Jumat, 12 Mei 2023

Review Warung Sate Kambing Pak Dakir, Yogyakarta



Salah satu cita-citanya Tamas (Suami) kalau ke Jogja adalah ngajakin Mbul mampir ke tempat-tempat kuliner yang dah direview Eyang Butet Kertaradjasa liwat channel icip-icipnya di youtube, Butet Nguntal. Nah, salah satu yang akhirnya kami datangi adalah Warung Sate Kambing Pak Dakir di Jl. HOS Cokroaminoto No.75, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 







Kami ke sini detik-detik menjelang magrib karena sekalian mau buka puasa. Sebelumnya udah lelah tuh ngiterin Jogja temanin Kangmase nyari ageman batik dan ga kepikiran mau buka dimana. Nentuin tempat makannya pas udah mau bedug magrib lagi hahhaha...Pas jalanan udah rame. Hectic tapi asyik. 

Sebenernya ke sini itu dalam rangka ga sengaja. Sebab tadinya kan kami mau mampirnya ke Sate Kambing Pak Nanang yang masih satu area dengan Sate Kambing Pak Dakir. Cuma ndilalah kalau Minggu Sate Kambing Pak Nanang tutup. Nah, berhubung udah sampai sana, yawes, cari alternatif lain yang masih sama-sama sate kambingnya. Mengingat ada yang suka banget sama sate kambing dan mencoba mempengaruhiku buat suka sama kambing juga hihi. Jadi melipirlah kami ke Sate Kambing Pak Dakir yang ada di sebelahnya pas Sate Kambing Pak Nanang. 






Kira-kiranya pukul 17.50 WIB, kami pun ambil posisi di meja paling depan dekat pintu masuk. Tampak asap sate nggembuleng di area pengipasan karena pesanan sate ga berhenti-berhenti saking ramenya tempat ini. Lalu seorang Bapak berkaos biru dan berkupluk hijau dengan ibu yang berageman warna senada menghampiri kami. "Unjukane bade nopo Dek?" Aku melihat deretan menu pada kertas yang dilaminating dan pandanganku tertuju pada wedang es tape. Segera kupesan saja minuman itu karena penasaran rasanya kayak apa. "Kula niki mawon Bu." ucapku sambil menunjuk gambar es tape pada si Ibu yang kuprediksi mungkin Bu Dakirnya kali ya, sebab aku lupa nanya sinten asmane. "Wedang tape setunggal nggih? Kalih es mboten?" Aku menggangguk. Sebab aku ga tau kan wedang tape dalam keadaan anget tuh rasanya kayak gimana. "Lha Mase nopo?" Ibu itu kembali bertanya pada Tamas yang lantas dijawab. "Es jeruk mawon Bu. Tambahin es teh manis kalih es batu nggih." Ya siapa tahu si Kakak ingin icip juga walau sebelumnya udah maem telur pindang dan jenang gempol sih. Begitu pula si Adik. Aku juga selalu sangu susu buat si Adik. Jadi tiap maem di luar pesan minumnya selalu kelihatan 3 ya hahahha... soalnya si Adik itu minumnya tutuw...hehehhe..

Tapi itu tawaran minumnya. Makannya pesan di Bapak berbaju biru dan berkupluk hijaunya yang sudah disamperin oleh Tamas sebelumnya. Pesannya itu sate kambing, tongseng kambing, nasi goreng pliket yang ga pedes. Dimasaknya detik-detik menjelang buka biar kerasanya lebih anget. Jadi yang datang duluan itu wedangannya, baik wedang es tape, es jeruk manis, dan es teh manis.










"Siro nda foto-foto kambingnya Dek Nyit-Nyit?" Tamas seolah mengerti kepengenanku buat mendokumentasikan kulineran kami kali ini buat tulisanku di blog. Ya, karena selain legend, suasana warung satenya juga asyik. Tamu full terus silih berganti. Ada yang makan di tempat, ada pula yang minta dibungkus. Kebetulan searah jarum jam 3, pas banget ama meja si Bapaknya yang lagi meracik dedagingan kambing buat keperluan nasgor dan juga tongseng. Nanti dia ditambah dengan potongan tomat segar, kubis, dan lainnya. Dedagingannya ada bagian kepala utuhan, lidah, serta kikil. Tapi kalau mau disajikan ke pelanggan ya diiris-iris sih. Nah, di belakangnya itu ada perapian buat menongseng kambing. Harum kuah kental tongseng membaui penciumanku bersamaan dengan bunyi 'sreng' yang tajam. Jan...wuinak tenan....Sedangkan di depannya itu (di luar pintu), barulah digantung daging kambing yang digunakan untuk piranti sate. Ada seorang Bapak lagi yang kebagian untuk mengipasnya. Sebelahnya batu alat bakarannya. 

"Sana Dek, kalau mau foto-foto. Tuh...mumpung kambingnya lagi dijembreng...Cakep loh itu tomat-tomat lagi dijejer buat tambahan tongseng sama kubisnya." Duh.. duh...pengen Mas......tapi Adek malu. Mbul masih termangu...walau pengen....

"Nopo tow? Isin ya'e...wkwkkw." ledek Tamas. 

Hmmm Tamas mah ngledek duank. Dalam hati Mbul pingin, tapi kutakberani mengatakannya...pengen foto suasana warung makannya buat keperluan blog. 

"Ijin aja sono. Kayaknya malah seneng deh Bapaknya diulas di blognya Mbul Nyit Nyit." Hohoho...iyain ga ya. "Tapi aku isin Mas...." 

"Udah...bilang aja sana, mau foto Pak. Pasti boleh. Mumpung si Kakak sama Mas Montogh anteng nih sama aku". Biasanya kan nglendotnya sama Nita hihi. Ini mumpung ditacklein ama Bapaknya mau. Yowdah berpacu dengan waktu supaya ga keburu diliatin banyak orang, karena pengunjung warung sate semakin ramai, akhirnya akupun mangkaaat! Kudekati meja yang ditunggui Bapak sama Ibu Dakir (kemungkinan gitu, soalnya aku ga nanya sinten asmane), buat ijin ambil foto. 

"Permisi Bapak, saya boleh ijin ambil gambarnya tidak untuk keperluan penulisan di blog." Bapak tersebut tanpa banyak kata langsung sumringah membolehkan. "Boleh...boleh....Adek baru makan di sini ya, silakan...silakan..." Bapak tersebut langsung sat set natain meja dan memposisikan baskom isi kepala kambing dan sayur mayurnya supaya tampak presisi bila difoto. "Iya Pak baru sekali ini mampir ke sini. Soalnya penasaran ama hasil rekomendasi Eyang Butet Kertaredjasa." Bapak tersebut manggut-manggut dan langsung menyambut welcome. "O yang tadi pesan nasi goreng pliket. Iya Dek itu favoritnya sini. Monggo...monggo...selamat menikmati nggih." ujar Bapaknya ramah. Tak lama kemudian aku pun jepret jepret mengambil beberapa gambar aktivitas membakar sate serta suasana warung satenya yang ramai luar biasa banyak sekali penggemarnya. Habis itu aku kembali ke meja mendapati Tamas ngguyu-ngguyu ngeliat aku udah sakseis ijin ke Bapaknya. 

"Lha kui iso Nduk..." 
"Tapi isin aku Mas..."
"Seng pengting uwes toh..."
"Hahahha...iya..alhamdulilah jadi punya bahan tulisan di blog banyak bangad wkwkw. "
"A payaah lah Dedek, masa urusan nanya-nanya kayak reporter lebih pinteran aku. Tau gitu aku duluan yang ndaftar ama Pak Kusnan sapa tau langsung didapuk jadi redaktur."
"Ow...babyisaaaa...ow tida bisyaaa....weeeek...πŸ€ͺ😜😝" #pake bahasanya si Kakak πŸ˜‚
"Kenapaa? πŸ˜‚πŸ˜‚"
"Ga bowle ndaftar ama Pak Kusnan 😜 weeekkk!"
"Haha...yowes...ni siap siap susuin si Adik πŸ˜‚." sambil menyodorkan si Adik kepadaku.
"-__________-"

























Begitu bunyi pertanda buka puasa udah dimulai, segeralah Pak Dakir memberitahu pengunjung sudah jamnya makan. Bersamaan dengan itu pula pesanan kami diantarkan ke meja. Ada nasgor pliketku barengan ma J. Karena maemku dikit jadi sepiring itu bisa buat barengan ama J. A juga mam nasgor pliketnya, walau sebelum ke sini A katanya dah kenyang mam nasi bacem telur pindang. Sedang sate dan tongseng tentu saja punya Ramane. Sate kambingnya kebetulan dapat yang empuk banget jadi gampang dikunyah. Very tender and rather chewy istilahnya, hihihi. Sambelnya sambal kecap yang ada rawit serta tomat dan bawang merahnya. Seger tenan. Di meja juga ada acar timunnya loh. Sesuai selera aja makannya. Kalau tongsengnya request tongseng lidah sih. Sebenernya ada pilihan lainnya, yaitu kepala, lidah atau kikil. Nah, Ramane request lidah. Tongsengnya banyak bawang goreng, potongan tomat, dan irisan kubisnya juga. Sedep pol. Kuahnya pekat dan gurihhhhh.

Untuk nasgor pliketnya, ini emang request ga pedes sih. Nasgor ini ada nama lainnya juga yaitu nasgor Butet. Sebab emang Eyang Butet sering dahar di sini dan pesen nasgor yang tekstur nasinya emang lengket-lengket ini (bahasa Jawanya pliket). Jadinya dinamakanlah nasgor Butet atau nasgor pliket. Ada suiran daging, potongan tomat, serta irisan kubisnya juga. Porsinya pas. 


































Dan diantara minumannya, wedang es tapenya paling mantab. Tape kan bila diminum bikin anget perut ya. Terus rasanya juga manis. Jadi love banget lah ama wedang es tape ini. Mana warna tapenya sama ijonya lagi sama bikinan Mamak kami hehehe..

Untuk harganya sendiri aku sertakan lewat foto. Lumayan recomended sih. Dan udah terkenal pula sejak dulu kala. Love...love...

6 komentar:

  1. Espero alguna vez probar todas esas delicias, Mbul...

    Abrazo hasta allΓ‘.

    BalasHapus
  2. Buka postingan mbak Nita pas menjelang maghrib dan perut kosong membuat perut dan cacing meronta. Itu satenya enak banget mbak penampakannya, abis ini auto cari sate buat makan malam. Seneng deh baca review tempat makan yang fotonya komplit gini. Setuju sama Tamas nya, kalau untuk foto buat blog harus berani maju dan izin buat ngambil foto, buktinya postingan ini sukses bikin ngiler

    BalasHapus
  3. Kalo di Jogja Ama solo sih, yg namanya sate kambing, tongseng dan sebangsanya , ga ada yg failed. Enaak semuaa 🀣. Kayaknya di sana surga makanan berkolesterol tinggi hahahaha. Aku ga pernah absen makan kambing tiap ke Jogja juga.

    Nah kalk nasi gorengnya, aku sbnrnya tipe yg suka pliket ataupun pera nit. Sama enak itu. Tapi kalo suami dan anak2 lebih suka pera.cuma kalo bumbunya pas, mereka masih mau sih makan yg pliket.

    BalasHapus
  4. ratau mangan mrene tapi tau liwat ambune jannnn
    aku malah penasaran sambek sate klathake e mbak
    koyok sedep banget ngunu
    tapi menu liane juga menggoda
    wah bapake sat set pas arep difoto gawe blog
    ngene ini vibes e koyok pak bondan malih eling eling mak nyus

    BalasHapus
  5. duh biasa ya si Mbul, bikin aku ngiler gak selesai-selesai.. hiks. Aku suka nasi goreng pera, Mbul. Tapi bukan nasi goreng aja, nasi padang juga sukanya bukan yg pulen

    BalasHapus

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)