Sabtu, 24 Juli 2021

Contoh Menu Kenduri (Berkatan) di Desa



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kali ini Mbul akan menuliskan beberapa contoh menu kenduri atau yang biasa disebut sebagai berkatan atau slametan. Harapannya supaya ngasih gambaran aja tentang contoh menu-menu apa saja yang ada dalam kenduri di desaku ini.

Seperti yang kita tahu di Jawa, ada tradisi yang disebut sebagai kenduri. Yaitu acara yang digunakan untuk memperingati sesuatu peristiwa, mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal, atau seremoni lainnya. 

Contoh Menu Kenduri di Desaku (www.gembulnita.blogspot.com)

Kamis, 15 Juli 2021

"Do the Hobbies that I Love"




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kali ini postingan pendek aja ya. Lagi-lagi mau ngetik hal-hal yang aku suka di luar aktivitas harian kayak biasanya garis miring hobi. Kalian punya hobi apa? Kalau aku, selain nulis, salah 2-nya yang lain adalah menggambar dan mendengarkan lagu.

1. Menggambar Kartun (Manga)

Salah satu tujuan aku ngeblog adalah buat modus naruh gambar-gambar kartun atau manga yang aku buat. Dulu  aku bikinnya pake kertas gambar terus discan, tapi sekarang aku nyoba pake digital walaupun dengan  alat seadanya, ada tab s jadul yang udah retak bagian pinggirnya juga jari biasa ga pake stylus. Tapi alhamdulilah touchscreennya masih bisa disentuh-sentuh. Jadi masih bisa gambar, hehehe. 


*Nita*, Digambar langsung dalam waktu 5 menit oleh si admin Mbul Gustyanita Pratiwi

Minggu, 04 Juli 2021

Jurnal Masakan si Mbul Kemarin




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Masak-masak taiiiiiiiiiiiiiim!!!!

Chef Beby Mbul kembali lagi nih pemirsa. Saatnya menggoncang dunia. Ada yang kangen ga ama resep masakan aku? Sini sini...kita pelukan dulu sama wajan dan panci, hihihi. Gosong dong, Marimar kalau pelukan ama wajan dan panci? Yaiyalah, menurut nganaaa?


Chef Mbul Gustyanita Pratiwi kembali lagi dengan masakan terfenomenal abad ini

Sabtu, 26 Juni 2021

Muka-Muka Belom Mandi



Oleh : Gustyanita Pratiwi
 
Tadinya mau iklan lipen sama brand kerudung. Bukan iklan-iklan banget sih. Maksudnya review. Sebelom puasa kan aku sempet belanja kerudung di Hilon. Bahannya enak. Niatnya sih mau aku review. E karena ga ditulis-tulis dan tuh kerudung uda keburu kupake, ndilalahnya kok ya banderol mereknya ada yang ilang. Aku lupa sih namanya apa. Kalau lipennya sih masih ada, tapi bungkus luarnya udah kebejek-bejek. Ga bisa difoto ala-ala lagi deh. Ga mood nulis review panjang lagi.

Jadi demi menumpaskan kegabutan sore yang hujan sejak jam 1 siang tadi~ sendirian pula di eperan sambil dengerin kodok nyanyi, yaudah....postingan kali ini pendek aja ya....hihihi.

Gustyanita Pratiwi

Cuma mau bikin galeri foto si Admin yang sebenernya belom mandi, niatnya pengen review tapi ga jadi, hahahaha...

Maafkan ya semua

Sungkem atu-atu..

Jumat, 25 Juni 2021

Jurnal Kuliner Si Mbul Kemarin....




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Assalamualaikum semuanya...

Kali ini aku akan menjembreng foto-foto makanan dalam jumlah banyakan. Kalian siapkan mental dan fisik hati dulu ya. Takutnya pada netes.... Netes apanya tuw! Netes ilernya dong, hohoho...

Jadi, karena Beby Mbul pas di kampung kemaren ga ndekem terus di atas keset (((lha dikata kucing kali ya ndekem terus di atas keset... tapi kalau diliat-lihat emang Beby Mbul mirip kucing sih, itu loh kucing persia yang hidungnya agak pesegh alias bujel, Tapi biar begitu kucing persia bukannya wenak  buat dikuwel-kuwel ya? #hahahaha))). 

Okey fo-kus!

Tadi kan aku bilang ga ndekem terus di atas keset ya...maksudnya ga ndekem terus di  dalam rumah, tapi ada beberapa kali beli makan di luar walau tentunya cap cip cup tempat makannya yang sepiiiiii banget. Lagian kalau di Jateng kan emang tempat makannya pada sepi-sepi ya. Ga semuanya, tapi kebanyakan. Terutama di luar Lebaran. Sebab masing-masing keluarga senengnya pada masak di rumah kan, jadi beda banget ama euforia kulineran di kota-kota besar, hehe. Tapi ga pa pa. Malah aku senang kalau nemu tempat makan yang sepi, soalnya biar bisa pewe makannya, hihihi.


Gustyanita Pratiwi

Rabu, 23 Juni 2021

Review Buku Diary Teacher Keder, Edot Herjunot





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Review Buku Diary Teacher Keder, Edot Herjunot


Judul : Diary Teacher Keder
Penulis : Edot Herjunot
Penerbit : Buku Mojok
Tahun Terbit : 2021
Kategori : Biografi & Memoar, Motivasi, Nonfiksi, Pendidikan, Self Improvment
Jumlah Halaman : vi + 180 halaman
ISBN : 978-623-7284-57-4


Buku bersampul biru dongker dengan gambar seorang lelaki berseragam keki cokelat yang tengah memunggungi font kapital bertuliskan 'Diary Teacher Keder' milik Edot Herjunot akhirnya rampung juga aku baca. Buku ini bergenre autobiografi, tapi aku lebih senang menyebutnya sebagai serakan postingan Pak Guru Edot di blog yang dibukukan. Sebab, ciri khas tulisannya ga ada yang berubah. Antara yang di blog dengan yang diterbitkan oleh mojok ini, sama plek ketiplek tiplek dengan gaya bahasanya sehari-hari di blog. Sama-sama full of humor, sama-sama banyak mengungkapkan suatu ironi. Terdapat cukup banyak potongan majas pengandaian pada tiap-tiap kalimatnya yang menegaskan seberapa lucunya ia, seberapa 'tegarnya' seorang Pak Guru Edot.

Selasa, 22 Juni 2021

Indomie Goreng Aceh vs Nasi Goreng Ala Mbul




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Siang-siang Mbul bikin 2 masakan berbeda dalam satu waktu. Wow!!! Apaan tuh? indomie goreng versus nasi goreng dong. Bener-bener wow ga sih? Ga ya? Biasa aja. Aku doang yang lebey...hiks mewek #srooott.


Senin, 21 Juni 2021

Resep Soto Ayam ala Mbul



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Sebuah prestasi ya Beby Mbul bikin soto. Ini terhitungnya hidangan yang cukup ribet lho bagi seorang Ubulll, kecuali jika dan hanya jika memakai Indofood Soto Ayam #bukan iklan bukan endorse, hehe...

Mumpung ada ceker dan ayam, jadi aku bikinkan soto aja dengan 2 bahan utamanya itu sebagai gurih-gurih di kaldunya. Meski ayamnya aku goreng lagi ya setelah direbus dan diungkep kuah soto, ga kayak modelan soto lamongan yang ayamnya bumbu kuning dan direbus aja. Tapi sekali lagi ini aku goreng dan setelahnya aku suwir-suwir :)


Soto ayam seger made by tangan Beby Mbul

Minggu, 20 Juni 2021

Bolu Emprit




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ada lagunya 'So Far Away'-nya Avenged Sevenfold yang terngiang-ngiang terus dalam kepala. 

Sementara di atasku sekarang sedang ada bunyi kresek-kresek kayak kucing hendak bermain cinta, tapi aku tunyuk-tunyuk eternitnya pake sapu biar tuh kucing caow, eh malah tetep ngejogrog aja ada di situ #dasar kucing tidak peka. 😠😤🥴

Kupegangi pipi gembilku karena aku lagi sakit gigi. Sepertinya kemarin ada sedikit tambalan gigiku yang pecah, jadi pas kena sarafnya...alamaaaaakkk.... mo nangis rasanyaaaah. Udah nguntal mefinal beberapa kali tapi kalau uda jeda agak lamaan ya cenad-cenud lagi. 

Aku ga tau kalau periksa ke klinik gigi langganan musti pake acara tes antigen segala atau ga. Jadi aku belom ke sana-sana lagi 🥺🥺🥺.


Maapkan hari Sabtu sore unyu postingannya random gini..sambil ngetik cerita random juga soalnya huehehehe. Btw, ini yang namanya bolu emprit...