Selasa, 16 Juli 2024

Review Bakso Solo Alhamdulilah 5, Mbul Nyobain Sotonya



Assalamualaikum wr wb...
Minggu siang yang excited. 14 Juli 2024, cuaca lumayan hot. Tamas pun mengajakku untuk jalan-jalan sekedar cari angin atau segeran, karena tauk Beby Mbul aka aku sendiri selaku admin blog ini, dari kemarenan masih berkutat sama menu-menu diet. Jadi Minggu ini Tamas sengaja menggodaku buat makan enak.. Runtuh sudah pertahanan diet dalam sehari #tapi mengatakannya dengan happy gitu iya Mbul? Iya dong -________-"





Besok Senin mulai lagi, tenang aja. Karena selama diet seringnya maem buah-buahan ampe marem. Ya pepaya, apel, pisang, pear, jeruk, semangka, dll. Tentunya setelah maem sayur rebus, protein hewani rebus, protein nabati rebus, pokoknya segala sesuatu yang direbus-rebus.... Marem ga tuh? Marem banget Sayangku. Untuk nasi? Seringnya tak-skip aja hihihi....Jadi sekali-kali maem enak buleh dunk? Maka cabcuslah kami siang-siang sekitaran abis dzuhur tapi belum tau kaki ini akan melangkah kemana, wkwkw... 

Dan setelah cari Chicken Montok serta kenyangin perutnya Kakak dan Adik pake itu, saatnya Mbul ama Tamas pacaraaan duluuu, hohoho. Ya, mumpung berdua udah pada maem, jadi kini Tamas yang ajakin Mbul cari segeran yang cocok buat cuaca yang serada hot ini. Lalu akhirnya kemana Mbul? Ga ada gambaran mau kemananya sih. Tapi Suamiku pengen ngajakin aku nyoto. Secara dia kan seneng banget ama soto... Mau soto apapun dia doyan. Terutama soto kuah santen ama Soto Kudus. Kalau aku doyan juga sih, tapi ga seekstrem Suamiku kalau soal soto. Tapi kalau nemu soto yang seger, tentu aku love love hahahha...






Nah, nyatanya kami ngeliat 1 kedai bakso yang ga biasa. Karena selain ngejual bakso dan mie ayam, dia juga ternyata ngejual soto sebagai menu utamanya. Mana sotonya banyak lagi. Ada soto daging kuah santen, soto daging kuah bening, soto ayam Lamongan, sampai soto mie Bogor. Yawes, ketimbang ntar ngiter ga nemu lagi, maka kami pun segera mandeg ke situ aja. Nama kedainya adalah Bakso Solo Alhamdulilah 5. Lokasinya ada di Permata Tangerang Blok EB01, RT.32, Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. "Kita ke situ aja yuk Dek...Kayaknya sotonya enak. Namanya aja ada Alhamdulilah-nya. Berarti kalau abis maem dari sini, barangkali orang-orang akan bilang alhamdulilah karena enak." Ujar Suamiku yang tanpa tedeng aling-aling langsung menggandengku ke sana. Tapi sebelumnya Beliau liat dulu sih ulasannya kayak mana. Setelah dibaca-baca, ternyata ulasannya bagus. Nilainya cukup tinggi. Makanya doi pede ngajakin aku di sana.

Lalu, kami pesan apa? Suamiku pesan soto daging kuah santen. Sedangkan aku soto mie Bogor. Oiya, pas kami tiba di sana, suasana kedai lumayan ramai. Banyak yang makan di tempat, tapi ada pula yang beli pesanan untuk diantarkan ke pelanggan. Untung aja kami segera dapat bangku kosong agar bisa segera duduk menikmati sotonya. Bakso lagi ga pengen Mbul? Ga tau siang kemaren Mbul kepengaruh ama suami pengen nyantapnya soto aja yang kuahnya lebih light ketimbang bakso hahhahahhhaha....(mungkin karena sebelumnya aku lagi diet kali ya jadi masih pengen nyeruput segeran yang ga terlalu berat banget kayak kuah bacoooooow hohoho), walaupun sebenernya bakso di sini juga katanya enak. Kapan-kapan deh aku icipin baksonya. Ini biar review ala-ala blog ini ada episode selanjutnya buat review baksonya kali ah...ฅ(^・ω・^ฅ)

















Pesanan kami pun ga lama diantarkan oleh Bapak pemilik kedainya. Punya Suami ada soto daging kuah santen, sepiring nasi dengan taburan bawang goreng, dan es batu + es tea. Kalau punya Mbul ada soto mie Bogor dengan rikues risolnya agak dibanyakin hihihi. Udah lama banget ga maem soto mie Bogor, jadinya kangen dengan kesegarannya. Belum lagi aku suka banget ama risolnya. Kalau dicampur ke kuahnya enak, dimakan krancian juga enak. Suka semua pokoknya...

Oke, langsung aja ya aku review satu-satu dulu bagaimana rasanya. Untuk sotonya Suami, Beliau ndulangin ke bibirkuw pake sendok, cause aku suruh icipin gimana racikannya setelah tuh kuah santen dikasih ama kecap, sambel, dan peresan jeruk limo. Isiannya itu ada dagingnya yang tebel-tebel banget, tomat, daun bawang, kentang goreng, dan emping yang dah diremes-remes. 






Mbul Nita terbaru karena Mbul mau mengapresiasi diri sendiri setelah program diet dari Mei pertengahan-Juni-Awal Juli 2024 ini dah turun berat badan 5 kg, meski pipi masih keliatan gembil. Tak ada hal yang mustahil jika diiringi niat yang kuat serta doa alhamdulilah




































Nah, untuk racikan Suamiku, agar lebih umami lagi, maka Beliau menambahkan dengan sedikit garam dan lada. Ga lupa acar yang terdiri dari timun, wortel dan cengis ijo. Pas disruput (sambil didulangin ke arah bibir Mbul yang tektiw ini #ehem maksudnya nyun kayak pinguind????)..Ternyata seger banget pemirsa. Kuahnya gurih. Pas banget racikannya. Tapi pas aku disuruh nyobain nasinya kubilang nasinya nda...nda nda....buat Tamas aja hahhaha #jitakin Mbul rame-rame #canda. Mbul emang lagi menghindari nasi. Mbul lagi diet low karbo wkwkkw. Untuk harga, soto daging kuah santen tuh Mbul ga terlalu ingat tapi kalau ga salah Rp 20 ribuan apa Rp 25 ribuan gitu lah. Dan nasinya Rp 5000. nasinya dibikin munjung agak banyak soalnya, jadi biar Suamiku aja yang habiskeun. Lalu Mbul siap-siap diglithow...wkwkwk.

Nah, itu tadi soto betawinya Tamas. Kalau soto Mie Bogor punya Mbul gimana? Kuahnya bening kan. Tapi aku racik lagi pake sambel sakucrutan aja (dikit aja kalau sambel tuw), terus kecap manis rada banyakan. Ama acar. Timunnya agak takbanyakin soalnya aku suka banget acar timun, kres kres kres. Udah gitu aja seger banget. Isiannya ada mie kuningnya, bihun, risol yang dah dipotong-potong, daging yang tebel-tebel (ga pelid sama sekali), daun bawang, dan potongan tomat....kuahnya seger banget asli. Pas dan bikin pengen nyeruput terus sampai penghabisan mangkok, hahahha...Untuk harga semangkok ini kalau ga salah Rp 16 ribu.



























Nah, habis peyud kami terisi, kamipun segera pamitan. Tentunya abis Sang Kumendan mbayar ke Bapak pemilik kedainya. Abis itu nenteng A dan J ke kendaraan. Cuma sebelum aku beneran masuk, tak sengaja mata ini ngeliat ada Penjual Sriping Singkong (Keripik Singkong) ama Asinan Buah dan Sayur. "Pengen...." Tauk mata Beby Mbul seakan mengarah ke sana, Suami langsung mengijinkan Beby Mbul buat beli. "Sana tumbas Dek....takenteni ya. Tapi cepetan." Asyikkkkk....dibolehin beli. Langsung aja Beby Mbul beli 1 bungkus sriping singkong yang original dan asinan buah. "Asinan sayurnya ga Dek?" Ujar Om bakulnya nanya padaku. Ga dulu hehhehe...Asinan buahnya aja dulu. Kayaknya seger. Isiannya ada salaknya, bengkuang, timun, dan mangga mengkal (mangga Indramayu mereun). Ntar ditaruh kulkas nyes banget...Segerrrr. 

Abis itu ga langsung pulang sih. Karena Tamas mau mampir beli ikan kecil-kecil buat pakan iwak arowana dan ajakin akoooh mampir ke bakul kembangan langganan dulu. Mau beli beberapa tanaman biar bisa buat petik-petik waktu masak. Kami pun melipir ke sana lagi setelah lama tak sowan sepulang dari desa selama 50 hari, ya sambil ketemu ama Pasangan Bapak Ibu bakul kembangannya yang berasal dari Cirebon. Kami biasanya dikasih harga teman karena sering beli banyakan. Nah, untuk kali ini kami mau beli tanaman jeruk nipis, jeruk limo, salam dan suruh. Ga lupa Tamas kasih bonus buat Mbul kembang sepatu pink yang batangnya udah gedean jadi kayak pohon gitu hahahhah...#Asyik ah. Ini buat konco kembang mawar yang ada di rumah kan...biar makin semarak ฅ(^・ω・^ฅ)












Terus Tamas juga pengen ajak Mbul bikin bakso gitu. Jadi Mbul suruh tanya ama Ibuk bumbu kuah bakso tuh apa aja sih ahhahah...Mbul tanyalah sama Ibuku liwat WA. Katanya sih bumbu kuahnya harus ada kemiri, bawang putih, bawang merah diiris tipis dulu ntar digoreng, nanti ditambah garem dan kesemuanya diuleg. Terus biar kaldunya lebih sedep lagi harusnya kasih daging iga sapi gitu. Tapi kami belum cari. Ntar deh insyaAlloh cari, soalnya ada yang pengen ajakin Mbul masak bareng bakcowww tuh hahahha...Okay lah.....Kami emang hobi masak berdua. Rerempongan berdua, tapi seru. Paling sering masak-masak ini, setelah sebelumnya masak lodeh ubi tumbuk hahhaha...

Abis itu, baru kami pulang menuju ke rumah. Soalnya abis Isya, Tamas mau ada persiapan tanding catur ama Mbah Wisnu dan Bapak-Bapak di lingkup RT. Jadi Beliau sinau dulu gitu dan dengan antusias ngajakin Mbul nonton cara main catur di TV hahahha...Mbul yang anaknya rada-rada loading ini pasti kalau disuruh main catur, atuw mikirnya lama wkwkw. Bisa bikin gemes ntar hahaha...... Beda ama Suamiku yang cerdas dan pinter matematika...Jadi Mbul ngelonin Kakak dan Adik aja di rumah. Soalnya besok harus bangun pagi-pagi sebelum jam 7..... Etapi ga lama kemudian jam 21.00 WIB, Beliau pulang cepet deng. Tadinya kan kalau ada kumpul atau rapat Pak RT biasanya sampai jam 22.00 WIB, tapi beliau pulang gasik. Abis cuci kaki langsung bubukan di samping Mbul. Mbul tanya gimana pertandingan caturnya? Ah...ternyata yang main catur adalah Mbah Wisnu dan Bapak Bapak yang lain. Tamas mah cuma nonton aja hahhaha...Owalah sama aja kayak Mbul dunk wkwkwk...Tauk gitu ga usah berangkat aja, kita bubuk bubuk kemulan slimut hihihi ฅ(^・ω・^ฅ)























Okey, segitu aja cerita Mbul kali ini. See you and bye bye...



40 komentar:

  1. Hoy todavía no comí, amiga Mbul, de modo que me abren el apetito tus deliciosas preparaciones... También la sandía!!
    Abrazo hasta vos allá en tu tierra tan bella!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Sahabat Carlos, pada post kali ini Mbul akan memperkenalkan salah satu dari kuliner nusantara yang khas dari negara kami yaitu soto. Biarpun Mbul belinya di kedai bakso (meatball), tapi pada kesempatan kali ini Mbul coba sotonya, yang mana 2 varian soto yang kami coba adalah soto daging dengan basic kuah santan dan satu lagi soto mie bogor dengan kuah bening...tapi soto mie bogor juga ada irisan daging sapi di dalamnya, ada pula tambahan lain seperti bihun, mie kuning, risol, tomat, daun bawang, dan seledri. Biasanya terdapat pula kikil, tapi Mbul nda pesan kikilnya, melainkan mbul cobain dagingnya. Kuahnya sangat segar bisa ditambahkan pula dengan sedikit sambal dan kecap manis supaya terasa lebih sedap lagi

      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  2. Balasan
    1. Thank you Christine...
      (^・ω・^✿)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  3. The roses are beautiful. The food looks nice too.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Margaret...Mbul really like 🍂🌻🌼🌸🌺🌹 especially the baby pink roses...

      In this post, i try Soto Mie Bogor that typically consists of beef/kikil, risoles (savory stuffed crepes), yellow noodles, various vegetables (like tomatoes, leek or green onion celery), and vermicelli.

      The beef broth of soto mie is spiced with shallot, garlic, candlenut, peppercorn, ground ebi (dried shrimp), bayleaf), lime leaves, bruised lemongrass and lime juice.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Makasih Sunika
      ฅ(^・ω・^ฅ)(^・ω・^✿)

      Hapus
  5. ...Mbul, your flowers are a delight to see. Take care and have a wonderful week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Tom, today is the season for tidying my garden, ready to keep it looking neat over the rainy season and giving me a head start in the next season. Some roses bloom once a year, others almost continuously. My personal favorite is the baby pink one...They look so cute ^__^

      Hapus
  6. Those flowers are really beautiful and I love that noodle soup!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Which one do you like Angie? I like baby pink roses and periwinkle here...Every row of flowers is nice and colorful

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  7. Mbul, Soto di sana makan nya pasti dgn nasi ya. jd pingin ama papaya nya. sedap banget tu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam 3 bulan ini Mbul lagi skip nasi kak Azian hahahha...tapi suaminya Mbul selalu memantau...jadi kadang dia taruh nasi ke piring Mbul, biar ni pipi tetep chubby katanya

      ฅ(^・ω・^ฅ)(。・ω・。)

      (´・ェ・`)

      tapi sebenernya soto dimaem tanpa nasi juga bisa kak...tergantung selera aja

      pepaya ini buah yang sering ada di kulkas Mbul, bikin urusan pencernaan Mbul lantjar Kak hihihi

      Hapus
  8. Hay 😃 kenapa saya bisa sampai sini, mungkinkah karna pengen maem soto😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah langsung maem soto aja kalau gitu Nur, tumbas di kedai soto atau coba Nur Shodiq bikin ndiri, ntar resepnya ditulis di blog. Sama kayak Mbul 😁

      Hapus
  9. Pretty flowers and the food looks really good.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Bill, We have a small yard and it's enough to keep us busy with gardening. Can't wait until our flowers start blooming again
      ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  10. Beautiful roses - and I love the collages with your lovely face.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Elephant's Child...i like roses very much...Seeing them in every morning can make me happy, especially in the morning dew...

      (^・ω・^✿)

      Hapus
  11. It looks yummy to me. Sometimes you have to break a diet, but just don't do it every day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Erika...i agree with your advice
      (。・ω・。)

      ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  12. Hehe nasib baik tengok makanan waktu tidak puasa.
    Selamat menjamu selera Mbul. Nikmat Allah beri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punten kak na, Mbul dah ngiming imingin kak na ฅ(^・ω・^ฅ), untung kak na pas lagi libur puasa Asyura ya...
      iya kak, nikmatnya maem soto mie setelah swbelumnya Mbul berkutat sama menu serba rebusan kak hahaha (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  13. Kliatan enak memang soto dan mie Bogor nya.

    Aku tuh beberapa kali random aja gitu pilih tempat bakso di Tangerang. Kadang yg ga punya nama juga. Dan selama ini, selalu ENAAAAK dpt nya nit 👍👍. Trus nyesel aja ga dicatet hahahha. Ada tuh Bbrp tempat di sana yg aku suka baksonya, tp lupa lokasi. Saking random banget.

    Memang kuliner Tangerang sih mostly enak2 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, yang ini enak. Padahal suamiku pas ngajakin aku ke sini juga random aja belom tau kalau soto yang di sini ternyata enak juga. Pas dicobain eh beneran enak...seger...

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  14. mbak mbul klo diet terus kurus jadi gak mbul lagi dong :D, emang gak biasa ya penjual bakso dan mie ayam ada pula menu sotonya juga, biasa kan cuma bakso pasanganya mie ayam :D.. rasanay enak ya mbak.. kirim dong mbak sini hihihi.. eh di tempatku mlah suasanya dingin mbak meski kemarau, air diumah dirumah udah kayak es kalo pagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener juga sih Nif, kamu kayak suamiku, beliau sering nasihatin aku jangan diet juga
      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩).....padahal tiap kali ngaca aku ngerasa agak sekel nih, tapi suami selalu ngademin atiku, sama kayak katamu gini hahha, katanya berat badanku udah ideal kok udah pas sesuai ama tinggi badan, ya body mirip mirip Kate Winslet pas main di film Titanic katanya hahahahhaha

      nih nif takkirim semangkok ya, 🍜, mie ayam...
      iya nif emang suasananya lagi ga bisa diperkirakan...kalau siang panas hot, malam adem banget...pagi juga adem...berangin gitu kan

      Hapus
  15. The food looks delicious. Thanks for sharing.

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  16. Balasan
    1. Makasih

      (^・ω・^✿)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  17. kalau soto bersantan saya belum pernah nyoba
    cuman di tempat saya (gresik)
    karena bersebelahan dengan lamongan,
    kulineran soto muacem2 banget mbul,
    ada yang kuahnya bening
    sampai yang kuning
    apalagi ditambah toping jeroan,
    beuh mantep betul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kayaknya enak ya Ki, soto gresik aku belum pernah cobain...Kapan kapan kalau aku diajakin suamiku ke jawa timur lagi, mau ah singgah kulineran di Gresik
      Beliau suka banget jeroan...apalagi ati, usus...kalau di sapi ya iso babat
      (。・ω・。)

      Hapus
  18. Soto daging kuah santen dan soto mie bogor yang sama-sama seger nih. Saya jadi laperrr, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger Pak Ustadz, soto basic santen dan bening ini emang te o pe be ge te hehehhe
      yuk, monggow dahar rumiyen

      ヾ(^-^)ノ

      Hapus
  19. What beautiful photos of the roses.
    Greetings Irma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Irma, semoga Irma dan keluarga sehat selalu. Salam...

      beby Mbul

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)