Laman

Sabtu, 28 Agustus 2021

Review Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama Tangerang


Oleh : Gustyanita Pratiwi

#Edisi kubek-kubek foto kulineran lama
#Sebelum PPKM berjilid-jilid ya.

Selain SS, ternyata ada satu lagi tempat buat ngetem (((ngetem))) yang enak dan menunya serba makanan Sunda. Oh, i love it!!!! Sundanya Sunda Cianjuran ya. Jadi ada nasi timbel, dan lauk ikan-ikanan, serta jeroan yang bisa dipilih dulu pake nampan, abis itu tinggal minta digorengin ama penjualnya. Namanya adalah....jeng jeng jeeeeeeng! Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur, Pasar Lama, Tangerang. Berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Nomor 2, RT/RW 001/001, Pasar Lama Tangerang. Masih di kitaran Kampung Berkelir, Tangerang. Depannya Sei Sapi Jl Ki Samaun. Bangunannya itu bambu-bambu semi ijo. 



Beberapa kali ke sini jadi foto yang kujembreng agak banyakan ya. Walaupun makannya udah terhitung ada 3 kali. Udah lama tapi ya...sebelum era PPKM berjilid-jilid kayak sekarang, hehe. Biasa ngabisin stok foto lama di simcard biar ga penuh. Jadi mau taksimpen di blog, abis itu simcardnya kuisi lagi dengan koleksi foto baru.

Sebenernya yang ngrekomendasiin ini adalah Tamaaaaz. Dia bilang : "Ayo Dek maem di tempat aMas biasa ngebossin anak-anak (proyek) aka bolo Kurowo makan siang!" Terus kutanya mang di sana spesialnya apa aMasew? Terus si Ndoro Kakung pun bilang kalau bawa Bolo Kurowo mah semua yang enak-enak keluarin lauk-pauknya. Mau itu ada baceman jeroan, ikan air tawar, sayur-sayuran, ayak, dll. Komplit Mbul....Terus kutanya lagi, lha kalau bawa Ubul yang mau dikeluarin apa aja? Terus dibilang, O yo tentu sing spesial buat bocah kecil tergemes aka Mbulwatie...wkwkkwk...#masa sich?

J.E.L.A.S !!!!

Terfarovitnya kalau di sini itu bacem jeroan gorengnya ya. Apalagi kalau bukan iso, babat, dan paru bacem goreng. Selain itu pernah pula pesen ikan goreng, cumi cabe ijo, jengkol goreng, tempe goreng, lalapan, Sayur asem, urap atau gudangan, tumis daun pepaya, juga terpaliiiing paliiing paliiiing jozznya itu sambelnya. 





Okey aku ceritain satu-satu dulu ya biar kalian kebayang bagaimana rasanya.

Pertama, baceman iso, babat, dan paru gorengnya. Sejujurnya pas nulis jurnal masakan Mbul tempo lalu yang salah satu menunya adalah iso bacem goreng ya terinspirasinya dari sini. Pokoknya ini yang paling enaknya di sini deh. Menurut lidahku ya. Iso, babat, serta parunya itu mengkilat banget. Terutama isonya. Ga tau kenapa paling suka ma isonya aku. Babat dan parunya juga enak sih. Tapi nomor satunya tetep iso. Bukan isone mung nyawang.....bukan. Tapi iso jeroan, gengs....Gimana ya? Dia masih semi basah tapi mateng. Terus dalemnya kan penuh lemak ya...jadi pas dicowel bareng nasi terus tutulin sambel pedes...Ugh!!! Alamak....nyozzz banget. Jangan lupakan juga...krauk tuh timun, terong mini, kubis, atau lalapan lainnya. Dijamin hauceuk!

Ikan gorengnya juga enak sih. Digoreng garing jadi kemriuk gitulah. Cocok buat teman makan nasi dan juga sambel.

Cumi cabe ijonya sendiri dalam ukuran minimalizm ya. Imut gitu satu tatakan lambar. Tapi rasanya ya enak sih. Asin khas cumi asin. Enaknya kalau makan cumi tuh dicubitin aja cuminya kecil-kecil, terus nasinya sakcawukan banyak hahahha...jadi nasinya udah abis, cuminya masih nyisa, dicemilin deh akhirnya.





Cumi cabe ijonya sendiri dalam ukuran minimalizm ya. Imut gitu satu tatakan lambar. Tapi rasanya ya enak sih. Asin khas cumi asin. Enaknya kalau makan cumi dicubitin cuminya kecil-kecil tapi nasinya sakcawukan banyak hahahha...jadi nasinya udah abis, cuminya masih nyisa banyak, dicemilin deh akhirnya.

Next, jengkol goreng!!! Begh!!! Sadapp! Pecinta jengkol mana suaranya? Sini merapat ke Mbul yuk sini, sini kitah berpelukan kayak teletubies.... Wkwkwk...Jengkolnya sih digoreng biasa. Tapi karena diuwurin garem di atasnya jadi gurih-gurih kenyel sepet maknyus lah. Dicemilin aja tanpa nasi juga sebenarnya enak sih.


















Lainnya kayak tempe goreng, sayur asem, urap atau gudangan, standar sih. Tapi ya standar enak maksudku. Terutama sayur asemnya ya. Seger. Dimakan ama ikan peda goreng sebenernya paling jozz ini. Terus urap atau gudangannya terdiri dari tauge, kubis, dan sayuran lainnya. Lumayan mengenyangkan juga sebenarnya.

Tapi tak kalah jozznya dan sebenernya paling primadona adalah sambelnya. Sambelnya itu pedes seger kayak ada trasinya tapi waktu bikin ndiri di rumah kok ga semantab yang di sini ya, hihi..Kayaknya emang udah paten kali Coy rasa sambelnya. Pedesnya juga ngejepret banget. Cocok dimakan bareng lauk yang udah kujabarin di atas, tambah lalapan pula. Wow!!! Maknyus tenan. 


















Review pribadi dari aku :

Lokasinya strategis di kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang
Rumah makannya kecil jadi space tempat duduknya agak deketan
Ada bangku kursi biasa, ada pula lesehan di pojok-pojoknya
pelayanan ramah dan cepat
Menu makanannya enak-enak banget
Favoritku jeroan terutama iso bacem goreng

Okey, kiranya sekian dulu update-anku kali ini. Serius rumah makan ini kurekomendasikan banget. Soalnya beneran enaaaak, hihihi...

"Rumah Makan Sunda Nasi Timbel Khas Cianjur"
Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 2, RT/RW 001/001, Kec. Babakan, Pasar Lama Tangerang 
Jam buka : Setiap hari (09.00-20.00 WIB)

Salam manis
si Mbul (Gustyanita Pratiwi)
pemilik www.gembulnita.blogspot.com















4 komentar:

  1. aduh menunya menggugah selera semuaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kak...alas sunda...baceman jeroan gorengnya yang paling endeusss

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  2. jadi laper nih ... sambel nya wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambelnya pedes banget kak...enak...di sini emang terkenalnya sambelnya hehehe

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^