Selasa, 06 Agustus 2024

Mbul otw ke Dapur Ngacirnya H. Mandra



Assalamualaikum wr wb...
Hai...hai...hai....udah tanggal 19 Agustus 2024 nih. Belum telat-telat amat kan kalau Mbul mau ngucapin : Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 79...Semoga negeri ini bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya karena sebagai wong cilik Mbul hanya bisa mendoakan yang baik-baik aja untuk keberlangsungan negara kita tercinta, Indonesia. Siapapun pemimpinnya mudah-mudahan adalah yang amanah dan bisa membawa pada kebaikan, amin...amin ya Robbal Alamin. 





Makanya Mbul sempat seseruan pake outfit merah putih kan hehe, soalnya ngepasi ama 17 Agustusan kemarin. Pakenya hijab Bella Square favorit Mbul... Karena memang ini hijab terfavorit aku dengan warna kalem yang soft dan gampang disetrikanya. Nanti deh kalau misal ada beli merek hijab lainnya, bakal Mbul review juga di blog ini :D.

Balik lagi ke tanggal 17 Agustus 2024, lebih tepatnya siang hari abis ada agenda di daerah Bekasi, Tamas iseng-iseng ngegelinding ajakin Mbul ke arah-arah Cimanggis, Depok. Soalnya Mbul abis main ke rumah Kakek Mbul yang di Ciracas abis dari acara di Bekasi itu kan, jadi baliknya itu Tamas keidean buat ngajakin Mbul ke Cimanggis. Mau kemana emangnya? Jawabanya adalah....ted ted teeeteeed teteeeed.....ke Dapur Ngacirnya H. Mandra.






Mbul yakin, pasti banyak diantara teman-teman semua yang udah hapal sama aktor kawakan H. Mandra. Karya-karyanya yang melegenda dulu banyak menghiasi layar kaca, ibaratnya selalu setia menemani Mbul sepulang sekolah karena hiburannya kala itu ya cuma itu. Serial komedinya H Mandra yang diputar siang-siang kira-kiranya jam 13.00 WIB. Mulai dari Si Doel Anak Sekolahan, Jadi Pocong 1, Jadi Pocong 2, Gedong Kosong, Tarzan Betawi, Rojali-Juleha, dll. Sebab Mbul pas awal-awal kelar TK atau masuk SD, abis pulang sekolah kan tontonannya itu hahhahah... njinggleng aja di depan tipi kalau dah nongol serial komedinya H. Mandra.....
 
Abis ucul-ucul seragam sekulah yang masih melekat di badan, lanjut ganti kaos, udahannya Mbul bakal ambil nasi, piring, lauk tempe tahu, ama sayur bening. Mbul bakal setel tipi, nontonin serial komedinya Mandra. Mbul seneng betul itu. Sendirian, karena nungguin Bapak Ibu kondur kantor kan hahahah. Paling apal sih ama yang judulnya Tarzan Betawi ama Mumun. Pokoknya itu yang memorable di ingatan Mbul. Walau kalau ngeliat opening songnya aja tatud bukan main ama yang bagian Mumunnya tuh, tapi paling apal ama pemeran yang jadi petugas siskamlingnya hehe..





































Nah, sekarang H. Mandra bikin sesuatu yang baru di luar serial komedi atau film. Yaitu lebih ke kuliner, dimana Beliau membangun rumah makan sendiri di halaman rumahnya yang luas yang bernama Dapur Ngacir. Berlokasi di Jl. Anang No.7, RT.05/RW.011, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Menunya udah pasti masakan khas Betawi dong. Ada pecak-pecakan, gabus pucung dan aneka hidangan jengkol yang mana itu semua kesukaan Suamiku (pake banget hahaha) ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

Kalau aku pengennya sih jengkol. Dari sebelumnya aja aku udah kemlecer ama menu jengkol. Alhamdulilahnya jengkolnya masih ada, meski sekarang terbilangnya lagi ga musim jadi agak langka jengkol tuw.























Jadi ga pake lama Tamas ajakin aku ke situ. Penasaran dia ama pecak dan gabus pucungnya. Meski jengkolnya juga bikin penasaran sih. Nah, kira-kiranya jam 14.00 WIB-an, sampailah kami di lokasi. Awalnya sempet bingung nih, karena berdasarkan panduan GPS, lokasinya itu masuk-masuk gang gitu. Ga taunya kalau melalui Jl. Anang lurus terus, dah langsung ketemu ama Gerbang Dapur Ngacirnya. Nah, semula kami itu masuknya dari perumahan apa gitu, aku lupa, jadi pas udah mendekati lokasi kok ya kelihatan makin sempiiid belok-beloknya hahahha..mau masuk ke gerbangnya pas, berasa press body. Makanya atretnya kudu pinter. 

Ga disangka, dari luar kelihatannya sempit, begitu masuk ke gerbangnya...wah...warung makannya cakep banget. Halamannya enakeun deh. Ada pohon rambutan gedenya yang bikin adem suasana. Juga meja kursi dan gazebo-gazebo buat area outdoor-nya. Sementara masuk ke bagian dalam lagi, akan ada area lesehan yang mempunyai kapasitas ruang banyak. Terus di situ juga pinggir-pinggirannya banyak bangunan dimana di dinding-dindingnya dipajang foto-foto H. Mandra dari jaman muda, sampai lukisan wajahnya yabg udah memasuki era-era kejayaannya sebagai produser serial komedi dan film. Ada pula mushola yang cukup gede, jadi kalau udah masuk jam sholat bisa sekalian aja sholat di situ. Enakeun pokoknya. 













































Kami sendiri pilih tempat di area lesehannya dimana yang makan siang itu cuma ada kami. Sementara kebanyakan pengunjung lainnya ada di area outdoor. Kami pesan beberapa menu yang masih ready sebab yang semula pengen dipesen Tamas (yakni pecak gurameh dan gabus pucungnya lagi abis, Alhamdulilah ya di hari kemerdekaan ini, rumah makannya tetep rame). Jadi akhirnya kami pesan semur jengkol, jengkol sambel terasi, cah toge, tahu tempe, dan lalap sambel. Kebanyakan buat orang dewasanya ya soalnya ada pedesnya. Nah, untuk Kakak A dan Adik J, alhamdulilah udah kami kenyangin pake Hokben sebelum nyampe sini tadi hihihi. Jadi sekarang tinggal Mbul ama Tamasnya yang mau mamam. 



















Untuk minumannya sendiri, kami pesan es teh manis ama es kopyor. Es selendang mayangnya kebetulan lagi abis, jadi akhirnya pesen es kopyor. Nah, makanan dan minuman kurang lebih diproses dalam itungan 10 menitan soalnya fresh. Sembari menunggu waktu itulah, maka Mbul digandeng Kakak A soalnya dia minta ditemenin main ayunan deket mushola. Ya, sekalian sholat, Mbul akhirnya temenin Kakak A main ayunan ahahhaha... Kalau Tamas kebagian jaga Adik J, ya tetep sih sambil Beliau tuh baca komik laga online, hihihi. Gitu ya perbedaan Mbul dan Tamas. Kalau Mbul suka gambar komiknya, sedangkan Tamas sukanya bagian bacanya aja hahahhahah.... Alhamdulilah Adik J Gantengnya udah anteng soalnya dah maem banyak tadi hihihi. 

Usai, sholat, Aku mengajak Kakak A untuk kembali ke lesehan. Soalnya udah diawe-awe Tamas juga suruh maem. Pesanan kami juga dah diantarkan dengan cekatan oleh Mas-Mas pramusajinya. Ada es teh manis, es kopyor, semur jengkol, jengkol sambel terasi, cah toge, tahu tempe, dan lalap sambel. Lumayan lengkap ya. Meski pecak gurameh dan gabus pucungnya lagi kosong. Tapi ini aja menurutku dah lebih dari cukup kok, bahkan ntarannya akhirnya dibungkus sebagian...Okey, daripada berpanjang-panjang kata, yuk langsung kita cobain satu-satu....




















Pertama, semur jengkolnya. Seporsi ternyata banyak juga. Memang untuk porsian maem bareng-bareng. Jengkolnya bulet-bulet, bumbunya kentel dan medok. Warnanya menggiurkan. Pas diicip, nyammm....berani di bumbu ini mah. Dominan manis emang. Namanya semur kan. Teksturnya empuk pas banget. Kalau jengkol sambel terasinya baru merah jreng. Rasanya pedes uham...pedesnya bikin merem melek wkkwkwk. Tapi enak sih, kalau yang ga bisa pedes ambinya semur jengkol aja. 

Sementara itu cah togenya fresh banget. Kranci. Meuni warnanya masih putih cantik ga kelodongen kuah. Jadi kuahnya slemet-slemet nyemek gitu aja jangan banjir bandang, jadi kan togenya tetap terjaga kekranciannya. Untuk cah togenya ini ada tambahan irisan daun bawang, lombok, serta tahunya. Mantabbb. Kalau tahu tempenya seporsi mayan imut. Ada 3 slice tahu kuning goreng dan 1 slice tempe goreng garit. Tapi rasanya gurih. Untuk lalap sambelnya, seporsi itu tetdiri dari lalap timun, kobis, kemangi, dan kacang panjang yang dipotongnya agak panjang. Abis itu ada sambel bawangnya yang bikin mata jadi melek jading pedeus tapi ya ga tau kenapa enak hahahah...Mbul suka tuh usek-usekin timun atau kacang panjang ke sambelnya. Enak sih. Kranci. Kubis juga enak digituin. Dasar Mbul emang petjinta lalapan sih ya hahahha...






























Nah, terakhiran adalah es kopyornya. Ini pake kopyor dari jeli gitu diserut kayak degan. Terus dikasih sirop jambon plus biji selasih. Seger banget. Sayang, es selendang mayangnya lagi abis, jadi sementara baru bisa teguk dikit es kopyornya hehehhe.  

Secara harga, termasuknya emang lumayan. Tapi kalau dilihat dari porsiannya menurut aku sih sesuai. Selagi makanannya emang enak, harga ga jadi soal. Overall, aku suka sih suasana makan di sini. Adem, sejuk terutama karena suasana rumahnya H. Mandra banyak pohon buah-buahannya yang jadi penyejuk area outdoor



















Nah, pas rampung maem itulah (walau ujung-ujungnya separoh kami bungkus soalnya emang porsiannya yang besar banget, ga abis kalau dimaem nganti entek ngunu, jadi akhirnya minta tolong dibungkusin ama Mas-Mas Pramusajinya), nah, pas lagi kayak gitu, tiba-tiba Tamas nowel diriku. Ada apa ciw? Ternyata dia mau ngasih tau sesuatu. 

"Dek...Dek, tuh H. Mandranya lagi duduk-duduk d teras." Waaaaaakkkkk. Dibilangin kek gitu, sontak Mbul langsung mendelok...aliyas melihat area luar. Eh, bener aja dong, H. Mandranya lagi ngobrol ama tamu Bapak-Bapak di korsi yang area outdoor, hihi. Abis itu langsung ke dalam lagi, jadi Mbul cuma bisa liat dari jauh hahahha...ga pa pa, kayak gitu aja Mbul dah seneng. Namanya aja penggemar karya-karya Beliau yang menghibur dan lutju-lutju di TV semasa kecilku dulu (pantaran Tk dan SD dong). Ngeliat langsung (walau dari jauh) dah seneng hihi. Orangnya ramah ya, humble, dan mau menyapa pengunjung. Moga aja warung makannya selalu rame dan berkah barokah. Biar kapan-kapan Mbul bisa icip gabus pucungnya yang legendaris itu. 

"Lha donge Dedek foto aja ama H. Mandranya, kan jare ngefans hahhaha...payah lah Mbul ga berani." Ledek Tamas padaku. Urak ah, sungkan...isin tauk. Mbul mah yang penting maem jengkolnya aja udah heppy apalagi diajak mlampah-mlampah teyus ama Tamas kayak gini. "Owalah itu sih nyuwune Siro, Dek...Dek...." Ya soalnya kan mlampah-mlampah bikin fresh setelah sebelumnya banyak acara agenda Agustusan di lingkup sekolaan hehehhehe..















Review Pribadi dariku :
Area menuju ke sananya masuk ke dalam gang sempid
Tapi begitu masuk ke gerbangnya, restorannya luas
Suasananya adem karena banyak pohon buah-buahan terutama rambutan yang pohonnya gede banget, coba kalau pas lagi berbuah ya, Mbul bisa kali mam bangbutandnnya hahah
Area makan dibagi jadi meja kursi (di area outdoor), dan lesehan di dalem
Menu utamanya masakan Betawi
Paling favorit katanya Pecak Ikan Mas, Pecak Gurame, Gabus Pucung, Soto Tangkar, Semur Jengkol, dan Sayur Asem
Makanannya enak, porsian gede
Pelayanan ramah
Cocok dimakan rame-rame atau kumpul keluarga dan teman-teman
Harga sesuai dengan porsiannya






"Dapur Ngacir H. Mandra"
Jl. Anang No.7" RT.05/RW.011, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
Buka : Senin-Sabtu 
Jam : 10.00-17.00 WIB

Okey, kiranya segitu dulu reviewku kali ini. Sampai jumpa lagi di kuliner selanjutnya. See you and bye bye...




2 komentar:

  1. nitaaaaaaaaaaaaaaa, ya Allah thank youuuu tulis ttg ini. Aku berasa mau ngajak Raka saat ini juga kesanaaa 😍😍😍🀣🀣🀣🀣🀣. Aku juga sukaaa dengan Mandra. Dan sukaaa Ama makanan Betawi beginiii. apalagi jengkiiii 🀣🀣😍😍.

    Dulu suka pesen dari OB ku pas msh kerja. Tapi setelah resign putus kontak Ama dia. Dan belum Nemu lagi yg khas Betawi beginiii.

    Gapapa deh jauuh dari Rawamangun, aku bakal datangin juga nih tempat 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Fanny...seru ternyata kulineran di jabodetabek secara random gini

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Oya Mbak Mandra ini lucu...jadi inget segala produksi serial komedinya pas aku masih kecil dulu hahhahah, dan orangnya ternyata down to earth banget atau humble...ramah mau menyapa pengunjung yang mampir ke warung makannya...aku suka respek ama orang yang biarpun udah dikenal tapi masih menganut ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      iya berulang kali aku denger Mba Fanny sering cerita masakan jengkol OB Mbak Fanny pas masih ngantor dulu...kayaknya enaknya berkesan banget ya mba...kebayang pasti masaknya tenanan dari hati, buktinya ampe Mba Fanny selalu teringat masakan OB Mba dulu...aku suka banget semur jengkol dan balado jengkol...pernah aku bikin 2 macam menu jengkol ini dalam 1 waktu pas ngepost bikin kering kentang juga. Ketiga menu tsb kutulis resepnya ada dalam 1 post di blog ini...Sebenernya ngepost resep jengkol malah sampai beberapa kali

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)