Minggu, 22 September 2024

Review Mie Ayam Dapoer Akang



Assalamualaikum wr wb...
Minggu, 22 September 2024 saatnya pencarian mie ayaaaaaam. Lho kok mie ayam lagi Mbul? Karena mie ayam adalah salah satu makanan favorit Mbul. Mie ayam yang mienya kecil-kecil, topping ayamnya manis dan juga banyak cesinnya. Daun bawang juga iya sih dan Mbul biasanya ga pakaikan kuah. Kalaupun pake kuah suka yang nyemek-nyemek aja, jadi kuahnya kental gitu. Nah, untuk kali ini mie ayam manakah yang akan Mbul coba? Mie ayam gerobagan aja. Tapi yang ngetem. Bukan yang keliling.





Siang pantarannya abis dzuhur, Mbul diajakin Tamas cobain mie ayam yang kemarin Jumat sempet Beliau beliin waktu Beliau lewat depan Puskesmas. Mie ayamnya enak deh. Kenyal gitu, ga terlupakan. Walaupun gerobagan tapi rasanya enak. Nah, karena Minggu Mbul ada kebiasaan libur masak, jadi Tamas ajakin Mbul ngemie ayam aja. Namanya Mie Ayam Dapoer Akang. 

Mie Ayam Dapoer Akang dekat dengan puskesmas dan kawasan industri. Jadi otomatis kalau jam makan siang banyak yang cari. Selain mie ayamnya enak, variannya juga banyak, harganya pun masih reasonable, sesuai ama rasanya yang enak. Seenggaknya itulah yang Mbul rasakan pas maem pertama kali mie ayamnya.






"Gimana Dek? Mau ga? Tar takcariin dulu, ada mie ayam apa aja jenisnya..." Tawar Tamas pada Mbul yang Mbul jawab langsung mauuuuuk. 
"Nih...ada mie ayam biasa, mie ayam baso, mie ayam ceker, mie ayam pangsit, mie ayam yamin, mie ayam yamin baso, mie ayam yamin ceker, mie ayam yamin pangsit....yang mana Dek?" 
"Lha og enak-enak semua iya Tamas...Mbul mupeng semua...hohoho.."
"Dedek sing opo?"
"Mmm...(agak mikir loading, tapi rasanya mie ayam yamin enak juga)....yaudah Mbul yamin aja..."
"Oke, Tembem..."
"Kapan ke sananya?"
"Ntar abis sholat dzuhur, naek motor aja ya..."
"Asyikkkk....Mbul semangat deh kalau udah maem mie ayam..."
"Wakakakakk...siro sih opo seng nda semangat tow Dek..Dek.." elus-elus Beb Mbul


































































































Tak lama kemudian, ke Mie Ayam Dapoer Akangnya labuh jam 14.30 WIB-an. Lah, Kangmasew malah sare ndisek. Wkwkwkk...Udah Mbul duga. Beliau emang hobinya itu tidur hahahha... Yawdah Mbul glundang-glundung aja di kasur ngentenin Kangmasew bangun...Hahhaha....

Nah, abis itu berangkatlah ke Mie Ayam Dapoer Akang ini yang ternyata modelnya gerobagan gitu. Gerobagnya warna oranye semi kuning dengan tulisan merah-merah dan penjabaran jenis mie ayam yang dijual tuh banyak banget. Selain mie ayam, ada juga pangsit rebus.

 


















Untuk mie ayamnya, ada mie ayam biasa, mie ayam baso, mie ayam ceker, mie ayam pangsit, mie ayam yamin, mie ayam yamin baso, mie ayam yamin ceker, mie ayam yamin pangsit. Untuk pangsit rebuanya ada pangsit rebus original, pangsit rebus yamin baso, pangsit rebus yamin ceker, pangsit rebus chili oil. Toppingnya ada ceker, pangsit, dan juga baso. Wah mantab amat ya. Keliatan menggiurkan semua. Akhirnya beli yang yamin dan yang original kayak biasanya. Maemnya dibungkus aja, karena kami mau maemnya di rumah sambil lesehan, ngadem gitu...Terus abis itu bisa lanjut golar-goler nonton tipi.

Setibanya di rumah, Mbul langsung taruh mie ayamnya ke dalam mangkok. Saos, sambal, ama kuahnya ditaruh di tempat tersendiri jadi nanti bisa ngracik sesuai selera. Punya Mbul yang yamin, yang lainnya yang mie ayam bukan yamin. Yang yamin itu maksudnya yang manis gitu karena udah langsung diadonin sama kecapnya. Nah, itu yang Mbul suka. Yang original juga suka banget. Apalagi kalau dasar mienya udah enak, biarpun ga dipakein apa-apa lagi juga udah enak.



























Mie ayam yaminnya ini ga pake kuah ya. Jadi keset gitu. Itu udah sama topping ayam manis, daun bawang, pokcoy, toge, ama pangsit goreng. Mienya adalah tipikal mie keriting yang kecil-kecil. Rasanya enak dan gurih. Teksturnya kenyal. Ada manis-manisnya gitu karena kan yamin. Nanti Mbul racik lagi pake saos, sambal biar makin mantab. Tapi saos sambalnya dikit aja. Suka...suka...

Kalau yang mie ayam original bukan yamin Mbul icip dikit...hmmm...ini enak juga loh. Dimaem ginian aja oke (polosan), ditambahin kecap lagi juga oke..... Karena dasar rasa mienya sendiri udah kenyal. Jadi tetep enak kok. Terus mau diracik pake saos, sambal, dan kecap juga tambah enak lagi. Terus karena kami doyan daun bawang, maka dengan inisiatif sendiri kami beli daun bawang agak banyakan buat diiriskeun lagi sebagai pelengkap mie ayam. Nanti irisan daun bawangnya ditaruh di mangkok, jadi bisa ambil sesuai selera. Ini enak nih, jadinya pas ngunyah mie ayamnya kerasa wangi dan seger gitu kan. Kalau mau pake kuah juga boleh banget, tapi kalau Mbul sukanya yang kuahnya dikit aja...yang agak nyemek-nyemek basah gitu deh, ga yang kuahnya banyak banget. Jadi mie ayamnya lebih kentel. 








Review dariku :

Mie ayamnya enak, soalnya Mbul suka yang tekstur mienya kenyal dan bentuknya kecil-kecil ga yang gede dan cepat mengembang
Suka isiannya terutama karena ada sayurannya yang bikin kranci macam cesin dan juga toge (mengingat Mbul kan anaknya toge banget...suka banget ama sayuran toge)
Variannya banyak
Paling suka ama mie ayam yamin dan originalnya
Tapi paling suka sih setelah Mbul racik pake sambel sakcruwtan aja, kecap manis dan saos...tapi saosnya ga usah banyak-banyak. Kalaupun udah yamin, paling Mbul tambahin sambel dikit aja.









































Okey, sekian dulu kulineran Mbul kali ini. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya ya. See you and bye bye...

1 komentar:

  1. Mie Ayam begini memnag enak.. lagi-lagi jika dimakan ketika mie nya masih panas.. :D

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)