Senin, 29 Oktober 2018

Kenapa ya Rasa Tempe di Kota dan di Desa Menurutku Beda?






Jujur jawaban dari pertanyaan di atas, aku sendiri masih ngerasa misteri. Belum nemu warung or pasar yang ngejual rasa tempe yang pas menurut selera lidahku klo di sini. Perkara beda spesies atau cara pengolahan kedele fermentasinya, aku juga ga tau. 

Setidaknya ini yang kurasakan setelah menempati tempat mukim yang sekarang, yaitu hijrah dari desa ke kota setelah menikah.

Duh...


Sabtu, 27 Oktober 2018

#ResepMPASI Ikan Kuah Kuning (11 Bulan)



Bismilahirohmanirrohim
Hallllooooooooow.....

Sesungguhnya Mama sedang tepar. Tapi acara masak -memasak kudu tetep jalan. Heuuuuuw...ya klo bukan Mama sapa lagi yang masak, yekan? Nah kali ini aku kepikiran pingin ngasi Dedek model-model pindang patin, cuma aku pakenya nila. Jadilah aku masakin ikan nila kuah kuning. Rada ribet sedikit memang. Tapi penasaran euy, secara di pasar uda ngeborong nila. Biar cepet dimasak gitu. Nah langsung aja deh. Ini dia bahan-bahan dan cara masaknya.

"Ikan nila kuah kuning"

Rabu, 24 Oktober 2018

#ResepMPASI Sup Bola-Bola Ayam (11 Bulan +)


Bismilahirohmanirohim

Heluuuuuuuuuuw...

Mumpung lagi rajin masakin beby, abadikeun dulu atulah di blog. Buat eling-eling klo tar pengen masak dengan resep yang sama. Hahahaaaa... Jarang-jarang kan aku mau ribet-ribet gini, jadi momen udah ada beby memang sungguhlah istimewa. Melecut semangat emaknya buat berlatih tanggung jawab memberikan yang terbaik yang ia bisa #tsakeeep.

Nyuapinnya sambil takcuil kecil-kecil bola-bola ayamnya

Selasa, 23 Oktober 2018

#ResepMPASI Ikan 11 Mo +


Bismilahirrohmanirohim

Halllllllooooooow...

Masih dalam rangka menu Dedek nyanyas karena abis ganti-gantian flu antara Papa-Mama-terus ke Acyiq huhu. Jadi Mama kudu menyiapkan amunisi MPASI yang anget-anget bin seger yang bisa melegakan tenggorokan dan idung meler. 

Nah kali ini menu utamanya adalah ikan salmon. Ditambah sedikit potongan ayam kampung juga deng. Dibikinnya model sup asam-asam seger gitu deh dengan bahan yang gampil-gampil aja. Pokoknya Mama mau yang praktis aja cz lagi rempong hamil gede juga...jadi mauk yang sakjek saknyet langsung jadi abrakadabra. 


Minggu, 21 Oktober 2018

Resep Tumis Cumi Asin Gendut-Gendut Ala Mbul



Bismillahirohmanirohim, sugeng siang....

Sugembulwati is baaaack dengan resep masakan versi tanggal tua yang gampang bin leziiiiiizzz. Pokoknya dijamin nambah-nambah klo dimakan pake nasi porsi besar. Bahan utamanya pake apaan tu? Cumi asin favorit keluarga dong. Dibikinnya model tumis yang gampang dan praktis nda pake bumbu neko-neko. Terus cuminya juga utuhan aja ga sah dipotong model cincin supaya lain dari biasanya *halasyan apa ini? Langsung aja yuk...

Tumis cumi asin ala Gustyanita Pratiwi

Sabtu, 20 Oktober 2018

#AsyiqaStory : Perkembangan Bayi 9-10 Bulan


Bismillahirohmanirrohim, halllooooow...

So, sampai mana kita? Klo nerusin cerita kemaren sih, sekarang uda sampai tahap 9-10 bulan ya. Walo dua hari lagi Ananda Cekgu nan menggemaskan dengan gigi-gigi momsnennya--yang masih ngumpet aja dan bikin Mama kepo nungguin kapan tumbuh ini--bakal berusia 11 bulan. 

Jumat, 19 Oktober 2018

#Resep MPASI Pepes (Ikan, Ayam, Tahu) 10 Mo +


Resep MPASI Bayi 

Dua hari ini buah hatiku cekgu sedang dilanda mbegod maem (baca : ogah-ogahan maem walau belum tahap GTM). Klo disodorin sendok mecucu mulu mulutnya, kan Mamak jadi stress, huehehheh. 

Meskipun klo disabar-sabarin dan rada tricky bakal habis juga sih 1 mangkuk bayi, namun bukan berarti hati Mama lega. Soalnya selama ini lantjar-lantjar aja. Baru kali ini ngunyahnya lamaaaa banget. 

Jadi kayaknya, mulai sekarang Mama kudu mulai berkreasi deh. Yang biasanya flat hambar ga ada seasoning sama sekali, cuma ngandelin bahan-bahan yang ada seperti telur ayam kampung, tahu, ikan air tawar, ayam, daging, bayam, kentang, hati ayam, de el el mix jadi 1 sama nasi tim, sekarang kudu ada sedikit rasanya. Ya, bumbu minimalis aja sih bawang merah bawang putih dan kawan-kawannya itu. 


Selasa, 16 Oktober 2018

Malam yang Demikian Panjang


Namapun udah uzur ya, jadi kadang-kadang rumah ini uda mulai menampakkan tanda-tanda 'keajaibannya'. Termasuk pula karena keberadaan faktor eksternal, seperti kucing buduk yang tau-tau menjebol plafon di suatu sore yang lucknut itu. Hahahhahahahahha...


Sabtu, 06 Oktober 2018

Entok Goreng Garage Pinggir Jalan di Tangerang




Demi menuntaskan rasa kangen memajang futu-futu yang endeus punya, maka kali ini Mbul mau cerita tentang kulineran lagi (setelah sekian lama)--yang sebenernya kejadiannya uda bertahun-tahun silam. 


Porsi maem ala aku dan Pak Su kala dulu kami masih gedabrag-gedubrug pulang malem

Rabu, 03 Oktober 2018

Sinopsis Film Suzzanna, Titisan Dewi Ular (1990)


Siang ini aku memutuskan untuk menonton film Suzzanna, Titisan Dewi Ular (1990) di tengah curi-curi waktu saat si kecil sedang tertidur, sehabis minum susu. Asli, niat banget walaupun blereng-blereng kepyur gimana gitu liwat salah satu channel youtube, tapi tetep aja dijabanin. Oh iya, aku nontonnya di sini nih :

Youtube : Suzzanna, Titisan Dewi Ular (1990)

Habis rasanya pingin memutar ulang memori jaman SD-SMP sih setelah pulang sekolah sekitar jam 1 siang dimana film produksi Soraya Intercines Film ini sering diputar klo ga di Indosiar ya RCTI. 

Nonton hiburan dulu, maraton film Suzzanna. Kali ini liat Titisan Dewi Ular (1990)