Kamis, 09 Maret 2023

Review Ayam Goreng Suharti




Salah satu kuliner ayam goreng yang Mbul suka itu ya Ayam Suharti. Karena ntah kenapa bumbunya itu cocok. Kremesannya apalagi. Melimpah bertaburan di atas ayamnya. Ayam goreng Suharti pertama yang aku coba sebenarnya yang ada di Tanah Abang. Itu pas masih pacaran ama Bapaknya anak-anak. Waktu ngapel, Pacar (sekarang dah jadi suami) ngajakin maemnya di Ayam Suharti belakang Tenabang. Tapi berhubung yang tergress adalah ke Ayam Goreng Suharti yang Cabang Pesanggrahan, maka yowes lah yang ini aja yang aku ulas ulang. Kenapa ditulis ulang? Karena waktu itu nulisnya kecampur ama acara jalan-jalan ke sunatan saudara detik-detik jelang tahun baru (31 Desember 2022 detik-detik mau Tahun Baruan). Jadi biar lebih concern aja, maka aku tulis ulang.




Ayam Goreng Suharti Cabang Pesanggrahan Jakarta Barat 

Nah, sore-sore setelah ke sunatannya keponakan, Suami ajakin aku dan anak-anak makan di Ayam Goreng Suharti Pesanggrahan ini. Ini h-1 tahun baru 2023. Jadi ngepasin banget sore menuju tiup terompet dan jalanan Jakarta dipastikan bakalan macet. Kebetulan waktu itu abis ujan, tapi masih ada sisa gerimis dikit sih, jadi halaman depan masih basah. Tapi ga mengapa, karena Pak Satpam langsung sigap menyodorkan payung untuk memayungi kami sampai halaman depan area restonya.

Begitu masuk, wow.. kutercengang karena area restonya sangat apik. Kesan klasik yang elegan langsung tergambar jelas dari sisi desainnya yang dipenuhi dengan interior Jawa. Juga berbagai pajangan yang ketok mriyayeni beserta foto sang empunya resto dan tokoh-tokoh penting.
























Ada pula akuarium arwana yang tampak sliwar sliwer di tengah ruangan diantara meja kursi makan. Kesemuanya tampak elegan. Kursi kayu beneran. Bahkan ada beberapa kursi yang dikasih sarung kursi segala layaknya kursi di acara hajatan. Mewah sih menurutku vibe resto yang Cabang Pesanggrahan ini. 

Menu khasnya sendiri selain ayam adalah gudeg. Gudeg nangka manis, telor pindang, dan krecek pedes. Tapi selain daripada itu Suami juga pesankan lodeh ndeso, ati ampela kremes, tahu tempe goreng, dan minumannya. Menu segini banyak untuk 2 dewasa dan 2 balita emang ga abis sih akhirnya dibungkus sebagian ayamnya buat maem di rumah. Tapi puas banget maem di sini. Kesemuanya enak.

Ayam gorengnya empuk. Tulangnya sampe lunak gitu karena mungkin dipresto kali ya. Tapi kulitnya gurih golden brown banget. Apalagi kremesannya berlimpah. 

Gudegnya ini manis keset. Aku suka banget ama gudegnya. Manisnya itu nagihin. Apalagi kalau disiram areh santan kentalnya pasti tambah nikmat. Kalau mau tambah lauk Suami biasa pesen kepala ayam ingkung juga. Kalau ga ya telor pindang manis kesukaannya si Kakak dan Si Adik. Nah, kalau pengen pedes, bisa banget tambahkan pelengkap krecek.




















Ati ampela kremesnya juga digoreng garing dan penuh dengan kremesan. Bumbunya remesep banget. Adapun tempe tahu gorengnya digoreng garit ya alias tanpa tepung. Ada bonus ceplusan cabe cengisnya juga.

Lodehnya juga sedep pol. Lodeh khas ndeso yang ada bumbu asapnya, cuma ini lah yang bikin enak. Isiannya itu ada tempe, kacang panjang, terong, dan cabe ijo. Sedep banget disruput-sruput kuahnya karena pakenya santen kelapa asli.





















Ayam Goreng Suharti Cabang Kutoarjo (Kenangan pas Hamil Adik J dan Kakak A masih 6 Bulan)

Nah, kalau yang maem di Ayam Goreng Suharti Cabang Kutoarjo ini lha baru pas hamil si Adik beberapa tahun lalu. Ini pas si Kakak masih belum ada setahun alias masih umur 6 bulan hahahah...

Mampir ke sini tuh waktu kami mau ke rumah Prb deh. Jadi buah tangannya, Suami cetuskan ide bagaimana kalau ke Suharti aja Mbul. Okey deh kita let's go ke Suharti. Jadi ayam goreng dan gudegnya minta dibungkus. 

Sebenernya Ayam Goreng Suharti Cabang Kutoarjo ini sedari Aku kecil udah sering aku lewatin pas dibonceng Bapak nderek mulang ke sekolahan. Kan biasanya aku sering dibawa ikut ke sekolahan tuh nungguin Bapak mulang. Ya aku suruh nunggu di kantor guru sih. Nah sebelum sampe ke tempat Bapak ngajar, liwatlah kami di depan Ayam Goreng Suharti Cabang Kutoarjo dengan posisi setelah Klepu kalau dari arah Kebumen ke perempatan Kutoarjo. Yang ini RM-nya lebih mirip kayak rumah gitu. Sebab catnya putih dan ada plangnya gede banget di depan halamannya yang luas. Kalau dari jalan raya keciri khas banget karena beneran keliatan. 


















Tapi aku baru bisa mampir ke sini ya pas moment pulkam dan sedang hamil si Adik J, kala Kakak masih 6 apa 7 bulan gitu, lupa...tapi yang jelas beli ayam dan gudegnya jadinya dibungkus. Rasanya juga enak loh. Sama enaknya kayak yang di Cabang Tanah Abang dan Pesanggrahan. Ayam kampungnya seekor gede. Kremesannya melimpah dan gudegnya manis, legit dan keset. Suka banget pokoknya ama Ayam Goreng ini. Makanya dia jadi salah satu comfort food culinaryku kalau pas lagi mentok keluar dan bingung mau makan apa hihi..


Tidak ada komentar: