Senin, 05 Oktober 2020

Gunung Seberang Sekolah (Part 1)



Bangun tidur suara udah menjelma bagaikan kodok. Mungkin karena kebanyakan minum es, jadinya serak-serak betjek basah. Daaaaan karenanya aku jadi teringat bahwa di blog ini aku jarang banget cerita tentang jaman SMA. Waktu itu aku termasuk jajaran siswi yang kalem. Bukanya syumbung, tapi alhamdulilah rangking 1-2 terus tiap unggah-unggahan kelas maupun semesteran. Juga gemar pergi ke perpustakaan. Sering juga diajukan lomba olimpiade astronomi atau biologi di tingkat kabupaten tapi berakhir dengan kekalahan yang aku bilang sih ga pa pa. Karena itu cuma buat refresing saja. Buat kabur sementara dari pelajaran matematika dan kimia dalam kelas yang gurunya suka nyuruh siswanya maju ke depan buat ngerjain soal yang sulit, juga pengen numpang makan snack di sekolah tetangga yang jadi tuan rumah lombanya. Lumayan kaaaan, snack kotakannya isinya gendut-gendut semua. Ada arem-arem gendut, ada kue potong gendut, ada risol gendut atau pastel gendut, sambil ga lupa nyeplus lombok ijo yang sakgede 'hoh-hah' #halaaaah. Jadi bisa anteng deh Beby Mbul kalau udah disodorin ama snack kotakan lomba. Lalu urusan ngejawabin soal-soal olympiadenya mah aku pake perasaan aja. Kiranya ada soal pilihan ganda kuitunginlah, kira-kira sekian nomor yang jawabannya A semua, sekian nomor yang jawabannya B semua, sekian nomor yang jawabannya C semua, begitu pula D, E, dan seterusnya. Kalau ketemu soal essay baru lah amsyong. Hahaaaa.... 






Terus pas SMA aku juga ga pernah pacaran soalnya baru ketemu Pak Suaminya itu jaman-jaman kuliah tingkat skripsian. Sebenernya kami itu satu SMA, cuma ga pernah ketemu. Aku kan masih SD unyuk-unyuk waktu Pak Suami udah SMA. Jadi kalau dibayangkan andai ketemunya pas aku SD dan dia uda SMA mungkin lucu kali ya ahhahahhahahahha. 

Balik lagi tentang selama sekolah aku ga pernah pacaran, padahal teman lain udah bulak-balik ganti pacar. Dan itu membuatku sedikit ngerasa agak ngenes ya. Bukan agak lagi. Tapi ngenes aneeeth sampai ku biasanya pengen cirambai. Sebel banget hahaha... Tapi cuma ditahan-tahan dalam hati tak pernah diungkapkan. Walaupun, sebenernya beberapa kali ada yang mencoba mendekati (((katanya))), tapi dasarnya si Mbul anaknya cupu jadi ya ga ngeh. Atau pura-pura ga ngeh?. Daaaaan..selama 3 tahun SMA itu ya akhirnya aku jombloooooo terus nyampe kuliah tingkat akhir. Sebelumnya pas SMP dan SD juga aku jomblo trus loh.. Eh tapi jangan salah loh jaman SD ama SMP gw, teman-teman itu udah pada pacar-pacaran loh, serius....dan cuma aku sendiri yang ga punya gandengan hahahhaha....Tapi ya begitulah bisa dikatakan aku emang anaknya polos bin lugu. Jadi kalau ada yang naksir, aku pura-pura ga tau #eeehhh...... Dan karenanya mantan pacar aku cuma Pak Suami doang wkwkw. (((Jadi ingat slogan  justi just for me #sambil puterin soundtrack No Airnya, Jordin Spark with Chris Brown : D)))).

Oh iya, ngomongin jaman SMA, aku paling ga suka ama pelajaran olahraga. Dari SMP sebenernya aku ga suka pelajaran ini. Sungguh aku males kalau uda ketemu pelajaran olah raga. Bukannya apa-apa. Tapi karena aku ga jago olah raga jenis apapun, jadi aku males. Ga lari, ga voli, ga basket, ga lempar cakram atau tolak peluru, aku nyerah. Lompat tinggi biasanya aku cuma nyungsep di bak pasirnya doang yang untung aja ga ada mbelek kucingnya wkwkwk. Loncat jauh? Kalau pas kebetulan loncatannya di atas rata-rata, ndilalahnya kok ya pas dis alias nginjek kesetnya itu posisi ujung kaki udah di luar garis. Jadi akhirnya musti ngulang lagi dan pada akhirnya di loncatan kedua cuma bisa loncat kodok buntel aja di deket-deket bak pasir awalnya. Udah gitu nilai mata pelajaran olah ragaku ini selalu bikin rusak pemandangan keseluruhan nilai raport. Kalau pada mata pelajaran lain aku bisa dapat nilai 9 atau 8, maka nilai olahragaku cuma bisa dapat 7. Itupun mungkin karena Pak Gurunya kasihan, wkwkkw. Beda ama Pak Suami yang lebih menonjol di bidang olah raga terutama olah raga lari yang bahkan pernah didapuk menjadi peserta lomba lari segala. Tapi setelah kuperhatikan emang  kakinya kecil sih dan panjang jadi kalau lari ya seperti kijang, wkwkwk. Beda ama aku yang kalau ada olah raga lari pasti ujung-ujungnya malah nyegat angkot (((nyegat angkot))). 

Iya, jadi kan SMA ku itu mepet dengan jalan raya yang mau ke arah Wadaslintang tuh. Nah kalau ada agenda olahraga lari pasti rutenya itu udah di-set sampai ke daerah Mulyosri yang mau ke arah-arah tanjakan Gunung Kempreng. Sebenernya lerengnya itu udah kelihatan dari seberang SMA dimana di sana terdapat rumah salah satu guru IPS kami yang juga merapel usaha kos-kosan cowok. Tapi emang kuakui lebih kelihatan dari Mulyosri Gunung Kemprengnya. 

Nanti, dari sekolah, siswa akan disuruh lari mengikuti track yang sudah ada dan bakal diitungin pakai stopwatch. Biasanya rutenya itu diharuskan melewati Sembir Kadipaten hingga perbatasan depan masjid Mulyosri. Nah di deket-deket situ ada satu gunung kecil yang berseberangan dengan posisi SMA dan biasanya jadi rute wide game kami saat ada agenda kemah baik dari ekstrakurikuler Pramuka maupun PMR. Kami biasa menyebutnya Gunung Kempreng (seperti yang uda aku sebutkan di paragraf sebelumnya), walaupun sebenernya itu bukan gunung sih, melainkan kayak bukit kecil aja. But, ngomongin masalah wide game dari 2 ekstrakurikuler itu ntar lah ya ceritanya di part ke 2-nya. Sekarang saatnya mbahas larinya dulu. 

Jadi yang kuceritakan ini bukan tipe-tipe lari jarak pendek aka lari cepat atau sprint ya. Mungkin terhitungnya masuk lari jarak jauh kali ya soalnya ada berkilo-kilo sendiri untuk bisa mencapai garis finishnya. Dan karena larinya berseberangan dengan jalan raya, maka kami harus hati-hati banget biar nda sampai keluar jalur sebab di situ juga jadi tempat hilir mudik angkot yang mau ke arah Padureso kalau ga Pejengkolan. Juga dokar atau delman yang masih banyak beroperasi, jadi kalau pas lari itu mata kudu tetep awas biar nda sampai nginjak ranjawnya (tau kan apa itu ranjaw kuda? wkwkkwkwk) .... Terus biasanya juga slisiban dengan orang pasar. Jadi emang banyak banget aral lintangnya. Walaupun kalau pagi-pagi juga aku ngerasa seger banget karena kanan kiri jalan masih ditumbuhi pohon-pohon rindang selain tracknya yang semakin meliuk-liuk dan menanjak. 

Kalau anak-anak cowok mah cepet nyampe depannya. Abis ancang-ancang lari langsung wush wush wuuuush cem naik awan kinton. Yang cewek juga ada sih yang bisa ngetril larinya, tapi itu bukan termasuk Beby Mbul aka admin blog ini. Soalnya Beby Mbul mah larinya kayak keong. Luambaaaaaaaaaat banget. Sebentar lari, sebentar jalan. Padahal biar ga cepet lelah aturan larinya kudu yang stabil aja ya kan, asalkan konsistain tau-tau tar juga nyampe finish. Sedangkan aku? Kadang cepet, tapi kadang juga banyak jalannya. Ga jarang mandeg dulu di warung kelontong buat beli es lilin atau es limun. Terus larinya sambil ngemut es lilin kalau ga nyedot es limun karena saking hausnya. Wkwkkww....Sialnya, baru aja aku sampai di pertengahan jalan yang menjadi rute larinya, eeeeh dari arah berlawanan rombongan anak cowok dan cewek yang udah start duluan jauh di depanku ternyata udah pada menuju posisi balik. Laaaah, aku ketinggalan kereta sendiri ini. Mana biasanya aku keri dewe lagi. Jadi udah kayak anak terwelu ilang di tengah jalan. Dengan kaos olah raga dan training yang udah bau acem macam jeruk sunkiss ehhh sunkist juga rambut yang udah awut-awutan ga keruan (soalnya jaman SMA kan aku belom kerudungan ya), aku lari sendirian sambil menahan sakit pada perut bagian kiri. Iya, kalau lagi lari, perutku itu ntah kenapa tiba-tiba suka agak perih-perih gitu pada bagian kiri, huhu. Udah sering ngalamin sejak jaman SD, tapi aku ga tau kenapanya, ga pernah diperiksain, tatud. Jadi niat hati pengen lari cantik kayak adegan slow motion di film-film dengan rambut kuncir kuda yang melambai-lambai diterpa angin, ehhh yang ada malah kayak abis bangun tidur dan rambut dalam keadaan diacak-acak hahha...sueeee #kadang kalau ketemu rombongan cowok dari sekolah lain yang terkenal ndugal juga suka disuit-suitin, hasemb lah pokoknya. Tapi mau ga mau acara lari harus segera dituntaskan juga sebab memang bakal jadi nilai praktek kami untuk mata pelajaran penjaskes. 

Maka dari itu dengan sekuat tenaga aku kerahkan semua kekuatan bulan agar bisa sampai ke garis finish karena yang lain pada arah balik semua. Nanti begitu nyampe finish, paling aku cuma diketawain Pak Guru olah raganya karena seperti biasa si Nita kan paling lelet skill mlayunya. Hahaha....tapi mungkin karena melas, jadi beliau tetep kasih aku nilai 7 walaupun mungkin sebenernya nilainya ga lebih dari itu wkwkwk... Terus biar aku nda semaput karena kehabisan tenaga, arah baliknya mending aku ngangkot saja. Ya kan dulu badanku masih setipis angin ya belum semontok kayak sekarang, jadi kalau tiba-tiba rubuh ga ada yang nolongin kan gaswad...So lebih baik aku ngangkot aja sambil num es dengan kaca jendela angkot kubuka lebar-lebar, menikmati belaian angin pada bagian punggung dan tengkuk leher. Untung aja angkotnya cuma aku sendirian yang naik. Terus ama abang sopirnya malah disuruh ga sah bayar juga ga pa pa, tapi ya tetep aku bayar laaaaa.....haha... yang penting habis ini pengennya rebahan di kantin sambil beli es teh, gorengan, atau nasi rames #rebahan di kantin????

#beredar ke blog teman teman sambil jalan ya, soalnya admin demplon Beby Mbul lagi atit mriyang hahahah