Jumat, 27 November 2020

Iklan Jadoel yang Membuatku Berimajinasi Tinggi



Oleh : Beby Mbul 

Hellaaaaaaaaaaaaw semuanya...

Aku udah janji mo nulis iklan jadoel versiku. Iklan yang pada masa kanak-kanak dulu begitu membuatku berimajinasi tinggi (itu baru iklan yang di TVC ya), kalau yang liat di majalah jadoelnya juga lain lagi sih. Cuma nemunya emang dikit. Yang juadoelnya kebangetan juga ada, sebab biar kata aku besar di era 90 an dan 2000 an awal, tapi tetep aja koleksiku bisa dapet yang tahun-tahun jauh sebelom aku lahir muehehehhe...Soalnya aku emang kolektor majalah jadoel. Jadi tetep tau penampakan kejadoelannya kayak apa..





Okey, langsung saja ya, ini dia iklan-iklan jadoel yang paling membekas di hatiku :

1. Iklan Obat Batuk Rasa Apel Hijau (tapi lupa mereknya apa)

Pokoknya iklan obat batuknya itu ada adegan apel hijau yang lagi hanyut di aliran sungai. Perjalanan si apel ketika menyusuri sungainya itu panjaaaaang banget dan penuh aral rintang. Tapi akhirnya bisa bermuara di air yang bening, kalau ga salah deket air terjun. Aduh aku lupa-lupa ingat. Tapi kalau ga salah ya apelnya warna hijau gitu. Ntah ikadryl atau bukan sungguh aku lupa...soalnya yang kulihat di youtube beda konsep dengan yang kuceritakan ini Hiks...#monangis deh kalau lagi nginget-nginget sesuatu tapi blank atau cuma inget separuh-separuh :D.

2. Iklan SOS Pembersih Lantai

Ini tuh yang ngebekas di hati pas bagian ibu-ibu bintang iklannya bawa 3 biji anggur hijau, terus tuh anggur tiba-tiba jatuh ke lantai.. Nah, karena belom ada 5 menit, maka diapun mengambilnya sambil bilang : "Belum 5 menit!" CEPLUSSS!!! 

Sembari di situ kubayangkan bagaimana rasa si anggur hijau itu (maklumlah pas masih bocil kan aku belom pernah rasan anggur hijau kayak apa, baru menangin rasanya pas udah kuliah dan ternyata rasanya kok aceemmmm timen hohoho, takpikir tadinya manis kayak si admin #hohoho. 

Sebab kan dulu penasaran banget kenapa di iklan tersebut bentuknya agak panjang ga bulet banget (beda ama anggur ungu) dan pas diceplus alamak....sampe kedengeran meriah gitu, hahahaha

3. Iklan Indomie Jadoel

Yang ini khas banget pake visual bapak-bapak ama anak cowok yang lagi jagongan di teras rumah, sementara pemandangan di depan mereka adalah pegunungan (mungkin area puncak kali ya dimana di sana terdapat petani yang memproduksi bahan baku atau ingredient yang terdapat dalam indomienya). 

Terus yang bikin keingetan tuh ada lagunya segala yang buatku liriknya terasa Indonesia banget. 

Sebab lagunya berlirik begini : 

"Dari Sabang sampai merauke....dari Timor sampai Ke Talaud. Indonesia...Tanah Airku...Indomie...Seleraku." 

Bersamaan dengan itu pula keshoot adegan petani lagi metik merica, bawang, cabe, dll. Uuuh seger banget perasaan. Meuni kelihatan pemandangannya serba hijau.

Baru abis itu yang jadi tokoh ibunya dateng sambil membawa nampan yang berisi semangkuk indomie rebus. Nah sebagai hadiah karena sudah memasakkan indomie nan lezat dan hangat diantara dinginnya hawa pegunungan, maka sebuah ciuman pun mendarat di pipi si ibu tadi dari suami maupun anaknya. Ciyeh....

4. Iklan Jasjus Agnes Monica versi Jasjus Buah Dunia

Yang ini ada nyanyiannya sambil si Agnesnya pake baju adat negara asal buah-buahannya...

lagunya kayak gini nih : 

"Strawberry...Australia! (Asyik buat kue...)
America orange America..(enak buat pasta)
Melon dari Thailand....(nikmat bikin es)
Segarnya jasjus..buah asli! 
Oh semua suka Jasjus!
Yeaaaah 
#mendjiwai banget ye gw..hohoho

5. Iklan Permen Kiss

Ni iklan ikonik banget tentang seorang cowok yang lagi tersepona ama cewe dan pengen ngajakin ngobrol......

Nah biar mulutnya wangi, akhirnya dia milih ngemut permen kiss yang pas ngobrol ama tuh cewek visualisasinya jadi kelihatan keluar bunga-bunga dari dalam mulutnya.

Tapi yang bikin inget itu karena ni iklan diiringi oleh lagu romantis yang cukup syahdu sih. Meskipun aku ga tau siapa penyanyinya atau pun judul lagunya. Tapi kira-kira kayak gini nih liriknya :

"Kulihat dia....
Sungguh mempesona..
ingin bicara
(lirik selanjutnya w lupa)
tapi terakhiran ada bagian : Saat-saat indah dengan permen Kiss..." (terus keluar bunga-bunga warna merah dari mulut si cowok)

6. Iklan Sustagen Junior

Inget banget ama iklan ini soalnya kaleng susunya itu ada gambar hewan lucu-lucunya. Ada kucing, kura-kura, burung hantu, beruang, juga ikan. Terus masing-masing ada warnanya pula. Nih penampakannya kayak gini.. 



7. Iklan Sirup ABC

Ini sebenernya lebih jadoel sebelom aku lahir keknya. Soalnya majalahnya emang lawas (iya ini iklan yang kulihat di majalah jadoel koleksi aku). 

Kenapa aku sampe terngiang-ngiang ama iklan ini? Karena di situ ada gambar sirop dengan berbagai macam rasa...

Nah pas dituangin ke dalam gelas dan diminum bintang iklannya yaitu Oma Camelia Malik jaman muda, rasaku kok tenggorokan jadi gersang banget dan pengen segera nyeruput tuh sirop hohoho...

8. Iklan Kecap ABC

ini juga dapetnya dari majalah. Yang kuingat di iklan ini malah gambar ayamnya yang kelihatannya kok mengkilat bangat #wadidaw makanan aja isi pikiran uwe.....sepertinya  naga di perut aku lagi bunyi...pingin diisi bensin tapi kalau jam segini masih riweuh hahhahahhah



9. Iklan Chiki

Yang ini ikonik banget dengan gambar bebek dengan topi dan baju seragmnya. Kalau Chiki aku lebih suka yang rasa kaldu ayam ketimbang yang cokelat. 

Yang gurih aku suka...... asinnya nagihin hohoho..

Kalau cokelat cepet kenyang.

10. Iklan Buavita Jadoel

Yang ini gambar buah-buahannya masih klasik banget ya. Tapi anehnya kok menurutku bagus ya

11. Iklan Minuman dalam kemasan ABC

Yang ini juga gambar rasa-rasanya masih klasik banget, hihi... Tapi aku seneng ngliat packagingnya. Unyuk gitu.

12. Iklan Susu Bendera Jadoel

Ini dulu suka diselipin cerita kalau pas nampang di majalah Bobo. Kayak yang ada di foto ini, diselipinnya pakai cerita seorang anak yang pengen jadi sarjana pertanian. Nah, yang bikin aku keingetan karena di ceritanya ada gambar sayurannya kayak tomat, cabe, dsb...

Keren sih model iklannya, jadi ada pesan-pesan khususnya di situ tentang semangat menggapai cita-cita sembari diselipin ajakan untuk mengkonsumsi susu ini hahahha..


13. Iklan Dunkin Donuts

Yang ini juga sama kayak susu bendera. Ada modelan ceritanya kalau yang di Majalah Bobo. Penampakannya kayak gini nih.



14. Iklan LA Light Jadoel

Ini iklan biasanya ditayangin malem bener. Yang kuingat itu pas moment ada kertas gambar huruf A-nya LA Light lagi mabur-mabur (emange burung hoho).....maksude terbang-terbang sampe nyelip-nyelip ke lubang-lubang pintu atau mana, terus terbang lagi. Pokoknya konsepnya bagus sih sampe aku inget banget ama ni iklan.