Sabtu, 18 Juni 2016

Perkedel Kentang Bikinan Mbul




Sebenarnya aku udah pernah bikin ini sebelomnya. Cuman formulanya belom tepat. 
Jadi, bolehlah kalo aku up date lagi. 

Temen-temen ada yang engeh ga kalo perkedel ini aseliknya dari Eropa? Di Jerman sana, dia dikenal dengan nama Frikadellen (ada campuran dagingnya), Bulleten, Fleishchkuechle (bookk susah ya ngejanya), dan Fleischpflanzerl (Subhanalloh...mulut gue keriting :-D). Ga cuma di Jerman sih, penganan yang bentuknya bulet ini juga kerap jadi santapan masyarakat Eropa lainnya seperti Belanda, Denmark, Norwegia, Polandia, dll.Keren juga ya? Mbul aja belom pernah ke Eropa. Eh...si perkedel uda jadi bagian dari negara-negara ituh *saiyaah iriiiih*.


Perkedel Kentang Ala Nona Gembul Tjantik *hueeek*

Kata perkedel sendiri diserap dari Bahasa Belanda, Frikadel. Nah, mungkin orang kita rada belibet kali ya ngucap frikadel, jadi lambat laun berubah jadi perkedel. Bahkan di Jawa Tengah, termasuk kampungku malah biasa diucap dengan sebutan bergedel..eakkk. 
*kreatip memang*

Sebenarnya bahan utama perkedel ga melulu kentang loh, tapi bisa juga diganti dengan umbi-umbian seperti singkong atau ubi jalar. Lah....jadi combro dan misro dunk, wkwkwkkw...

Namun di sini tetep yang akan kupraktekkan adalah bahan baku perkedel mainstream yakni kentang. Kentang yang biasanya kupake adalah yang ukurannya jumbo-jumbo. Kan ada tuh yang kecil-kecil, nah itu sengaja kuhindari mengingat kurang efisien jika kita ingin membuat porsi dengan skala besar. Bahan baku biasanya kuperoleh dari pasar basah ataupun kede sayuran yang buka sampe malem sehingga kalo dimasak besokannya masih dalam keadaan fresh. Langsung aja ah, takut intronya kepanjangan :

Bahan-Bahan :




5 buah kentang besar
telur (pisahkan putih dan kuningnya)
bawang merah (opsional aja)
bawang putih (opsional aja)
merica
garam
daun bawang (karena ga ada, skip)
minyak untuk menggoreng
bumbu penyedap (sesuai selera)

Tahapan Memasak


Potong kentang tipis-tipis, pisahkan kuning dan putih telur
Uleg bawang merah, bawang putih, garam
goreng irisan kentang dalam minyak panas
tiriskan
uleg irisan kentang hingga lembut
Ulegnya pake perasaan Mbul
Nah ini uda lembut

Kupas kentang, iris-iris agak tipis, cuci bersih.
Goreng ke dalam minyak panas. Tunggu sampai kuning keemasan. Sebenarnya ada loh metode untuk memudahkan saat proses penghancuran yaitu kukus, cuma di aku gagal. Pernah aku nyoba ngrebus...eh jatohnya pas tahap akhir yaitu penggorengan malah keluar banyak air dan malah ga mateng isiannya. Jadi lebih baik tahapan awalnya tetep digoreng aja.
Iris daun bawang. Jika ga ada, bisa skip.
Uleg irisan kentang yang telah digoreng. Campurkan dengan kuning telur.
Uleg bawang merah, bawang putih, garem, merica. Tumis sampe harum. Masukkan kentang yang telah diuleg dan dicampur kuning telur tadi. Osek-osek sampe merata.
Bentuk bulet-bulet pipih tiap adonan, celupkan ke dalam putih telur.
Goreng dalam minyak panas. Tunggu sampai kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan.


Tumis bumbu yang telah diuleg
masukkan kentang yang telah dihaluskan
campur dengan kuning telur, tambah merica & penyedap
bentuk bulat pipih, celup ke putih telur
goreng hingga kecokelatan
tiriskan
cantik gak perkedel akuuhh? cantik aja dah, awas kalo ga wkw

Hasil masakan perkedelku kali ini kata Suamiku JUHARAHHH. PAS BUMBUNYAH PADAHAL LAGI PUASA *CAPLOCK JEBOLL*. Kalo yang dulu, mentang-mentang eksperimen pake daging lalu rasanya ambigu, sekarang insaf ga aneh-aneh malah rasanya pas. Gurihnya dapet. Crancynya juga kena. Garing dan lembut di dalam *dah berasa kek iklan apaaa gitu. Hahahahha...

Nah pas bikin ini, kebetulan adalah pas puasa pertama kemaren. Aku nyandingnya bareng tumis labu, takjil anggur, manisan kolang-kaling, dan es teh manis. Bisa banget buat menu buka sekaligus sahur. Nanti deh rangkaiannya aku jabarin atu-atu (menu perharinya) di lain hari. Sekalian lah ya. Males masak 2 kali. Jadi kan bisa diangetin ato dipanasin ulang kalo perkedelnya. 

Eh, hikmah masak-memasak di bulan Romadhon ternyata bisa bikin hepi loh ntah kenapa. Rasanya seneng aja sambil nungguin bedug magrib terus, cekrak-cekrek foto step-stepnya (sampe hasil akhir) buat dijembrengin di blog gembulnita ini. Ya sekalian lah bagi-bagi ilmu walo dikit dan masih payah. Bukankah ilmu itu memang harus dibagi? *TSADAAAPP*


E itu ada telor bulet nyempil satu gapapa ya hahah
dideketin dikit..(maap kalo aku sukanya yang rada gosong)

Sudah dulu ah, saatnya ngedraft menu masakan selanjutnya....Ealaaan tetep ya. hAHAHAHAHH...Temen-temen jangan murka kalo aku up date menu masakan mulu *terutama di siang bolong ginih* 

Habisan kalo uda sore akunya uda rempong masak-masak. Jadi sempetnya publishnya siang.

Uda dulu ya...yudadabubaiiii...



48 komentar:

  1. Perkedel lebih enak kalau di makan anget-anget terus cocolin saus pedas makin mantep kayaknya :G

    BalasHapus
  2. Kalo perkedel kentang kadang aku makan perkedel kentang gak pake nasi, cukup oseng sayur. Oia, kalo masak perkedel aku gak pernah pake daging cincang yang kudu nyacah sendiri, pakenya kornet hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. E iya ya, klo pake nasi berarti karbonya doble xixxi

      Pernah dulu nyoba pake daging e hasilnya ga okay mb hahhaha

      Hapus
  3. Beuh, gak bisa bayangin orang Eropa mau nyebut perkedel ada aja mesti keritingin dulu mulutnya. Masa nyebutnya Fkdjsmc,sdhf... apalah itu.

    Itu perkedel enak dimakan sama sayur sop
    Ya Rabb, ngiler..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi asyar ki
      abis itu counting down magrib
      tahaaan hahahha

      Hapus
  4. SAMA PERSIS KAYA RESEP MAMA. BEDANYA IRISANNYA AJA HIHIHI. NTAPHS!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehati sama mamah kamu berarti akyuuuu ahhahahahha

      Hapus
  5. Yessss akhirnya Teh Nita bikin tutorial masakan favorit saya. Haha beneran dulu pernah nyampurin daging pas bikin ini? Eksperimen yang terdengar asing... Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeeee
      moga moga aja tulisan acak adut ini seenggaknya ada manfaatnya hihi
      tengs ya

      Hapus
  6. "Bergedel" hahaha jowo banget lah. Kalo aku biasanya kutambahin korned sama keju mozarella di tengahnya, endeus jadinya, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha iyo to mb, nyebute bergedel?korned dan mozarela begghhh mau ah kapan kapan

      Hapus
  7. Hazeekkkk

    Ini aku doyan banget nihh
    Kalo makan diRumah makan padang menu tambahan yg wajib adaa

    Mangat mbak nitaa
    Aku dong update blog nya skrg cuma bisa seminggu sekali wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo lah aul kau sebagai anak Padang harus bisa bikin ini xixiixix

      Hapus
  8. Gue suka bantuin ngulek nih kalau si ibu bikin ginian, soalnya bisa gue gadoin dikin kentang yang udah digorengnya mbak.
    oh, jadi pas posting artikel ini waktu siang mbak ? hahaha
    untung gue baca ini pas saur :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kok sama?
      gue juga suka nyemilin yang abis digoreng sebelum dibuletin tau hahha

      Hapus
  9. Oke fine nit, resep kita beda lagi, haha.. aku kentangnya dibulet2in dulu trus dicelup di kocokan telur, haha.. tp aku belum nemu resep perkedel kayak yg di warteg gitu sih.. kapan2 nyoba resepmu deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya lupa, tujuan ke sini mau infoin, promo ramadhan bikin domain dr Qwords mulai 9ribuan gitu.. malah salfok ke resep perkedel, haha..

      Kali aja tertarik bikin domain, biar kita tetap bersama, *haseg*.. secara tiap postmu kan udah kayak pasar tanah abang kalau lebaran, selalu rame pengunjung.. haha

      Hapus
    2. iya mer kalo yang ini versi warteg ala ala aku hahhahah

      Hapus
    3. hahhhh??? 9 rebu? ciyus mer? murah amaaaddd????
      aku klo domain ga masalah sih bukan dotcom, tapi pengen ganti template yang lebih cihuy sebenernya hihihi

      Hapus
  10. pakai kornet lebih mantep keknya nit, terus cabenya yang banyak biar endeus haha dasar doyan pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih ada juga versi yang cabe ya nyin?? semacam ranjau gitu?

      Hapus
  11. tahapan buatnya agak lama dan banyak tahapannya. Tapi kalau udah jadi, habisnya kilat..hi..hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya hihi..kilat banget
      padahal masaknya effort bangedd

      Hapus
  12. Wah lumayan tuh buat lauk makan :D
    bisa deliv kesini ngga' mbak ?? Hahaha

    BalasHapus
  13. Enak tuh buat buka puasa langsung kenyang kalau makan perkedel

    BalasHapus
  14. Kentaaang ... ohh favoritku! Perkedel, kroket, french fries, semua yg serba kentang aku suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaa sama...kentang olahan emang nyummi banget buat dicemal cemil

      Hapus
  15. makanan favorit aku ini, tapi tahapan bikinnya itu lho, agak lama dibanding goreng-goreng yang lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, step-stepnya emang membuat agak malas bikinnya hihihi

      Hapus
  16. Dulu waktu SD aku pernah bantuin mama bikin ginian. Ngulek-ngulek kentangnya. Hahaha, sekarang mah gak pernah. Cuma makan doang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah anak yang berbakti kamu rob
      Tapi kentangnya ga sambil dicemilin kan ahahahh

      Hapus
  17. Walau agak sedikit keliatan gosong... tapi asli bikin gue ngiler hahahaha...

    BalasHapus
  18. Sukaankuuu ini dan biasanya aku tambahin daging giling supaya mantebssss sai hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku uda pernah nyobain kasi kornet tapi masi gagal mb :(

      Hapus
  19. Yummi.. Ini yang sering emak saya buat/. hehehe

    BalasHapus
  20. ahhhh cara masaknya sama kayak perkedel versi rumahku hihi.

    INI FAVORIT BANGET.
    apalagi kalau dimakan pake nasi hangat, terus taburin boncabe.. duh meranaaaah langsung hati ini mau perkedel buatan rumah huhuhuhhu.
    perkedel emang paling asik kalau agak gosong hhihi, luarnya garing dalamnya lembut..
    paling demen kalau digadoin aja hahaa, tahu tahu udah abis sepiring :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih klo taburin boncabe bisa huhah huhah ya han :D
      iya aku suka yang coklatt ampe keluar kriwil kriwil telurnya
      itu guri banged

      Hapus
  21. Perkedel buat teman sup sayur atau sup ayam, sedaaaapp.
    Btw kalo aku nggak pake bawang merah, cuma bawang putih dan garam aja. Kuning telurnya nggak dicampur ke adonan, dikocok aja terus adonan kentang yang sudah dibuletin dicelupin itu sebelum digoreng.
    Apapun caranya, perkedel kentang emang enaaak *nyam nyam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya tah mb, kapan kapan cobain ah resep dikau, tanpa bawang merah *bawang merah lagi mahal huhuhu
      aaaa mau ah kapan kapan pake metodenya mb li

      Hapus
  22. AKU MURKA, MBAK NIIIIIT. AKU MURKAAAAAA! Eh nggak, nggak. Ampuuuun. Nggak murka kok. Aku murka sama diriku sendiri. Aku masih bingung masa gimana cara misahin putih dan kuning telur :(

    Dan kalau ngulek, aku masih lelet gitu kalau mau selembut itu. Pernah makan perkedel yang adonannya diblender, tapi rasanya nggak asoy daripada yang diulek ya. Huhuhu.

    Itu warnanya kecoklatan gitu. Aaaaak sukaaaa~~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahhahaha ampun cha, ampunnnn

      lah gimana sih cha, sini les sama tante wakakakakk

      klo diblender jatohnya serem ya cha adonannya *langsung bayangin yang bukan bukan

      Hapus
  23. kalo saya sukanya bikin perkedel jagung Mba NIta :)
    belum pernah coba yang kentang soalnya disini kentang mahal, huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mb, bikin resepnya di blog, aku klo perkedel jagung blom ahli nih...ntar biar takcontek resepnya

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...