Senin, 25 April 2016

Gagal Jadi AGB



Judul di atas engga ada typo. Yang dimaksud emang bukan ABG, melainkan AGB atau singkatan dari Anak Gaul Bandung--yang kalo ngucap gue jadi gua. Ehm....uda gawl banget kan gua??? Uhuk. Jadi cerita ngalor-ngidul kali ini Sugembulwati akan membahas tentang perjalanan ke kota yang uda jadi cita-cita sejak lama untuk digauli--maksudnya untuk didatengin yaitu Bandung. Kota yang aku yakini kayak ngedatengin de javu tersendiri setelah bener-bener ngresapin novel Petir (punyanya Dee). 



Udah pada tahu kan klo tokoh Elektra (Etra) yang ada di dalem novel bener-bener cinta mati ama Bandung--cinta mati ama ciloknya. Jujur, aku penasaran banget ama Rumah Eleanornya apakah bener-bener ada atau engga ? Aku ngebayangin tuh rumah berada di pusat kota dengan tematik peninggalan Belanda --lengkap dengan pohon tua besar-besar--yang entah kenapa aku kayak pernah ngebayangin kalo aku dan Tamas pernah jalan-jalan di bawahnya #iniAneh#lalu_Muncul_Soundtract_Paradisenya_ColdPlay.

Daaann...karena ekspektasiku lumayan tinggi untuk piknik ke sana, maka rasanya antusias banget ketika Tamas ngumumin bahwa kami akan ada kondangan ke Bandung pada Sabtu pertengahan 2015 ketika itu.

"Dek, Minggu besok bangunnya pagian lo ya. Inget ada undangan khitanan di tempat Pak Ridwan. Jangan siang-siang. Ntar keburu macet di jalannya," ujar Tamas mewanti-wanti.

Mmmmm....Mbul sih cuma mbatin biasanya yang bangunnya kesiangan siapa??? Situ kan yank?? Hoho..

"Memang Bandungnya sebelah mana?"

"Katanya sih deket Stasiun Cikadondong gitu. Nih petanya," lalu Tamas memperlihatkan undangan dari Pak Ridwan, rekan kerjanya berikut dengan peta lokasi resepsi.

"Uda tau belom, posisinya lewat mana aja?"

Tamas menggeleng cuek.

JYAAAHHH dia belum tau ancer-ancernya. Seperti biasa pasti bakal ngandelin GPS yang kadang-kadang menyesatkan itu. Liat aja!!

"HMmmmmb...bisa nih pulangnya mampir Kawah Putih???"

"Yo liat sikon nuw, ntar kalo cukup waktunya yo mampir."

Kemudian pesimis Tamas bakal mengajakku piknik sepulang dari kondangan. 


***

Pada hari yang sudah ditimer jauh-jauh hari itu...keluarga kecil Gembul dan Tamas pagi-pagi uda gludak-gluduk kayak kelinci. Ya nyipain baju lah, nyetrika, mantes-mantesin jilbab dan outfit head to toe yang bakal dipake--sampe-sampe kami lupa yang namanya sarapan. Ini semua karena jam bangsat itu uda menunjukkan pukul 07.30 pagi. Dan ini terhitung udah cukup siang. Kalo kesiangan kan takutnya nyampe sana uda bubar, terus makanannya uda acak adut, hahhahaha....Mana kami belom sarapan pula.

Ya udah deh, berhubung situasi uda lumayan genting akhirnya setelah ganti beberapa kali (wow minta ditekel juga ni Gembul0011 16 Disgusting shit emoji gifs) dan mendapat omelan dari Tamas tentu saja--akhirnya aku memutuskan untuk pake celana, cardigan (hasil berburu baju semalam-niat banget kan)--lengkap dengan blouse putih rumbai-rumbai, dan sepatu pantofel yang membuatku persis seperti ibu guru sexy di dorama Jepang. Sementara itu, Tamas mengenakan kaos merah panjang (ala pemain drakor di musim dingin---dan aku baru tau kalo Bandung ternyata tidak sedingin itu), lengkap dengan jeans dan sepatu.

Setelah beres salin pakaian, kamipun meluncur dengan semangat menembus tol Bandung pagi hari dengan gembira. Tak lupa kami mampir Alfamart buat beli minuman dan cemilan untuk ganjel perut sementara sebelum makan siang teng.

"Wuihhh mborong Mogu-Mogu dia..," Tamas takjub melihat kresek yang kubawa berisikan 2 buah Mogu-Mogu rasa kelapa muda dan pilus kacang katom Garuda. 

"Lumayan nih, buat cemal-cemil sementara kan?"

Dan Mogu-Mogupun menemani perjalanan kami ngiter-ngiter jalanan Bandung yang asing ini. #bukanPostinganBerbayarEniwei.

***

"Mas kalo Kawah Putih itu di sebelah mana sih?" (iseng nanya-tapi maksudnya jelas pengen diajakin ke sana).

"Kalo kata GPS sih jauh dari tempat Pak Ridwan."
LOH KOK LANGSUNG JAWAB GITUUU??

"Mang tempat Pak Ridwan dimandose?"

"Cirimbang, Cikalong Wetan Dek,....Bandung Barat. Menuju Purwakarta nih," ujar Tamas lempeng.

Lalu Sugembulwati mlongo sambil ngemilin katom dan pilus Garuda.

"Gluk ! Gluk Gluk !!!" Mogu-Mogupun tersisa tinggal dikit.

Sepanjang perjalanan, mulanya kami asyik aja becanda-canda....tapi lepas 3 jam (yang aturannya udah nyampe), kok ini belum nyampe-nyampe ya? Curiga lah aku, jangan-jangan Tamas salah ambil jalan--seperti biasa.

ArrrrgggH....

Kami udah muter di tempat yang sama hampir 2-3 kali. Mana jalannya miring-miring dan samping-sampingan dengan jurang. Lalu di sisi sebaliknya ada hutan dan deretan truck-truck gede yang kayak ada di film Wrong Turn dari West Virginia. Ngeri juga kalo tiba-tiba dari hutan, muncul tawa : Hihihihiihihii....yang keluar dari mulut salah satu jenis Wrong Turn. Kan ga lucu kalo kondangan ini berakhir dengan dipanggangnya kami menjadi barbeqiu.

Untunglah, ada hiburan lain di tengah rasa bete kami karena ga nyampe-nyampe. Banyak penjual sayur dan buah segar macam pete, pisang, atau buah-buahan lainnya yang membuat kami serasa wisata kuliner. Hahhahaha. Pokoknya nanti pulangnya beli pete yang semlohai-semlohai (tekad kami membara).

*** 

Tak terasa adzan dzuhur telah berkumandang. Kamipun mandeg sejenak buat sholat dan sedikit ngadem nyari alur yang pas menuju lokasi. Nah, mungkin itulah hikmah mendahulukan ibadah wajib. Setelah sholat, rasanya kami dapat pencerahan rute mana yang paling cepat dilalui.

Namun, meski GPS sudah kembali normal ( dalam hal memandu jalan), tetep aja kami harus melewati serangkaian kemacetan yang ternyata disebabkan oleh arak-arakan pengantin sunat. Tradisinya unik deh. Si pengantin dinaikkan di atas sisingaan dan barongan, lalu di belakangnya muncul beberapa badut yang berjoged diiringi tetabuhan khas Sunda. Menarik sih....Tadinya mau kufoto, tapi keburu ribet ama jalanannya. Uda gitu, tiap gerakan makan waktu sekian menit sendiri sehingga praktis mobil yang kami naiki ga maju-maju. Lalu tiba-tiba aku berpikir, jangan-jangan salah satu anak yang diarak itu adalah anak Pak Ridwan...

Akhirnya setelah berkutat dengan kemacetan parah, sampe juga kami di gang menuju lokasi kondangan. Tapi ini belum sampe juga YA ALLOH???? Tamas masih tetep mengawasi titik-titik yang diberikan oleh GPS--yang mana patokan utamanya adalah melewati SD negeri di daerah itu.

"Kok bisa sih Tamas Pak Ridwan kerja di kantor Tamas?"

"Hahahhaa...hebat ya, dia pulange 2 minggu sekali tu dek."

"Udah kayak Bang Toyib yaaaa," Hmmmm...sungguh perjuangan seorang ayah mencari nafkah.

"Dedek mauk ??? Ntar kunyanyiin lagunya Armada nih,"

"Fuuuuuhhh ogahhhhh, wkwkkwkwkw."

Lalu tiba-tiba kami berpapasan dengan anak-anak SMP yang melintas daerah situ. Kenapa ga tanya mereka aja ya, kan lebih cepet ketimbang GPS? 

"Oh...kalo SD itu masih jauh...dari sini turuuuuun terus--- ikutin jalan ini. Nanti belok deh kalo uda mentok," ujar salah satu dari anak yang lewat itu. Wow gila cuy...belom nyampe juga loh. Tapi kami tetep semangat lah melewati serangkaian perjalanan ini. 

Pas lewat SD kami uda bersorak dong, karena begitu belok ada tenda hajatan. Tanpa pikir panjang kami langsung masuk gitu. Tapi diliat-liat kok ini resepsi kawinan ya? Padahal kan Pak Ridwan ngadain resepsi khitanan?? Hmmm selidik punya selidik ternyata kami salah masuk acara hajatan. OMG...untung tu amplop belum keburu dicemplungin ataupun kami keburu ngambil piring hihi.  

Lalu mobil tancap gas lagi. Karena jalan makin menyempit, aku pun disuruh jalan bentar nyampe depan, siapa tau rumah Pak Ridwan uda keliatan. Wedew.....ternyata jalannya berupa turunan boook. Terus pantofel eyke yang haknya ga tinggi-tinggi amat tapi ngepres kaki itu sukses lah membuat ujung tumit jadi lecetan. Hahhh....

Tapi untunglah di sisi kiri jalan, dimana arenanya sudah berupa gunung....muncullah tanda-tanda lokasi yang dimaksud. Yeay !!! Kali ini ga salah. Bener!! Ini dia rumahnya. Horehhh !!!

Begitu ketemu tuan rumah, kami langsung salim-salim dan dijamu aneka rupa makanan. Alhamdulilah yah....semua menu dikeluarin.....hahhahaha. Ada semur jengkol lagi. Yang lainnya standar makanan prasmanan sih sama kue-kue. Oke lah, tanpa tedeng aling-aling langsung aja kami nyiduk yang itu. 

Sambil ngobrol kerjaan, sambil pula mulut ini menyantap sajian jengkol yang luar biasa enaknya (yaiyalah kelaparan bok akuh) hahahhaha...

Kira-kira setengah jam ngetem, aku langsung sikut-sikutan ama Tamas...

"Oi oi...cabs yukkk....Kawah Putih-Kawah Putih," (Gembul mengkode)

Rasanya pingin banget mulut bebeknya Mbul dibekep saat itu juga hahhahah... 

Setelah basa-basi dan nyerahin amplop, alhamdulilah saatnya pamitan dan halaaand-halaaannd !!!

Tadinya kami emang pengen banget ke Kawah Putih (sebenere ini permintaan Gembul seorang sih), tapi entah kenapa karena kejebak macet dimana-mana--ketambahan salah masuk tol--akhirnya kami urung mampir. Gimana engga. Nyampe lokasinya aja jam 5 teng. Otomatis uda tutup lah....Memange mau wisata di depan pagernya doang *mewekDarah. Akhirnya kami milih balik arah dan mending ke kotanya aja. Pengen liat yang namanya daerah Pasteur sama mol-mol ngehits yang ada di sana. Apakah sama kayak yang di Jakarta?

Ya Alloh tapi perjalanan menuju kotapun dipenuhi dengan berbagai drama. Seperti yang sudah-sudah, dimana-mana macet. Mau maju selangkah demi selangkah aja boro-boro. Di daerah Pasteur--yang ada cuma sempet numpang magriban doang. Uda nyampe kitaran Mall Opera Van Java--eh maksudnya Paris Van Java aja macetnya masih ada. Malah kayak suasana  macet mudik Lebaran. Paraaaaah banget. Ada kali kami muter 4 kali gegara salah ambil jalur. Padahal di sekitar situ hotelnya keren-keren banget. Pohonnya rindang-rindang. Banyak rumah Belanda seperti yang kubayangkan dalam novel gitu. Akhirnya kami cuma bisa menghela napas sambil mengutuki diri dari dalem kendaraan hingga jam 9 malem baru nyampe di pintu molnya. 










Minuman ijo (yogurt) asem, yang bening punya Tamas entah soda apa

Nasi gorengku hambar...

Nasgor Tamas jauh lebih enak huhu

Nyampe mol, yang ada di kepala cuma makan-makan-dan makan. Laparrrrr. Seharian emosi terkuras gara-gara macet. Akhirnya kami asal nembak restoran aja lah. Uda keburu diprotes perut. Hahahhaha.... Kami pilih yang di lantai dasar deket ama pintu masuk. Aku juga lupa nama restorannya apa. Uda ngeblank banget mau makan apa. Pesen yang ala-ala malah abis semua. Yang tersisa tinggal nasi goreng seharga 35 rebuan. Ya Alloh pengen nangis jauh-jauh ke Bandung cuma mau ngenasgor doang. Elaaahhhh... Di Tangerang juga ada nih. Lebih murah dan lebih ngenyangin lagi. Ahhhh syudahlah...mungkin jalan-jalan ke Bandung kali ini belum berpihak pada kami. 

Setelah makan, ngantuk. Kami tidur setengan jam di parkiran mobil. Abis itu cabut....di pom bensin tidur lagi 1 jam-an. Lalu Tamas ngebut, sementara aku kayak nangka busuk tidur di jok dua (minta ditabok banget kan?). Mau ngehotel....aaakkk sayang duitnya.....Masa cuma sehari juga, ga puas lah.

Ya udah abis itu pulang. Besoknya Tamas kerja lagi. 

Abis deh Hari Minggunya. Lalalallla....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)