Minggu, 27 Maret 2022

Cerita Jaman Kecil ke Jakarta dan Ikut Kondangan Tempat Saudara



 
Hallo Assalamualaikum semua....

Ternyata besok libur lagi ya? Tadinya ga tau, tapi pas buka kalender eh libur lagi dong pemirsa, syenangnya... wkwkkwkw....Walau ga kemana-mana juga sih. Tetep di sini-sini ajah...Kali ini aku mau cerita tentang beberapa kenangan yang membekas banget di hatiku lantaran masa kecil memang banyak kenangan manisnya. Walau urip serba pas-pasan tapi ga tau kenapa rasanya seneng aja gitu. Ya namapun masih bocah ya jadi masih polos gitu kan si Mbulnya. Eh, sekarang juga masih sih #tabok 🤯😫








Aku jadi inget ketika pertama kali diajakin Bapak ke Jakarta berdua aja. Mbak sama Ibu ga ikut. Aku lupa deh waktu itu umur berapa kayaknya belom sekolah. Kami naik kereta ekonomi yang saat itu keadaannya jauh dari keadaan yang sekarang. Dulu tuh kereta api jarak jauh lumayan umpel-umpelan. Bukan lumayan lagi, tapi sesek banget. Dulu kan sistimnya cepet-cepetan 😔😱. Banyak yang berdiri dan tiduran di lantai juga. Karcis ama tempat duduk kadang nda sesuai. Mana waktu itu keadaan masih kemproh pula, karena pedagang asongan pada masuk dan sampah-sampah bertebaran dimana-mana, ga jarang lantai jadi becek banget. Pas kita tidur tau-tau ada bunyi sraaak-sraaak-srakkk...orang nyapuin lantai pake sapu lidi, sampahnya dibawa dari gerbong ujung ke ujung, hihihi. Udah gitu pemandangan pedagang neriakin dagangan : "Qua...Aqua...Qua. Lor Asin Lor Asin...Lor Asin...Yang rames...yang rames yang rames...cang bawang..cang bawang cang bawang..yo yang pop mie yang pop mie yang pop mie"...itu banyaaaak banget kwkwkkw...Belum lagi orang tau-tau njejelin permen jahe atau asem ke satu-satu penumpang abis itu ditanyain pada mau beli pa ga, hihihi. Orang jualan kipas bunder dari anyaman bambu, minuman dingin, tissue, banyak lah. Ampe kadang aku pengen merem aja walau ga bisa soalnya kereta ekonomi emang empet-empetan kan? Bangkunya sekali lagi rebutan. Nah, saat itu aku sama Bapak memang mau ke rumah Mbah di Cijantung, Jakarta Timur tapi aku lupa mau ada keperluan apa. Aku ingatnya itu ada ibu-ibu hamil gede yang duduk di depanku nyolek aku. Katanya : "Ini  biskuit Selamat buat adek, dimakan ya." Aku dikasih biskuit Selamat rasa cokelat dong ama ibu hamil dan suaminya itu. Mereka pun langsung bercakap-cakap sama bapak yang sama-sama udah sepuh kan, katanya anak bapak lucu. Ya, itu adalah Mbul😳😳😚. Ibu itu bilang biar anak dalam kandungannya selucu Mbul #ew ew ew. Tapi ini kenyataan loh. Habis itu ntah kenapa semakin malam suasana semakin semrawut aja sampai kayaknya aku merem beneran. Dan tau-tau begitu Subuh kami udah tiba di Stasiun Gambir. 


Nah, setelahnya nyampe di Rumah Mbah dan itu aku langsung keinget sama memori waktu subuh dimana masjid di deket situ lagi melantunkan puji-pujian. Habis itu kami disuruh istirahat dan kebagian kamar tingkat. Aku tuh dulu takjub banget ama yang namanya ranjang tingkat. Soalnya di rumah pake ranjang besi. Terus kami dijamu apel merah dan jeruk sunkist yang mana aku selalu berpikir bahwa apel merah itu adanya cuma di Jakarta. Maklum jaman bocah kan masih belom mudeng, padahal ya di pasar banyak. 







Terus esoknya mampir di tempat Mbah dari pihaknya Ibu, itu kami ngangkot dulu dan abis itu dijemput mbah kami berdua pake motor. Gile....mbahku biar kata mbah putri tapi cara naik motornya kenceng banget matjam Valentino Rossi. Wkwkwk. Bapak dibonceng Mbah Kakung. Aku dibonceng Mbah Putri. Wus-wus wus...kena udara subuh ajegile adem banget!!! Terus rumahnya Mbah ini juga ternyata belakangnya kali gede banget. Aku kok malah jadi kebayang suasana rumahnya si Doel Anak Sekolaan ya. 

Tapi kami ga cuma mampir di 1 tempat aja. Soalnya deket situ juga masih ada Mbah abangnya Mbah ini. Cuma rumahnya masuk perkampungan padat penduduk. Tapi kami dimasakin enak-enak sih di sini. Bahkan digorengin ikan, ayam, tempe, sambel, ama lalap. Duh...enak! Terus sorenya balik lagi ke tempat Mbah yang sebelumnya. Kalau di tempat Mbah yang ini, misal kita mau kemana-mana nanti diantarin Tante anaknya Mbah pake mubil. Keliling Jakarta ceritanya. 

Sebenernya kenangan dengan Mbah ini yang memang terbilang paling berada diantara keluarga kami yang lainnya adalah ketika aku masih di umur lebih kecil dari yang cerita pertama di atas. Kali ini kami sekeluarga (aku, bapak, ibu dan mbak) diajak Mbah ke Malang, Jawa Timur. Kalau ga salah waktu itu kan lewat agrowisata Apel itu kan? Nah, ingatanku yang paling membekas adalah saat liat Patung Apel Raksasa di gerbang tempat wisatanya itu aku takjub beneran. Aku pikir apa itu bisa dimakan? Tapi memori selanjutnya aku banyak nangisnya. Lumayan rewel jadi ga jarang diteot ibu hahhaha (dicubit) biar diem. Habis itu sebagai oleh-olehnya aku dan mbak dikasih baju sama Mbah tapi aku ngerasa bajunya mbak lebih bagus. Baju mbak atasan dan rok warna merah gambar buah-buahan dan ada apelnya. Lha punya Mbul atasan dan celana pendek pink tapi kayak baju anak cowok. Soalnya dulu mikirnya kalau celana pendek kan kayak anak cowok wkwkwk. Mbul kan pengen pake rok hahhahah...#tabok. 

Terus di kesempatan yang lain lagi pas udah usia awal SD, kami dibawain oleh-oleh perlengkapan sekolah, salah satunya pinsil yang isiannya itu bisa disusun gitu deh (pokoknya pinsil yang cukup hits di jaman itu), tas hello kitty dan keropi, buku sepack covernya gambar hewan tupai, pinsil warna luna dan penghapus. Mana penghapusnya wangi banget lagi. Kayak permen karet. Aku mikir apa ini adanya hanya di Jakarta? Aku suka....Pas sekolah jadi semangat karenanya.

Di kesempatan yang lain, kali ini aku, Bapak dan Mbak yang kondangan di tempat Tante (adiknya Bapak) yang lagi nyunatkan anaknya yang pertama. Waktu itu memang jamannya kalau anak cowok itu ya disunatin umur-umur SMP-an kan? Udah bongsor memang. Beda ama anak jaman sekarang yang masih kecil aja udah disunat. Nah keluarga Tante kami ini juga terbilangnya lumayan berada. Maklum tinggalnya di komplek perumahan gitu kan? Beda ama kami yang tinggal di desa. Jadi begitu liat perumahan dan rumahnya kayak ada di tv-tv itu maka aku sama Mbak yang ada takjoeb banget wkwkkw. 

Oh iya kalau ga salah pas di sini ini Bapak bilang kami sedang nglewatin pabrik Monde apa ya. Makanan yang sering ada saat Lebaran. Terus pas nyampe di tempat Tante adiknya bapak ini yang kutakjub adalah sekeluarga pada seragaman. Serasi banget deh. Anaknya tante, sepupu kami juga dipakein seragam batik tapi baju yang adiknya sepupu kerahnya dibikin kerah sanghai gitu. Dan aku jadi pengen. 

Lalu di tempat kondangan itu aku jadi malah berandai-andai nanti kalau sudah dewasa dan kondangan juga maunya sih dandannya yang cakep. Pake heel tinggi yang ada tali-talinya dan juga gaun yang press body. Wkwkw...#maap dulu kecil mah ngayalnya suka ketinggian hahaha. Tapi satu yang paling kuingat sih dari kondangan di tempat Tante ini, yakni salah satu makanannya adalah khas Jepang. Yaitu sukiyaki. Ya baru kali pertama itulah aku rasan yang namanya sukiyaki...Lalu jadi merasa wow gitu karena isiannya ternyata sangat asing buatku. Oh, ini yang sering kutemui di menunya komik-komik Sinchan hahhahah...Dari situ aku jadi doyan juga sih sama yang namanya sukiyaki. Isiannya itu ada daging tipisnya, sayur-sayuran, tahu, jamur dan lainnya. Sembari makan, sembari itu pula dari stereo diputar lagu campursari yang memang kalau di acara hajatan daerah Jawa Tengah umum disetel yakni Lagu Lingsir Wengi. Tapi serius, emang kayak gitu. Cuma ya memang melodynya dibikin riang dan acaranya kan juga siang hari. Ya setelah puas berkunjung ke tempat adiknya Bapak, akhirnya kami pulang ke rumah lagi dengan naik bus damri. 

Tamat!!!