Minggu, 05 Maret 2023

Review Warung Nasi Daun Cau Khas Sunda



Siapa suka warsuuuun kayak Mbul? Kalau iya sini merapat karena Hari Libur Waisak tadi, Mbul menyempatkan mampir ke Warung Nasi Daun Cau Khas Sunda yang ada di Palem Jepang, Cibodas, Karawaci. Sore-sore kami ke sana karena hari ini libur masak...yeayyy!!! Tapi sebelumnya sempat mampir bengkel dulu karena mauk ganti ban. Soalnya bannya gembes....hihi....Kalau yang nda pernah gembes apa cuba tebag? Ya itu adalah pipinya Beby Mbul :D.




Kami nungguin agak lama karena bannya baru datang dari Kebon Jeruk. Jadi diantara menunggu waktu, Mbul diajak Kangmase untuk mamam di Warung Nasi Daun Cau ini.

Berlokasi di Ruko CBD No. 6, Jl Palem Jepang RT/RW 001/009 Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, warung nasi ini berada pas di seberangnya Ace Hardware Karawaci. Dekat Bakmi Bandung, Apotek Berkat, dan Bakmi Kebon Jahe Medan, sederetan pula sama Warung Sop Ayam Pak No. Mulanya kami ga 'ngeh' nih karena adanya di tengah-tengah ya. Tapi berdasarkan gmaps kami udah sampe lokasi. Akhirnya setelah mengamati lebih seksama ketemu deh, di sebelahnya kedai bakmie pas. 





Lantas kenapa namanya Daun Cau ya? Setahu Mbul cau itu yang buat minuman camcao (daun cau atau cao yang kayak agar-agar ijo itu kan). Nah, Mbul jadi ingat semasa kecil tetangga depan rumah, sedulurnya Mbah Sukar, ada yang jualan camcao dan itu enak banget. Aku ga tau Om siapa namanya, soalnya aku masih kecil banget. Dia ngiter saban hari pake gerobak, lalu keliling desa. Nah, nanti camcaonya ini dikasih santen dan juga serutan es berikut guyuran sirup jambon (merah jambu). Duh aku jadi kangen sirup merah jambunya yang wangi itu. Dan tiap kali lewat rumah Mbah Sukar, aku yang kala itu masih SD (karena rumahnya liwat setapakan sempit dekatnya tower tinggi yang dikelilingi pekarangan), nah itu di kanopi halamannya merambat pohon camcao. Nah, mungkin yang dimaksud daun cau ini sama kayak camcao dalam bayanganku kali ya. Mbul lupa nanya hahhaha... Soalnya Tamas udah pesan menunya.

Kami pesan ayam bakar, bebek goreng, tempe, kulupan atau kluban, jengkol balado, terung balado, perkedel, juga tempe. Minumnya air mineral dan es teh. Sebenernya menu lainnya masih banyak banget. Karena kan khas Sunda itu banyak ya lauknya. Ada ikan mas goreng, tahu tempe, aneka pepes, sate udang, cumi isi tahu, rendang jengkol, kentang balado, tempe kecap cabe ijo, sayur pare, sambal matah kecombrang, ikan asin, tahu, telor asin, cah tauge, oncom leunca, sate paru, dan juga sambel. Lengkap ya....







































Setelah tag bangku tengah kami pun dipersilakan menunggu karena ada lauk yang musti diolah lagi yaitu bebek goreng, tempe goreng, dan ayam bakar. Kalau yang lainnya udah ready. Misalnya jengkol balado, terung balado, kulupan atau kluban, juga perkedel yang masing-masing diwadahin piring berwarna hijau. Baru setelahnya si bebek ama ayamnya tadi juga tak ketinggalan tempe. Minumnya juga langsung diambilkan dari kulkas. 

Hmmm....bagaimana rasanya? Yuk markimak...mari kita makaaaaan...Markimam mari kita mamaaam. Semuanya buat bareng-bareng ya. Bebeknya Mbul ambil dada yang guede hihi. Ayamnya baru paha. Terus tempenya digoreng tanpa tepung. Udah dibumbu kuning itu. Tinggal disreng....Bebeknya lumayan gurih sih...Ayam bakarnya manis. Tapi ter...ter...ter paling favoritnya itu adalah jengkol baladonya...Uhm...kalau menu jengkol mah kami berdua gercep heheh...Jengkolnya pas...empuk gitu. Sementara sayuran lainnya juga lumayan lah. Klubannya pake bayem dan parutan kelapa manis. Sementara terung baladonya juga lumayan. Pedes gurih manis...enak sih walau agak oily dikit. 























Secara keseluruhan lumayan juga dari segi rasa...cause Tamas yang ngrekomendasiin Mbul icip ini hihi... Okey, kucukupkan sampai di sini dulu ya reviewku kali ini. See you and dadaaah.