Kamis, 16 Februari 2017

Hal-Hal yang Aku Rindukan dari Majalah Bobo




Ga ada angin ga ada ujan, tiba-tiba aku pengen ngerekam semua kepingan-kepingan masa kecilku dengan Majalah Bobo. Soalnya aku sendiri suka ngetik sesuatu di internet kalo pas lagi lupa akan sesuatu. Misalkan, pengen ngingat-ngingat bacaan jadul di Bobo tahun 90an yang dulu sempet aku koleksi jaman-jamannya masih SD (baik yang berupa satuan maupun bundelan/bendelan). Tapi kok begitu diklik, yang nulis kata kunci itu masih sedikit ya. Bahkan ga ngebantu sama sekali apa yang sebenernya aku pengen kepoin infonya. Aku yakin banyak juga Bobo's freak macem aku yang kadang-kadang tuh guemezzzz banget pas mencoba mengingat-ingat sesuatu namun ga ketemu infonya meski cuma dalam bentuk clue-clue kecil sekalipun. 



Baca juga : Dongeng Pak Janggut, Kemewahan Masa Kecil yang Tiada Cela

Nah, mumpung aku juga sedikit mengingat sebagian dari yang kumaksud di atas (dalam hal ini materi Bobo jadul tadi--ya walaupun ga semuanya sih, cuma sepotong-sepotong), makanya aku pengen nulisin di sini. Sapa tau ada yang butuh juga kan infonya ahhaaha...Atau bisa jadi malah pembaca yang nyasar di sini yang membantu memberikan apa yang kita cari kayak yang pernah aku ulas di tulisan Pak Janggut. Kebetulan di situ ada satu pembaca yang jujur banget malah ngebantu aku ngorek info seputar Bobo Jadul dan pada akhirnya menggerakkan kakiku untuk hunting sampai ke Blok M, bagian buku-buku bekas. Thx Nizar Zaenal buat inspirasi komenannya :-D.



Beli Bobo Bekas di Blok M Square

Jadi pada suatu Minggu yang masih cerah itu, (maklum tanggal muda--baru gajian), aku ngajak Tamas jalan-jalan ke Blok M demi ngebuktiin di sana masih ada Bobo jadul yang dimaksud sahabat pembaca tadi bukan? Nah, setelah muter-muter ruas jalan yang sedang dalam masa perbaikan, akhirnya sekitar dzuhur aku tiba di sana (begitu nyampe sholat dulu, terus mlipir ke Blok M 
Squarenya bagian lantai bawah khususon buku-buku bekas... Aku langsung menuju yang bagian sisi ujung sih (karena dulu sering nyari bacaan lain dan di situ dagangannya paling lengkap). 

Karena ngeliat aku antusias ngliatin buku-buku yang ditumpuk random gitu, si Bapak penjualnya langsung nembak, nyari apa teh? Aku bilang Bobo jadul 90-an ada ga? Raut muka si Bapaknya langsung serius lalu buru-buru merogoh bagian lemari di sudut tersembunyi dan hanya bisa memperlihatkanku 2 bendel saja....itupun yang tahun 80-an. "Cuma tinggal 2 ini. Yang 90-an abis...langka itu mah sekarang."

Bobo 90-an Ternyata Uda Langka Cuyyyy !!

Tapi bukan Beby Mbul namanya kalo nyerah gitu aja tanpa ngorek dan setengah maksa haha biar dapat apa yang dicari. Ngeliat tingkahku yang udah layaknya kolektor barang anyik dn siap berburu seberapa mahalnya itu halaaanh, ga juga kelezzz...akhirnya si Bapaknya ngecek lagi di tumpukan Bobo 2000an yang kecampur ama Donal Bebek 90-an. Eh....ada 1 !!! Tahunnya xxv, 4 Desember 1997. Kek mana rasanya hati ini seneng betul lah menemukan harta karun hihihi, walau cuma 1 biji doang. Yah buat genep-genep, akhirnya bendelan Bono yang tahun 80-an 2 biji juga aku angkut aja dah hahhaha...syenang..

Rubrik di Bobo yang Bikin Kangen
Cergam Bobo

Siapa sih yang ga seneng dengan cerita sederhana tapi penuh pesan moral dari tiap-tiap balon gambar keluarga Bobo dengan model penceritaan di bawahnya. Apalagi karena tokoh-tokohnya lumayan kumplit ya, kadang ceita sederhana antara Bobo, Doni (kelinci berbaju garis-garis kuning dan ijo), Coreng (adik Bobo yang pake baju pink), Cimut, Upik, Simpul, Lobi-Lobi, Dung-dung, dll. Kadang ada pula yang ceritanya diselipin ama tokoh-tokoh lain yang lebih dewasa kayak Paman Gembul (bukan admin-red), Emak, Bapak, Bibi Titi Teliti, Bibi Tutup Pintu, Nenek, dll.



Pernah ada satu cerita dari cergam Bobo yang aku ingeeeet banget ampe naksir ilustrasinya. Yakni saat Paman Gembul serakah pngen ngabisin apel dari kebun sendiri sehingga pada akhirnya sakit perut, wkwkwk..

Cerpen Bobo 90-an

Nah khusus di subjudul ini, sengaja aku kasi clue-clue kecil tentang beberapa cerpen Bobo yang aku kangeniiin banget pengen baca ulang..tapi sayang kebanyakan lupa. Jadi cuma inget sepotong-sepotong. Diantaranya :

Kotak misteri harta karun, ceritanya 2 anak nemu kotak (mirip jumanji).
Abi yang saudaranya iri terus karena sama-sama dikasih peninggalan tanah, tinggal siapa yang bisa mengelolanya dengan baik. Jadi pas panen kentang ama panen jagung Abi bikin taktik biar saudaranya ga curang tanemannya diganti dengan jagung besi.., kentangnya juga uda diambilin umbinya (lupa judulnya euy).
Nasi goreng anak pembantu si tokoh utama (cewek kecil) bernama Empat. Nasi goreng bikinannya enaaak banget yaitu nasi goreng ikan asin.
Tak seperti yang dibayangkan, cerita tentang seorang anak yang merima surat dari kakak yang tinggal di Jakarta. Nah, dikirain si kakanya ini tinggal di rumah mewah ada kolam renangnya (soalnya pas ditunjukin fotonya si kakak lagi pose di rumah bagus), ga taunya pas didatengin tinggalnya ya di rumah petak biasa deket gang.
Yang anak gadis  iri temennya kaya sedangkan dia cuma tinggal di ruko, jualan pisang goreng, rumahnya deket stasiun kalo ga salah.
Bercerita tentang kakak perempuan tuna rungu yang belajar kursus membuat kue nanas
Pasar sekaten, cerita tntang si Agus menemukan fakta mengejutkan di pasar sekaten, dimana adeknya Bambang malah nyopet di sana.
Cerita tentang di pasar seorang gadis dengan temen-temen mampir ke warung bakso tenis en minum es degan manis..tapi lupa intinya apa hahhaha, ingetnya ada bakso tenisnya doang.
Cerita tentang gadis yang berhubungan dengan mantel bulu
Boneka beludru ibu dan temannya yang penuh misteri
Seorang yang pas-pasan lagi bokek, pas ada tamu tetep bermurah hati ngebikinin nasi goreng tambah telor, mengajarkan rasa syukur meski dalam kondisi yang sempit, pas tamunya pulang dikasih ganti
Cerita tentang pekerja di roti isi selai stroberi
Cerita yang merenung liat anak laki laki lari2an mengejar bus, inget ad bagian jatuh dari pohon nangkanya juga...lupa, tapi garis besarnya itu
Cerita tentang cewek yang kakinya patah karena jatuh dari pohon jambu air
Cerita tentang anak baru yang dijauhi teman karena giginya bau.





Nah, itulah...sayang banget emang cerpen-cerpen Bobo 90-annya ga nemu...cuma untuk ilustrasinya aku kasih foto yang Bobo 80-an aja yak. Di situ mengindikasikan bahwa aku sangt-sangt suka sama ilustrasi Bobo jaman jadul ketimbang ilustrasi Bobo yang sekarang...ga tau kenapa tapi rasanya lebih detail gitu gambarnya.....lebih nyata kayak beneran gitu deh.

Profil

Profil adalah rubrik Bobo yang biasanya dipake buat nampilin tokoh-tokoh penting, artis cilik maupun dewasa, penyanyi, dll.



Dongeng Bobo 90-an

Dongeng Bobo yang aku inget selintasan tapi nancep banget di otak adalah :
Putri yang mencari kesaktian dengan cara minum berapa gelas susu en sanggup menerima tantangan dari ular kobra
Cerita tentang gadis yang berubah dari keong menjadi gadis cantik setiap hari memasakkan orang yang menampungnya
Si pandai besi, tabib yang nyulap orang (kalo ga salah putra mahkota) jadi kuda dan dipakein sepatu besi buat jadi budaknya.
Nenek yang dihujani ikan gabus
Gadis angsa
Cerita tentang keluhan bulan yang pengen kayak matahari
Cerita tentang gajah putih....yang akhirnya diburu manusia karena ga percaya kata-kata kawanannya.
Belle, beauty n the beast
Putri yang ngasih kado pangeran berupa piring yang dicuci bersiiih banget di sungai, jadi cermin.
Pakaian bulu angsa yang dijahit buat pergi ke pesta
Wanita yang rambutnya panjang banget klo ga salah di tama gitu settingnya





Cerbung Bobo yang Memorable Banget

Peri mungil badung, yang dijatuhin dari langit karena nakal trus dihukum gitu..
Safir dan ruby (kembar laki-perempuan) kesedot ke bawah tanah, rambutnya digunting ketemu mahluk jahat bernama tuta hoga yang bisa menjelma sebagai raksasa jahat yang ingin menguasai dunia...lupa judulnya bookkk.



Buku Pilihanku

Di rubrik ini aku jadi tau deh kalo temen-temen bisa ngresensi buku-buku yang dibaca, dan berkatnya aku jadi tau buku menarik macam Putri Kaguya, Hellen Keller, Cerita Rakyat dari Riau dll.



Rubrik yang berbau pengetahuan dan pengalaman pembaca

Apa Kabar Bo, Ensiklo Bobo, Uji Imajinasi, Simpang Rana, Pengetahuan, Tak Disangka, Arena Kecil, Kabaria, Liputan, Halamanku isinya puisi sama gambar pembaca, Membuat Sendiri (tutorial DIY), Untuk Latian Di Rumah (soal-soal), Sayembara Bobo (TTS).

Komik Sisipan Bobo 

Pak janggut, aku suka yang judulnya kimono hitam, 3 penyihir usil, putri melati centilaneh seperti yang pernah aku bahas di sini. Sumpah gambarnya tuh imajinatiiip banget, sukaaa ama tokoh-tokohnya yang kocak selain Pak Janggut kayak Domoli, Pompit, Erika, dll.
Balas dendam wini, kalo ga salah yang nyeritain Wini jadi dendam ama anak kepala sekolah karena mendapat perlakuan yang ga adil di asramanya sehingga akhirnya ia berbuat curang kayak ngejebak si lawannya ini biar dituduh sebagai pngutil, ngebunyiin gong sekolah di malem hari dll.
Puri misterius ato hantu di puri cemara aku lupa, yang jelas ceritanya tentang kumpulan anak cewek penasaran ama puri tua di atas bukit, pas mereka ke sana malah nemu mayat ato apa gitu yang menghubungkan ke cerita seram pmenggal kepala wanita gitu hahhahaha
Janji irene, ini yang cerita cewek rambut merah bkin sanatorium sama bokapnya setelah ibunya meninggal.
Kucing dan tikus, 2 cewek satu rambut pirang satu rambut item musuhan terus...tapi lupa ceritanya gimana
Emas untuk misha, ini cerita pelari yang tubuhnya harus ditutup pake baju kuning seluruh tubuh karena ngidap penyakit tertentu kalo ga salah.
Hiawata, ini cerita yang suku indian indian gitu deh..
Joni kukuh di planet lobo
Warisan seekor kucing, klo ga salah yang kucingnya warna putih apa ya
Boy dan syimi, 2 cowok satu rambut keriting kulit item satunya lagi rambut kuning kulit putih bersahabat gitu..
Amadeus koka, ini yang badannya bisa milur-mulur gitu apa ya..aku inget banget pas adegan nyebur di kolam piranha gitu hhhhaha, serem banget dikejar2 tapi badannya bisa mulur kayak karet, hiiiiy.
Siska terpaksa kabur
Aku tidak tuli
Sepatu kuning mungil
Terdampar di sebuah pulau
Sri Kumis Ahli Waris Inca



Pokoknya aku suka banget sisipan Bobo yang gambarnya kayak komik Nina selain Pak Janggut.

Cerita dari Negeri Dongeng

Tokoh-tokohnya tu Nirmala dengan tongkat ajaib dan gaun pink mekarnya, oki kurcaci berbaju hijau, felip kurcaci berbaju merah, Ratu Bidadari dengan gaun dan mahkota birunya, Pak Dobleh (koki istana..suka bikin puding bening inget pas episode ini), Dino, Raja Neptunus, Pipiyot, Ratu Fatimah.

Adapun cerita Oki dan Nirmal yang paling ngebekas adalah waktu Oki dan Nirmal main bola di negeri awan, bolanya jatuh gara-gara Oki yang nakal...hhh di situ imajinasi masa kecilku bermain waktu ngliatin awan, jangan-jangan di sana ada manusia. Terus pas episode pesta di istana, Pak Dobleh bkkin puding bening, pudingnya dimakan dino, jadi Dinonya ga keliatan alias transparan. Gambar Oki dan Nirmal yang versi jadul aku lebih suka deh...lebih nyata berasanya.



Juwita dan Si Sirik

Berisi ulah nyebelinnya si Sirik yang akhirnya selalu bisa digagalkan oleh si Cantik Juwita wkwkwkw.. Si Sirik ini bajunya ungu, pake topi en mukanya tuh kayak penyihir..dagunya terbelah..,terus klo Juwita bajunya ijo bisa nyulap.



Koko Cruch dan Danang

Ini cergam pendek antara Koko (kalo ga salah dia pand coklat ya) ama Danang yang selalu diakhiri pake promosi makan Koko Crunch wkkk..jujur dulu aku katrok banget en blom pernah makan sereal gandum dicampur susu gitu. Tapi pas liat ceritanya Koko dan Danang aku malh pura-pura ngeganti bubur ketan item dianggepnya tuh sereal koko krunch wkwkwk, absurd ye bookk..



Milo

Klo yang ini cerita tentang Milo yang ujung-ujunge pesti promo susu Milo wkwkkw...

Paman Kikuk Husin dan Asta

Paling nybelin sekaligus biasa ketawa ngakak pas baca Paman Kikuk karena pada tau sendiri kan sifatnya yang sok tau. Nah yokoh-tokohnya lainnya ada Husin, Asta si anjing sama Bibi Ndari. Pernah di satu episode aku nyukurin tingkah si paman kikuk yang niatnya pengen ngembat durian sendirian, e jatohnya kakinya tertusuk duri karena keba durian yang ia sembunyikan di kolong. Ya ketahuan deh..



Bona dan Rong-Rong

Bona yang baik hati bersahabat dengan Rong-Rong yang suka iseng, tapi aku lebih suka Rong-Rong entah kenapa, wkwkkw...suka kesian aja tiap ada tokoh kucing di acara apapun entah tipi entah cerita selalu yang ketiban sial hahahh...tapi untunglah dia bersahabat dengan Bona yang bisa mengubah belalainya jadi apapun, yang klo dipikir-pikir agak ngeri juga sih macem iler wkwkkw..untung aja dia berwarna pink. Nah paling seneng klo agedan mereka dilengkapi sama kehadiran mak konde yang gemar membuat kue-kue.





Gimana, temen-temen ada yang punya memori indah dengan Bobo atau cerita-cerita dengan tokoh-tokohnya ga, ato ada yang inget beberapa clue cerita di atas kayak cerpen, dongeng ama sisipannya, boleh loh diramein kotak komennya...

132 komentar:

  1. Uji imajinasi..bobosiana...tak di sangka...deni manusia ikan..

    Dan bobo akhir 80an adalah corong utama iklan nutrisari --->> nutrisari masih minuman jeruk kelas atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deni manusia ikan aku punya tuh serinya mb sulis tapi ga berwarna hihi
      Wow nutrisari dulu jadi cergam kayak koko crunch, milo, ama solite nugget ga mb?

      Hapus
  2. dulu aku jg penggemar bobo mba klo aku paling suka sama rubrik profil sama yang nah ini dia apa ya lupa hahaha
    mb nit masi inget hebatt 😲😲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terlanjur masuk di memori inti klo kata film inside out mb wkkk

      Hapus
  3. Aku dulu sering banget kirim surat ke Bobo.. Isinya gini:

    Halo Bobo, saya ngefans sekali dengan kak Pedro Amigos. Boleh nggak Bobo muat profilnya? Sekalian posternya juga ya, Bo..

    Kayaknya aku kirim lebih dari 10 kali dengan isi surat yang sama. Tapi setau aku gak pernah dimuat suratku. Memorable bangeeeettt.. Legend!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowww keren mpe berani nulis surat, dulu aku loh cemen hahaha, cuma iri liat anak sd sebelah sukses ngirim puisi terus dimuat...aku aslinya pengen juga tapi ga ada nyali buat ngeposin hihi

      Hapus
    2. Beraniin diri aja mba.. Gak mau kalah sama anak SD. hahaha.. Tapi seneng bgt profil Pedro dimuat juga, walau surat saya gak dimuat.

      Hapus
    3. Dulu aku irinya pas usia SD juga mb ahahhahah
      Klo sekarang pengen sih kirim kirim cerpen, yapi itu ada yang khusus dibuka buat umum ato emang udah ada redaktur tetapnya yak

      Hapus
    4. Aku mulai nulis surat pas udah SMP kelas 1 sih. hehe.. Sekarang majalah Bobo nya masih terbit gitu?

      Hapus
    5. Masih terbit kayaknya hihi, soalnya pernah liat dipajang di rak alfa, cuma makin ke sini segmentasi umurnya kayak dikhususkan buat yang anak anak banget (menurut analisisku pas ngliatin gambarnya).

      Hapus
    6. Udah lama gak liat sih. Apalagi menjak pindah ke Thailand. hihihi... Ayo mba, dicoba aja kirim cerpennya. Kalau dimuat eykeu mau baca dong.

      Hapus
    7. Waw ternyata dikau rantau ke negeri seberang hihi, ayo dunk mb cerita2 tentang thailand, suka horror thailand ga, film2nya cukup digemari di sini tauk

      Hapus
    8. Aku gak kuat sama film horor Thailand.. Ngeri banget. hahaha.. Nanti aku ulas deh film2 terbaru. Kalo main kemari kabar2i yaw..

      Hapus
    9. Hihi ditunggu nanti cerita2 serunya di thailand ^____^

      Hapus
  4. Aku pernah punya dua bendel Bobo tahun 90an, tapi sekarang gak tau di mana, kayaknya udah diloakkin di Lombok..

    Bobo sekarang udah banyak dipangkas rubriknya ya, gak sampe 10 menit udah selesai baca semua isinya aja, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mer dulu jaman sd aku ada tu sekardus, entah itu beli bekas ato dikasih temen n sodara, seneng banget jaman itu, bacaan masih banyak, gambarnya juga memorable banget warna warni, yang sekarang aku juga mikirnya gitu, kurang segreget yang jaman dulu, tipiiiis

      Hapus
  5. aww kenangan masa lalu ku juga Nit, dari rong-rong, bobo, nirmala, siti sirik suka banget baca bobo dulu ditunggu2 tiap terbitannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii syenangnya ada yang prnah ngrasain jaman2 masa kecil indah bareng bobo
      Dan aku baru tau pas baca2 tahun lawas klo si sirik itu aslinya bernama siti sirik : D

      Hapus
  6. Favorit aku itu yang Pak Janggut, yg sering ada setan ujug-ujug nongol di atas tiang listrik, di bawah atap. Itu imajinatif banget sehingga setan-setan yang masih bisa kulihat waktu kecil bentuknya menyerupai setan yang ada di serial Pak Janggut itu. Hahahaha yakali setan memang mengikuti imajinasi dari manusia itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaak aku inget yang itu mb ran ahhahaha
      Memang ilustrasi piet wijn berkelas banget, dia bisa ngegambarin imajinasi negeri dongeng yang warbiasa megah en selalu bisa dikenang anak anak sampe umur segini hihi
      Aku paling seneng yang pas gambarnya naik turun bukit n gunung di cerita Putri melati centilaneh (putri jutek n buruk rupa yang ada di lukisan tapi bisa keluar dari pajangan gitu), ceritanya diambil pak janggut dari pasar loak, eh tapi rusak, trus minta diperbaikin ke rumah tuan magenta

      Hapus
  7. Entah kenapa aku dulu koleksi bobo yang dicari kisah negeri dongeng, keluarga bobo, Bona dan rong-rong, paman kikuk, husin dan asta. eh kalo yang Juita dan si sirik kok kayaknya sekarang gak ada sih. Kenapa ya?

    Sebenernya suka juga cerpennya, cuman aku dulu seneng cerita yang banyak gambarnya ehehee.

    BTW belum ada baca yang kak Nita tulis disini. Aku ingetnya yang tahun 2000an. Salah satunya paman kikuk yang konyol mendaki gunung gegara pengen foto fotoan doang. Ahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambarnya bener bener warna warni gitu ya rum, ah...jadi ingin menengok ulang masa masa kecil gitu
      Iyabjuwita en si sirik banyakan emang yang di bobo 80an keknya rum, pas kertasnya masih kertas kotan, ampe warnanya kuning
      Wah ada jug yang cerita paman kikuk selfie gitu hahahha

      Hapus
  8. Saya paling suka Bona dan Rong-Rong. Waktu itu tahun '80-an saya mulai rutin membaca majalah Bobo, meski dari majalah bekas yang beli di pasar loak di pinggir pasar Jombang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, aku malah demennya yang majalah bobo bekas, kerasa lebih apa ya...kayak yang greget gimana gitu soalnya halamannya lebih tebel, terus klo yang bobo baru entah knapa aku ngerasa kayak dikhususkan buat bacaan anak usia paud aka tk huhu...

      Hapus
  9. suka beliin anak-anak temen majalah bobo tapi pasti tak cari yang edisi 90 an sampai 2005. soalnya menurutku yang di versi ini yang masih menarik dengan cerita dongeng yang bagus-bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa hihihi, aku juga masih laaaff banget ama yang 90an, berasa isi ceritanya masih nancep di ati walu ilang timbul tenggelam

      Hapus
  10. Waaah
    jadi kangen juga..
    dulu waktu gua masih kecil, gua sampe bela-belain banget nabung demi beli bobo n di koleksi...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget, gue juga sik, waktu itu alhamdulilahnya sering dihibahin ama temen satu dus besar muehehehe

      Hapus
  11. sampe sekarang masih langganann Bobo lho....

    alasan masih ada anak yang kecil, padahal ibunya yang suka banget....

    sayangnya kita gak simpan majalah bobo, biasanya kalau udah numpuk dikasih2in orang aja majalahnya


    BalasHapus
    Balasan
    1. Hibahkan ke embul aja mb hibahkaaaan aaaaakkk

      Hapus
  12. Aku masih sesekali membeli majalah bobo. Suka dengan semua isinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget mb nur, tapi aku masih suk yang bobo jadul ^^

      Hapus
  13. Inget masa kecil kalau udah bahas Bobo, selalu dibawakan Papa begitu pulang kantor karena langganannya di tukang koran kantor Papa. Suka banget baca cerpennya Widya Suwarna (bahkan cerpen Bobo dibukukan) penuh pesan moral.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakkk hihi, bener2 majalah klasik yang everlasting yak bobo ini...jadi pengen nyanyi bobo teman bermain dan belajr be o be o bobo eaaa

      Iyak aku suka cerpen cerpen beliau, klo dongeng aku suka terjemahan ibu lena D

      Hapus
  14. Koleksi bobo aku raib tak tersisa mba. Padahal idola banget majalh ini

    BalasHapus
  15. Pak Janggut, menuju ke Utara, Selatan, aku sukaaa banget. Jamanku bayi kali ya.
    Si Sirik juga.. kangen, skr adanya pipiyot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh that's it ! Lorong ke utara, gerbang ke timur, lait ke selatan, ama perjalanan ke barat yang ada butung dodo.
      Klo yang utara ma selatan aku keingetan pnyihirnya yang pake topi gitu, serem n jaht banget itu penyihir hihi
      Iya si sirik banyakan di era lawas, klo pipiyot masuk ke oki n nirmala ya..
      Yang pak janggut kebanyakan aku juga blum lahir ama masih bayi sih, tapi pas sd ada juga yang jual 90an awal ama 80an gitu

      Hapus
  16. Huwaaaa. Kangen majalah ini. Dulu suka banget baca ini. Salah satu majalah yang bisa mendongkrak minat baca anak. ヽ(^。^)ノ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama hihihi, aku sengaja kumpulin sapa tau berguna buat dongengon anak anaknkelak (˘⌣˘ʃƪ)

      Hapus
  17. Saya ngga begitu paham sih, lha dulu baca bobo aja kudu pinjem ke tempat sepupu :( jadi kurang update

    taunya yaaaa bona-rongrong, nirmala, paman kikuk sama biasanya ada halaman yg buat mamerin karya-karya dari pembaca kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa selaw aja nu hahahh
      Iya klo yang tempat nampilin karya pembaca kyak puisi ama gambar ada tuh namanya 'halamanku'

      Hapus
  18. Sumpah dulu gue langganan Bobo sampe terobsesi pengin melihara Bona pas udah gede. :)))

    Hahaha gila niat banget sampe nyari-nyari kayak gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((Pelihara Bona?)))
      Gue malah sebaliknya pend pelihra rong rong wakaka

      Hapus
  19. Tahun 80-an?? 90-an?? aku belum lahir. wooo lengkap ini iki mba ulasane, aku jadi tertarik baca nya ternyata asyik juga.

    Masih ada ya dari tahun 80-an.
    ngomong ngomong ini mba Nit nulisnya berapa jam??
    aku gak begitu tau soal bobo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo kamu anak milenium to di hahhahah anak 2000an . Berasa panji manusia milenium

      Iya, ini juga tinggal 2 bundel aja tuh, bakulnya kayaknya emang dah kesulitan ngumpulin lahi yang majalah bekas, sedangkan yang 2000an aku ga terlalu minat

      Hapus
    2. ya ora anak milinium mba, tahun 90 itu aku belum lahir, aku nulisnya kurang. hehee.

      Hapus
  20. Bela-belain beli majalah bobo dulu dengan menyisihkan uang jajan, tapi lama kelamaan sama nyokap dilangganin majalah bobo, dulu karena dipikir majalahnya engga dibaca lagi semua majalah dikiloin hikkss skrg ternyata bikin kangen ya tuh majalah Bobo :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enaknya hihi
      Klo aku dulu ga ada langganan mb, cuma beli bekas klo ga nunggu ada yang ngehibahin lantaran temen uda bosan hahhha
      Iya dulu dikiloin e ga taunya sekarang pingin hunting lagi, barang langka juga hihi

      Hapus
  21. Duh mba tulisan tentang Bobo ini membuat aku kangen banget sama masa kecilku dulu :)

    BalasHapus
  22. whaaa...Nit, disimpen, nanti jd harta karun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener suatu hari nanti bakal susah dicari lagi

      Hapus
  23. waktu SD aku jg langganan majalah bobo :D setiap jadwal terbit pasti nagih ke si bapak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi pasti betkesan banget ya jaman2 penuh krnangan banyak bacaan gitu

      Hapus
  24. Bona Rong-rong favoritkuuuuu.. :D Dulu langganan banget Mba Nit.. Dari kakak2ku malah. Koleksinya banyak, sempet dibundel sama mama. Jadi banyak bundel gitu trus disumbangin ke perpus sekolah.. Skrg gak punya koleksi di rumah lagi deh.. huks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak hihihi
      Andaikan waktu berulang sebagian disumbang perpus sebagian dikoleksi yak biar ada kenangan tsaaah

      Hapus
  25. hahaha berarti kita satu angkatan nih teh. heheheheh
    kata orang2 sih angkatan 90an angkatan yang paling bahagia teh.

    yg ngerasa lebih tua jangan di galakin om tante hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii toast dulu atuh sesama angkatan 90an, angkatan yang konon kabarnya mayan solid yak, gegegek, mulai dari kartun hari minggu, bacaan, komik, tontonan tipi...ah 90an amat sangat memorable

      Hapus
  26. Dan setelah saya baca tulisan ini saya jadi merasa bangga sebagai salah satu penggemar majalah Bobo. Paling seneng dulu kalo majalahnya ada bonusnya. Betewe majalah Bobo saya sampai sekarang masih pada rapi di lemari jadi masih suka dibaca sampe sekarang.

    anw, salam kenal y mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaaaa punyamu masih ada mb...maoookkk #hihi, aku syenang ada yang cinta bobo juga
      Bobo tahun berapa punyanya mb...aku lagi ngebet pengen ngumpulin yang tahun 90an baru nemu 1 hiks...punya komik sisipan yang judulnya apa aja mb? *kukepo to the max

      Salam kenal kembali, makasih ya udah mampir ke blog aku ^______^

      Hapus
  27. huaaaaa jaman dulu tuh, saya sering iri liat temen berlangganan majalah bobo. sedangkan saya, hmm pinjem di perpus, mbaca sesempatnya

    huhuuuu kangen jugaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nunggu diikasi bekasannya majalan temen cha

      Hapus
  28. nostalgia tak termakan zaman, BOBO , uda hilang ya dari peredaran. dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih terbit yang edisi baru mas, cuma au lebih suka yang jadul jadul

      Hapus
  29. Aku dulu suka baca-baca di rubrik cerpennya. Bobo emang sahabat terbaik bagi usia anak-anak.
    Ngomong-ngomong, Mbak Nita ini ya, mantep abis, sampai-sampai nyari ke Blok M Square demi majalah Bobo jaman yg udah lalu. Mantep deh.

    BalasHapus
  30. Waaaah...kalau aku paling suka cerita nirmala. Zaman dulu kayaknya nirmala itu sempurna banget sebagai perempuan. Cantik, baik hati, dan punya tongkat ajaib. Paling kesel sama Oki. Isengnya dan nggak pernah kapok :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oki nyebelin karena suka main ambil tongkat nirmala ya, eh klo uda kena batunya baru deh minta tulung nirmala xixixi

      Hapus
  31. kalau dikau beli lagi jadi pengen titip deh nyit aku juga penggemar bobo
    boboku ilang semua pas rumahku jadi rumah duka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinginnya sik hunting maning nin
      tapi hasilnya kebanyakan nihil bobo jadulnya langka euy

      Hapus
  32. aku paling suka bona dan rong2, sama klo ada latihan soal buat THB, duh jaman 90an memorable bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas soal soalnya dulu lengkap sekalian latian buat ujian

      Hapus
  33. Bacaanku waktu SD. Dulu selalu nunggu majalah ini diantar tukang koran tiap hari Kamis. Aku suka Pak Janggut dan negeri-negeri unik yang dia datangi. Jaman dulu cerpennya bagus-bagus. Beda sama yang sekarang. Isinya iklan mainan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa hihihi kisah pak janggutnya bener2 membekas, gambarnyabitu loh anak anak banget, sukaaaa...aku jadi terbayang negeri para peri dan yang ajaib ajaibnya

      Hapus
  34. jadi inget waktu SD ,,, tugas bahasa Indonesia nyari Cerpen ,, nyarinya di majalah BOBO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas wkwkwk, gudangnya cerpen dan dongeng emang

      Hapus
    2. tapi sekarang udah jarang majalah untuk anak anak,,,,

      Hapus
    3. Ada mas cuma bobonya lebih ke usia anak paud tk balita wkwkwk

      Hapus
  35. langganan Bobo dulu pas pertama terbit ha.. ha.., terus berenti karena udah abg
    udah lama banget ya..
    terus lanjut langganan lagi buat anak2..

    yang suka kangen dari Bobo, ada Bibi Tutup Pintu yang suka jejeritan
    terus Paman Kikuk, Husin dan Asta

    BalasHapus
    Balasan
    1. hwaaa berarti tau pas awal-awal kak mon hihi, asyik ya koleksi yang paling awal jadi tau sejarahnya gitu

      iya bibi tutup pintu hampir mirip ama bibi titi teliti wkwkwk
      \(‾▿‾\)┌(_o_)┐ (/‾▿‾)/┌(_o_)┐

      Hapus
  36. Wahh mbak.. Sekarang memang agak sulit yaa mencari buku seperti bobo.. Tapi memang kalau nanti uda punya anak garus sebisa mungkin membiasakan anak membaca buku yang edukasinya bagus seperti bobo...

    BalasHapus
  37. Aku suka numpang baca sama Adek angkat dulu, bobo nya ditunggu banget, pas IPTEK itu bagus bagus banget sama OKI Nirmala, dulu itu suka ngebayangin kalau OKI dan Nirmala itu apa bener bener ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi samaaaak mb wita, aku juga ngebayangi negeri dongeng mereka jangan jangan ada (ʃƪ´▽`)
      suka gemes ama dino yang suka nyemil-nyemil masakannya Pak Dobleh

      Hapus
  38. Mba masih nyimpen majalah bobo sampe sekarang? waah hebat.

    aku juga sama, dulu langganan majalah bobo, terutama sama rubik bona dan rong2 hehe.
    selain majalah, aku juga langganan koran anak kecil, kalau nggak salah namanya koran Percil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya puti, tapi cuma dapet 2 bijiii aaaarggggh yang 90an masi nemu dikit
      pengen hunting lagi *kumpulin celengan

      yang bona dan rong rong walau singkat tapi gambarnya lucu ya put
      \(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/

      Hapus
  39. waktu kecil seneng baca bobo juga, sayang sama sekali nggak ada bekasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ヽ(´Д`;)ノ sayang sekali ya mas, padahal bacaan berkelas untuk segmentasi anak-anak

      Hapus
  40. wah mba nitaaa heheh aku jadi tiba itba ikutan nostalgia juga, aku dulu bacanya yang jaman tahun 2000an hehe sekarang kayanay koleksi bobo ku udah dibuang sama mama deh,,, juga udah pada lapuk kayanay :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 2000an awal juga bagus2 tu reski
      halamannya masih rada tebelan hihihi

      ヽ(*´∀`)ノヾ(´^ω^)ノ♪

      Hapus
  41. Aaak gemazzz kangen baca majalah bobo. Paling favorit baca serial oki nirmala, and save the best for the last halaman trrakhir tak lain dan tak bukan bona dan rong rong ♥♥
    Agak iseng uga yaa jatohnya kalo beli-beli majalah bekas gituu. Sayang uit. Hehe. Tapi kalau utk nostalgia maah sah sah ajaa kayanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumpulin uwiit lagie Щ(̾˘̶˘)Щ̾ ahahhahaha
      buat me time bah me timeeee ahahhahah *alesyaaann

      Hapus
  42. Huaaaa..ini bacaan andalanku duluuu ..:D langganan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bacaan pada jaman keemasan kita (((kita))), lauw aja kalik mbul hihiii

      Hapus
  43. Di Blok M yang bawah itu, ya meski banyak banget buku-buku bajakan. Namun, harta karun buku bekas tuh banyak banget sumpah. Jadi pengin mampir ke situ euy. :D

    Kangen banget sumpah sama Nirmala, terus Bona dan Rongrong. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yog, blok m lantai bawah...fulll of buku bekas baik bajakan tapi ada pula yang asli meski second tapi masih mulus tuh aku aja mborong edisi supernova asli yang lama masih bagus2 kertasnya

      hihi
      *komporin yoga

      Hapus
  44. aku kangeeeen Bobo :). Aku pun besar dengan majalah anak-anak ini. Bona,rong-rong, nirmala, oky, deni manusia ikan dan bobo sekeluarga, termasuk bibi titi teliti dan paman gendut hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii iya mb indah, yang deni manusia ikan aku ada nih yang bendelan wakakkak *tapi item putih
      sayangnya aku malah ga minat baca deni manusia ikan yang kuincer yang sisipan bobo mirip komik nina aaaakkk baru nemu satu

      Hapus
  45. Yaaa allah ... aku lho dah lama ngak liat majalah bobo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om udah jompo kitah #ehhhh ヾ(゚д゚*三*゚д゚)ノ\(^ω^\)( /^ω^)/

      Hapus
  46. Kadang-kadang masih beli bobo buat anak-anak... Pengen langganan tp kata suami nunggu anak-anak masuk SD dan bisa lebih primpen dulu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak hihi, klo sd halamannya ngalaman aman dari disobek-sobek ya hihihi
      (ノ^ω^)ハ(^ω^ )ノ

      Hapus
  47. baca blogmu ini aku benar-benar bernostalgia banget nit... terus mendadak sedih gitu..
    soalnya jaman SD dulu banyak banget seumuran kita yang pada beli bobo buat dibaca dirumah setelah pulang sekolah..sekarag anak-anak pake gadget dimana-mana hmmmm...

    aku kangen banget ceria bona dan rongrong, paman kikuk husein dan hasta, nirmala, juiwta dan si sirik... ahhhhhh kangeeeeen bangt!
    Jadi pengen banget beli bobo kayak kamu gitu nit, incer tahun 90an jugaaaa >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak hihi jadi ngebet pengen baca lagi yak han, gregetan dulu tuh aku bacanya apa aja ya, sepintas inget sepintas lupa
      aaaaaakkk ヽ(*´Д`*)ノ

      incer 90an juga yuk hihihiii

      Hapus
  48. nirmalaaaaaaaaa, aku padamu :)

    hi hi hi, sampe sekarang saya sering beli majalah Bobo, mbak
    tapi bukan saya baca, buat adik yang masih kecil, kadang2 yang bobo junior

    btw, inget bobo jadi inget rongrong, namanya unik gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah ada ada aja mas, iya nirmala dewasa banget sedang si oki kebalikannya
      kalo yang bobo junior emang segmennya anak balita ya mas ahhahahah
      iya si rong rong tapi suka kesian sial terus bawaannya sama kayak tokoh-tokoh kucing di cerita atau film ~ (۳˚Д˚)۳

      Hapus
  49. Ngeliat bobo edisi lama gini, ingetan masa kecil langsung muter-muter di kepala. Belom lagi kalo buu buku jadul gitu baunya khas ya mbuuul. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. bau majalah lama terasa greget diaaaann hihihi
      walau kertasnya dah kuning tetep ae aku sikat ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌

      Hapus
  50. wah dek, kamu masih sempet merasakan majalah Bobo? Majalah penuh kenangan memang :) Dan gak nyangka masih ada yg jual majalah bekasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb ri, pokoknya memorable abis majalah ini mb
      *\(´▽`)/* ξ\(´▽`)/ξ *\(´▽`)/*

      Hapus
  51. ihhhh, ternyata masih dijual yaa yang bekasannya gitu?? bahkan yang tahun 80-aan pun ada :)


    ingat bobo, ingat masa kecil yang bahagia yaa Mba Nitaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb ir, tapi uda sangat langka hihihi
      ( '́⌣'̀)/(⌣́_⌣̀)

      Hapus
  52. Ternyata penyuka bobo ya mbak.

    BalasHapus
  53. ini nih yg bikin betah main di mari, senang banget deh disuguhin cerita2 masa lalu gini. suka Bobo jugaaa... yg paling ingat itu cerita ttg Nirmala, Bona, sukaaa ituuu... ahh Bobo emang ngangenin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nirmalanya wise banget ya mb di, sedangkan oki dan temannya felip badungnya bukan maen ahahahha (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

      Hapus
  54. Bona dan rong2 favoritkuuu
    Sama soal2 pelajaran itu loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal-soalnya biasanya aku liwatin tu mb ratu kyaaaa *anaknya malas belajar
      lebih betah nongkrongin dongeng ama cerpennya :D

      Hapus
  55. bila berminat dengan bobo jadul dalam format pdf silakan kunjungi: bobojadul.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratikah? Yang tahun 90an nda ada?

      Hapus
    2. gratis. yg 90 an kayaknya belum ada, tapi kelak siapa tahu?

      Hapus
    3. Nunggu yang edisi 90annya hehe
      Tapi format djfu aku blom terlalu familiar gimana ngebukanya ya

      Hapus
    4. pakai djvu reader, di google banyak

      Hapus
    5. Coba deh aku plajarin dulu gimana aplikasinya

      Hapus
  56. Ini majalah anak2 kesukaanku, sampai anak-anakku SD juga masih baca Bobo.
    Selain cerita-cerita juga ada ilmu pengetahuan yg bisa didapat. Suka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mb li, bisa buat blajar pula lengkaap

      Hapus
  57. Majalah langgananku waktu keciiiil :)

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...