Minggu, 08 November 2015

Ubi Cilembu



Sore itu, sehabis bobok siang perut aku dan Tamas keroncongan. Maklum habis olahraga malam. TEEET !!! Maksudnya lomba molor, astagfirullah.. Lalu ga ada angin ga ada ujan, tiba-tiba gambar ubi cilembu anget uda terlintas dalam kepala.


Ubi Cilembu ini rupanya udah menginvasi otak kami buat ngirim sinyal ke mulut (berupa iler yang menetes) hingga akhirnya lari ke perut (bunyi krucuk-krucuk). Cacing pun pada orkestra.

Well, sebenarnya hasrat ngemil jenis umbi-umbian yang satu ini terbilang cukup absurd. Tahu ga, awal mulanya ya cuma dari kebanyakan liat komik Sinchan, yang mana di beberapa scene selalu ada adegan mobil pick up yang neriakin Ubi Bakar pake toak. Sungguh alasan yang amat sangat tidak berdasar. 

Akhirnya ketimbang bengong, kami beranjak dari hasutan kasur tercinta yang seolah enggan dicampakan begitu saja. Ceritanya mau jalan-jalan sore. Siapa tahu nemu cimol, batagor, pempek, siomay, bakso malang, dll buat digasak. Ingat tu pipiiiie Mbuuuuullll !!!!






Selanjutnya kami keliling pakai motor ninja yang sudah jarang banget dioperasikan karena udah hampir sebulan businya dipretelin seseorang. Seseorang yang dimaksud adalah orang yang sangat aku cintain yakni suamiku sendiri *DRAMA*

Oke, balik ke perburuan tentang ubi cilembu. Biar kesannya agak berbobot dikit (sungguh kalimat yang sangat tidak efektif), aku jelasin dulu deh salah satu anggota keluarga dari jenis umbi-umbian ini. Jadi, pas pertama kali nyobain itu ya gara-gara belanja di salah satu unit usahanya CeTe. Pada tahu kan siapa itu CeTe? Itu loh yang mantan mentri yang punya bisnis Tipi, pusat hiburan, plus retail yang kesohor itu. Inisialnya Carrefour (((Inisial tapi disebutin))).

Jadi ketika masih lajang jaman dulu kala, saking malesnya nanak nasi (karena ekspektasinya kalo udah masak di mejikom bakalan ga kemakan), akhirnya aku malah sering ngegado ubi cilembu. Belinya ga tanggung-tanggung lagi. Satu biji (Kalau hal ini diberlakukan pada masa sekarang pasti bakal ditabok Tamas karena terlalu ngirit). 

Pembaca yang budiman....(tumben ya bahasa gua?) Ternyata ubi cilembu ini memang enaknya cuma dioven. Karena pada saat dipanggang atau dibakar, cairan lengket madunya bakalan meleleh sehingga manisnya nampol bangeuutt. Berbeda halnya dengan proses pematangan dengan cara direbus atau digoreng. Rasanya memang lebih nikmat kalo dioven tadi. 







La di Tangerang sendiri memang ada? Ada dong... Kedai Ubi Cilembu yang kami temukan adanya di daerah Regency. Kedai ini ditunggui olah anak-anak muda yang selalu ramah dengan senyumnya pada saat kami datangi, syukur-syukur kalo ngresekinnya banyak. Tapi biasanya kami cuma beli 1 kilo aja dengan banderol Rp 10 ribuan. 

Ubinya sendiri ada yang dijual mentah, ada pula yang dijual matang. Nah, karena kami ga mau repot, akhirnya pilih yang matang saja. Lagian di rumah juga ga punya oven hughughug (ketawa ala burung hantu).

Note : muuph ya teman teman, aku baru sempat blogwalking besok...(hari sudah malam soalnya)





96 komentar:

  1. hujan-hujan baca beginian, gantian cacing di perut saya yang orkestra XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii pas banget jadi temen ngemil saat ujan ya mb Oka ;D

      Hapus
  2. Begitukah bunyi ketawa burung hantu? Gue malah pas baca itu pengin dipeluk ujan-ujan gini. Hughughug.

    Ho'oh. Pasti kentut-kentut kalo gue, Mbak. :(
    Makanya agak jarang makan ubi. Muahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu burung hantu gaul Yog :D

      Tapi bikin nagih Yog, palagi pas makannya ujan-ujan...

      Hapus
  3. ini kalau dipanggang enak banget terus diminum ama matcha.... weuuunnndanggggg

    BalasHapus
  4. Aku juga suka ubi cilembu.. jadi kepingin...ih..nita tanggung jawab ah... ugh..besok ke carrefour ah nyari

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihiii....iya mb ade..tapi di Carrefour mahal yakk

      Hapus
  5. Awas mbak kentutnya bisa bikin pingsan loh wkwk
    Jadi keingat dulu pas SD suka masak ubi di dalam tanah terus diatasnya dikasih bara api, tapi bukan ubi cilembu tapi soal kentut boleh di adu kok mbak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti bomolotop yak....
      waduh ga boleh diadu mas nanti pada semaput wkkkk

      Hapus
  6. Enaknya tuh ubi kalau digoreng terus dijadikan sarapan pagi atau gak dijadikan cemilan saat sedang asyik mengutak atik blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas arif, cocok kalo pas males makan nasi :D

      Hapus
  7. Duuuh enak bangeeeet yaa mak Nita.. Ubi cilembu ditemani teh manis hangat apalagi pas ujan..
    *lari ke dpur cari cemilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh manis atau coklat panas yang masih ngebul ....mantabbb jadi temannya ya mak sinta :)

      Hapus
  8. ubi cilembu pertama kali ngerasainnya di puncak. uennnaak. giliran beli bibit dan nanem di Pekalongan, kok ya biasa aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakkk...klo di puncak kerasa banget ngegigitnya ...hihii

      Hapus
  9. Pertama kali makan ubi cilembu waktu nengok suami yg kerja di Purwakarta. Kalau oven sendiri kok susah matangnya ya? Enakan beli yg sudah matang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo oven sendiri malah takut meledug...kurang profesional akuh...mending belik jadi :))

      Hapus
  10. ubi cilembu di dekat rumah saya banyak yang jual mbak Nita... memang enaknya dioven bukan diapa-apain lagi... :)

    * itu termasuk karbohidat komplek jadi lebih bagus daripada nasi putih... (kayaknya sih begitu...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mb anjar tinggal di tempat dingin yak ??
      asyiik dapet ilmu baru tentang ilmu gizi ah

      Hapus
  11. makan ubi ini enaknya pas tengah malam, dingin2 dan hujan sambil nyetel bola
    hi hi hi

    terakhir saya beli pas lebaran kemaren mampir ke cadas pangeran di sumedang
    emang sih kalo ubi cilembu enakan beli di lokasi, kalo udah di jakarta atau toko, meski tetap enak tapi rasanya udah berubah gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahha teteup yak bola :DDD

      klo aku mending noonton korea. asiiig

      iyak kurang greget kalo ga di tempat asalnya ya mas Irul D

      Hapus
  12. Wow masih suka Bobok siang ya. Heiheiie Bobok siang yang dalam bahasa Inggrisnya "nap" ini memang kadang diperlukan tubuh, Biasanya sih kalau tidur normal kita di malam hari terasa kurang, atau kerja lembur, biasanya tubuh minta istirahat di siang hari. Bobok siang. Dulu waktu saya kerja lembur juga sering tidur siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak mumpung hari minggu lo Kang Asep jadi bobok siang sepanjang hari bahahhahah

      Hapus
  13. kang lembu juragannya :)

    ubi cilembu memang nikmat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya saya juga berpikir begitu kang.
      kirain mang hadi (ubi cilembu) ngadain GA :)

      Hapus
    2. wong crewchild : kang lembu dagang ini juga yak ??

      Hapus
    3. hahhahah....pasti pada mikir kalo ini tulisan lomba yah wkkkk

      Hapus
    4. udah cape mungkin ikut lomba #Pisss

      Hapus
  14. saya biasanya panggang ubi sendiri mba, nikmaaat, muraaaah, semua orang rumah juga suka. kadang kadang aja beli ubi cilembu kalo suami abis jalan :)

    BalasHapus
  15. Belum pernah cobain .... jadi pengeeen

    BalasHapus
  16. manis nya legiit enak banget . saya suka saya suka :D

    BalasHapus
  17. Kayak ada manis-manisnya gitu pas di belah gitu aduhhhh ngiler pengen nyobain :G

    BalasHapus
  18. tampangnya menggugah.... tapi gue gak pernah suka sama yang namanya ubi (hadeh, taunya cuman coklat melulu sih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuiii coklat...aku ga gitu suka coklat mb ria, kecuali minuman coklat panas hihihi

      Hapus
  19. murah banget harga ubi cilembunya mbak, hanya Rp. 10.000-an/kg jadi pengen beli tapi jauh banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak mb ira...murmer...kadang kasihan ama petani...dah nanem susah dijualnya murah hihi

      Hapus
  20. belum pernah cobain mbak, padahal mah dulu tiap hari ngelewatin tukang ubi cilembu yang di paninggilan ciledug ;)

    BalasHapus
  21. Regency mana nih Mba Nit??? di balaraja malah numpuk plus sama susu jahe nya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh balaraja jauh juga ya mas irwin?

      Hapus
    2. hehehehehe yahhhh kali kali jalan jalan mengenal daerah Tangerang lebih luas lagi

      Hapus
    3. boleh juga ah tar kubek kubek tangerang dan seisinya

      Hapus
  22. Ah hujan hujan gini enaknya makan ubi bakar sama segelas kopi hitam, ah rasanya mantap sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi hitam kalo aku ga doyan, hahahahha..enakan susu coklaat panas kayak milo

      Hapus
  23. Uwahahaa. Aku suka umbi cilembuuu. Habisnya manis banget kayak akuu. Hohoho.

    Mbak di Tangerang? Deket dong sama Serang? Kapan-kapan meet up bolehlaah. Sambil nongki-nongki makan umbi cilembu. Huhuhu. :3
    Tapi mbak yang traktir yaaaak. Ahahahahakk.
    Biar kita kentut-kentut bareng. Aw~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bhahahhaha kudu pede ya rim mengaku diri manis...iya deh kamu emamng manis ayeeeey

      Hapus
  24. Sering denger sih ubi itu, tapi belum pernah coba. Harganya juga cukup terjangkau, kapan" kalo sempet coba ahh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kudu n wajib coba klo gitu *kok aku maksa ya hahhahaha

      Hapus
  25. Belum pernah coba nih ubi cilembu, kirim pake jne kesini bisa gak ya :D

    Baru tau kalo ubi ada madunya, hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya istilah aja sih ki...tapi memang semanis madu sih kalo kataku..
      ini indonesian food punya, kudu cobain sekali-kali

      Hapus
  26. Ubi cilembu itu klo direbus dan merekah rasanya auw awuw auw

    Maknyus dah!

    BalasHapus
  27. ubi yang satu ini memang mantaaap...semanis maduuu :)

    BalasHapus
  28. haha iya katanya kalo makan ubi kebanyakan suka bikin kentut2 ya hahaha.
    Aku kalo beli ubi cilembu ini biasanya di carefour juga. Memang enak yang di oven :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakk konon katanya begitu mb lianny hihihiii
      di carefour tapi mahal yak...

      Hapus
  29. Aak...aq juga suka ubi cilembu cuma sayang yang jual deket rumah udah pindah aja huhuhu

    BalasHapus
  30. Dioven? Wah kalau gue biasanya dibakar langsung. \:p/

    BalasHapus
  31. Saya mencoba berfikir, olahraga malam yang dimaksud....
    Mba nita suka nyemil, berarti harus sedia makanan di dapur...
    Itu businya di ambil, supaya aman motornya dari maling ya.. hehe
    Kenapa ngga pesan sama mang Hadi cilembu thea. siapa tau lebih murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha olahraganya di skip saja mas...nanti malah kepikiran
      iya saya suka banget ngemil hingga pipi ni seperti bakpao sekarang ajegileee...

      wah ide bagus tuh, kang hadi juragannya yak?

      Hapus
  32. Enaaaak! Mama juga suka nyediain ubi cilembu. Apalagi kalau masih panas, masih ada asapnya, duh endesss...

    BalasHapus
  33. ngiler banget kebayang dimakan pas anget-anget lagi hujann.... kalau ubi ungu lebih enak lgi lho mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hujan apalagi udah mulai rutin, sedia cemilan yang banyak yuk...*ajaran sesat si gembul

      Hapus
  34. malem2 baca beginian,, hhmmmm, jadi pengen ngemil ubi cilembu nih,hayoo tanggung jawab =D

    BalasHapus
  35. gambarnya kok kering ubinya, kayaknya kurang legit gitu manisnya, klo ak suka yg agak basah2 ubinya soalnya jadi lebih manis

    BalasHapus
  36. Pembukanya konyol pengin makan Ubi gegara habis lomba. lombanya menang apa kalah? Eh

    BalasHapus
  37. belum pernah nih nyoba ubi cilembu dari dulu mbak.. pengen banget sih sebenernya..

    BalasHapus
  38. Menginvasi. Yo oloh bahasanya Mbak Nit :'D
    Huaaaaa!!!!!!!! Aku, Mbak sama Shizuka, sama ya, Mbak. Sama-sama suka ubi.Tapi aku belum pernah nyobain yang dioven gitu. Pernahnya yang direbus aja, Mbak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga yak cha, pernah baca komik dimana sizuka suka ubi bakar tapi tengsin gitu hahhahaha

      direbus katanya ga gitu manis cha...mau yang lebih manis lagi? pantengin admin blog inih :D

      Hapus
  39. Cocok nih dimakan selagi panas ditambah cuaca yang dingin musim hujan
    Oh iya kalo yang warna'a Ungu itu Ubi apa mba nama'a?

    BalasHapus
  40. Ubi ! aku sukaaa ubi juga mbak :D tapi ya itu, habis itu ngentutnya jadi bauk banget -_-

    BalasHapus
  41. Aku menyesal waktu beli Ubi Cilembu di deket Bogor waktu dari Sukabumi. Waktu itu belinya cuma sekilo, dimakan sepanjang perjalanan pulang ke Tangerang, Fira juga mau waktu itu...duh, nyesel abis dach.

    Sampai di Tangerang, plastik item bekas ubi cilembu tinggal sampahnya. Nyeselnya tambah, kenapa belinya cuma sekilooooooooooooooooooooooo!!!!? jediiis

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii iya....padahal udah jauh jauh ya mb astin, sekalian beli sekarung terus dijual lagi hihihiiii
      *otak bisnis bicara

      Hapus
  42. Hahahaaa ketawa ala burung hantu. :D ngakak mba.

    Itu bukan ubi kayu ya mba? Atau beda ya dgn ubi cilembu?
    hasrat pengen nyemil cilembu karena baca komik shincan? hahaaa sampe segitunya mba. Hastagahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. burung hantu gahul hihihi

      beda lan sama ubi kayu, yang ini dagingnya lebih lembut dan manis di gigitan pertama dan seterusnya...*elaahh kayak iklan yak hahahaha

      Hapus