Selasa, 22 Juni 2021

Indomie Goreng Aceh vs Nasi Goreng Ala Mbul




Oleh : Gustyanita Pratiwi

Siang-siang Mbul bikin 2 masakan berbeda dalam satu waktu. Wow!!! Apaan tuh? indomie goreng versus nasi goreng dong. Bener-bener wow ga sih? Ga ya? Biasa aja. Aku doang yang lebey...hiks mewek #srooott.



Dengan menyingsingkan lengan baju, Mbul uplek sendiri di dapurku yang sempit ini demi sebuah konteeeen. Eh ga ya? Ini beneran masak buat dimakan kok, tenang aja! Ya, sebenernya aku cuma lagi penasaran aja ama salah satu varian indomie yang sempet aku beli kemarin yaitu Indomie Goreng Aceh. Itu loh yang bungkusnya ijo. Dan pas dibuka, tekstur mienya lebih gede dari indomie varian lainnya. Tapi ga aku masak biasa yang abis direbus langsung usek-usekin ke pipi Mbull bumbu ya. Tapi mau aku bikin lebih ribet lagi yaitu versi nyemeknya. Haduuuuw, mentang-mentang kalau yang nyemek-nyemek Mbul udah jago terus bikinnya itu terus, hihihi. Biarin deh. Soalnya mumpung ada kubis ama pokcoy. Ini kalau ga kumasak-masak takutnya layu. Pokcoy kan gampang kuning ya? Jadi yawes lah, takmasak aja ke dalam mie dan nasgor. 

Bagaimana resepnya? Ini dia!

Indomie Goreng Aceh Versi Nyemek

Bahan-Bahan :

2 bungkus Indomie Goreng Aceh
2 butir telur ayam
cabe rawit
cabe cengis
bawang putih
Kubis
Pokcoy
Tomat
2 sachet saus cabai
1 sachet saus tomat
Air
Kecap
Garam
Gula pasir
Minyak goreng

Tahapan Memasak :

Rebus indomie goreng Aceh sebentar saja setelah air mendidih, angkat tiriskan
Kocok 2 butir telur
Uleg cabe rawit, cabe cengis, bawang putih, sedikit garam
Panaskan sedikit minya goreng
Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan telur kocoknya, aduk-aduk sampai matang dan menguarkan aroma wangi
Masukkan kubis, tomat, wortel, dan pokcoy sampai layu
Tambahkan air beberapa gelas
Masukkan saus cabai, saus tomat, kecap, sedikit gula
Masukkan indomie goreng Aceh yang telah direbus beserta bumbu bawaannya
Sajikan hangat





















Rasanya sendiri bagaimana Pemirsa? Hummm....agak sedikit accident sih mengingat ngrebus indomienya agak lamaan jadi agak-agak ndlodrog dikit. Tapi ga mengapa, soalnya kuahnya udah sedep banget. Udah merah berasa kayak mie-mienya orang Korea. Tapi ini ketolong banget ama saos sambal dan saos tomatnya sih disamping bumbu bawaan indomie goreng Acehnya. Pedes manis kecapnya juga ngeblend banget. Cocok disruput pas mendung-mendung ujan-ujan begini, hihihi.

Yang kedua adalah nasi goreng! Sempet banget kan nyanding wajan 2 jejer-jejeran isinya 2 masakan berbeda? Namanya juga Ubull...kalau udah karep alias niat, maka ga ada yang ga mungkin hehehe..

Untuk nasi goreng, memang bumbunya lebih simpel. Ga aku pakein telur, suiran ayam, sosis atau bakso. Ati ampela dan pete juga lagi kosong. Ini original punya sih. Cuma memang kecapnya aku banyakin biar cokelat gitu loh. Terus karena masaknya agak lama, eh ga taunya ada nasi pada bagian bawah yang akhirnya agak berkerak, wkwkwk. Ga pa pa lah ya. Tetep enak kok! 








Nasi Goreng

Bahan-Bahan

Sepiring nasi dingin
bawang merah
bawang putih
cabe rawit
sedikit garam
Kubis
Pokcoy
tomat
terasi ABC
kecap manis
Minyak goreng
Teri medan

Tahapan Memasak :

Uleg cabe rawit, bawang merah, bawang putih, sejumput garam, terasi
Iris kubis, pokcoy, dan tomat
Panaskan minyak, tumis bumbu ulegan sampai wangi
Masukkan irisan kubis dan pokcoy
Masukkan nasi dinginnya
tambah dengan sedikit garam, kecap manis, dan tunggu sampai kecokelatan
Tambahkan teri medannya, tunggu sampai matang
Sajikan hangat!






Sebenernya kalau nasi goreng, aku seringnya pake daun mengkudu. Cuma pas ngecek di depan, ternyata daun mengkudunya uda keburu dipangkas dong, hahaha. Yang ada aja akhirnya dipake. Walaupun ga komplit-komplit banget sih. Nasi dinginnya juga belum terlalu pera. Ntah kenapa kemarin aku masak nasinya agak kelembekan, hiks! Coba kalau lebih pera sedikiiit lagi, pasti dijamin akan menyerupai nasgor tek-tek langganan. 

Jadiiiii...setelah ditata, diplating, diicip, antara indomie goreng Aceh yang kubikin nyemek versi kuah dengan nasi gorengnya enakan mana tuh? Kalau aku pribadi (padahal aku juga yang masak hahahaha), ternyata aku lebih suka indomienya. Ya pecinta mie emang susah sih kalau mau ditandingin ama yang lain. Kalau pilihan salah satunya ada mienya off course aku pilih mie, hihihi.





Ini kalau dipikir-pikir Mbul uda macam tukang nasgor dan mie tek-tek ga sih? Kalau iya, berarti tukang nasgor dan mie tek-tek imut dong....#eh ga ya....plaaaaak! Sebenernya aku masih ada varian indomie rasa lainnya, maybe nanti dimasak di lain waktu dengan tema yang akan lebih ribet lagi, hihihi. Tapi itu ntar nunggu moment yang tepat!

Dan untuk nasgornya, pengen aku ulangin dengan mie dingin yang lebih pera. Mungkin nungguin nasi di magic com selanjutnya lagi kali ya biar tampilannya lebih cakepan dikit. Bila perlu pas ada ati, ampela, dan juga pete, biar rasanya semakin 'nyus' lagi.









Yah, ga kerasa uda lumayan aja kan aku cuap-cuap dadakan di siang yang penuh angin ini. Sebelum aku ngetik hal-hal yang di luar jalur, baiknya kuakhiri dulu postingan kali ini. Semoga menghibur...maklum adminnya lagi meriang jadi kudu banyak bubuk-bubuk syantik dulu sembari tetep ngerjain aktivitas harian kek biasanya, hahaha...

Sudah dulu ya!

Semoga kalian semua pembaca atau yang sering berkunjung ke blog Mbul selalu sehat dan gembira.

Dadaaaah!

Mbul



20 komentar:

  1. wees, jadi lapar ni lihat dua mie diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Fajar kali ini aku bikin dengan varian indomie goreng aceh yang ada kuahnya dikit plus improvisasi di bumbu ^____^

      tapi satunya lagi itu nasi goreng 😄

      Hapus
  2. Lagi eksperimen bikin indomie rebus biar jadi mie goreng, nyari di google dapet istilah "nyemek" ini. Pas beres lebarin kemarin, banyak undangan hajatan, ya akibatnya indomie rebus yg kuning itu oleh-olehnya dan ga abis-abis.

    Udah nemu resep klopnya, ditambah bumbu pecel dan bumbu indomienya cuma pake seperempet (udah beberapa kali coba cuma setengah tapi masih keasinan). Tapi tetep menanti varian indomie lain nih dari si tukang mie tektek kawaii hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana Rip enak kan yang nyemek-nyemek basah gitu, aku sukanya yang nyemek basah daripada yang banjir kuah ☺😊

      o kalau tempat Arip oleh-oleh hajatan berupa mie kuning ya...mirip di Jepara kalau ga salah ðŸĪ”

      ditambah bumbu pecel? menarik juga ya Rip? Aku belum pernah nyoba tuh kalau pake bumbu pecel

      asyikkkk dibilang kawaiii...ahihihi
      #ketawa ala bernard Bear

      ʕ ˵ ̿–áīĨ ̿– ˵ ʔ

      Hapus
  3. Looks great! Especially rice dish ingredients are very rich and healthy. Thanks for recipes. Greetings from Turkey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Dear!!

      (´✪ω✪`)♡

      yes i use many ingredient, especialy the vegetables as this garnish

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  4. Hhhmmm nyam2.. ðŸĨēðŸĨē😛
    Bikin ahhh ntar siang.. 😊 Mie Acehnya. It looks so delicious Mbak Mbul. Heheh

    Kalau nasi Goreng. Aku lebih sering pakai bumbu instan nasgor Mba Mbul. Heheh. Lebih simpel ðŸĪĢðŸĪĢ😂 kadang mager juga itu iris2 bawang, ngulek2 bumbu.. hahah meskipun rasa dari ngebumbu sndiri jauh lebih enak.

    Wihhh cerbung Ep.4 udah ada nig.. hahah
    Siapp meluncurrr..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda dibikin belom bayu, kalau udah direcook upload di blog ya hehehehhe

      ntar aku juriin biar biar aku miripan chef renata moeloek hihihi

      bumbu instan yang bayu pake mereknya apa bayu? aku belum nemu bumbu instan nasgor yang pas soalnya menurut standar lidahku rada keasinan wkwkwkkw

      asyiiikkk!!! Bayu emang pengertian deh jadi temen blogger aku bikin cerbung selalu diapresiasi...ku jadi terharu gini hiks...tissue mana tissue 😭😭

      Hapus
  5. wah jadi lebih enak nih indomie goreng aceh versi mbak mbul, sku biasanya bikin juga yg aceh, tapi leboh suka yg rendang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mas khanif suka beli indomie goreng rasa aceh juga? toast dong kalau gitu (*´︶`*)āļ…♡

      kalau rendang menurutku over salty huhu...aku lebih suka rasa sambal matah yang bungkusnya sama-sama ungunya Mas Khanif 😄

      Hapus
  6. Hebat ya Mbul bisa masak sambil dokumentasi tetep jalan...
    kalau dilihat dari kuah mie goreng acehnya juga udah maknyuuus banget siih, mantappp

    Kalau misal disuruh milih kayaknya lebih seger mie gorengnya.. mungkin karena disini juga hawanya lagi dingin dingin mendung 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya demiiii pak guru...demi konteeend wkwkwkwk

      uda kelihatan merah membara kayak ramyun ala korea ga pak guru edotz hihihi

      iya mienya ga bikin terlampau seret soalnya masih ada kuahnya hihihi

      Hapus
  7. huwaaa aku udah bisa bayangin gimana sedepnya kuah mienya, seger pedes nikmat gitu
    dan emang bener mbak kalau dinikmati pas ujan ujan gitu waduhhh maknyuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedep sedep spicy mba ai..terlebih saos sambal dan saos tomatnya aku tambahin lagi 😄

      Hapus
  8. Saya jarang banget beli indomie goreng rasa lain, biasanya beli yang original terus. Entah kenapa demikian.
    Mba Nita masak mie goreng dan nasi goreng berbarengan, itu semua langsung dihabisin sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang original memang tetep juwaranya ya mba nissa...rasanya ini paling zona zaman banget, kebanyakan orang cocoknya emang sama rasa yang ori

      (´✪ω✪`)♡

      ga mba nissa...aku taruh di piring bentar buat keperluan foto aja.aslinya yang dimakan cuma sepiring hahahahhaha

      Hapus
  9. Hahah si mbull nih bikin mi instan jadi gak instan.... Hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada cara yang ribet kenapa harus instan hihihi

      ((o(*>ω<*)o))

      Hapus
    2. Kayak Prinsipnya dosenku ini

      Hapus
  10. Ndlodrog tuh apa sih mbul? Kaya kelembekan gt ya? Hehehe..
    Nasgor n Indomienya yummy bgd kayanya mbul 😍😍
    Aku blm pernh nyoba indomie aceh 😆 Tp pesen indomie di warung aceh pernah, indomie biasa tp ditambahin bumbu aceh sama mereka. Jd makin pedeess..

    BalasHapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^