Sabtu, 05 Oktober 2024

Delicious Meal for 2 Weeks ❤



Assalamualaikum wr wb...
Oktober awal di tempatku hangat. Matahari bersinar bundar, kucing di luar mendengkur pelan. Si Belang jantan, itulah nama yang diberikan, hihi. Kucing unyu cokelat tapi matanya biru. Lutju. Hari ini aku akan menulis tentang Ide menu untuk 2 minggu. Kutuliskan di sini maksudnya untuk catatanku. Andai-andai lagi mentok mau masak upuuw, maka aku bisa langsung ada gambaran begitu. 






Lantas apa aja menunya, ini dia selengkapnya kutulis di bawah ya. Banyakan masak sendiri (masakan rumahan), tapi beberapa ada yang beli juga hihihi. Mbul anaknya santai. Jadi kalau lagi seneng masak ya masak, kalau lagi pengen beli ya beli hihi. 

1. Paha Ayam, Bening Bayam, Sambal Terasi, Jeruk

Menu pertama adalah ayam paha, bening bayam dan sambal terasi. Ayamnya dari ayam kampung. Yang bikin aku sendiri. Tapi sebenernya selain paha, ada juga dadanya deng hihi. 2 bagian ini yang istilahnya Mbul banget. Kesukaan Mbul. Bahkan Mbul sering diledekin mirip paha karena kalau ngeliat Mbul, serasa ngeliat paha ya karena Mbul dikasih panggilan sayang sebagai si anak Montok mirip paha atasnya Chicken Montok. Ayam fried chicken kesukaan aku. Tapi ini ledekan sayang sih heheheh... Becandaan sayang.






Paha dan dada ayamnya ini sebelumnya dimarinasi dulu pake bumbu marinasi ayam. Garamnya agak banyakan ya jadi gurih asin. Nanti setelah menyatu, baru digoreng sampai berwarna kuning keemasan, matang pada semua sisi. Minyaknya agak banyakan jadi warna ayamnya cantik. Nanti kalau udah matang, angkat dan tiriskan. Kalau minyaknya dah tiris, baru dipindahkan ke dalam piring. Jadi lauk sayur bening bayam + jagung manis dan sambal terasi.

Sambel terasinya aku uleg sendiri dengan kucrutan jeruk limo dikit. Ini yang bikin seger selain cabai keriting merah, cabai rawit, terasi sangrai, garam, gula, dan sedikit penyedap rasa. Sambal terasi emang paling pas buat sayur bening bayam. Untuk buahnya ada jeruk sunkis yang lumayan demplon kayak yang lagi ngetik blog ini hehe...Jeruknya dipotong-potong dan habis itu disesep-sesep cara makannya. Jeruk kayak gini ternyata seger juga ya. 




































































2. Nasi Goreng Pete, Sop Buah

Menu selanjutnya adalah favoritku banget. Apalagi kalau bukan nasi goreng pete. Nasinya pake nasi sisa yang udah kuademin dulu sebelumnya. Nasinya agak pera. Lalu bumbunya pake blenderan cabai merah keriting, kemiri, bawang merah, bawang putih dan sedikit minyak untuk melumasi bumbunya pas diblender. Abis itu bumbu ditumis sampai wangi dan ditambahkan dengan sejumput garam dan penyedap rasa.

Nasi juga turut dimasukkan setelahnya, aduk-aduk sampai menyatu ama bumbunya. Warnanya merah cakep deh. Ga pake kecap lagi. Nah, pete baru dimasukkan terakhiran, ada beberapa lenjer. Petenya ini jadi sematjam kayak pemanis presentasi akhir dari nasi gorengnya. Aku tambahin pake acar timun + wortel + bawang merah yang kubikin sendiri enak juga. Mantaaab... Rasanya gurih-gurih enak. 









































Untuk segerannya, kebetulan Mbul ditumbaske es buah di Om Es Buah langganan. Kalau beli di sini enaknya buahnya dibanyakin, soalnya udah sering bulak-belik beli, jadi bakulnya sayang ama kami ehehhe..

3. Bebek Bakar, Lalap, Sambel, Pete Goreng, Bakwan/Gorengan, Es Buah

Menu kali ini beli di warung tenda Bebek Banyumas yang dikelola para pemuda asal Banyumas dengan menu utama bebek bakar. Bebek bakar manis kesukaan karena marinasinya itu nyampe ke dalem. Bebek bakar Banyumas ini bebeknya montok ya kek yang lagi ngetik post ini hehe...Bagian paha dan dada semuanya montok. Warnanya pas mateng tuh cakep banget. Berkilauan hingga membuat selera makan aja. Apalagi sambelnya juga seger banget walau menurutku pedesnya lumayan. Tapi anehnya bikin pengen terus. Sambil maem timun dan kemangi, sambil itu pula nowel sambel dan keratan bebek beserta kulitnya yang empuk itu....hmmmm...mantab banget.































Nah, karena waktu itu belinya buat dimaem di rumah (sambil buka puasa), akhirnya bisa dijejerin bareng gorengan favorit (ada cireng isi atau pas kuliah aku sering nyebutnya cireng bulan juga bakwan sayur, tempe dan ubi kuning). Segerannya es buah favorit...Slurrrput-able aneeeeeth.....















































4. Sapo Tahu, Cah Beby Buncis, Gurame Goreng, Mendoan, Terik Ceker, Cumi Cabe Garam

Next, Sapo tahu, Cah Beby Buncis, Gurame Goreng, Tempe Mendoan, cumi cabe garam dan terik ceker. Ini juga sekalian untuk buka puasa. Sapo tahunya ini banyak sayurannya lho. Selain ada tahu susu sebagai condement utamanya, ada pula udang kupas, sawi, pokcoy, jamur kancing, dan wortel. Udangnya menul-menul empuk, begitupula jamur kancingnya. Sayurannya juga bikin badan jadi anget. Kuahnya kental. Enak deh. 



















































Terus ada pula Cah Beby Buncis yang disiram saus bawang putih. Baby Buncisnya kranci dan cantik. Bumbunya gurih kental. Enaaaak. Lauk hewaninya ada gurame goreng tepung ama cumi cabe garam. Aku suka banget ama cumi cabe garamnya. Kranci gurih asin. Lauk nabatinya ada tempe mendoan yang bisa dijambalin juga. Ada pula terik ceker buat yang suka kuah santenan. Ini Mbul sendiri yang bikin lho hihi.








5. Paha Ayam Goreng, Lalap Timun, Sambel Ijo

Menu selanjutnya adalah paha ayam goreng, lalap timun dan sambel ijo. Paha emang bagian favoritku. Bagian paling enak buat dimaem hihi...... Digoreng sampai golden brown, rasanya gurih banget. Lalapnya pake timun aja dan cocolannya sambel cengek ijo yang gersang banget, hihi. 













6. Oseng Cumi Asin, Tempe Mendoan, Semangka

Next, oseng cumi asin tempe mendoan, dan buahnya adalah semangka merah yang manis seger. Cumi itu salah satu lauk favorit aku. Ga cumi seger, ga cumi asin, semuanya aku suka. Kalau di postingan bawah aku udah bikin cumi seger jadi cumi goreng tepung dan cumi saos padang. Nah sekarang giliran cumi asinnya yang dioseng aja.

Lauknya pake tempe mendoan anget yang agak basah. Buahnya semangka merah. Tapi tumben ini semangkanya yang kecil gitu. Tapi biar kecil begitu, begitu dibelah wow...merah berair. Seger banget.....



















7. Sop, Tahu Isi, Tempe Mendoan, Oseng Pare, Sambel

Kali ini menunya adalah kuahan yang seger-seger dan simpel aja yaitu sop. Sopnya isi kubis, wortel, sawi, dan loncang seledri. Lauknya tahu isi dan bakwan jagung yang ada cengeknya. Sambelnya pake sambel bawang. 

Aku juga ada oseng pare dan tempe tepung yang melimpah daun bawang. Jadi kuahan ada, osengan juga ada. Enak....






















8. Ikan Kembung Goreng, Pete Goreng, Jengkol Goreng, Terung Goreng, Rebus Kangkung, Es Kelapa Muda, Rujak

Menu simpel tapi bikin nafsu. Apalagi kalau bukan ikan pindang atau kembung goreng dicowel sambel. Terus ada pete ama jengkol gorengnya juga....Nyuuuummm enak banget. Minumnya es kelapa muda dan ada rujak buah potongnya juga. MasyaAlloh Mbul suka suka suka.





















































9. Sayur Asem, Bandeng Presto, Sambel, Duku, Es Buah, Bolu Kukus, Putri Mandi, Bolen, Kurma Basah, Donat

Sayur asem adalah salah satu comfort food recipe yang ada di rumah Mbul. Karena katanya ini sayur yang paling mantab saat Mbul membikinnya. Mbul cuma pake waluh jipang, jagung manis, daun so atau uceng, kacang panjang, dan wortel. Oiya ga ketinggalan kacang tanah karena requestnya selalu yang kacangnya banjir heheheh...Jadinya sayur asemnya Mbul selalu kacangnya banjir. Bumbunya sendiri adalah bumbu ulegan semua. Cabe merah, cabe rawit, kemiri, terasi, bawang merah, dan bawang putih. Nanti kasih gula jawa (dikit aja), garam dan gula pasir. Asemnya pake air asem jawa karena bumbu raciknya lagi abis. Tapi meski begitu rasanya tetep segeeeeer.... Untuk lauknya masih ada sisa bandeng presto 2 ekor. Jadi yaudah takgoreng aja. Karena sayur asem cocok juga ama bandeng goreng kan?


























Tak lupa ada sop buah yang isiannya lumayan banyak. Ada buah naga, ager-ager, blewah, melon, alpuket, juga apel. Warnanya jadi pink agak keunguan karena ada buah naga merahnya. 

Pas menuju buka, Mbul juga ikutkan camilan lain kayak bolen pisang keju, kurma, duku, bolu kukus, dan putri mandi atau hongkwe....Hmmmm....Nikmatnya. 








10. Lodeh Waluh Jipang, Tempe Mendoan, Semangka, Mochi

Buat buka puasa magrib, Mbul mengolah waluh jipang atau labu siem kubikin jadi lodeh, takcampurin pete. Penghabisan bahan-bahan sayur yang ada di kulkas. Untung aja masih ada santan jadi bisa kubikin lodeh. Mbul juga masih ada sisa semangka yang kemarin. Jadi lumayan kan bisa mengobati dahaga. Alhamdulilah paling nikmat itu emang pas waktu magrib tiba ya...





















11. Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa adalah salah satu menu favorit Mbul karena rasanya yang ngangenin dan juga sebenernya gampang bikinnya (kalau tau caranya). Jadi, setelah liat berbagai resep yang ada, baru kutemukan 1 hal yang cukup penting dan itu berpengaruh nyata ke rasa mie goreng jawanya. Yaitu keberadaan udang segar yang diuleg bareng bumbu mie goreng jawanya. Sebenernya ga mesti pake udang gede atau udang windu sih. Tapi bisa pula pake ebi. Cuma karena di kulkas adanya udang windu, jadi Mbul pake itu aja. 

























Untuk mienya sendiri, Mbul pake mie telor yang warna bungkusnya merah. Karena ada 2 matjam warna, merah sama kuning. Tapi kali ini Mbul pake yang merah. Mienya memanjang agak curly, dan nanti pas direbus dikasih minyak dikit biar ga temleng wkwkkwk...Terus pas direbus tuh bentar aja biar ga terlalu mengembang atau ndlodrog. Oiya, karena ini modelan mie goreng jawa (Jawa Tengahan) makanya lebih ke manis ya, dan Mbul ga pakekan cabe sama sekali.

Selain daripada itu, mumpung sayur pelengkapnya ada beberapa macam, jadi semangat bikin mie goreng jawanya. Mbul ada sawi, cesin, tomat dan kubis. Lalu ada bakso dan juga ayam kampung untuk suiran. Telur juga ada biar lebih sedep lagi. Nah, mumpung bahannya lagi komplit gini maka, temani Mbul masak yuk...

Resep Mie Goreng Jawa
Bahan-Bahan 

1 bungkus mie telor
Air
Minyak goreng
Sawi
Cesin
Kubis
Tomat
Telur ayam
Kecap manis
Sisa ayam goreng lengkuas bagian paha buat suiran
bakso

Bumbu-Bumbu

4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
4 butir kemiri sangrai
5 buah udang segar yang dah dibuang kepalanya
1 sdt merica bubuk
sejumput garam
penyedap rasa
gula jawa

Cara Membuat

Rebus cepat mie telor sambil dah dikasih sedikit minyak goreng pada air rebusannya. Setelah mendidih, angkat, tiriskan
Uleg bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, merica, udang segar
Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah diuleg sampai wangi, sisihkan satu sisi, masukkan telor, orak-arik sampai matang
Masukkan sejumput gula jawa
Masukkan bakso dan suiran ayam pahanya
Tambahkan cesin, sawi, dan kubis, masak sampai sayurannya layu, tambahkan sejumput garam
Tambahkan sedikit air
Masukkan mienya
Tambahkan kecap
Masak sampai matang
Sajikan hangat

12. Balado Ikan Bawal, Bubur kacang hijau, Cucur

Balado ikan bawal ini enak banget. Agak sedikit pedes tapi pedesnya masih bisa dinikmati. Bumbu baladonya meresap sampai ke dalam. Tampilannya juga aduhai....

Malam-malam paling enak nyruput yang anget-anget apalagi kalau bukan bubur kacang hijau dan kue cucur ....Bubur kacang hijaunya ada selembar rotinya, juga ketan hitam jadi enak...aku dulu pas masih kecil masa ya membayangkan maem bubur kacang hijau yang ada ketan hitamnya itu kayak lagi ngebayangin makan sereal coba hahahhaha... Ini semua karena Mbul sering liat iklan Koko krunch pas dari ladang gandum terus abis itu Koko Kuchnya dituang pake susu serasa ku melihatnya seperti tampilan ketan hitam dalam bubur kacang ijo....hahhaha....absurd ya. Terus kue cucurnya juga yang nyempluk-nyempluk coklat dari gula jawa jadi rasanya manis. Aku paling suka kue cucur yang bagian belakangnya tuh. Karena rasanya manis berserabut begitu pula pinggirannya...


















13. Oseng Genjer, Bandeng Presto Goreng

Menu yang dimasak ala ndeso tapi justru Mbul suka. Soalnya Mbul emang suka masakan ndeso gitu because of dulu Mbul anak desa. Tapi biar ndeso yang penting wuinak...Wuinaknya tak terkatakan karena dimasaknya pake cinta....etdah heheheh... Tak lain dan tak bukan oseng genjer dan bandeng presto dibalut telur. 

Oseng genjer ini paling enak bagian godhongnya. Tapi kalau di kotaku ini lebih banyak yang dijual cuma kembangnya. Kembang sekalian batangnya yang kalau diremes kedengeran kayak ada bunyi gesek-geseknya gitu. Oseng genjer, dimasak cepetan aja biar hijaunya tetep cantik. Disandingkan bareng bandeng balut telur rasanya pas banget. 
























Yang ini beli lauk matangan. Ada beberapa macam lauk yang raanya lezat-lezat ya. Kami beli tumis cumi asin, kulupan/kluban, brongkos, mangut lele, ayam serundeng, lodeh, baceman (ayam kepala, tempe dan tahu), kering tempe dan udang goreng tepung. 

Diantara semua jenis lauknya, aku paling seneng tuh tumis cumi asin dan mangut lelelnya. Lelenya termasuknya gede. Duduh atau kuahnya gurih pedes, terus daging lelenya juga lembut. Enak deh. Tapi terpaling nikmatnya sih udah pasti tumis cumi asin. Ini ada cabe dan tomat ijonya jadi agak asem seger gitu. Pakenya baby cumi jadi ga dirajang lagi, melainkan bentuk utuhan aja. Bacemannya ada baceman kepala, tahu, dan tempe. Itu juga enak. Manis legit. 



























Lodehnya juga seger banget. Ada berbagai macam perintilan yang ada dalam lodeh diantaranya labu siem, melinjo, tempe, kacang panjang, dan daun so. Maem yang kuah-kuah di kala sarapan bisa ngehangatin perut kan. Terus ayam goreng serundengnya juga gurih pisan. Aku suka bagian kulitnya hahaha...meski ini pakenya yayam lehor sih hahahha. Untuk kering tempenya juga enak dan renyah. Walau ga ada kacangnya. Cuma tempe tok. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)