Laman

Sabtu, 07 Agustus 2021

Jurnal Masakan si Mbul Kemarin




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Masak-masak taiiiiiiiiiiiiiim!!!!

Chef Beby Mbul kembali lagi nih pemirsa. Saatnya menggoncang dunia. Ada yang kangen ga ama resep masakan aku? Sini sini...kita pelukan dulu sama wajan dan panci, hihihi. Gosong dong, Marimar kalau pelukan ama wajan dan panci? Yaiyalah, menurut nganaaa?


Chef Mbul Gustyanita Pratiwi kembali lagi dengan masakan terfenomenal abad ini


Jadi....kali ini aku mau nulisin beberapa masakan terakhir yang sempet aku eksekusi ya. Masaknya seperti biasa kadang yang simpel, kadang yang heboh, kadang yang biasa-biasa aja standar internesyenel, hahahha...Terutama kalau uda ada lauk hewani di freezer. Uh...itu bawaannya pengen langsung dimasak aja, ya sembari dipikir sambil jalan, kira-kira maunya dimasak apa? Ga mau disimpen terlalu lama juga sih soalnya biar masih kerasa freshnya.

Okey langsung saja ya, tanpa mau berpanjang-panjang kata, ini dia foto-fotonya. Eh lha kok foto-fotonya sih? Hihihi. Ya, maksudku sebagian list resep-resep masakan Mbul yang diselingi dengan foto-fotonya gitu #tabok vantadh Beby Mbul

1. Bening Bayem + Tempe Goreng + Bakwan 

Masakan ter..ter...ter...mudah yang Anda-Anda semua pasti bisa melakukannya. Melakukan apa tuh? Melakukan masak bayam dong...biar sentlong kayak popeye. 

Asal ada kencur, bawang merah, udah deh bikin bumbu beningan. Ya, asalkan tetep ada materi utamanya yaitu bayamnya ya. Kalau ga ada atuhlah masa kuahan doang, wkwkkw. Tapi bening ga selamanya bayam loh. Bisa pula pake kangkung, lembayung, so (daun melinjo), kubis, katuk atau kelor. Sama kan kayak istilah mendung tak berarti hujan? Sama kayak bening tak berarti bayam #maksaaaaaa. 


Bening bayam jagung manis ala Beby Mbul Nita

Calon-calon dibikin sambel, cabe, bawang merah, bawang putihnya kuuleg dulu

Tempe gorengnya masih anget baru mateng hehehe..

Bakwan goreng tinggal diceplus lombok ijo


Bening bayam ala aku, selalu aku pakein jagung manis ama wortel. Ya biar ada warnanya gitu loh. Masa cuma ijo tok, kan agak gemanaaaa gitu. Terus lauk yang paling pas biasanya tempe goreng dan bakwan sayur. Ntar sambelnya bisa pake sambel terasi. Tapi itu sambelnya blom sempet kefoto cuma baru cabenya aja, hahaha.

2. Mie Goreng Jawa

Ini masakan yang lumayan bikin keder di detik-detik menjelang gas elpijiku habis. Untung aja mateng semua, kalau ga mamam deh tuh mie, hihihi.

Keinget mau upload ini, soalnya kakakku tadi pagi WA minta dikirimi resep mie goreng ala punjungan. Aku ga bisa bikin sih, tapi waktu itu sempet nyoba, rasanya cukup mendekati. Pakenya mie telor. Bukan indomie atau mie sedap yang udah ada bumbu bawaan ya. Jadi bumbunya nguleg sendiri. Walaupun biar tambah sedep lagi masih aku pakein Indofood Bumbu Mie Goreng. Tapi kali ini perintilannya ga banyak-banyak. Ga ada suiran ayamnya, ga ada sosis maupun baksonya. Aku pake telor aja ama sedikit sayuran.

Bahan-Bahan :

Mie telor
Telor ayam 2 butir
Kubis
Tomat
Wortel
Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, sedikit merica, garam, sedikit gula pasir)
Indofood bumbu mie goreng (biar lebih kerasa aja, soalnya kalau pake bumbu asli tok masih kurang greget)
kecap manis
Minyak goreng


Mie goreng jawa hasil prakarya Beby Mbul


Rasanya pas, kali ini ga kepedasan merica seperti sebelumnya

Kamera jangan sampe ngeblur ya...siji loro telu...tarik mie-nya Cah Ayu


Cara Memasak :

Rebus mie telor dalam minyak yang sudah mendidih, sebentar aja, angkat, tiriskan
Kucuri dengan sedikit minyak goreng supaya mie tidak lengket
Kocok telur
Tumis bumbu halus dalam minyak goreng, masukkan telur, aduk-aduk sampai terbentuk orak-arik
Masukkan kubis, wortel, dan tomat
Masukkan mienya
Tuang sedikit kecap
Masukkan sedikit gula pasir
Aduk rata
Tunggu sampai matang

3. Bacem Iso + Sop Kambing + Sambel

Ini masakaaan terrrrrrrniaaaaat karena ada materi kambing plus jeroannya. Jeroannya dapat iso dan babat. Tapi yang kumasak isonya dulu. Mau dibikin apa? Sop kambing dan baceman iso. Emang rada Pe er sih pas bersiin dan ngilangin amisnya. Tapi dengan kekuatan bulan dan tekad yang sekuad baja seperti kata Mugiwara Luffy Kun dalam serial One Piece, maka insyaAlloh tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Bisaaaa!!

Aku share yang bacemannya aja ya resepnya. Bumbunya itu kayak bumbu baceman tempe atau tahu biasa. Ada bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan gula merah. Ya nanti ini setelah dihaluskan direbus aja beserta isonya. Direbusnya ampe tuh bumbu beneran menyusut. Jangan lupa sertakan juga daun salam, lengkuas, serta sereh ya supaya menyerap bau amisnya. Kalau sudah tiriskan, tinggal digoreng deh. 


Baceman iso ala Beby Mbul kok kemanisan ya Pemirsa?

Sambel yang sangat aduhai sekali ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜˜

Perpaduan, bacem iso, sop kambing, sambel

Ini manis banget ya Alloh, seperti ku nyobain kulit diantara sate deh padahal ini iso yang dibacem wkwkwk

Sop kambingnya juara, Sayang ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Pedes + manis jadinya......Beby Mbul...(nah loh)


Sebenarnya yang ini agak drama sih pas bikinnya. Soalnya semula rasanya uda mendekati pas waktu diungkep pake bumbu jadi ayam goreng, eh tapi pas aku icip kok kayak belum kerasa, terus aku ungkep ulang lah pake bumbu baceman asli. Kuuleg ingredient buat baceman real from tanganku sendiri yang imut-imut ini #halah. Gula jawanya juga sengaja kutambahin pas proses ngrebusnya. Eh lha kok ternyata begitu jadi??? Rasanya kemanisaaaan Sodara-Sodara, ya sebelas dua belas lah ama kemanisan dari tampang admin blog ini, wkwkw. Tapi ya uda lah ya...uda kadung ini. Uda ga bisa diundo lagi, jadi yawes...pasrah aja. Yang penting yang lainnya endeus. 

Sop kambingnya juga uda ngalah-ngalahin punyanya 3 saudara wkwkwkw..#lebey deh gw. Sambelnya juga nampol. Dibikinnya pake ulegan penuh cinta sih, hihihi.

4. Rica-Rica Ayam Jago

Rica-rica lagi ya waaaak! Maapkan. Mbul memang hobinya dirica-rica. Eh emangnya Mbul bebek apa? Hobinya dirica-rica? Ya mirip dikit sih apalagi kalau uda manyund, beeegh, itu bibir rasanya jadi percis..cis...cis..kayak jelmaannya Beby Huey. Kalian tau Beby Huey ga? Itu loh Bebek Besar yang masih kayak bayi.....Beby Huey dibacanya Baby Hui :XD. Nih nyoooh...taksodorin gambarnya biar pada tauuk, wkwkwk.


Ini yang namanya Beby Huey



Okey, tapi kali ini aku ga pake bebek buat dirica-rica ya. Ga pula pake entok. Tapi pakenya hayaaaaam. Hayaammm jago. Uuluyukkkk!! Jadi kelingan cerita cindelaras kalau ngomongin soal jago. 

Nah, bagaimana resepnya. Ini dia :

Bahan-Bahan :

1 ekor ayam jantan kampung
Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit
Cabe keriting
Kemiri
Merica
Lengkuas
Jahe
Salam
Daun jeruk
Batang serai
Garam
Gula merah/gula pasir
Penyedap Masakan/ Royco
Kecap manis
Air

Cara Memasak :

Cuci bersih ayam yang akan dirica-rica dengan air mengalir
Potong-potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil supaya ketika dimasak bumbu meresap sempurna sampai ke tulang-tulang
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, cabe keriting, cabe rawit, garam, dan sedikit air
Iris jahe, lengkuas, dan sedikit bawang putih
Geprek sereh
Panaskan minyak ke dalam wajan
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
Cemplungkan daun salam, daun jeruk, irisan jahe, lengkuas, bawang putih, dan sereh yang telah digeprek.
Aduk-aduk hingga harum
Masukkan ayam yang telah dipotong-potong
Tambahkan sejumput garam, gula merah, dan Royco
Tambahkan sedikit air
Tambahkan kecap manis
Aduk-aduk sampai merata
Koreksi rasa
Tunggu sampai air menyusut dan ayam matang berubah warna menjadi kecokelatan
Sajikan selagi hangat


Mbul nguleg bumbu rica-ricanya sampe aluuus banget jadi biar remesep sampe ke ati...eh salah ya, ke daging ayamnya dong

Rica-ricanya manis pedesnya hoootsss banget ya Alloh...uuuuhh !!! Gakuad ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜๐Ÿค—๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ณ


Rasanya? Ternyata pedes semlekit manisnya itu....uuuuhhhhh enak banget lah pemirsa #duh maap memuji masakan sendiri. Tapi ini nyata kok adanya, hihihi. Kali ini rica-ricanya ga gitu menyengat ke pedes merica. Tapi pedes manisnya itu pas. PAS! Dari kuahnya aja udah pengen disruput terus....emmmmb. Trus karena daging ayamnya dicacagnya itu kecil-kecil jadi bumbunya remesep sampe ke tulang. Satu kata...niqmat.. hohoho.

5. Tumis Kangkung + Tempe Goreng + Sambel

Yang ini masakan super duper kilat di malam yang demikian mager. Eh mager aja jadi loh tumis kangkung ama tempe goreng, beneran Beby Mbul memang kudu dieman-eman banget. Langka soalnya di dunia #helllaaaaw...wkwkwk. Lumayan ya daripada nge-grab, ongkirnya mahal...yawes terpaksa masak aja. Hahaha...


Malem-malem, ujan, Mbul krudukan kayak tijus masak kangkung dan goreng tempe

Tumis kangkungnya warung tenda seafood-seafood-an kalah ama masakan Mbul ๐Ÿฅด๐Ÿ™„๐Ÿคญ๐Ÿคญ

Masih ijo cantik, biar makin enak langsung dimakan biar ga keburu item hihihi

Unchhhh.....๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

Terlihat sangat menggoda imankuuuh..Imanku runtuh!!! ๐Ÿ˜ฑ


6. Teri goreng + Tumis Kangkung + Sambel Flores + Terong Goreng + Kacang Panjang Goreng

Kali ini lauknya teri nasi goreng dengan sayur ala-ala. Kenapa ala-ala? Karena di samping ada tumis kangkung, ada pula terong goreng dan kacang panjang goreng buat cocolan sambalnya. Sambalnya ini sedep loh hasil ulegan tangan penuh cintah ahahhah.... Pakenya jeruk limo jadi seger-seger pedes gersang...seger merangsang. Merangsang buat nyolek terus ama lauk dan nasinya maksud Mbul hihihi... Enak pokoknya. Terinya juga kugoreng garing jadi pas ama temen nasi yang baru diliwet dari magic com...(((MAGIC COM)))).

Begitulah...

eh lha kok begitulah sih??

Iya, ga terasa uda lumayan panjang aja nulis ga penting beginian. Biasa, hawa-hawa masih agak meriang, jadi...jadi...updatenya sekenanya aja dulu ya. Nanti kalau udah mood bakal nulis yang lebih wow logi. Wow? Wow yang kayak gimana tuh? wkwkwk...

Ada deh.....tungguin aja ntar!


Ternampak depan, sambel, terong+kacang panjang goreng+teri goreng, tumis kangkung

Nikmate tenanan loh...ra boong aku...

Enak juga ada ginian. Biar ga bosen lalapan yang mainstream

Teri goreng bikinan Chef Beby Mbul ๐Ÿ˜๐Ÿ˜š

Kali ini kangkungnya keburu gelap, maapkan Pemirsa

Sikaaaaaaatt!!!


Jangan lupa Gengs!!!! Mampir juga ke cerbung aku yang terakhir (bawahnya post ini) uda part 4 tamat...ramein kotak komennya boleh lah, komenin yang panjang tentang alurnya... biar penulisnya semangat......thengkyuuuw :)


Promo di blog sendiri boleh lah ya, hihihi...

Udah ah...aku undur diri dulu dari hadapan Anda sekalian. Takut ngelantur kemana-mana..

Dadaaaa...

Xoxoxo
Mbul (Gustyanita Pratiwi)


134 komentar:

  1. Love tempeh and water spinach! How I miss them! You look very pretty in pink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. It is generally cooked as bening, with shallot and sand ginger. Mix them with sweet corn and carrot will be parfait recipe :)

      But it can be eaten raw when young enough to be tender or just boiled also.

      While water spinach or we usualy call it kangkong....i really love cook it with stir frying method, that is done over high heat and with a small amount of oil...

      (*´︶`*)♡Thanks!

      Hapus
  2. Wah gini yah makanan2annya orang kebumen, penuh dengan bumbu2,,, pasti enak banget, klo disini sih makananannya serba kuah2 sih mbull..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ga kebumen aja lul hahahha...ini lebih ke masakan nusantara secara umum hihihi

      enak juga ya, apa tuh contohnya yang kuah-kuahan? daun-daunnya sama ga kayak di Jawa? ๐Ÿ˜„

      Hapus
  3. Waah jadi lapar Mbul...Kirimin mbul kedepok, Bini gw lagi laga masak nih..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti cateringan ye kang? ๐Ÿคฃ

      nih tangkaaappp...


      (*・ฯ‰・๏พ‰๏พ‰๏พž☆๏พŸ๏พŸ

      Hapus
  4. MasyaAllah, udah kayak singgah di restoran aja akunih. Banyak banget pilihan menunya. Kebetulan aku singgah pada malam hari, jadi tolong sisakan tempe, bakwan plus cabai rawitnya ya Mbak. Kangkungnya untuk cadangan besok pagi. Hahaha. Tengkyu for nice article.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah udah macam restoran aja rumahnya mbul ya mas ozy ๐Ÿ˜„

      hahaha..langsung sisakan buat sarapan ya

      sama-sama mas, mudah-mudahan artikelku bermanfaat, walaupun banyak nylenehnya hehe ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  5. aww.... tempe + sayur asam , sang favorit.... yummy.... ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘

    Terima kasih karena mau sharing resepi-nya.... mantul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata biarpun tinggal di Amerika Serikat Pak Tanza tak pernah melupakan kelezatan tempe dan sayur khas Indonesia ya ๐Ÿ˜ƒ☺๐Ÿ˜Š

      Sama-sama Pak Tanza, terima kasih sudah singgah dan meluangkan waktu membaca resep bikinan si mbul ๐Ÿ˜ƒ☺

      Hapus
    2. ya dong.... luxury...

      have a wonderful day

      Hapus
    3. yes...hehe

      have a super week Pak Tanza ☺๐Ÿ˜Š

      Hapus
  6. Spinach base dishes are my favourite. Thank you for this post. Bye the way your clothes are beautiful and match you very well.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mee too Dear...i really love spinach too, because when i cooked them i just need a little bit of time
      ๊‰‚(หŠแ—œห‹*)♡

      aww...thank you so much...you make me blush

      (⁄ ⁄•⁄ฯ‰⁄•⁄ ⁄)

      Hapus
  7. Boa tarde. Obrigado pelas receitas maravilhosas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good afternoon too Mr. Gomez๐Ÿ˜‹ :)

      Thank's for stopping by here ๐Ÿ˜„☺

      Hapus
  8. ...Rica-Rica Rooster looks and sounds good to me!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Very thick but sweet and spicy...๐Ÿ˜„☺

      rooster is my favorit dish beside duck and lamb ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„

      Hapus
  9. Wonderful and delicious looking dishes. Nice post and have a great day.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Glad you like it Bill ^__^

      thank you for your appreciation :)

      Have a great day to you and your family ๐Ÿ˜„

      Hapus
  10. Beli daging kambing klo di sini kok susah Yo...nggak ada Ki yang jual di pasar. Adanya juga di bakul2 sate...dan buat mereka masak sendiri.

    Aku nggak pernah masak daging kambing, kecuali pas hari raya idul adha.. itu wae Saiki seringnya sapi..

    Btw, wajan masakmu sama kayak tempatku. Ada jejak gosongnya... Ha..ha..

    Aku klo masak, trus nyekel hape..ngecek WA ato apa..alamat...bakalan ada yang gosong.

    Kemarin mbikin bubur sagu..tak angetin, biar enak pas makan..tak sambi cek saldo gopay, Krn meh beli kuota...kelamaan pegang hp, kompor nyala..gosong malahan๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi angel ternyata ndek situ yo mba lis...sering keentekan karo bakul sate...di sini pasare og lengkap yo segala daging ada hihihi

      bahkan nek unggas unggasan arep tumbas uripe juga ada loh wkwkkw...tapi males nyembeleh deng

      sapi aku bosen mba lis nek ga taksop...isih seneng wedus ketimbang sapi...hihi

      hahah...podo dong mba lis...duh jadi malu aku..(⁄ ⁄•⁄ฯ‰⁄•⁄ ⁄)

      bubur sagu...kayak bubur sumsum bukan tuh mba..jadi kepo deh aku...hihihi

      Hapus
  11. You are a very good cook :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aww...thank you dear...

      i'm just amateur ๐Ÿ˜

      Hapus
  12. biyuh itu lomboknya kok panjang2 ya, bisa menghemat kuantiti ketika akan memasak nanti
    jangan lupa kecapnya yang cukup biar makin mak nyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. lombok keriting mas...jadi panjang panjang...lebih pedes ketimbang lombok merah yang gede..tapi kalah pedes ama yang rawit cuiliik hihihi

      iyap..tau aja aku pecinta masakan kalau dibikin ginian harus ada kecapnya (´∧ฯ‰∧`*)

      Hapus
  13. Wahhh, saya dah lapar lihat gambar-gambar makanan Nita. Ramai orang Cina di Malaysia tidak tahu makan tempeh tetapi saya suka tempeh goreng campur dengan sos soya pekat dan cili merah. Lagi pun lebih sedap denagan sambal belacan. Sup jagung pun sedap tetapi kami tidak tambah bayam, kami tambah kacang dalam sup. TQ for the recipes, I must try some for my dinner!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...iya kak, terima kasih atas apresiasinya.. Nita kalau lagi niat masak bisa totalitas kak hihi..

      wah mantab sekali kedengarannya ya kak..tempe dicampur saus soya pekat dan chili padi...whuaaa pengen

      (´✪ฯ‰✪`)♡

      iya kak nita juga suka sambal belacan...di sini disebutnya terasi udang kak..

      wah ternyata di Malaysia tempat kakak tambahannya kacang ya...jadi tahu keanekaragaman isian sayur negara satu rumpun

      (*´︶`*)♡Thanks!

      Hapus
  14. Thanks for sharing these delicious recipe!

    BalasHapus
  15. You are not only good looking but also a great chef.
    Your foods are very inviting.
    Tempeh and teri, that's my favorite!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aww..kak evi bisa aja nih bikin pipi ku memerah...ow owww (⁄ ⁄•⁄ฯ‰⁄•⁄ ⁄)

      like tomatoes ๐Ÿ…๐Ÿ…

      yeay!!! same with me kak! fried teri with warm rice are yummy dish and become a booster

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  16. Balasan
    1. Have a good week too for you Sunika

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  17. Kalo aku sayur bayem itu enaknya langsung dimakan, tidak pakai nasi apalagi gorengan, enaknya langsung digado apalagi kalo masih panas plus ada sambel pedasnya, maknyus rasanya.

    Masakan Mie goreng Jawa enak, cuma mau nanya itu foto antara mienya kok ada cewek yang nongol, boleh dong kenalan, kalo perlu kasih nomor wa nya.๐Ÿ˜
    Eh tapi bukan mau ngisi pulsa ya.๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaakkk เธ…(เน‘⊙ะด⊙เน‘)เธ…!!

      langsung dimaem Mas? bayem doang gitu? dijambal ya mas...hihihi..kok lucuw mas...mbul jadi pengen cobain

      ๐Ÿฅฌ๐Ÿฅฌ๐Ÿฅฌ๐ŸŒฝ๐Ÿฅ•๐Ÿฅ— dimaem kayak caranya mas hihihi..seger kali ya mas...

      (´✪ฯ‰✪`)♡

      enak mas, mie goreng jawa yang masak juga propesional hihi...mungkin yang krudung pink lagi pengen nyelip nyelip diantara mie goreng jawanya kalik mas wahahahhahah

      #salim

      ((o(*>ฯ‰<*)o))

      Hapus
    2. Ya enggak bayem nya doang tapi sama kuahnya juga dong.๐Ÿ˜‚

      ISO kambing sepertinya enak mbul, cuma memang pas mau masak harus dicuci dulu yang bersih biar bau amisnya hilang, sekilo ISO harganya berapa tuh?

      Hapus
    3. mauk mas kalau sama kuahnya juga...disruput-sruput..nyumm

      ~~\(´ฮผ`。)/~~

      (´⌣`สƒฦช)♡

      sekilo berapa yah...kalau ga salah inget 70 ribu uda ama babat, paru mas

      (´✪ฯ‰✪`)♡

      iso kambing enak mas, cuma aku masaknya salah...aturan uda diungkep pake bumbu ayam goreng kucicipin kok ga kerasa.. kubikinlah pake bumbu baceman n kurebus lagi jadinya manis banget hihihi

      ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š๐Ÿคญ

      Hapus
    4. Wah murah juga ya sekintal cuma 7 juta, cuma kalo kebanyakan makan iso kambing bisa darah tinggi sama kolesterol kali ya, soalnya kan jeroan.๐Ÿ˜€

      Hapus
    5. tumben komen pake name url mas? ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ

      iya makanya mamnya jangan kebanyakan ya, biar nda kolestrol dan darah tinggi mas...abis mam ini baiknya mimik jeruk nipis anget mas, biar lemak jenuh dan kolestrol terserap #ilmu dari mana mbul? sotoy babat si mbul wekekek

      hastagaaa 7 juta mas? 7 trilyun gimana

      (。・ฯ‰・。)

      Hapus
  18. duh jan lek sayur bening ambek tempe utowo bakwan jagung dan jos
    opo maneh bar mangan krokot2 jagung
    asli iku nikmat tiada tara hahahah

    aku yo seneng eseng2 kangkung mbak
    lek ga tak plencing

    BalasHapus
    Balasan
    1. wes berasa tumbas ning warteg ya mas, aku wes cucok jadi tukang warteg rung mas hihi...tukang warteg ning asline kebumen..piye kui hahahhahah

      iyo mas kangkung ama bayem, 2 item iku sayuran paling puwenak dimasak...n ndang cepet mateng juga ๐Ÿ˜‚๐Ÿคญ

      Hapus
  19. I love jagung soup. I like tempeh too.

    BalasHapus
  20. Lembayung? Baru tau ada sayur bening lembayung

    Iso dibacem kira-kira gimana rasanya soalnya belum pernah makan taunya pun baru sekarang.

    Tumis kangkung tempe goreng plus sambal makanan favorit saya nih tapi sekarang dokter melarang makan sambal.

    Terong goreng, unik juga terong goreng. Saya tau terong semur, balado atau rebus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lembayung itu daun kacang panjang mas her ๐Ÿ˜„

      kayak baceman lemak di selipan sate kambing rasanya manis...ini temennya babat loh biasanya ada di sop 3
      saudara wkwkwkkwkw

      wah lagi ada magh apa gimana mas her? kok ga iso makan sambal?

      iya digoreng doang enak loh...ntar dicocol sambel...dimakan pas panas panas bahasa inggrise eggplant wkwkkw

      Hapus
    2. Oh daun kacang panjang, ternyata selain buahnya daunnya juga bisa disayur. Namanya unik juga lembayung, tadi saya pikir nama lain dari terong tapi pas lihat ke bawah ada menu terong jadi bingung..hihihi

      Ngga begitu suka makan jeroan kecuali hati. Sop 3 saudara, nama rumah makan kah?

      Udah hampir setahun ini asam lambung lagi tinggi di sarankan jangan dulu makan yang pedas dan asam.

      Eggplant terjemahan bebasnya tumbuhan telur, aneh ngga ada sama-samanya dengan telur dari bentuk dan warnanya beda jauh.

      Hapus
    3. iya mas her...memang kalau di tukang sayur keliling suka dijual seunting seunting gini kayak bayam dan kangkung..tekstur daunnya agak keras...api enak juga kalau dibikin bening, bobor, atau direbus biasa buat cocolan sambel juga ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      sop 3 sodara warung tenda terkenal banget mas her wkwkwwk..kayaknya di jakarta ada juga sih

      bukan terong ntuh eggplant..lembayung daun kacang hehehe

      jangan bingung bingung...yuk pegangan togor listrik dulu wekekekke

      oh ini pasti suka telat makan ya, makanya asam lambung naik...itu kan perih banget. Hayo mas her disiplin tuh makannya jangan telat makan, soalnya jadi ga bisa icip sambel wekwkkwk

      eggplant kalau diterjemahkan satu satu kacau ntar jadinya hahahhah

      Hapus
    4. Jadi pengen nyoba sayur lembayung, ntar pulang coba cari di warteg kali aja ada sayur lembayung kalau di rumah makan padang pasti ngga ada.

      Tadi coba searching ternyata rumah makan 3 saudara rumah makan dengan olahan kambing. Ngga begitu suka daging kambing jadi ngga tau rumah makan 3 saudara.

      Ya gitu deh kadang suka nunda-nunda makan akhirnya asam lambung naik dan maag pun sering kumat. Pada dasarnya saya ngga suka pedes apalagi omongan pedes lebih ngga suka lagi kecuali sambel yang enak seperti sambel di pecel lele atau ayam bakar..hihihi

      Kacau?

      Hapus
    5. Eggplant itu kalo ngga salah terong ungu mas, soalnya mbul kan suka terong. ๐Ÿ†

      Hapus
    6. mas her : kalau di rumah makan oadang uda pasti daun singkong ama nangka mas

      di warteg juga kayaknya jarang ya, kebanyakan bayem deh...

      ga suka daging kambing tapi doyan yang deket deket tulang rawan kataknya deh ahahhah. 3 sodara itu terkenal buangaaaaaat

      nah tul, omongan pedes itu ga suka juga aku. jangankan omongan pedes, nyindir alus aja aku ga suka wakakkakakakk

      iya paling enak kalau ga ada magh atau gerd nanti makan apa aja enak. Kalau udah asam lambung begh..susah mau makan enak.

      kacau kalau eggplant diterjemahin satu satu..egg...plant..ntar jadi tanaman telur dong ahhahah #ngaco deh gw

      Hapus
    7. mas agus : ow mbul suka terong ya mas, kok mas agus tau? terong ungu kalau digoreng enak mas buat dicocol sambel.. pernah mbul balut terongnya pake tepung trus mbul goreng rasanya kok mirip ubi goreng ya, enak mas rasanya ๐Ÿ˜ ๐Ÿ†๐Ÿ†๐Ÿ†

      Hapus
  21. wah itu iso yang dipake usus sapi apa ayam, Mbul? Jadi pengen bikin juga (gaya bener kayak sempet masak lama-lama) wkwkwk.. Aku penasaran sama rica-ricanyaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku salah kak nai

      iso n babatnya pake sapi punya ๐Ÿฎ๐Ÿฎ

      ada paru juga masih ada di kulkas nextnya aku masak...

      kalau dagingnya baru kambing

      rica-rica masakan mbul sedep hihihi

      Hapus
  22. WOW, such super recipes...I have never heard of most of these before.
    I would like to try some, so please wish me luck!๐Ÿ˜‰
    Many thanks for sharing, I have learned a lot here today!๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    Have a great day, dear friend! ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    Big Hugs xxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you very much, Dear Ygraine my Friend

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      hopefully you can try this someday or i'll cook for you if you come to visit my hometown ☺๐Ÿ˜Š

      have a great day too...

      greetings from Indonesia

      Hapus
  23. HOW I wish I could read your blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah mudahan suatu saat nanti aku bisa pakai bahasa inggris juga ya kawan...maklum bahasa inggrisku masih tertatih-tatih....hiks

      เฒฅ‿เฒฅ

      Hapus
  24. makanannya ga ada yang ga suka. Suka sekali semuanya. bikin laper terus nih tiap berkunjung ke sini.
    Harus ikut master chef nih mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kalau Pak Yonal suka resepnya. Insyaalloh nanti kalau Mbul ada resep lagi akan kupublish di blog

      Ikut Masterchef takut dislepet chef Juna Pak Yonal, si Mbul blom kuat mental (เน‘•̀ใ…•́เธ…✧

      Hapus
  25. scrolling stop di mie telor... Hahhahaha, sebagai penggemar mie aku terpaku melihat hasil masakannya... dan mendadak jadi kepingin ke minimart buat beliiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaak, yuk kita toast mba Rie, mbul juga pecinta mie

      (´✪ฯ‰✪`)♡

      (ใƒŽ^ฯ‰^)ใƒ(^ฯ‰^ )ใƒŽ tosss ..


      ntar abis beli, mba Rie fotoin step by stepnya ya trus direview juga di blog...biar Mbul ada temennya ๐Ÿ˜œ

      Hapus
  26. Aduhh Gustiii...! Bikin laper, siang-siang gini liatnya bikin laperr tapi pas loh mbak dengan jam istirahat kerja. Dijadiin satu sayap, kangkung, jagung manis, tempe dan terakhir cocol sambelnya sama bakwan... Loh? Minumnya mana nih? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh gustiiiii! (((keinget slogannya encez nabati hihihi)))

      langsung melipir cari makan siang Mas Roni, sebelum cacing di perut pada berontak ☺๐Ÿ˜‹

      mantab kan masakanku? minumnya ada di cerek, tinggal dijog sendiri tehnya ๐Ÿ˜„

      Hapus
  27. Ngiler dengan bacem + sop kambing jago + sambel. Juga penasaran apakah ada bedanya Mie Goreng Jawa dengan mie goreng biasa wkwk, hmmmm apa Kalimantan ada juga yah Mie Goreng Kalimantan???? HMMM kayaknya sih nggak dan ah, akhirnya hujan di sini. YEAYYYYYY ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beraneka ragam ya lauknya ๐Ÿ˜„
      kalau lagi niat masak ya gini Hid ๐Ÿคญ


      sop kambing dan rica ayam jago enak semua...(´∧ฯ‰∧`*)

      mie goreng jawa kayaknya pakenya mie telor dan mie yang bukan keriting hid...bener ga yak hahhaha...aku ngawur jangan jangan. Biasanya ada juga yang dimasaknya masih pake tungku loh...jadi ada aroma sangit sangitnya...pake areng..Cuma aku oakenya kompor biasa aja

      mie kalimantan? bikin sendiri kalau belum ada Hid, gimana?

      wah asyik akhirnya hujan juga, jadi adem ya hawanya kalau ujan ๐Ÿ˜„

      Hapus
  28. Kamu masak sayur bening bumbunya kencur sama bawang merah ya mbul? Kalau aku kencur sama bawang putih HAHAHAHA, Suamiku tuh yg suka bgt beningan bayam, aku yo kalau bikin tambah wortel sama jagung, tapi jagungnya selalu aku pipil, biar ga susah kalau makan, ga perlu di brakotin HAHAHA

    Btw, km hampir tiap hari nyambel ya? Wah kalau aku nurutin suamiku, dia maunya tiap hari nyambel tuh, dia suka yg pedes soalnya, tp aku aja masaknya tiap pagi buru2 sebelum kerja, ga pernah sempat nyambel wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak beda bumbu kita sayyy...aku bawang merah senengnya. Bawang putih ga gitu suka. Kalau kencurnya biasanya aku banyakin biar seger...

      hihi iya ya..kalau udah dipipil ga pe er mbrakotin wkwkwkwk...tapi aku takpotekin gini aja gede-gede. Soalnya kalau udah dipipil kurang berasa jagungnya ๐ŸŒฝ๐ŸŒฝ๐ŸŒฝ

      Hapus

  29. Rebus mie telor dalam minyak yang sudah mendidih, sebentar aja, angkat, tiriskan >>> ngerebus dalam minyak mendidih ya, Say. Apa gak jadi krispi dia. Selamat malam, ananda Mbul. Terima kasih resepnya. Rasa mau melahap semua. Ha ha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakkak...maapkan bunda...kayaknya mbul lagi ngeblurngetiknya jadi ada salah tulis, ntar mbul koreksi dulu

      (⁄ ⁄•⁄ฯ‰⁄•⁄ ⁄)

      ((o(*>ฯ‰<*)o))

      Hapus
  30. Makin ke bawah makin pedes keknya sambelnya Kak Nita huh hah.. tapi SemangatCiee sih emang kalau pas makan plus nasi yak, berasa aja gitu pengen nambah lagi haha

    Eh iyak tadi pas lihat mie goreng Jawa di wajan itu, masa daku gagal fokus dong kak ngeliat yang oren-oren. Daku pikir udang ๐Ÿคฃ. Sampe bolak balik naik turunin itu Poto yak, eh ternyata bener itu wortel. Lah efek malem mampir dimarih, biasanya pan pagi atau siang, jadi laper wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya fenni, sengaja aku kombinasiin yang manis dan pedes...biar lengkap tur komplit sayurnya

      wkwkwk wortelnya bikin pangling ya ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
  31. Kenapa saya bukanya pas malam. Jadi kepikiran Mie Goreng Jawa sama Tumis Kangkung nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya mas ridsal review mie khas medan mas, biar kita kita tahu ๐Ÿ˜„

      tumis kangkung paling gampil tur endeus apapun lauknya (´∧ฯ‰∧`*)

      Hapus
  32. Banyak banget masakannya. wkwkw. Saya juga kadang masak sendiri sayur bening, tapi kadang saya tambahkan ebi. biar ada daging-daging tipisnya gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mas Supriyadi pinter masak juga ternyata...baru denger aku bening dicampur ebi mas, biasanya kumasukin itu di tumisan...ini di kuah ternyata enak juga ya mas, tar kapan-kapan aku cobain deh

      (´∧ฯ‰∧`*)

      Hapus
    2. Iya mbak, eksperimen aja. Dari pada gabut dikosan. Kadang mie goreng juga saya tambahkan ebi. Menu apa lagi nih yang di masak? Request masakan pedas dong mbak..

      Hapus
    3. iya mas makin sering eksperimen, dijamin mas supriyadi bakal kreatip ๐Ÿ˜ƒ☺

      aku save dulu ya mas requestnya, sembari mikir kira kira masakan pedes apa ya yang sekiranya bisa kupraktekkan? ๐Ÿ˜

      Hapus
  33. Suwer, nafsu makan saya yang hilang selama 1 minggu ini karena sakit, kembali menggelora setelah membaca postingan mbak Nita yang sungguh-sungguh cetar mwmbahanaaa...

    Jujur seminggu ini saya gak bisa menikmati masakan apapun yang disiapin istri, semuanya terasa hambar, gak ada rasa. Bukan istri gak bisa masak, tapi lidah saya yang sedang tidak bersahabat.

    Semoga setelah membaca dan membayangkan lezatnya menu masakan mbak Nita, selera makan saya bisa kembali pulih sepenuhnya seperti sedia kala.

    Makasihh sudah berbagi kebahagiaan mbak Nita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas sehat Kang Maman ☺๐Ÿ˜Š

      alhamdulilah kalau lihat postingan masakan di sini bisa menggugah selera hehe...mudah-mudahan bermanfaat :)

      sama-sama Kang (´∧ฯ‰∧`*)

      Hapus
  34. Jadi laper deh, aku paling suka tempe goreng d makan panas2 sama cabe plus kecap, mmmmmantaaap deh ah ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba...tempe anget mbul paling suka...kalau ga mbul goreng biasa kujadikan sambel tempe enak juga kasih kemangi hihihi

      (´✪ฯ‰✪`)♡

      Hapus
  35. Kalau aku makan itu semua, bisa mukkbang dong, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi kumasaknya beda beda hari mba elsa..kalau dalam sehari fulltank atuh wkwkwk

      Hapus
  36. these dishes look very tasty :)

    BalasHapus
  37. Wah, keren kak. bisa dapat referensi masakan dari resep Kakak.

    Kelihatannya enak semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Teddy, semoga bermanfaat ya dan bisa dipraktekkan resepnya ☺๐Ÿ˜Š

      Hapus
  38. Wah kemaren aku masak tumis kangkung dan tempe goreng hahaha sama deh. Beda waktunya doang haha...sambel wajib ada ya. Sekarang aku bikin ayam goreng biasa aja sih, tapi bukan kampung, ayam negeri ajah hihihi :) Coba ah praktekkan resep punya Mbul, biar beda rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. (*'∀^)ใƒ(^ฯ‰^*)

      toast atuh mba nurul

      hihi iya, sambel itu ibaratnya pelengkap

      ayam negeri kulitnya tebal ya mba hihihi

      monggo mba, silakan dipraktekkan resep mbul tapi ga tau resepnya kacrut apa nda ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ

      Hapus
  39. Wah, makanan yang penuh kearifan lokal dan bumbu rempah khas nusantara. Ternyata jago masak juga dan punya potensi jadi chef

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nih Pak Vicky lidah Indonesia banget hehehe

      masa iya sih...hahahahah...ga juga ah wkwkw

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ

      Hapus
  40. Wah, menu makanannya lengkap ya dan berselera Nusantara. Aku juga penggemar Tempe dan sayur bening alias sayur bayem, apalagi kalau pake Oyong. Berasa segar dan bisa nambah berkali kali apalagi plus sambel terasi. Chef yang hebat untuk Mbak Nita. keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tema nusantara nih pak eko

      (´∧ฯ‰∧`*)

      seger banget kalau pake oyong bening tuh...oyong tempat mbul disebute gambas hehehe

      Hapus
  41. Tumben nih mbul belum ada update yang baru, kayaknya lagi jepret jepret dulu mumpung belum PPKM darurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. (。・ฯ‰・。)

      mbulnya lagi mandan mriyang mas dari kemaren..ga enak badan ๐Ÿฅบ๐Ÿฅบ๐Ÿฅถ๐Ÿค’

      bingung nih mas mbul mau update apa ya wekekeek....uda jepret jepret menu baru sih, hihi...biasa nyobain merek indomie..tapi..heuuu mau ngembangin dalam bentuk tulisan kok mbul nge-blank yak ? ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ

      Oiya bentar lagi PpKm sejawa bali ya? kira kira ga boleh ngapain aja ya? apakah kita harus ndekem terus di dalam rumah?

      ((o(*>ฯ‰<*)o))

      Hapus
    2. Masih mriyang ya, kirain aku lagi berburu makanan, maaf ya mbul.๐Ÿ™

      Semoga cepat sehat ya.๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
    3. masih nih mas..เฒฅ‿เฒฅ

      mana di luar mendung terus lagi wekekekkekk...jadi kayak tatunk nangka si mbul, mas...
      uget-uget selimutan muluk hahhahaha

      amin, makasih iya Mas, Mas Agus juga sehat-sehat terus ya

      แ•ฆส• •แดฅ•ส”แ•ค

      (*・ฯ‰・๏พ‰๏พ‰๏พž☆๏พŸ๏พŸ uda mau PPKM sejawa Bali kan? ☺๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜œ, kemaren sepintas baca pidatonya Pak Jokowi hihi

      Hapus
    4. Memang lagi banyak orang sakit, kemarin nganter emak ke klinik juga banyak orang yang berobat.

      Dua hari ini toa masjid juga bunyi, ada orang yang meninggal dua kali dalam dua hari ini. Korona yang ini bikin ngeri.

      PPKM itu apa mbul? ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
    5. wah ibunya mas juga sempat check up ke klinik ya, semoga ibunya Mas cepet sehat iya Mas...๐Ÿ˜Š☺๐Ÿ˜Œ, aminnn ya robbal alaminn..

      iya mas, hawanya masih ga enak body mau ngapa ngapain juga lemes wekekkekk...iya mas banyak banget ya pengumuman orang ninggal, sampe kalau ada pengumuman pake toa mesjid pagi pagi langsung mbatin, waduh ada yang berpulang lagi nih huhu ๐Ÿฅบ๐Ÿฅบ

      Ppkm mas, pembatasan kegiatan masyarakat apa yak...lupa singkatannya apa xiixi, kemaren aja liat di yutub pidatonya pak jokowi.
      di tempat Mas agus sepi ga? hari pertama sih biasanya sepi ya Mas...☺๐Ÿ˜Š

      Hapus
    6. Hari pertama biasa saja, banyak orang lalu lalang, yang jualan bakso sama cilok masih jualan, mungkin karena kampung kali jadinya tidak terlalu berpengaruh, beda dengan kota.

      Bedanya ya itu, kalo sakit sekarang jadi was-was, takut periksa tapi malah di karantina. Ini dada dari kemarin senut senut juga aku kerok doang.๐Ÿ˜‚

      Hapus
    7. kalau tempat mbul hari pertama sunyi sepi mas ๐Ÿคญ, ga tau belum ngecek lagi ke depan jalan raya kalau hari kedua ini (´・๏ฝช・`)

      e tapi ya ga sesepi di jakarta deng kayaknya xixixi

      he em Mas, Mbul juga ya timbang ga enak body dari kemaren gini gini aja. ditambanin ndiri bikin jahe anget apa diminyakin seluruh tubuh hwahaaa...ya soalnya kayak masuk angin menggigil gitu rasa rasanya hiks

      (。•́ฯ‰เธ̀。).。oO

      iya sekarang justru ke Rs atau faskes masih atut mbul hihi..dada bisa dikerok juga tah mas? kirain punggung doang ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ, mudah mudahan kita semua cepetan seger kembali iya Mas...

      แ•ฆส• •แดฅ•ส”แ•ค

      Hapus
  42. uluh uluh... perut laper maen ke tempat Mbul langsung kenyang euy, disuguhin buanyak banget, ada bayam bening tuh kesukaanku biar bisa kayak Popay, trs ada gorengan jugak, asli kedemenan saya itu, mie goreng apalagi, tiap malam kalo kepengen ngemil biasanya nyari mie goreng...
    ^_^

    bentar ah, pulang dulu ya, tar balik lagi, mau ngambil panci...

    buat apa panci tuh?

    mau minta sayur bayemnya... hehey... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pundi mas pancine...sini takiisiin bayem wekekek..

      ๐Ÿฅ—๐Ÿฅ—๐Ÿฒ๐Ÿฒ๐Ÿฒ๐Ÿฅ—

      iya nih mas, biasa kegiatan hari hari uplek dapur terus, mainane wajan, panci, suthil xixixiix

      mie kalau malem-malem ibarat kata kayak bonus nyemil ya Mas, kasih telor n rawit ijo...hweheeee...maknyus ๐Ÿ๐Ÿ

      Hapus
  43. Mba Nita masaknya rajin ya. Aku bawaannya malas masak, apalagi kalo makan sendiri, telor ceplok doang. Berhubung ada suami, baru mikir pake sayur apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga juga sih mba nissa, lebih karena uda jadi kebiasaan aja n biar agak ngirit dikit hehehe, ketimbang beli makan di luar mulu (´✪ฯ‰✪`)♡

      Hapus
  44. Dan hari iniiiii aku minta asistenku masak rebus bayam bening, sambel terasi dan mie goreeeng. Langsung ngileeer liat menu mie gorengnya nit.

    Kapan2 aku juga mau coba bikin ayam rica2 deh. Tp kamu ga ksh takaran niiih hahahaha. Sama aja kayak mamaku. Kalo masak resepnya itu pake hati soal takaran. Jd aku kalo belajar masak hrs liat langsung jd ada bayangan seberapa banyak. Kalo cuma di telp, trus tanya takaran, jawaban mama pasti , secukupnya aja.

    Lah, secukupnya itu berapaaaaa hahahahha. Makanya aku LBH bgs minta dimasakin aja lah trus kirim ke JKT buat yg menunya bisa tahan lama kyk rendang :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. horeee ternyata mba fans teracuni postingan bayem aku hihihi #e ga ya, pede banget aku hihihi

      ((o(*>ฯ‰<*)o))

      iya mba fannh, kebiasaan aku kalau masak pake ilmu feeling alias kira-kira hahhahahah

      aku kok bisa sehati gini ma mama mba fanny ya wekekke

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      minta praktisnya aja berarti ya mba, paketin menu jadinya aja hahahhaha

      ๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ

      Hapus
  45. Hari sabtu menjelang siang liat menu makan kayak gini. Dan di rumah sudah bersiap masak sop dan terong balado..wkwkkwk

    Entah kenapa tempe selalu menggoda. Kalau makan tempe goreng ga bisa sebiji. Pasti beberapa. Apalagi kalau ada sambal. Pasti ga berhenti kalau belum habis...wkwkwk

    Pas di kalimantan pernah mengalami kebosanan dengan menu makanan. Akhirnya cuma pesen tempe goreng, telur, dan sambal aja. Betapa nikmatnya menu tersebut....hahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk oh uda persiapan masak masak juga ternyata mas vai ya, menarik juga tuh menunya sop dan terong balado pedes ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜„

      iya tempe di sini murah, digoreng biasa aja tanpa tepung kalau masih anget emang mantab, pake sambel dan nasi anget wekekek

      menu yang murah tapi aman di lidah ya ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  46. Saya suka semua resepnya mbak nitaku???? Suka banget, review kayak gini terus atuh mbak nita ???? ๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜๐Ÿ’˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kalau tari suka

      nanti nita post resep lainnya ya

      ๐Ÿ˜(´✪ฯ‰✪`)♡

      Hapus
  47. Tumis kangkung sama tempe goreng ini paduan yg paling aku favorite kan
    Resep nya cukup sederhana
    Boleh nih kapan2 coba eksplorasi menu yang lain yg di sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya favorit aku juga, toast yuk mba siti

      (*´︶`*)เธ…♡

      iya resep di sini ga pernah ada yang ribet, soalnya menyesuaikan kemampuanku hihihi

      ditunggu ya resep lainnya

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  48. Mbak Mbul.. kalau sayur bayam pakai kencur tuh rasanya gimana.?
    Aku kalau bikin sayur bayam, bumbunya pakai bawang merah, lengkuas sama daun salam. (Resep ngikut dari internet... ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…)

    Mbak Mbul keren ihh.. masakannya bervariasi dan hampir semua bahan loh bisa dilahap. Aahaha.๐Ÿ˜… kalau aku malah hampir menghindari yg namanya daging2an. Terutama daging kambing.. nggak bisa ngolahnya.. sama nggak tahan bau embeny.. pasti nggak hilang2.. knapa ya?? Hahah ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger bayu, kencur kan ada sensasi sensasi segernya

      (❁´◡`❁)

      bayu oernah minum beras kencur ga di tukang jamu, seger gitu rasanya kan?

      hahhaha ini pas lagi kebetulan nyimpan di kulkas kok, sering pula pas last minute atau tanggalan menuju tanggal tua bingung lagi mau masak apa xixixi

      iya, kambing memang ada trik khusus biar ga prengus aromanya ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜„

      Hapus
  49. Bening bayamnya kayaknya semudah itu ya Mbul tapi kalo aku yang praktek kayaknya tetep aja susah ๐Ÿ˜

    Salut deh Mbul, disela-sela ribetnya masak masih bisa sempet foto2, tangannya nggak minyake apa mbul? ๐Ÿ˜†

    Btw, ini lama2 bisa bikin buku resep masak sendiri nih... masakannya bikin nelen ludah semua ๐Ÿคค๐Ÿคค

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangking gampile pak guru hihi

      ga ribet dan banyak asah-asah kalau masak bening bayem tuh ๐Ÿคญ

      nah, kadang agak worry juga takut licin e kamera nyaris kecemplung wajan, untung ga pernah ngalamin hahahaha

      belum kayaknya, resep resepku masih ala kadar banget, maluw aku ama ibu sisca soewitomo hihihi ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜œ๐Ÿคญ

      Hapus
  50. banyak benerrrr menunya, dan bervariasi. kalau di jember ada rumah makan dengan menu masakan rumahan kayak gini bakalan jadi langganan pegawai pegawai disini mbak
    yopo kalau mbak mbul buka cabang depot di jember ae ?:D

    tipe masakan mba nita sama kayak ibuku mbak, modelan kalau bikin mie juga kayak gitu, mawut mungkin ya istilah wong jowo. kayak nasi goreng mawut gitu

    sambel flores ini aku belum cobain atau aku yang lupa ya, pas ke flores dulu pernah makan sambal tapi lupa nama dan rasanya hahaha

    menu sayur bening jagung baru beberapa hari lalu aku nikmati waktu jadi menu isoman, biasanya jarang banget aku milih sayur bening.sekarang sayur kudu diperbanyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha lagi niat Mbak Ai...biar ga bolak balik beli makanan di luar hihi

      aminnn moga moga suatu saat kelak punya usaha resto #eh ngimpi dulu si Mbul hihihi

      aku seneng nasi goreng mawut mba ai...aku ketoke pernah ngicip inibdi Purwokerto deh...nek ga salah nasi gorenge dicampur mie kuning kendurenan kan ya. Nasi gorengen pucet tapi aroma tomat bawangnya nyus banget

      iya memang bening bayem seger banget...aku sukae takpakein jagung manis sek gede gede gini mba ๐ŸŒฝ๐ŸŒฝ๐ŸŒฝ

      Hapus
  51. Nah ini baru bermanfaat...resep resep yang bisa di praktikan buat keperluan personal atau malah di jadikan ketrampilan buat mencari cuan dengan cara bisnis....kuliner!

    BalasHapus
  52. Aku lagi bikin jadwal masak sebulan, sekaligus bikin daftar belanjaan pasar. Dan aku Inget kamu akhir2 ini bikin menu masakan sekalian resep. JD mampir lagi kesini mau cari inspirasi menu :D.

    Beneran deh ayam rica aku masukin ke list. Biar sekalian beli bahan2 nyaaa :D.

    Skr aku udh rutin pake meal prep Nit. Kalo sebelumnya masih kadang pake, kdg ga. Tp sejak ppkm dan virus makin ganas, asisten aku larang belanja di pasar. JD bener2, aku pake aplikasi buat belanja pasar, seminggu sekali. Makanya bener2 hrs tau mau masak apa seminggu itu, biar yg dibelanjakan ga sia2 :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku blom bisa food prep mba fan...kapan hari pernah brutal belanja kotakannya eeee malah tutupnya pada ketriwal wkwkwk...akhirnya biar ringkes ga jadi kuwadahin kotakan kotakan tapi takplastikin aja sayuran yang dah kupotong potong ๐Ÿ˜„

      Hapus
  53. Bacema iso-nya itu loh, menggelegar sekali penampakannya. Jadi pingin nich, hihihii.......
    Aku sih sekarang ngandelin ibu buat masak. Kadang juga go-jek. Bisa nih jadi ide buat bikin sendiri di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mas adi, baceman iso serasa kayao maem masakan sunda hehehe..

      baru kemaren itu aku kepikuran mbacem iso, biasanya tempe atau tahu loh ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  54. Enak2 kelihatan menunya.. sama saja dgn resepi kita di malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. horaaay jabat tangan karena recipenya hampir samaan kak ☺๐Ÿฅฐ

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^