Minggu, 13 Mei 2018

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir




Baju Bayi

1 lusin baju lengan panjang
1 lusin popok kain (lungsuran dari ponakan)
½ lusin baju lengan pendek
½ lusin baju lekbong
½ lusin celana pop
½ lusin celana panjang
½ lusin kaos dalam (kado)
Tambahan sifatnya bebas : sleepsuit tutup kaki (paling bagus mereknya Next Bean, bahannya adem) dan set baju tidur (merek Miyo)



Khusus newborn, perkara beli baju ini emang kudu dipikirkan masak-masak, kira-kira kepakenya bakal berapa lama. Karena kan tau sendiri, di awal-awal bulan, baby modotnya cepet banget. Jadi sayang aja, misal uda terlanjur beli banyakan, e  .... ternyata kepakenya cuma sebentar. Dari sekian itung-itungan list di atas aja aku masih ngerasa kebanyakan wkwk... Belom lagi karena ketambahan lungsuran dari ponakan, jadi termasuk lengkap sih mulai dari popok kain, baju model lengan panjang, lengan pendek, lekbong, celana pop, celana panjang, sampai kaos dalemnya sekalian.

Nah, kalo yang beneran kepake lumayan bermanfaat (walau jumlahnya banyak) menurutku adalah bedong. Karena selain bisa menghangatkan badan baby, dia juga bisa berfungsi sebagai alas ompol dan selimut ! Jadi ga sia-sia sih nyetok 1 lusin plus masih ketambahan lungsuran dari ponakan tercinta.


Aksesoris Bayi

4-5 Topi bayi
6 atau lebih kaos kaki & kaos tangan bayi (kebanyakan dari kado)
1 lusin bedong
2 Celemek
3 Gendongan (2 diantaranya kado)




Khusus gendongan, ternyata banyak juga yang kasih kado ini. Jadi yang wajib itu pertama beli yang model jarik (kado dari mami tercinta yang kepake pas pulang pertama kali dari RS), abis itu menyusul kado lainnya dari kerabat berupa gendongan ringsling, M-Shape, juga sempet beli beberapa lagi buat tambah-tambah misal yang lain sedang dicuci kayak double wrap sama geos.

Perlengkapan Tidur

3 Bantal peang 
2 guling pembatas
2 Perlak
1 Selimut 
2 Selimut topi bayi
Payung kelambu untuk melindungi dari gigitan nyamuk (kado)



Untuk perlak dan pembatas guling, aku belinya di Hilon Pasar Kemis, Tangerang. Karena, di sana uda terkenal jual produk-produk textile kualitas premium. Jadi mumpung pas ke sana ada diskon yang lumayan heboh akhirnya di minggu-minggu terakhir jelang lahiran, eyke sempetin belanja-belinji pernak-pernik buat tidur baby selain tentu sadja ngangkut 2 kasur tipis yang bisa digelar di ruang tamu sekalian buat main baby pas siang hari.

Perlengkapan Mandi

1 Ember
Set toiletteries bayi (Pigeon)
Sabun khusus kulit sensitif buat jaga-jaga (Lactacid Baby)
2 handuk
Set waslap
Minyak telon (Konicare dan My Baby)
Kapas bulet
Tissue basah, tissue kering
Popok sekali pakai
Gantungan baju bayi


Perlengkapan Kesehatan

Termometer digital
Transpulmin 
Pure Kids (meredakan tenggorokan saat batuk pilek)
Penyedot ingus
Cottonbud (bersiin telinga)
Kassa steril
Obat merah
Alkohol
Cream antiruam (ada yang dapat dari set Pigeon, ada yang dari Mustela)
Set Gunting Kuku dan Sisir Bayi
Detergen Khusus Baju Bayi (Sleek)
Sabun Khusus untuk mencuci botol bayi, pompa ASI, mainan dll (Sleek)


Perlengkapan Penunjang ASI

Pompa ASI manual merek Little Baby
3 pasang washable breastpad atau 1 pact breastpad sekali pakai 
Kantong ASI Gabag
2 Botol susu Comotomo sekalian beli nipple tipe newborn buat jaga-jaga



Untuk entertaint

Bouncer (kado dari kakak) : untuk sesi timang-timang pas bayi rewel
Klinthingan (mainan yang bisa bunyi)
Stroller (kado dari Om untuk jalan-jalan)


Note : 

Waktu belanja list perlengkapan bayi ini, istilahnya diriku membaginya dalam beberapa session #ciyeh udah mirip sinetron aja seus...Iya, soalnya aku menimbang-nimbang dulu kiranya yang paling urgent apaan—nah itu yang paling pertama dibeli. Tokonya juga macem-macem. Dalam arti kata menjelajah dari satu toko ke toko lain, soalnya sekalian mau survey juga mana yang pilihannya banyak tapi harganya murah, mana yang engga. 

Sejauh ini, aku belanja di Rizky Jaya untuk perlengkapan paling urgennya yaitu baju (toko peralatan bayi dekat Pabrik Panarub, Tangerang), salah satu toko perlengkapan bayi di ITC Serpong (ndilalahnya lupa nama tokonya apa cuma waktu itu dapet perintilan ember, gantungan baju bayi, bedong, sama set baju untuk pulang dari RS). Lainnya beli di  Hilon dan Tang City (tapi cuma beli bra menyusui haha). Klo perlengkapan toiletteries, obat-obatan, dkknya itu nyampur antara beli di toko perlengkapan bayi dekat rumah sama apotek.

Nah, abis beli-beli itu, paling pe ernya adalah sesi nyucinya, Omaigaaaad. Bayangin aja, jaman hamil gedenya Asyiqa, diriku diharuskan nyuci puluhan baju bayi yang kata orang jaman old musti dikucek pake tangen hummmb....(ntahlah mengapa begitu). Yang jelas, nyucinya ya bentar doang, rendem pake detergen, bilas (dan diwanti-wanti sama ibu supaya JANGAN PAKE PEWANGI), jemur, terus setrika deh. Yah, walau capek, tapi pas pegang barang-barang ini untuk pertama kalinya sambil cium-ciumin rasanya tuh di situ berasa muntjul jiwa keibuanku #halah...haha.


16 komentar:

  1. Baju lekbong itu apa?

    Aku beliin baju buat Nayla dikit banget. Sering kasus kehabisan baju, wkwk. Perlengkapan lain juga banyak yang gak kepake, emaknya makin malas :D

    BalasHapus
  2. Iyo, nyucine awal2 go tangan ben gak cepet rusak. Suwe2 pake mesin cuci ben cepet. Tapi ancen jd bladus sih. Hahahaa...nek pewangi sm kamper emang gak perlu soale mbok kulit sensitif sm baune nyegrak hidung.

    BalasHapus
  3. banyak amat mb nit aku mah beli dikit bedongan jg ga kepake 😂 kado baju seabreg2 makanya aku beli dikit wkwkwk

    BalasHapus
  4. Semua baju bayi aku masupin ke mesin cuci dlm 1 cemplungan yg isinya baju bayiiii semua. Suruh ngucek? Boro2. Mandi makan aja kalo sempet. XD.

    Btw semua baju bayi aku bela2in setrika dan ga dikancingin. Katanya supaya cepet makeinnya, bayi ga keburu masup angin karena pas makein baju emaknya syibuk buka2in kancing. Hahahaha.

    Ps. KAPANNN GANTI DOMAINNN? prasaan kmrn dah nanya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah galaonya ga usah kelamaan. Burulah bikin. Mumpung masih bagus trafficnya.

      Iya, baju bayik ga usah dikancingin pas diteriska.
      Hahahaha

      Hapus
    2. \(´▽`)/ \(´▽`)/ \(´▽`)/

      Hapus
  5. Betul sekali tulisan diatas waktu anak kedua saya lahir ... Pakaian dan perlengkapannya woow!! Setara sama harga baju2 ibunya juga..😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas tau tau pas bayar di kasir langsung bikin syock wkwk

      Hapus
  6. Haduh...harus ekstra nih jadi bapak hehe

    BalasHapus
  7. banyak banget ternyata yg diperluin,,, boleh tak save dulu ini buat kapan2 kalo dapat amanat walo pasangannya aja belom dapat. xD luamayan buat bahan diskusi entar.

    yang kuat dan bahagia ngurusin dedeknya entar teh Nit..

    BalasHapus
  8. Aku pas lagi ngelist jadi ini beneran bermanfaat banget buat persiapanku. Belanjanya entaran deh yang penting tau apa yang mau dibeli dan berapa banyak. Haha. Aku udah lama nih ngebayangin baju bayi nanti kucek tangan apa gimana ya, sempet ngga ya kucek tangan, wkwk :p. Kalau pas baby belum lahir sih sempet kayaknya. :p

    BalasHapus
  9. waktu hamil Faraz dulu juga belanjanya pas umur 7bulanan, udah gatal banget pengen beli ini itu, terus dikumpulin sekali dicuci, sesi nyucinya itu malah jadi senang siih, excited gituuu, hihihih.
    plus gak sabar nunggu si baby launching. pas hamil Adek Fawwaz yaa balik nyuci lagi baju lungsuran Kakak, hihihih.. nasib anak kedua ya banyakan dapat punya kakak jatahnya :D

    btw, itu lemarinya rapiiiiii bangeeet :D

    BalasHapus
  10. Uwow ini lengkap bangeeed... Bookmark ah bookmark, siapa tahu dikasih rezeki sama Allah lagi. Hihihi

    Aku nyuci baju serahin sama paksu aja waktu habis lahiran dulu, dia yang nyuci-jemur, aku cuma lipet-lipet doang dan gak dikancing supaya gampang dipake hehe. Btw beneran, perasaan baju bayi itu kecil2 tapi harganya mirip sama baju org dewasa yaaa

    BalasHapus
  11. dan kemudian setelah dibeliin semua itu, si bocah cepet gede dan bajunya dah pada gak muat lg hmmm dilema emak2 emang

    BalasHapus
  12. wih lengkap bener..
    anaknya udh brp bulan sekarang mba?

    BalasHapus