Jumat, 25 Mei 2018

Aqiqahan Putri Kecilku A



Postingan yang sangat-sangat latepost (karena anaknya sendiri sekarang udah menuju 6 bulan, sementara pelaksanaan aqiqahannya waktu dia berumur 40 hari). Cuma sayang aja klo ga diceritain di mari, soalnya aku pengen nulis kenangannya buat dibaca-baca ulang suatu hari nanti hihi...



Ah....hari itu...

Klo diingat-ingat lagi, waktu itu rubes juga ya. Aku yang masih pontang-panting pemulihan pasca caesar, ndilalahnya masih belom plong juga karena masih ada tanggungan aqiqahan yang pelaksanaannya bulak-balik ditanyain keluarga besar. Padahal klo dipikir-pikir keuangan kami waktu itu lagi jor-joran banget--baik itu untuk dana lahiran, slametan 4 bulanan dan 7 bulanan, keperluan beby, dana ngecat rumah, bayar si bibik yang bertugas cuci gosok selama sebulan (aja) pasca aku caesar, dan bla bla bla. Makanya aku sempat yang stress sendiri sangking apa-apanya dipikirin terlalu jauh, padahal sejatinya semua itu ya pasti ada solusinya. Tapi alhamdulilahnya punya partner yang selalu bisa diandalkan dan menjadi sandaran untuk berkeluh kesah karena beliau selalu menanamkan prinsip bahwa segala sesuatu itu cukuplah dipasrahkan pada Gusti Alloh. Kita manusia hanya bisa berusaha, selanjutnya ya percaya aja rejeki itu sudah disiapkan sesuai porsinya. 

“Seandainya kalian benar-benar bertawakkal pada Allah, tentu kalian akan diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. Ia pergi di pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali di sore hari dalam keadaan kenyang.”  (HR. Tirmidzi no. 2344)."




“Jadi ojo dipiker sing angel-angel ndisik, dijalani kanthi senyum, slow,  ikhlas. Yakin kabeh wes diatur karo sing Kuoso sesuai porsinya.” Duh maknyes jadi sejuk atiku setelah mendapat siraman rohani dari Ndoro Kakung mailov...lagipula biar sekalian beres juga kewajiban ngaqeqahin anak. Kan kalo yang ini dah terpenuhi, ntar kewajiban-kewajiban lainnya bisa ketackle satu-satu.

Singkat kata singkat cerita, ujug-ujug udah lewat 40 hari aja. Dan telepon dari sanak famili semakin gencar menanyakan perihal tanggal berapa acara akan dilaksanakan. So setelah rembug keluarga, diputuskanlah aqiqahan digelar pada malam Sabtu, 6 Januari 2018. Kata Pak Su sekalian ama methet alias prosesi potong rambut si Dedek yang akan dilakukan oleh seorang ahli agama yang dituakan di lingkungan. Yawes aku manut aja, karena aku juga baru banget jadi orang tua, jadi istilahnya ya semua-mua blank terus pengenku tinggal terima beres aja #maklum masih fokusnya latian nyusuin dulu kan waktu itu #halesyan. Paling rikuesku cuma satu--acaranya yang ringkes aja, ga usah kebanyakan ceremonial. Cukup sambutan dikit, doa dari Pak Kyai, potong rambut plus sholawatan, makan-makan, bubar.






Waktunya? Tadinya kan aku mikir, apa bikin kayak rang-orang aja ya, maksudnya dalam bentuk pengajian ibu-ibu biasa, asyar dah kelar. Ternyata di lingkungan tempat tinggal Pak Su (baca : kampung halaman), kebiasaan aqiqahan justru sering dilaksanakan pada jam-jam ba'da isya dengan hadirin plus hadirot yang terdiri atas bapak-bapak. Yaweslah, biar cepet beres, eyke manut (walaupun sebelumnya sempat ada acara manyun dulu karena pinginku acara sore kelar--tapi berhubung di kota ngumpulin orangnya rada susah klo masih terpatok sama jam kerja (maklum, mayoritas tamu adalah teman kantor Pak Su yang Sabtu juga kerja), jadi ya tetep ae keputusannya ba'da isya (sing penting nda bikin garuh jadwal nenenku loh ya #tapi setelah acara rampung Pak Su langsung tiyom-tiyom n ngepuk-pukin akoooh sih karena uda nurut en bisa bersikap manis di hadapan tamu-tamu meski dalam ati tau banget biniknya ini emberan introvert parah ketambahan abis lahiran maunya apa-apa yang serba cepet, jadi ga ganggu jadwal nen yang waktu itu masih amat sangat kepayahan huhu...

Menu makan-makannya pun yang simpel aja. Kami sengaja pake jasa katering Mbak Rosi yang nanganin konsumsi waktu acara 7 bulanan. Kebetulan beliau punya kontak yang jualin kambing khusus aqiqah. Jadi simpelnya, setelah dicarikan kambing idup untuk dipotong on the spot, dagingnya bakal dimasakin pake jasa katering Mbak Rosi.




Kebetulan sehari sebelum acara, Mba Rosi juga sangat komunikatif dan langsung updatekan daftar kambing yang ada dengan kisaran harga Rp 1-5 jutaan. Kambingnya macem-macem, baik dari segi perawakan, jenis kelamin, maupun warna. Ya, ada harga ada rupa lah. Klo yang gede tentu harganya di atas rata-rata. Pak Su sendiri pengen nyari kambingnya yang jantan tur gagah. Jadi pantes buat disajikan ke tamu-tamu. Nah, setelah kami deal mau pilih yang mana, Subuhnya kambing tersebut langsung dipotongkan di rumah jagalnya. Baru abis itu dimasak dengan menu utama gulai dan juga sate. Paling tambahan menu lainnya aku pesan snack piringan, bubur merah putih, sama dus-dusan. Sisanya nyari sendiri kayak kacang buat tambahan snack piringan, buah (pisang, semangka, jeruk, salak) dan air mineral.

Waktu Hari-H, alhamdulilah acara berlangsung khidmat. Asyar uda mulai cepak-cepakin segala sesuatunya. Tiker dah pinjem dari Pak RT, buah juga uda borong dari pasar, lantai uda disapu dan dipel, gunungan cucian uda dicuci, undangan juga uda disebar sehari sebelumnya. Bulek dari pihak Pak Su juga ndadak nambahi snack satu lagi yakni mpek-mpek #alhamdulilah rejeki anaq sholeha ya amiiin ehehe. 









Untuk buah (khususnya pisang), sengaja rikues pisang yang mungil aja karena pengalaman pas 7 bulanan kemaren pakenya pisang ambon yang klo diliat-liat kok ya kegedean di piring wahaha. Jadi biar keliatan manis, akhirnya kami pilih pisang mas aja. Beli kurleb 1 tandan, uda terdiri dari berbelas-belas sisir pisang. Buah lain buat genep-genep ada semangka, jeruk, sama salak.

Ba'da Isya tamu dah kumpul. Sambutan dikit dari Pak Su selaku tuan rumah (jieee jieeee...dia bangga banget kayak anak bebih waktu nunjukin teks sambutan pidatonya ke aku karena berasa uda sah memproklamirkan diri sebage ayah di hadapan para tamu bapak-bapak, wkwk).  Terus ampe diulang-ulang pula waktu acaranya dah kelar tapi dibacainnya di hadapan binik imoetnya ini. Terus abis itu doa dari Pak Kyai, sholawatan sambil ngiderin Asyiq buat dipotongin ujung rambutnya (alhamdulilah anaknya anteng banget, melek tapi ga rewel), makan-makan, kelar. Fyuhhhhh.....lega....
























Review Katering Mbak Rosi :

Amanah
 Snacknya variatif dan enak-enak
Sate n gulainya beneran manteb banget sampe abis tak bersisa padahal udah dimasakin satu dandang gede, kata tamu-tamu sih enak bangeeeeet
Harga bersahabat banget

Sayang foto pas cukurannya malah ga ada. Hawong minta tulung fotoin temen Pak Su yang ada malah dipencetin tombol video. Jadi dokumentasi aslinya cuma video  dengan durasi yang puanjaaaaaang banget. Oawaaaaalah kitorang kan blogger qaqaaa bukan vlogger hahaha #kraiiii....