Sabtu, 21 September 2024

Mie Ayam Enak yang Pernah Mbul Coba



Assalamualaikum wr wb...
Hallo...hallo...hallo...Jumpa lagi dengan Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya, Teman-Teman semua. Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul akan ngelist daftar mie ayam mana saja yang pernah Mbul cobain dan rasanya enak. Karena Mbul suka banget ama yang namanya mie ayam. Kalau dah bingung mau maem apa nih dan kebetulan pas lagi nda masak, pasti ujung-ujungnya adalah ngemie ayam. Menurut Mbul mie ayam itu paling gampang diterima asalkan tekstur mienya itu udah enak dari sananya. Lalu mie ayam mana saja yang udah Mbul cobain dan rasanya enak. Ini dia selengkapnya...







1. Mie Ayam Banyumas Tirta Kencana

Mbul suka banget ama Mie Ayam Banyumas Tirta Kencana ini. Kedainya itu ada di dekat jalan raya seberangan ama RM Padang Sederhana. Warna catnya ijo, jadi gampang diapalin. Pertama ke sini itu, Mbul ama Tamas dalam rangka ngrandom aja. Malah biasanya abis olahraga dari alun-alun dan karena sepagian belom maem, siangan ngelih, maka begitu ngliat Mie Ayam Banyumas Tirta Kencana, yaudah mampirlah ke situ. Pas nyobain sekali, kok rasanya enak ya. Akhirnya sering juga beli di situ.

Favoritnya itu mie ayam ceker. Bisa disertakan sebagai topping bareng ama ayam manisnya. Bisa pula minta porsian tersendiri jadi ntar dimangkokin lagi kalau mau agak banyakan. Cekernya itu pulen, menul-menul gitu, cakep deh warnanya. Rasanya mirip rica-rica jadi lebih ke pedes manis gurih dengan kuah yang kental dan pekat. Untuk mienya sendiri, jenis adalah yang keriting. Tekstur mienya kenyal, berpadu ama pedes manis gurihnya si ceker jadi makin mantab lagi. Nanti dikasih cesin dan irisan daun bawang yang banyak. 







Mbul kalau ke sini tuh biasanya maunya yang yamin manis. Kalau Tamas mie ayam bakso dengan ceker agak banyakan. Jadi cekernya pake mangkok ndiri. Porsinya pas. Diracik bareng sambel dan kecap....hmmm mantabnya. Pake sambel juga boleh, tapi ga gitu harus. Yang penting kalau Mbul mah sambal (dikit aja) ama kecap. Nanti minumnya es tee kalau ga teh botol sosro tambahin es batu dalam gelas tersendiri. Biar seger gitu.













































2. Mie Ayam Dapoer Akang

Kalau yang ini baru 2 kali ini Mbul cobain dan langsung suka. Ini karena dibeliin Tamas waktu Beliau liwat depan gerobagnya yang ngetem deket puskesmas. Tapi kami selalu beli buat dibungkus dan dibawa pulang ke rumah sih. Biar pewe maemnya, sambil lesehan hihi.

Di Mie Ayam Dapoer Akang ini, kami beli yang original sama yang yamin. Mienya itu tipe yang keriting kecil-kecil jadinya kenyal. Terus ada cesin, toge, sama topping ayam manisnya. Tapi ayamnya ga sepekat mie ayam pada umumnya. Yang ini lebih putih sih. Alhamdulilah rasanya enak. Apalagi ada cesin serta togenya yang bikin tambah kranci lagi. Terus ada daun bawang dan pangsit gorengnya juga yang bikin tambah gurih.

































3. Mie Ayam Km

Karena letaknya berada di pinggir jalan km, jadi kami sering nyebutnya Mie Ayam Km. Ini deketan ama mie goreng enak (mie tek tek) yang udah jadi langganan. Jadi kalau pas beli mie goreng enak, kadang sampai kecium wangi aroma mie ayam di sampingnya. Jadinya beli deh. Dan pas nyobain rasanya enak. Sebenernya yang di sini itu lebih terkenal baksonya ketimbang mie ayamnya. Tapi mie ayamnya juga enak sih jadi Mbul masukin juga dalam list.

Mie ayam km ini tipikal mie yang keriting poenya, tapi dia lebih gede dikit dari 2 mie ayam yang udah Mbul sebutkan di atas. Jadi paling enak maem waktu mie ayamnya baru diadonin. Masih panas dan ga mengembang. Terus di sini itu potongan ayam manisnya gede-gede dan melimpah, terus daun bawangnya juga banyak. Ada kuahnya juga jadi agak nyemek-nyemek gitu. Tapi rasanya sih enak. Apalagi kalau pinter ngracik saos dan sambalnya. 














4. Mie Ayam Gerobag Dorongan Mas Yoyok

Yang ini juga masuk list mie ayam enak versi Mbul. Dikenalin pertama kali ama Tamas malah maemnya sambil ngemper deket gerobagannya pas. Asyik deh, hihi. Sebenernya mie ayam Mas Yoyok ini tipenya mie ayam keliling, tapi pada jam-jam tertentu sering ngetem di tempat-tempat tertentu pula. Bahkan masuk ke komplek tempat tinggal Mbul, walau cuma deket area depan. 

Mie ayamnya itu tipikal mie keriting kecil-kecil yang kenyal. Terus ada ceker manisnya juga. Cekernya sexy sexy kayak yang makan hahhaha...(Baca : Beby Mbul Nita hahah). Dan banyak pula taburan bawang goreng serta daun bawangnya. Itu sih yang bikin wangi dan menambah selera. Porsinya juga lumayan munjung dengan harga yang ramah di kantong. 
























5. Mie Ayam 88

Yang ini harga mie ayamnya naik dari tahun ke tahun, tapi ntah kenapa rasanya tetep aja enak. Ga pernah berubah menurut Mbul. Emang sih tekstur mienya lebih putih dan kecil keriting, tapi enak juga. Topping ayamnya juga lebih putih, dan daun bawangnya banyak. Malah kadang ada bonus acar cengeknya juga.

Untuk sambel, saos dan kuah daun bawangnya ditempatkan pada tempat tersendiri, jadi bisa diracik sesuai selera. Tapi menurutku dimakan polosan aja juga udah enak sih. Paling polosan dengan taktambahin sambel dikiiit aja. Itu juga manteb banget tuh.









6. Mie Ayam Warung Tenda (Ga Ada Namanya) tapi arah Pantai Tanjung Kait

Yang ini waktu Mbul diajakin Tamas jalan-jalan area Pantai Tanjung Kait, tapi ga sampai masuk pantainya sih, cuma di jalan deket pantainya aja, dan kebetulan pas posisi ngelih. Jadi begitu liat mie ayam tenda, kami maem di situ aja hihi. Cuma ga inget ada  namanya atau ga hahahha... 

Pesennya ga cuma mie ayam sih. Ada baksonya juga. Mie ayam ada, bakso ada. Lengkap. Mie ayamnya mau yang mie ayam baso. Baksonya kosongan. Ga pake bihun dan tetek mbengeknya. Minumnya es jeruk segelas berdua hehehe. Mie ayamnya pake mie yang agak pipih dan lurus bentuknya. Dia ada cesin dan topping ayamnya yang banyak. Terus ada basonya juga. Jadi namanya mie ayam baso. Lumayan juga sih rasanya. Apalagi suasana di sekitar situ juga adem banget banyak pohon. Terus inget banget di seberangnya pas ada bakul rambutan dan juga nangka, yang akhirnya kami mandeg beli....
























Okey, kiranya segitu dulu list mie ayam enak yang pernah Mbul cobain di sekitar sini. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya ya. See you and bye bye...

1 komentar:

  1. Aku juga sukaaa bgt mie ayam. Tp memang cendrung yg Chinese style atau bandung dan jakarta punya. Krn rata2 mie ayam 3 styles ini kuahnya ga banyak, dipisah, dan mie nya sendiri udh ada rasa walo tanpa kuah.

    Kalo mie ayam Jawa Tengah dan Jogja, jujurnya aku ga terlalu cocok. Mungkin Krn kuahnya banyak dan dicampur pula 😅. Trus agak gelap kuahnya kan. Sementara aku LBH suka kuah yg light, berasa kaldu aja. Krn memang utk basahin mie dikit.

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging āļ…(^・ω・^āļ…)