Sabtu, 16 Oktober 2021

Mbul's Story : Sesuatu yang Aku Sukai



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Judulnya apakah minta ditabok banget? Kelihatannya akan menulis mellow ya. Tapi ternyata bukan. Ujung-ujungnya malah pajang foto makanan. Ya, soalnya kalau ga ada foto makanan kayak ada yang kurang gitu. Itu udah ciri khas banget. Tapi sebenernya foto makanannya random sih. Ada yang foto baru-baru ini, ada yang beberapa tahun silam. Kecuali foto adminnya ya, cz itu foto terbaru, tergress Oktober 2021. Hehe. Ya biar pembaca tahu gitu loh yang nulis tuh wujudnya seperti ini. Mau berteman boleh. Ga juga ga pa pa. Yang penting aku suka jembreng foto agak banyakan kalau di blog. Ya, soalnya disesuaikan aja ama judulnya. Dan.....dikarenakan postingan kali ini agak panjang, disarankan bagi yang ga kuad baca segera lambaikan tangan. Atau pantengin aja foto-fotonya juga boleh. Silent reader boleh, komen juga boleh banget. Yang penting kita jadi pribadi yang baik ya. Karena ga rugi kok jadi orang baik. Komen becandaan sih aku suka. Biar ga tegang. Biar ga kaku kayak kanebo kering, biar ga spaneng hahahahhaha...Maklum adminnya kan orangnya lucu dan suka bercanda. Guyonan Kakak, huft!

Nah....nah....nah....mulai nglantur kemana-mana lagi kan? Tadi aku mau ngetik apaan ya? Oh iya, sesuatu hal yang aku sukai. Apa aja itu? Ditulisnya perbab judul aja ya....#walaupun bukan skripsi atau novel sih, hahaha. Sekali lagi karena disesuaikan ama jumlah fotonya. Aku emang kebiasaannya gitu. Tulisan ama foto harus imbang banyaknya.


Kalau dikartunkan Beby Mbul aka admin dari Blog ini yaitu Gustyanita Pratiwi kira-kira seperti ini, ini digambar langsung oleh tangan Neng admin kita tercinta, Beby Mbul Sayang :D

Jumat, 15 Oktober 2021

Mbul dan Kenangan Cemilan Jaman Bocil



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Waktu masih kecil, Mbul belum kenal yang namanya burger. Karena Mbul hidup di desa sebuah perbatasan kabupaten. Mbul jarang banget makan jajanan modern. Lebih seringnya jajanan tradisional. Karena ibuku ngantor dari pagi hingga siang, maka biasanya sepulang kerja, Beliau akan bawakan jajanan yang Beliau beli dari Toko yang khusus menjual jajanan tradisional. Sekarang pun tokonya masih ada. Dan jualannya masih tetap sama ga pernah berubah. Kue-kue basah beraneka rupa. Ada kue potong yang terdiri dari beberapa layer (bolu kuning cokelat, ager merah, dan putih telur sebagai perekatnya), lapis merah putih, risol rogut, kue sus, lapis jongkong, talam hijau, hongkwe, arem-arem isi sayur tempe dan lombok ijo, lemper, lumpia, dll.


Kamis, 14 Oktober 2021

Review Bakso M Tohir Putra Kutowinangun


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ini adalah bakso yang direkomendasikan ibuku. Namanya Bakso M Tohir Putra yang berada di Jalan Kutowinangun, Kebumen. Bakso ini ramai betul. Maksudnya laris Cuy. Walaupun pas ke sana sih aku minta dibungkus aja. Bangunannya bercat ijo. Warungnya bersih sih menurutku. Dan ada esnya juga. Cuma yang kubeli bakso doang. Ga pake es. 


Senin, 11 Oktober 2021

Cari Pisang Malem-Malem


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Jumat (8 Oktober 2021) yang begitu panas. Siangnya kelar juga ngegiling cucian sampe bertumpuk-tumpuk. Bingung juga jemurnya bagaimana. Akhirnya dicantelin pager, wkwkkw... Aku kesusahan naiknya sampe jinjit-jinjit. Untung ada korsi jadi aku bisa naik. Tapi pake nana pendek. Jadi liat kanan kiri dulu. Sapa tau ada yang lewat kan. Untungnya ga ada orang. Bawahnya cuma ada kucing. Emang sekarang teras rumah aku suka jadi markas kucing liar. Jadi pada betah gitu tiduran di atas lantai. Mungkin anget kali ya. Asal jangan pada beranak aja di atas atap, soalnya pinjal kamu bikin gatel, Sayang....

#Sayang di sini maksudnya kucing ya 😂
#pinjal itu kutu kucingnya....

Sambil ngerjain yang lain, sambil juga hiburan futu-futu. Memang bisa dibilang ga penting sih postingan kali ini. Jadi pembaca boleh skip seandainya ga mau lanjut, ga maksa kok santay aja, chillls..., hahaha...Tapi sebenernya postingan aku ga penting semua sih. Maklum ngeblog cuma buat nulis hiburan :-p


Gustyanita Pratiwi, foto Oktober 2021

Minggu, 10 Oktober 2021

Review Lontong Opor Ayam Kampung Tata, Alun-Alun Tegal



Oleh : Gustyanita Pratiwi

"Dedek Mbullll! Hayo mandeg Alun-Alun Tegal, aku mau ngopor." Ujar Tamas suatu kali sambil nyengkeweng aku kayak ginci...

#eh lho kok Mbul kayak ginci?
#Ginci kelinci.......
#Berarti panjang dong kuping aku? Hoho...
#Ya Anggab aja gitu lah. Becandaan dikit biar ga tegang lah ya. Kayak ga paham aja bahasa blog aku banyak lutju-lutjunya. Aku kan suka bertjanda, hehe.

Ya, kali ini aku mau nostalgia tentang kuliner di Alun-Alun Tegal walau kejadiannya udah lama banget ya. Pantarannya awal-awal tahun lalu sebelum PPKM berjilid-jilid kayak sekarang. Bukan dalam rangka jalan-jalan juga sih sebenernya. Cuma waktu itu ada kepentingan urgent, dan pas lewat Tegal mandeg soalnya ngelih. Jadi kayak biasanya pake stok foto lama. 


Sabtu, 09 Oktober 2021

Review Ayam Abah, Teluknaga, Tangerang




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Assalamualaikum semuanya.....

Masih pake stok foto kuliner lama ya sebelum PPKM pandemi 2021 kayak sekarang. Nyicil ngabisin foto lama yang belum dibikin ceritanya :XD. Itulah kegunaannya suka numpuk gunungan foto kulineran kan. Di saat dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu ga kekurangan bahan tulisan. Dan fyi, semua foto adalah dokumen pribadi dari Gustyanita Pratiwi pemilik www.gembulnita.blogspot.com.


Jumat, 08 Oktober 2021

Geplak....





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Nyem...nyem...nyem (sambil ngemut geplak. Bukan dikeplak loh ya, tapi GEPLAK. GE...P-L-A-K, Geplak. 

Ya soalnya kali ini Mbul mau cerita tentang geplak. Apa itu geplak? Sesuatu yang manis kayak tenyumnya Beby Mbul admin dari blog ini (???)

Ga kok, guyon aja. Biar ga spaneng, Sayangku.

Geplak itu makanan khas Jogja ya. Yang terbuat dari kelapa dan rasanya manis. Tapi sebenernya aku ga cuma mau ngomongin tentang geplak sih. Tapi juga reportase jajanan khas yang biasa ada di toko oleh-oleh yang ada di Jawa Tengah. Juga nyobain jilbab segiempat paris hasil beli di Pasar Kutoarjo beberapa bulan lalu. Tuh kan aku promoin lagi pasar ini, hihihi. 

Gustyanita Pratiwi, Foto Oktober 2021

Senin, 04 Oktober 2021

Hello Oktober!!



Oleh : Gustyanita Pratiwi

September udah berlalu dan sekarang ganti bulan jadi Oktober. 

Gimana-gimana ada yang kangen sama tulisan Mbul ga?

Ga ada ya? Hihihi. 

Ya udah ga pa pa. 

Kali ini Mbul mau cerita-cerita lagi ya. Cerita biasa aja sih, tentang diri sendiri. Mungkin ke depannya di blog ini juga akan lebih banyak nulis tentang masakan, keseharian dan juga cerita masa kecil di samping bacaan-bacaan yang Mbul suka. Kebetulan kalau posting masakan stok fotonya masih banyak. Jadi insyaAlloh aman. Kalau cerita masa kecil dan buku bacaan memang Mbul suka. Jadi kembali lagi bahwa Mbul akan nulis sesuatu yang Mbul suka aja di blog ini, wekekekk.

Tapi mengenai buku bacaan (dalam artian majalah dan buku-buku jadul), selain Mbul dapet dari e-commerce juga sebagian dari koleksi perpustakaan SD dimana Mbah Kakung Mbul bekerja. Ya itu bakal Mbul tulis nanti sih, soalnya kalau baca buku Mbul lama. Jadi ga bisa cepet juga nulis sinopsisnya #hiks....hiks. Tapi insyaAlloh nanti bakal Mbul review termasuk beberapa komik koleksi Mbul baik itu Conan, Doraemon Petualangan, Doraemon Series biasa, Legenda Calon Arang, Yotsuba, dll. Sekarang yang gampang-gampang aja dulu buat pemanasan Bulan Oktober.


Nenas dan telur asin (pineapples and salted eggs)

Minggu, 03 Oktober 2021

Cerita tentang CD dan Bla...Bla...Bla..




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Di malam...
Yang sunyi..dan sesenyap ini...
Dapatkah kumohon
pada yang Esa...
Masihkah tampak manis raut wajahku
Masihkah seputih kapas di hatiku
Bila kah tak kukoyak mata hatiku..
Oh mungkinkaaaah...

Lha...lha..lha...malah nembang lagu Sherina si Mbul. Lagu Sherina yang anak-anak kalau ga salah yang Albumnya My Life, judulnya Ku Beranjak Dewasa, hihi. Ya soalnya masa kecil Mbul dulu ditemani dengan lagunya Sherina. Juga filmnya yang fenomenal itu, Petualangan Sherina. Kadang Mbul sempat mikir kalau misalkan film jaman dulu castnya masih anak-anak, nah kalau sekarang pas udah dewasa apa ga kepikiran buat diteruskan sekuelnya saja, misalnya jadi cerita cinta remaja atau dewasa. Ntar kan keliatan alamiah ga pernah ganti orang, kecilnya begini...dewasanya masih tetap orang yang sama. Atau film-film lainnya mustinya menarik kali ya kalau ada sekuelnya #cuma pemikiran absurd seorang Bebih Mbul sih ini XD.

digambar langsung sama admin Beby Mbul Gustyanita

Minggu, 05 September 2021

Pengalamanku Belanja Jilbab Bergo di Rabbani Cabang Kutoarjo


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Assalamualaikum semuanya...

Kali ini aku akan mereview brand jilbab/hijab yang biasa aku pakai dalam beberapa tahun terakhir karena kepraktisannya. Ya, kalau dulu aku team jilbab segi empat (sebenarnya sekarang masih sih), cuma karena sekarang apa-apa kudu praktis, makanya aku mulai tertarik dengan jilbab langsungan juga atau yang biasa aku sebut sebagai jilbab slup. Karena tinggal dikenakan aja beres ga ribet pake peniti, ga bete nyari bros buat nyampirin lipetan satunya karena biasanya tiap kali aku mau pake jilbab segi empat ndilalahnya kok ya selauuuuu aja brossnya itu ketriwal, wkwkwk. 


Sabtu, 04 September 2021

Kompilasi Foto Menu Meja Makan yang Paling Mbul Suka




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo Assalamualaikum Blog...

Semoga Bulan September selalu manis ya... Ya kan ini bulan kelahirannya Mbul...#Jadi kalau udah Bulan September bawaannya Mbul itu lebih manis dari biasanya #eh ga ya? Ya kan anak Virgo itu bawaannya feminim manis kayak Mbul gitu loh yang jelmaannya Putri Duyung Shirahosi...eh salah ya? Kaaat!!! Kaaatt! Kaaaat!!!!! Break dulu shootingnya dalam air, Sayang!! #buru-buru lepasin kostum duyung.


Jumat, 03 September 2021

"Kenangan dengan Otang"




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Waktu kecil Mbul pernah punya kenangan dengan otang. Otang yang Mbul maksud di sini bukan Otang tanpa G ya alias Otannya onye yang ada di program hewan-hewan di trans 7. Tapi otang singkatan dari oven tangkring. 

Berhubung Mbul tinggal di desa, dan saat SD-SMP rumah juga masih amat sangat sederhana, dapur belakang masih belum disambung rumah utama, jadi oven yang Mbul punya juga masih yang modelan tangkring. Jadi ovennya ditangkringin di atas kompor. Ga pake colokan listrik. Lebih hemat, walau pas masak asap jadi kemebul kemana-mana, udah macam lagi difogging hihihi.





Rabu, 01 September 2021

Kenanganku Tentang Rumah Mbah Buyut Kaliwatu




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Biarpun udah gede begini, tapi aku masih tetep suka cerita tentang masa kecil loh. Ga tau kenapa tiap kali lompat ke masa kecil, aku selalu dibuat senyam-senyum karenanya. 

Kali ini aku keingetan sama tempat Mbah Buyut dari pihak Bapak yang tinggal di Kaliwatu Kranggan. Beliau adalah ibu dari ibunya Bapak yang udah duluan sedo saat aku masih balita (bahasa kromo alusnya ninggal). Anak lain dari Mbah Buyut yaitu Mbah yang tinggal di Jakarta masih ada (waktu itu...(kalau sekarang udah ninggal semua) dan kebetulan ada titel jenderal cuma hidupnya memang LDR dengan ibunya ini meski sering kirim parsel atau Mbah Buyut minta diantar Bapak ke Jakarta naik kereta ekonomi bodol sambil bawa ayam hidup, hahaha.


Biarpun sekarang Mbul udah dewasa, tapi Mbul tetep seneng cerita kenangan masa kecil (foto Mbul Gustyanita Pratiwi jaman now 2021, dokumen pribadi)

Selasa, 31 Agustus 2021

Pada Suatu Pagi dan Cerita Tentang Rumah Bibi di Gunung


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Pada suatu pagi, aku ngebuka jendela kamar yang menghadap kebon. Di sana uda ada siluet pohon yang tinggi besar, tapi warnanya masih item. Di sela-sela daunnya menyeruak sinar matahari pagi pukul 06.00 WIB. Harum basah tanah masih menyelimuti pagi itu di sebuah desa. Sementara di dapur, ibu sudah meneriakkan aku supaya cepat keluar dan minum teh hangat manis karena Beliau sudah mengadonkannya untuk kami sekeluarga. 


Minggu, 29 Agustus 2021

Cerpen dan Dongeng Bobo Tahun 90-an yang Membekas di Hatiku (Part 2)




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ngomongin soal hobi, kalian yang udah pada kenal aku mungkin udah pada tahu lah ya kalau aku suka koleksi majalah jadul. Biarpun pas di tahunnya terbit aku belom lahir atau mungkin masih bayi banget juga belom bisa baca karena baru aja masuk TK nol besar, tapi aku itu suka bacaan yang beraroma jadoel alias klasik. Dulu bacanya ga langsung saat tahunnya terbit sih, terus sekarang ceritanya suka nyari lagi (sengaja hunting) karena emang suka. Mungkin bisa dibilang kolektor kali ya. Alhamdulilah dapat hampir lengkap meskipun tengahnya masih bolong-bolong.


Sabtu, 28 Agustus 2021

Review Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama Tangerang


Oleh : Gustyanita Pratiwi

#Edisi kubek-kubek foto kulineran lama
#Sebelum PPKM berjilid-jilid ya.

Selain SS, ternyata ada satu lagi tempat buat ngetem (((ngetem))) yang enak dan menunya serba makanan Sunda. Oh, i love it!!!! Sundanya Sunda Cianjuran ya. Jadi ada nasi timbel, dan lauk ikan-ikanan, serta jeroan yang bisa dipilih dulu pake nampan, abis itu tinggal minta digorengin ama penjualnya. Namanya adalah....jeng jeng jeeeeeeng! Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama, Tangerang. Berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Nomor 2, RT/RW 001/001, Pasar Lama Tangerang. Masih di kitaran Kampung Berkelir, Tangerang. Depannya Sei Sapi Jl Ki Samaun. Bangunannya itu bambu-bambu semi ijo. 


Jumat, 27 Agustus 2021

Review Toko Bu Alfiah Soegiyo, Kutowinangun, Kebumen



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Assalamualaikum semua..

Semoga selalu dalam keadaan baik ya. 

Hari ini Mbul akan review tempat cari emping bagus di Kutowinangun, Kebumen. Hal ini bermula dari niatan pengen ngliat pabrik emping yang ada di daerah pesisir Mirit tapi ternyata ga jadi-jadi. Mau ke sana, e adaaaaa aja alasannya. Padahal semula pengen sekalian dolan pantai kan sama Bu Titik dan Pak Agusku tercinta, ya siapa tahu aku mau cobain pake bikini bottom terus berenang syantik di antara ombak yang bergulung-gulung #canda. Ga, maksudku pengen dolan ke pantai tapi males panaaaas, hahahah...Mau ke sono pagian atau sore ya adaaaa aja alangannya. Akhirnya ga jadi-jadi. Jadi ya wes lah babay aja harapan mau ke pantai, eh maksudku datengin pabrik empingnya.


Kamis, 26 Agustus 2021

Review Warung Makan Sambel Belut Pak Sunadi, Kutowinangun


Oleh : Gustyanita Pratiwi

Halo halo haloooo.......

#eh ga...aku ga lagi nyanyi lagunya Mbak Beyonce kok. Aku cuma lagi menyapa kalian semua...gimana Masku, Mbakku? Sehat-sehat semua yach. Aman terkendali? Para bocil di sebelah sana mana suaranya??? Lalu Mbul sekonyong-konyong mengacungkan dirinya sendiri, karena emang badanku masih kecil #trus neguk susu pertumbuhan #gluk...gluk! Badannya doang kok. Pikirannya kayak anak kecil juga ga? Ya iya sih, kadang-kadang. Ga selamanya kok. 

Hehehe...


Sabtu, 21 Agustus 2021

Review Warung Asli Kutowinangun



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Halo halo haloooooo....

#berasa kayak lagi gelantungan di pohon-pohon matjam koala kan si Mbul...hihihi

Kasih salam dulu deh biar senantiasa diberikan nikmat sehat, syukur, serta kegembiraan dimanapun kita berada.

Assalamualaikum Sobat Beby Mbul semuanya....

Kali ini ijinkanlah aku untuk mempromosikan salah satu warung makan yang cukup legendaris di kampung halaman sendiri, walau beda kecamatan sih tapi ternyata dia....sudah...*uhuk* didatengin para pesohor semacam Eyang Butet Kertaredjasa sama Pak Jokowi loh #wow....masa ku yang orang sini langsung malah belum nyamper kan lucuw, hihihi. Ya udah, mumpung ada kesempatan mampir, akhirnya kesampaian juga kan aku ke sini.


Rabu, 18 Agustus 2021

Review Sate Ambal Cucu Pak H. Kasman Cabang Kutoarjo




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Ehem! Ehem! 

Kulonuwun blog....

#sambil bersiin sarang laba-laba. 
#blognya uda debuan

Maap hampir 10 hari ga diisi. Bukan karena aku malas, tapi karena....karena....karena apa ya? Hahaha...

Karena begitu lah. Walah malah kusibug mencari alasan seperti lagunya Exist. Tapi sekarang Admin Beby Mbul telah kembali dari hadapan Anda semua. Ya, itung-itung pemanasan lah ya setelah 17-an dan mengupdate lagi postingan-postingan tentang kegiatanku yang sebenernya ga penting ini. Tentang apakah itu? Buru-buru surungin mata pembaca buat menuju ke bagian judul.

Ini postingan 2 hari jelang kemerdekaan RI yang ke-76. Ceritanya mau review sate legendaris yaitu Sate Ambal Cucu Pak H. Kasman pada sore harinya, tapi biar agak panjangan dikit (ngepasin ama jumlah fotonya), maka kuhubung-hubungkan aja ama alur ceritanya. 


Makan malam Sate Ambal Cucu Pak H. Kasman Cabang Kutoarjo

Sabtu, 07 Agustus 2021

Jurnal Masakan si Mbul Kemarin




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Masak-masak taiiiiiiiiiiiiiim!!!!

Chef Beby Mbul kembali lagi nih pemirsa. Saatnya menggoncang dunia. Ada yang kangen ga ama resep masakan aku? Sini sini...kita pelukan dulu sama wajan dan panci, hihihi. Gosong dong, Marimar kalau pelukan ama wajan dan panci? Yaiyalah, menurut nganaaa?


Chef Mbul Gustyanita Pratiwi kembali lagi dengan masakan terfenomenal abad ini