Laman

Jumat, 08 Oktober 2021

Geplak....





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Nyem...nyem...nyem (sambil ngemut geplak. Bukan dikeplak loh ya, tapi GEPLAK. GE...P-L-A-K, Geplak. 

Ya soalnya kali ini Mbul mau cerita tentang geplak. Apa itu geplak? Sesuatu yang manis kayak tenyumnya Beby Mbul admin dari blog ini (???)

Ga kok, guyon aja. Biar ga spaneng, Sayangku.

Geplak itu makanan khas Jogja ya. Yang terbuat dari kelapa dan rasanya manis. Tapi sebenernya aku ga cuma mau ngomongin tentang geplak sih. Tapi juga reportase jajanan khas yang biasa ada di toko oleh-oleh yang ada di Jawa Tengah. Juga nyobain jilbab segiempat paris hasil beli di Pasar Kutoarjo beberapa bulan lalu. Tuh kan aku promoin lagi pasar ini, hihihi. 

Gustyanita Pratiwi, Foto Oktober 2021




Sebenernya beli oleh-olehnya kubek-kubek stok foto lama sih, udah apal lah ya, kalau foto kuliner Mbul sukanya ngandelin foto lama. Kalau ga salah awal tahun lalu waktu beli getuk trio dan lumpia. Nah kalau jilbab segiempat parisnya lah masih baru-baru kemaren. Sekitar Bulan Agustus pas aku beli Jilbab Rabbani di Cabang Kutoarjo itu loh. Cuma pemotretannya aja baru tadi sore #jiaaah pemotretan wkwkwk...ga pa pa lah ya buat hiburan aja dan isi-isi blog. Jadi kalau yang review jilbab segiempatnya sih masih anget. Beli di toko Kutoarjo tempo lalu sekalian beli lain-lain bonusnya jilbab, hihihi.

Okey langsung aja lah ya, soalnya tadi udah ngomongin geplak. Jadi nomer pertama tentu saja geplaknya dulu kali ya. Ini dia penampakannya.

1. Geplak

Nah, udah liat kan penampakan geplak. Geplak ini ternyata asalnya dari Bantul, Jogjakarta. Penganan berbahan dasar kelapa parut yang ditambahi gula pasir atau gula jawa. Rasanya tentu saja manis, seperti senyum admin blog ini...hweheeeeeeee gakuad #just kidding. Bentuknya bulet kecil-kecil. Tapi ya ga bulet banget sih. Kira-kira sebunderan bakso gitu deh. Dia warna-warni ya. Umumnya sih warnanya pink, ijo, putih, cokelat dan kuning. Aku suka yang pink dan ijo sih.




2. Tape Ketan Hijau

Yang ini udah dalam bentuk cup-cup ya. Bukan cup-cup kecup bukan...itu beda lagi...hohoho. Tapi cup wadah plastikan yang udah ada tutupnya. Warnanya emang umumnya ijo kalau di sini. Soalnya kan biar cantik.


3. Bolu Emprit

Bolu emprit termasuknya kue kering. Dia dari kelapa dan ada gulanya. Jadi manis dan renyah. Tapi pas masuk ke mulut alamat langsung meleleh lumer...ncozzz...huhuhu..Warnanya putih pink. Bulet-bulet, tengahnya kopong.



4. Sale Pisang dan Sumpia Udang

Sale pisang ada beberapa varian ya. Ada yang sale kering dan sale basah. Ada juga yang bentuknya dibedain lagi. Misalnya diiris tipis memanjang, semi tebel, atau digulung. Nanti yang kering digoreng pake tepung, yang basah ga ada tepungnya. Aku suka sih sale pisang. Pernah nyoba bikin ndiri tapi pas njemur ga telaten...walhasil sale pisangku akhirnya ditubruk kucing suee hihihi..

Sumpia udang ini kayak lumpia, tapi dibikin kering dan dalamnya ada udangnyam Agak keras dia. Tapi enak. 






5. Wader Goreng, Keripik Belut, Onde-Onde Wijen Kering, Seriping Gadung

Ini ikan wader kecil-kecil yang digoreng tepung garing gitu. Enak deh. Cocok buat lauk ama nasi. Cuma emang kalau plastikan kudu cari yang fresh biar ga dapat yang tengik. Pastikan aja tanggal pembuatan dan kadaluawarsanya berapa hehe. Selain itu ada pupa keripik belut, onde-onde wijen kering dan seriping gadung. Kalau keripik belut aku ga gitu doyan...soalnya tulang mua weheheh...lebih suka wader gorengnya. 

Onde-onde wijen kering adab2 varian rasa, yang original dan yang cokelat. Kalau seriping gadung berasal dari umbi gadung yang diseriping atau dibikin keripik. Rasanya gurih asin bikin ketagihan. 



6. Enting-Enting Jahe

Enting-enting jahe bahannya kacang tanah, jahe, dan wijen. Juga gula. Rasanya udah jelas manis. Tapi agak keras ya. Gigi musti dalam kondisi on kalau ngunyah enting-enting...soalnya ya itu tadi keras...hohoho.....Bentuknya unik jadi kayak memanjang kemudian ditekuk hingga menyerupai pita. Sebenernya enting-enting ada juga yang bentuknya ga kayak gini. Misal enting-enting gepuk atau enting-enting gula jawa. Cenderung mirip koya. Tapi meski begitu rasanya podo-podo manise.





7. Wajik Klethik

Wajik klethik terbuat dari beras ketan, gula jawa, dan kelapa muda yang diparut. Nanti dia dibungkusnya pake klobot jagung. Dibentuk agak menyerupai segitiga atau gunungan. Enak deh. Manis...



8. Keripik Bayem, Keripik Paru, Lanthing, Sagon, Kacang Telur, Kacang Atom Pedes

Ini biasanya memanfaatkan bayem yang lebar-lebar ya diameternya. Ya supaya kelihatan cantik dan mekrok gitu deh. Terus usahakan tepungnya juga kriwil-kriwil jadi renyah ga cepet umes atau amem.

Kalau keripik paru dia bagian parunya sapi yang digoreng tepung. Renyah gitu deh menyerupai kerupuk. Beda ama parunya masakan padang yang digorengnya masih ada empuk-empuknya gitu deh.

Kalau lanthing, ini khasnya kota kelahiranku Kebumen. Lanthing terbuat dari singkong yang dihaluskan dan digoreng. Agak keras memang tapi gurih. Yang original ya rasa singkong, tapi makin ke sini makin banyak varian rasa. Biasanya yang terkenal itu yang pedes ama yang keju. Yang bawang juga ada tapi aku tetep suka yang original. Bentuknya itu khas banget, ada bolong di tengahnya kalau yang bulet. Jadi kayak cincin gitu. Tapi yang klasik sing angka 8. 

Kalau sagon, ini juga khasnya Kebumen dan sekitarnya. Dari kelapa ya bahan baku utamanya. Klasiknya bentuk kotak segiempat. Biasanya ada di menu-menu Lebaran. Warnanya putih ada gosong-gosongnya dikit.

Kalau kacang telur dan kacang atom pedes sih ini umum aja ya, sebenernya di toko snack kiloan juga banyak. Tapi kalau disuruh pilih kacang telur atau kacang atom pedes aku lebih suka kacang telur sih. Cuma yang kulit telur luar kacangnya kayak apa dulu. Kalau yang menyerupai kacang telurnya Garuda sih Ubul sukaaaaaaak. 



9. Madu Mongso dan Kerupuk

Tadinya sih ini tape ya. Biasanya tape ketan item. Cuma diolah lagi dengan ditambahi santan dan gula pasir, dimasak hingga menjadi jenang atau dodol. Nanti dibungkusnya mirip permen warna-warni gitu kertasnya. Yang bawahnya madu mongso itu kerupuk. Warnanya unik ya soalnya item.



10. Keripik Ubi Ungu

Ini keripik yang bahan dasarnya ubi ungu atau telo ungu. Rasanya manis khas manisnya ubi ungu. Enak buat camilan atau suguhan tamu.



11. Jenang Kudus

Jenang kudus ini makanan khas Kota Kudus Jawa Tengah. Jenangnya coklat karena gula jawa dan rasanya manis. Biasanya dibentuk lonjong dan dibungkus plastik. Teksturnya kenyal sedikit lengket. Enak sih. Kalau yang terkenal itu biasanya yang mereknya Mubarok. Itu enak banget.



12. Dodol Pisang dan Dodol Ubi Ungu

Yang ini Mbul coba beli. Dan rasanya ternyata pisang bangey. Mbul kan emang suka buah pisang soalnya aromanya wangi. Hehe. Kalau yang dodol ubi ungu kemaren dikasihkan ama tetangga samping rumah jadi ga sempet ngicip.



13. Wingko Babat

Wingko babat ini bahan dasarnya parutan kelapa, tepung ketan dan gula pasir. Biasanya kalau di toko oleh-oleh udah dipakein tas-tas yang mirip goodie bag. Ntar ada bungkus kertasnya lagi kecil-kecil di dalam tasnya yang udah dikasih wingko babatnya. Rasanya manis...enak...





14. Gabus Keju

Ini di kios snack kiloan juga biasanya banyak sih. Tapi ada yang kejunya dikit ada yang banyak. Kalau yang kejunya banyak lebih padet ga terlalu kopong bagian dalemnya. Juga lebih gurih. Aku sih sukanya yang kejunya banyak ya hihi...jadi gabus kejunya beneran keju bukan gabus keju-gabus kejuan wkwkwk


15. Bakpia, Yangko, Brem

Yang ini tak terpisahkan. Selalu gandengan dan dempet-dempetan dus-dusannya. Maklum penganan Jogja semua. Bakpia, yangko, brem. Suka semua sih Mbul. Mbul apa sih yang ga suka. Huuuuwwww...#tabok si Mbul.






16. Grubi

Ini terbuat dari ubi jalar goreng yang dibumbui gula merah. Nanti sebelumnya si ubi diiris kecil-kecil gitu jadi masih ada teksturnya. Nah setelah dicampur gula jawa jadi merekat dan biasanya dibentuk sekalian jadi buletan entah gepeng atau bola-bola. Rasanya agak keras sih tapi ya renyah.




17. Jipang

Yang ini camilan manis dari beras dan campuran gula merah. Biasanya dobentuknya kotak-kotak gitu, ntah memanjang atau imut-imuy kecil seperti Ubung alias Beby Mbul #jyaaah tetep yee...huft hahaha...Jipang ada yang warnanya putih ada yang warnanya cokelat. Tetgantung gulanya sih. Biasanya gandengannya itu jagung brondong. yang dibentuk bulet-bulet. Ya jajanan jadul waktu SD sih ini.



Next, lanjut beli jilbab segiempatnya ya. Mbul beli di salah satu toko depan yang ada di Pasar Kutoarjo. Murah meriah. Pokoknya ga ada Rp 20 ribu. Kalau ga salah malah cuma Rp 17 ribuan lah. Tapi aku suka. Teksturnya halus dan cocok di mukaku. Asal nyetrikanya ati-ati aja jangan sampai kepanasan. Soalnya takut nyos...nyonyoooot..wkwkkwk...Pernah soalnya aku nyetrika bahan jilbab pas alas setrikanya terlanjur hot...alamak jilbabku jadi berlubang deh kena cap setrikaan wekekek.

Ya udah terakhiran mau majang foto pas udah takpakainya ya. Hehe, mumpung di lapak sendiri (blog sendiri maksudnya). Nih dia...cakep ga? Bahan krudungnya maksudnya hehehe...





Udah ah, segitu dulu update-anku kali ini. Hayati lelah bang, mau bobok dulu. Eh salah ya hahahha.. Maksudnya taktinggal agak lamaan dulu sambil leyeh-leyeh karena aku sedang tidac ada ide....pokoknya updatean kali ini singkat, padat, serta jelas....plus banyakin futu-futu aja ya...#kabooor.

Xoxoxo

Si Embul




72 komentar:

  1. waduh dari atas sampai bawah, enak banget ni dicicip in oleh oleh daerah nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas fajar bisa dibeli di toko oleh-oleh di jawa tengah kalau pas sowan Pulau Jawa 😊

      Hapus
  2. Aku tadi coba hitung jumlah foto mbul dan jajanannya lebih banyak mana, penasaran mana yang lebih banyak. Dan setelah skrol skrol sampai jari keriting, maka yang terbanyak adalah foto...

    Nantikan jawabannya setelah pesan-pesan berikut ini.πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. kyaaaaa...hihihi

      jadi pengen malu wkwkwk

      😳 (`・Ο‰・´)

      berapa memang jumlahnya Mas? wkwkwk

      kalau sampe keriting dipijitin saja mas nanti lurus lagi drijinya Mas wkwkwk

      wah ada iklannya yak..iklan apa ya kira kira behahahaha 🀭😁

      Hapus
    2. Setelah aku hitung dengan metode hitung cepat quick count, maka pemenang nya adalah Paslon nomor...

      Lho, ini lagi pemilu ya? πŸ€”

      Hapus
    3. yaaaach...pemenangnya adalah paslon nomor uruuuuuut satuuuuuh....yaitu Bebi mbul wkkwkw....dikata mau nyaleg kali maaaaas eggegegeggekkk

      🀣

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž(´・ο½ͺ・`)

      pemilu...mas...pemilihan apa yuaaaaaa hahahha

      Hapus
  3. Dari semua gambar makanan diatas alhamdullilah sudah mencobanya tinggal satu yaitu Grubi, penasaran rasanya Grubi seperti apa manis, pedas, atau ??? Asam ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grubi manis Tari, ada gulanya...dan sedikit agak lengket juga keras...soalnya serutan ubi jalar goreng 😊☺😍

      Hapus
  4. wih enak banget tu kayaknya wingko babatnya, makanan kesukaanku itu mbak hihi :D.. ortuku dulu pernah buat wingko gegara di pesenin sama sodara yang mau maen kerumah, tapi dasarnya emang ha bisa buat, malah jadinya ga kayak wingko, agak gosong gimana gituu :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nif wingko babat malah aku kok doyannya yang belakange agak gosong dikit wkwkwk...kerasa empuk. aku bayanginnya malah kalau liat yang bentuknya bulet gepeng kelihatan kayak scallope wkkwkwk

      Hapus
    2. Aku juga suka wingko babat Nif, soalnya manis. Kadang kalo naik bis sinar jaya ada yang jual, satu pak 15 ribu.

      Hapus
    3. Oiyaaah khanif kan suka sumpiah udang..itu di atas ada foto sumpiah udang wekekekk

      Hapus
    4. he em mas agus, leres...wingko itu manisnya kayak bebi mbul sang admin dari blog ini ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      #trus mbul ditabok berjamaah hahhaa

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  5. Balasan
    1. Exactly Dear Christine

      ceritanya Mbul njawabnya ala cik agnezmo hihihi

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  6. What an impressive post, your photos tell a wonderful story.
    Thanks for sharing and have a great weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Sahabatku Bill...Foto-foto sudah menjelaskan segalanya. About traditional snack in my own town πŸ˜ƒ☺

      you're welcome.

      Thank's for your kind word ^^

      Hapus
  7. Macam-macam pencuci mulut yang diperkenalkan. Ketan itu apabila diamati ialah kandi kelapa. Itu panggilan di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak..memang ada sensasi kelapanya kak. Rasanya jadi gurih...☺😊

      Hapus
  8. ...snacks that are new to me!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes Tom, in my hometown all of them are very delicious eventhough use a simple ingredient 😊

      Hapus
  9. Wah..ada bermacam-macam jenis makanan ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Pak Cik...utamanya from central java, Jogjakarta dan sekitarnya 😊

      Hapus
  10. omaigodddddd
    mba nitaaaa membawa kembali memori masa kecil aku
    jipang, wajik, madu mongso, geplak dan teman temannya ini beberapa pernah aku makan pas masih zaman unyu dulu
    dulu kalau pas lebaran misalnya, pergi ke Blitar atau ke rumah sodara, ada suguhan madu mongso, kadang saudara sampe bikin sendiri
    dan gara gara dari kecil keseringan disugui madu mongso, pas gede sekarang aku ga pernah ambil lagi hahahaha. udah bosen mungkin ya

    geplak ini juga seringnya aku temuin kalau pas ke rumah sodara aja, kangen juga suasana taun 90an kalau gini

    wingko babat, kadang bapak aku juga bawa kalau habis dari luar kota, tapi pas gede begini udah jarang aku sentuh lagi hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak semua dan kebanyakan manis ya mba ainun terutama yang asli makanan jogja hehehe...madu mongso mbah putriku dulu pernah bikin pas tapene ga ntek-ntek mbak...beliau akhirne campurin santen kelapa dijadiin dodol atau jenang hingga mengeras tambahi gula jawa atau gula pasir..njuk dibungkus kertas warna warni..legit banget madu mongso selegit admin beby mbul #eeetetetteette...tabok si mbul kwkwk

      Hapus
  11. Lots of yummy snacks here! I'd love to try them all.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hopefully someday you can visit here Dear Veronica. Thank's for stopping by (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  12. So many fun and exotic treats that I have never seen in my life...

    BalasHapus
    Balasan
    1. indeed Angie..

      everything can be found at souvenir and gift shop (centre of traditional snack in my hometown πŸ˜ƒ)

      Hapus
  13. aku masih favorit sale pisang, diikuti kripik telo, yang lain makan aja klo ada wkwkwkw
    tapi kalau ke jogja kebanyakn orang nitip bakpia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sale pisang emang enak mas bondan, nyemil satu kerasa kurang tau tau sebungkus habis sendiri hehe

      kripik telo ubi ungu ya, enak memang...manis soalnya ubi ungu dari sananya udah manis ☺

      Hapus
  14. Muchas gracias por visitar mi blog. Me encantΓ³ tu propuesta. Muy interesante y delicioso todo.

    Abrazo hasta allΓ‘.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah singgah di blog ini sahabat Carlos Perroti.

      Have a nice weekend 😊

      Hapus
  15. Oh very interesting products good photos
    xx

    BalasHapus
  16. Thank you for visiting one of my websites and I think I know that I had tasted something like this at a market that was once held here in my surrounding and city ( Netherlands) where all kinds of residents from all over the world made participated with their own favorite snacks. And I liked some of them too, but they were very Yummy. And those were those potato with brown sugar. I made this myself sometimes also .There were also other snacks and I liked this one as well. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama

      terima kasih sahabatku Tine De Jong atas kunjungan baliknya 😊, welcome to my blog...and i'm interested in your story bout snack that made by potato with brown sugar. In my hometown it called as seriping or keripik...or in english chips...^^

      Hapus
  17. Lovely white and pink colours. Enjoy your weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for your sweet word Nancy

      have a nice weekend too

      ☺😊

      Hapus
  18. Hello,
    The snack look yummy. What a wonderful series of photos.
    Take care, enjoy your day and new week!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you eileen for your kind word ☺😊


      have a nice weekend ☺😊

      Hapus
  19. Oh very good products nice photos

    BalasHapus
  20. Boa tarde minha querida amiga. A maioria eu nΓ£o conhecia e nem sabia que existia. Deu uma grande vontade de provar um pouquinho de cada coisa. A matΓ©ria ficou muito linda e especial, parabΓ©ns.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mengatakan artikel dan fotonya sangat indah dalam bahasa Portugis. really appreciate your comment my friend Luiz Gomez...😊

      Hapus
  21. Balasan
    1. mungkin ada kak kalau lewat e commerce πŸ˜ƒ

      Hapus
  22. Geplak, namanya unik dan ternyata makanan khas dari yogyakarta ya mba, saya jadi pengen balik jogja, jajanan lainnya juga banyak banget, hi-hi πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koh aku juga suka panganan khas jogja, soalnya aku suka manis πŸ˜„πŸ˜Š

      Hapus
  23. Wah blog mbul luar biasa sudah go internasional, banyak bule yang mampir kesini, mungkin mau beli jipang atau wingko babat.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga kok mase agus...ini juga mbul blogwalking duluan hehe...

      biar mbul latihan bahasa Inggris dan punya banyak teman kayak mas yang punya banyak pembaca di blognya 😊☺

      Hapus
  24. Very interesting food. I'd like to try all od these products 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hopefully someday you can visit here Martyna.

      Thank's for your visiting here 😍

      Hapus
  25. Komenku sama kayak Mas Agus. Temannya Nita banyak orang luarnya, hehehe.

    Wah, ini memori banget. Jadi inget mudik. Tapi entah kenapa aku dari dulu nggak doyan sama yangko.

    Oia, kalau wingko babat yang paling enak menurutku cap kereta api. Kecil, garing tapi mahal, hehehe. Dan itu tokonya khusus, di dekat kota lama, Semarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahha...ga kok mba pit...cuma buat latihan bahasa inggris aku, walau masih belepotan hahahhah

      aku malah biyen yanko dan wingko sering ketuker tuker dong..tapi yanko taktitenine sing kenyil kenyil kayak mochi hehehe

      wingko sing enak di situ ya, okey takcatete hihi...thengkyu rekomendasinya mba pit 😍😘

      Hapus
  26. duh... banyak makanan favorit....
    jadi ngiler.... πŸ˜πŸ‘πŸ˜Š

    # Thank you foto foto dan deskripsimnya.... mengingatkan masa kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih pak tanza pas kebetulan ketemu makanan khas di toko oleh oleh mbul jepret aja walau belinya cuma bakpia, wingko, getuk trio, dan dodol ubi ungu n pisang ☺

      Hapus
  27. What a beautiful and colorful post! Thanks,

    BalasHapus
  28. Aku kangen Jipang mbak Mbul:) dulu waktu kecil beli jipang cuman ngambil hadiah kartu bergambar power ranger. sekarang agak suah ya nyari jipang yang kaya dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya mas jipang tuh...suka yang jipang gula jawa apa yang gula pasir...soalnya ada yang warna coklat n warna putih kan...aku juga suka banget makan jipang hehehe

      Hapus
  29. wah ada brem.. udah lama gak makan brem.. wingkonya juga kelihatan masih fresh banget..

    btw aku baru tau namanya geplak, Mbul.. padahal suka banget makan kalo ada yang bawain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak kalau brem pas dimaem mendadak anyes di mulut hihi
      tapi kadang batuk kalau maem kebanyakan xixixi
      iya kak geplak manis juga...mingko aku suka yang rada gosong dikit

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  30. Beda jauh geplak Betawi sama geplak Bantul, mungkin geplak Bantul yang di sini disebut SIRPE (gula PASir sama KelaPE)

    Memangnya ada ya ketan hijau? Hihihi
    Cakep banget kalau dikemas begitu jadi semakin menarik dan bikin penasaran ingin mencobanya.

    Bolu imprit itu terbuat dari sagu kah?

    Sale pisang, jadi ingat waktu masih kecil senang banget makan sale pisang kalau sekarang udah lupa sama rasanya.

    Sumpia udang belum pernah makan begitu juga dengan lumpia cuma pernah dengar namanya aja.

    Enting-enting itu yang kayak rempeyek kacang tanah cuma bukan pakai tepung tapi pakai gula Jawa ya?

    Wajik Klethik, baru tau nama makanan ini dulu sering banget dikasih makanan ini sama teman yang asal Blitar sebelum dia dimutasi ke tempat lain.

    Jenang Kudus, udah lama ngga makan jenang Kudus sudah hampir dua tahun soalnya teman yang biasa ngasih ngga pulang-pulang kampung gara-gara pandemi..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa...unik banget ada singkatannya mas her sirpe hehehhe

      ada beras ketannya sebelum diragiin abis dikukus kasih pewarna ijo rasa pandan atau daun suji

      bolu emprit kelapa ma tepung sagu...tapi ada lagi nama kue yang disebut kue sagu mas her, bentuknya S atau kue serut..tau ga mas?


      masa lupa sih sama sale pisang?

      sumpia kulitnya mirip lumpia mas her tapi keras isinya udang

      iya bentuknya ada yang kayak peyek tapi gula ada kacangnya hehe

      enak aku suka wajik klethik

      jenang kudus dodol tapi mini mas hehe

      Hapus
  31. Mungkin karena ngga tau namanya dan dibuatnya dari gula pasir sama kelapa maka dinamai sirpe..

    Oh ternyata ketan putih yang diberi perwarna kirain benar ketan hijau..hihihi

    Belum pernah lihat kue serut atau kue yang bentuknya s

    Maklum udah lama makannya jadi udah lupa sama rasa sale pisang mungkin kalau makan lagi baru ingat.. hihihi

    Berarti enting-enting itu yang kalau dimakan bisa bikin sakit gigi selain keras dan juga terlalu manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi unik juga kalau ada singkatannya gitu..gampang dihapal kan

      iya diberi pasta pandan mas her

      enak loh kue serut kalau ga s kerut kerut ya bulet kerut kerut...tetasa putih telur gitu

      ayo diinget inget lagi rasanya sale pisang, hehehe

      betul mas her..kalau kebanyakan sih ngalamat sakit gigi wkwkk

      Hapus
  32. Kue2nya semuanya asing banget menurutku, bukan rasanya asing tapi aku baru denger nama dan bentuk2nya.. Kecuali jipang disini ada juga jipang... Eh tp ngomong2 soal jipang knp pas bahas jipang foto jipa gnya cuman atu doang selebohnya foto mbull?? Emang mbull termasuk jilang kah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku cuma ngejepret jipangnya sekali doang...sebrnernya ada jipang yang lebih manis lagi sih dari yang cokelat karena gula jawa ini...bentuknya lebih imut lul kotakannya dan warnanya putih wkwkkw

      Hapus
  33. Aku banyak yg tahu, tapi ada juga yg masih baru, kayak geplak, kok ga inget samasekali Yaaa. Berarti mungkin aku memang ga pernah cobain samasekali :D.

    Aku juga suka cemilan2 begini, tapi yg manis kurang nit. Kecuali tape ijo, kalo itu sukaaaa bangeeet :D.

    Tapi di antara semuanya, yg bener2 aku kangenin itu madu mongso nit. Ingetin banget Ama pengasuhku pas kecil. Tiap dia mudik, kalo balik ke Aceh, pasti bawain aku itu πŸ˜”❤️. Sejak udah merantau aku ga pernah nemuin madu mongso ini. Eh pernah ada sih, tapi rasanya nth kenapa ga seenak yg dibawa pengasuhku. Lebih ke nostalgia sih kalo makan madu mongso itu :). Kangen Ama babysitterku itu.

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^