Kamis, 16 Februari 2017

Hal-Hal yang Aku Rindukan dari Majalah Bobo



Ga ada angin ga ada ujan, tiba-tiba aku pengen menulis semua kepingan-kepingan masa kecilku dengan Majalah Bobo. Rasanya aku pengen ngingat-ngingat bacaan jadul di Bobo tahun 90an yang dulu sempet aku koleksi jaman-jamannya masih SD (baik yang berupa satuan maupun bundelan/bendelan). 




Baca juga : Dongeng Pak Janggut, Kemewahan Masa Kecil yang Tiada Cela

Nah, mumpung aku juga sedikit mengingat sebagian dari yang kumaksud di atas (dalam hal ini materi Bobo jadul tadi--ya walaupun ga semuanya sih, cuma sepotong-sepotong), makanya aku pengen nulisin di sini. Sapa tau ada yang butuh juga kan infonya ahhaaha...Atau bisa jadi malah pembaca yang nyasar di sini yang membantu memberikan apa yang kita cari kayak yang pernah aku ulas di tulisan Pak Janggut. Kebetulan di situ ada satu pembaca yang jujur banget malah ngebantu aku ngorek info seputar Bobo Jadul dan pada akhirnya menggerakkan kakiku untuk hunting sampai ke Blok M, bagian buku-buku bekas. Thx Nizar Zaenal buat inspirasi komenannya :-D.

Beli Bobo Bekas di Blok M Square

Jadi pada suatu Minggu yang masih cerah itu, (maklum tanggal muda--baru gajian), aku ngajak Tamas jalan-jalan ke Blok M demi ngebuktiin di sana masih ada Bobo jadul yang dimaksud sahabat pembaca tadi bukan? Nah, setelah muter-muter ruas jalan yang sedang dalam masa perbaikan, akhirnya sekitar dzuhur aku tiba di sana (begitu nyampe sholat dulu, terus mlipir ke Blok M 
Squarenya bagian lantai bawah khususon buku-buku bekas... Aku langsung menuju yang bagian sisi ujung sih (karena dulu sering nyari bacaan lain dan di situ dagangannya paling lengkap). 

Karena ngeliat aku antusias ngliatin buku-buku yang ditumpuk random gitu, si Bapak penjualnya langsung nembak, nyari apa teh? Aku bilang Bobo jadul 90-an ada ga? Raut muka si Bapaknya langsung serius lalu buru-buru merogoh bagian lemari di sudut tersembunyi dan hanya bisa memperlihatkanku 2 bendel saja....itupun yang tahun 80-an. "Cuma tinggal 2 ini. Yang 90-an abis...langka itu mah sekarang."

Bobo 90-an Ternyata Uda Langka Cuyyyy !!

Tapi bukan Beby Mbul namanya kalo nyerah gitu aja tanpa ngorek dan setengah maksa haha biar dapat apa yang dicari. Ngeliat tingkahku yang udah layaknya kolektor barang antik dan siap berburu seberapa mahalnya itu halaaah, ga juga kelezzz...akhirnya si Bapaknya ngecek lagi di tumpukan Bobo 2000an yang kecampur ama Donal Bebek 90-an. Eh....ada 1 !!! Tahunnya xxv, 4 Desember 1997. Kek mana rasanya hati ini seneng betul lah menemukan harta karun hihihi, walau cuma 1 biji doang. Yah buat genep-genep, akhirnya bendelan Bobo yang tahun 80-an 2 biji juga aku angkut aja dah hahhaha...syenang..

Pencarian Bobo 90-an yang Membuahkan Hasil

Horeee ?!! Setelah hampir putus asa ga nemu di toko offline, akhirnya aku dapat pencerahan juga di situs online. Beberapa ada yang jual set-setan sehingga aku bisa koleksi sekalian. Tentu aku cari yang paling murah dan ada inceran sisipan Bobo yang ingin aku baca ulang. Jadilahhhh aku dapet 12 set yang mengingatkanku pada nostalgia bobo 90-an yang bikin senyam-senyum sendiri, betapa bahagianya masa kecilku saat itu. Yeaaay !!

Rubrik di Bobo yang Bikin Kangen
Cergam Bobo

Siapa sih yang ga seneng dengan cerita sederhana tapi penuh pesan moral dari tiap-tiap balon gambar keluarga Bobo dengan model penceritaan di bawahnya. Apalagi karena tokoh-tokohnya lumayan kumplit ya, kadang cerita sederhana antara Bobo, Doni (kelinci berbaju garis-garis kuning dan ijo), Coreng (adik Bobo yang pake baju pink), Cimut, Upik, Simpul, Lobi-Lobi, Dung-dung, dll. Kadang ada pula yang ceritanya diselipin ama tokoh-tokoh lain yang lebih dewasa kayak Paman Gembul (bukan admin-red), Emak, Bapak, Bibi Titi Teliti, Bibi Tutup Pintu, Nenek, dll.

Pernah ada satu cerita dari cergam Bobo yang aku ingeeeet banget ampe naksir ilustrasinya. Yakni saat Paman Gembul serakah pengen ngabisin apel dari kebun sendiri sehingga pada akhirnya sakit perut, wkwkwk..

Cerpen Bobo 90-an

Nah khusus di subjudul ini, sengaja aku kasi clue-clue kecil tentang beberapa cerpen Bobo yang aku kangeniiin banget pengen baca ulang..tapi sayang kebanyakan lupa. Jadi cuma inget sepotong-sepotong. Diantaranya :

Kotak misteri harta karun, ceritanya 2 anak nemu kotak (mirip jumanji).
Abi yang saudaranya iri terus karena sama-sama dikasih peninggalan tanah, tinggal siapa yang bisa mengelolanya dengan baik. Jadi pas panen kentang ama panen jagung Abi bikin taktik biar saudaranya ga curang tanemannya diganti dengan jagung besi.., kentangnya juga uda diambilin umbinya (lupa judulnya euy).
Nasi goreng anak pembantu si tokoh utama (cewek kecil) bernama Empat. Nasi goreng bikinannya enaaak banget yaitu nasi goreng ikan asin.
Tak seperti yang dibayangkan, cerita tentang seorang anak yang merima surat dari kakak yang tinggal di Jakarta. Nah, dikirain si kakanya ini tinggal di rumah mewah ada kolam renangnya (soalnya pas ditunjukin fotonya si kakak lagi pose di rumah bagus), ga taunya pas didatengin tinggalnya ya di rumah petak biasa deket gang.
Yang anak gadis  iri temennya kaya sedangkan dia cuma tinggal di ruko, jualan pisang goreng apa lemper, rumahnya deket stasiun kalo ga salah.
Bercerita tentang kakak perempuan tuna rungu yang belajar kursus membuat kue nanas
Pasar sekaten, cerita tentang si Agus menemukan fakta mengejutkan di pasar sekaten, dimana adeknya Bambang malah nyopet di sana.
Cerita tentang di pasar seorang gadis dengan temen-temen mampir ke warung bakso tenis en minum es degan manis..tapi lupa intinya apa hahhaha, ingetnya ada bakso tenisnya doang.
Cerita tentang gadis yang berhubungan dengan mantel bulu
Boneka beludru ibu dan temannya yang penuh misteri
Seorang yang pas-pasan lagi bokek, pas ada tamu tetep bermurah hati ngebikinin nasi goreng tambah telor, mengajarkan rasa syukur meski dalam kondisi yang sempit, pas tamunya pulang dikasih ganti
Cerita tentang pekerja di roti isi selai stroberi
Cerita yang merenung liat anak laki laki lari2an mengejar bus, inget ada bagian jatuh dari pohon nangkanya juga...lupa, tapi garis besarnya itu
Cerita tentang cewek yang kakinya patah karena jatuh dari pohon jambu air
Cerita tentang anak baru yang dijauhi teman karena giginya bau.

Nah, itulah...sayang banget emang cerpen-cerpen Bobo 90-annya ga nemu...cuma untuk ilustrasinya aku kasih foto yang Bobo 80-an aja yak. Di situ mengindikasikan bahwa aku sangat-sangat suka sama ilustrasi Bobo jaman jadul ketimbang ilustrasi Bobo yang sekarang...ga tau kenapa tapi rasanya lebih detail gitu gambarnya.....lebih nyata kayak beneran gitu deh.

Profil

Profil adalah rubrik Bobo yang biasanya dipake buat nampilin tokoh-tokoh penting, artis cilik maupun dewasa, penyanyi, dll.

Dongeng Bobo 90-an

Dongeng Bobo yang aku inget selintasan tapi nancep banget di otak adalah :
Putri yang mencari kesaktian dengan cara minum berapa gelas susu en sanggup menerima tantangan dari ular kobra
Cerita tentang gadis yang berubah dari keong menjadi gadis cantik setiap hari memasakkan orang yang menampungnya
Si pandai besi, tabib yang nyulap orang (kalo ga salah putra mahkota) jadi kuda dan dipakein sepatu besi buat jadi budaknya.
Nenek yang dihujani ikan gabus
Gadis angsa
Cerita tentang keluhan bulan yang pengen kayak matahari
Cerita tentang gajah putih....yang akhirnya diburu manusia karena ga percaya kata-kata kawanannya.
Belle, beauty n the beast
Putri yang ngasih kado pangeran berupa piring yang dicuci bersiiih banget di sungai, jadi cermin.
Pakaian bulu angsa yang dijahit buat pergi ke pesta
Wanita yang rambutnya panjang banget klo ga salah di taman gitu settingnya
Terus yang orang manggul 2 semangka dikira hantu 3 kepala

Cerbung Bobo yang Memorable Banget

Peri mungil badung, yang dijatuhin dari langit karena nakal trus dihukum gitu..
Safir dan ruby (kembar laki-perempuan) kesedot ke bawah tanah, rambutnya digunting ketemu mahluk jahat bernama tuta hoga yang bisa menjelma sebagai raksasa jahat yang ingin menguasai dunia...lupa judulnya bookkk. O inget deng si kembar dan mahluk mineractus wkkkkkkk.

Buku Pilihanku

Di rubrik ini aku jadi tau deh kalo temen-temen bisa ngresensi buku-buku yang dibaca, dan berkatnya aku jadi tau buku menarik macam Putri Kaguya, Hellen Keller, Cerita Rakyat dari Riau dll.

Rubrik yang berbau pengetahuan dan pengalaman pembaca

Apa Kabar Bo, Ensiklo Bobo, Uji Imajinasi, Simpang Rana, Pengetahuan, Tak Disangka, Arena Kecil, Kabaria, Liputan, Halamanku isinya puisi sama gambar pembaca, Membuat Sendiri (tutorial DIY), Untuk Latian Di Rumah (soal-soal), Sayembara Bobo (TTS).

Komik Sisipan Bobo 

Pak janggut, aku suka yang judulnya kimono hitam, 3 penyihir usil, putri melati centilaneh seperti yang pernah aku bahas di sini. Sumpah gambarnya tuh imajinatiiip banget, sukaaa ama tokoh-tokohnya yang kocak selain Pak Janggut kayak Domoli, Pompit, Erika, dll.

Balas dendam wini, kalo ga salah yang nyeritain Wini jadi dendam ama anak kepala sekolah karena mendapat perlakuan yang ga adil di asramanya sehingga akhirnya ia berbuat curang kayak ngejebak si lawannya ini biar dituduh sebagai pengutil, ngebunyiin gong sekolah di malem hari dll.
Puri misterius ato hantu di puri cemara aku lupa, yang jelas ceritanya tentang kumpulan anak cewek penasaran ama puri tua di atas bukit, pas mereka ke sana malah nemu mayat ato apa gitu yang menghubungkan ke cerita seram pmenggal kepala wanita gitu hahhahaha
Janji irene, ini yang cerita cewek rambut merah bkin sanatorium sama bokapnya setelah ibunya meninggal.
Kucing dan tikus, 2 cewek satu rambut pirang satu rambut item musuhan terus...tapi lupa ceritanya gimana
Emas untuk misha, ini cerita pelari yang tubuhnya harus ditutup pake baju kuning seluruh tubuh karena ngidap penyakit tertentu kalo ga salah.
Hiawata, ini cerita yang suku indian indian gitu deh..
Joni kukuh di planet lobo
Warisan seekor kucing, klo ga salah yang kucingnya warna putih apa ya
Boy dan syimi, 2 cowok satu rambut keriting kulit item satunya lagi rambut kuning kulit putih bersahabat gitu..
Amadeus koka, ini yang badannya bisa milur-mulur gitu apa ya..aku inget banget pas adegan nyebur di kolam piranha gitu hhhhaha, serem banget dikejar2 tapi badannya bisa mulur kayak karet, hiiiiy.
Siska terpaksa kabur
Aku tidak tuli
Sepatu kuning mungil
Terdampar di sebuah pulau
Sri Kumis Ahli Waris Inca

Pokoknya aku suka banget sisipan Bobo yang gambarnya kayak komik Nina selain Pak Janggut.

Kisah-Kisah Gogori Si Anak Petani, Dombi & 3 Kurcaci, Pocil

Jadi 2 halaman full kebagi jadi 3 cerita di atas. Kiri Dombi dan 3 Kurcaci yaitu cerita tentang anak domba yang berteman dengan 3 kurcaci, tengah Gogori yang ciri khasnya pake caping (terus aku inget banget cerita yang tentang nyelametin berang-berang kejepit diantara batu-batu sungai), kanan pocil (porsinya sedikit sama kayak dombindan 3 kurcaci yang cuma dibagi dalam beberapa strip komik kecil. Pocil ini ceritanya polisi cilik yang bentuk telinganya mirip peri (lancip gitu). Nah dalam keseharian biasanya dia banyak membantu masyarakat yang sedang membutuhkan bantuannya. Pocil diidentikkan dengan laki-laki berseragam mirip polisi lengkap dengan topinya.

Cerita dari Negeri Dongeng

Tokoh-tokohnya tu Nirmala dengan tongkat ajaib dan gaun pink mekarnya, oki kurcaci berbaju hijau, felip kurcaci berbaju merah, Ratu Bidadari dengan gaun dan mahkota birunya, Pak Dobleh (koki istana..suka bikin puding bening inget pas episode ini), Dino, Raja Neptunus, Pipiyot, Ratu Fatimah.

Adapun cerita Oki dan Nirmal yang paling ngebekas adalah waktu Oki dan Nirmal main bola di negeri awan, bolanya jatuh gara-gara Oki yang nakal...hhh di situ imajinasi masa kecilku bermain waktu ngliatin awan, jangan-jangan di sana ada manusia. Terus pas episode pesta di istana, Pak Dobleh bikin puding bening, pudingnya dimakan dino, jadi Dinonya ga keliatan alias transparan. Gambar Oki dan Nirmal yang versi jadul aku lebih suka deh...lebih nyata berasanya.

Juwita dan Si Sirik

Berisi ulah nyebelinnya si Sirik yang akhirnya selalu bisa digagalkan oleh si Cantik Juwita wkwkwkw.. Si Sirik ini bajunya ungu, pake topi en mukanya tuh kayak penyihir..dagunya terbelah..,terus klo Juwita bajunya ijo bisa nyulap.

Koko Cruch dan Danang

Ini cergam pendek antara Koko (kalo ga salah dia panda coklat ya) ama Danang yang selalu diakhiri pake promosi makan Koko Crunch wkkk..jujur dulu aku katrok banget en blom pernah makan sereal gandum dicampur susu gitu. Tapi pas liat ceritanya Koko dan Danang aku malah pura-pura ngeganti bubur ketan item dianggepnya tuh sereal koko krunch wkwkwk, absurd ye bookk..


Milo, CFC, Solite Nugget, Supradyn Junior, Dancow

Klo yang ini cerita tentang Milo yang ujung-ujunge pesti promo susu Milo wkwkkw...

Yang lainnya juga sama sih cergam yang dibalut dengan iklan

Paman Kikuk Husin dan Asta

Paling nybelin sekaligus biasa ketawa ngakak pas baca Paman Kikuk karena pada tau sendiri kan sifatnya yang sok tau. Nah tokoh-tokohnya lainnya ada Husin, Asta si anjing sama Bibi Ndari. Pernah di satu episode aku nyukurin tingkah si paman kikuk yang niatnya pengen ngembat durian sendirian, e jatohnya kakinya tertusuk duri karena keba durian yang ia sembunyikan di kolong. Ya ketahuan deh..

Bona dan Rong-Rong

Bona yang baik hati bersahabat dengan Rong-Rong yang suka iseng, tapi aku lebih suka Rong-Rong entah kenapa, wkwkkw...suka kesian aja tiap ada tokoh kucing di acara apapun entah tipi entah cerita selalu yang ketiban sial dia hahahh...tapi untunglah dia bersahabat dengan Bona yang bisa mengubah belalainya jadi apapun, yang klo dipikir-pikir agak ngeri juga sih macem uler wkwkkw..untung aja dia berwarna pink. Nah paling seneng klo agedan mereka dilengkapi sama kehadiran mak konde yang gemar membuat kue-kue.

Gimana, temen-temen ada yang punya memori indah dengan Bobo atau cerita-cerita dengan tokoh-tokohnya ga, ato ada yang inget beberapa clue cerita di atas kayak cerpen, dongeng ama sisipannya, boleh loh diramein kotak komennya...