Selasa, 31 Maret 2015

Pernah Nyangsang ke Singapoe....




Well, bagi masyarakat golongan menengah ke bawah kek saia, bisa nyangsang ke negeri orang itu udah prestasi. Ya, meski dengan embel-embel kerjaan sih. Dan tugas luar negeri yang kudapat pertama kali adalah Singapore. Ini kejadian setelah ada drama gagal ke Bangkok. Gegaranya cuma karena paspor. Yep, pasporku belum jadi, dan waktu itu pihak kantor malah sempet ngusulin buat urus sendiri itu paspor kalok aku masih niat buat jalan. Kampreettt!!! Ogah bener urusan kerja pake biaya pribadi...Huft..akhirnya ga jadi.

Nah, mungkin ngelihat aku rada kecewa, dan kebetulan itu pas deket-deket ama ultahku, akhirnya Bos kasi undangan lain. Daaannn...Singapore inilah tujuannya. Ayeeeyy.
 小猪嘟吧表情

Memenuhi undangan ATCSA 2013--yang notabene merupakan kongres kesehatan internasional, aku pun berangkat dengan rasa was-was. Gimana enggak, wong ternyata yang berangkat cuma 2 orang. Aku dan pemred salah satu majalah pariwisata. Hmmm..bandingkan dong, masa aku yang anak baru kemaren sore disandingkan ama sesepuh yang uda makan asam garam di lautan? Gimana ga mengutuk panitia. Dalam hatiku, moga 3 hari di sana berjalan cepat saja. 

Sampe tibalah hari yang dituju. Tanggal 10 Oktober 2013, karena waktu itu masi single, aku berangkat dari kosan jam 4 pagi via taxi. Saking takutnya telat, aku minta tolong diingetin bapak, ibu, sampai mas buat bangunin pake telpon. Nah, akhirnya malah ga bisa tidur. Cuma merem-merem ga jelas, tau-tau udah pagi. Ya Alloh, rasanya pengen banget deh membatalkan diri buat berangkat. Tapi ga enak uda dipesenin tiket pesawat.

Aku ke bandara dengan tergopoh dan di sana sudah ada si pimred majalah lain yang uda nunggu buat masuk ke dalem. Males banget kaan? Panitianya ga ikutan. Ampun, gimana tar gue nyampe sana?? Gue kan ga bisa bahasa inggris? Ahelah !!! Apa gue ngekor doi aja pas wawancara tar??? Kebayang narasumbernya pasti orang-orang Tiongkok dan daratannya yang bahasa Inggrisnya kurang bisa kutangkap dengan baik. 
Hmm...pasrah.

Setelah masuk pesawat, doi cerita panjang lebar tentang majalah yang diasuhnya. Tentang doi yang temenan ama Pak Anis Baswedan dan orang-orang penting lainnya jebolan UGM. Bla..bla..bla...Dan gue cuma terbengong-bengong. Terus nanya, kantornya masi ada lowongan ga?
Hahahha..


 小猪嘟吧表情

Tapi akhirnya aku ga berminat. Soalnya sebenarnya aku emang ga cocok ama kerja di media. Fuh. Nah, akhirnya topiknya malah meluas ke MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang ujung-ujungnya dia merasa prihatin bentar lagi bakal ada persaingan kerja dalam lingkup regional. Tapi, sampe sekarang aku belum gitu merasakan. Bener ga?

Nah, setelah sejam-an mengudara, kami tiba di Changi Airport. Aku ngintil di belakang. Lumayan males sih, soalnya orangnya agak rese #mungkin dia laper.
Aku isi kekakuan ini dengan memandang sekeliling. Lalu bernapas dalam-dalam. Bapak-ibuk, aku uda di luar negeri nih !!!!

Changi Airport beda banget ama Soeta. Di samping lebih teratur, kepadatannya pun tak seriuh di Tangerang. Bangunannya juga guede. Menapaki lantai, kaki ini sudah disambut hangatnya karpet. Malah ada kayak eskalator, yang mendatar yang mirip-mirip di Soeta sih, tapi jalannya lebih cepat dan ukurannya panjang.

Ngomong-ngomong suasana, bisa kubilang tingkat kebersihannya hampir mencapai level sempurna. Sumpah bersih banget ini negara. Mampir ke WC pun sama. Kayak WC hotel berbintang. Wangi. Juga kering. Udara juga bener-bener bebas debu dan asap knalpot. Lalu kami juga ngelewatin rel kereta cepat yang terhubung langsung dengan bandara. Sungguh canggih bray...
Tapi kami enggak naik, soalnya udah dijemput sama guide yang udah disiapin panitia.

Setelah berjalan sampe bibir bandara, di depan sana sudah ada pria berwajah India melambai. "Ms. Pratiwi n pimred megazine X?
"Ya..benar.." jawab kami.
"Saya Augustar, yang akan pandu kalian selama 3 hari ini," pria itu memperkenalkan diri. 
WOW Amazing...dia bisa bahasa melayu. Syukur deh, paling ga kalo aku ga mudeng ama isi seminarnya bisa tanya-tanya.

Lalu dia menjelaskan asal-usulnya panjang lebar. Meskipun orang India, tapi dia ada darah Sumateranya. Karena ternyata bapaknya dari Padang. So, akhirnya kami diajak makan siang di resto masakan Padang. Ya Alloh, ginian juga ada kali di samping kosan. Rasanyapun jauh lebih enak yang di Indonesia. Akupun makan dengan menahan eneg, karena rasanya yang tidak bersahabat dengan lidah.

Habis makan, tanpa ba-bi-bu ataupun tedeng aling-aling lagi, kami langsung di bawa ke kongres hari pertama. Judulnya sih ''Wet Lab Demonstration on Perimount Mitral Valve Replacement". Sumpah, aku merasa puyeng karena bener-bener ga ngerti apa yang dibicarain. Hahahha...bener-bener istilah kesehatan yang rumit-rumit. Technical banget dah. Aku bergabung dengan wartawan asing yang kebanyakan kalau ga Chinese ya Indiahe..Hahahah..Cuma bisa mesam-mesem gajelas bow. Dalam hatiku, oke dah, besok gue rapel makalah-makalahnya aja sambil diterjemahin.

Lalu jam 4-nya kami cabut ke peristirahatan. Soalnya malemnya masi ada acara lagi. Semacam galla dinner gitu dah. Selama perjalanan, aku menahan mabok sambil ngedengerin Pak August bercakap panjang lebar dengan pimred majalah X. Yayaya. Sesama sesepuh, silakan saling bertukar pikiran. Hahaha..aku nyimak aja. Eh..tiba-tiba si Mr. Indiahe ini tanya..."Pratiwi sebelumnya sudah pernah ke Singapore?"
"Belum Pak, ini kali pertama saya ke luar negeri," ujarku jujur.
"Oke deh, karena Pratiwi belum pernah ke sini, besok kita jalan-jalan ke tempat-tempat bagus," ujarnya mantab.

Sesampainya di hotel, gerimis di luar sana jatuh. Untung aja ya. Nah, ternyata kami menginap di Studio M, sebuah bangunan minimalis yang desainnya dirancang apik. Yeayyy !! Dapat kamar 1. Tidur sendiri, luaaasss lagi. HAHAHAHHA...Dan pas masuk ke kamarnya...aku takjub sejenak.
Serasa ada di kamar doraemon. Karena emang desainnya yang unik dan ga biasa. Langsung aku foto-foto deh biar ga penasaran.

Banyak tangganya

Kayak kamarnya doraemon
yeaayy !!! bisa guling-guling bebas di kamar mewah

 Nah, beres bersih-bersih badan, hendphone uda tulit-tulit. Waaahhh..dari ibu di kampung. Terus tulit tulit lagi. Waaahh dari amas di Tangerang. Dan pas sms 1 kali,..jentring...sisa pulsa Anda tinggal 0 rupiah. Anjriiittt....Terus gimana caranya komunikasi kalo kayak gini ceritanya??? Hmmm sambil mikir beribu cara, akhirnya ada panggilan kalo aku uda ditungguin ke acara selanjutnya. Apalagi kalo bukan "Opening Ceremony and Welcome Reception by Mr. Gan Kim Yong, Minister For Health, Singapore". Ckckcck..narasumber kakap nih. Apa musti dia yang kudu kuwawancara? Secara aku ga bisa bahasa linggis kakaaaa..Hmmm...pasrah jilid 2.

Yap, singkatnya itu opening berlangsung cukup singkat. Dan aku musti tebelin muka buat maju-maju ke depan dan mengambil gambar pak menterinya. Huft. Kelar acara, masi ada media briefing. Ampuunn deeh.. Di situ aku uda dihadapkan oleh pakar-pakar kesehatan dan praktisi dari berbagai negara. Dag-dig-dug dalam hati ini karena yang lain pada jago-jago banget bahasa Inggris. Sedangkan aku diam mematung menahan peluh dingin yang bercucuran karena AC.

Kumpulan pakar yang harus kuwawancarai

suasana pameran kesehatan



Yahhh abis tanya jawab yang kurang lebih didominasi oleh jurnalis India, akhirnya aku dan si pimred X pamit. Niatnya sih mau cari spot-spot yang bisa dijadiin foto buat headline. Pas lagi cek booth-booth pameran, ehhh aku ketemu pakar dari Malaysia. Mayan nih buat dijadiin narasumber. Secara titelnya udah dirasa pas buat dijadiin narsum. Apalagi doi bisa bahasa melayu. Seenggaknya mayan dah buat quotation artikelku ntar. Bener, pas dideketin orangnya ramah dan berkarisma. Terus aku minta izin buat cekrek-cekrek-cekrek, foto. 


Si pimred X mupeng pengen minta hasil foto narasumberku barusan. Duhhh katanya pimred kok kamera aja ga bawa. Laptop pun dia bekal pinjem tiap abis kongres. Kzl !!! Bukannya pelit, soalnya uda diijinin tapi rada ngelunjak. Masa malah dipake buat facebookan ama blogging. Lah...berat-berat bawa laptop dari Indo ampe tegang masuk ke pintu imigrasi kan buat kepentingaku nulis artikel. Ini malah hampir tiap hari dipinjem yang intinya ngeganggu kerjaanku. Yah...gue juga butuh keles buat kontak-kontakan ama nyokap, mbak, n mas di Indo pake facebook. Alhasil di hari ke-2 aku mulai tegas, kalo leptop seharian aku pake. Huft...

Malemnya aku curhatin semua kekesalanku ini ama tamas n mbk. Dan mereka sepakat bilang, udah ga usah pinjemin aja daripada nglunjak. Dan habis lega curahin isi hati, akupun pamer ke tamas.. Pake tulis-tulis ke wall-nya dia lagi kalo aku uda nyampe Singapore. Terus aku juga cerita kalo belum apa-apa pulsaku uda kesedot entah sama operator mana, karena beda negara. Akhirnya si amas dengan berbaik hati mengirimiku pulsa Rp 100 rebuw. Hahahhaha...dasar..udik ya aku?

Terus iseng-iseng dia massage aku : "Yank besok takjemput ya, kita langsung cau pulang kampung dari Soeta ke Kebumen."
Dalam hatiku pun bertanya-tanya. Ada apakah gerangan?
Ga kayak biasanya...

Besokannya, seharian diisi dengan seminar-seminar-dan seminar. Uda kebayang dong otakku dipenuhi kepulan asap menelan mentah-mentah presentasi tentang bedah jantung. Hahahhaa... Ya acaranya tuh dijudulin New Advances in Thoracic Surgery Symposium. Pokoknya tiada hari tanpa ngelihat video pembedahan dan organ-organ manusia hidup.

Abis itu saatnya sante-sante...Kami dijemput Pak August buat tour ke tempat-tempat wisata. Pertama ke Pulau Sentosa. Itu loh yang ada Universal Studio-nya. Menjejakkan kaki pertama kali ke situ, rasanya excited banget. Gimana enggak kanan kiri jalan dipenuhi dengan bunga-bunga merah jambu. Sampe tibalah kami di parkiran. Hufftt jangankan dalemannya, parkirannya aja super mewah. Rapi dan terang benderang. Terus di sisinya ada tempat cassino.
Ada replika kapal pesiar tradisional
Macam-macam kerajinan tangan
Huaa ada jerapah nongol

Engga gitu jelas ini apaan, mungkin batu-batuan
Ada ceritanya ini
Jeruk boongan loh

Kayak sepatu om jin

Masuk ke akuarium
Itu sepatuku...!!!Berjalan di bawah hiu
lagi bobok..

Souvenir cantik

Ini ada patung-patung sejarahnya

Universal Studio

Cabenya Imut ga?
Ini parkiran loh....cakep kan?

Yah pokoknya Studio Universal cakep dah. Kami juga sempet masuk ke wahana-wahana keren di dalemnya kayak akuarium raksasa dan operet sejarah Singapura.

Actionn..
Terus tujuan selanjutnya ke Garden Bay The Bay... Taukah kalian, baru pertama itu aku nyangkut di negeri penuh bunga yang sumpah pemandangannya keren sekali. Mulai dari tropis ampe subtropis, semua jenis kembang kumpul di sini... Susahnya ga wisata bareng temen atau pacar adalah ga bisa minta tolong potretin. Ya pernah si sekali-kali minta tolong potoin guide-nya..tapi tau sendiri..cewek kalo foto belum keliat pas rasanya belum puas. Dan itu kejadian karena berkali-kali minta diphotoin akunya ngeblur..Huft.

Ungu unyu unyu

Yellow sunshine !!

Seger-seger kan?

Kayak di film-film salju

Ini keren banget, pengen foto di sini tapi ga ada yang motoin..

Garden by The Bay emang buagus

Bikin gagal move on

ijo-ijo..

mirip kenikir ga sih?

Ni aer terjunnya dasyat banget..

Makan siangnya di salah satu hotel mewah deket Marina Bay Sands. Dan kali ini aku dijamu buffet. WOOW MATA BELO !!! Uwenak-wenak tenan makananya. Kebanyakan Asian Food sih. Saking kemaruk atau mungkin lapar, akhirnya aku nyobain makanannya ga sungkan-sungkan lagi. Ya es duren lah, es krim, singkong thailand, laksa, de el el. Ampe kembung dan diketawain Pak August.


Makan buffet malah kekenyangan

manis-manis semua sihh

Sudah malem kami dikasi waktu bebas buat ngapain aja. Aku mending milih ndekem di kamar sambil facebookan en kangen-kangenan ama amas. Hihihikk dalam hatiku, rasain leptopnya kupegang terus nih, ga bakal kupinjemin lagih.

Tibalah hari ketiga dimana sorenya kami uda bisa balik ke Indo. Nah, biar ga nyesel udah mampir Singapore, akhirnya setengah hari kami habiskan buat belanja-belinji oleh-oleh. Kami dibawa ke Little India yang semarak oleh pernak-pernik perayaan Pujawali. Serba oranye. Dan aku jadi keingetan ama bunga kenikir.

Di sana, aku belanja aneka makanan India ready to cook kayak sambosa dan kue canai. Yah biasanya adekku seneng ama yang kayak ginian. Mayan murmer kok. Maklum budget jalan-jalan cupet nih. Ga bisa beli yang banyak-banyak. Eh si pimred x uda ngeborong pake trolley dong, tapi pas nyamper ke aku dia bilang kalo dia ga punya receh mau pinjem duitku. Ebuseettt !!!

Kelar belanja, uda hampir sore nih...akhirnya kami mampir ke salah satu masjid yang berada di kawasan Istana Malaka. Wow...belum-belum uda ada pemandangan indah dimana di dalamnya habis ada acara nikahan. Hihihii..jadi ikutan nonton kan.

Habis itu kami jalan menuju Changi lagi. Sedih??? Mayan... Masih blom move on sih ama udara bersihnya Singapore????

  小猪嘟吧表情

Ya apa boleh buat, kami musti dadah-dadah sama Pak August yang baik hati dan pandai cerita. Sampai ketemu lagi Pak...

Nah...karena udah mau balik ke Indo, otomatis duit kudu dituker lagi dong ke rupiah. Daaaann...setelah kami nemu money changer..aku itung-itung lagi agak rugiii bandar. Pasalnya pas beli dollar singapore kemaren dapet 4 jutaan. Eh pas ditukerin lagi ke Rupiah jadi 3,sekian juta.....Aaaaahhh ga relaaa..
Pas ngelirik ke si pimred, doi lebih ngenes lagi karena ruginya jauh lebih banyak. Hahahhaha...Terus dia semacam nyesel gitu, katanya :"Tau gitu ditukerinnya di Money Changer Soeta aja," wakaaakk asli aku ga tau harus nahan ketawa ato malu ngelihatnya. Soalnya doi juga akhirnya cerita klo dulu sempet bikin resto steak-steakan tapi gagal, terus nyebur ke saham juga rugi bandar....Hmmmm..hidup memang kejam.

Pukul 8.30 pm, akhirnya aku diangkut Garuda Indonesia buat terbang ke Soeta. Kejutaann.. Aku naik pesawat yang guede itu loh...yang barisan bangkunya ada 6. Huawwww !!! Joged-joged gembira...

Habis dapat duduk, sengaja pejamin mata biar ga denger curhatan orang galau karena rugi bandar. Hahahahhaa..
(Ditulis oleh Gustyanita Pratiwi pemilik Gembulnita)
Sekitar jam 10-an aku tiba di Tangerang. 
Dan di sana sudah ada amas yang menjemputku buat pulkam ke Kebumen. Pas kutanya, emang mau ngapain? Katanya : mau LAMARAN...!!! AAAHHH...Manisnyaaaa...

 小猪嘟吧表情 


137 komentar:

  1. Etjiehhhh.... Lamaran sama pimred majalah cieee.... *ini gagal fokus*

    Hahaha..... :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dibaca lg yang bener,,,
      Suami aku kan businessman wkkkk bukan orang media

      Hapus
    2. Curang banget ini....
      Apaan kasih foto terakhir. Apaan coba......

      Hapus
  2. suprise ya nyampek tanggerang...tenyata si do'i mau melamar wakwakwak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ya ni mas dedhy, kejutan akhir taun

      Hapus
  3. panjang nya. *tadi gue baca sampe abis loh*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaa terharu bangett ada yg baca ampe abis...:makasi ya shodiq ^_____^

      Hapus
    2. nur, gue juga baca sampe abis dong. beraer mata gue :'D

      Mbak tiwi, ada yang lebih panjang engga? :'D

      Hapus
    3. alhamdulilaaahhh makasih Ya Alloh ada yang hilap baca mpe abis...sujud sukur. makasih ya erdi hahahaha

      Hapus
    4. kembali kasih...... mbak...
      erdi: jangan bo'ong loe erd hihi :))

      Hapus
    5. Klo ga dibaca ampe abis nanyi bu guluu tabok satu satu wkkkkkekk

      Hapus
  4. waah ke singapore ya, pasti seru deh, ehm pengen :)

    BalasHapus
  5. WENAKNYAAA,, nyangsang ke universal studio..
    Masih masuk daftar kunjungan gue, dan kayaknya tahun depan baru bisa terlaksanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes. itu negara bikin heran, polusinya ga kelihatan...

      Hapus
  6. Panjang juga ceritanya, sampai KO gue bacanya.

    Tapi endingnya tu loh... keren.

    Jadi ingat cewe gue, orang kebumen juga, cuma dari kecilnya udah lama tinggal di Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis gimana dunk, kalo ga ditulis semua nanggung hahahhaa..
      oyaa..bumennya mana?

      Hapus
  7. Wow, lamaran! Hahah...

    Wah, awal maret lalu aku baru balik dr singapore. Sama, tugas kantor juga. Tapi cerita kita beda. Hahhaha

    Seru, ya! Enak, walaupun dinas, msh bisa jalan2 gituu...


    Ahhhh, singaporee.. Mau lagi ke sana. Hhuuhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um...wah ada di blog ga pengalaman ke sporenyahh tar aku sambangin

      Hapus
  8. kapan iya aku nyangsang ke singapore :)

    BalasHapus
  9. Asik dah walopun urusan kerjaan..
    Akoh kapan ke LN?? hahah...

    Tunggu akoh ya polau Sentosa *Kapan? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayook ke sanaa...hihihi...
      tar ketemu ama singa

      Hapus
  10. tempat parkirnya rapih tenan....... kaya kamar bobo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyapp bener banget, kebersihannya di level paling prima tu mangs

      Hapus
    2. kamar saya aja g serapih itu. hahahaha

      Hapus
  11. Mbak Nita pernah nyangsang kemana-mana ya -_-

    itu singapure kok bersih sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kek layangan ya feb kerjaanya..
      bener aku heran kok ga ada satupun sampah di jalanan.. jarang juga ada kendaraan, karena ternyata pajak kendaraan di sana mahaall

      Hapus
    2. Hahahah layangan anget :p wkwkwk Mbak nit Alayyangsangna, 'anak layangan yang nyangsang kemana-mana' :p

      Kalau nggak ada sampah, itu mungkin kesadaran masyarakatnya ya :' kalau di Indonesia mah, susah. Kalau masalah kendaraan, berani banget pemerintahnya ngasih pajak gede, di Indonesia mah kalau dinaikin, koar-koar semua :'

      Hapus
    3. iya nih feb...asal jangan layang2 putus ajah hahaha
      sepakat. pemerintah sana menang di tegesnya sih...
      coba kalo yang bagus2 kayak gini bisa dicontoh negara kita ya

      Hapus
  12. bersih yaa diluar sana, gak kayak .... ah sudahlah

    BalasHapus
  13. Waahah sudah lama saya nda denga kosa kata "NYANGSANG" heihiehiehe. Eh iya saya sendiri belum pernah ke SINGAPORE> Wahahahah kasian kan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga kog kang, bentar lagi juga bakal ke sana ahahahha

      Hapus
  14. keren! katanya tiket ke singapore lebih murah dibanding tiket ke bali ya?

    BalasHapus
  15. masih mimpi kalau nyangsang ke singapore mbak :D. . kalau ke Asia pernah ( tempat Mall ) :D

    BalasHapus
  16. kalo ada yang ceritain tentang garden by the bay, bikin mupeeng deh...katanya bagus banget ya kalo liat aslinya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb...berasa kayak di Taman Jurasic :)

      Hapus
  17. Wah..seru ya pergi ke Singapore. Kalau aku kapan ya?/

    BalasHapus
  18. Keren sih singapur ....tp lebih keren negri tercinta indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tetep nyaman di negeri sendiri :)

      Hapus
  19. Singapore itu keren sistem transportasinya dan gedung2nya yang canggih2nya dah, sama orang2nya yang mahir berbisnis, harus belajar banyak dari singapore kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas salmaN...kliatan uda sering bolak balik ke sono nih ya kn hahhahahi

      Hapus
  20. loh itu lamaran apa emang udah suami yang jemput hihihi
    iya singapura itu emang enak buat jalan2..btw, itu studio M bagus ya :o Jadi pengen nginep disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii waktu itu masi calon suami kak, tapi sekarang uda merried, gegeggegkk..
      iya studio m, lumayan bagus yapi bangunannya ag kecil sih :)

      Hapus
  21. petualangan ke singappur mang teope ya..hhhii.. jeles blom pernah ke sana..hehehe

    BalasHapus
  22. singapur memang bersih,karena buang sampah sembarangan di denda,kamera ada dimana-mana,aman kalau keluar malem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas rip, ketegasan peraturannya bikin ku takjub

      Hapus
  23. "Mah, aku belom pernah ke luar negeri. Doain bisa kayak Mbak Nita ini, Mah." *ngomong ke Mamah*
    kalo bisa pas pulangnya, juga dilamar ama gadis. xD

    BalasHapus
  24. Surprisenya doi itu lho , bikin badan capek slama. Perjalanan hilang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em mb tatit, kenangan ini ga bakal dilupain seumur hidup, hihihi

      Hapus
  25. senangnya bisa mengunjungi negeri lain ya. Kamar hotelnya keren ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb lidya..tambah tambah pengalaman :)

      Hapus
  26. Seneng ya bisa jalan-jalan ke Singapore, hehe. Ya meskipun tugas kantor, tapi kan tetap bisa dijadikan pengalaman.
    Itu apa ya, di Singapore kok makan nasi Padang, haha. Sekalian makan di Warteg aja. Eh, ga ada ya..

    Sayang banget, kok ga disempet2in foto di Universal Studio? Itu ikonik banget.
    Ah, jadi pengen juga ke Singapore. Tapi jalan2 aja, ga diribetin tugas kantor. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Nggo...masa uda ke sana disodorinnya padang juga, wakakakkaa

      Hapus
  27. Pengalaman yang menyenangkan yah, mbak.... moga bisa ke singapore aku juga, pengen banget bisa ke sana... cuz singapore termasuk salah satu dari sekian negara yang pengen aku kunjungin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ammmiin Nuell, ayo ke sana biar bisa liat negeri kecil tapi maju luar biasaaa :)

      Hapus
  28. ouw..seru kegiatannya... seru pula foto-fotonya, bikin aku cuci mata nih,, kerja nyambi jalan-jalan, gratisan pula..sesuatu ya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mb eka...mata langsung jadi jernih liat bunga-bunga di taman impian :)

      Hapus
  29. wow seru,, puas liat fotonya,, soalnya banyaaak dan cantik-cantik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya il..bunga-bunga yang cantik itu andaikan bisa dibawa ke rumah terus ditanem macam di rumah2 korea..pasti keren ya ^______<

      Hapus
  30. keren,udah nyangsang di singapore pas pulang lansung di lamar :)

    BalasHapus
  31. wah! mantap. singapore memang bersih ya..
    libur lebaran nanti juga saya berencana ke situ :)

    BalasHapus
  32. mba kalo kesana gimana cara komunikasi dengan org sana?pakai bahasa inggris yah?trus uangnya harus uang apa yah?aduh pengen juga nih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakecbahasa isyarat wkkkk, inggrisku payah nih
      dollar singapura mas hendri

      Hapus
    2. kirain rupiah juga bisa mba :D
      kaya nya ribet juga yah buat ke luar negri.hehe

      Hapus
    3. wah ndak laku dunk..
      bener lumayan ribett kadang jadi rugi karena perbedaan mata uang

      Hapus
    4. iya mba, karna nilai rupiah begitu rendah..

      Hapus
  33. negara mungil yang kaya raya, kasian indonesia :(

    cara media

    BalasHapus
  34. Kapan-kapan kalo ke sana lagi, ajak gue, Mbak. Tapi bayarin. Huwahahaha.

    Btw, di sana bisa komunikasi sama orang luar? Atau make bahasa Kebumen? :p *kaburrrrr*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stoopp, anda kabur saya tilang !! #Eh apa sih
      Di sono pakenya bahasa isyarat kkkkkaaakk, pake dinglish yog...
      ya terkadang pake bshssa ngapak ala kebumen gitu dehh.,,

      Hapus
  35. Waw singapura, salah satu daftar negara yg ingin saya kunjungi..

    Enak ya d tugasin keluar negri..

    BalasHapus
  36. wow, asik ya jalan2nya... abis ini mau kmana lagi, jgn lp ajak aku ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni lagi di puncak...e cianjur ding hehe

      Hapus
  37. Asyik bangeeetttttt

    *Kepengen juga*
    *Lalu sirik*

    Ah semoga abis sarjana bisa keluar negri juga ya Allahhh aminn..
    *berdoa kok di komen box blog orang*
    *ahhahaa abaikan ^^;

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aayooo tar bis lulusan puas puasin jalan2 ul,.

      Hapus
  38. Aih, yang terakhir so sweet amat kak :')

    BalasHapus
  39. Jauh-jauh ke Singapur, diajak makannya sama nasi Padang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia rip yang aku ga abis pikir T___T

      Hapus
  40. Assalamualaikum
    Salam kenal ya mba. Semoga bisa menjadi sahabat blogger yang bisa saling membantu.

    Saya ucapkan selamat ya

    BalasHapus
  41. kamar seluar gitu sendirian bias buat jumpalitan hehehe. Gimana lamarannya? Lancar? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mb myra :) Bisa guling-guling bebbas sesuka hati ^__________<

      Hapus
  42. enak banget ya kerja kayak kamu, bisa sekalian liburan gratis, ada lowongan gak? haha

    BalasHapus
  43. jalan"nya seru banget...kapan ya gue bisa pergi ke luar negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan suatu saat ya mahfuda...

      Hapus
  44. komentarku hilang ..jadi harus ulang lagi nich.,.
    asyik banget bisa ikutan kongres kesehatan internasional...di singapore lagi....uhhuuyyyy...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh mungkin lagi eror internetnyaa..
      iya mayan mas hariyanto, sekalian nambah wawasan :)
      salam hangat dari tangerang city :)

      Hapus
  45. Seru banget, Mbaaaak.. Mana banyak foto lagi. Aku kan jadi mupeng. Ihik :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. seruuu banget beb, tapi ada yang bikin bete sih, soalnya ga sama pasangan ke sananyah, jadi ga bisa minta potoin hahhaha

      Hapus
  46. ke universal studio singapore (uss)?
    iri euy :(

    taon lalu saya ga sempat kesana padahal udah book tiket rame2
    gara2 salah jadwal akhirnya cuma nyangsang di merlin park...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh merlin park...uda ke sana blom yah aku ???

      Hapus
  47. Wah senengnya ya bisa jalan-jalan dan ketemu orang-orang hebat....dan untung enggak kesasar....he..he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung aja yun ada guidenyah hehehew

      Hapus
    2. pokoknya terus berkarya....selagi masih muda....:)

      Hapus
  48. awah.,., saya jadi pengen ke singapore nih...

    BalasHapus
  49. iyalah tangganya banyak mba :D kalo cuma satu sih namanya meja.. emang bisa berbahasa apa aja mba (siapa dh panggilannya :D) ? salam kenal aja dari gue :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisanya bahasa indo ama jawa foang wakakkaaaa

      Hapus
  50. weleh weleh enaknya mbae

    semoga aku bisa nyangsang disana juga :D

    BalasHapus
  51. Balasan
    1. bayar tikednya ndiri ndiri tapie hehehee

      Hapus
  52. wah saya tingal di batam, tak nyampe setengah jam sudah nyampe ni, bagus ya kotanya

    BalasHapus
  53. Tulisan barunya mana lagi ya.

    BalasHapus
    Balasan

    1. bentarrr lagi ngedraft dulu nih, sambil cari wangsit wkkkk

      Hapus
  54. wah asyik ya nyangsangnya disingapur, bisa jalan-jalan gratis. hehe dan yang kalah penting bisa ketemu orang-orang hebat. awesome

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni mas hendri, lumayan membuka wawasan akan dunia kesehatan internasional, khususnya bedah jantung :)

      Hapus
  55. Widiw keyen deh kakangmas nya ini.... Bisa kasih kejutan :D
    Penasaran deh aku Mbak, sampean itu kerja apa kok bisa dapet tugas ke luar negeri?

    BalasHapus
  56. Weleh mbak jalan-jalan ke Singapur saya gak diajak, padahal saya sudah tinggalnya dekat ama Singapur tingga stengah jam nyebrang ajah tapi belum keturutan hikhik

    BalasHapus
  57. Panjang beneeeer. *tewas terkapar*
    Hahaha. XD

    Asiknyaa bisa ke Negara tetangga. :3
    Aku juga mauuuu. Caranya gimana, ya? :p

    Ngeselin juga temennya. :))
    Hahaha.

    Cieeee yang dilamaaaar~ Aaaakk~ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil oksigen Rim...
      Hahaha kebiasaan nih, aku emang paling males nunda postingan, jadi sekalinya peristiwanya panjang ya bakal kutulis panjang lebar, wakkkk

      Iyaa... sangat ngeselin sih itu orang hehehhe
      waaa jadi malu

      Hapus
  58. Mbak, aku bingung komen apa, itu pengalaman unforgettable pastinya XD mupeeeeng~

    BalasHapus
  59. keren dong bisa ke singapoe..?
    aku baru nyampe singaparna doang... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Singaparna jg bagus kok..,sumber sejarah :d

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...