Sabtu, 28 November 2020

Review Sambal Gledeg Galeong



Foto Kenangan Saat Hamil Kakak A, September 2017

Uda lama juga aku ga keluar kandang. Makanya pas kapan hari, waktu kondisi badan uda enakan, Pak Su kayak kasian gitu ngeliat aku ndekem terus kayak kucing di musim dingin. Jadi, biar aku sekalian latian gerak karena sedang hamil gede, beliau ngasi kesempatan aku buat makan di luar, terutama yang pake ikan-ikanan, hihihi. Waktu ditawarin gitu, aku pun langsung hayoook ajach, meski pas di jalannya ada sesi kliyengannya juga :D.



Oh ya, baru inget....jadi tu pas kami makan di sini ternyata lagi libur tanggal 17-an, yang mana abis ngeliatin upacara di TV bikin perut mayan laper juga. Dikarenakan waktu itu aku masih 'bau dapur' sehingga ga memungkinkan buat masak #alyesan kamu Mbul, akhirnya ya kami jalan beli aja. Praktis !

By the way, waktu hunting tempat makannya ini, Pak Su langsung terpikir buat minggirin kendaraan di RM Sambal Gledeg yang berlokasi di sekitar Jl. Galeong, Kec. Margasari, Tangerang yang klo dari Panarub-Mitra 10 masuk gang gitu. Pokoknya deketan sama Perum Pabuaran Indah sebelum Cimone, yang mana sebenernya kami mau mampir belanja dalaman di Ramayana #penting gitu dibahas.




Rumah makan yang berbasiskan masakan Sunda ini rupanya sedang ada penambahan space saung yang terpisah dari ruang makan utama yang depannya merupakan dapur. Kalo ga salah ada penambahan 2 ato 3 bilik gede, sama 4 bilik kecil-kecil yang bersebelahan dengan mushola dan tempat wudhu. Ya dalam hatiku sih cuma bisa berkata : "Wah, keren juga ni RM....baru ditinggal beberapa bulan aja, udah maen ekspansi hihihi....tapi syukur deh, soalnya bilik-bilik saung yang terpisah dari ruang makan utama ini kesannya jadi jauh lebih ademan gitu karena kepisah sama ruang untuk menggoreng atopun membakar. Makanya kami langsung cuzzz pilih 1 bilik yang berada di tengah.

Sebelum officially ndeprok di bale-bale #halah, aku dan Pak Su pun memesan menu di area depan. Di RM ini, makanan emang diracik di tempat sih. Jadi di situ bahan-bahan uda dibumbuin dulu (istilah Jawanya dialub-alubin), nah ntar begitu ada pembeli datang tinggal diproses deh sesuai request, apa mau digoreng atau dibakar.





Jadi begitu kami tiba di ruang pemesanan, di sana uda terpampang nyata aneka mentahan ikan dengan berbagai ukuran. Ada gurame, bawal, mujaer, ikan mas, jambal, lele, tawes, peda, nila sampe sepat. Yang lain tentunya ada ayam, bebek, tahu, pepes, tempe, perkedel, ati ampela, kepala ayam, cumi, lalapan (jengkol, pete, terong mini, kemangi, mentimun), sampe yang jadi primadonanya yaitu sambel gledegnya.

Nah, pas liat saking variatifnya menu, kami sempet kebingungan nih mau pilih yang mana. Mana ukurannya segedem-gedem gitu lagi itu lauk pauk wkkkk. Jadi kan bikin ku tambah galau #takut ga bisa ngabisin maksudnya.




Akhirnya setelah itung kancing #prettt, akhirnya aku pilih bebek goreng aja (lho katanya tadi mau makan ikan-ikanan Mbul? Gimana si) #muuph eyke kilat pingin nyubain kulit bebek yang tebal-tebal itu qaqaaaa), sementara Pak Su pilih pecak ikan. Sisanya paling lalapan, pete goreng, sama minumnya es jeruk, es teh tawar, dan jus mangga. Jus mangganya jenis harum manis, walo tadinya ngarep sapa tau ada jus mangga manalagi....e ternyata lagi kosong, yawes no problemo, hihi. Sempet ditawarin sayur asem juga sih, cuma kami ngerasa pecak ama bebek aja uda kebanyakan.

Menu diproses cukup cepet sih. Klo kubilang paling banter 10-15 menitan jadi. Ya meski sebelomnya pasti ada menu pembukanya dulu berupa otak-otak bakar plus sambel kacang yang kayaknya ga boleh dilewatin begitu aja. Lumayan kaaaan buat ganjel perut yang dah kruyuk-kruyuk dari tadi, makanya kami ambil 2 bungkus.










Setelah lahap terbuai oleh otak-otak bakar (yang sebenernya bentuknya cukup imut--3 kali hap langsung abis), berikutnya yang tersaji di depan mata adalah minumannya. Seperti yang aku bilang tadi klo alesannya aku pesen jus biar paling enggak jadi gizi gitu ihihi... Rasa jusnya sendiri sebenernya enak. Kentel. Manis. Cuma ya itu minumnya harus pake perhitungan biar sebelom nasi dan lauk masuk jangan sampe kenyang duluan.

Sementara Pak Su sosoan pesen es jeruk en es teh tawar, yang ujung-ujungnya juga diencuuuwp oleh akooooh ....#dikiiit, ngicip doang kok :-p. Abisan rasanya seger banget hingga aku bolak-balik ijin buat ngicipin. Strategi Pak Su pesen minuman yang ga seberat rasa jus ini ternyata tepat juga sih, hiks. Soalnya kan makananya udah heavy tu, eeeeee aku malah ga mempertimbangkan kapasitas lambung dengan beli jus pula #hadooh, tepok-tepok tembul.




Beveragenya udah tinggal foodnya nih gaez ! Pertama pecak ikannya deh. Jenisnya nila. Di sini ikannya bisa kami pilih sendiri sehingga tinggal ambil aja yang ukurannya sesuai dengan keinginan. Beda sih pas kami pesen pake aplikasi ojek online yang apesnya dipilihin yang kecil sama abang ojeknya. Wkwkkk...jadi setelah dibanding-bandingkan, paling asyik emang nyamperin langsung di tempatnya gini sih daripada order by ojek online. Klo milih sendiri kan rasanya lebih puas, ya to?

Untuk rasa, beeeeghh....dijamin endes. Gorengnya garing keemasan abis itu disiram pake sambel full cabe dan aroma rempah. Jahe dan rasa asemnya sih yang kerasa banget. Jadi segeerrrrr !!! Sementara itu, bebek gorengnya juga kebetulan aku pilihnya yang guedeeee, full kulit omaigaaaad ini idaman beud emang. Terus uda dilengkapin sama lalapan timun, pete goreng en sambal gledegnya yang bikin duaaaarrrr duarrrr duaarr #duh maapin klo eyke lebe hihi. Jadi klo boleh diibaratkan ini sambel pas ketemu bibir rasanya kayak lagi dipinjemin bibirnya angelina jolie, wokwokwok....ngomong opo to kamu Mbul?



Sambelnya sendiri sebenernya ada 4 macem sih. Yang spesial tentu gledeg dengan level pedes yang uda ngalah-ngalahin lainnya (yang 3 macem) uda tersedia di meja yaitu 2 sambel merah dan 1 sambel ijo (yang level pedesnya ga sekenceng si gledeg). Aku sendiri karena jarang suka pedes jadi pilihnya yang aman-aman aja kayak yang sambel merah ato ijonya biar ga bikin kaget perut ye kaaaan #anaknya cemen.

Harganya ? Ya standar sih. Lumayan murah buat ukuran lauk yang jumbo-jumbo punya klo kataku. Total pesenan kami sekitaran Rp 90-an ribu sih. Nah, beda lagi pas order by ojek online. Selisihnya bisa nambah goceng, kayak pecak nila dari 30 rebu klo order online jadi 36 rebu. Bebek dari 25 rebu jadi 26 rebu....ya kira-kira segituan sih. Tapi asli mending beli ato makan langsung aja biar bisa pilih lauknya yang gembul-gembul, wihihi..

Oh ya, senengnya lagi makan di sini karena uda ada mushola yang deket saung-saung. Ya walo spacenya kecil, tapi paling ga bisa ngebantu kami beribadah pas kebetulan makan di deket jam-jam sholat. Nah gimana? Kalian tertarik nyobain sambal gledeg di mulut ga? Hayuk atuh diantos kedatangannya di RM ini.... 


RM Sambel Gledeg, Galeong

Jl. Galeong, Margasari, Kota Tangerang

Telp. 021 55723898-557224735

HP. 0878 81344932/ 0877 7403 3779

WA : 0878 8134 4932

FB: Sambel Gledeg Galeong

Instagram : Sambel Gledeg Galeong