Kamis, 01 Oktober 2015

Angkringan di Tangerang



Suatu malam si Mas ngedadak bilang pengen makan rica-rica. Rica-ricanyapun yang spesial punya yaitu milik seorang bapak yang biasa kami sebut Pakdhe dimana sehari-harinya beliau berjualan sego kucing beserta lauk-pauknya. Nah, salah satu yang paling endeus punya adalah rica-rica miliknya ini. Rasanya hot...pedes, dan penuh merica. Potongan ayam yang kebanyakan bagian kepala ini terasa gurih berpadu dengan nasi panas dari tum-tuman koran dan kertas minyak.


Sate usus dan kepala ayam goreng
Nasi kucing

Bisnis angkringan kayak gini sebenarnya bukan barang baru. Nyatanya di beberapa spot keremangan yang penah kutemui di Tangerang, ya ada aja loh yang jualan. Mesti belum sebombastis dan seramai tempat asalnya Jogja maupun Solo, tapi lumayan lah...prospeknya cerah. Mulai dari yang muda sampai yang uda bangkotan...maksudnya uda pengalaman ngicip asam garam perkulineran angkringan, ada semua. Kayaknya sih omzetnya menjanjikan. Ya iyalah, pangsa pasarnya kan kita-kita, rakyat jelata yang isi kantongnya sesuai sama yang dijual.

Oya, ngomong-ngomong soal Pakdhe yang tadi kusebutkan di atas ternyata namanya Pakdhe Untung. Setelah mencicip sekian angkringan di segala penjuru, ternyata menurut lidah kritikus makanan ini kami, punya beliau lah yang rasanya paling wenakk. Berjajar pas dengan sebuah tempat steam mobil yang beroperasi pada pagi hari, si angkringan ini nyatanya selalu ramai disesaki pembeli. Tiap hari adaaaa aja yang makan di situ. Kebanyakan sih bujang-bujang kalo ga bapak-bapak. Sambil ngesusu jahe, tangan bisa cemal-cemil aneka gorengan kayak tahu berontak, ketan goreng, risol, tempe, bakwan, sate keong, usus, telor puyuh, kepala goreng, dan pepes. Ada juga makanan kecil macam klepon yang baru-baru ini aku satronin keberadaannya. 

aneka gorengan
eh ada kleponnya juga boook
sate telor puyuh n kepala

Kalau sego kucingnya sendiri agak beda ya sama yang biasa kusantap di kampung. Seporsi nasi tum-tuman kertas koran, tersedia potongan tempe orek dan sayur kacang. Kadang kala ada ikan pindangnya dikit. Kalo yang di kampung kan selalu ada ikannya. Dan susu jahe yang dihidangkan juga pake gelas ekstra. Dibikin dari jahe asli yang telah diseduh dari teko-teko raksasa berisi air panas, rasanya jadi tambah maknyus tatkala ditambahkan susu kental manis dan potongan es batu.

Urusan harga, lumayan juga sih. Sebenarnya murah. Asaaaalll dengan catatan ga nambah-nambah, hahahha... Pinter juga sebenarnya konsep jualan angkringan ini. Porsi dibikin kecil biar kitanya ga kenyang makan sekali. Alhasil nambah mulu entah itu nasi or lauknya. Jadi sama aja dong ya... jatohnya kayak makanan menu lainnya. Tapi it's oke lah. Biasanya aku dan si mas cuma ambil 3 porsi nasi (2 buat mas, 1 buat aku), 2 rica-rica, 2 kepala ayam, dan 2 gelas es susu jahe. Total-total palingan Rp 45-50 ribuan. 

sate keong
tahu berontak
es susu jahe
yang jualan grogi pas diphoto makanya ngeblur dewww
Angkringan Pak De Untung


Balik lagi mah...yang penting ati kenyang perut senang...eh kebalik atu ya Hahahhah... Yowes, setidaknya ini bisa ngobatin kangen masakan kampung yang bersahaja namun kaya akan rasa. Halaaahhyuung.... 

Kalian tertarik mencobanya??

Bisa diintip lapaknya di daerah Pasar Kemis, Tangerang.
Inget ya tendanya yang dinamai Angkringan Pakdhe Untung...sebelah-sebelahan ama tempat cuci mobil :)


56 komentar:

  1. Beberapa hari ini say angiler kucingan Mbak tapi nggak berjodoh mulu. Tutup. Padahal ngiler banget pengen makan kucingan. Dulu pas masih jadi anak kos sering nih makan kucingan. Murah Mbak, hanyaa 7 ribu dah kenyang. Kalau habis 50 ribu termasuk mihillll dong Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bikin mahal ntu suamiku nambah nambah lauk n nasienya mb ika hihihii

      Hapus
  2. Lohh.. Rica2 kirain aku ayam rica2 yg dikecapin gtu? Haha.
    Ini mah nasi kucing ya mbak? Kok disebutnya sego kucing? Aku biasanya klo mkan nasi kucing mah gak cukup 1 porsi. Wkakakk *umbar aib

    Sate kepalaa.. asik banget tuh.. apalagi otaknya.. Nyamm... Klo sate keong gmn rasanha coba?._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rica rica lu...ya semacam ayam kecap tapi ada mericanya gitu deh...hehhe

      sego = nasi sayangkuuu

      haahha, sama sih, cuma aku lebih suka ngambil lauknya...nasinya 1 aja cukup kekekkek

      keong...hmmm kayak tutut kalo di bogor gitu deh, aku kurang sukaa

      Hapus
  3. Rica-ricanya ngga difoto mba? Jadi penasaran hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya ya lupaaaa
      Uda kburu masuk perut heheeee

      Hapus
  4. Deket rumahku juga ada angkringan, tapi makanannya nggak selengkap Angkringan Pak De Untung. Ahh jadi pengen~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke disiniii
      Rasanya khas bgt, bumbunyaa ngreseeepp

      Hapus
  5. bentar'' itu elu makan tiga porsi ampe empat puluh rebu. ini mahal, atau emang harganya segitu sih d paaran? gue makan terakhir tiga tahun yang lalu. perasaan satunya cuman gope doang dah, hahaha. tapi ya palingan orek tempe doang sih. enak sih bisnis kuliner gni. dan emang yakinnya sih yg dateng ga cuman bapak'' doang, anak muda pasti. apalagi klo anak kuliahan yg udh masuk tanggal'' 27-28 gtu. hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg mihil ntu susu jahe gelas gwede, rica2, n kpala ayamnya kawan.,..trs biasanya nambah lauk usus

      Hapus
  6. asik dah,
    sate keong ama jahe susu tuh pokok nya favorit ku bgt klo ke angkringan :D
    lumayan mahal jg yah, ketemu nya 45-50rb :3

    BalasHapus
  7. aku seh bintaro tapi ke pasar kemis kok adoohh
    disini juga ada yang jual tapi daerah itc sana...
    coba ah kapan-kapan kalo iseng kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik heli ka echa, hihihi
      itc serpong bukan?
      ayoo sini :)

      Hapus
  8. Assalamualaikum wr,.
    Salam silaturrahmi,
    Wah, angkringan ya:) sy bru di jogja, baru beberapa hari juga tau ap itu angkringan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb
      salam silaturahmi kembali

      iya angkringan di Jogja pastinya lebih meriah ya mas..

      Hapus
  9. huwaaa..enak sekali ya pastinya...itu ada sate telur puyuh..aku suka banget telur puyuh...

    BalasHapus
  10. keren nama'a tahu berontak :D
    Mba kalo nasi kucing isi'a apa aja yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. isinya nasinya dikit ditambah orek tempe, kacang panjang, dan irisan pindang...

      Hapus
  11. ampun mbam bikin ngiler aja tuh makanan :D

    BalasHapus
  12. Widiih minggu depan magang ditanggerang jadi bisa kesini nih kalau kangen nasi kucing mueeheheh

    BalasHapus
  13. ada sate keong? Sate keong apa kerang? Enak kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga enak...huhuu, aneh kenyel kenyel gitu mb ria...

      Hapus
  14. sate telor puyuh nya kayanya mantep ya mba, di daerah saya tempat angkringan masih jarang

    BalasHapus
  15. rica-rica emang pedesss banget, saya aja makannya sampai keluar keringat tapi biar pedas rasanya mau lagi gitu kaya kecanduan sama pedasnya hehe

    BalasHapus
  16. murah meriah tapi enak ya

    BalasHapus
  17. waw....kapan bisa main ke tangerang ya...

    BalasHapus
  18. Ah, kepala ayam, favoritku, asal yang goreng, bakar atau bacem, bukan yang pecok rebus :) hihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kulitnya yang gurih
      pecok...belum pernah denger aku..apaan tu?

      Hapus
  19. Mahal juga ya mb yen 50rb berdua... Dikota kelahirannya, ..angkringan depan rmh....gorengan 500/buah....nasi kucing seribu/bungkus....kepala 3000 kayaknya... *** halah, iki kok aku malah koyo bakule angkringan tho...

    BalasHapus
  20. Muahahah gue malah sering nih makan angkringan di Bogor. :))

    BalasHapus
  21. Gue malah baru tahu dari komen Adi kalo di Bogor ada. Jakarta juga mulai banyak, nih.
    Btw, emang susu jahe pake es enak ya, Mbak? Seumur-umur, gue baru nyobain yang hangat. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi tak senikmat di kota aslinya Jogja dan solo...

      susu jahe es maknyusss

      Hapus
  22. Mbak, kamu ikutan giveaway lebaran bukan? Menang tuh, benar gak ya itu kamu soalnya namanya sama > http://heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah...hihiii, iya titis makasih infonya...aku taunya dari komen kamu ni :)

      Hapus
  23. Samaan kita.. :) Aku sama suamiku kalo lagi ke BenHil juga suka makan di angkringan depan Ruman Bpk. Fadli Zon. Sebenernya ga depan2 banget sih, di sekitar pertigaan gitu. Tapi di situ nggak ada kleponnya..

    BalasHapus
  24. Di sekitaran kota tasikmalaya juga ada lho mba angkirangan seperti itu pas banget tempatnya pinggir jalan jadi kalau makan bisa liat orang-orang yang berlalu lalang. And semua makanannya enak-enak deh semua serba di bakar sampai ke mendoan juga udah di goreng terus di bakar :D hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada juga yang dibakar ya mb ai??? ku baru tau
      mluncurr ahh

      Hapus
  25. Angkringan model gini sekarang udah banyak yg dikemas ala ala cafe. Di Semarang sudah banyak angkringan yg dilengkapi dengan live music. Berasa kayak di cafe mahal deh hihiii... lauknya pun mulai beragam.

    BalasHapus
  26. Wah, ternyata kalo mau makan angkringan nggak perlu harus ke Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener akarui, sekarang sudah menjamur :)

      Hapus
  27. Aduh ada tahu berontak jadi pingin nih. Makannya sambil nyeplus cabe rawit. Mantap deh :)

    BalasHapus
  28. saya pernah deh perasaan mampir ke angkiran mas untung ini...tapi gak bisa testimoni lebih jauh soalnya cuma kebagian susu jahe doank..maklum jam malam..hehe

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...