorin payudara dengan bentuk begitu ya yang ada malah makin ngamuk. Bibir mungilnya makin bingung ngeliat puting yang makin susah buat dijangkau. Terlalu ngacung. Inilah pangkal masalah yang sebenarnya. Untunglah suster yang tau keadaan ini langsung buru-buru panggilin bidan laktasi buat ngurutin. Sekitar jam 12 siang, sebelum bener-bener check out dari RS, si bidan dateng dengan tergopoh-gopoh sambil membawa peralatan tempur. Ya waslap, baby oil, air anget, dan semacamnya. Beliau kaget dong ngeliat itu tete uda segede gaban, maksudnya ya lebih gedean dari biasanya). Katanya, : "Untunglah Mbul cepet-cepet panggil saya, soalnya klo dibiarin aja bisa jadi masitis. Bikin demam, plus ASI nya berubah jadi nanah. Penanganannya bisa tambah ruwet lagi". Oh, daaamn...thanks God....siang itu masih bisa ditangani dengan cepat walau harus menahan rasa sakit yang luar biasa waktu diurut. Iya ngurutnya itu pake skill tangan-tangan terlatih seorang bidan sampe grenjel-grenjel yang ada di dalem payudaranya ikutan luruh. Hampir 1 jam-an lah kira-kira diurutnya walau sambil tahan napas karena saking nyerinya. Tapi perjuangan ga sia-sia. Ibarat pepatah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senanglah kemudian....setelah menahan hasrat ingin mengaum saking suakitnya, akhir kata didapatlah beberapa mili ASI yang segera ditampung ke dalam botol untuk diminumkan pake pipet ke si bayi. Ya Alloh alhamdulilah ada juga aku ngeliat ASI keluar dari PD ku. 

Nah karena sore itu udah ketemu dokter anak dan nerima semua hasil test darah, pendengaran, juga vaksin bayi baru lahir semua okay...akhirnya kakung dan uti yang malam Sabtunya jaga rumah datang menjemput. Kami pulang dengan pengalaman yang luar biasa, apalagi dari RS-nya sendiri juga dapet oleh-oleh banyak banget kayak perintilan bayi dengan berbagai merek. Gratizzz pula....Ihhhh syenangnyaaaa...

Bersambung....