Senin, 24 Mei 2021

Sinopsis Kiki's Delivery Service (1989)




Sinopsis Kiki's Delivery Service (1989)

Oleh : Gustyanita Pratiwi

Di atas padang rumput yang berangin, seorang gadis kecil berpita merah tengah sibuk mendengarkan prakiraan cuaca di radio sambil rebahan. Di sana, ia mendapatkan informasi bahwa malam ini cuaca akan cerah. Bulan akan bersinar penuh, dan ini merupakan sebuah pertanda yang baik untuk melakukan perjalanan.


Sinopsis Film Kiki's Delivery Service (1989), sumber gambar : imdb

Sabtu, 22 Mei 2021

Sinopsis Ponyo (2008)



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Sinopsis Ponyo (2008)

Di kedalaman samudra, seorang pria berpenampilan aneh sedang melakukan sesuatu dengan tabung-tabungnya. Di sekitarnya, tampak beragam mahluk laut berkilauan cahaya mengelilinginya. Ada ubur-ubur, ikan laut, belut listrik, bintang laut, kepiting, dan cumi-cumi raksasa yang melintas. 

Sejenak pria tersebut kemudian menembakkan senjatanya ke arah cumi-cumi itu untuk memperkuat khasiat ramuan dalam tabungnya tapi tidak berhasil. Rupanya ia adalah seorang penyihir bernama Fujimoto. Ia tinggal di sebuah rumah karang yang dikelilingi oleh jamur dan tanaman-tanaman laut. Dandanannya cukup mencolok. Rambutnya panjang merah, wajahnya berblush on, matanya ber-eye shadow, telinganya beranting, serta bajunya bergaris-garis biru lengan panjang menyerupai jas. Dulunya ia ternyata seorang manusia, namun karena suatu hal maka ia berubah menjadi penyihir dan tinggal di dalam lautan bersama anak-anaknya yang merupakan kawanan ikan mas. Salah satunya yang paling besar mempunyai rasa ingin tahu lebih tinggi dibanding anak-anaknya yang lain bernama asli Burnhilde. 


Sinopsis Film Ponyo (2008), sumber gambar : imdb

Kamis, 20 Mei 2021

Hello Meja Makan dan Menu Lebaran!




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Terbangun dari tidur, aku mendapati daun jendela telah terbuka. Sinar matahari pagi mengintip malu-malu lewat teralisnya yang separuh karatan. Pagi itu, kebun pisang yang ada di samping rumah sudah basah oleh sisa-sisa hujan semalam. Daun-daunnya digoyang angin, meliuk melambai, membuat pagi pukul 05.30 WIB ini terasa begitu gelap.

"Hoaaaammmh!" 

Kedua tangan kurentangkan ke atas membentuk gerakan streching, menggeliat seperti kucing malas yang hanya berpindah posisi namun mata tetap terpejam. Tidurku semalam rupanya tidak ada manis-manisnya sama sekali. Sebentar melungker, sebentar telentang dengan posisi kepala tertutup bantal. Entah kenapa sering sekali aku melakukannya. Padahal kalau diteruskan bisa bahaya. Kalau sudah terlanjur tidur, tahu-tahu seperti mimpi tidak bisa nafas atau gelagapan. Paling bisa terbangun kalau sudah mimpi jatuh atau terjungkal. Ya, terkadang melakukannya karena reflek saja, karena tidak ingin kesilauan. Jadi biar terasa lelap begitu, seakan mata tertutup sesuatu, meskipun sebenarnya tidak boleh ya #salahkan hawa subuh di kampung yang begitu menggigit. Jadi kalau sudah temu bantal guling, rasanya ingin berkasih mesra saja dengan mereka, hahaha...  

(Baca: dinginnya benar-benar menegaskan bahwa musim ketigo sudah mulai kulonuwun pada pertengahan Bulan Mei tahun 2012. Pantas keinginan ngeblug sudah mulai menguasai hari-hari). 


Menu wajib kupat tahu

Selasa, 11 Mei 2021

Lebaran Sebentar Lagi....





Oleh : Gustyanita Pratiwi

Bunyi cengkerik pukul 22.00 WIB membangunkanku untuk sekedar meng-update blog lagi. Aku pikir tidak ada salahnya kembali menulis sebab 2 hari ke depan sudah Lebaran. Meski Lebaran tahun ini amat sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi tetap saja kesibukan 'tak kasat mata' seolah selalu menanti dan menyertai. Padahal porsi masak yang sangat menguras tenaga itu sudah banyak dikurangi, tapi entah kenapa orang tua tetap ingin ada kehebohan masak seperti tahun-tahun sebelumnya. Memasak sesuatu yang sudah legend terhidang di atas meja saat Lebaran. Katanya kurang pantes kalau meja makan sampai kosong, paling tidak harus ada makanan yang khas. Inginku sih beli saja ya supaya lebih praktis. Tapi tidak dengan ibu, hahahahaa... 


Menu buka dan sahur Mbul jelang akhir puasa

Sabtu, 08 Mei 2021

Hmmmmmm....




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hallo lagi...

Hari ini cuacanya agak berangin. Dari arah jendela, pohon pisang menjulurkan daunnya seperti menari. Ga kayak kemaren, matahari terasa membakar. Jemuran yang kukucek pake tangan dengan air yang kutimba dari sumur, begitu dijemur langsung kering dalam sekejap. Kalau sekarang, karena hawanya adem, jadi tubuh berasa pingin dikekepin pake selimut. 


Digambar oleh Gustyanita Pratiwi

Selasa, 04 Mei 2021

Dikira Ngambek



Oleh : Beby Mbul (Gustyanita Pratiwi)

Hoaaaaaamb....

Sesungguhnya ngetik dashboard di jam-jam subuh itu sesuatu banget ya ngantuknya. Mata berasa kayak diganjel pake korek api saking pengen merem dan dipeluk ama guling kesayangan. 

Duh ya...dingin banget ini tempat kalau udah pagi. 

Brrrrrrrbbb! 

Tapi sebelom bobok *uhum*, diriku jadi keinget ama sesuatu. Sesuatu yang sebenernya kalau dipikir-pikir agak lucu juga, jadi bikin ku tenyam-tenyum sendiri. Bukan......bukan karena kening lagi anget lho ya terus tenyum-tenyum ndiri tapi karena ada satu hal yang menurutku agak koplak.  


Gustyanita Pratiwi (www.gembulnita.blogspot.com)