Selasa, 19 Maret 2019

Pregnancy Diary : Cerita Kehamilan Anak Kedua Trimester 1,2,3



Jadi, sesuai ama judulnya, maka kali ini aku akan menulis tentang pengalaman hamil anak kedua yang baru sempet aku ceritain sekarang. Karena seperti biasa, klo nulis tentang kehamilan tuh aku beraninya jika dan hanya jika anaknya uda dilahirkan ke dunia. Makanya pas hamil kemaren ga banyak cerita ini itu karena yah itu tadi, parno klo cerita-cerita sebelom lahiran. Biasalah, wanita hamil kan sukanya mikir yang ga-ga, ye ga hihihi. Jadi untuk meminimalisir pikiran aneh-aneh tadi, maka sementara aku 'keep' sampai beneran resmi brojol sehat sempurna tanpa kurang suatu apapun.




Pada suatu ketika, di awal tahun, dimana aku baru saja selesai kontrol post SC yang terakhir, terjadilah percakapan berikut antara kami dengan Pak Dokter.

Dokter : "Oke ya, rahim Mbul uda kecil lagi. Uda bagus ni ukurannya. Uda kuat." (Sambil nyak-nyuk-nyak-nyuk ngarahin alat usg ke arah perutku yang uda mulai rataan).

(Dalam hati bertanya, uda mirip perutnya Jeniffer Bachdim blom Dok?) Terus samar-samar terdengar jawaban, cencuuuw saja tidak Maliiiih.

Krik..

Kriik...

Kriiiik...

Oke aku yang halu. Lanjut lagi ya percakapannya.

Dokter : "Gimana ? Kira-kira mau langsung pasang KB sekarang apa ga ?"

Aku dan Pak Su sepakat menjawab : "Blom dulu Dok. Sementara pake alami dulu".

Badan belom siyap klo dipasang-pasang sesuatu. 

(Uda pede bae dong kami ga kepikiran bakal langsung hamil karena pengalaman sebelomnya juga buat hamil aja lama).

Dokter : "Beneran nih? Tapi ntar klo 'jadi' tetep dijadiin aja loh ya, hahahhaha."

Aku dan Pak Su cuma mesam-mesem aja. Walau dalam hati berkata, "Ah mosok sih bisa langsung auto hamil lagi ?"

Sepertinya ku masih sangsi.

Aku : Emang uda isa hamil lagi gitu Dok klo kondisinya baru rampung SC gini?

Dokter : Ya bisa lah. Ada tuh kejadian di pasien saya, abis kontrol post sc, beberapa minggu berhubungan tanpa kontrasepsi ya bisa langsung hamil".

Aku : "Oh ya? Aman gitu dokter ?"

(Kok gw jadi ragu gini ya, tapi muka-muka Pak Su seperti malah mengaminkan klo seandainya gw hamil lagi).

Dokter : "Makanya kira-kira mau pasang sekarang ga?

Aku dan Pak Su malah pandang-pandangan galau, tapi beberapa menit kemudian sepakat ngejawab : "Sementara mau coba alami dulu deh dok, pake sistem kalender."

Dokter : "Oke deh, tapi ntar klo 'jadi' beneran tetep dijadiin aja ya, hahahhaa.."

AHSYIAAAAAAP (KATA ATTA HALILINTAR #EH)

Dan benarlah apa yang diprediksikan oleh Pak Dokter sebelumnya.

Dikarenakan aktivitas kimpoy yang terlampau heboh, maka beberapa bulan kemudian didapatlah tespek garis dua setelah adanya tanda-tanda kehamilan. Pusing-pusing, lemes, pokoknya aneh deh. Tapi bukan pusing biasa. Pusingnya kayak pas pusing hamil A. Itu artinya akan ada adik baru buat anak w yang kala itu masih berusia 5 bulan. Alemooong....monmaap pembukaannya rada-rada konslet karena uda lama ga ngeblog, jadi masi meraba-raba dulu kayak gimana pemanasannya. Hmmmm... 

Oh ya, kejadian hamil kesundulan ini tadinya berawal dari the power of kata-kata. Jadi sebelum berhasil melancarkan serangan gombal-gambilnya, Pak Su sempet ngeledek aku yang kira-kira bunyinya begini ni :

Pak Su : "Kali dirimu masi kangen ama dokter Iwan Ma (ini artinya gw dikode suruh hamil lagi apa ya, terus kontrol-kontrol lagi ke dokter Iwan ?)".

Gw : "Pa inget lho Pa, A masi 4 bulan ini..."

Pak Su : "Selow Mbul...selow."

Gw : "E tapi beneran, ntar nyusuinnya jadi kacaw loh Pa. Rempong akutuuuu...

Pak Su : "Santaaaay..." (e tapi tetep ae grasak-grusuk-tek dung jes-jes-jes, nyampe akhirnya beberapa minggu kemudian eke tespek lagi dan didapetlah garis dua pada tespek itu, omegod antara shyock dan ga percaya.)

Tapi karena uda terlanjur basah, yaudah diputuskanlah buat memastikannya ya ke dokter lagi. Apakah jadi hamil atau cuma penebalan dinding rahim.

Singkat kata, masuklah ke sesi trimester, 1,2, sampai 3 di kehamilanku yang selanjutnya ini. Eke bikin part-part aja ya, biar gampil bacanya.

Cerita Kehamilan Trimester 1

8 Mei 2018 (Pertama kali kontrol setelah testpack positif)

Abis ditimbang tensi (BB : 52,8 kg, tekanan darah : 120/80), kucluk-kucluk-kucluk datenglah kami ke ruang obgyn dengan hati dag-dig-dug duerrr gubrag gubrag gubrag jeng-jeng-jeng. 

Masi sangsi, antara beneran hamil atau ga. Hamil atau cuma penebalan dinding rahim. Tapi pas ditespek berkali-kali, 2 garisnya terang semua je, ga ada samar-samarnya sama sekali. Jadi ya haqqul yakin. Pasti beneran hamil nih. 

Kebetulan waktu itu juga sekalian abis vaksinin A PCV dan rotavirus ke dokter Ariz Pribadi, jadi pulangnya bisa langsung mampir ke poli obgyn dokter Iwan buat mastiin bener ga-nya hamil (lagi). 

Pas ketemu ama dokternya, beliau kayak pasang muka bingung. Antara main tebak-tebakan, ini Mbul mau konsul apa ya kira-kira ? Keluhan pasca SC kah? Uda haidkah? Atau apa ?

Dokter : "Hallo Mbul, hallo Mas, apa kabar? Gimana, ga ada keluhan kan post SC-nya?"

Aku : "Ng....nganu Dok, sebenernya kemaren saya tespek lagi dan tau-tau garis dua. Itu apa ya....?" #Pasang wajah tanpa dosa.

Dokter sejenak bingung. Buka-buka catatan relam medikku, terus kayak nyari-nyari sesuatu.

Dokter : "Hphtnya kapan ya ?"

Aku : "Belom sempet haid dok dari kontrol post sc terakhir itu."

Dokter : "O belom sempet haid?"

Aku : "Iya Dok."

Dokter : "HAAAH BLOM SEMPET HAIDH ?" (DENG ENGGA INI AKU YG ISENG MAININ CAPSLOCK).

Dokter : "Tuh kan bandel sih hahaha.... Ayok deh langsung aja kita liat. Beneran jadi apa ga nih. Tapi klo beneran jadi, kita jadiin aja loh ya."

Ahsiaaaaaap !

Lalu aku di-USG transvaginal, dan ternyata di layar monitor uda terdapat kantong kehamilan dengan uk : 4-5 week. Belom terlihat detak jantungnya sih. Tapi kata dokter uda jadi nih. "Selamat, beneran hamil. Tapi kita tunggu aja 2 minggu lagi, kira-kira uda ada detak jantungnya apa belom? Klo  udah berarti normal. Good condition. Klo ga ya nanti dia akan stag dan ga sesuai umur kehamilannya, kayak pas BO dulu. Mudah-mudahan sehat dan kuat ya." 

Jadi pulange aku langsung diresepin Folamil genio dan Thrombo aspilet. Klo rasanya sendiri sih waktu itu belom begitu kerasa ya. Belom mual muntah juga. Ya berasa kayak orang biasa aja gitu. Dan itu sempet bikin aku kuatir lantaran pernah ada riwayat hamil ga berkembang dengan gejala ga ada mual muntah sama sekali. Tapi untung aja abis itu ditenangin ama dokter klo mual muntah itu biasanya dateng di uk 7-8 week, jadi tenaaaang nda sah khawatir....Insyaalloh semua sehat.  

Dua minggu kemudian, balik lagi buat mastiin ada detak jantungnya apa ga. Abis ditimbang tensi (tekanan darah : 120/70), diriku langsung ngadep ke dokter karena ada keluhan flek selama 2 mingguan. Intensitas fleknya masih agak jarang sih, namun tetep aja bikin takut karena kan masih hamil muda banget. Tapi setelah di-USG trans v, uda keliatan detak jantung janinnya yang ditandai dengan adanya kedip-kedip putih di layar USG, jadi insyaalloh 'jadi'. Berkembang sesuai umur kehamilannya. Paling saran dokter sih banyakin istirahat aja. Jangan sampai kecapekan. Obat masih tetep lanjutin Folamil Genio dan Thrombo Aspilet.

Balik ke dokter lagi karena kali ini ngefleknya lumayan banyak. Hampir tiap abis aktivitas pasti darahnya ngalir kenceng. Kayak haid hari pertama gitu. Warnanya pun merah tua dan sesekali kayak keluar gumpalan-gumpalan. Uda gitu rasanya mules-mules terus. Walau di tahap ini mual, muntah, dan pusing uda kerasa banget. 

Karena takut kenapa-napa, akhirnya ngadep dokter lagi buat mastiin. Abis timbang tensi ( tekanan darah : 120/80), curcol ke dokter karena takut banget kalo sampe BO lagi, lebih buruknya keguguran. Trauma. Tapi begitu diusg transvaginal, ternyata semua baik-baik aja. Ga kenapa-napa. Malah uk sesuai umurnya yaitu uk 8-9 week, hati ngedadak langsung lega. Plong rasanya.

Paling karena memasuki awal Romadhon dan buat meminimalisir BO dan juga keguguran berulang, maka dokter menyarankan untuk jangan puasa dulu klo kondisi ga fit. Klo sehat mah silakan aja. Cuma kita kan yang bisa mengukur diri. 

Jadi sementara emang aku ga puasa alias bolong 30 hari. Diganti dengan pilihan membayar fidyah. Udah gitu pada fase ini aku juga terpaksa sapih kakak dan menggantinya dengan susu formula karena tiap kali nyusuin selalu kontraksi dengan intensitas flek yang sering (alasan medis). Jadi biar babynya berkembang dengan baik, ga kejadian BO lagi kayak pas hamil pertama, ya aku manut aja apa saran dokter. 

Untuk kontrol kali ini Folamil Genio dan Thrombo aspiletnya masih tetep suruh lanjut.

Bawaannya mual plus ga nafsu makan. Terus pas kontrol tensi masih normal sih yaitu 120/80. Di sini, USG uda pake yang USG perut dan pas dicek ternyata uda uk 13 week. Kata dokter perkembangannya bagus semua. 

Obat masih tetep konsumsi folamil genio dan thrombo aspilet. Thrombo aspilet ini semacam pengencer darah yang dimaksudkan agar sari-sari makanan yang kita makan bisa terserap dengan baik oleh janin. Jadi meminimalisir BO juga.

Cerita Kehamilan Trimester 2

Kontrol selanjutnya di uk 16 week dilaksanakan sehabis pulkam lebaran. Tekanan darah juga normal 120/80 walau ga bisa dipungkiri fisik cenderung gampang lelah di kehamilan yang ini. 

Keluhan lain ada keputihan sedikit yang menyerupai serpihan-serpihan tissue dan lumayan gatal. Obatnya diresepin canesten ovule yang dimasukkan lewat miss v tiap kali jelang tidur. Obat lain tetep konsumsi folamil genio dan thrombo aspilet. 

Oh ya, di uk ini klo ga salah debay juga uda mulai nendang-nendang gitu deh. Lucu banget. Berasa kayak sensasi tersendiri pas merasakan tendangan itu. Jadi kangen tendangan bayi lagi kan #eh.

Di kehamilan yang ini, ML juga pernah (pokoknya ga separno pas kehamilan sebelumnya, asalkan dikeluarinnya di luar karena cairan sperma memacu kontraksi).

Pantangan makanan ga ada. Kata dokter boleh makan apa aja kecuali makan batu *tu kan dokternya nglawak lagi haha. Etapi iya bener, kata dokter sih boleh makan apa aja. Even itu sate, mayonaise, pempek yang ada cukonya, de el el, dengan catatan jangan berlebihan. Dan juga jangan kebanyakan baca  artikel google yang blom tentu jelas siapa penulisnya.

Ga ada mual muntah sama sekali. Beda banget ama pas hamil kakaknya yang minum aja langsung keluar lagi. 

Pas kontrol, semua oke. Tekanan darah : 120/80. Uk uda masuk 19 week. Terus dibecandain ama dokternya. Katanya, "Uda penasaran belom ama jenis kelamin debaynya". Of course jelaaas dong Dok. Lalu perut aku digoyang-goyang aka diuyeg-uyeg biar posisi si debay muter dan memperlihatkan jenis kelaminnya. 

Terus kata dokter : "Wah mantab nih, lengkap. Bakal sepasang ini. Dedeknya cowok. Tuh ada monasnya." Kyaaaaa....seneng banget banget banget. 

Terus kata si dokter juga kayaknya yang ini bakal ndut deh, terbukti waktu dicek ukurannya uda gede aja debaynya. Pokoknya beda ama si kakak yang lahirnya mungil banget yaitu hanya 2,7 kg, ehehhe... abisnya aku hobi ngemilin es sih di kehamilan yang ini. Ya es degan alias es kelapa muda, es teller, es krim, es jus, dll. Klo ga minum es tuh rasanya belom terobati rasa hausnya. Mana kan emang kerasanya kek haus terus gitu. Jadi everyday is an es day haha. Tapi ga papa lah ya, wong ntar bakal SC juga lahirannya. 

Untuk obat masih konsumsi folamil genio & thrombo aspilet.

Tekanan darah : 120/80. Di Uk : 24 week ini, kami juga sempet babymoon tipis-tipis ke Bogor yang cerita lengkapnya uda aku tulis nanti. Sebenernya ga babymoon juga sih. Tapi ada keperluan buat nganterin uti diklat ke Bogor. Jadi sementara uti dines, kami capcus jalan-jalan. Pengen nginep juga buat penyegaran suasana (padahal aslinya pend ngajak jalan-jalan si kakak buat liat rusa di Kebon Raya). Ya walaupun jujur aja pegel banget waktu duduk di dalam mobil selama beberapa jam. Padahal cuma Tangerang-Bogor. Tapi karena pengen sekalian nostalgia pas masih pacaran, ya akhirnya ya hayuk aja jalan. Pak Su ngambil cuti 1 hari.

Obat : Folamil Genio, Thrombo aspilet

Cerita Kehamilan Trimester 3 

Tekanan darah : 120/80. Uk : 28 week. Uda mulai engab dan kadang ngos-ngosan. Kayak terengah-engah gitu deh. Tapi tetep kudu setrong sebab semua-mua bab ngopeni A masih aku yang pegang. Ya paling minta tulung ama Papanya, pas mandiin atau nyebokin doang (itupun sekali pas sebelom beliau berangkat ngantor) karena takut licin klo njunjung-njunjung bayi sampai ke kamar mandi.

Obat masih konsumsi : Folamil genio, thrombo aspilet.

Kali ini perutnya keliatan tambah maju banget. Mungkin karena hamil anak cowok kali ya, jadi perut maju kayak semangka. Bulet gitu lah. Klo pas hamil anak cewek kan mbleber perutnya. 

Tekanan darah masih normal sih walau rada drop yaitu : 100/70. Mata juga suka gliyer kayak ngeblur gitu lah. Pas kontrol uk uda : 31-32 week. Kata dokternya, beneran deh debaynya kali ini endut. Dijamin pas lahiran bisa 3 kilo lebih nih. Ulala....ahahah.

Oh ya, di akhir tm 2 ini, kami juga uda daftar tabungan ibu hamil di RS Hermina Tangerang. Caranya yaitu dengan membayar deposit sebesar Rp 10 juta. Ntar sisanya tinggal dibayarkan pas Hari-H SC.  Klo ditotal-total ya sekitaran 17 juta untuk kelas 3. Jadi masih ada sisa Rp 7 juta. Tujuannya sih biar pas pulangnya dikasih cashback sebesar Rp 700 ribu. Lumayan kaaan. Ketimbang pas bayar on the spot pesen kamar, jatohnya ga dapet kortingan hehee.

Obat masih tetep : Folamil genio dan thrombo aspilet.

Kata Pak Suami aku makin keliatan seksi. Di uk segini, strechmark ungu-ungu juga uda mulai nampak menghiasi betis. Kadang pas mau berdiri juga rasanya sakiiit banget. Kaki pegel bianget. Kayak kram-kram gitu. Garis item di bawah dada, perut, sampai atas area V juga makin jelas. Terus yang membedakan hamil ini dengan yang sebelumnya  adalah wudel ngedadak jadi bodong banget. Ampe nyeplak gitu klo pas pake baju gamis. Dan ini yang kemudian jadi bahan bullyan Pak Su saking seksinya ini udel bodong aku kala itu. Omegod....omegod...

Obat masih terus konsumsi : Asta Plus, Thrombo aspilet

Uda deket-deket jadwal lahiran. Uk-nya uda : 35-36 week. Tendangan debay makin kenceng dan intens. Bahkan perut sesekali seperti ada sensasi bergelombang-bergelombang gitu. Klo berdiri agak lamaan, posisi bayi juga kayak yang  ndungsel-ndungsel area bawah. Jadi tu lumayan ngilu juga takut keburu mbrojol karena kan kami uda rencana SC dari awal. Jadi sebisa mungkin jangan sampai ada pembukaan alias mules-mules. 

Kontrol juga uda diberlakukan per satu mingguan. Tekanan darah : 120/80. Alhamdulilah normal. Ga tinggi lagi kayak dulu. Klo tinggi kan takutnya pre eklampsia. Namun karena pas ambil hasil lab, HB-ku rendah, maka aku dipeseni untuk banyak mengkonsumsi jus bit biar pas SC ga sampe dilakukan transfusi. 

Uda gitu, karena Berat Badan Janin (BBJ) gede, maka Thrombo aspilet yang selama ini rutin dikonsumsi, saat itu juga uda mulai distop. Begitu pula dengan Folamil Genio. Gantinya adalah folda. Ya semacam vitamin juga sih kata dokternya. 

Di uk ini juga sekalian daftar dokter anestesi biar pas hari H -nya ga gitu kemrungsung.

Tanggal 31 Uti dan kakung (bokap nyokap gw) kami datangkan langsung dari kampung buat sementara jagain kakak A di rumah selama aku dan bapaknya sibuk ngurus lahiran. Alhamdulilah pas malam tahun baru mereka uda nyampe dengan diantar oleh kakak karena sebelumnya nginap semalam di sana. Sengaja beliau kami impor h-1 sebelum operasi, supaya beliau bisa latihan dulu  gimana cara mandiin A, bikin susu, nina boboin, dll karena tanggal 1-nya itu aku uda harus nginep buat CTG. Jadi biar tenang istilahnya dan aku bisa fokus operasi. CTG ini dilakukan buat memastikan kembali gimana kondisi terakhir si debay sebelom besokannya bakal dilahirkan. 

Masuk ruang CTG bareng ibu hamil lain, dan di sana langsung berasa nostalgia kayak pas CTG Kakak A. Bedanya, yang sekarang ini hasilnya bagus, belom ada kontraksi maupun bukaan jadi alhamdulilah uda boleh nginep di kamar pasien. Klo pas hamil Kakak kan dulu uda ada kontraksi, jadi musti ada aktivitas ngecek bukaan yang mana ngilunya bukan main. Terus semalaman harus nginep di kamar CTG pula yang tentu aja kurang bisa merem dengan nyaman. Nah, klo yang si adik ini kan uda langsung bisa oper ke kamar rawat. Tapi sebelumnya suruh makan dulu deng ama nasi goreng RS buat selanjutnya bakal puasa sampai tiba masanya operasi.

Operasi caesar yang kedua. Cerita selengkapnya tungguin aja ya...

Bersambung ...