Jumat, 13 Mei 2022

Mbul Visit to Surakarta Hadiningrat Palace Museum




Oleh : Gustyanita Pratiwi

When we visit to Kasunanan Palace in Surakarta, there are some places that are not allowed to enter like the residence of the King because of Pandemic reason. But we are allowed to enter in public space like museum in Kasunanan area. We bought some tickets for 5 persons (Mbul, Tamas, Mas Montogh, Kakak A, and Uncle Nanang). That has included guide service. There are many collections that make us feel amazed such as royal carriages, ancient weapons, cultural palace, traditional wedding in Surakarta Style,  and some other collection. Now, i want describe them by number of pointer, especially the collections by the room.













Room XII

1. Kyai Rojomolo is a giant head statue for boat decoration during the era of King Paku Buwono IV.
2. Small clay sculpture, describe various colors of abdi dalem (servants) of the Palace Soldiers.
3. Ancient ceramics and porcelain that are use to be household and kitchen utensils.
4. The relic steering boat from King Paku Buwono IV sail through the Bengawan Solo River.
5. Kitchen tools 
6. Pipisan is our equipment used to refine seeds and herbs
cething is a kitchen tools used a place to put cooked rice and ready to be served
7. Traditional games include dakon (congklak), tools for crickets fight, cock-fight and candle
8. Gledek a container for cuttery utensils.
9. Keraton rooftop made of teak wood.
10. Dandang (traditional rice cooker), a tool for cooking rice for war purposes
11. Lesung is traditional tool in processing rice/grains into rice.
12. Lumpang is a container made of wood or stone to pound rice, coffee, or other processed material.



















































Room XI

1. There are ancient weapons, such as buns, pistols, swords, shieds, keris, arrows, and horse saddles.
2. Pareanom bridal umbrellas with specific colors, green and yellow symbolized prosperity and fertility.
3. Diorama of war scene between Prince Diponegoro and Dutch Company in Selarong Cave (1825-1830)































"Mbul sampai terkesan melihat diorama perjuangan Pangeran Diponegoro dibantu oleh Sentot Alibasyah Prawirodirjo, Kyai Mojo dan para prajurit melawan penjajahan Belanda di Goa Selarong, lereng Gunung Merapi-Merbabu"

Room IX

1. Kyai Groedo carriage from the age of Sinuhun Pakubuwono II in Kartasura VOC offerings (1745)
2. Kyai Morosebo carriage Royal Chariots were the era of Pakubuwono VII to Pakubuwono X to pick the great guest (1770)
3. Raja PB II and his queen's paintings. Her queen painting is a 3D painting, so it can be seem from all dorections. It observed carefully into her eyes.
4. Fossil of Kyai Slamet or albino buffalo which is used for heirloom of Islamic Year eve (1 Suro) arround the Surakarta Pallace.
5. A cupboard containing a uniform of cabby and horse saddles.

Room VI

1. In this room, various ceremonial instrument objects are exhibited, including : 
- Bokor is a water container
- Kendi Pratolo is a water container shaped like a teapot made of clay
- Beri is a tray to carrying beverage to guest
- Kecohan is a place to dispose saliva after eating the battle leaf
2. Jewelry such as ring earring, bracelet, nackle
3. Three tiered King umbrella for circumtance ceremony Pakubuwono IV
4. A picture of KGPA Panembahan Djati Kusumo
5. A picture of Gusti Kanjeng Ratu Ageng Permaisuri PB X (left)
7. A Picture of King Paku Buwono XI grandmother (right)

Room VI

1. Wayang Baber is a puppet art that emerged and developed in Java in pre Islamic era.
2. Gamelan (gamel) means that act of drumming of hitting. In Indonesia, gamelan usually accompanies dance, wayang puppet performances, or ritual and ceremonies.
3. Gong Kyai Rendeng relic of King Paku Buwono IX for start archery practice
4. Jaran kepang is a dance that describe war soldiers riding on the horse. The story of the warrior refers to the epic of the prince Diponegoro when fighting againts the Dutch army
5. Topeng dance is a dance to welcoming the Keraton's guests, and it was used as a way of spreading Islam at the same time use a show in the palace environment.
-Lengger mask dance is a paired dance, telling the love story between Galuh Candra Kirana and Panji Asmoro Bangun. This dance was created by Sunan Kalijaga, he used this dance a means of spreading Islam.
6. Tayuban dance is one of the traditional arts of central Java. When dancing a tayub dance, the female dancer called "ledhek" invites a male dance by draping a scraf called "sampur" and female dancer are often given money.
7. Sodoran is a war game with horsemen and armed with "sodor". Sodor is a long woodeng spear (bamboo, etc) with blunt edges.
8. Rebab Gading is an instrument made of elepants gading cow's, skin, and horse's tail. 











































Room V

1. Diorama of Wayang exhibition (traditional art puppet) a person who plays wayang are called Dalang. A Dalang must be able to imitate 100 puppet sounds which one held with the right side is a good character and the left side is a bad character.
2. Wayang Suket is made of grass stalks that have been dried then woven.
3. Wayang golek menak tell about the entry of Islam through the trade roote.
4. Wayang gedog taken from the word gedhogan, which means horse stable
5. Wayang klitik has meaning tiny, tells the story of Damarwulan
6. Relief of wayang kulit exhibition
7. a relief of gamelan exhibition

Room III

1. Replica of the horse and saddle use for the groom's carnival
2. Panggih ceremony is held after the bride becomes a legitimate husband ans wife and meets at the wedding chair
3. Handover sanggan and balang gantal. The grooms hand the banana to the mother of the bride
4. Midak tigan procession, stepping on chicken eggs carried by the groom
5. Sinduran is procession of wrapping, cloth on the bride and groom shoulder. The red cloth is the symbol of women while white is the symbol of men. In the procession of bobot timbang, the bride sits on the bride's father's lap on the left thigh and the man on the right thigh, then weighs the heavier one.
7. Kacar-kucur ritual, this ritual means that the groom is willing to be responsible for providing the family needs, while the wife should use it wisely.
8. Dahar klimah, the bride and groom feed each other
9. Kirab, is a procession to bring the bride and groom to the altar






































Room 1

1. A photo of children's King Paku Buwono XII
2. A photo of King Paku Buwono IX
3. A photo of King Paku Buwono XII
4. Hat relic of King Paku Buwono X
5. Painting of Paku Buwono X, sitting with king's clothes
6. Painting of King Paku Buwono VI-X
7. Painting Of Gusti Kanjeng Ratu Hemas, The Second Queen of King Paku Buwono X
8. Several carved chair from King Paku Buwono IV era (1788-1820)
9. Two carved chairs from Gianyar Palace (Bali) for King Paku Buwono X
10. A carved chair, a seat for King Paku Buwono X
11. Two carved cabinets from King Paku Buwono X era.
12. Kuluk Mathak Keris is a headgear. It is characteristic of javanese bride. The educational value of Kuluk Mathak responsibility means responsibility husband as head of the family.
13. Songkok (Indonesia's traditional hat) of King Paku Buwono VI, VII, and X
14. Sarajantara is a spear shielded from King Pakubuwono IX










Aku sangat terkesan dengan pengalamanku bersama family mengunjungi Museum Keraton Surakarta, Foto : Gustyanita Pratiwi, blog gembulnita. www.gembulnita.blogspot.com

Di area lain Keraton Kasunanan Surakarta, ada tempat kerbau bule loh, kebo bule. Nah yang berendam di sisi belakang ada 2 ekor, namanya Wage dan Pahing. Kami mandeg sejenak dari becak yang kami sewa buat keliling area Keraton Kasunanan (bahkan sampai sore diantarkan hingga Kampoeng Batik Kauman dengan tarif Rp 50 ribu), buat ngasih makan kerbau bulenya. Yang menghampiri Wage. Kalau Pahing masih asyik berendam. Kami beli beberapa unting kangkung yang per untingnya dikenai harga Rp 5 ribu. Asyik ya, selamat makan Wage!


We are very happy and it will be a best experience to know Surakarta Hadiningrat Palace Museum. Hopefully, someday, we can visit back again and explore many things. See you...(Gustyanita Pratiwi, blog gembulnita, www.gembulnita.blogspot.com)





















66 komentar:

  1. Koleksi museum nya unik dan antik
    Menarik sekali
    Saya wong Klaten aja belum pernah kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mas djangkaru liputan juga ke Keraton Kasunanan Surakarta. Ajak keluarganya main ke sini. Tapi sakniki keratone dereng dibuka mas yang boleh dimasuki museumnya. Koleksi museumnya banyak, bahkan beberapa ruangan bikin efek merinding mas wkwkkwk

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya wak sangat menarik. Aku jadi belajar banyak hal setelah mengunjungi museum ini hehe ^_^

      Hapus
  3. Datang ke keraton surakarta atau bangunan bersejarah lainnya emang paling bener pakai jasa guide. Jadi kita ga hanya jalan-jalan tapi juga bisa belajar juga. Bahkan bisa mendapatkan cerita atau sisi lain dari keraton surakarta.

    Cerita yang sangat menarik mbul :D
    Abis libur lebaran, ngeblognya langsung ngegas..hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Vai...biar mudeng alis 'dong' tentang benda-benda peninggalan sejarah dan kebudayaan serta adat istiadat di Keraton Surakarta Hadiningrat ^___^

      aku paling merinding pas area room ada Patung Rojomolo mas. Jadi menurut penuturan bapak guidenya Rojomolo statue dipasang di muka kapal gitu untuk tolak molo atau bencana. Menurut kepercayaan sana begitu. Sebagai upaya perlindungan perjalanan raja saat berlayar melintasi lautan. Jadi sebagai pengunjung aku ikut menghormati saja adat istiadat setempat dan sebagai sarana sinau sejarah juga. Sebab ada pepatah bilang, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Terus kebayang orang jaman dulu kayaknya tinggi-tinggi ya, lihat dayungnya aja beberapa meter itu...Lalu sik paling menarik bagian diorama perang Diponegoro dan Belanda di muka Goa Selarong dengan dibantu Sentot Alibasyah dan Kyai Mojo di lereng Merapi Merbabu...juga silsilah raja raja Mataram dan Surakarta ini dari beratus-ratus tahun yang lalu..Ampe takjub ama silsilah raja rajanya..Bahkan mirsani foto fotone sik jaman dulu langsung kayak dapat experience yang ga terlupakan heheheh

      Amin next masih bakal ngulas review makanan dan tentunya masakan sendiri mas vai wkwkkw

      Hapus
  4. Sudah lama nggak ke sini. Hampir lupa dengan cerita-ceritanya. Tapi alhamdulilah diingatkan melalui cerita dan foto-foto di sini yaaa mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inggih Mbak. Matur nuwun sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Maaf belom sempat berkunjung karena sedang ada kesibukan dan ngepasi libur. Salam :)

      Hapus
  5. ...I love the closeup shot of the cow!

    BalasHapus
    Balasan
    1. He is symbolized of Kyai Slamet or albino buffalo which is used for heirloom of 1 Suro arround the Surakarta Pallace Tom. We feed him with water spinach or kangkong and he like it so much 🤭(´∧ω∧`*)

      Hapus
  6. Would love to visit the museum! That's a happy cow :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie...pengalaman yang seru terutama karena bisa belajar sejarah wilayah kasunanan Surakarta ^^

      Hapus
  7. bukan main indahnya kereta kencana itu ya Non...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mas, kereta kencananya megah dan punya design khusus...beberapa diantaranya digunakan untuk royal wedding ^^

      Hapus
  8. seruuuuu
    baideweii selamat lebaran mbak nit, tau-tau postingannya udah banyak aja hahaha, ngebut bacanya
    wishlist pengen masuk ke keraton ini, dari dulu belum kesampaian. seru juga bisa belajar sejarah langsung ke tempat kayak gini, kadang kalau buka buku sejarah aja bawaannya males duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya nih mbak ai...nyicil siapa tahu nanti bakal mager lama ga ngeblog, jadi dari sekarang udah nabung postingan hehehhe

      iyaaaa..kalau datengin langsung malah langsung tergugah ya mba hihi...

      selamat lebaran juga buat mba ai dan keluarga ^^

      Hapus
  9. This museum looks very interesting. Great photos 😊

    BalasHapus
  10. Un bello sitio histórico interesante para recorrer. Un museo tal vez?... La residencia de alguna personalidad histórica de tu país?... Una pena que no puedo traducir. Igualemente es una atractiva entrada, Gustyanita.

    Abrazo grande.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sahabat Carlos atas kata-kata indahnya. Iya aku masih belajar bagaimana menempatkan widget terjemahan tapi belum berhasil, insyaAlloh nanti aku pelajari lagi bagaimana agar teman-teman blogger dari Luar Negeri bisa mengerti juga dengan terjemahan bahasanya...

      salam hangat dari Indonesia untuk temanku di Argentina ^____^

      Hapus
  11. Halo Gustyanita!
    Apa pintu masuk yang indah!
    Gambar-gambarnya mengesankan. Sebuah museum yang akan sangat indah untuk dikunjungi. Terima kasih untuk tur virtualnya!
    Semua yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga sahabatku dear Yessykan ^^
      Iya pintu biru yang megah dan tinggi...klasik

      gambar yang menggambarkan kejayaan masa masa itu...
      sama sama semoga bermanfaat untukmu dear 😍

      Hapus
  12. Tempatnya adem
    banyak juga koleksi museumnya, tembikar porselin cantik cantik, kereta kencananya juga.
    wah, asik banget mbak mbul bisa jalan-jalan ke sana menyusuri masa masa kerajaan yang pernah berjaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba...pas mbul ke sana adem banget dan mendung tebal tapi ga sampai hujan hihihi...#jadi ingat lagi mendung tak berarti hujan

      di tengah tengah ruangannya ada pepohonanrindang banget mba..bahkan beberapa ada yang usianya puluhan tahun...dan ada rumputnya juga jadi hijau seger...

      porcelennya cantik biru gitu ya xixixi

      Hapus
  13. waah.. dari dulu pengen banget sih sesekali bisa berkunjung ke museum, menegenang masa bersejarah jaman dulu, tapi sayang nya belom kesampaian sampai sekarang..

    agak ngeri sih sebenernya lihat patung orang nya itu, takut kalo pas lihat tiba-tiba patungnya gerak terus senyum, auto langsung kabur :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nif, aku jadi penasaran pengen bukak buku sejarah lagi dong sambil nyocokin yang data di museumnya ini. Soalnya mau tau urut-urutan raja-rajanya....

      iya memang yang patung orangnya ini mirip ama aslinya...jadi kalau misal ruangannya gelap ya kadang jadi susah bedain hihihi

      kalau auto senyum jadi ingat boneka poppy xixixi

      Hapus
  14. keren banget Mbul, foto2nya lengkap, jadi serasa ikutan berkunjung ke museum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sekalian jalan-jalan en sinau kebudayaan Surakarta hihihi

      (^・ω・^❁)
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(❁´◡`❁)

      Hapus
  15. Very interesting place. Thanks for sharing.

    Kisses

    BalasHapus
  16. Interesting artifacts at the museum. I like to see the different types of carriage.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nancy...the carriage has a beautiful and unique style ^^

      Hapus
  17. Interesting artifacts at the museum. I especially like the different types of carriage.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nancy akupun takjub karena koleksi artefak juga wayangnya banyak sekali...plus ada pula beberapa tari tradisional juga berikut filosofinya 😍

      Hapus
  18. Suami ku yg orang solo, malah belum pernah kesini 🤣. Jadi otomatis akupun belum. Tapi seneng karena tulisanmu, jadi tau komplit tiap ruang isinya apa 😅. Suamiku ga terlalu suka bangunan bersejarah soalnya, makanya selama ini ga pernah mau diajakin kesini. Akunya males kalo sendiri 😄.

    Padahal rumahku ga jauh2 amat dari keraton nit. 🤭Ngelewatin doang sering, masuk ga pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ow iya kalau mba fanny n pak suami dikau kan seringnya wisata yang ada olahraga sport jantungnya ya xixiix...keinget cerita makan di ketinggian yang di semanggi hihihi

      ayo mba fanny kapan kapan wisata museum juga...aku sebenernya suka menelusuri tempat tempat sejarah dan klasik...atau bangunan belanda mba fan hihihi..seru aja gitu menurutku. 😍☺

      Hapus
  19. Balasan
    1. kyaaaa...thank you Dear...you make me shy hehhee...(⁄ ⁄•⁄ω⁄•⁄ ⁄)

      Hapus
    2. (❁´◡`❁)(((o(♡´▽`♡)o)))

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  20. Ngga ada google translate nih?

    Beberapa kali ke Surakarta belum pernah ke museumnya emang begitu suka ke museum..hihihi.

    Lihat foto-fotonya jadi kayak masuk ke jaman kerajaan

    Ada congklak juga tapi kok panjang amat congklaknya?

    Meriamnya itu kira-kira masih berfungsi apa ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas Herman, tinggal cari google translate di google.😁

      Aku juga kurang paham bahasa Inggris nya, jadi komentari yang pakai bahasa Indonesia saja.😂

      Jadi di keraton kasunanan Surakarta itu ada kebo bule ya mbul, namanya Wage dan pahing. Diambil dari nama pasaran Jawa kali ya, pon, Wage, Kliwon, pahing, legi.

      Sepertinya itu kebo khusus ya?? 🤔

      Hapus
    2. ada google translate tinggal ditempel ke google translatenya chrome wkwkwk

      iya kaaaan aku aja kayak langsung kena atmosfer era era kerajaan...asli merinding...memang begitu mas herman, congklaknya panjang banget...ada lagi permainan tradisoonal yang cetok cetokan biji kemiri loh...sama dayungnya juga oanjang kan...mungkin orang jaman dulu tinggi tinggi kali ya

      kurang tahu masih berfungsi apa ga 😁

      Hapus
    3. Mas : Mas aguuuuuuuuuuuuuuuuussss....where have you been mas aguuus hohoho

      mbok komentarin yang bahasa inggrisnya ugha yo mas...#meksa...tabok si mbul eekekeekk

      canda mas..
      he em Mas...kebo bule atau sarana apa gitu kalau ga salah ingat buat berkah berkah gitu...coba yar mbul searching lagi...tapi memang sengaja diingon gitu mas...malah berfungsi juga pas acara ceremoni surannya keraton surakarta kalau ga salah...

      he em...100 buat mas agus 😃😉
      diambil dari nama pasaran jawa mas...yang mbul jumpai sih 2 itu..tadinya lagi berkubang di dalam lumpur terus mbul kasih kangkung maemnya lahap banget...ehehew 🤭

      Hapus
    4. Kebetulan saya lagi pakai opera bukan chrome..hahaha

      Memangnya ada pengaruhnya panjang sama tinggi badan?

      Oh, Pahing dan Wage itu nama pasaran jawa kirain saya nama pasaran jawa itu Agus sama Joko...hihihi

      Hapus
    5. wah kalau opera mini aku keinget hape jadul nokia jaman kuliah wkwkwkkw

      iya kali...hahhaha

      nama neptu pasaran mas her..lalau agus dan joko bukannya nama orang ya? nuw contohnya mas agus sarilah atau mas agus rakhman hihihi

      Hapus
    6. Neptu pasaran?
      Ya memang nama Agus dan Joko itu nama orang kan nama Agus dan Joko banyak yang pakai jadi pasaran begitu maksudnya..hihihi

      Hapus
    7. hehehe...tapi ada memang itung itungan yang di jawa itu mas herman..pasaran wage pahing kliwon legi gitu...yang paham memang para sesepuh biasanya...wekekekw...

      Hapus
  21. Such an interesting museum!

    I enjoyed the photos, Gustyanita.

    Happy Tuesday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks dear Veronica...happy you like it...have a nice day ^^

      Hapus
  22. Parece um Museu maravilhoso. Parabéns pelo seu excelente trabalho. Obrigado pela visita e carinho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sahabat luiz dari Brazil...museum yang luar biasa menarik menurutku. Banyak pengetahuan akan kebudayaan baru khususnya Surakarta yang baru aku tahu setelah mengunjunginya. Salam ^^

      Hapus
  23. koleksi di kasunanan itu menurutku yang paling banyak soalnya mereka kan awal mula Mataram ya sebelum pecah
    sayang konflik dalam keraton membuat beberapa bagian kurang terawat
    apalagi sejak konflik pas mangkate sinuwun PB XII
    aku paling terkesan sama kyai rojomolo
    itu ikonik banget jadi tanda kebesaran kerajaan ini
    tradisi ngarak kebo juga masih terlaksana hingga kini

    eh mbak, ngga nyoba ke Puro Mangkunegaran?
    rajanya baru lo mbak dan masih brondong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaaaa...he em mas ikrom...aku yo penasaran sik bagian kui loh huhuhu...wingi aku ndengerin penjelasan guide juga bab iku hihihi...memang menarik disimak kehidupan di keraton loh...jadi akeh sinau sejarah yae...
      nah hu um...sik kyai rojomolo ujare guide wingi kae suka dikein sajen kui pas malam jumat mas...nek ga jarene biasane ambune amis huhu...ya aku sih ndengerin aja..sekalian belajar adat dan sejarah sana heheheh

      puro mangkunegaran....ah...pengen deh...mas ikrom tau rono rung? Jadi penasaran aku...iki sik dimana mas? Solo apa Jogja?

      Hapus
  24. Terakhir ke sini bulan Maret, itupun gak ke mana-mana. Cuma mau kulineran aja ahahhah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mas itam dibaleni neh ke sinine bareng istri hehhehehe...aku malah belom kulineran jeh..pas ke sana pas ngepasi puasa kemarin hehheheh

      Hapus
  25. Balasan
    1. Iya Wak sekalian pas mudik ke rumah orang tua kami kemarin 😊

      Hapus
  26. Ria Tumimomor22 Mei 2022 17.19

    Did you take a picture in front of the blue door? How much is the entrance fee for each person?

    BalasHapus
    Balasan
    1. No, i did't Mba Ri....but I'll have to check with my spouse for confirm how detail the entrance fee that was included with guide service. I will update you as soon as I have further information

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  27. Ora Iso English aku Mbul bingung bacanya.🙄😳😳 Barusan nanya sama Kebo Bule katanya..."Ora Iso Inggris Jowo Waelah..😁🤭🤭

    Sering mundar-mandir dulu kemuseum ini tapi nggak pernah masuk mbul... Jadi kangen sama kota Surakarta, Sekarang mungkin semakin menarik kali yee tampilannya..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixix...punten ya kang, mbul lagi latian bahasa Inggris nih walaupun belum pinter ugha hahahha #nekad bossque wkwkkwkw

      kebo bulenya pun bilang endak tau alias i don't know ye kaaang wekekekkekek...

      asli kang satria...ni pas keliling keliling solo dengan naik pedicab syahdu banget, mana pas mendung pula kan muterin area keraton, sesekali bapak becaknya ngegowes sambil ikutan cerita juga loh, jadi sedikit banyak dia juga ada andil jadi guide juga..cuma memang versi cerita yang lebih lengkap dan runut guide yang di dalam, yang pake busana batik dan blangkon itu heheehhe...betul kang menarik dan sakral agaknya....hawa-hawanya agak beda memang pas masuk ke dalam itu hohooo

      Hapus
  28. dari dulu pengen banget wisata ke tempat ini, tapi belum kesampean

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk sempatkan ke sana lagi bareng keluarga kak...lumayan menarik karena jadi belajar sejarah terutama karena ada hubungannya dari majapahit, mataram, lanjut kasunanan surakarta

      (´∧ω∧`*)

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^