Rabu, 02 Oktober 2024

Bening, Tahu, Sambel Terasi Bikinanku ❤



Assalamualaikum wr wb...
Happy October! Hehehe...Mbul kembali di sini menyapa Teman-Teman semua. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Hari ini, Rabu 2 Oktober 2024, waktu ngetik ini jam di kamarku menunjukkan pukul 14.57 WIB. Sudah lumayan santai dari kesibukan di pagi dan siang hari. Sore, ada waktu nyempil dikit, nulis blog aja lah ya hehehe...






Hari ini di luar mendung. Posisi, aku masih ngucek baju sih. Juga beberapa kerudung (kalau mau tau aku pakenya apa, aku pakenya Bella Square aja yang polosan). Pas direndem, bisa ditinggal bentar. Aku pakenya detergen So Soft yang wanginya aku suka banget. Pewanginya Molto. Jadi betah mainan air di kamar mandi, basah-basahan hehehe...Ternyata ga bisa langsung cepet kelar ya nyuci tuh, karena kerjaan di tengah-tengahku lumayan banyak. Jadi baru menuju akhir ngucek tuh pantarannya jam-jam segini. Padahal di luar lagi mendung. Nasib ni hari lagi ga ada matahari hehe.

Aku tuh kalau lagi ngetik blog serasa kayak jadi penyiar radio. Walau suaraku ga renyah-renyah banget, lebih cenderung ke serak-serak basah agak seksi dikit matjam Shirahoshi gitu deh haha, tapi ga tau kenapa pas ngetik kayak gini aku serasa jadi kayak penyiar radio hahaha. Walaupun ga yakin juga ada pendengarnya, eh kalau di blog mah pembaca ya. Nah, aku ga yakin ada pembacanya. Pembacanya paling aku sendiri hahaha. Tapi aku seneng kayak gini aja sih ngeblognya. Buat aku nulis blog ini bisa jadi semacam hiburan. Sesuatu yang bikin aku hepi gitu. Walaupun kuisinya kayak gini aja. Udah sesimpel itu. Soalnya aku juga nulis buat diri sendiri hehe.







Hari ini aku lagi masak makanan yang paling disuka. Apalagi kalau bukan sayur bening. Beningnya pake bayam aja soalnya kelornya baru muncul tunas. Ntar kalau dah rimbun barulah bisa kupetik. Bening bayamnya kucampur ama jagung manis, wortel, dan kacang pancang beberapa lenjer. Ga banyak kacang panjangnya, cuma beberapa lenjer aja. Yang banyak tentu aja bayamnya. Kalau kencurnya baru aku ulegin agak banyak biar seger. Sedangkan bawang merahnya aku iris. Nanti kutambahin lagi dengan sedikit garam, gula pasir, dan Masako. Bening bayam yang banyak kencurnya aku suka. Seger gitu. Apalagi pas kuahnya anget-anget. Hmmm bikin perut jadi anget. Aku suka masak bening ini karena semua suka bening bikinanku. Apalagi kalau jagung manisnya banyak, itu kesukaan banget. Kadang malah dijambalin. Dari dulu Tamas paling suka jagung manis di sayur beningku. Sering pula dia minta khusus dibikinkan tapi yang isinya jagung tok. Kuahnya bumbu bening, tapi isinya jagung aja. Jagung manisnya ga kupipil tapi kupotek agak gedean. Jadi pas diisep-isep kok enak juga ya. Apalagi jagungnya selalu fresh. Jadi berasa manisnya. Aku paling suka kalau liat semua pada lahap maem masakanku. Terutama liat Tamas jadi lebih berisi kayak sekarang.... itu aku suka banget hihihi..... Aku paling suka bikin dia jadi berisi. Aku selalu berdoa agar yang kusayang selalu diparingi sehat, panjang umur makanya aku pengen selalu masakin yang enak-enak. InsyaAlloh aku akan selalu belajar untuk bisa selalu nyenengin orang-orang yang ada d sekitarku....

ā¸…(^・Ī‰・^ā¸…)

Terus lauknya itu ada tahu goreng aja. Tahu dicelup bumbu bawang-garam-ketumbar (yang dikasih air) dulu habis itu digoreng pake minyak agak banyak. Hmmm....tahunya menul-menul gitu jadinya. Rasanya gurih asin karena bumbu meresap sampai ke dalam. Tahu goreng polosan kayak gini kesukaan banget. 
































































































































Terus aku juga bikin sambel dadak mentah, yang resepnya hasil aku belajar otodidak dari Tamas kemaren. Tadi pagi aku recook resepnya dan jadilah tadaaaa....sambel dadak mentah bikinanku sendiri. Sukses dong ya. Rasanya gersang, seger merangsang hehehe...Enak, pedes-gurih-haceummm enaaak banget pokoknya.... bikin pengen terus. Haceumnya itu dari air asem jawa. Nah, rasa sambelnya jadi pengen terus deh. Pengen apa Mbul? Pokoknya sambel hasil uleganku itu bikin pengen terus. Bahannya ada cabai merah keriting, cabai rawit dikit aja, cabai cengek ijo, tomat segar, air asem jawa, terasi sangrai, garam, penyedap rasa. Mantab bangat...

Terus ada bakwan juga. Bakwan kesukaan aku, bakwan sayur yang ada ceplusan cengek ijonya. Bakwan yang bentuknya random aja tapi ga tau kenapa aku suka. Sayur di bakwannya itu ada kubis, wortel dan daun bawang. Renyah pinggirannya tapi menul-menul empuk pada bagian tengah. 

























Kalau semalem, maem pecel warung tenda favorit. Biasa kusebut pecel lele Kemal, karena anak si Bapak penjual pecel lelenya namanya Kemal (anaknya baru mentas Paud). Sebenernya pecel lelenya itu pake angka. Tapi karena biasanya ketemu Kemal di situ, jadinya kuhapalinnya sebagai pecel lele kemal hahahha..

Di pecel lele Kemal ini ga cuma lelenya yang enak. Kalau lele jelas lah ya jadi primadonanya. Karena lele crispynya enak banget. Tapi selain itu juga ada bebek goreng yang semok semlohai kayak yang lagi ngetik blog ini hehe, sate kulit, sate ampela ati ayam dan bebek, juga ayam goreng. Tapi kesukaanku itu selain lele ya bebek sama sate kulitnya. Hmmmm....itu enaaaak banget. Ada crispinya. Sate kulitnya juga ful selidi penuh gitu dengan potongan ga pelit. Jadinya puas banget hehe..
















Terus sambelnya juga enak. Ada sambel tomat merahnya sama sambel ijonya. Yang sambel tomat merah lebih ke pedes manis, sedang yang sambel ijo pedes asin. Aku suka yang pedes manis jadinya ga terlalu pedes. Ini manteb banget pas dimaem bareng lauk lele, bebek, atau sate kulitnya, terus potongan timun ama kemangi...Agghhh....kemlecer aku pas ngetik ini. Soalnya udah abis hihi. 

Terus buahnya ada semangka. Yeayyy...Mbul paling suka semangka. Tarik Mbul semongkow hehehe. Semangka merah yang demplon banget. Begitu dibelah...wah...berair seger. Langsung lah Mbul iris-iris dan sajikan di piring bersamaan dengan lele dan sate kulitnya. Mantab...




Detergen yang Mbul pake, suka ama wanginya





Oiya, lupa pas Minggu sore kemarin cuacanya lebih mendung dari hari ini lho. Tapi enak kok jadi adem. Makanya karena adem-adem begitu pengennya jadi sesuatu yang gurih-gurih. Gurihnya antara gurih asin ama gurih manis. Jadilah maem singkong keju ama pisang keju hehehe. Singkongnya mempur empuk, dikasih toppingan keju serut mayan banyak dan sebelumnya dibasahin dulu ama kental manis. Kalau pisangnya pake pisang yang agak panjang itu lho. Didipipihkan dulu abis itu dipanggang bentar ampe wangi baru dibasahin pake kental manis dan taburan keju parut. Nyammm...enak...

























Mbul kalau lagi tepar

te to the par....wkwk



































Ga terasa udah cukup panjang aku nulis hari ini. Kiranya kuakhiri dulu sampe di sini tulisanku. Soalnya udah agak ngeblank mau ngetik apa, hehehe. Terakhir, kuucapkan juga Selamat Hari Batik Nasional. Karena ini bertepatan dengan 2 Oktober yang mana di negaraku ada Hari Batik Nasional. Aku suka banget pake batik, batik itu manis menurutku hehehe...

6 komentar:

  1. Bom dia. Uma excelente quarta-feira e um excelente mÃĒs de outubro minha querida amiga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Sahabat Luiz, udah bulan Oktober aja, dah mulai musim ujan di sini...

      Hapus
  2. Wa'alaikumsalam.

    Kenapa ya sayur bening itu identik sama bayam, jagung, wortel dan kacang panjang? Kalau saya sebutnya sayur bening itu sayur orang sakit..hihihi.
    Sudah pernah belum masak sayur bayam jagungnya diganti sama ubi?

    Bumbu tahunya sama kayak orang rumah goreng tempe, ketumbarnya agak banyakkan dikit..hihihi

    Itu kembang anggrek jenis Dendrobium ya?

    Ada bakwannya juga, ini sih bikin lapar.. wkwkwk. Pernah waktu ke jawa makan bakwannya bentuknya kayak kue serabi makan dua buah perut udah kayak keganjel..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kok bisa begitu ya? Sayur bening bayam enak mas herman, karena pada suka Mbul bikinke sayur bening bayam, dan kebetulan bahannya lagi ada jadi Mbul masak itu aja

      Kayaknya aku pernah deh makan sayur bening tapi ada ubi manisnya...

      iya ketumbar itu bikin gurih emang jadi agak dibanyakin aja pas buat marinasinya 😊

      Aku juga seringnya kalau bakwan di jawa tengah yang bulet nyempluk gitu, itu kayak pas aku singgah sarapan di Ajibarang...ketemunya ya bakwan yang bulet nyempluk gitu hahhahaha

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ā¸…(^・Ī‰・^ā¸…)